. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Surat Al-Anfal:66 ,MENGAPA harus DITURUNKAN ?????

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Postby MONTIR KEPALA » Tue Jun 19, 2007 2:33 pm

ya sbgmana Allah tau pada akhirnya sholat itu 5 waktu .....
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby SQUALL LION HEART » Tue Jun 19, 2007 2:35 pm

MONTIR KEPALA wrote:betul .... begitu ... semuanya tercatat dlm Kitab induk ... terencana dan ternubuatkan segala sesuatunya ...
ini kan sama kayak pertanyaan ttg sholat yg bolak-balik dikurangi atas saran nabi Musa pd Nabi Muhammad.

Allah hendak membuktikan bahwa Agama Nya adalah agama yg mudah dimata manusia


maksudnya allah swt sengaja memberatin manusia dulu , biar
muslimnya udah protes - protes barulah diberi kemudahan..

jadi berarti di kitab induk juga banyak ya koreksinya dong....

hahhahaahahaha.. maha tahukah allah swt... ????
SQUALL LION HEART
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2430
Joined: Thu Nov 23, 2006 8:56 am
Location: ujung langit

Postby SQUALL LION HEART » Tue Jun 19, 2007 2:39 pm

MONTIR KEPALA wrote:ya sbgmana Allah tau pada akhirnya sholat itu 5 waktu .....


Bagaimana kalau seluruh muslim protes lagi ama allah swt minta
sholat itu 2 waktu aja... biar dikoreksi gitu lho.. bisa kan.... hahahahahaha..
SQUALL LION HEART
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2430
Joined: Thu Nov 23, 2006 8:56 am
Location: ujung langit

Postby ndramus » Tue Jun 19, 2007 2:46 pm

bisa2 aja SQL, puasa pun kalau ga kuat sebulan bisa dikoreksi jadi 1/2 bln
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby M-SAW » Tue Jun 19, 2007 8:29 pm

MONTIR KEPALA wrote:ya sbgmana Allah tau pada akhirnya sholat itu 5 waktu .....


heheheh
kok oot ke sholat 5 waktu?
apakah hal 'sholat' bisa disamakan dgn turunnya ayat ke 66 ini?
pinter banget ngelesnya :P

mari kita jabarkan :

apakah ada kisah contoh : sewajtu diturunkan ayat ke 3 ttg,sholat 10 waktu,trus karna muslim keberatan.maka diTURUNKANLAH ayat ke 4 : ttg sholat yang cuman 5 waktu.

ADA GAK kisah seperti itu di quran?kalau ada,barulah ARGUMEN nego sholat bisa di sejajarkan dgn argumen turunnya ayat ke 66 ini.

contoh ttg NEGO sholat 5 waktu JELAS tidak SEPADAN dgn kisah turunnya ayat 66 ini bang :).

dan bang tau sendiri kan ending kisah NEGO sholat itu,,bahwasanya MUHAMMAD sebenarnya disuruh lagi ama MUSA untuk nego spy sholat kurang dari 5,TAPI si muh katanya dah terlanjur malu bolak balik ke allah swt :)
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby charles-mattel » Fri Jun 22, 2007 1:12 pm

kenapa nggak nego supaya dapat 1000 bidadari aja, jangan cuma 72?
hebat euy, awloh bisa dinego, jadi kayak beli cabe di pasar...
ganti aja namanya, jangan islam, tapi nego bin ****... :]
charles-mattel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 850
Joined: Fri Jun 15, 2007 12:13 pm

Postby ceceps01 » Fri Jun 22, 2007 1:37 pm

Menurut gua sih,

ayat 64-65 itu buat si nabi adam, pan katanye die segede raksasa, jadi bisa 1 banding 10.

eh aulloh lupa, kalo muslim2 gedenya juga sama kaya kafirun, jadi direvis deh 1 banding 2.

Gitu aja kok repot. :lol:
User avatar
ceceps01
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1937
Joined: Mon Nov 13, 2006 2:23 pm

Postby bebaspikir » Wed Jun 27, 2007 4:37 pm

Mas, kan udah dijawab ibnu ishaq yang ngeluarin hadist yang anda pakai itu adalah orang yang ngga bisa dipercaya.
Lah, gimana sih maksain harus menjelaskan pendapat orang yang ngga bisa dipercaya? Bayangkan anda harus menjelaskan ayat dalam al quran yang tidak anda percaya isinya? Jadi lieur sendiri kan. Nah sekarang ibnu ishaq itu adalah orang yang tidak dipercaya.
Coba dong, cari lagi hadist lain yang menjelaskan ayat tersebut, baru bisa didiskusikan.
Okey

Peace peace peace.
User avatar
bebaspikir
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 76
Joined: Sat Jun 23, 2007 9:15 am

Postby M-SAW » Wed Jun 27, 2007 4:44 pm

bebaspikir wrote:Mas, kan udah dijawab ibnu ishaq yang ngeluarin hadist yang anda pakai itu adalah orang yang ngga bisa dipercaya.Nah sekarang ibnu ishaq itu adalah orang yang tidak dipercaya.
.


1.jadi bagaimana nya cara utk MENGETAHUI SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW? BUKU APA yang kita baca?

tolong dijawab ini dulu sebelum kita melanjutkan diskusinya.

2. satu hal lagi..SILAHKAN BERI TAHU saya..bagaimananya sesungguhnya asbabum nuzul ayah ke 66 ini spengetahuan anda :) ?
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby charles-mattel » Wed Jun 27, 2007 5:12 pm

kalo mau tau sejarah mohamet, harus jadi penderita skizofren paranoid dulu, sama seperti dia...
mau? (bukan iklan "3")
charles-mattel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 850
Joined: Fri Jun 15, 2007 12:13 pm

Postby M-SAW » Thu Jun 28, 2007 6:37 pm

wah muslim2 di forum ini ternyata muslim KTP
masa ga ada yang tau asbabun nuzul ayat ke 66 itu sih? :P :P :P
:oops: :oops: :oops:
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby gaston31 » Fri Jun 29, 2007 5:49 am

ngajiny blm sampe situ bang
tp bgus jg pertanyaanny, ntar bs ditanyain saat ngaji
User avatar
gaston31
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Postby yusak_almasih » Fri Jun 29, 2007 8:51 am

MUHAMMAD SAW wrote:wah muslim2 di forum ini ternyata muslim KTP
masa ga ada yang tau asbabun nuzul ayat ke 66 itu sih? :P :P :P
:oops: :oops: :oops:


Bukan ga tau, mereka malu punya aulo ga konsisten, mereka teriak-2 kitab dari langit ga ada kesalahan, eh aulo ternyata nyiapin revisian, ga konsisten kan alias mencla-mencle ?
aulo ga maha tau alias *****, pinteran muhamex ,,,, heheheheheh ...
yusak_almasih
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 477
Joined: Sat Aug 26, 2006 10:37 am

Postby Tanjidin » Fri Jun 29, 2007 9:15 am

Kenapa 66 Diturunkan...?? bukannya alasannya justru ditulis di ayat itu..??

[Al-anfal.64-65] Hai Nabi, cukuplah Allah (menjadi Pelindung) bagimu dan bagi orang-orang mukmin yang mengikutimu. Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka dapat mengalahkan seribu daripada orang-orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.
[Al-Anfal.66] "Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan[. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."
User avatar
Tanjidin
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 324
Joined: Tue Mar 20, 2007 2:51 pm

Re: Surat Al-Anfal:66 ,MENGAPA harus DITURUNKAN ?????

Postby M-SAW » Wed Jul 04, 2007 10:05 pm

wah....weah..masih blum ada juga muslim yang FAIR utk menjawab pertanyaan saya..bisanya cuman muter2 doang :)

aku ulangin lagi yah :)
aloo alll
muslim kan sering kali tuh ngatain kita kudu tau asbabun nuzl,konteksnya lah..tapi kira2 ada yang tau nggak konteks/asbabun nuzul nih ayat ?

[Al-Anfal.66] "Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."
==
yo wes dari pada bingung..mending kita cari jawaban di sirah nabi yah :)

SIRAH NABAWIYAH IBNU HISYAM jilid 1 hlm 655


[Al-anfal.64-65] Hai Nabi, cukuplah Allah (menjadi Pelindung) bagimu dan bagi orang-orang mukmin yang mengikutimu. Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka dapat mengalahkan seribu daripada orang-orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.

Maksudnya, orang-orang kafir itu tidak berperang berdasarkan niat,Kebenaran, dan pengetahuan terhadap kebaikan dan keburukan."
Ibnu Ishaq berkata bahwa Abdullah bin Abu Najih berkata kepadaku dari Atha' bin Rabah dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma yang ' berkata, "Ketika ayat di atas turun, maka kaum Muslimin merasa keberatan terhadapnya, dan mereka menganggap bahwa dua puluh orang tidak mungkin mampu bertempur melawan dua ratus orang dari kaum musyrikin, dan seratus dari mereka tidak dapat bertempur melawan seribu orang dari orang-orang musryikin. Kemudian Allah memberi keringanan kepada mereka, dan ayat tersebut dihapus dengan ayat selanjutnya. Yaitu firman Allah Ta ala.:
[Al-Anfal.66]
"Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."

Setelah ayat di atas turun, maka jika jumlah kaum Muslimin separoh dari jumlah musuh mereka, mereka tidak boleh lari dari musuh. Jika jumlah mereka di bawah jumlah musuh, mereka tidak wajib memerangi dan diper-bolehkan menghindar dari mereka."


kesimpulan :
-Quran itu katanya dah dari dulu disiapkan oleh ALLAH swt,tapi kok bisa2nya ayat 66 itu diturunkan setelah kaum muslim KEBERATAN?

- ayat ini jelas buatan muhamad,begitu ada yang PROTES terpaksa CEPAT2 DIRALAT,dan ngaku2nya ini dari TUHAN...hiaehiaeihaeihae

- ataukah ini bukti allah swt sangat maha tau,DIA sengaja turunkan ayat 64-65 dulu..dan allah swt juga sangat tau,ntar pasti ada yang protes,setelah itu baru lah dia turunkan ayat 66 itu utk membuktikan dia sayang umatnya


gitu ya muslim?
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Re: Surat Al-Anfal:66 ,MENGAPA harus DITURUNKAN ?????

Postby M-SAW » Thu Jul 12, 2007 4:53 pm

aloo alll
muslim kan sering kali tuh ngatain kita kudu tau asbabun nuzl,konteksnya lah..tapi kira2 ada yang tau nggak konteks/asbabun nuzul nih ayat ?

[Al-Anfal.66] "Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."
==
yo wes dari pada bingung..mending kita cari jawaban di sirah nabi yah :)

SIRAH NABAWIYAH IBNU HISYAM jilid 1 hlm 655


[Al-anfal.64-65] Hai Nabi, cukuplah Allah (menjadi Pelindung) bagimu dan bagi orang-orang mukmin yang mengikutimu. Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka dapat mengalahkan seribu daripada orang-orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.

Maksudnya, orang-orang kafir itu tidak berperang berdasarkan niat,Kebenaran, dan pengetahuan terhadap kebaikan dan keburukan."
Ibnu Ishaq berkata bahwa Abdullah bin Abu Najih berkata kepadaku dari Atha' bin Rabah dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma yang ' berkata, "Ketika ayat di atas turun, maka kaum Muslimin merasa keberatan terhadapnya, dan mereka menganggap bahwa dua puluh orang tidak mungkin mampu bertempur melawan dua ratus orang dari kaum musyrikin, dan seratus dari mereka tidak dapat bertempur melawan seribu orang dari orang-orang musryikin. Kemudian Allah memberi keringanan kepada mereka, dan ayat tersebut dihapus dengan ayat selanjutnya. Yaitu firman Allah Ta ala.:
[Al-Anfal.66]
"Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."

Setelah ayat di atas turun, maka jika jumlah kaum Muslimin separoh dari jumlah musuh mereka, mereka tidak boleh lari dari musuh. Jika jumlah mereka di bawah jumlah musuh, mereka tidak wajib memerangi dan diper-bolehkan menghindar dari mereka."


kesimpulan :
-Quran itu katanya dah dari dulu disiapkan oleh ALLAH swt,tapi kok bisa2nya ayat 66 itu diturunkan setelah kaum muslim KEBERATAN?

- ayat ini jelas buatan muhamad,begitu ada yang PROTES terpaksa CEPAT2 DIRALAT,dan ngaku2nya ini dari TUHAN...hiaehiaeihaeihae

- ataukah ini bukti allah swt sangat maha tau,DIA sengaja turunkan ayat 64-65 dulu..dan allah swt juga sangat tau,ntar pasti ada yang protes,setelah itu baru lah dia turunkan ayat 66 itu utk membuktikan dia sayang umatnya


gitu ya
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby SQUALL LION HEART » Thu Jul 12, 2007 4:58 pm

Kurasa surat itu harus diubah lagi sekarang..
sayangnya udah tak ada nabi lagi..
sekarang seorang kafir aja bisa mengalahkan 200 orang muslim pake senjata kafir.. hehehehehe..
SQUALL LION HEART
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2430
Joined: Thu Nov 23, 2006 8:56 am
Location: ujung langit

Postby ceceps01 » Thu Jul 19, 2007 5:42 pm

Kadang2 sih bisa 1 muslim VS 200 kafir,
itupun pake cara pengecut, bom bunuh diri di kawasan wisata.
User avatar
ceceps01
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1937
Joined: Mon Nov 13, 2006 2:23 pm

Re: Surat Al-Anfal:66 ,MENGAPA harus DITURUNKAN ?????

Postby M-SAW » Mon Aug 13, 2007 1:37 pm

naikin lagi ah :)

---
aloo alll
muslim kan sering kali tuh ngatain kita kudu tau asbabun nuzl,konteksnya lah..tapi kira2 ada yang tau nggak konteks/asbabun nuzul nih ayat ?

[Al-Anfal.66] "Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."
==
yo wes dari pada bingung..mending kita cari jawaban di sirah nabi yah :)

SIRAH NABAWIYAH IBNU HISYAM jilid 1 hlm 655


[Al-anfal.64-65] Hai Nabi, cukuplah Allah (menjadi Pelindung) bagimu dan bagi orang-orang mukmin yang mengikutimu. Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin itu untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar di antara kamu, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang (yang sabar) di antaramu, mereka dapat mengalahkan seribu daripada orang-orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.

Maksudnya, orang-orang kafir itu tidak berperang berdasarkan niat,Kebenaran, dan pengetahuan terhadap kebaikan dan keburukan."
Ibnu Ishaq berkata bahwa Abdullah bin Abu Najih berkata kepadaku dari Atha' bin Rabah dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu Anhuma yang ' berkata, "Ketika ayat di atas turun, maka kaum Muslimin merasa keberatan terhadapnya, dan mereka menganggap bahwa dua puluh orang tidak mungkin mampu bertempur melawan dua ratus orang dari kaum musyrikin, dan seratus dari mereka tidak dapat bertempur melawan seribu orang dari orang-orang musryikin. Kemudian Allah memberi keringanan kepada mereka, dan ayat tersebut dihapus dengan ayat selanjutnya. Yaitu firman Allah Ta ala.:
[Al-Anfal.66]
"Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan Dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada di antaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka dapat mengalahkan dua ratus orang; dan jika di antaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka dapat mengalahkan dua ribu orang dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar."

Setelah ayat di atas turun, maka jika jumlah kaum Muslimin separoh dari jumlah musuh mereka, mereka tidak boleh lari dari musuh. Jika jumlah mereka di bawah jumlah musuh, mereka tidak wajib memerangi dan diper-bolehkan menghindar dari mereka."


kesimpulan :
-Quran itu katanya dah dari dulu disiapkan oleh ALLAH swt,tapi kok bisa2nya ayat 66 itu diturunkan setelah kaum muslim KEBERATAN?

- ayat ini jelas buatan muhamad,begitu ada yang PROTES terpaksa CEPAT2 DIRALAT,dan ngaku2nya ini dari TUHAN...hiaehiaeihaeihae

- ataukah ini bukti allah swt sangat maha tau,DIA sengaja turunkan ayat 64-65 dulu..dan allah swt juga sangat tau,ntar pasti ada yang protes,setelah itu baru lah dia turunkan ayat 66 itu utk membuktikan dia sayang umatnya


gitu ya muslim?
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby tahu_isi » Thu Aug 16, 2007 12:34 am

tambah keliatan aslinya kalo quran yg bikin pedagang, ada acara tawar menawar.
tahu_isi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 39
Joined: Thu Aug 09, 2007 1:31 pm

PreviousNext

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Yahoo [Bot]