. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

SEJARAH BONGKAR PASANG KA’BAH

Budaya2 PRA-Islam, apa, siapa dan betulkah jahiliyah ? Bgm pengaruh budaya2 purba itu pada Islam ?

SEJARAH BONGKAR PASANG KA’BAH

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 6:36 am

SEJARAH BONGKAR PASANG KA’BAH
Jangan mengira bahwa bangunan Ka’bah yang sekarang ada di Mekah adalah bangunan yang sama yang ada di jaman Muhammad di abad ke 7 Masehi.

Denah Ka'bah:
Image

Ukuran dan pembangunan kembali Ka'bah:
Ukuran tinggi Ka’bah yang ada saat ini adalah 39 kaki 6 inci (kira2 11 meter;1 kaki = 12 inci = 30 cm), dan ukuran total adalah 627 kaki persegi. Ukuran dalam Ka’bah adalah 42,64x29,52 kaki (atau kira2 12,7x8,85 m). Tebal tembok adalah 3,26 kaki (kira2 97,8 cm). Lantai di bagian dalam lebih tinggi 7,22 kaki (kira2 2,1m) dari dasar tanah di mana orang2 melakukan Tawaf.
Langit2 dan atap terbuat dari kayu teak yang ditutup dengan baja stainless. Tembok terbuat dari batu. Batu2 bagian dalam tidak dipoles, sedangkan bagian luar dipoles.
Para ahli sejarah berkata bahwa Ka’bah dibangun kembali berkali-kali sekitar lima sampai 12 kali. Ukuran pertama Ka’bah di jaman Muhammad adalah:
▪ tembok timur 48 kaki, 6 inci (berisi batu hitam)
▪ tembok Hateem berukuran 33 kaki
▪ sisi tembok antara batu hitam dan sudut Yemeni adalah 30 kaki
▪ tembok barat 46.5 kaki

Inilah daftar bongkar pasang Ka’bah:
Pembangunan ulang Ka'ba oleh pagan Quraish:
Muhammad berpartisipasi dalam pembangunan kembali Ka’bah sebelum dia mengaku sebagai nabi. Setelah banjir hebat, Ka’bah jadi rusak dan temboknya retak. Harus dibangun lagi nih. Kewajiban membangun Ka’bah dibagi diantara 4 suku Quraish. Muhammad ikut dalam pembangunan ini. Ketika tembok2 sudah dibangun sebagian, maka dimasukkanlah Batu Hitam (al-Hajar al-Aswad) di bagian tembok sebelah timur Ka’bah.
Karena suku Quraish tidak punya cukup dana, mereka tidak membangun kembali seluruh Ka’bah. Karena itulah bentuknya jadi bujur sangkar dan tidak serupa dengan bentuk aslinya yang pesegi panjang. Daerah bagian dasar Ka’bah yang tidak dibangun kembali disebut Hatim.

Pembangunan Kembali Ka’bah oleh Abdullah ibn Zubair:
Tentara Syria pimpinan Yazid menghancurkan Ka’bah di bulan Muharram 64 Hijrah, setahun setelah dia membantai keluarga Muhammad di Karbala. Akan tetapi, jangan khawatir, sebab Haj Abdullah ibn Zubair (saingan Kalifah Bani Umayyah) membangun kembali Ka’bah dari dasar.
Ibn Zubair ingin membangun Ka’bah persis seperti yang diinginkan Muhammad. Ibn Zubair berkata, “Aku mendengar Aisyah (bini muda kesayangan Muhammad) berkata, “Sang Nabi berkata:”Jika orang2mu tidak baru saja meninggalkan kepercayaan paganmu, dan jika aku punya cukup dana untuk membangun Ka’bah, aku akan tambahkan beberapa kaki di atasnya dari Hijr. Juga, aku akan pasang dua pintu; satu pintu agar orang2 dapat masuk ke dalam dan pintu satunya lagi untuk ke luar.” (Bukhari). Ibn Zubair berkata, “Hari ini, aku punya dana untuk melakukan itu dan aku tidak takut akan orang2.”
Ibn Zubair membangun atap di tiga pilar dengan kayu Aoud (kayu wangi Arabia). Dia meletakkan dua pintu, satu menghadap timur dan satu lagi menghadap barat, sama seperti apa yang diinginkan Muhammad dulu.
Dia juga membangun daerah Hateem yang terletak di sekitar Ka’bah yang dikelilingi oleh tembok rendah separuh lingkaran.
Ibn Zubair juga meletakkan empat pilar di sekeliling Ka’bah dan menggantungkan kain di atasnya sampai seluruh bangun selesai dibangun.

Pembangunan Kembali Ka’bah di Jaman Abdul Malik:
Di tahun 74H (693M) Al-Hajjaj bin Yusuf al-Thaqafi, atas persetujuan Kalifah Bani Umayyah bernama Abdul Malik menghancurkan apa yang dibangun Ibn Zubair. Dia mengembalikan struktur bangunan persis seperti yang ada di jaman pagan Quraish. Inilah perubahan yang dilakukannya:
1. Ka’bah diperkecil jadi sama ukurannya dengan yang ada saat ini
2. Membongkar Hatim
3. Menutup pintu barat dengan tembok
4. Meruntuhkan tembok di daerah Hatim
5. Membuang tangga kayu yang ditempatkan Ibn Zubair di dalam Ka’bah
6. Mengurangi ketinggian pintu sampai 7 kaki
Struktur ini tetap sama selama 966 tahun, dengan perubahan kecil di sana sini.

Pembangunan Kembali Ka’bah di Jaman Sultan Murad:
Di tahun 1039H (1629 Masehi), lagi2 banjir melanda sehingga dua tembok bagian timur dan barat Ka’bah rubuh. Kejadian ini terjadi di 19 Sha’ban tahun 1039H. Banjir mencapai ketinggian 10 kaki (3m) dari tanah.
Setelah usai banjir, maka Ka’bah dibangun kembali di bawah pengawasan Sultan Murad. Bentuknya persis sama dengan Ka’bah di jaman Quraish sebelum Muhammad mengaku nabi.

Pembangunan Kembali Ka’bah di tahun 1996:
Bongkar pasang besar2 dilakukan terhadap Ka’bah dari bulan Mei 1996 sampai Oktober 1996. Ini dilakukan setelah 400 tahun Ka’bah dibangun kembali oleh Sultan Murad.
Dalam pembangunan kembali kali ini, bagian yang masih asli hanyalah batu2 Ka’bah saja. Semua bagian lainnya diganti, termasuk bagian langit2 dan atapnya yang terbuat dari kayu.

Apa sih isi dalam Ka’bah?
Ketua Islamic Society of North America (ISNA) (= Masyarakat Islam Amerika Utara) punya kesempatan masuk ke dalam Ka’bah di tahun 1998. Inilah keterangannya:
▪ di dalamnya terdapat dua pilar (orang lain menyebut 3 pilar)
▪ ada meja untuk meletakkan parfum
▪ terdapat dua lampu lentera yang digantungkan dari langit2
▪ ruangan cukup untuk menampung 50 orang
▪ tidak ada lampu listrik di bagian dalam
▪ tembok dan lantai terbuat dari marmer
▪ tidak ada jendela di bagian dalam
▪ hanya ada satu pintu
▪ bagian atas tembok2 di bagian dalam ditutupi gorden
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 6:42 am

Jangan pula mengira bangunan kotak keramat itu adalah asli dari budaya Islam. Lihatlah batu kotak yang dibangun untuk makam keramat Kaisar2 Persia di abad ke 5 sebelum Masehi ini:
Image
Image
Mirip, bukan?
Budaya Persia merupakan budaya terunggul di Timur Tengah sampai pertengahan abad Masehi. Jadi tidak heran jika pengaruh budayanya menyebar ke mana2 dan bentuk makam keramat ini lalu ditiru oleh masyarakat2 Timur Tengah, termasuk masyarakat pagan Quraish.
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 7:34 am

Masih ada lagi nih kotak2 batu Jin yang banyak terdapat di kota kuno Petra di Yordania:
Image
Kotak batu ini melambangkan Dewa Dushara yang disembah masyarakat kuno Nabasia

Terus ini lagi bangunan masyarakat kuno Nabasia penyembah dewi Al Uzza di Timur Tengah:
Image
Kotak tempat dewa nih. Sama seperti Ka'bah tempat dewa bulan Allah ta-alla.
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 8:32 am

Belum lagi dewa2 kotak yang ini:
Image
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 8:34 am

Dewa bulan beserta lambang bulan sabitnya dari Mesir:
Image
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 8:43 am

Image
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 8:56 am

Image
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby Crusader Telat » Sun Oct 14, 2007 9:34 am

Info keren Adadeh....thanx
Crusader Telat
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 276
Joined: Sun Oct 07, 2007 7:59 am
Location: Jauh dari Monas

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 10:13 am

Penyembahan terhadap dewa bulan merupakan hal biasa dalam masyarakat kuno Timur Tengah dan hal ini sudah berlangsung sejak jaman Abraham (kira2 4.000 tahun sebelum Masehi).
Image
Image
Yang ini kuil Dewa Bulan dari Mesir:
Image
Yang ini kuil Dewa Bulan dari Yemen:
Image
Last edited by Adadeh on Sun Oct 14, 2007 10:37 am, edited 1 time in total.
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby Adadeh » Sun Oct 14, 2007 10:23 am

Image
Wahai, non-Muslim, jangan pernah terjebak dan masuk Islam, ya?

Menurut Ensiklopedia Britannica and Ensiklopedia Islamia, masyarakat Arab tidak mencatat sejarah mereka sendiri sebelum jaman Islam. Anehnya, mereka bahkan menyebut jaman itu sebagai jaman jahiliyah yang penuh nista dan kegelapan. Mungkin tiada satu pun negara di dunia yang terang2an menghapus sejarahnya sendiri selama 2.500 tahun dengan secara sistematis menghancurkan segala yang berhubungan dengan masa lalu. Mereka telah menghapus segala kenangan era sebelum Islam dalam benak mereka. Jika mereka memilih untuk jadi **** dan tidak tahu apa2 tentang masa lalu mereka, maka sungguh ironis bahwasanya mereka menuduh jaman sebelum Islam sebagai jaman **** dan tidak tahu apa2.

Untungnya, kita masih bisa menelusuri jaman sebelum Islam di Arabia. Pepatah terkanal mengatakan bahwa tidak mungkin bisa menghilangkan segala bukti. Sejarah Araba pra-Islam ternyata penuh dengan sejarah pagan yang juga merupakan asal-usul terbentuknya Islam. Sekarang kau tahu dari mana tuh asal lambang bulan dan mengapa bulan sedemikian pentingnya dalam budaya Islam.

Jangan lagi mengira bangunan Ka'bah dan lambang bulan sabit merupakan lambang asli Islam, ya? Malu dong kalau sampai sebodoh badui Arab sehingga dapat dikadalin Muhammad.
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby mamat bin edun » Tue May 13, 2008 12:21 pm

Image PLOK PLOK PLOK....BRAVO ADADEH atas infonya....makin membuktikan bahwa islam = penyembah berhala !!! MANTEB POKOKE......

:idea: Nambahin bahan² gw buat gw sebarin ke sodara² gw yang masih muslim....kasihan mereka dibodo²in orang udik padang pasir.....
mamat bin edun
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 282
Joined: Wed Jan 09, 2008 6:44 pm

Postby Nandesuka? » Fri Jun 27, 2008 10:01 pm

wah.. bagus nih.. bahannya saya ambil boleh kan? tapi tidak saya cantumkan sumbernya dari adadeh/faithfreedom.. takutnya muslim udah ilfil dulu kalo tau sumbernya dari faithfreedom.. gpp?
User avatar
Nandesuka?
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 44
Joined: Sun Jun 17, 2007 10:25 pm
Location: dimana hayo..

Postby ali5196 » Sat Jun 28, 2008 4:18 am

BUkti2 lagi bahwa tradisi Islam sudah ada sejak jaman sebelum Islam :

- bapaknya Muhamad namanya : Abdullah, kependekan dari Abdi ALLAH, padahal Islam belum eksis. Bahkan MOMED aja BELON LAHIR, bapaknya udah bernama Abdullah !

- keluarga bapaknya Muhamad (dari suku Quraisy) ditugasi sbg penjaga kunci KA'BAH yg menyimpan patung2 berhala ! NAH, udah ketahuan Ka'bah eksis SEBELUM MOMED lahir ... Pake ngarang2 Ka'bah dibangun 'nabi' ADAM & Ibrahim lagi. ANEH ! Adam & Ibrahim aja nggak pernah
ngaku bikin bangunan kotak raksasa. Nabi merangkap tukang kontrak bangunan, kaleeee ??? :lol: :lol: :lol:

- Muhamad disunat aja kagak & kawin menurut ritual KRISTEN, dikawinkan pamannya Khadijah, seorang PENDETA nestorian (Waraqah bin ... lupa gua nama belakangnya)

SO, ketahuan banget si MOMED keturunan berhala dan semua istilah dan tradisi Islam = berhala. :wink:
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby Makiah » Sun Sep 07, 2008 9:01 pm

Adadeh!! You're SO F.U.C.K.I.N.G BRILLIANT!!!!

BRAVO!!!! THE BEST KAFIR VERSI INDONESIA!!!
User avatar
Makiah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 182
Joined: Sun Jun 08, 2008 11:17 pm
Location: Kabah's Toilet

Postby Makiah » Sun Sep 07, 2008 9:10 pm

Nandesuka = K???
User avatar
Makiah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 182
Joined: Sun Jun 08, 2008 11:17 pm
Location: Kabah's Toilet

Re: SEJARAH BONGKAR PASANG KA’BAH

Postby kebenaran_kekal » Tue Mar 16, 2010 10:48 pm

Wah... Mas Adadeh, gambarnya gak nimbul lagi loh, bukannya hanya thread ini, bahkan ada banyak.

Bikin akun palsu aja di Facebook atau Friendster, hanya untuk upload gambar, lebih enak lho... :turban:
kebenaran_kekal
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 237
Joined: Mon Nov 23, 2009 9:10 pm

Re: SEJARAH BONGKAR PASANG KA’BAH

Postby Topsy KreeT » Mon Nov 08, 2010 8:28 am

:drink:
User avatar
Topsy KreeT
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2099
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Re: SEJARAH BONGKAR PASANG KA’BAH

Postby APEL EMAS » Thu Dec 16, 2010 3:16 pm

oh begitu toh ceritanya... :lol: :lol: :lol:
User avatar
APEL EMAS
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 900
Joined: Wed Aug 25, 2010 11:42 am
Location: PIKIRAN JERNIH DAN AKAL SEHAT

Re: SEJARAH BONGKAR PASANG KA’BAH

Postby Si Amang Miyang » Wed Jan 05, 2011 8:53 pm

mantapp...lanjutn... \:D/
User avatar
Si Amang Miyang
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 533
Joined: Thu Dec 16, 2010 9:54 am
Location: sebuah toilet yg bernama ka'bah

Re: SEJARAH BONGKAR PASANG KA’BAH

Postby Al-Kafirun_Mukmin » Sat Feb 12, 2011 5:17 pm

Bukti2 masalalu d hilangkn, biar tdk kelihatan..
User avatar
Al-Kafirun_Mukmin
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1135
Joined: Sat Jan 22, 2011 7:13 am


Return to Resource Centre Masa PRA-Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users