. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby pusing » Wed Oct 27, 2010 7:40 pm

Peristilahan.

Istilah"Sejarah",baik menurut asal kata maupun maknanya diambil dari:

شَجَرَةٌ-syajarah = Pertumbuhan/pergerakan/perkembangan

يَوْمٌ -yaum = Peredaran

سِيْرَةٌ- siirah = Perjalanan

Sedangkan istilah "Ilmu",baik asal kata maupun makna,diambil dari:

عَلِمَ - يَعْلَمُ - عِلْماً- `alima - ya`lamu - `ilman = Mengetahui/Mengilmui

Jadi Ilmu menurut asal kata berarti = Pengetahuan

Berbicara masalah sejarah Ilmu berarti berbicara masalah pertumbuhan,perjalanan,pergerakan,perkembangan,atau peredaran Ilmu sepanjang sejarah manusia dari dahulu hingga sekarang ini.

Dan dalam membicarakan sejarah Ilmu,sekarang sekarang ini umat islam berhadapan dengan satu tantangan,Yaitu alam fikiran yang telah hidup didalam masyarakat khususnya Indonesia dan seluruh dunia pada umumnya.Anggapan tersebut menjelaskan bahwa Ilmu yang ada pada abad sekarang ini berpangkal dari YUNANI.Didalam perkembangan selanjutnya,mereka menganggap bahwa Ilmu berasal dari YUNANI hingga mencapai abad modern atau abad millenium sekarang ini,mereka mengakui juga merupakan pengaruh dari hasil perjuangan Nabi muhammad S.A.W,tetapi kalimat yang mereka pakai adalah "jasa orang arab".Yaitu kalimat "Ilmu berasal dari "yunani",diambil over dan dipraktekkan oleh Romawi yang perkembangannya mencapai Zaman modern,Yaitu setelah sepeninggalan Nabi Muhammad S.A.W melalui dua jalan: 1.Melalui Cordova dan 2.Melalui Baghdad.

Kita tentu maklum bahwa Cordova dan Bagdad University didirikan dalam abad ke 8 M.
Kemudian dalam kaitannya dengan runtuhnya Bani umayyah dibarat,maka Cordova sebagai lembaga Ilmu turut musnah.Begitu juga dengan perkembangan Ilmu melalui Baghdad University,dengan hancurnya Bani Abbasiyyah ,juga membawa kehancuran Baghdad University sebagai Lembaga Ilmu.

Mereka menganggap Orang Arab berjasa dalam perkembangan Ilmu atau mengambil dan memindahkan Ilmu dari Yunani melalui Romawi ke Eropa.Kesemuanya itu dianggap oleh para ahli Ilmu Zaman modern adalah melalui mulut orang arab.Dari sinilah tuduhan mereka terhadap muhammad mengenai kitab yang bernama Alquran adalah mengambil dari yunani. .

Kalimat mereka,Orang Arablah yang pertama tama menguasai alam fikiran Yunani,juga apa yang telah dikembangkan oleh Romawi.
Kemudian melalui mulut orang arab inilah yang mengandung dua jalan,Yaitu melalui Cordova dan Baghdad University,akhirnya berkembang menjadi Ilmu yang kita lihat sekarang ini Yaitu Sains/science,Istilah mereka.

Jalan yang mereka tunjuk yang merupakan kancah perkembangan ilmu adalah melalui Laut tengah mencapai Florence,yaitu Italia bagian utara.Disinilah Ilmu mendapatkan Troegval basisnya sehingga,perkembangan Ilmu di Florence pada abad menengah,yang kemudian dinamakan Renaissance(perancis) = بِعْثَةٌ-bi`tsah dalam bahasa alquran = Kebangkitan kembali.

Sebagai tanggapan bahwa Ilmu dari Yunani,maka dengan hancurnya Romawi yang dianggap suatu Imperium yang paling beradab,dianggab ilmu turut hancur.Maka cita cita mereka selanjutnya adalah membangkitkan kembali Ilmu yang telah mengendap dalam peradaban Romawi yang telah mundur,itulah yang terkandung dalam istilah Renaissance.

Tingkat selanjutnya,dari Florence,Ilmu mencapai tengah tengah daratan Eropa sehingga menemui daerah perkembangannya,yaitu yang terkenal sekarang adalah Jerman.Pada tingkat ini dinamakan "Aufklarung" yang artinya sama dengan Renanissance,tetapi zamannya berbeda.
Jikalau Renaissance dianggap pada kira kira abad ke 10 sampai 14 M,namun Aufklarung dianggap telah mencapai abad ke 16 M - 17 M.Inilah yang mereka anggap SEJARAH ILMU(Saince?).

Yang perlu ditekankan disini adalah bahwa mereka mengakui bahwa Ilmu yang sekarang ini yang berkembang diEropa,asalnya mengakui bahwa Ilmu merupakan Jasa Orang Arab.Yaitu Orang arablah yang mula mula menguasai alam fikiran Yunani.Kemudian melalui mulut orang Arab inilah baru bisa ditanggapi di Eropa.

Inilah tantangan yang umat Islam hadapi,sehingga kalau berbicara masalah Ilmu maka Yunanilah sebagai produsernya.Yunanilah Lampu aladinnya.

Kesimpulan para ahli pada abad 20 dapat dicerminkan pada kenyataan mereka yang sering mereka tekankan:Sesungguhnya abad ke 20,yaitu abad modern,tidak lebih maju dari mereka yang terdahulu,yaitu Yunani.Dilihat dari segi prinsipnya.

Jadi dilihat dari segi prinsipnya berarti Romawi dan yunani lebih maju dari abad sekarang,yaitu abad modern.Sebaliknya,dilihat dari segi tekhnologi,dari tekhnik maka abad modern sekarang ini,adalah lebih maju dari Yunani,dari abad produsen itu sendiri.Jadi kemajuan abad modern sekarang,dalam perkembangan Ilmu,yang menonjol bukanlah masalah prinsip,melainkan masalah tekhnik seperti yang terjadi pada forum ini.Yang ditekankan adalah tehnik.

Ciri khas dari pada alam fikiran Yunani adalah seperti yang digambarkan oleh Von Smith,yaitu mereka/Yunani mengembangkan Ilmu dalam cara berfikirnya hanya dalam dua Pola yaitu Naturalisme dan Idealisme.

Berfikir secara Naturalis,dalam perkembangannya,perlu diperhatikan benar benar.

Kita ambil saja contoh Heraclitos yang mula mula meletakkan cara berfikir yang Universal yaitu bersifat macro(Alam besar).Yang mereka fikirkan adalah ujud kehidupan alam semesta-->Berfikir tentang alam besar lalu menumpahkannya kedalam budaya,yaitu bahwa hidup yang beres adalah seperti alam besar/semesta.Seperti dikatakan Von smith,maka kesimpulan mereka adalah susunan individu individu atau dengan kata lain bahwa hakikat kehidupan ini adalah susunan individu individu yang bebas sebebas bebasnya sepertihalnya peredaran planet planet yang mengelilingi matahari secara individu individu yang bebas dan tidak saling berbenturan.

Sebaliknya Aristoteles dianggap sebagai bapak dari gerakan materialisme yang pola berfikirnya adalah menurut alam kecil.Kalau bahasa hadits,pola berfikirnya menurut جَسَدٌ-jasad,hasilnya adalah Collectivisme,yaitu berfikir tentang susunan sel sel tubuh yang melebur menjadi bentuk kesatuan dari berbagai lembaga.Lembaga mata,hidung,perut,anus = جَسَدٌ-jasad.Maka hidup yang beres haruslah menurut yang demikian.sebagai analogi kita ambil contoh orang yang pergi ke WC untuk buang air besar.Lembaga yang paling berkepentingan adalah lembaga Anus,namun semua lembaga,seperti mata hidung,kaki dan lain lain harus ikut serta mendukung lembaga anus.Sepertihalnya gerak yang demikian,begitulah gerak pergaulan hidup masyarakat berlangsung dengan sistem penataannya adalah sentralisme/sentralisasi.



Nantikan kelanjutannya hingga Alquran menjawab semuanya ...tunggu sesaat lagi.. :turban: :turban: :turban:
User avatar
pusing
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 650
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby Mayim » Mon Aug 06, 2012 2:03 pm

Al'quran memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam dunia IPTEK, bahkan penemuan2 yg belum sanggup ditemukan oleh manusia telah diberitahu lebih dahulu oleh Al'quran.






Note:
Saya menantang siapapun untuk membuktikan satu saja kesalahan Al'quran !!!
Mayim
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Mon Aug 06, 2012 1:43 pm

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby fire » Tue Aug 07, 2012 9:21 am

Sebutin..????

Entar..... kalo sudah di temukan oleh "kafir"... baru dicari ayat2 quran yang cocok....... he..he..he.....
User avatar
fire
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 704
Joined: Sat Apr 10, 2010 11:59 am

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby sundamurtat » Tue Aug 07, 2012 12:58 pm

pusing wrote:Nantikan kelanjutannya hingga Alquran menjawab semuanya ...tunggu sesaat lagi.. :turban: :turban: :turban:


Itu tanggal postingnya 27 oktober 2010..

Sesaat laginya sampe 2 tahun lebih ya..

Mayim wrote:Al'quran memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam dunia IPTEK, bahkan penemuan2 yg belum sanggup ditemukan oleh manusia telah diberitahu lebih dahulu oleh Al'quran.


HOAX

Mayim wrote:Note:
Saya menantang siapapun untuk membuktikan satu saja kesalahan Al'quran !!!


DI FFI ini udah dibuktikan tuh puluhan kesalahan kuran.. bisa sesak napas kau.. gw murtadin, berani terima tantangan itu, mau mulai dari mana??
User avatar
sundamurtat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 728
Joined: Fri Apr 06, 2012 10:50 am
Location: Bandung - calon Israel Van Java

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby jemplank » Tue Aug 07, 2012 2:55 pm

all
Harusnya tantangannya diganti :
TUNJUKKAN KEBENARAN QURAN ....
Ini baru sulit sekali .....
jemplank
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 763
Joined: Tue May 15, 2012 2:43 am

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby Mayim » Wed Aug 08, 2012 10:46 am

@ all

w males nyebutin satu-persatu disini karena percuma lo semua ga bakal percaya.

lebih baik lu sebutin aja SATU SAJA kesalahan Quran. (w udah jelajahi situs ini tapi belum ada argumen yang cukup menggoyahkan diri w)


W ADA DI SINI BUKAN UNTUK BERDEBAT TAPI UNTUK MEMBUKTIKAN KEMURNIAN QUR'AN karena tidak ada satupun orang disini yang bisa membuktikannya !!!



Note:
Saya menantang siapapun yang bisa membuktikan satu saja kesalahan Qur'an !!!
Mayim
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Mon Aug 06, 2012 1:43 pm

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby Mayim » Wed Aug 08, 2012 11:04 am

@ all

w sebetulnya males nyebutinnya krn percuma loe semua gak bakal percaya, tapi ya gak pa2 lah...

Langit yang mengembang (Expanding Universe)


Dalam Al Qur’an, yang diturunkan 14 abad silam di saat ilmu astronomi masih terbelakang, mengembangnya alam semesta digambarkan sebagaimana berikut ini:


“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.” (Al Qur’an, 51:47)


Menurut Al Qur’an langit diluaskan/mengembang. Dan inilah kesimpulan yang dicapai ilmu pengetahuan masa kini.


Sejak terjadinya peristiwa Big Bang, alam semesta telah mengembang secara terus-menerus dengan kecepatan maha dahsyat. Para ilmuwan menyamakan peristiwa mengembangnya alam semesta dengan permukaan balon yang sedang ditiup.


Hingga awal abad ke-20, satu-satunya pandangan yang umumnya diyakini di dunia ilmu pengetahuan adalah bahwa alam semesta bersifat tetap dan telah ada sejak dahulu kala tanpa permulaan. Namun, penelitian, pengamatan, dan perhitungan yang dilakukan dengan teknologi modern, mengungkapkan bahwa alam semesta sesungguhnya memiliki permulaan, dan ia terus-menerus “mengembang”.


Pada awal abad ke-20, fisikawan Rusia, Alexander Friedmann, dan ahli kosmologi Belgia, George Lemaitre, secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam semesta senantiasa bergerak dan mengembang.


Fakta ini dibuktikan juga dengan menggunakan data pengamatan pada tahun 1929. Ketika mengamati langit dengan teleskop, Edwin Hubble, seorang astronom Amerika, menemukan bahwa bintang-bintang dan galaksi terus bergerak saling menjauhi.





Gunung yang Bergerak


“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan.” [QS 27:88]


14 abad lampau seluruh manusia menyangka gunung itu diam tidak bergerak. Namun dalam Al Qur’an disebutkan gunung itu bergerak.


Gerakan gunung-gunung ini disebabkan oleh gerakan kerak bumi tempat mereka berada. Kerak bumi ini seperti mengapung di atas lapisan magma yang lebih rapat. Pada awal abad ke-20, untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang ilmuwan Jerman bernama Alfred Wegener mengemukakan bahwa benua-benua pada permukaan bumi menyatu pada masa-masa awal bumi, namun kemudian bergeser ke arah yang berbeda-beda sehingga terpisah ketika mereka bergerak saling menjauhi.




dua aja dulu males w banyak2.



Note:
1. Saya menantang siapapun untuk membuktikan satu saja kesalahan Al'quran !!!
2. Sayatidak mendaftar di forum ini untuk berdebat, tetapi untuk membuktikan kemurnia Al'quran
Mayim
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 16
Joined: Mon Aug 06, 2012 1:43 pm

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby sundamurtat » Wed Aug 08, 2012 6:39 pm

Anda pasti dapat dari buku2 Harun Yahya kan?? Saya pengen ketawa, dipikirnya kafir di sini tidak pernah baca buku tersebut. just info aja, dulu saya pemuja quran karena hoax mukjizat2 dalam buku Harun Yahya.. tapi setelah dipikir2 jernih, klaim2 mukjizat quran mengenai teknologi sebagian besar cuma mencocok2kan saja akibat bunyi ayatnya yang sangat umum sehingga tercipta penafsiran bercabang, atau kalaupun ada yang sesuai dengan sains, bukanlah hal luar biasa karena dengan indra telanjang seorang yang awam mukjizat sekalipun bisa mengetahuinya.

sebelum ada teori big bang, muslim mungkin menerjemahkan ayat tersebut secara denotatif, aloh meluaskan langit berarti aloh memang menciptakan langit dengan ukuran yang sangat luas. Makna ini harusnya biasa2 saja, sekali tengok lagit monyet pun tahu kalau langit itu luas.

Tiba2 ayat ini menjadi perbincangan setelah diasosiasikan dengan Big Bang theory, seenaknya saja muslim menafsirkan kata meluaskan langit dengan kebenaran teori Big Bang.. Padahal bila anda menafsirkan secara adil dan detil, justru akan banyak kesalahan :

1. Berikan dulu definisi/pengertian langit.. Apakah langit adalah lapisan batas terluar semesta? Bila itu pengertian langit, benar kata fayhem ruang semesta itu tak berbatas sejak awal, tidak bisa dikatakan mengembang lagi untuk sesuatu yang dari awal tidak berbatas.

∞ + 1 = ∞
∞ + 10 = ∞
∞ + ∞ = ∞

big bang tidak menyebutkan langit dan bumi awalnya satu padu. Karena langit yang semulanya adalah ruang, sudah ada dan tetap terpisah dari materi primer yang sekarang menjadi bumi matahari dan benda2 langit.

2. Kamu salah mengerti tentang balon semesta, ilmuwan tersebut menyimpulkan semesta berkembang berdasarkan pergerakan benda2 langit (galaksi dan sebagainya) yang bergerak menjauh satu sama lain seperti dalam karet yang melar. Bisa jadi ruang langitnya yang tidak melar, tapi memang benda2 di dalamnya saja yang bergerak menjauh. Ibaratnya kamu meniupkan bubuk bedak di dalam kamar, kamarmu adalah langit jika kau definisikan batas semesta, dan bubuk bedak yg kau tiupkan adalah benda2 semesta. bubuk tersebut akan kau lihat pelan2 menjauh dan seperti berdifusi membentuk siluet fog yang membesar, tapi belum berarti kamarmu membesar kan??

3. Jika langit yang kau definisikan adalah semesta berikut isinya, maka harusnya "mengembangkan" langit berarti mengembangkan dimensi dari isi semesta itu sendiri. Kau sudah mengambil analogi balon semesta, jika analogi itu kau anggap benar, maka ibaratkan benda semesta adalah sebuah gambar titik pada balon, maka harusnya saat kau tiup balon tersebut kau harus melihat titik tersebut ikut membesar juga karena terikat dimensi yang sama dengan balon. Apakah terbukti bumi, matahari, bulan, bintang2 dan planet2 dimensinya ikut membesar?

4. Kamu harus lengkap menelaah Penelitian Big Bang tersebut, kecepatan "mengembang" semesta memang sangat luar biasa, tapi ternyata ditengarai kecepatan pengembangannya semakin lama semakin berkurang. Ibaratnya tahun sekarang melesat dengan kecepatan 1000 km/sekon, tahun depan 999.99999999 km/sekon, berikutnya lagi 999.999999998 km/sekon, dan seterusnya.. teori ini dari didasarkan bahwa pasti ada suatu energi awal yang "menghentak" semesta sehingga bisa bergerak saling menjauh. tapi ingat hukum kekekalan energi. Saat energi berubah bentuk menjadi energi gerak dan habis oleh gravitasi antar benda langit, suatu saat, entah jutaan tahun lagi semesta mencapai titik klimaksnya untuk berkembang, setelah itu bisa jadi akan menciut kembali dan makin lama bisa bergabung lagi, runtuh oleh gravitasinya sendiri menjadi bintang hitam (salah satu versi teori kiamat semesta astronomer).

Di saat itu, maka ayat di atas akan menjadi salah, karena kondisinya justru aloh sedang 'menyempitkan" langit...


Mangga dibantah,
Syukron

Syukro sagede balon..
User avatar
sundamurtat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 728
Joined: Fri Apr 06, 2012 10:50 am
Location: Bandung - calon Israel Van Java

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby pusing » Thu Aug 09, 2012 12:18 am

:lol: Sudah lama sekali thread dan situs ini saya tinggalkan karena memang sittus ini hanya menjadikan terjemah alquran sebagai propaganda dengan tanpa memahami kandungan Bahasa nya. Inilah yang membuat saya malas berada disini. Lihat saja thread dengan judul yang saya buat tentang sejarah ilmu. tapi isinya berjidal tentang Langit.

Kendatipun demikian sedikit saya klarifikasi kata السَّمَاوَاتِ merupakan bentuk jamak dari السَّمَاءُ.

Jadi السَّمَاوَاتِ secara bahasa berjumlah banyak. dari bahan mentah ini saja kafir kafir disini juga tidak paham. :lol:
User avatar
pusing
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 650
Joined: Wed Sep 08, 2010 6:10 am

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby sodrun » Thu Aug 09, 2012 7:35 am

pusing wrote::lol: Sudah lama sekali thread dan situs ini saya tinggalkan karena memang sittus ini hanya menjadikan terjemah alquran sebagai propaganda dengan tanpa memahami kandungan Bahasa nya. Inilah yang membuat saya malas berada disini.

Tempat perlindungan paling aman menurut anggapan muslim adalah di KETIAK atawa di SELANGAKANGAN ARAB !
:-$
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby Aku-Suka-Hujan » Thu Aug 09, 2012 7:58 am

Intinya:

MAU BENAR ATAU SALAH, ISLAM HARUS BENAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRR!!!!! ALAHUAKBAR!!!!

Sesekali lepaskan jaket agama, dan coba gunakan logika dan nurani manusia...
Oh iya saya lupa... Islamkan mengajarkan ga boleh mempertanyakan agama, jelas aja logikanya ga jalan...
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby BebasMungkin » Thu Aug 09, 2012 8:36 am

pusing wrote::lol: Sudah lama sekali thread dan situs ini saya tinggalkan karena memang sittus ini hanya menjadikan terjemah alquran sebagai propaganda dengan tanpa memahami kandungan Bahasa nya. Inilah yang membuat saya malas berada disini. Lihat saja thread dengan judul yang saya buat tentang sejarah ilmu. tapi isinya berjidal tentang Langit.

Kendatipun demikian sedikit saya klarifikasi kata السَّمَاوَاتِ merupakan bentuk jamak dari السَّمَاءُ.

Jadi السَّمَاوَاتِ secara bahasa berjumlah banyak. dari bahan mentah ini saja kafir kafir disini juga tidak paham. :lol:

Yang anehnya adalah Tiap2 Muslim datang di FFI ini dgn Tafsir nya masing2, nanti2 pasti akan ada lagi Muslim datang di FFI dgn Tafsir nya sendiri2....

1000 Muslim di FFI, akan ada 1000 Tafsir, masing2 bisa menafsirkan Qur'an,
yg lucu adalah Qur'an yg tdk memberikan Keterangan yg Terang dan Jelas (multi tafsir), kafir FFI yg disalahkan....

Memang Cara Ampuh membela Qur'an adalah dgn mengatakan Qur'an tdk dapat diterjemahkan.....

User avatar
BebasMungkin
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby BebasMungkin » Thu Aug 09, 2012 10:40 am

Mayim wrote:Langit yang mengembang (Expanding Universe)

Dalam Al Qur’an, yang diturunkan 14 abad silam di saat ilmu astronomi masih terbelakang, mengembangnya alam semesta digambarkan sebagaimana berikut ini:

“Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya.” (Al Qur’an, 51:47)

Menurut Al Qur’an langit diluaskan/mengembang. Dan inilah kesimpulan yang dicapai ilmu pengetahuan masa kini.

Sejak terjadinya peristiwa Big Bang, alam semesta telah mengembang secara terus-menerus dengan kecepatan maha dahsyat. Para ilmuwan menyamakan peristiwa mengembangnya alam semesta dengan permukaan balon yang sedang ditiup.

Hingga awal abad ke-20, satu-satunya pandangan yang umumnya diyakini di dunia ilmu pengetahuan adalah bahwa alam semesta bersifat tetap dan telah ada sejak dahulu kala tanpa permulaan. Namun, penelitian, pengamatan, dan perhitungan yang dilakukan dengan teknologi modern, mengungkapkan bahwa alam semesta sesungguhnya memiliki permulaan, dan ia terus-menerus “mengembang”.

Pada awal abad ke-20, fisikawan Rusia, Alexander Friedmann, dan ahli kosmologi Belgia, George Lemaitre, secara teoritis menghitung dan menemukan bahwa alam semesta senantiasa bergerak dan mengembang.

Fakta ini dibuktikan juga dengan menggunakan data pengamatan pada tahun 1929. Ketika mengamati langit dengan teleskop, Edwin Hubble, seorang astronom Amerika, menemukan bahwa bintang-bintang dan galaksi terus bergerak saling menjauhi.

Permasalahannya adalah :
Ayat Qur'an sendiri ber kontradiksi dengan Teori Big Bang,

Qs Fussilat : 11
Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".


Tanpa Teori Big Bang, TIDAK akan ada Teori Perluasan Alam Semesta, berarti Alam Semesta Statis....
dan pada Ayat diatas Qur'an menjelaskan bahwa Alam semesta awal mulanya adalah dari Asap....

Jadi Mana yg Benar Teori Asap atau Teori Big Bang ??
Alam Semesta Statis atau Meluas ??


Mayim wrote:Gunung yang Bergerak

“Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan.” [QS 27:88]


14 abad lampau seluruh manusia menyangka gunung itu diam tidak bergerak. Namun dalam Al Qur’an disebutkan gunung itu bergerak.

Gerakan gunung-gunung ini disebabkan oleh gerakan kerak bumi tempat mereka berada. Kerak bumi ini seperti mengapung di atas lapisan magma yang lebih rapat. Pada awal abad ke-20, untuk pertama kalinya dalam sejarah, seorang ilmuwan Jerman bernama Alfred Wegener mengemukakan bahwa benua-benua pada permukaan bumi menyatu pada masa-masa awal bumi, namun kemudian bergeser ke arah yang berbeda-beda sehingga terpisah ketika mereka bergerak saling menjauhi.

Permasalahannya adalah :
Ayat Qur'an sendiri ber kontradiksi dengan Teori Pergerakan Kerak Bumi,

QS Al-Anbiya : 31
Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.

<==== Gunung Membuat Bumi Tidak Bergerak, tentunya Gunungnya Tdk bergerak, bgm Gunung yg bergerak dpt membuat Bumi tdk bergoncang ??
<==== Gunung sebenarnya Bergerak atau Tidak ??

QS An-Nabaa : 7
dan gunung-gunung sebagai pasak ?

<==== Dengan adanya Gunung sebagai Pasak maka Kerak Bumi tdk bergerak, karna Gunung adalah Pasaknya....
<==== Bertentangan sekali dengan Teori Pergerakan Kerak Bumi, ada tdk adanya gunung Kerak Bumi tetap bergerak...

QS An-Nahl : 15
Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk.

<==== Gunung ini sebenarnya Bergerak atau Tidak ?? bgm bisa membuat Bumi tdk bergerak, klu Gunungnya sendiri bergerak ??
<==== Bertentangan sekali dengan Teori Pergerakan Kerak Bumi, ada tdk adanya gunung Kerak Bumi tetap bergerak...

An-Naazi’at : 32
Dan gunung-gunung dipancangkan-Nya dengan teguh

<==== Nah yg ini Qur'an aneh lagi Gunung di pancang dgn Teguh tdk Bergerak, atau Gunung Tdk di pancang dgn Teguh sehingga Bergerak ??
<==== Sebenarnya Gunung bergerak atau Tidak sih ?? Menurut Qur'an Kerak Bumi bergerak atau Tidak ??



Dari ayat2 diatas kok Qur'an Bertentangan dengan Teori Big Bang dan Teori Pergerakan Kerak bumi ??
Apakah sebenarnya Qur'an adalah Informasi yg Ngaco ??

User avatar
BebasMungkin
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby paidjoh » Thu Aug 09, 2012 11:34 am

Mayim binti Miyabi wrote:...

Note:
1. Saya menantang siapapun untuk membuktikan satu saja kesalahan Al'quran !!!
2. Sayatidak mendaftar di forum ini untuk berdebat, tetapi untuk membuktikan kemurnia Al'quran


to all kapeerun.....
baca baik2 note si miyabi....:green:

dianya ada di forum ini BUKAN untuk berdebat !!!
jadi cuma koar2 satu arah saja alias jualan doang !!
seperti ini :

Image
tukang obat on action.jpg
paidjoh
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 907
Joined: Tue Nov 15, 2011 12:45 pm

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby sundamurtat » Thu Aug 09, 2012 11:38 am

BebasMungkin wrote:QS An-Nahl : 15
Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk.
<==== Gunung ini sebenarnya Bergerak atau Tidak ?? bgm bisa membuat Bumi tdk bergerak, klu Gunungnya sendiri bergerak ??
<==== Bertentangan sekali dengan Teori Pergerakan Kerak Bumi, ada tdk adanya gunung Kerak Bumi tetap bergerak...



Beberapa tahun lalu sebelum saya murtad, yang habis kejadian gempa jogja itu (2006 ya??), saya sempat dengar ceramah ustad di daerah saya..
Dia mengambil referensi QS An-Nahl:15 tentang fungsi Gunung sebagai pengokoh bumi.

Hal lucu adalah, ustadz tersebut membahas fenomena banyaknya gunung dan bukit2 yang ditebas, diratakan dan diambil pasirnya untuk jadi bahan bangunan atau pertambangan.

dengan percaya dirinya ustad tersebut mengasosiasikan ke ayat tersebut.. Ulah manusia yang mengeruk gunung menyebabkan bumi kehilangan "paku2 gunung" sehingga tidak seimbang lagi makanya tidak kokoh dan timbulah gempa.. O my God, efek quran masih saja bisa bikin orang tersesat di jaman modern sekalipun ya... #-o
User avatar
sundamurtat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 728
Joined: Fri Apr 06, 2012 10:50 am
Location: Bandung - calon Israel Van Java

Re: Sejarah Ilmu (Sains??)Menurut Alquran..

Postby simplyguest » Thu Aug 09, 2012 12:13 pm

Mayim wrote:Note:
1. Saya menantang siapapun untuk membuktikan satu saja kesalahan Al'quran !!!

Udah banyak tuh buktinya diajuin ama kapir2 di thread yang kamu bikin sendiri :
Buktikan kesalahan Al'quran

Kok situ malah gak muncul2 sama sekali ? Kaget ya, kalo ternyata buktinya seabreg, bukan cuma satu ?

Mayim wrote:2. Sayatidak mendaftar di forum ini untuk berdebat, tetapi untuk membuktikan kemurnia Al'quran

Monggo silakan buktiin "kemurnian" quran yang ada di thread kamu itu.
Kalo cuma koar2 satu arah doang, berarti bener yang dibilang sdr paidjoh, kamu tu cuma tukang obat jalanan.
:green:
User avatar
simplyguest
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1906
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Next

Return to Quran & SAINS



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users