. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

siapa Nama Tuhan?

Siapa 'sosok' Allah, apa maunya, apa tujuannya ?

Postby Foxhound » Thu Feb 21, 2008 9:20 pm

Maverick wrote:Nama Tuhan itu banyak sekali, Allah itu hanya satu saja dan bagi Tuhan ia tak perlu menyatakan namaNya, krn ia sudah tahu akan namaNya sendiri, hanya manusia yang mengatakan namaNya, bagi Tuhan apalah arti sebuah nama!


Tuhan itu tidak bernama karena tidak diciptakan dan tidak menciptakan diriNya sendiri!

Awloh adalah nama karena Awloh bukanlah Tuhan
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 1:39 pm

Foxhound wrote:Genghis Khan... Genghis itu nama... Khan itu jabatan dan gelarnya... disebut Genghis Khan jadinya dianggap gelar lengkapnya "Genghis Khan")
terserah kalo Phenomenon nya Ronaldo loe anggep nama
-----------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:TIADA TUHAN SELAIN GUSTI AWLOH... Awloh nya adalah nama... gelarnya Gusti Awloh! Awloh adalah nama!
sudah gue jawab
--------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:Saya suruh jawab apa? Kamus lengkap bahasa indonesia apapun, menurut anda kan hanya untuk agama saya.... tidak berlaku bagi muslim seperti anda... ya sudah to? Sumbernya beda, ndak bisa diperdebatkan.

Anda menuduh orang Kristen pakai bahasa arab ketika menyebut Allah, saya bilang itu bukan bahasa arab tapi bahasa indonesia, tercantum di kamus besar bahasa indonesia, anda bilang itu kamus cuma berlaku buat saya....

Bagi anda para muslim kata kata seperti allah, alkitab, jinah, muslim ya memang selamanya bahasa arab... ya saya mau ngomong apa lagi?

Saya juga sudah buktikan bahwa allah di tulis 'A L L A H' di bahasa indonesia, dan bagi non-muslim, fonetiknya adalah sama yaitu 'A L L A H'. Tapi kalau anda yang baca fonetiknya berubah menjadi 'A W L O H'. Yang anda sebut dengan fonetik 'A W L O H' itu adalah bahasa arab, sedangkan yang saya sebut dengan fonetik 'A L L A H' adalah bahasa indonesia. Anda juga tidak terima dengan pembuktian ini.

Terus sekarang anda nantang pakai kamus tahun 70an... saya nggak punya... saya lahir setelah itu... orang tua saya dulu cari makan saja susah. Sekarang saya punya uang buat beli kamus... beli di mana tapi kamus lengkap bahasa indonesia tahun 70an??? Andaikata saya dapat di pasar loak... terus di situ ada kata Allah... ya anda dengan enteng akan bilang "(saya anggap, kamus diatas hanya untuk tetangga)". Ya kalau gitu anggap saja saya ngomong sama tembok!
jawaban anda panjang dan ruwet.
sejarah mas... jgn lupakan sejarah.
org jawa waktu monk tetangga umum dtg (abad 19) tdk familier dgn bhs Indonesia,... mereka ngomong dan familier dgn bhs Jawa.
org jawa waktu itu mayoritas Islam, dan menyebut Tuhan dgn Allah...
jgn jadikan barometer bhs Ind, krn bhs sehari2 waktu itu bhs jawa
pertanyaanku...
1. klaimmu ttg sapiku adalah turunan sapimu?
2. tulisanmu awloh ( % kitab islam 4JJ tertulis Allah)
3. dalilmu asal Allah dari bhs Ind adalah kabur...
4. bgm bisa kou bilang aku putih sedang bukti jelas, putihmu adalah berasal dari putihku ug kou bilang hitam...

argumumenmu adalah cermin dirimu...
----------------------------------------------------------------------------
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 1:46 pm

Foxhound wrote:
Maverick wrote:Nama Tuhan itu banyak sekali, Allah itu hanya satu saja dan bagi Tuhan ia tak perlu menyatakan namaNya, krn ia sudah tahu akan namaNya sendiri, hanya manusia yang mengatakan namaNya, bagi Tuhan apalah arti sebuah nama!


Tuhan itu tidak bernama karena tidak diciptakan dan tidak menciptakan diriNya sendiri!

Awloh adalah nama karena Awloh bukanlah Tuhan
DOI yg jelas bukan Tuhan.
yg benar...ttg Doi.
manusia yg diTuhankan...
Tuhan Pagan
Doi~Mithrash~Baal~Hero~Ra~Syeh Baba (msh idup)
yg jelas2 sama prosesnya
sama2 lahir, bernama dan akhirnya mati dgn dalil yg dibuat2.
sama2 dipuja setelah kematiannya (kecuali syeh Baba... menunggu waktu)
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 3:04 pm

Foxhound wrote:----------------------------------------------------------------------------
sebagai tambahan...
dulu saya pakai bhs perumpamaan dgn mengatakan monk memakai istilah Allah krn utk menghormati,
skrg... sy pake bhs jelas
Monk (abad 19an) memakai istilah Allah adalah agar proses asimilasi budaya lebih gampang krn org jawa saat itu mayoritas Islam.
ini sejarah yg jelas.

ketika islam berkembang di jawa, wali 9 melakukan hal itu...
sisanya sbg bukti:
1. Kudus tdk memakan sapi tapi kebo (penghormatan agama hindu lama)
2. Masjid kudus mirip templenya hindu (penghormatan agama hindu lama)
(kata Kudus dr bhs semitik Quds yg berarti suci... Sunan Kudus ingin agar kota baru binaanya menjadi kota yg suci)
3. Wayang kulit oleh Sunan X Jaga (bentuk wayang=bukan mirip benda...)
4. Penggunaan Gamelan utk siar agama
dll,
dgn syarat tdk merusak dasar2 agama Islam itu sendiri.

conto diatas adalah penggunaan yg similiar dg penggunaan Allah pada kitab baru/lama tetangga.
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby Foxhound » Mon Feb 25, 2008 3:18 pm

1 God wrote:
Foxhound wrote:Genghis Khan... Genghis itu nama... Khan itu jabatan dan gelarnya... disebut Genghis Khan jadinya dianggap gelar lengkapnya "Genghis Khan")
terserah kalo Phenomenon nya Ronaldo loe anggep nama


Bandingkan itu ya apple to apple... kamu tidak bisa buktikan ada orang lain di kasih julukan Genghis Khan, saya sudah tulis soal Pope Benedict XVI. Kalau 'the phenomenon' itu gelar atau julukan? Beda lho. Gelar diberikan karena orang tersebut memegang suatu jabatan/posisi. Julukan itu karena orang tersebut terkenal akan sesuatu... Gelar, jelas memakai nama... (kok oot sampai sini? argumen mu nggak mutu ah, ngeyel kalau dibilangi Genghis itu nama... itu kan pembuktian bahwa kalimat Tiada Tuhan Selain Awloh itu salah kaprah kalau Awloh bukan nama ;), susah banget)

1 God wrote:-----------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:TIADA TUHAN SELAIN GUSTI AWLOH... Awloh nya adalah nama... gelarnya Gusti Awloh! Awloh adalah nama!
sudah gue jawab


Belum terbukti benar

1 God wrote:--------------------------------------------------------------------------------
jawaban anda panjang dan ruwet.
sejarah mas... jgn lupakan sejarah.
org jawa waktu monk tetangga umum dtg (abad 19) tdk familier dgn bhs Indonesia,... mereka ngomong dan familier dgn bhs Jawa.
org jawa waktu itu mayoritas Islam, dan menyebut Tuhan dgn Allah...
jgn jadikan barometer bhs Ind, krn bhs sehari2 waktu itu bhs jawa


oh.. jadi sekarang Awloh itu bahasa jawa ya...

1 God wrote:pertanyaanku...
1. klaimmu ttg sapiku adalah turunan sapimu?


Sapi mu yang ngomong sendiri.. malah ngaku2 lebih sempurna segala...

1 God wrote:2. tulisanmu awloh ( % kitab islam 4JJ tertulis Allah)


Emang di kitab islam ada huruf latin sekarang?

1 God wrote:3. dalilmu asal Allah dari bhs Ind adalah kabur...


Ya memang, orang Kamus Besar Bahasa Indonesia dibilang cuma khusus buat gua

1 God wrote:4. bgm bisa kou bilang aku putih sedang bukti jelas, putihmu adalah berasal dari putihku ug kou bilang hitam...


Jangan njebak, aku bilang sapimu hitam dan sakit, nggak pernah bilang dikau putih, sapiku putih dan sehat. Sapimu lahir belakangan dari sapi gua, jaraknya sekitar 600 tahunan...

1 God wrote:argumumenmu adalah cermin dirimu...
----------------------------------------------------------------------------


Katakanlah ini di depan cerminmu
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby Foxhound » Mon Feb 25, 2008 3:35 pm

1 God wrote:
Foxhound wrote:
Maverick wrote:Nama Tuhan itu banyak sekali, Allah itu hanya satu saja dan bagi Tuhan ia tak perlu menyatakan namaNya, krn ia sudah tahu akan namaNya sendiri, hanya manusia yang mengatakan namaNya, bagi Tuhan apalah arti sebuah nama!


Tuhan itu tidak bernama karena tidak diciptakan dan tidak menciptakan diriNya sendiri!

Awloh adalah nama karena Awloh bukanlah Tuhan
DOI yg jelas bukan Tuhan.
yg benar...ttg Doi.
manusia yg diTuhankan...
Tuhan Pagan
Doi~Mithrash~Baal~Hero~Ra~Syeh Baba (msh idup)
yg jelas2 sama prosesnya
sama2 lahir, bernama dan akhirnya mati dgn dalil yg dibuat2.
sama2 dipuja setelah kematiannya (kecuali syeh Baba... menunggu waktu)


Jangan lari ke sini, ini perdebatan kita di topik jumlah tuhan, posisi terakhir saya katakan bukan manusia yang dituhankan, tapi Tuhan yang menjadi manusia, dan anda belum menjawab pertanyaan saya yang crucial

Foxhound wrote:
Presiden SBY ketika melaporkan kasus pencemaran baik di kepolisian. Melepaskan atribut kepresidenannya dan sebagai warga negara biasa yang baik melaporkan kepada kepolisian sesuai prosedur. Pada waktu Presiden SBY melapor. Dia presiden atau bukan?

anda jawab rakyat biasa... berarti saat itu dia bukan Presiden ya... ok... dia meninggalkan hak dan jabatannya sebagai atasan kepolisian, dan berlaku sebagai warga negara biasa mengikuti semua aturan yang ada sebagai rakyat bisa... pertanyaannya, tapi dia Presiden bukan?

jgn dijawab sini, balik ke sana tapi.. cuma pertanyaan ini sudah tenggelam dan kau ignore 3x.. ini yang keempat
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby thanxjahudi » Mon Feb 25, 2008 4:46 pm

seru juga topik ini,
aku lihat 1 bulan lebih si 1God maksain bangat tuk menyamakan Tuhan dlm Bible dgn aulloh dlm quran dgn seribu jurus
jelas beda donk bung,

yang satu adalah Roh
sementara yang satunya adalah zat (zat padat, cair, gas)

yang satu icon SALIB
yang satu icon BULAN SABIT mirip celurit

===

memang sejak awal mula islam muncul pun, oleh mohamed
allah - dewa bulan - hubal - batu hitam yang adalah dewa berkemampuan 1 saja yakni memberikan kesuburan melalui air hujan. mulai merajalela pertambahan kemampuannya, ga tahu dari mana..dan hal ini bikin orang Jahudi pada bingung..ko bisanya ada tuhan lain tuhan tandingan versi arab memiliki sifat

pencipta jg
penyayang jg
pengampun jg
pelindung jg
dst

dicopy - paste dari sifat Tuhan nya orang Jahudi.
btw, aku jd curiga nih..mgkn masih ada kali sisa 1 atau 2 sifat yang belum sempat tercopy mohamed, jadi di combine ulang..hehehe
ntar setelah ter copy, baru di split lagi hihihihi
Last edited by thanxjahudi on Mon Feb 25, 2008 5:16 pm, edited 1 time in total.
User avatar
thanxjahudi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 83
Joined: Tue Mar 20, 2007 1:28 pm

Postby NoeMoetz » Mon Feb 25, 2008 4:50 pm

thanxjahudi wrote:seru juga topik ini,
aku lihat 1 bulan lebih si 1God maksain bangat tuk menyamakan Tuhan orang Jahudi dgn aulloh nya muslim.

yang satu icon SALIB
yang satu icon BULAN SABIT mirip celurit hihihihi...

maksain bangat menyamakan Salib sama dengan Bulan celurit hehehe
Bukannya yang satunya itu bintang segi 6?
NoeMoetz
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1509
Joined: Fri Dec 08, 2006 9:32 am
Location: Indonesia

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 5:54 pm

Semua Tulisanku adalah sebagai bukti kalo tetangga menghujat Tuhan dlm bhs Arab, sebenarnya tertulis sendiri dlm kitab mereka sendiri.
----------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:Bandingkan itu ya apple to apple... kamu tidak bisa buktikan ada orang lain di kasih julukan Genghis Khan, saya sudah tulis soal Pope Benedict XVI. Kalau 'the phenomenon' itu gelar atau julukan? Beda lho. Gelar diberikan karena orang tersebut memegang suatu jabatan/posisi. Julukan itu karena orang tersebut terkenal akan sesuatu... Gelar, jelas memakai nama... (kok oot sampai sini? argumen mu nggak mutu ah, ngeyel kalau dibilangi Genghis itu nama... itu kan pembuktian bahwa kalimat Tiada Tuhan Selain Awloh itu salah kaprah kalau Awloh bukan nama ;), susah banget)
yg ini terserah loe.
----------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:TIADA TUHAN SELAIN GUSTI AWLOH... Awloh nya adalah nama... gelarnya Gusti Awloh! Awloh adalah nama!
Belum terbukti benar
apanya yg belum terbukti?
mana yg kurang logis?
Show me...
----------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:
1 God wrote:sejarah mas... jgn lupakan sejarah.
org jawa waktu monk tetangga umum dtg (abad 19) tdk familier dgn bhs Indonesia,... mereka ngomong dan familier dgn bhs Jawa.
org jawa waktu itu mayoritas Islam, dan menyebut Tuhan dgn Allah...
jgn jadikan barometer bhs Ind, krn bhs sehari2 waktu itu bhs jawa
oh.. jadi sekarang Awloh itu bahasa jawa ya...
jgn mbulet mas...
pertanyaanku:
waktu itu (abad 19an) org jawa belum kenal bhs melayu (akar bhs Ind).
klaimmu ttg kata Allah dr bhs Ind tdk bisa dipertanggungjawabkan, krn kata Allah sudah jauh digunakan sebelum bhs ind lahir.
----------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:
1 God wrote:pertanyaanku...
1. klaimmu ttg sapiku adalah turunan sapimu?
Sapi mu yang ngomong sendiri.. malah ngaku2 lebih sempurna segala...
mas ini ngomong sebutan Allah, jgn OOT mslh lain
-------------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:
1 God wrote:2. tulisanmu awloh ( % kitab islam 4JJ tertulis Allah)
Emang di kitab islam ada huruf latin sekarang?
terjemahan/tafsir dan penulisan buku.
----------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:
1 God wrote:3. dalilmu asal Allah dari bhs Ind adalah kabur...
Ya memang, orang Kamus Besar Bahasa Indonesia dibilang cuma khusus buat gua
bantah tulisanku#1.
analogi th1971 saja tdk terbukti, apalagi 1850an
------------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:
1 God wrote:4. bgm bisa kou bilang aku putih sedang bukti jelas, putihmu adalah berasal dari putihku ug kou bilang hitam...
Jangan njebak, aku bilang sapimu hitam dan sakit, nggak pernah bilang dikau putih, sapiku putih dan sehat. Sapimu lahir belakangan dari sapi gua, jaraknya sekitar 600 tahunan...
same#2. sebutan Allah (mana kitabmu yg menulis Tuhan=Allah dlm bhs ibu)
-------------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:
1 God wrote:argumumenmu adalah cermin dirimu...
Katakanlah ini di depan cerminmu
saya butuh jawaban logismu kalo anda adalah org2 yg benar.
--------------------------------------------------------------------------------
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 6:09 pm

thanxjahudi wrote:seru juga topik ini,
aku lihat 1 bulan lebih si 1God maksain bangat tuk menyamakan Tuhan dlm Bible dgn aulloh dlm quran dgn seribu jurus
jelas beda donk bung,

yang satu adalah Roh
sementara yang satunya adalah zat (zat padat, cair, gas)

yang satu icon SALIB
yang satu icon BULAN SABIT mirip celurit

===

memang sejak awal mula islam muncul pun, oleh mohamed
allah - dewa bulan - hubal - batu hitam yang adalah dewa berkemampuan 1 saja yakni memberikan kesuburan melalui air hujan. mulai merajalela pertambahan kemampuannya, ga tahu dari mana..dan hal ini bikin orang Jahudi pada bingung..ko bisanya ada tuhan lain tuhan tandingan versi arab memiliki sifat

pencipta jg
penyayang jg
pengampun jg
pelindung jg
dst

dicopy - paste dari sifat Tuhan nya orang Jahudi.
btw, aku jd curiga nih..mgkn masih ada kali sisa 1 atau 2 sifat yang belum sempat tercopy mohamed, jadi di combine ulang..hehehe
ntar setelah ter copy, baru di split lagi hihihihi
1. apapun pendapatmu... terserah (bulan sabit + bintang = lambang semesta alam)
analogimu ttg dewa bulan tdk berdasar.
mana bukti dan analogi persamaannya...(bandingkan dg Doi)
asal Tuhan=1
Tuhan tdk inkarnasi.

2.saya tdk pernah menyamakan...
cari tulisanku yg menyamakan.
temen2 andalah yg mengambil kesimpulannya sendiri.
yang saya samakan adalah penyebutannya.
Al-ilah = El-Eloihim (Eloihim=jamak, tunggal =El-Eloah)
Al-ilah = El-Eloah jika
(arab dan hebrew tdk kenal huruf hidup)
jadinya :
L-Lh=L-Lh
penyebutan yg similiar
Tuhan Israel=Tuhan utk Israel.
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby Foxhound » Mon Feb 25, 2008 7:20 pm

1 God wrote:Semua Tulisanku adalah sebagai bukti kalo tetangga menghujat Tuhan dlm bhs Arab, sebenarnya tertulis sendiri dlm kitab mereka sendiri.
----------------------------------------------------------------------------


Semisal tulisan dan sebutannya sama pun, Tuhannya jelas-jelas berbeda, orang Kanaan juga menyebut tuhan mereka Elohim, tapi jelas tuhan mereka tidak sama dengan tuhan Yahudi. Yang kami hujat bukan Tuhan dalam bahasa Arab, tapi tuhannya orang-orang Islam, tapi karena orang Islam tidak bisa mempertahankan ketuhanan "tuhan mereka yang bukan tuhan", mereka berusaha menggeneralisasi tuhannya di thread ini.

1 God wrote:
Foxhound wrote:Bandingkan itu ya apple to apple... kamu tidak bisa buktikan ada orang lain di kasih julukan Genghis Khan, saya sudah tulis soal Pope Benedict XVI. Kalau 'the phenomenon' itu gelar atau julukan? Beda lho. Gelar diberikan karena orang tersebut memegang suatu jabatan/posisi. Julukan itu karena orang tersebut terkenal akan sesuatu... Gelar, jelas memakai nama... (kok oot sampai sini? argumen mu nggak mutu ah, ngeyel kalau dibilangi Genghis itu nama... itu kan pembuktian bahwa kalimat Tiada Tuhan Selain Awloh itu salah kaprah kalau Awloh bukan nama ;), susah banget)
yg ini terserah loe.
----------------------------------------------------------------------------------


1 God wrote:
Foxhound wrote:Belum terbukti benar
apanya yg belum terbukti?
mana yg kurang logis?
Show me...


Bahwa Awloh bukanlah nama, pembicaraan mengenai Genghis Khan di atas itu kan sedang membahas soal ini. Bahwa Tiada Tuhan Selain Awloh, apabila argumenmu adalah Tuhan=Awloh menjadi kalimat yang salah kaprah. Yang propose analogi Genghis Khan adalah anda, yang membuktikan bahwa itu adalah nama adalah saya sehingga analogi anda gagal, sehingga Tiada Tuhan Selain Awloh --> Jika Tuhan=Awloh -> adalah kalimat salah kaprah.... bandingkan dengan pernyataan ini dalam alkitab

Yet I am the LORD thy God from the land, of Egypt, and thou shalt know no god but me: for there is no savior beside me.

Kata LORD di atas dalam bahasa aslinya adalah YHWH, sedangkan God di atas dan di bawah pakai kata Elohim. God di bawah meskipun menggunakan Elohim digunakan untuk menyebut tuhan-tuhan lain.

Semisal ini dirubah menjadi kalimat serupa akan menjadi There is no god but YHWH, di mana arti kata god tidak sama dengan YHWH. Konteks kalimat yang benar

Lepas dari Awloh itu nama atau bukan, dan mari kita sejenak lupakan perbedaan sudut pandang kita dalam hal ini.

Tiada Tuhan Selain Awloh

ini adalah struktur kalimat salah kaprah kalau anda menggeneralisasi posisi terjemahan kata Tuhan = Awloh... karena kata tuhan di situ seharusnya dan sepastinya adalah tuhan secara general, termasuk tuhan orang islam, tuhan orang kristen, baal, ra, dsb... baru pada bagian akhir "selain Awloh" ini merujuk pada satu tuhan yaitu tuhannya orang Islam.

Dari awal sebenarnya kan perdebatannya hanya masalah ini. Bahwa Tiada Tuhan Selain Awloh itu merujuk pada tuhannya orang islam, bukan tuhan yang lain-lain, that's all, anda saja yang ngotot kemana-mana dan akhirnya melupakan esensi diskusi. Sampai ke tuhannya orang Kristen segala.

Saya tegaskan kembali, diskusi ini sendiri sebenarnya hanya mencari kesepahaman bahwa Tiada Tuhan Selain Awloh itu merujuk pada tuhannya orang Islam. Sehingga kata Awloh di situ adalah ekslusif untuk tuhannya orang Islam, tidak bisa dikatakan tuhannya orang kristen juga.

YHWH adalah eksklusif tuhannya orang Kristen dan Yahudi
Awloh adalah eksklusif tuhannya orang Islam

1 God wrote:----------------------------------------------------------------------------------
Foxhound wrote:
1 God wrote:sejarah mas... jgn lupakan sejarah.
org jawa waktu monk tetangga umum dtg (abad 19) tdk familier dgn bhs Indonesia,... mereka ngomong dan familier dgn bhs Jawa.
org jawa waktu itu mayoritas Islam, dan menyebut Tuhan dgn Allah...
jgn jadikan barometer bhs Ind, krn bhs sehari2 waktu itu bhs jawa
oh.. jadi sekarang Awloh itu bahasa jawa ya...
jgn mbulet mas...
pertanyaanku:
waktu itu (abad 19an) org jawa belum kenal bhs melayu (akar bhs Ind).
klaimmu ttg kata Allah dr bhs Ind tdk bisa dipertanggungjawabkan, krn kata Allah sudah jauh digunakan sebelum bhs ind lahir.
----------------------------------------------------------------------------------


"karena Allah sudah jauh digunakan seblm bhs ind lahir, berarti klaim saya Allah adalah bahasa indonesia tidak bisa dipertanggungjawabkan"... 'good' argument..... tetapi berarti MAHA juga bukan bahasa indonesia ya? Tunggal juga bukan bahasa indonesia ya.... Dewi,Dewa juga bukan... sepatu juga bukan, sandal juga bukan... saya kena tipu dah sama penerbit kamus besar bahasa indonesia, harusnya kan tipis aja dijual murah-murah ya... yang gua beli kemarin tebel banget dan mahal, sialan, kena tipu dah gua... eh tapi katamu.. itu kamus memang khusus buat saya, jadi ya memang kalau buat saya harus beli yang tebal itu ya? Kamu pakai yang kecil dan tipis doank... Jadi bingung....


1 God wrote:
Foxhound wrote:
1 God wrote:pertanyaanku...
1. klaimmu ttg sapiku adalah turunan sapimu?
Sapi mu yang ngomong sendiri.. malah ngaku2 lebih sempurna segala...
mas ini ngomong sebutan Allah, jgn OOT mslh lain
-------------------------------------------------------------------------------------


Yang nyebut sapi duluan siapa?

1 God wrote:
Foxhound wrote:
1 God wrote:2. tulisanmu awloh ( % kitab islam 4JJ tertulis Allah)
Emang di kitab islam ada huruf latin sekarang?
terjemahan/tafsir dan penulisan buku.
----------------------------------------------------------------------------------


Oooo.... terjemahan... emang diterjemahkan dan ditafsirkan dalam bahasa apa sih?

1 God wrote:
Foxhound wrote:
1 God wrote:3. dalilmu asal Allah dari bhs Ind adalah kabur...
Ya memang, orang Kamus Besar Bahasa Indonesia dibilang cuma khusus buat gua
bantah tulisanku#1.
analogi th1971 saja tdk terbukti, apalagi 1850an
------------------------------------------------------------------------------------


Lha saya bingung mau bantah apa to? Kan katamu Kamus Besar Bahasa Indonesia dibilang cuma khusus buat gua... Allah karena dari dulu sudah dipakai ama Arab jadi bukan bahasa indonesia... ya kalau kamu bilang gitu ya anggap saja kamu benar to? Tapi berarti kan seperti saya sebut di atas, maha, dewa, dewi, tunggal, dwi, indera itu semua bukan bahasa indonesia... lha ini aja nggak sepakat mau bantah gimana?

1 God wrote:
Foxhound wrote:
1 God wrote:4. bgm bisa kou bilang aku putih sedang bukti jelas, putihmu adalah berasal dari putihku ug kou bilang hitam...
Jangan njebak, aku bilang sapimu hitam dan sakit, nggak pernah bilang dikau putih, sapiku putih dan sehat. Sapimu lahir belakangan dari sapi gua, jaraknya sekitar 600 tahunan...
same#2. sebutan Allah (mana kitabmu yg menulis Tuhan=Allah dlm bhs ibu)
-------------------------------------------------------------------------------------


Kalau gitu jawab dulu pertanyaan gua atas counter pertanyaan #2 mu

1 God wrote:
Foxhound wrote:
1 God wrote:argumumenmu adalah cermin dirimu...
Katakanlah ini di depan cerminmu
saya butuh jawaban logismu kalo anda adalah org2 yg benar.
--------------------------------------------------------------------------------


Sudah saya jawab logis tapi kamu uji jawaban saya dengan pernyataan tidak logis, pernyataan tidak logis tersebut sedang saya asumsikan betul, tapi saya uji kembali dengan pertanyaan yang anda juga yakin logis. Mari kita lihat hasilnya di bawah ini

1God wrote:klaimmu ttg kata Allah dr bhs Ind tdk bisa dipertanggungjawabkan, krn kata Allah sudah jauh digunakan sebelum bhs ind lahir.


1 God wrote:
Foxhound wrote:
1 God wrote:2. tulisanmu awloh ( % kitab islam 4JJ tertulis Allah)
Emang di kitab islam ada huruf latin sekarang?
terjemahan/tafsir dan penulisan buku.
----------------------------------------------------------------------------------


Foxhound wrote:Oooo.... terjemahan... emang diterjemahkan dan ditafsirkan dalam bahasa apa sih?


Siapa yang konyol sekarang?
-------------------------------------------------------------------------------
-------------------------------------------------------------------------------

LETS BACK TO TOPIC!!

Saya akan kembalikan topik diskusi yang melebar ini dengan menulis ulang argumen saya.... harap anda (1God) baca dulu semuanya baru reply, jangan anda baca per paragraph dan reply. Karena dari sini sampai bawah semua berhubungan.

'Allah' adalah bahasa indonesia, 'Awloh' adalah bahasa arab. Meskipun 'Allah' adalah terjemahan dari 'Awloh' dalam tafsir AlQuran, tapi tidak berarti Allah=Awloh dalam makna yang sebenarnya. Tidak hanya berlaku di Islam, berlaku pula di Kristen... karena YHWH diterjemahkan menjadi Allah, tapi tidak berarti kata Allah=YHWH dalam makna sebenarnya karena kata allah juga dipakai untuk menyebut tuhan-tuhan lain selain YHWH.

ok.. daripada anda ngotot karena saya pakai Awloh... saya akan pakai Tuhannya orang Kristen

Tiada Tuhan Selain YHWH... ini struktur kata yang benar
Tiada Tuhan Selain Elohim... ini struktur kata yang salah

Tiada Tuhan Selain Allah... kalau Allah ini diambil dari bahasa indonesia maka ini adalah struktur kata yang salah
Tiada Tuhan Selain Allah(Awloh)... kalau Allah ini diambil dari bahasa arab maka ini adalah struktur kata yang benar

tapi itu berarti kalimat ini tidak bisa digeneralisasi... dan Allah dalam bahasa indonesia tidak lah sama dengan Awloh dalam bahasa arab karena sudah mengalami perluasan makna kata.

Tuhan adalah kata yang maknanya sudah luas sejak awal, sama dengan 'illah' bahasa arab yang punya makna luas.
'Allah' adalah terjemahan bahasa indonesia dari (4JJ) yang mengalami perluasan makna kata... tapi syahadat sendiri tentunya tidak mengalami perluasan makna kata. Jadi argumen mu bahwa

Tuhan = Allah.. betul jikalau Allah itu bahasa indonesia yang mengalami perluasan makna kata
Tuhan = Elohim.. betul
Tuhan = Adonai.. kurang tepat
Tuhan = YHWH.. salah
Tuhan = Allah - (4JJ) - Awloh - bhs Arab.. salah

YHWH, (4JJ)Awloh itu adalah eksklusif, Tuhan adalah general, Allah juga general...

perdebatan kita sebenarnya kan bukan bilang Tuhan itu bernama atau tidak, tapi bahwa kata 'Allah' yang dipakai orang Kristen itu tidak sama dengan 4JJ (awloh) yang dipakai oleh orang Islam... karena sudah mengalami perluasan makna

ini adalah thesis dari rekan muslim Dra Fauziah M.A bacalah halaman 19 paragraph pertama.

Kalau masih kurang mengerti.. salah satu contoh perluasan makna kata lain dalam bahasa indonesia adalah 'Barometer'... saya mau tanya... setelah mengalami perluasan makna, apabila suatu kalimat diterjemahkan balik ke bahasa aslinya apakah bisa tetap sama?

"Barometer perkembangan agama islam adalah tingkat penambahan jumlah pemeluknya. Meskipun hal ini sebenarnya kurang tepat dipakai sebagai barometer karena tingkat kelahiran pada negara-negara berpenduduk Islam lebih besar daripada tingkat kelahiran dunia secara global"

coba anda terjemahkan kembali ke bahasa inggris... dan kata barometer, tetap anda pertahankan sebagai 'Barometer'... tentu orang berbahasa inggris akan bingung membacanya. Jadi dalam hal ini:

Barometer (Indonesia) # Barometer (English)

dan

Allah (Indonesia) # Allah (Arab)
.
.
.
Allah (Kristen) # Allah (Islam)

DAN YANG INI

1 God wrote:Semua Tulisanku adalah sebagai bukti kalo tetangga menghujat Tuhan dlm bhs Arab, sebenarnya tertulis sendiri dlm kitab mereka sendiri.
----------------------------------------------------------------------------


Sudah patah dengan jawaban saya... kalau penjelasan saya anda masih bilang tidak logis. Ya terserah, tdk perlu panjang lagi... toh sudah anda tunjukkan dasar logika anda bahwa Kamus Besar Bahasa Indonesia hanyalah untuk orang Kristen, dan berarti pemahaman anda dan saya akan Bahasa Indonesia berbeda, dan berarti debat ini tidak bisa dilangsungkan lagi dalam bahasa indonesia..

Anda bisa bahasa inggris, latin, spanish, french, atau jepang? Gimana? mau ganti bahasa saja?
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 10:30 pm

Foxhound wrote:LETS BACK TO TOPIC!!

1. 'Allah' adalah bahasa indonesia, 'Awloh' adalah bahasa arab. Meskipun 'Allah' adalah terjemahan dari 'Awloh' dalam tafsir AlQuran, tapi tidak berarti Allah=Awloh dalam makna yang sebenarnya. Tidak hanya berlaku di Islam, berlaku pula di Kristen... karena YHWH diterjemahkan menjadi Allah, tapi tidak berarti kata Allah=YHWH dalam makna sebenarnya karena kata allah juga dipakai untuk menyebut tuhan-tuhan lain selain YHWH.

2. Tiada Tuhan Selain YHWH... ini struktur kata yang benar
Tiada Tuhan Selain Elohim... ini struktur kata yang salah

3. Sudah patah dengan jawaban saya... kalau penjelasan saya anda masih bilang tidak logis. Ya terserah, tdk perlu panjang lagi... toh sudah anda tunjukkan dasar logika anda bahwa Kamus Besar Bahasa Indonesia hanyalah untuk orang Kristen, dan berarti pemahaman anda dan saya akan Bahasa Indonesia berbeda, dan berarti debat ini tidak bisa dilangsungkan lagi dalam bahasa indonesia..
saya jawab yg penting...
1. kenapa tertulis 4JJ tertulis Allah
Al-ilah = alif lam + lam dan ha
Allah = alif 2 lam dan ha
jelas dasarnya...
muslim mengikui dialek arab yg menyebut ( AWloh, Alloh dll)
anda tdk bisa membedakan tulisan dan pelafalan?
saya ulangi...
penulisan tulisan islam (tafsir/terjemahan Quran) menggunakan dasar 1 diatas.
tertulis Allah ato ada yg menulis Alloh
(ingat Ibrahim dibaca Ibrohim, Israil dibaca Isroil)
jika ada yg menuliskan Awloh... itupun sedikit%nya dan kebanyakan diforum sistematis ini
samakan persepsi.

2. terserah tulisan anda... tdk berhubungan dgn faham kami.
3. inti semua klaimmu ttg Allah dari bhs Indonesia adalah tdk benar krn kt Allah sdh digunakan org jawa, jauh sebelum mengenal bhs melayu... akar bhs Indonesia.
ingat mas... parameter waktu dan sejarah...
anda bolak balik jawabnya tetep sama.
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 10:35 pm

Foxhound wrote:
1God wrote:klaimmu ttg kata Allah dr bhs Ind tdk bisa dipertanggungjawabkan, krn kata Allah sudah jauh digunakan sebelum bhs ind lahir.
Siapa yang konyol sekarang?
ini bukan masalah konyol.
bagamana statement anda dgn bukti sejarah ini.
jawab singkat saja...
jgn terlalu banyak kata yg membingungkan.
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 10:42 pm

Foxhound wrote:1. Tuhan = Allah.. betul jikalau Allah itu bahasa indonesia 2. yang mengalami perluasan makna kata
3. Tuhan = Elohim.. betul
4. Tuhan = Adonai.. kurang tepat
5. Tuhan = YHWH.. salah
6. Tuhan = Allah - (4JJ) - Awloh - bhs Arab.. salah
anda menulis 1dan 6 beda...persis perumpamaan yang saya buat tentang sapi.
2-5 = terserah
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby Foxhound » Mon Feb 25, 2008 10:44 pm

Foxhound wrote:LETS BACK TO TOPIC!!

1. 'Allah' adalah bahasa indonesia, 'Awloh' adalah bahasa arab. Meskipun 'Allah' adalah terjemahan dari 'Awloh' dalam tafsir AlQuran, tapi tidak berarti Allah=Awloh dalam makna yang sebenarnya. Tidak hanya berlaku di Islam, berlaku pula di Kristen... karena YHWH diterjemahkan menjadi Allah, tapi tidak berarti kata Allah=YHWH dalam makna sebenarnya karena kata allah juga dipakai untuk menyebut tuhan-tuhan lain selain YHWH.

2. Tiada Tuhan Selain YHWH... ini struktur kata yang benar
Tiada Tuhan Selain Elohim... ini struktur kata yang salah

3. Sudah patah dengan jawaban saya... kalau penjelasan saya anda masih bilang tidak logis. Ya terserah, tdk perlu panjang lagi... toh sudah anda tunjukkan dasar logika anda bahwa Kamus Besar Bahasa Indonesia hanyalah untuk orang Kristen, dan berarti pemahaman anda dan saya akan Bahasa Indonesia berbeda, dan berarti debat ini tidak bisa dilangsungkan lagi dalam bahasa indonesia..


1 God wrote:saya jawab yg penting...


Yang 'penting'? :D :D :D Seperti biasa, pertanyaan yang crucial justru kamu nggak berani jawab. Maksakan pendapat... ya udah.. malas juga lanjut pasti ya muter... sekali muslim tetap muslim.. nggak ada beda ama PP. Di topic jumlah Tuhan elo juga lari dari pertanyaan gua, di topic ini juga sama, elite sedikit kenapa sih? Sedikit angkat harkat dan martabat muslim yang sudah porak poranda di sini...

1 God wrote:1. kenapa tertulis 4JJ tertulis Allah
Al-ilah = alif lam + lam dan ha
Allah = alif 2 lam dan ha
jelas dasarnya...


Kayak gini elo klaim jelas dasarnya??? Allah itu apa ada di huruf arab? Gua tanya lagi 'Allah' itu bahasa apa? Bahasa arab? Bahasa arab itu 4JJ bacanya awloh... kenapa pertanyaan gua elo nggak berani jawab???

Nih: SANGAT PENTING! Harap dijawab!

Foxhound wrote:
1God wrote:
Foxhound wrote:
1God wrote:2. tulisanmu awloh ( % kitab islam 4JJ tertulis Allah)

Emang di kitab islam ada huruf latin sekarang?
terjemahan/tafsir dan penulisan buku.

Oooo.... terjemahan... emang diterjemahkan dan ditafsirkan dalam bahasa apa sih?



1 God wrote:muslim mengikui dialek arab yg menyebut ( AWloh, Alloh dll)
anda tdk bisa membedakan tulisan dan pelafalan?


Yang tidak bisa membedakan itu ya kaummu yang ndableg itu!
Dalam bahasa Arab ditulis bagaimana, seharusnya dilafalkan bagaimana?
Dalam bahasa Indonesia ditulis bagaimana, seharusnya dilafalkan bagaimana?
Jangan ditulis bahasa indonesia dilafalkan arab donk!

1 God wrote:2. terserah tulisan anda... tdk berhubungan dgn faham kami.


Typical muslim...

1 God wrote:3. inti semua klaimmu ttg Allah dari bhs Indonesia adalah tdk benar krn kt Allah sdh digunakan org jawa, jauh sebelum mengenal bhs melayu... akar bhs Indonesia.
ingat mas... parameter waktu dan sejarah...
anda bolak balik jawabnya tetep sama.


Lha ya, makanya saya tanya, jawab dulu ini PENTING!!
'Maha' bahasa indonesia bukan?
'Dewi' bahasa indonesia bukan?
'Dewa' bahasa indonesia bukan?
'Sepatu' bahasa indonesia bukan?
Last edited by Foxhound on Mon Feb 25, 2008 11:00 pm, edited 1 time in total.
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby Foxhound » Mon Feb 25, 2008 10:47 pm

1 God wrote:
Foxhound wrote:
1God wrote:klaimmu ttg kata Allah dr bhs Ind tdk bisa dipertanggungjawabkan, krn kata Allah sudah jauh digunakan sebelum bhs ind lahir.
Siapa yang konyol sekarang?
ini bukan masalah konyol.
bagamana statement anda dgn bukti sejarah ini.
jawab singkat saja...
jgn terlalu banyak kata yg membingungkan.


Kamu itu sok pinter tapi keblinger... pertanyaan itu terkait dengan dua pernyataan dan pertanyaanmu sendiri.. koq dipecah2 dijawab sendiri?

So what???? 'Dewi' itu juga sudah jauuuuuuh digunakan di jawa sebelum bhs ind lahir.... bahasa indonesia bukan??

1God... kelihatannya kamu bukan bangsa Indonesia deh... lebih mirip bangsa Arab! Tapi saya tidak bisa debat bahasa Arab... so... kalau memang pemahaman akan bahasa indonesia saja kita beda ya kita hentikan saja di sini... ndak ada gunanya...

Terserah kalau elo bilang huruf latin A+L+L+A+H di kamus bahasa indonesia tetap bilang itu BAHASA ARAB... dan 4JJ diterjemahkan jadi huruf latin ALLAH itu artinya diterjemahkan ke bahasa Arab ya ngapain gua ngeyel sama orang ndableg gini? Bisa-bisa gua gila sendiri dah...
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 11:12 pm

mas on line terus...
panitia ya?
apa ngga ada kerjaan lain selain ini?
apa ini mmg pekerjaan anda?
Foxhound wrote:Kayak gini elo klaim jelas dasarnya??? Allah itu apa ada di huruf arab? Gua tanya lagi 'Allah' itu bahasa apa? Bahasa arab? Bahasa arab itu 4JJ bacanya awloh... kenapa pertanyaan gua elo nggak berani jawab???

Nih: SANGAT PENTING! Harap dijawab!
mbulet...
saya bilang berulang2...
org arab menyebut Tuhan dengan ilah
untuk Tuhan yang absoulute= Allah
jelas?

Foxhound wrote:Lha ya, makanya saya tanya, jawab dulu ini PENTING!!
'Maha' bahasa indonesia bukan?
'Dewi' bahasa indonesia bukan?
'Dewa' bahasa indonesia bukan?
'Sepatu' bahasa indonesia bukan?
betul...
dan ada sejarah kenapa itu dipake...
sekarang saya tanya ketika Monk dtg ke Indonesia abad 19...
belum ada bhs ind...
Tuhan tetangga tertulis Allah.
jelaskan alasannya...
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby 1 God » Mon Feb 25, 2008 11:16 pm

Foxhound wrote:
1 God wrote:
Foxhound wrote:
1God wrote:klaimmu ttg kata Allah dr bhs Ind tdk bisa dipertanggungjawabkan, krn kata Allah sudah jauh digunakan sebelum bhs ind lahir.
Siapa yang konyol sekarang?
ini bukan masalah konyol.
bagamana statement anda dgn bukti sejarah ini.
jawab singkat saja...
jgn terlalu banyak kata yg membingungkan.
Kamu itu sok pinter tapi keblinger... pertanyaan itu terkait dengan dua pernyataan dan pertanyaanmu sendiri.. koq dipecah2 dijawab sendiri?

So what???? 'Dewi' itu juga sudah jauuuuuuh digunakan di jawa sebelum bhs ind lahir.... bahasa indonesia bukan??

1God... kelihatannya kamu bukan bangsa Indonesia deh... lebih mirip bangsa Arab! Tapi saya tidak bisa debat bahasa Arab... so... kalau memang pemahaman akan bahasa indonesia saja kita beda ya kita hentikan saja di sini... ndak ada gunanya...

Terserah kalau elo bilang huruf latin A+L+L+A+H di kamus bahasa indonesia tetap bilang itu BAHASA ARAB... dan 4JJ diterjemahkan jadi huruf latin ALLAH itu artinya diterjemahkan ke bahasa Arab ya ngapain gua ngeyel sama orang ndableg gini? Bisa-bisa gua gila sendiri dah...
jawaban anda tdk fokus...
padahal on line terus...
kenapa?
User avatar
1 God
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1074
Joined: Sun Jan 13, 2008 8:28 pm

Postby Foxhound » Mon Feb 25, 2008 11:26 pm

1 God wrote:mas on line terus...
panitia ya?
apa ngga ada kerjaan lain selain ini?
apa ini mmg pekerjaan anda?


Lagi ngomong sama kaca ya??


1 God wrote:mbulet...
saya bilang berulang2...
org arab menyebut Tuhan dengan ilah
untuk Tuhan yang absoulute= Allah
jelas?


Nggak.. ORANG ARAB NGGAK MENGENAL HURUF LATIN A-L-L-A-H! Jelas??


1 God wrote:
Foxhound wrote:Lha ya, makanya saya tanya, jawab dulu ini PENTING!!
'Maha' bahasa indonesia bukan?
'Dewi' bahasa indonesia bukan?
'Dewa' bahasa indonesia bukan?
'Sepatu' bahasa indonesia bukan?
betul...
dan ada sejarah kenapa itu dipake...
sekarang saya tanya ketika Monk dtg ke Indonesia abad 19...
belum ada bhs ind...
Tuhan tetangga tertulis Allah.
jelaskan alasannya...


Yang mbulet siapa, sekarang... bandingkan jawaban anda itu dengan pernyataan anda ini:

1God wrote:klaimmu ttg kata Allah dr bhs Ind tdk bisa dipertanggungjawabkan, krn kata Allah sudah jauh digunakan sebelum bhs ind lahir.


So what???? 'Dewi' itu juga sudah jauuuuuuh digunakan di jawa sebelum bhs ind lahir.... bahasa indonesia bukan??

Sudah ngerti? Keblingermu belum??

1God wrote:jawaban anda tdk fokus...
padahal on line terus...
kenapa?


Keliatan di matamu nggak focus karena kamu pakainya KACAMATA KUDA!!
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby thanxjahudi » Tue Feb 26, 2008 7:44 am

1 God wrote:
thanxjahudi wrote:seru juga topik ini,
aku lihat 1 bulan lebih si 1God maksain bangat tuk menyamakan Tuhan dlm Bible dgn aulloh dlm quran dgn seribu jurus
jelas beda donk bung,

yang satu adalah Roh
sementara yang satunya adalah zat (zat padat, cair, gas)

yang satu icon SALIB
yang satu icon BULAN SABIT mirip celurit

===

memang sejak awal mula islam muncul pun, oleh mohamed
allah - dewa bulan - hubal - batu hitam yang adalah dewa berkemampuan 1 saja yakni memberikan kesuburan melalui air hujan. mulai merajalela pertambahan kemampuannya, ga tahu dari mana..dan hal ini bikin orang Jahudi pada bingung..ko bisanya ada tuhan lain tuhan tandingan versi arab memiliki sifat

pencipta jg
penyayang jg
pengampun jg
pelindung jg
dst

dicopy - paste dari sifat Tuhan nya orang Jahudi.
btw, aku jd curiga nih..mgkn masih ada kali sisa 1 atau 2 sifat yang belum sempat tercopy mohamed, jadi di combine ulang..hehehe
ntar setelah ter copy, baru di split lagi hihihihi
1. apapun pendapatmu... terserah (bulan sabit + bintang = lambang semesta alam)
analogimu ttg dewa bulan tdk berdasar.
mana bukti dan analogi persamaannya...(bandingkan dg Doi)
asal Tuhan=1
Tuhan tdk inkarnasi.

2.saya tdk pernah menyamakan...
cari tulisanku yg menyamakan.
temen2 andalah yg mengambil kesimpulannya sendiri.
yang saya samakan adalah penyebutannya.
Al-ilah = El-Eloihim (Eloihim=jamak, tunggal =El-Eloah)
Al-ilah = El-Eloah jika
(arab dan hebrew tdk kenal huruf hidup)
jadinya :
L-Lh=L-Lh
penyebutan yg similiar
Tuhan Israel=Tuhan utk Israel.


Tuhan nya Jahudi berkiblat di Yerusalem
tuhan nya Islam berkiblat di Mekah

saya sudah bilang, muhammad menciptakan dan memproklamasikan aulloh sebagai tuhan, yang sifatnya di duplikat abis dari Tuhan nya bangsa israel.

mengapa lambang islam bulan sabit, mirip celurit?...
kalau ga ada hubungan intim antara aulloh dan bulan sabit hehehe
User avatar
thanxjahudi
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 83
Joined: Tue Mar 20, 2007 1:28 pm

PreviousNext

Return to Ttg ALLAH



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users