. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Tanda Kurung dan Footnote dalam Quran

Pembahasan tentang Isa Almasih, Injil, Taurat dari apa yang tertulis dalam Qur'an, dan bukan dari kitab suci non-Islam.

Tanda Kurung dan Footnote dalam Quran

Postby Ember Pecah » Sun Aug 17, 2008 1:10 am

Kalo kita membaca Quran, pada bagian terjemahan Bahasa Indonesianya banyak sekali terdapat kata2 yg ditulis di antara tanda "(" dan ")" alias dalam tanda kurung. Mungkin, kata2 tsb dimaksudkan untuk menjelaskan makna sebenarnya dalam Bhs. Arab.

Selain tanda kurung tadi, Quran juga hampir selalu menerangkan isinya buat org2 yg tidak paham Bhs. Arab spt saya, dg memberi keterangan tambahan dalam bentuk footnote2. Berdasarkan Quran TBI yg saya pake, footnote terakhir adalah bernomor 1540 yg terdapat pada Surah 111 Al-Lahab:ayat 5.

Sebagai orang awam yg tidak banyak tahu ttg Quran dan ajaran Islam, saya pengen bertanya kpd saudara2, baik yg muslim maupun yg non muslim, ttg beberapa hal:

1. Mengapa penulisan ayat2 Quran TBI, penerjemah banyak kali menggunakan tanda kurung? Apakah karena ketidaksanggupan si penerjemah mem-formulasikan kalimat dalam bhs. Indonesia dalam kalimat yg TANPA TANDA KURUNG, ataukah pemakain tanda tsb. sudah menjadi trend penerjemahan Quran ke dalam Bhs. Indonesia?

2. Sekalipun sudah menggunakan bantuan dari tanda kurung, kenapa masih juga terkesan sulit memahami ayat2 dlm Quran? Barangkali saudara2 dpt membantu saya dg menerangkan struktur SPOK dari kedua bahasa, Arab dan Indonesia.

3. Tentang footnote, apakah penulisan Quran jaman dahulu dalam naskah aslinya, juga sudah mengenal 'footnote'? Hal ini perlu saya tanyakan karena beberapa alasan: klaim muslim bahwa Quran adalah kitab yg sempurna, dalam Bhs. Arab dan ditulis di sorga sehingga PASTI jelas dan mudah dimengerti maksudnya.
Ember Pecah
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 17
Joined: Thu Aug 14, 2008 11:50 am

Re: Tanda Kurung dan Footnote dalam Quran

Postby fenomena » Sun Aug 17, 2008 6:49 am

Tujuannya adalah untuk membelokkan pikiran si pembaca, karena sebenernya isi Qur'an itu hal-hal yang janggal dan tak masuk akal, serta dipenuhi oleh ajaran-ajaran yang nggak bermoral, kalau pikiran si pembaca tidak dibelokkan, artinya tidak diputarbalik maka orang awam akan dengan mudah mengetahui bahwa Al Qur'an adalah kitab yang tak baik buat dibaca oleh manusia pada umumnya.
fenomena
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4272
Joined: Wed Nov 28, 2007 8:24 am

Postby Allah__SWT » Sun Aug 17, 2008 7:28 am

<<< KAMI, kata Qur'an
User avatar
Allah__SWT
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 18
Joined: Sat Aug 09, 2008 3:22 pm

Re: Tanda Kurung dan Footnote dalam Quran

Postby coolman07 » Sun Aug 17, 2008 7:59 am

QURAN memang kitab membingungkan. Banyaknya tanda2 kurung artinya mengandung keraguan2 dan banyak pengertian sehingga menunggu tafsiran dan pembenaran dari orang lain. Kalau kitab ini dikatakan sempurna, SUDAH TIDAK LOGIS karena semakin TIDAK JELAS, tidak enak dibaca. Mending baca koran aja.... :oops: :oops:
User avatar
coolman07
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 414
Joined: Fri Oct 12, 2007 7:47 pm
Location: Yerusalem Baru

Re: Tanda Kurung dan Footnote dalam Quran

Postby betdaniel99 » Sun Aug 17, 2008 9:45 am

Untuk mengarahkan arti..
Contoh: sembilan tanda Musa kepada Firaun, pasti ada footnote-nya.. Padahal dalam kitab aslinya, sama sekali tidak ada penjelasan.
Ini baru satu contoh, ya.
User avatar
betdaniel99
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2374
Joined: Thu May 22, 2008 9:55 pm

Re: Tanda Kurung dan Footnote dalam Quran

Postby jatidiri » Sun Aug 17, 2008 9:58 am

Ember Pecah wrote:
1. Mengapa penulisan ayat2 Quran TBI, penerjemah banyak kali menggunakan tanda kurung? Apakah karena ketidaksanggupan si penerjemah mem-formulasikan kalimat dalam bhs. Indonesia dalam kalimat yg TANPA TANDA KURUNG, ataukah pemakain tanda tsb. sudah menjadi trend penerjemahan Quran ke dalam Bhs. Indonesia?


Karena kalau gak ditambah-tambahi gak bunyi babar blasss..!
Coba aja baca seandainya kurung-kurungnya dibuang..!

Ember Pecah wrote:2. Sekalipun sudah menggunakan bantuan dari tanda kurung, kenapa masih juga terkesan sulit memahami ayat2 dlm Quran? Barangkali saudara2 dpt membantu saya dg menerangkan struktur SPOK dari kedua bahasa, Arab dan Indonesia.


Karena yang ndikte di goa adalah setan..!
Bahasa dan Gaya Bahasa setan beda dengan manusia..!
jatidiri
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Tue Jul 04, 2006 2:40 pm

Postby Ember Pecah » Sun Aug 17, 2008 10:05 am

Tapi 'denger2' nih Bung, text asli Quran dulu banyak yg ditulis pada daun (jadi ingat ayat2 rajam yg dimakan kambing nih), tulang (untung gak dimakan anjing), dll. Mungkinkah footnote juga dicantumkan pada daun dan tulang yg sama? Kalo tidak, kira2 berapa banyak daun dan tulang yg terkumpul saat seluruh ayat tsb akan dirangkum dalam bentuk 1 buku ya? Mungkinkah hal ini yg menyebabkan urut2an Quran sekarang tersusun TIDAK BERDASARKAN KRONOLOGInya?
Ember Pecah
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 17
Joined: Thu Aug 14, 2008 11:50 am

Postby robint » Sun Aug 17, 2008 10:06 am

Utk membingungkan pembacanya spy gak sadar kekontradiksian si sahibul, contoh nya ini nih:

[4.171] Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.

kalo kita apus dalam kurungnya:

[4.171] Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan roh dari-Nya. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: tiga", berhentilah, lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai Pemelihara.

beda banget kan? yg bener Koran juga mengakui kalo Isa itu adalah kalimat dan RohNya .... dan Koran juga bersaksi bahwa dlm kristen itu tidak dikenal Tuhan yg tiga...

ini ni ayat asli quran ... lainnya mng Isa entah karena nabinya buta huruf
ato sebenernya emang error aja ... dibuat yg ngaco yg justru bikin umatnya sampe hari ini berselisih paham ttg Isa......
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Postby Ember Pecah » Sun Aug 17, 2008 10:26 am

Kalo dg hadirnya perubahan arti sbg akibat peniadaan kata2 dlm tanda kurung, manakah yang pengertiannya sesuai dg konsep text asli dlm bhs. Arabnya:

1. kalimat yg ditulis dg tanda2 kurung,
2. kalimat yg ditulis tanpa tanda2 kurung,
3. ataukah tergantung pada kondisi bagaimana dan kepentingan apa ayat itu hendak dipakai?
Ember Pecah
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 17
Joined: Thu Aug 14, 2008 11:50 am

Postby azhari » Sun Aug 17, 2008 11:54 am

nanti gua terangkannya wahai ahli neraka sekalian...

sebelum itu,sila comment tentang ayat ini dan ayat dalam kurungan nya:

Coach Schuster gave his response to that speculation, saying: "Right now I'm sure that Robinho will stay.

"For me it is not a problem and I'm not going to worry about it because he is going to be our player. It is not a concern."

The German coach, who was speaking after including the former Santos ace in his 18-man squad for the trip , added: "At no point has Robinho given the impression that he does not want to go (to Valencia).

cuba hapuskan ayat dalam kurungan maka apa yg dapat anda perkatakan?adakah kalian trus mati masuk neraka sambil ketemu paderi yg memalsukan `bible the bubble` itu?hahahaha
azhari
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 4
Joined: Sat Aug 16, 2008 9:13 pm

Postby azhari » Sun Aug 17, 2008 11:57 am

kalau saya tu tukar menjadi:

Coach Schuster gave his response to that speculation, saying: "Right now I'm sure that Robinho will stay.

"For me it is not a problem and I'm not going to worry about it because he is going to be our player. It is not a concern."

The German coach, who was speaking after including the former Santos ace in his 18-man squad for the trip , added: "At no point has Robinho given the impression that he does not want to go (to Chelsea).

apa comment kalian tentang ayat dalam kurungan itu?hahaha.sila rujuk kitab `buble` kalian nescaya terjumpa jawapannya.hahahaha
azhari
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 4
Joined: Sat Aug 16, 2008 9:13 pm

Postby azhari » Sun Aug 17, 2008 11:59 am

mari sama2 kita hapuskan ayat dalam kurungan:

Coach Schuster gave his response to that speculation, saying: "Right now I'm sure that Robinho will stay.

"For me it is not a problem and I'm not going to worry about it because he is going to be our player. It is not a concern."

The German coach, who was speaking after including the former Santos ace in his 18-man squad for the trip, added: "At no point has Robinho given the impression that he does not want to go.

tidakkah menjadi tergantung ayat itu sama seperti tergantungnya fahaman kalian tentang kristian?hahaha.****!!
azhari
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 4
Joined: Sat Aug 16, 2008 9:13 pm

Postby Al Qur'an » Sun Aug 17, 2008 12:04 pm

kan katanya Quran kitab paling sempurna dan TERANG BENDERANG....xixixixixi
koq masih perlu pake kurung ???
Al Qur'an
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 201
Joined: Tue Jul 29, 2008 11:14 am

Postby robint » Sun Aug 17, 2008 12:14 pm

@azhari:

emosi ya?? kitab sahibul hikayat sering mengaduk2 emosi pembacanya .. namanya aja kitab dongeng

anyway busway

contoh lo itu gak ngubah arti , sama sama pergi kesuatu tempat.. dan pengarang belakangan bisa menambah kan arti namun kalo ada buku edisi berikut yg melaporkan dua tempat yg berbeda ...nah buku tsb ada yg ngaco

tp kalo contoh yg gw buat ttg Isa kan lain .. karena yg ditambahkan oleh muslim adalah kata kerja dan mengubah keseluruh arti

ngerti kan lo ? benerlah apa kata qoran sendiri ttg kalian , kafir truly kafir....

dan lebih parah lagi even contoh yg lo pake ini gak boleh ada dalam kitab yg katanya berasal dr sumber yg satu dan hidup kekal abadi, dan punya daya ingat sempurna sbg man digambarkan oleh kalian, yaitu si SWT...

maka dng demkian kita simpulkan bahwa ALLAH SWT hanyalah tokoh rekaan sng memerlukan revisi , tambahan , perbaikan dlm edisi terjemahannya ... dan siapapun yg ngarang koran,kemampuan bahasa hanya lah sebatas anak SD....
robint
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2190
Joined: Sat Jun 21, 2008 10:52 pm

Postby Ember Pecah » Sun Aug 17, 2008 1:14 pm

robint wrote:@azhari:

dan lebih parah lagi even contoh yg lo pake ini gak boleh ada dalam kitab yg katanya berasal dr sumber yg satu dan hidup kekal abadi, dan punya daya ingat sempurna sbg man digambarkan oleh kalian, yaitu si SWT...



Apakah yg saudara maksud dg 'SWT' ini adalah singkatan dari "SUSILOWATI"?? Kalo bukan, "So WhaT"??
Ember Pecah
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 17
Joined: Thu Aug 14, 2008 11:50 am

Postby betdaniel99 » Sun Aug 17, 2008 1:17 pm

robint wrote:Utk membingungkan pembacanya spy gak sadar kekontradiksian si sahibul, contoh nya ini nih:

Argumen Anda tepat, Sdr Robint..

Satu contoh lagi:

QS 6 (Al An'aam): 20.
Terjemahan Indonesia:
Orang-orang yang telah Kami berikan kitab kepadanya, mereka mengenalnya (Muhammad) seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Orang-orang yang merugikan dirinya, mereka itu tidak beriman (kepada Allah).

Terjemahan Inggris oleh Pickthall:
Those unto whom We gave the Scripture recognise (this revelation) as they recognise their sons. Those who ruin their own souls will not believe.

Lihat yang di dalam kurung..
User avatar
betdaniel99
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2374
Joined: Thu May 22, 2008 9:55 pm

Postby Ember Pecah » Sun Aug 17, 2008 2:20 pm

Trimakasih atas penjeleasannya. Awalnya saya kira penjelasan si Azhari bisa lebih "menyejukan"... eh yg disodorkan malah kelakuan junjungannya spt dalam Hadist Shahih Bhukari I/192 ; II/555 ; III/591. :evil: :evil: :evil:
Ember Pecah
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 17
Joined: Thu Aug 14, 2008 11:50 am

Postby Ember Pecah » Sun Aug 17, 2008 3:52 pm

Masih ada lagi yg mau tambahin?
Ember Pecah
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 17
Joined: Thu Aug 14, 2008 11:50 am

Postby shardi » Fri Sep 26, 2008 11:09 pm

robint wrote:171. Wahai Ahli Kitab, janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu[383], dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sesungguhnya Al Masih, Isa putera Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya[384] yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) roh dari-Nya[385]. Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan: "(Tuhan itu) tiga", berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara

@barusadar,

kamu tahu kan bahwa setiap muslim harus merujuk pada quran dr bahasa aslinya . Nah yg dalam kurung itu memang dalam edisi arabnya, ada gak? jawab yah lengkap dng bukti


robint wrote:19:19 19. Ia (jibril) berkata: "Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci."

mas Gaston,

yg dalam kurung apakah ada dalam quran arab-nya? kok dikurung-in?
shardi
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 263
Joined: Mon Jul 07, 2008 3:34 pm

Re: Tanda Kurung dan Footnote dalam Quran

Postby M-SAW » Fri Sep 26, 2008 11:13 pm

Ember Pecah wrote:3. Tentang footnote, apakah penulisan Quran jaman dahulu dalam naskah aslinya, juga sudah mengenal 'footnote'? Hal ini perlu saya tanyakan karena beberapa alasan: klaim muslim bahwa Quran adalah kitab yg sempurna, dalam Bhs. Arab dan ditulis di sorga sehingga PASTI jelas dan mudah dimengerti maksudnya.

aku bahas yg ini aja

gak sekalean bang...apakah quran jaman dulu ada "MUKADIMAH" nya
:P:P:P
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Next

Return to Quran & ISA Almasih, Injil



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Yahoo [Bot]