. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

"SUMPAH POCONG"

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

"SUMPAH POCONG"

Postby star_of_david » Mon Apr 14, 2008 1:59 am

NETTER MUSLIM SEKALIAN.......KENAPA DALAM MENYELESAIKAN SUATU MASALAH/SENGKETA, KHUSUSNYA DI DAERAH JAWA TIMUR, DIMASJID2 SELALU DI SELESAIKAN DENGAN CARA "SUMPAH POCONG" ?

APAKAH SUMPAH POCONG BUKAN SUATU BENTUK PERSEKUTUAN DENGAN IBLIS ?

IHHHHH KOQ SEREM AMAT ? DALAM SUMPAH POCONG, YG BERSALAH JADI "POCONG" YA.......... ???

"SUMPAH POCONG" KOQ SELALU DI MASJID ? KOQ DIBACAIN AYAT2 DALAM quran ?

MOHON PENJELASAN PARA MUSLIM !!!
star_of_david
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 433
Joined: Sat Mar 01, 2008 1:54 pm

Postby audy_valentine » Mon Apr 14, 2008 5:50 am

Sumpah pocong itu yg bohong bakalan kenapa sih?
User avatar
audy_valentine
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Re: "SUMPAH POCONG"

Postby talenta » Mon Apr 14, 2008 8:45 am

star_of_david wrote:NETTER MUSLIM SEKALIAN.......KENAPA DALAM MENYELESAIKAN SUATU MASALAH/SENGKETA, KHUSUSNYA DI DAERAH JAWA TIMUR, DIMASJID2 SELALU DI SELESAIKAN DENGAN CARA "SUMPAH POCONG" ?

APAKAH SUMPAH POCONG BUKAN SUATU BENTUK PERSEKUTUAN DENGAN IBLIS ?

IHHHHH KOQ SEREM AMAT ? DALAM SUMPAH POCONG, YG BERSALAH JADI "POCONG" YA.......... ???

"SUMPAH POCONG" KOQ SELALU DI MASJID ? KOQ DIBACAIN AYAT2 DALAM quran ?

MOHON PENJELASAN PARA MUSLIM !!!


Kalau penjelasannya dari MANTAN MUSLIM boleh nggak Boss ? :wink: :wink:

PEMBUKAAN
Yang pasti, Sumpah pocong tidak dikenal dalam sistem hukum Indonesia, sumpah ini hanya ada dikalangan agama Islam saja. Tetapi bukan berarti hukum ini mendapat perlawanan dari pemerintah, sama sekali tidak. Hal ini terbukti sudah sangat banyak pelaksanaan sumpah pocong yang bahkan disaksikan oleh jajaran muspida, terutama didaerah-daerah yang sering merebak isu adanya dukun santet. Sumpah ini dianggap efektif karena secara psikologis, dalam sumpah ini ada satu BEBAN akan adanya efek bagi si pengucap sumpah apabila mengucap dusta.
Mengenai apa efek atas kebohongan yang diucapkan oleh si pelaku sumpah sangat beragam, tergantung dari ikrar yang “berani” diucapkan oleh si pelaku sumpah dan di”amin-i” oleh saksi-saksi.

BAGAIMANA ISLAM MENILAI SUMPAH POCONG ?
Dalam Islam Pelaksanaan SUMPAH POCONG dibolehkan selama BERSUMPAHnya atas nama ALLAH si Tuhan Islam.
Tengok inilah hadisnya : “Barangsiapa bersumpah dengan selain Allah maka ia telah kufur atau syirik.” (HR Tirmidzi dari Umar ibnu Khattab).
"Barangsiapa yang bersumpah demi selain Allah, maka ia telah berbuat syirik.” (Dikeluarkan oleh Ahmad dengan sanad yang shahih, dari Umar bin Al-Khattab)

Dan bahkan si Haji Muhammad SAW juga pernah melakukan sumpah seperti ini sekalipun dalam pelaksanaannya si muhammad tidak dikenakan kain kafan [pocong]. Nama kerennya disebut MUHABALLAH. Berikut ayat tentang Muhaballah : “Siapa yang membantahmu tentang kisah ‘Isa sesudah datang ilmu , maka katakanlah : “Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, isteri-isteri kami dan isteri-isteri kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya la’nat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.” (Q.S.Ali Imran : 61)

BAGAIMANA PELAKSANAAN SUMPAH POCONG ?
Dilihat dari KASUS- Adanya kasus / masalah yang diragukan KEBENARANNYA.
- Adanya kasus / masalah Bid’ah/Fitnah yang ditimpakan kepada seseorang
- Adanya kasus sengketa
- Dan kasus-kasus lain yang dianggap oleh IMAM setempat layak diadakan sumpah pocong

PELAKU SUMPAH
Adalah orang/pihak yang merasa difitnah dan atau ingin menyampaikan kebenaran yang dia sungguh-sungguh yakini benar tetapi sulit diterima oleh kelompok masyarakat sekitar. Maka dengan adanya sumpah pocong ini dianggap sebagai satu PUNCAK PERNYATAAN atas kebenaran yang ingin disampaikan.

SAKSI PELAKSANAAN SUMPAH
- Keluarga Pelaku Sumpah
- Saksi atas kebenaran yang ingin disampaikan dalam materi sumpah
- Imam Agama / Ulama
- Tokoh Masyarakat yang ditunjuk
- Wakil pemerintah yang ditunjuk [contoh : Jajaran MUSPIKA untuk kelas kecamatan]

TEMPAT PELAKSANAAN SUMPAH
Rumah ibadah, karena ini adalah perilaku kaum islam jadi so pasti pelaksanaannya di Masjid. Kenapa dipilih rumah ibadah? Karena Masjid diyakini sebagai RUMAH TUHAN Maka jika ada dusta yang diikrarkan ditempat ini, maka laknat dan azab akan ditimpakan kepada si pendusta.

TATA CARA SUMPAH POCONG
:arrow: Si pelaku sumpah dimandikan/disucikan sebagaimana memandikan/mensucikan mayat. Dimandikan oleh keluarga dekat [muhrim] disaksikan oleh saksi-saksi yang ditunjuk [sejenis kelaminnya].
:arrow: Si pelaku didandani selayaknya mayat [dipocong]
:arrow: Si pelaku mengucap syahadat sebagai BENTUK pengakuan bahwa memang yang dia imani hanya ALLAH si Tuhan Islam dan Nabi si Haji Muhammad SAW.
:arrow: Pembacaan surat Yasin dan doa-doa/ tahlil tahmid selayaknya diberikan kepada yang sudah mati
:arrow: Si pelaku mengucapkan sumpah / ijab atas HAL APA yang dia KUKUHKAN atau dia SANGKAL. Contoh : Bismillahirochmannirochim...Dengan nama Allah SWT yang maha melihat atas semua yang saya lakukan maka Saya Aisah binti Muhammad dengan sadar menyatakan bahwa tuduhan yang ditimpakan atas saya adalah fitnah dan apabila ada dusta atas sumpah saya, saya siap menerima azab dan laknat dari Allah berupa : A – Z [tergantung keberanian si pelaku sumpah dan atau sudah ditetapkan oleh si saksi-saksi...dan seringkali efek yang disebutkan diantaranya adalah : 7 Keturunan tidak akan selamat , sanggup mati saat pengambilan sumpah, sanggup mendapat sakit tak terobati setelah mengucap sumpah de el el]
Para saksi dan hadirin berdoa bersama, diantaranya adalah permohonan ampun kepada Allah SWT tentang segala kekhilafan yang dilakukan oleh semua yang ada.
:arrow: Si pelaku sumpah dibuka pocongnya
:arrow: Bersalam-salaman antara si pelaku sumpah, saksi-saksi dan pihak-pihak yang berseberangan dengan si pelaku sumpah
:arrow: Makan - makan :)

HASIL SUMPAH POCONG
:arrow: Menunggu azab ALLAH / sinyal PENYELESAIAN yang diberikan Allah kadang melalui mimpi dan atau KUTUKAN secara langsung misalnya si pelaku sumpah benar-benar sakit dll....dan ini masih sangat absurd karena tidak definitif antara AZAB ALLAH dan HUKUMAN MASYARAKAT sekitar untuk si pelaku sumpah.
================================

KOMENTAR SEDERHANA
Bagi umat Islam, praktik semacam ini berhasil meredam aksi anarkis masyarakat terhadap warga yang dituding memiliki ilmu sesat. Tidak adanya bukti dan saksi menghalangi pihak yang bersengketa memperkarakan masalah mereka ke meja hijau. Meskipun dengan konsekuensi orang yang menuntut ‘sumpah pocong’ mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Bagi umat Islam, sumpah pocong perlu dipertahankan karena masih relevan dengan pengetahuan dan keyakinan masyarakat dan mampu mencegah meruyaknya tindakan main hakim sendiri dalam menuntaskan perselisihan. Kalaupun cara ini tampak berkesan primitif, sebenarnya tak lebih disebabkan perbedaan paradigma dan ukuran yang digunakan untuk menilai. Kalau diperhatikan secara cermat, psikologi masyarakat yang mengamalkannya percaya bahwa konsekuensi bagi mereka yang berbohong akan dihukum oleh Tuhan adalah semacam penjara batin yang sangat dahsyat.

Bagi Umat Islam, gagasan untuk melakukan sumpah adalah salah satu upaya mencari kebenaran dari sesuatu yang dipersengketakan. Kenyataannya, ada salah satu pelaku meninggal tak lama setelah bersumpah, sehingga serta-merta diketahui siapa yang berbohong, meskipun ini juga tidak dijadikan penanda karena kematian merupakan otoritas Tuhan.

Persoalan yang acapkali mendera masyarakat awam, seperti tuduhan santet, hutang-piutang, dan perselingkuhan kadang berujung kebuntuan, sehingga ada sebagian mereka yang menuntut pelaksanaan sumpah pocong. Menariknya, tuntutan ini pernah juga dikeluarkan oleh Aji Massaid dan Tommy Soeharto terhadap mantan pasangan hidupnya, namun ditolak.

sumpah pocong memiliki akar hukum dalam Islam, yaitu sumpah li’an, meskipun tata caranya menampilkan drama kematian dengan mengkafani si tertuduh adalah hasil kreativitas budaya lokal. Melalui upacara yang dipimpin tokoh agama yang melibatkan masyarakat luas diharapkan penyelesaian perselisihan yang mempunyai efek dramatik sehingga menyentuh jiwa, bukan emosi pihak yang terlibat.

Demikian.....semoga bermanfaat.
User avatar
talenta
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby Bang Haji » Mon Apr 14, 2008 8:50 am

sumpah-sumpahan mah sdh lumrah bagi muslimer, krn nabinya aja sering ber-sumpah2 di quran, sumpah demi si anu, sumpah demi si ono krn akan ketahuan ngibulnya kalo gak pake sumpah2an
User avatar
Bang Haji
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1498
Joined: Wed Oct 10, 2007 9:48 am
Location: ngumpet dikamar Inul

Postby AtheistIsBetter » Mon Apr 14, 2008 8:59 am

Sangat menarik.

Setelah mengucapkan shadat (bersaksi dusta), lalu disumpah pocong perihal shadat yang diucapkan. Kena azab nggak sih?
User avatar
AtheistIsBetter
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 990
Joined: Sun Dec 02, 2007 1:09 pm

Postby endfinal » Mon Apr 14, 2008 9:42 am

topik ini menarik sekali. mohon muslim bisa menjelaskan kepada kafir. jika tidak, islam akan semakin....semakin.....semakin memuakkan..!!!
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Postby audy_valentine » Mon Apr 14, 2008 10:56 am

Katanya nggak boleh sumpah selain kepada Allah

Kok si Muhammad pernah bersumpah dalam nama bulan dan bintang?
User avatar
audy_valentine
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby Telor Kuya » Mon Apr 14, 2008 11:27 am

Orang islam salah ngerti tuh waktu Muhammad bilang "Saya 'sumpah'..."
padahal maksud muhammad adalah "Saya 'sampah'..."

hehehehe...

Muhammad mah jangan didengerin ah, sekolah aja ngak...
User avatar
Telor Kuya
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 61
Joined: Mon Mar 03, 2008 1:46 am

Postby guest » Mon Apr 14, 2008 11:32 am

si mohamed bersumpah dalam nama bulan dan bintang karena aulohnya mohamad tu kan bulan dan bintang, kalo g percaya liat aja masjid2, di atas masjid2 kan kaya ada simbol bulan dan bintang, ada juga yang majang huruf auloh, kesimpulannya, auloh = bulan dan bintang?
User avatar
guest
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 598
Joined: Sat Mar 29, 2008 6:01 pm
Location: di syuuurga ketemu alloh the pimp

Postby star_of_david » Mon Apr 14, 2008 11:47 am

@TALENTA =

DARI PENJELASAN YG GW DAPATKAN, TERKESAN PARA MUSLIM GAK BEGITU PERCAYA AKAN KEKUASAAN auloh NYA, MAKA DENGAN BERANI2 NYA PARA MUSLIM DALAM MENYELESAIKAN SUATU MASALAH DENGAn CARA "MENGUJI" auloh NYA...........UNTUK MENURUNKAN AZAB.
star_of_david
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 433
Joined: Sat Mar 01, 2008 1:54 pm

Postby talenta » Mon Apr 14, 2008 12:17 pm

Bang Haji wrote:sumpah-sumpahan mah sdh lumrah bagi muslimer, krn nabinya aja sering ber-sumpah2 di quran, sumpah demi si anu, sumpah demi si ono krn akan ketahuan ngibulnya kalo gak pake sumpah2an


Si ALLAH itu Harganya Murah bin Pasaran...Jadi terlalu MUDAH dipinjam oleh umatnya nama dia dipakek sumpah-sumpah...even sebagian besar untuk sebuah sumpah atas kebohongan !!!!
Astaughfirullah.....

Atheist__Is__Better wrote:Sangat menarik.
Setelah mengucapkan shadat (bersaksi dusta), lalu disumpah pocong perihal shadat yang diucapkan. Kena azab nggak sih?


Ngga Lah...Kan Taqiyya dibenarkan dalam Aliran sesat ini .... senyum.com

endfinal wrote:topik ini menarik sekali. mohon muslim bisa menjelaskan kepada kafir. jika tidak, islam akan semakin....semakin.....semakin memuakkan..!!!


Bisa diprediksikan jawabannya adalah :
1. yang menjelaskan kan murtad...pasti tujuannya menjelakkan Islam agama suci markoci
2. Pelaku kan oknum
Dan jawaban-jawaban DONGOK KLASIK lainnya ..... senyum.com

Telor Kuya wrote:Muhammad mah jangan didengerin ah, sekolah aja ngak...


SETUJU.COM
User avatar
talenta
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby talenta » Mon Apr 14, 2008 12:24 pm

star_of_david wrote:@TALENTA =

DARI PENJELASAN YG GW DAPATKAN, TERKESAN PARA MUSLIM GAK BEGITU PERCAYA AKAN KEKUASAAN auloh NYA, MAKA DENGAN BERANI2 NYA PARA MUSLIM DALAM MENYELESAIKAN SUATU MASALAH DENGAn CARA "MENGUJI" auloh NYA...........UNTUK MENURUNKAN AZAB.


Justru Sumpah Pocong cerminan bahwa Umat Islam SANGAT YAKIN Allah-nya TIDAK LAYAK DIYAKINI...Kalau soal menurun-kan AZAB .... si Tuhan Islam pakarnya Man...expert kali dia kalau soal hukum menghukum...via azab lah...via takdir lah...via laknat lah...via bunuh membunuh lah !!!!!!!!!

HASIL dari ajaran tuhan ini adalah KERAGUAN...maka umatnya pun sarat akan keraguan dalam menerima kebenaran dari personal...kecuali jika didukung oleh "skenario kolosal"....baru berani dan yakin...!!!!

memilukan.com
User avatar
talenta
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby star_of_david » Mon Apr 14, 2008 2:26 pm

WAH JADI PIHAK YG MELAKUKAN "SUMPAH POCONG" SALING MENGHARAPKAN MASING2 PIHAK TERKENA AZAB auloh DONG !!!

DUHHH JAUH SEKALI DARI AJARAN CINTA KASIH......

DARI ex-MUSLIM UDAH...
MANA YA MUSLIM YG MAU MENJELASKAN ?

AYO PERTANGGUNG JAWABKAN SUMPAH POCONG NYA NEH !!!!!!
star_of_david
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 433
Joined: Sat Mar 01, 2008 1:54 pm


Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users