. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Thu Aug 26, 2010 10:11 pm

mau nanya kepada semua. siapa yg membuat atau menyusun nomor2 angka ayat alquran seperti yg kita baca saat ini? jika kita melihat alkitab, ada nama kitab lalu ada pasal dan ayatnya. contoh : Kejadian 5:3 (baca : kejadian pasal 5 ayat 3). tentulah menyusunan nomor pada pasal dan ayat adalah campur tangan manusia.

bagaimana dengan nomor2 angka ayat dalam alquran? apakah saat allah swt menurunkan ayat alquran dalam bentuk hapalan berikut dengan nomor ayat2nya? atau...apakah nomor2 ayat dalam alquran itu buatan akal dan tangan muslim?

mohon pencerahan....
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby duren » Fri Aug 27, 2010 1:33 am

Ini trit harus di handle bung Hillman dan nkong PP nihh .. :lol:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11020
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby wongjowo » Fri Aug 27, 2010 3:57 am

Numpang tenar ya bro... :finga:
User avatar
wongjowo
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1477
Joined: Sun Sep 06, 2009 7:43 am
Location: Apa Liat-Liat ?!?

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby angky » Fri Aug 27, 2010 8:00 am

ikutan nonton juga ya
:heart:
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3289
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby mamatmaniak » Fri Aug 27, 2010 8:45 am

Pertanyaan yang bagus, berdasarkan Nujurul koran, Al koran mah turunnya udah bentuk buku, mak blek jatoh dari langit, terus sambil mencekik lehernya om mad, molekat jibril berteriak, BACALAH !!!!!!!!!! Kedua, dilarang keras mempertanyakan asal usul dan penyusunannya, karena itu udah jadi hak Prerogative ouwloh hehehehehehehe
User avatar
mamatmaniak
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 253
Joined: Mon Sep 01, 2008 9:21 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby Topsy KreeT » Fri Aug 27, 2010 8:52 am

numpang eksis juga ahh..
User avatar
Topsy KreeT
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2103
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby OnLine » Fri Aug 27, 2010 9:10 am

mamatmaniak wrote:Pertanyaan yang bagus, berdasarkan Nujurul koran, Al koran mah turunnya udah bentuk buku, mak blek jatoh dari langit, terus sambil mencekik lehernya om mad, molekat jibril berteriak, BACALAH !!!!!!!!!! Kedua, dilarang keras mempertanyakan asal usul dan penyusunannya, karena itu udah jadi hak Prerogative ouwloh hehehehehehehe

Ilustrasi
Image
User avatar
OnLine
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 211
Joined: Sat Aug 21, 2010 7:26 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 9:18 am

mamatmaniak wrote:Pertanyaan yang bagus, berdasarkan Nujurul koran, Al koran mah turunnya udah bentuk buku, mak blek jatoh dari langit, terus sambil mencekik lehernya om mad, molekat jibril berteriak, BACALAH !!!!!!!!!! Kedua, dilarang keras mempertanyakan asal usul dan penyusunannya, karena itu udah jadi hak Prerogative ouwloh hehehehehehehe

sebagian muslim percaya alquran diturunkan dalam bentuk hapalan. dari dua pendapat muslim itu, saya penasaran aja pengen tau :
1. jika alquran diturunkan dalam bentuk kitab/buku, apakah nomor2 ayat dalam setiap juz2 sudah ada disusun oleh allah swt?
2. jika alquran diturunkan dalam bentuk hapalan, apakah muhamad dan pengikut2 nya juga menghapal nomor2 ayatnya juga?

sebagai perbandingan, alkitab juga memakai nomor2 pasal dan ayat. dan semua itu disusun oleh akal dan tangan manusia.

jika muslim mengklaim alquran sebagai tulisan allah swt dari surga islam....apakah nomor2 ayat dalam alquran itu juga hasil susunan dan buatan allah swt???

ada gak muslim yg bisa kasih pencerahan ??
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 9:34 am

saya merasa muslim akan sangat berhati-hati dalam menjawab pertanyaan ini. karena apa pun jawabannya punya konsekuensi atas claim asal usul alquran.

saya masih menunggu muslim masuk dan memberikan pencerahan....
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby duren » Fri Aug 27, 2010 9:40 am

Dahh jangan bawel nanya nanya

Cukup di imani aja
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11020
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 9:47 am

GodBusters wrote:Ogud bantu untuk membela muslim.

Penomoran itu adalah hasil karya manusi, tapi kontens nya tetap tidak berubah. Ngakak.com

Tujuan pemberian nomor hanya untuk mempermudah melakukan pengacuan dan bukan untuk menambah isi.

ngakak.com


jawaban yg menarik. cuma apakah muslim berani jawab seperti itu? karena kesannya nanti allah swt tidak sempurnah karena harus dibantu manusia.

gimana dengan jawaban dari muslim tulen ?? ada gak ya??
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby duren » Fri Aug 27, 2010 10:21 am

GodBusters wrote:ogud jadi pembela islam sekarang!

Mayan lah .. Bung ogud dah terkenal anti stress .. :lol:

Pertanyaan kedua :
_ Apa maksud dan tujuan awlloh membuat NAMA SURAH yang kurang gaul dan aneh aneh

Contoh : Al Baqarah ( Lembu Betina )
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11020
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 10:48 am

GodBusters wrote:@endfinal,

Penomoran itu bukan keharusan.

Kasus ini sama saja dengan kasus boleh tidaknya membuat quran versi elektronik (file).

Ogud berani jamin 100%, Allah SWT nggak marah kok kalau dibuatin penomoran dan file pdf nya.

Dan ini bukan ketidak-sempurnaan Allah SWT, melainkan karena ketidak-sempurnaan manusia sehingga manusia butuh membuat penomoran dan portable quran.

Semua ini demi kenyamanan manusia bukan?


ngakak.com


ogud jadi pembela islam sekarang!


kalau dari awal emang gak ada nomor2 ayat, kenapa gak dibuat polos saja? bukankah alquran itu kitab yg terang (qs 28:2), sebagai petunjuk (qs 31:3). apakah dgn kitab yg polos seperti novel tanpa nomor ayat tetap bisa mejadi terang dan petunjuk bagi manusia waktu membacanya?

analogi dgn alquran versi elektronik tidak nyambung bung. yg saya tanyakan soal nomor angka ayatnya. apakah alquran tanpa nomor ayat membuat manusia jadi tidak nyaman membacanya sehingga harus dibantu akal manusia ??

mohon pencerahan bung....
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 11:07 am

GodBusters wrote:Quran dalam bentuk file ini jelas lebih nyaman karena bisa dibaca sambil tidur-tiduran pakai iPad.

Quran yg diberi nomer jelas lebih mudah dirujuk kalau kita sedang berdiskusi ke orang lain.
Kalau nggak ada nomer, rada ribet merujuknya jadi mesti nyebutin halaman ke berapa lalu baris ke berapa.
Penomoran ini sama seperti penomoran baris dalam kode program.
Kalau nggak dikasih nomer, ribet merujuknya.


ngakak.com

iya gue ngerti. yang begitu gak perlu dijelasin. anak tk aja ngerti kok.
masalahnya muslim mengklaim alquran itu sempurnah dari surga tulisan allah swt sendiri. lah...kok dibantu oleh akal manusia untuk bisa nyaman dibaca? dimana kesempurnaan alquran seperti claim muslim selama ini?

saya tanya lagi, mungkin nalar anda gak nyampe : apakah alquran tanpa nomor ayat membuat manusia jadi tidak nyaman membacanya sehingga harus dibantu akal manusia ??
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 11:14 am

GodBusters wrote:@endfinal,

nggak usah mengkorek-korek lautan emas untuk mencari bangkai tikus.


ngakak.com

sorry gue gak lihat lautan emas bro. gue cuma cium bangkai tikus dari claim2 mulut muslim.
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 11:15 am

GodBusters wrote:Quran dalam bentuk file ini jelas lebih nyaman karena bisa dibaca sambil tidur-tiduran pakai iPad.

Quran yg diberi nomer jelas lebih mudah dirujuk kalau kita sedang berdiskusi ke orang lain.
Kalau nggak ada nomer, rada ribet merujuknya jadi mesti nyebutin halaman ke berapa lalu baris ke berapa.
Penomoran ini sama seperti penomoran baris dalam kode program.
Kalau nggak dikasih nomer, ribet merujuknya.


ngakak.com

iya gue ngerti. yang begitu gak perlu dijelasin. anak tk aja ngerti kok.
masalahnya muslim mengklaim alquran itu sempurnah dari surga tulisan allah swt sendiri. lah...kok dibantu oleh akal manusia untuk bisa nyaman dibaca? dimana kesempurnaan alquran seperti claim muslim selama ini?

saya tanya lagi, mungkin nalar anda gak nyampe : apakah alquran tanpa nomor ayat membuat manusia jadi tidak nyaman membacanya sehingga harus dibantu akal manusia ??
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 11:27 am

["GodBusters"]ogud menanggapi yang tulisan gede aja neh skrg.

Pemberian nomer pada quran tidak perlu jika pembaca tidak butuh berdiskusi dengan orang lain.
Penomoran ini tidak ada kaitannya dng kenyamanan.

yakin lo gak perlu?? kalau lawan bicara minta bukti nomor ayatnya gimana? saya sering dengar ustad2 ngucapin ayat alquran pake bukti nomor ayatnya kok. kalau ada teks di tv ttg ayat alquran, ditulis juga nomor ayatnya. kok bisa ente bilang gak perlu??

ckckckc....jangan asbun gitu donk bung....

Spt ogud katakan di atas, jika kamu berdiskusi dgn orang lain menggunakan quran sbg rujukan, maka akan lebih mudah jika diberi codename dan penomoran dibandingkan menyebutkan nomer halaman plus nomer baris.
Apakah ini masalah kenyamanan? Terserah ente mau beri gelar kenyamanan atau kemudahan atau apalah!

ngakak.com[

yg bilang untuk kenyamanan manusia kan ente bung. makanya saya tanya apakah alquran waktu itu terasa gak nyaman sehingga perlu dikasih nomor2 ayat.

intinya anda percaya kalau alquran itu diturunkan tanpa nomor2 ayatnya tapi dengan nama2 kitab/juz seperti al-baqarah, al-jin, dll. betul begitu bung??
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 1:25 pm

@GodBusters"
yakin lo gak perlu?? kalau lawan bicara minta bukti nomor ayatnya gimana? saya sering dengar ustad2 ngucapin ayat alquran pake bukti nomor ayatnya kok. kalau ada teks di tv ttg ayat alquran, ditulis juga nomor ayatnya. kok bisa ente bilang gak perlu??

ckckckc....jangan asbun gitu donk bung....



pemberian nama ayat dan nomer ayat tidak perlu!
kesempurnaan quran tidak ada kaitannya dengan ada tidaknya nama ayat dan nomer ayat dan nomer2 lainnya. ngakak.com

Kalau mau merujuk suatu firman ALlah SWT, cukup kasih tahu koordinatnya:

elo bisa sebutin nomer halaman dan nomer baris plus penerbit (takutnya format halamannya nggak sama antar penerbit) ngakak.com

kalau gak perlu kenapa ada ??
kalau sempurnah kenapa pake bantuan nomor2 dari tangan manusia?

emang koordinat kalimat alquran bisa manusia tau kalau gak pake nomor dari manusia? ente hongkong juga ya....

kalau muslim merasa cukup pake nomor halaman dan baris, kenapa nomor2 ayat di alquran gak dihilangkan aja. kan gak enak nantinya dibilang niru2 alkitab.

yg bilang untuk kenyamanan manusia kan ente bung. makanya saya tanya apakah alquran waktu itu terasa gak nyaman sehingga perlu dikasih nomor2 ayat.

intinya anda percaya kalau alquran itu diturunkan tanpa nomor2 ayatnya tapi dengan nama2 kitab/juz seperti al-baqarah, al-jin, dll. betul begitu bung??

Kapan? dimana?

Silahkan kasih tunjuk, ogud sudah pikun soalnya...

ngakak.com

kalau sudah pikun jangan berani bela islam. nanti bikin malu islam aja.

ini saya kasih tau :

ente wrote :
"Dan ini bukan ketidak-sempurnaan Allah SWT, melainkan karena ketidak-sempurnaan manusia sehingga manusia butuh membuat penomoran dan portable quran. Semua ini demi kenyamanan manusia bukan?"
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby endfinal » Fri Aug 27, 2010 1:33 pm

kesimpulan sementara jawaban muslim untuk topik ini :
1. bahwa benar nomor2 ayat alquran adalah manusia yg buat, bukan allah swt.
2. tujuan dibuat nomor itu untuk kenyamanan manusia itu sendiri.
3. nomor ayat alquran itu tidak perlu bagi muslim. cukup tau nomor halaman dan barisnya aja.
4. kesempurnaan alquran tidak tergantung pada ada atau tidak adanya nomor2 ayat tersebut.

lanjut....
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: siapa yg membuat/menyusun nomor2 ayat dalam alquran ?

Postby mamatmaniak » Fri Aug 27, 2010 2:49 pm

Waduh bor bro iki piye toh ???? udah dikasih tahu ga boleh mempertanyakan kebenaran ISLAM kog masih ngeyel ???? ntar kpala copot baru tau :rolling:
User avatar
mamatmaniak
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 253
Joined: Mon Sep 01, 2008 9:21 pm

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Mamad saw