. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Syiar Islam di JEPANG

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di seluruh dunia.

Syiar Islam di JEPANG

Postby United Nation » Sun Sep 21, 2008 10:31 am

link sumber : http://www.kaorinusantara.net/news/2008/09/12/syiar-islam-di-jepang-bagaimana-islam-di-jepang/

Selama bulan Ramadhan, KAORInews akan menyajikan artikel menarik mengenai perkembangan Islam di Jepang. Anda dapat mengaksesnya di kategori Kabar Fitur.

Bagaimana Islam Masuk ke Jepang?

Menurut sumber dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Islam mulai masuk kali pertama pada abad ke sembilan belas. Setelah era pengasingan diri Jepang dari dunia berakhir, sejumlah literatur mengenai Islam pun masuk ke Jepang. Kemudian pada 1890, peristiwa yang mempertemukan Jepang dan Islam pun terjadi, melalui sebuah kasus yang terkenal dengan nama “Peristiwa Kapal Ertogrul”. Peristiwa karamnya kapal Turki di perairan Jepang ini memakan korban besar, hingga dari 600 orang penumpang, hanya 69 yang selamat.

Pemerintah bersama rakyat Jepang pun menolong para korban kecelakaan ini. Hasilnya baik, antara Jepang dan Turki pun terjalin hubungan kerjasama yang baik. Hal ini pun memunculkan pergerakan bagi perkembangan Islam di Jepang. Dan pada awal abad ke 20, sudah ada beberapa rombongan umat Muslim di Jepang yang pergi melaksanakan haji.

Pada masa Perang Dunia 2, sebagai akibat kebijakan Jepang melakukan ekspansi ke wilayah Asia Tenggara (termasuk Indonesia), timbul kebutuhan untuk mengkaji Islam di Jepang. Walau demikian, kajian yang dilakukan tidak berkembang baik karena pemerintahan militer menganggap Islam dengan Tuhan yang Esa, bertentangan dengan kepercayaan tradisional di Jepang yang menyembah banyak dewa.

Setelah Perang Dunia 2, hubungan Jepang dengan negara Islam semakin baik, terutama pada bidang perdagangan dan pendidikan. Jepang mulai membuka program beasiswa, yang diambil oleh pelajar Muslim di negara-negara berkembang. Selain itu, Jepang menjalin hubungan perdagangan dengan negara Timur Tengah dan Indonesia, yang memiliki penduduk beragama Islam cukup besar.

Tidak diketahui berapa banyak jumlah orang Islam di Jepang. Selain penduduk lokal, Islam juga dianut oleh para imigran dari Afrika dan Timur Tengah yang menetap di Jepang, juga oleh sebagian pelajar yang melakukan studi di Jepang. Hitungan kasar menyebutkan angka bervariasi, dari 7.000 sampai 25.000 orang. Tidak diperoleh data yang pasti, juga karena sikap pemerintah Jepang sendiri yang tidak begitu memperhatikan masalah agama.

Mesjid di Jepang

Seperti apakah islam di Jepang pada masa kini? Banyak orang Jepang yang tidak tahu apa Islam, apa itu masjid, sekalipun Islam telah masuk ke Jepang sejak tahun 1877. Barangkali karena ketidaktertarikan orang Jepang terhadap agama.

Dalam artikelnya di Harvard Asia Quarterly, Michael Penn mensinyalir bahwa banyak orang yang pasti berkesimpulan tidak ada hubungan antara orang Jepang dan Islam, karena di satu pihak Islam mempercayai monoteisme, sedangkan Jepang lebih kental polyteisme atau bahkan animismenya. Tapi sebenarnya banyak peninggalan bersejarah yang menunjukkan bahwa Jepang punya hubungan yang erat dengan Islam. Banyak peneliti studi Islam di beberapa universitas Jepang telah berhasil membuka fenomena ini.

tempat-tempat ibadah bagi orang Jepang bukanlah tempat ibadah, tapi lebih merupakan tempat wisata. Demikian pula dengan masjid di Jepang.

Terdapat 10 masjid di Tokyo, 10 di daerah sekitar Tokyo, dan 17 masjid yang tersebar di kota-kota seantero Jepang. Tapi jangan dibayangkan bahwa masjid-masjid tersebut seperti masjid di Indonesia, bangunan luas dan kubah megah, mesjid di Jepang ada yang berupa apartemen yang disewa oleh komunitas muslim. Berbeda dengan di Indonesia, masjid-masjid di Jepang dinamai sesuai dengan nama kota. Misalnya Masjid Honjin di Nagoya yang terletak di wilayah Honjin, masjid Kobe di kota Kobe, atau masjid Osaka di Osaka.

Umumnya, masjid-masjid ini banyak dikunjungi oleh orang Jepang, bukan sebagai tempat ibadah, namun sebagai tempat wisata. Hal ini disebabkan desain sebagian masjid yang memiliki nilai arsitektur lebih. Tak berbeda seperti ketika orang Jepang mengunjungi katedral atau kuil.

Penerimaan

Menujadi seorang Muslim di Jepang gampang-gampang susah. Mudah karena masyarakat Jepang yang toleran, sulit karena budaya kerja orang Jepang yang sering menghambat untuk menjalankan ibadah.

Seperti saat bulan Ramadhan sekarang. Di Jepang yang mayoritas bukan Muslim, akan lebih sulit dalam melaksanakan puasa, karena tidak ada toleransi kerja saat bulan Ramadhan. Kedai-kedai makanan tetap buka pada siang hari, dan panas terik yang menyengat terutama saat musim panas, membuat berpuasa di Jepang semakin berat. Dan, televisi di Jepang tidak menayangkan azan Maghrib, sehingga orang Islam harus lebih proaktif untuk mencari waktu berbuka puasa yang pas.

Melaksanakan salat pun lebih sulit. Kebijakan istirahat kantor di Jepang yang hanya dilakukan pada jam 12 siang, menyebabkan banyak orang Islam yang harus menjama’ salat Dzuhur dan Ashar mereka. Bahkan, banyak pula yang jarang bahkan tidak pernah melaksanakan salat Jumat, akibat masjid yang jauh dari lokasi kantor tempat mereka bekerja.

Di mal dan tempat publik seperti stasiun KRL, seorang Muslim terpaksa harus salat di WC akibat tidak disediakannya mushalla atau masjid. Walau hal ini tidak sepenuhnya menjijikan, karena umumnya WC di Jepang termasuk bersih.
User avatar
United Nation
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2416
Joined: Wed May 14, 2008 9:00 pm
Location: Princeton University

Postby Sashimi » Sun Sep 21, 2008 1:24 pm

islam di jepang?

anak2 jepang taunya islam = arab = terorrist, gua pernah nonton beritanya di tipi ( syukur alhamdulilah pake bahasa jepang, kalo pake bahasa inggris udah pasti kepala anak kecil itu halal buat di penggal )
Sashimi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3813
Joined: Sun Jul 09, 2006 8:19 am

Postby berani_murtad » Sun Sep 21, 2008 1:42 pm

Sashimi wrote:islam di jepang?

anak2 jepang taunya islam = arab = terorrist, gua pernah nonton beritanya di tipi ( syukur alhamdulilah pake bahasa jepang, kalo pake bahasa inggris udah pasti kepala anak kecil itu halal buat di penggal )

bener sekali. kalau orang jepang ditanya mengenai islam, pasti mereka mengatakan "ohh, orang-orang terorist ya?". jadi di jepang, islam dikenal dengan terorist.
berani_murtad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2574
Joined: Sat May 19, 2007 3:11 pm
Location: Surga 72 bidadari

Postby United Nation » Sun Sep 21, 2008 2:57 pm

@sashimi and @berani_murtad,

you are correct !!!

tulisan yang benar TERRORIST bukan terorrist atau terorist.
User avatar
United Nation
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2416
Joined: Wed May 14, 2008 9:00 pm
Location: Princeton University

Postby berani_murtad » Sun Sep 21, 2008 3:01 pm

OK bro, seharusnya teroris versi indonesia.
berani_murtad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2574
Joined: Sat May 19, 2007 3:11 pm
Location: Surga 72 bidadari

Postby sinar » Sun Sep 21, 2008 3:03 pm

Di Jerman juga gitu. Gak ada selamat ramadhan dijalan2. Puasa toko tetap buka. Di TV pun ga ada tulisan ramadhan sama sekali, kecuali berita CNN. Apalagi sholat pakai toa, rame dikit aja tetangga sebelah bisa telepon polisi. Bulan Ramadhan seperti hari2 biasa, ga ada libur.

Orang2 Turki pun gak banyak yang jalanin puasa. Bahkan antar orang Turkipun saling ga cocok. Pernah ada teman orang Turki yang baru datang dri Turki cari kerja sembarangan, karena ternyata sukunya berbeda, makanya gak ketrima. Bahkan teman saya kalau liat orang Turki yang Islami banget gak mau omong padahal rumahnya berdengketan ama Turki lain.
User avatar
sinar
Translator
 
Posts: 874
Joined: Mon May 19, 2008 4:34 am
Location: Europe

Postby islam_watcher » Mon Sep 22, 2008 1:36 am

keliatan banget kalo islam ga sesuai dgn etos kerja dan hidup bangsa jepang yang sangat ulet dan rajin, gua sih kasian aja kalo islam jadi mayoritas di jepang, lama2 jepang bakalan nasibnya sama kayak negara2 islam/arab lainnya, jadi mundur dan terbelakang, soale islam cuman pinter dan sibuk ngurus selangkangan aja
User avatar
islam_watcher
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1517
Joined: Sun Oct 21, 2007 2:16 pm

Postby santri gagal » Mon Sep 22, 2008 2:15 am

jibaku kan penemuan islam!!!! jihad persi jepang.
User avatar
santri gagal
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 848
Joined: Sat Apr 21, 2007 2:36 am
Location: somewhere in time

Postby sinar » Mon Sep 22, 2008 3:54 am

Tapi jangan salah, umat Islam itu kadang pinter juga loh walaupun cuma kadang2. Kalaupun jepang kagak mau niru Islam, mereka malah bilang tiap waktu doa, kapan kerjanya?

Jadi walaupun Islam gak laku ataupun ga laku karena orang Jepang pinter2 dan ga bisa dikibulin. Tapi umat Islam yang merasa lebih **** meniru Jepang, yaitu HARAKIRI.

Bedanya kalau Jepang demi kehormatan, kalau Islam demi 72 bidadari alias mikirnya mesum. Pokoknya bidadari, soal kehormatan nomorrrrr 1000000000. Seperti kita tahu, umat Islam kagak punya malu sama sekali. Uratnya malunya udah hilang.
User avatar
sinar
Translator
 
Posts: 874
Joined: Mon May 19, 2008 4:34 am
Location: Europe

Postby kwilyan » Mon Sep 22, 2008 4:12 am

Yareyare...

Nggak ada kerjaankah selain mengejek orang lain?
Web saia itu isinya berita anime dan islam cuma sebagai selingan, jauh lebih terhormat daripada web ini yang isinya cuman orang-orang yang lebih **** daripada anak TK :D
kwilyan
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 5
Joined: Sun Apr 30, 2006 6:14 pm
Location: KAORI no Sekai

Postby sinar » Mon Sep 22, 2008 4:52 am

kwilyan wrote:Yareyare...

Nggak ada kerjaankah selain mengejek orang lain?
Web saia itu isinya berita anime dan islam cuma sebagai selingan, jauh lebih terhormat daripada web ini yang isinya cuman orang-orang yang lebih **** daripada anak TK :D


Yang bener mas, coba deh kalau Anda anak SD bisa gak nyanggah postingan-postingan kafir disini yang katanya anak TK. Yang udah lama disini udah tahu sifat-sifat muslim yang suka selfclaim sebelum diskusi sekalipun.

Belum baca apa-apa, sudah bilang bodohlah, anak TK lah, dan Islam bener. Kalau Anda sudah merasa pinter, ajarin dong kita2 biar bisa lulus TK FFI. Coba deh kasih tau apa yang salah disini. Kita lihat ketahanan Anda sebelum ngacir kaya muslim-muslim yang lain yang selalu self claim tapi pas diajak diskusi ngacir. Sekarang tanggal 23 september 2008. Kalau dalam 1 bulan masih bertahan, saya salut sama Anda.
User avatar
sinar
Translator
 
Posts: 874
Joined: Mon May 19, 2008 4:34 am
Location: Europe

Postby kwilyan » Mon Sep 22, 2008 5:15 am

Saya sih sekedar melongok saja, toh mohon maaf, saya lebih suka bekerja dengan giat dan menjalankan agama saya ketimbang buang-buang pulsa online di sini.

Dan satu lagi, konten saya anime, dan saya kurang setuju kalau artikel saya dimuat di website ini.

Terima Kasih...

Shin Muhammad
Editor in Chief
kwilyan
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 5
Joined: Sun Apr 30, 2006 6:14 pm
Location: KAORI no Sekai

Postby Rashidi » Mon Sep 22, 2008 7:52 am

bagus juga, gw liat daftar pengunjung di sana gw temuin auto link ke FFI
    .... arrived from indonesia.faithfreedom.org ...
bisa dipake jadi sarana promosi FFI ke situs tersebut :P
User avatar
Rashidi
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1222
Joined: Wed Sep 14, 2005 10:15 pm

Postby United Nation » Mon Sep 22, 2008 9:53 am

untuk menghilangkan jejak IP di website itu, pada bagian bawah dari list Statistik Pengunjung, klik Watch Real Time lalu akan muncul halaman baru, klik Remove IP.
Last edited by United Nation on Tue Sep 23, 2008 12:30 am, edited 2 times in total.
User avatar
United Nation
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2416
Joined: Wed May 14, 2008 9:00 pm
Location: Princeton University

Re: Syiar Islam di Jepang: Bagaimana Islam di Jepang?

Postby United Nation » Mon Sep 22, 2008 9:56 am

United Nation wrote:
Menurut sumber dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Islam mulai masuk kali pertama pada abad ke sembilan belas. Setelah era pengasingan diri Jepang dari dunia berakhir, sejumlah literatur mengenai Islam pun masuk ke Jepang. Kemudian pada 1890, peristiwa yang mempertemukan Jepang dan Islam pun terjadi, melalui sebuah kasus yang terkenal dengan nama “Peristiwa Kapal Ertogrul”. Peristiwa karamnya kapal Turki di perairan Jepang ini memakan korban besar, hingga dari 600 orang penumpang, hanya 69 yang selamat.




Image
Last edited by United Nation on Tue Sep 23, 2008 12:26 am, edited 1 time in total.
User avatar
United Nation
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2416
Joined: Wed May 14, 2008 9:00 pm
Location: Princeton University

Postby Horbo » Mon Sep 22, 2008 5:30 pm

lho.. bukan nya maria ozawa/miyabi itu muslim?
hihi awass yang punya web ntar nyamperin lagi lho.. ngacir ah!
User avatar
Horbo
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 847
Joined: Wed Jun 25, 2008 4:02 pm

Postby Luv_Pink » Tue Sep 23, 2008 12:20 am

kwilyan wrote:Saya sih sekedar melongok saja, toh mohon maaf, saya lebih suka bekerja dengan giat dan menjalankan agama saya ketimbang buang-buang pulsa online di sini.

Dan satu lagi, konten saya anime, dan saya kurang setuju kalau artikel saya dimuat di website ini.

Terima Kasih...

Shin Muhammad
Editor in Chief


Contoh muslim yang tertutup mata, telinga dan hatinya.

ga heran sih, muslim begini udh banyak kok, kepentok ga bisa jawab akhirnya pilih kabur daripada malu
User avatar
Luv_Pink
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1401
Joined: Wed Jan 03, 2007 3:51 pm
Location: C:\Private Room

Re: Syiar Islam di JEPANG

Postby Pangonjat » Sun Nov 29, 2009 10:38 pm

sinar
Jadi walaupun Islam gak laku ataupun ga laku karena orang Jepang pinter2 dan ga bisa dikibulin. Tapi umat Islam yang merasa lebih **** meniru Jepang, yaitu HARAKIRI.

harakiri itu atau seppuku, bunuh diri, karena tidak kuat menahan malu, akibat berbagai hal spt kalah perang, gagal menjalankan tugas, merusak kehormatan marga/pemimpin dll.

jibaku: serangan nekad/berani mati tanpa ada niatan bunuh diri

Kamikaze: serangan bunuh diri ke lawan dengan harapan menimbulkan kerusakan jauh lebih besar daripada pengorbanan yang dilakukan, sebagai bagian dari strategi perang

Nah serangan bom bunuh diri teroris: nggak masuk kedalam kategori manapun dalam budaya jepang. Karena kamikaze itu merupakan teknik strategi perang. Sedangkan serangan teror, bukan bagian perang, tapi bagian dari teror.

Sori asbun
Pangonjat
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 229
Joined: Sat Sep 26, 2009 10:08 pm

Re: Syiar Islam di JEPANG

Postby daboys » Fri Jul 09, 2010 9:41 am

kita harus bangga menjadi seorang muslim bahwa Islam adalah agama yang benar dan tata cara islam telah di atur lengkap dalam Alqur'an dah hadist serta Allah telah banyak memperlihatkan kebesannya seperti Tsunami di Aceh banyak bangunan di sekitar Mesjid dan Mushola hancur tapi kenapa Mesjid dan Mushola masih berdiri itulah kebesaran Allah SWT, Maka kita harus bersyukur di lahirkan sebagai seorang muslim karena ada sorga dunia dan sorga akhirat, tidak bisa mendapat sorga dunia Insya Allah sorga akhirat akan mendapatkan asal melaksanakan Rukun Islam dan Rukun Iman.Masalah islam ketinggalan dan ngk maju ama jepang dan negara non muslim lainnya karena dia sorgannya dunia saja dan kita sorgannya dunia dan akhirat..
daboys
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 4
Joined: Fri Jul 09, 2010 9:22 am

Re: Syiar Islam di JEPANG

Postby mohnyet » Fri Jul 09, 2010 12:11 pm

kalau gitu... suruh noh orang muslim yang di negara USA ( yang katanya muslim : negara setan) pulang ke arab... gw mau lihat...
dasar MUSLIM ngga tau malu...

ngumpat negara orang = negara setan , tapi nyari green card.
mohnyet
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 130
Joined: Wed Apr 15, 2009 10:52 am

Next

Return to Islam /Muslim dlm Gambar Dan Berita Internasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Majestic-12 [Bot]