. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Suasana Ramadhan

Yang santai dan rileks. Gosip juga boleh.

Suasana Ramadhan

Postby mamadkafirun » Mon Aug 01, 2011 12:12 am

Topik ini saya angkat berhubung hari ini sudah memasuki bulan puasa hari pertama.

Dulu waktu saya masih kecil, suasana ramadhan begitu ramai dan meriah. Anak-anak muda di lingkungan saya biasanya begadang di masjid atau mushola sambil memukul beduk dan melatunkan lagu-lagu islami hingga sahur menjelang untuk menyambut datangnya ramadhan.
Ketika menjelang buka puasa, ada banyak pedagang berjualan makanan seperti pacar cina, kolak pisang, dan lain-lain.

Perbedaan yang terjadi sekarang ini adalah tidak ada satupun anak muda yang begadang di masjid atau mushola seperti yang dulu biasanya dilakukan untuk menyambut ramadhan.
Ketika menjelang buka puasa, sudah jarang sekali pedagang berjualan makanan yang dulu ramai.

Ada apa sebenarnya dengan ramadhan kali ini? Saya melihat justru antusias dari muslim sendiri menurun dalam menyambut ramadhan. Apakah ini pertanda sudah mulai pudarnya nilai-nilai kecintaan muslim pada bulan ramadhan?
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Suasana Ramadhan

Postby walet » Mon Aug 01, 2011 12:39 am

mamadkafirun wrote:Topik ini saya angkat berhubung hari ini sudah memasuki bulan puasa hari pertama...


Sekarang muslim lebih senang baca FFI kali ya?
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5960
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Suasana Ramadhan

Postby mamadkafirun » Mon Aug 01, 2011 12:46 am

Bang Walet,
Hahaha bisa juga kemungkinannya seperti itu.
Kalau di lingkungan tempat tinggal bang Walet sendiri bagaimana suasana dalam menyambut ramadhan kali ini?
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Suasana Ramadhan

Postby Utbahbinabuwaqqash » Mon Aug 01, 2011 8:02 am

Sing ga berubah, berisiknya..
Tapi memang ibadah ke allah swt iku harus ngganggu orang lain supaya ada perasaan berkuasa..
Merugikan orang lain tapi pake landasan theologis, islam jagone!
Utbahbinabuwaqqash
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1081
Joined: Thu May 27, 2010 10:24 am

Re: Suasana Ramadhan

Postby mamadkafirun » Mon Aug 01, 2011 9:49 am

Utbahbinabuwaqqash wrote:Sing ga berubah, berisiknya..
Tapi memang ibadah ke allah swt iku harus ngganggu orang lain supaya ada perasaan berkuasa..
Merugikan orang lain tapi pake landasan theologis, islam jagone!

Hahaha tapi di lingkungan tempat saya tinggal sudah ada perubahan. Biasanya berisik sekali kalau membangunkan orang sahur. Tetapi sekarang cuma ada himbauan dari mushola "ala kadarnya" untuk membangunkan orang sahur dan hanya sekitar 2 menit. Berbeda sekali dulu mereka begitu antusias membangunkan orang sahur.
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Suasana Ramadhan

Postby bebaslepas » Mon Aug 01, 2011 10:26 am

Utbahbinabuwaqqash wrote:Sing ga berubah, berisiknya..
Tapi memang ibadah ke allah swt iku harus ngganggu orang lain supaya ada perasaan berkuasa..
Merugikan orang lain tapi pake landasan theologis, islam jagone!


Saya sangat sangat sangat setuju...!!! :-$
fakta memang demikian..

apalagi ada tetangga yang non muslim terpaksa ikut sahur, karena terganggu istirahatnya..
jadi tambah engga enak hati saya sebagai yang mengaku muslim :-$
bebaslepas
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 12
Joined: Tue Jul 26, 2011 9:00 pm

Re: Suasana Ramadhan

Postby angky » Mon Aug 01, 2011 12:00 pm

Jaman Dulu (sekali), dikota :

Ramadhan : Tukang Makanan masih berjualan tapi tertutup.
Sahur/Buka : Relatif sepi - yang pake jilbab aja satu/dua orang.
Lebaran : Ramai sekali
Korupsi : Terpusat

Jaman Sekarang :

Ramadhan : Tukang Makanan ga berani jualan, tapi Restoran/Mall ramai
Sahur/Buka : Relatif lebih ramai, Jilbad sekarang menjadi trend.
Lebaran : Sepi, pada mudik kekampung
Korupsi : Dimana mana, berjamaah.
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3289
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Suasana Ramadhan

Postby mamadkafirun » Mon Aug 01, 2011 3:42 pm

Utbahbinabuwaqqash wrote:Sing ga berubah, berisiknya..
Tapi memang ibadah ke allah swt iku harus ngganggu orang lain supaya ada perasaan berkuasa..
Merugikan orang lain tapi pake landasan theologis, islam jagone!


bebaslepas wrote:Saya sangat sangat sangat setuju...!!! :-$
fakta memang demikian..

apalagi ada tetangga yang non muslim terpaksa ikut sahur, karena terganggu istirahatnya..
jadi tambah engga enak hati saya sebagai yang mengaku muslim :-$

Jadi anda setuju kan kalau bulan puasa itu hanya mengganggu istirahat umat beragama lain. Jangankan puasa, hari biasapun demikian.

angky wrote:Jaman Dulu (sekali), dikota :

Ramadhan : Tukang Makanan masih berjualan tapi tertutup.
Sahur/Buka : Relatif sepi - yang pake jilbab aja satu/dua orang.
Lebaran : Ramai sekali
Korupsi : Terpusat

Jaman Sekarang :

Ramadhan : Tukang Makanan ga berani jualan, tapi Restoran/Mall ramai
Sahur/Buka : Relatif lebih ramai, Jilbad sekarang menjadi trend.
Lebaran : Sepi, pada mudik kekampung
Korupsi : Dimana mana, berjamaah.

Benar sekali bro Angky.
- Tukang makanan sekarang ga berani jualan karena takut digerebek FPI. Mungkin masih ada yang berjualan tapi itupun tertutup.
- Terutama pada saat berbuka, ramai di jalan-jalan karena pada jam-jam pulang kantor. Jalanan yang memang sudah macet jadi tambah macet.
- Lebaran jalanan sepiiiii sekali sampai saya merasa "aneh" yang biasanya macet pada hari biasa, begitu lebaran jalanan lancar sekali tanpa hambatan.
- Korupsi : Jaman sekarang korupsi saja sudah berjamaah dan berani :lol:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Suasana Ramadhan

Postby walet » Tue Aug 02, 2011 12:51 am

walet wrote:Sekarang muslim lebih senang baca FFI kali ya?


Disini sih gak ada apa2, saya kan tinggal diperkampungan kapir.
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5960
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Suasana Ramadhan

Postby akuadalahkafir » Tue Aug 02, 2011 9:53 am

Iya.. menurut teman saya yang muslim juga begitu.. puasa jaman dulu katanya lebih terasa sebagai bulan spesial.. sekarang rasanya sudah seperti bulan-bulan biasa lainnya..
walet wrote:Disini sih gak ada apa2, saya kan tinggal diperkampungan kapir.

Enak banget nih tempat tinggal ID walet O:), disini jarak 100-120 mtr ada mesjid.. terus di kampung belakang juga ada mesjid.. tadi pagi jam 2.30 saya kebangun gara-gara teriakan sahur-nya 2 mesjid ini :(
User avatar
akuadalahkafir
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 424
Images: 2
Joined: Wed Jun 08, 2011 8:57 pm

Re: Suasana Ramadhan

Postby mamadkafirun » Tue Aug 02, 2011 12:33 pm

walet wrote:Disini sih gak ada apa2, saya kan tinggal diperkampungan kapir.

Wah kalau begitu damai dan tentram donk ya bang tanpa ada polusi suara :lol:

akuadalahkafir wrote:Iya.. menurut teman saya yang muslim juga begitu.. puasa jaman dulu katanya lebih terasa sebagai bulan spesial.. sekarang rasanya sudah seperti bulan-bulan biasa lainnya..

Itulah yang terjadi di lingkungan tempat saya tinggal. Berasa hambar gitu loch bagai sayur tanpa garam :green:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Suasana Ramadhan

Postby khanaya » Tue Aug 02, 2011 2:23 pm

mamadkafirun wrote:Topik ini saya angkat berhubung hari ini sudah memasuki bulan puasa hari pertama.

Dulu waktu saya masih kecil, suasana ramadhan begitu ramai dan meriah. Anak-anak muda di lingkungan saya biasanya begadang di masjid atau mushola sambil memukul beduk dan melatunkan lagu-lagu islami hingga sahur menjelang untuk menyambut datangnya ramadhan.
Ketika menjelang buka puasa, ada banyak pedagang berjualan makanan seperti pacar cina, kolak pisang, dan lain-lain.

Perbedaan yang terjadi sekarang ini adalah tidak ada satupun anak muda yang begadang di masjid atau mushola seperti yang dulu biasanya dilakukan untuk menyambut ramadhan.
Ketika menjelang buka puasa, sudah jarang sekali pedagang berjualan makanan yang dulu ramai.

Ada apa sebenarnya dengan ramadhan kali ini? Saya melihat justru antusias dari muslim sendiri menurun dalam menyambut ramadhan. Apakah ini pertanda sudah mulai pudarnya nilai-nilai kecintaan muslim pada bulan ramadhan?


Mas Mamad, kl gak ada tabuh2an sambil nyanyi2 itu malah bagus...mgkn mereka mulai sadar bahwa Ramadhan itu tidak perlu disambut dgn cara begitu, itu cm euphoria ala non muslim wlpn syah-syah aj kl mmg mau. Yg terbaik menyambut Ramadhan itu adalh memperbanyak dzikir, baca Quran & Qiyyamul lail pd malam harinya. Meriah atau tidak meriah kelihatannya itu bkn esensi utama untuk mengukur pudar atau tidaknya kecintaan muslim dlm menyambut Ramadhan...keceriaan & kebahagiaan akan datangnya bln Ramadhan itu ada didalam hati & setiap orang punya cara sendiri mengungkapkannya, bkn krn lingkungannya Mas gak rame jd mikirnya macem2. Toh Mas gak geliat bgaimana susananya jk dipedesaan Sumatera, Jawa, Kalimantan..dll belum tentu begitu kan ?
khanaya
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 161
Joined: Sat Jul 24, 2010 5:55 pm

Re: Suasana Ramadhan

Postby mamadkafirun » Tue Aug 02, 2011 5:43 pm

@khanaya
Saya manggilnya neng aja ya. Hehehe.
Gini lho neng. Suatu umat beragama pasti sangat senang jika sudah masanya hari besar umat beragama tersebut dan diaplikasikan dalam bentuk nyata yaitu misalnya meramaikan suatu perayaan agama. Kalau neng mengalihkannya dengan ibadah, kenyataannya masjid di lingkungan tempat tinggal saya tidak seramai waktu bulan-bulan ramadhan tahun lalu.

Nah yang terjadi sekarang ini, justru umat muslim sendiri tidak terlalu antusias malah seakan terlihat biasa saja menyambut bulan ramadhan. Nampaknya kecintaan umat muslim sendiri akan bulan sucinya memang sudah pudar :green:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Suasana Ramadhan

Postby daniel-ntl » Tue Aug 02, 2011 5:55 pm

waduh susah buat cari makan diluar......warteg....warung nasi....pada tutup,
angkot yg biasanya keluar pagi banget........pada molor.......keluarnya nanti kalo udah jam 7 pagi....
di kantor/tempat kerja, yg muslim pada tidur...........kerja ngak maksimal :roll:
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1632
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Suasana Ramadhan

Postby mamadkafirun » Tue Aug 02, 2011 6:01 pm

daniel-ntl wrote:waduh susah buat cari makan diluar......warteg....warung nasi....pada tutup,
angkot yg biasanya keluar pagi banget........pada molor.......keluarnya nanti kalo udah jam 7 pagi....
di kantor/tempat kerja, yg muslim pada tidur...........kerja ngak maksimal :roll:

Hahaha bener banget bang Daniel. Saya mau makan aja susahnya naujubilamendelik :lol:
Semua pekerja jadi tidak maksimal bekerja alasannya lemes lah, apalah dijadikan alasan karena puasa.
Puasa memang membuat manusia menjadi malas :green:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Suasana Ramadhan

Postby a_man » Tue Aug 02, 2011 7:24 pm

baru kali ini di ramadhan hari pertama gw gak kebangun gara2 slim2 sibuk sahur.

di kantor lebih heboh lagi, slim2 ternyata malah boikot arab, gak ada 1 pun yg puasa !! Katanya : "ngapain puasa, dikibulin arab tuh, org arab aja malah pesta pora koq". Gw cuma pasang tampang bloon, tapi dalem ati ngakakk :rofl: :rofl: :rolling:

kayaknya dah sakit ati sama arab gara2 "sapi2" indo dibantai arab.
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4319
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Suasana Ramadhan

Postby duren » Tue Aug 02, 2011 7:32 pm

Bener ... di tempat saya , suasana tahun ini BEDA BANGET .

Baik malam atau sahur , suara TOA di stel pelannnnnnnn banget ... ada apa yahh :-k
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11019
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Suasana Ramadhan

Postby a_man » Tue Aug 02, 2011 7:34 pm

duren wrote:Bener ... di tempat saya , suasana tahun ini BEDA BANGET .

Baik malam atau sahur , suara TOA di stel pelannnnnnnn banget ... ada apa yahh :-k

siap2 menyambut 2012 : tahun pencerahan besar2an. \:D/ \:D/
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4319
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Suasana Ramadhan

Postby kalangkilang » Tue Aug 02, 2011 8:21 pm

mamadkafirun wrote:Ada apa sebenarnya dengan ramadhan kali ini? Saya melihat justru antusias dari muslim sendiri menurun dalam menyambut ramadhan. Apakah ini pertanda sudah mulai pudarnya nilai-nilai kecintaan muslim pada bulan ramadhan?

pengalaman saya sih bulan ramadhan tahun ini ada perbedaan dari tahun-tahun dulu :
  1. warung-warung di sekitar tempat saya sudah berani membuka lapaknya lebar-lebar, kalau dulu dikasih kain atau tertutup. Dulu kupikir, makan siang ketika berpuasa adalah suatu kejahatan atau hal memalukan.
  2. teman-teman muslimku yang tidak berpuasa karena berbagai hal, juga tidak malu-malu untuk makan siang diwarung tersebut, khususnya kaum perempuan.
  3. berkurangnya teror suara di pagi hari dari anak-anak yang keliling meneriakkan sahur, panggilan sahur hanya dari masjid atau langgar disekitar kost-an;
  4. beberapa tahun yang lalu, buah korma sebagai menu berbuka adalah hal yang lazim, sekarang sudah jarang kulihat toko yang jualan buah korma.

yang masih tetap sama yaitu :
teror suara dari 9 mata angin semenjak habis sholat taraweh hingga tengah malam, bedanya kalau dulu teror suara itu, kualitasnya cempreng karena dibacakan anak kecil, sekarang sudah lebih mendingan, karena yang membaca orang-orang yang sudah dewasa.
User avatar
kalangkilang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Suasana Ramadhan

Postby mamadkafirun » Tue Aug 02, 2011 9:28 pm

a_man wrote:baru kali ini di ramadhan hari pertama gw gak kebangun gara2 slim2 sibuk sahur.

Sama bang ane juga tidur anteng terus nih kagak berisik kayak bulan puasa kemaren-kemaren. MERDEKA! :partyman:

duren wrote:Bener ... di tempat saya , suasana tahun ini BEDA BANGET .

Baik malam atau sahur , suara TOA di stel pelannnnnnnn banget ... ada apa yahh :-k

Sama seperti disini bang. TOA sekarang udah kecil suaranya. Apa kehabisan batere ya? :lol:

mamadkafirun wrote:Ada apa sebenarnya dengan ramadhan kali ini? Saya melihat justru antusias dari muslim sendiri menurun dalam menyambut ramadhan. Apakah ini pertanda sudah mulai pudarnya nilai-nilai kecintaan muslim pada bulan ramadhan?

kalangkilang wrote:pengalaman saya sih bulan ramadhan tahun ini ada perbedaan dari tahun-tahun dulu :
  1. warung-warung di sekitar tempat saya sudah berani membuka lapaknya lebar-lebar, kalau dulu dikasih kain atau tertutup. Dulu kupikir, makan siang ketika berpuasa adalah suatu kejahatan atau hal memalukan.
  2. teman-teman muslimku yang tidak berpuasa karena berbagai hal, juga tidak malu-malu untuk makan siang diwarung tersebut, khususnya kaum perempuan.
  3. berkurangnya teror suara di pagi hari dari anak-anak yang keliling meneriakkan sahur, panggilan sahur hanya dari masjid atau langgar disekitar kost-an;
  4. beberapa tahun yang lalu, buah korma sebagai menu berbuka adalah hal yang lazim, sekarang sudah jarang kulihat toko yang jualan buah korma.

yang masih tetap sama yaitu :

teror suara dari 9 mata angin semenjak habis sholat taraweh hingga tengah malam, bedanya kalau dulu teror suara itu, kualitasnya cempreng karena dibacakan anak kecil, sekarang sudah lebih mendingan, karena yang membaca orang-orang yang sudah dewasa.

- Kalau disini masih susah cari warung-warung makan masih agak susah. Apa mungkin baru awal-awal puasa ya? Biasanya menuju pertengahan sih sudah pada buka.
- Sekarang memang sudah tidak ada rasa "malu" lagi muslim tidak berpuasa :green:
- Disinipun sama sudah tidak ada lagi arak-arakan untuk membangunkan orang-orang sahur. Hanya dari masjid saja dan itu pun "ala kadarnya".
- Korma sekarang sudah menjadi "barang langka" :lol:
Masih sama, sehabis sholat taraweh, masih ada teror suara :lol:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Next

Return to Obrolan Santai



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users