. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

RUU Poligami dan kawin siri

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

RUU Poligami dan kawin siri

Postby doski » Mon Mar 02, 2009 3:14 pm

Denger2 di TV bahwa pemerintah indo lagi menggodok UU tentang Poligami dan Kawin Siri yang diatur. Dan ancamannya adalah penjara bagi yang melanggar.

Ada yang tahu draft RUUnya. Apakah UU ini akan menyalahi hukum auloh?

Silahkan di share jika ada.

Jangan2 hukum auloh kalah sama hukum buatan manusia...wakakakakak
doski
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1348
Joined: Fri Oct 05, 2007 8:41 am
Location: maunya di SURGA bukan SYUURGA

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby japra » Mon Mar 02, 2009 3:43 pm

ini dia linknya:

http://www.surya.co.id/2009/02/28/ruu-p ... rp-5-juta/


JAKARTA | SURYA -Rancangan Undang Undang (RUU) Peradilan Agama Tentang Perkawinan yang membahas nikah siri, poligami dan kawin kontrak sudah berada di tangan Setneg. Departemen Agama (Depag) masih menunggu jawaban Presiden Susilo Bambang Yudhoyono atas RUU tersebut.
“Yang jelas sudah di Setneg. Kami belum tahu disetujui presiden atau tidak,” ujar Direktur Bimas Islam Depag Nasaruddin Umar, Jumat (27/2).

Menurut Nasaruddin, RUU diharapkan akan segera dibawa ke DPR, karena pembasannya sudah dilakukan sejak setahun lalu. Ia juga berharap proses legislasi RUU itu segera tuntas dan bisa diberlakukan. “Saya juga nggak tahu terakhir perkembangannya,” imbuh Nasaruddin.

Nasaruddin menjelaskan, isi RUU itu juga akan memperketat tentang nikah siri, kawin kontrak dan poligami. Namun RUU itu tidak membahas soal ahli waris dalam perkawinan Islam. Dalam RUU tersebut, nikah siri dianggap ilegal sehingga pasangan yang menjalani pernikahan model itu akan dipidanakan. “Ada kurungan maksimal 3 bulan dan denda maksimal Rp 5 juta,” ujar Nasaruddin.

Menurut Nasaruddin, sanksi juga berlaku bagi pihak yang mengawinkan atau yang dikawinkan secara nikah siri, poligami, maupun nikah kontrak. Selain itu, setiap penghulu yang menikahkan seseorang yang bermasalah, misalnya masih terikat dalam perkawinan sebelumnya, akan dikenai sanksi pidana 1 tahun penjara.

Pegawai Kantor Urusan Agama yang menikahkan mempelai tanpa syarat lengkap juga diancam denda Rp 6 juta dan 1 tahun penjara. Perkara perkawinan kontrak, dengan alasan apa pun, kata dia, tidak dibenarkan. Pengaturan warisan dalam perkawinan Islam, ia menjelaskan, juga tidak dibatasi 2:1 untuk ahli waris laki-laki dan perempuan.

Nasaruddin menambahkan, nikah siri, poligami dan kawin kontrak dipidanakan karena banyak pihak yang dirugikan atas pernikahan ini. “Yang dirugikan kebanyakan perempuannya,” kata dia.

Penghapusan praktik nikah siri ini kerap dilontarkan para aktivis perempuan. Alasannya tidak ada hukum positif yang mengatur pernikahan itu, sehingga bila ada aksi kekerasan di dalamnya korban yang biasanya perempuan kurang mendapat perlindungan. Bahkan, UU kekerasan dalam rumah tangga pun hanya mengatur aksi kekerasan di dalam ikatan perkawinan resmi.dtc

//////////////////////

kasihan..... muslim udah gak percaya lagi ama aturan dari awloh .....
User avatar
japra
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 820
Joined: Wed Feb 14, 2007 5:53 pm
Location: bali mester

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby doski » Tue Mar 03, 2009 11:00 am

ha...ha...masa sih aturan auloh yang dibawa muhamad, malah kaga boleh sama negara yang kebanyakan penduduknya adalah muslim.

aturan auloh kalah sama auturan manusia.

aturan manusia lebih baikkah daripada aturan auloh yang kadaluarsa.

ayo muslim2 demo, ada yang menzalimi auloh ente.

jawab muslim : tapi pan asal ga ngungkit2 nama muhamad, biarin deh. wakakakakak
doski
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1348
Joined: Fri Oct 05, 2007 8:41 am
Location: maunya di SURGA bukan SYUURGA

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby islam_watcher » Tue Mar 03, 2009 11:15 pm

katanya sempurna sepanjang jaman hingga kiamat, koq baru abad internet sdh kadaluarsa, hihi, ternyata muhammad tukang kibul ya, ga nyangka kali muhammad kalo manusia skarang makin pintar ga bisa dibohongi dan diintimidasi kayak jaman dia dulu
User avatar
islam_watcher
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1517
Joined: Sun Oct 21, 2007 2:16 pm

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby japra » Wed Mar 04, 2009 10:49 am

tapi ini cuma akal2an muslim ajah. kalo gak ada hukuman fisik -- di denda 5 juta apa bedanya dengan bayar 5 juta ? sama aja toch ????

bisa aja ini orang2, mau nya aman2 aja.... yg penting duit.... :-"
User avatar
japra
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 820
Joined: Wed Feb 14, 2007 5:53 pm
Location: bali mester

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby gaston31 » Wed Mar 04, 2009 12:09 pm

doski wrote:ha...ha...masa sih aturan auloh yang dibawa muhamad, malah kaga boleh sama negara yang kebanyakan penduduknya adalah muslim.

apakah poligami dilarang dgn UU ini?

kawini siri = kawin tanpa mencatatkan diri pernikahannya ke pemerintah.

apakah boleh dan sah, umat beragama nikah tanpa mencatatkan pernikahannya ke pemerintah?
muslim bilang: SAH!
kafir bilang:..?
User avatar
gaston31
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby doski » Wed Mar 04, 2009 1:52 pm

makanya dalam hukum agama ente kan sah, tapi bagi pemerintah kaga sah.
gimana nih hukum auloh kok kaga di sahin sama pemerintah.

yang seneng poligami kan muslim, yang seneng kawin siri kan muslim, yang seneng kawin kontrak juga muslim.

inget ton:
selain muslim ga dikenal istilah poligami, kawin siri dan kawin kontrak.

ente mau membelokkan dengan menanyakan;

muslim = sah
kafir = ????

ga usah ente definisikan, karena istilah itu tidak dikenal di kalangan selain islam.

dan disini adalah membatasi hukum yang oleh auloh ente dibilang sah.begitu ton.

setahu gue yang non muslim kalo nikah ga segampang muslim dan pasti tercatat.
ya kalau ga di lembaga agama masing2 dan pasti setelah itu ke catatan sipil.

cuma islam saja yang bisa2nya mempermainkan pernikahan atas dasar aturan agamanya.

paham yah
doski
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1348
Joined: Fri Oct 05, 2007 8:41 am
Location: maunya di SURGA bukan SYUURGA

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby gaston31 » Wed Mar 04, 2009 2:01 pm

ga ada pembelokan disini.
sebelum ada institusi yg meminta perkawinan dicatatkan ke pemerintah, smua PASTI nikahnya SIRI. bener ga?

di jaman Ibrahim, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman MUSA, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman YESUS, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman Muhammad, PASTI orang2 nikah SIRI

elo tinggal jawab aja,
apakah boleh dan sah, umat beragama nikah tanpa mencatatkan pernikahannya ke pemerintah?
muslim bilang: SAH!
kafir bilang:..?

Meski elo TS, tp klo gak tau, gak ngerti, ya gpp kok... :turban:
User avatar
gaston31
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby betdaniel99 » Wed Mar 04, 2009 2:02 pm

gaston31 wrote:apakah poligami dilarang dgn UU ini?
kawini siri = kawin tanpa mencatatkan diri pernikahannya ke pemerintah.
apakah boleh dan sah, umat beragama nikah tanpa mencatatkan pernikahannya ke pemerintah?
muslim bilang: SAH!
kafir bilang:..?

RUU wrote:Dalam RUU tersebut, nikah siri dianggap ilegal sehingga pasangan yang menjalani pernikahan model itu akan dipidanakan. “Ada kurungan maksimal 3 bulan dan denda maksimal Rp 5 juta,” ujar Nasaruddin.

**GUBRAKS**

gaston31 wrote:ga ada pembelokan disini.
sebelum ada institusi yg meminta perkawinan dicatatkan ke pemerintah, smua PASTI nikahnya SIRI. bener ga?

di jaman Ibrahim, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman MUSA, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman YESUS, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman Muhammad, PASTI orang2 nikah SIRI

Seinget gua siy, di jaman Yesus aja udah ada sensus atau sistim pencatatan sipil bro..
Last edited by betdaniel99 on Wed Mar 04, 2009 2:18 pm, edited 1 time in total.
User avatar
betdaniel99
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2374
Joined: Thu May 22, 2008 9:55 pm

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby betdaniel99 » Wed Mar 04, 2009 2:17 pm

gaston31 wrote:ga ada pembelokan disini.
sebelum ada institusi yg meminta perkawinan dicatatkan ke pemerintah, smua PASTI nikahnya SIRI. bener ga?

di jaman Ibrahim, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman MUSA, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman YESUS, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman Muhammad, PASTI orang2 nikah SIRI

Seinget gua siy, di jaman Yesus aja udah ada sensus atau sistim pencatatan sipil bro..
User avatar
betdaniel99
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2374
Joined: Thu May 22, 2008 9:55 pm

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby japra » Wed Mar 04, 2009 2:29 pm

gaston31 wrote:ga ada pembelokan disini.
sebelum ada institusi yg meminta perkawinan dicatatkan ke pemerintah, smua PASTI nikahnya SIRI. bener ga?

di jaman Ibrahim, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman MUSA, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman YESUS, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman Muhammad, PASTI orang2 nikah SIRI

elo tinggal jawab aja,
apakah boleh dan sah, umat beragama nikah tanpa mencatatkan pernikahannya ke pemerintah?
muslim bilang: SAH!
kafir bilang:..?

Meski elo TS, tp klo gak tau, gak ngerti, ya gpp kok... :turban:


liat tipi mas.... sekarang mas jamil marah2 ama aldy / dewi persik -- kalo sah kenapa marah2 ??? trus kenapa ustad2 pada ribut kalo mereka salah persepsi ttg nikah siri. loh? Kalo sah -- kenape pada ribut ???? mau nentang aturan dari awloh ???

mas, nikah siri cuman ada di islam. sah tapi 'enggak sah'. sah tapi tetep gak beda ama kumpul kebo.

kata kafir : muslim gak pernah pinter. kawin yg sah kok kayak kumpul kebo. wkkwkwkw.
User avatar
japra
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 820
Joined: Wed Feb 14, 2007 5:53 pm
Location: bali mester

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby doski » Wed Mar 04, 2009 2:55 pm

gaston31 wrote:ga ada pembelokan disini.
sebelum ada institusi yg meminta perkawinan dicatatkan ke pemerintah, smua PASTI nikahnya SIRI. bener ga?

di jaman Ibrahim, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman MUSA, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman YESUS, PASTI orang2 nikah SIRI
di jaman Muhammad, PASTI orang2 nikah SIRI

elo tinggal jawab aja,
apakah boleh dan sah, umat beragama nikah tanpa mencatatkan pernikahannya ke pemerintah?
muslim bilang: SAH!
kafir bilang:..?

Meski elo TS, tp klo gak tau, gak ngerti, ya gpp kok... :turban:



wakakakakaka,

darimana ente berani bilang kata PASTI diatas? ada bukti?

kenapa gue harus jawab karena setahu gue istilah perkawinan itu ada cuma dalam islam, aturan yang menurut muslim berlaku sepanjang zaman kan dari koran, kan sekarang sama pemerintah hal itu dibatasi lah istilah halusnya. aturan auloh dianggap nyeleneh oleh pemerintah....wakakakakakakak

kalau di dalam ajaran agama lain ada, so pasti istilah itu tetap ada dan digunakan. kan masih ada tuh pengikut musa (orang yahudi) dan pengikut Yesus (orang kristen). gimana sih gaston itu...wakakakakak

jadi NIKAH SIRIH, POLIGAMI, KAWIN KONTRAK DIKENAL DI AJARAN ISLAM TON, ga usah ente menanyakan pendapat kami non muslim disini sah atau tidaknya.

gaston...gaston....
doski
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1348
Joined: Fri Oct 05, 2007 8:41 am
Location: maunya di SURGA bukan SYUURGA

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby gaston31 » Wed Mar 04, 2009 4:15 pm

japra wrote:mas, nikah siri cuman ada di islam. sah tapi 'enggak sah'. sah tapi tetep gak beda ama kumpul kebo.

bisa buktikan dijaman Ibrahim dan musa mereka mencatatkan pernikahan mereka ke negara?

elo bisa jawab ini ga?
apakah boleh dan sah, umat beragama nikah tanpa mencatatkan pernikahannya ke pemerintah?
muslim bilang: SAH!
kafir bilang:..?

klo ga bisa dan ga tau jg gpp kok... :turban:

doski wrote:kalau di dalam ajaran agama lain ada, so pasti istilah itu tetap ada dan digunakan. kan masih ada tuh pengikut musa (orang yahudi) dan pengikut Yesus (orang kristen). gimana sih gaston itu...wakakakakak

so tunjukan klo pernikahan pengikut Yesus yg SAH adalah HARUS mencatatkan ke negara. pake nerawang juga boleh...
tinggal bilang SAH atau GAK SAH aja bingung....
doski bilang, SAH/GAK SAH?

tik..tok...tik...tok...tet..tott..!
User avatar
gaston31
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby japra » Wed Mar 04, 2009 4:23 pm

iya deh sah. tapi tetep aja gak beda ama kumpul kebo.
User avatar
japra
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 820
Joined: Wed Feb 14, 2007 5:53 pm
Location: bali mester

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby iamthewarlord » Wed Mar 04, 2009 4:30 pm

pusing..pusing...
agama yg konon menyempurnakan ternyata disempurnakan oleh pemerintah RI hehe... :rofl: :rofl: :rofl:
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby iamthewarlord » Wed Mar 04, 2009 7:52 pm

Huahuahauahaua... acara di TVOne lagi di tayangkan nih, Kawin Sirih dan Poligamy...lucu banget!!!!! Terjadi dan yang disalahkan liberalisasi pula, kapir dan yahudi jadi kambing hitam dan sasaran lagi!!! Muslimah...muslimah... dah kena dilema, larinya kemana2 pikirannya... dah gila rupanya... :rofl: :rofl: :rofl: :rolling: :rolling: :rolling:
Last edited by iamthewarlord on Wed Mar 04, 2009 8:00 pm, edited 1 time in total.
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby iamthewarlord » Wed Mar 04, 2009 7:58 pm

Yayaya... benar!! kalo mau bantu perempuan2 kenapa mesti di kawinin? Bikin panti sosial ajaaaaaaaaaa hahaha....
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby iamthewarlord » Wed Mar 04, 2009 8:15 pm

Muslimah anti pologami bilang "tidak mungkin suami bisa berlaku adil terhadap istri2" pake bahasa arab, ga tau ayat apa...

muslimah yg pro poligami bilang, cemburu ada, klo adil? biarkan auloh saja yg menilai... hahaha...kagak berani menjawab klo di perlakukan tidak adil rupanya...

Tuh buat para muslimah sadar lah...

ada bapak2 malah bilang, poligami itu bentuk napsu primitf dan tidak sesuai lagi di jaman modern...
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby Bigman » Wed Mar 04, 2009 8:48 pm

Gw juga lagi nonton TVONE tentang POLYGAMY DAN KAWIN SIRI:
Berdebatnya seru bener, pendapatnya macam2, ada yang setuju dan tidak setuju.
Saling otot ototan dlsb......
Kalau non muslim sih cuma mesem2 doang nontonnya, karena engga ada ajaran polygamy dan kawin siri.
Pasti tidak sah !


Seorang muslimah janda udah punya anak bersaksi memang baik ber-polygamy atau kawin siri,
daripada hidup ybs jadi engga bener (ybs sekarang sudah jadi bini muda),
asal sang suami mampu ....

Kacau beliau dah ....!

Gw ambil intinya:
Bahwa kalo laki2 mampu secara ekonomi kenapa engga menolong perempuan
dengan ber-polygamy daripada perempuan itu jadi engga bener !

Bener juga sih ......

TAPI ITU ZAMAN DULU, ZAMAN ONTA !

ZAMAN SEKARANG sudah zaman emansipasi, perempuan juga banyak yang mampu secara ekonomi,
suaminya malah ngebantuin di perusahaannya, contoh kantor Notaris, kosmetika dlsbnya....

Kalo dibalik bagaimana ????

Bahwa kalo perempuan mampu secara ekonomi kenapa engga menolong laki2
dengan ber-polyandry daripada laki2 itu jadi engga bener !
Daripada jadi preman, maling, rampok, tukang bunuh orang, dlsb-nya....
Edan engga ???

ADIL APA ENGGA TUH AJARAN MUHAMMAD ALM, untuk zaman sekarang ?
Kalo pendapet ane ajaran muhammad alm, udah Out of Date.

Coba all muslim /ah pikir lagi....
Trim's.
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3219
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: RUU Poligami dan kawin siri

Postby iamthewarlord » Wed Mar 04, 2009 9:13 pm

ya gitulah, agama yg katanya menyempurnakan tapi ternyata di sempurnakan oleh Undang-Undang..
keliatannya ajaranya udah ga up to date hahaha..

Yang di tanya muslimah yg jadi istri muda, terang aja dia setuju poligami, coba yg di tanya istri tua heheh.. klo ga mencak2... jatah warisan anaknya harus dibagi2 sama madu dan anak2 madunya...

Ada muslimah yg masih muda, nyaring menyuarakan ttg poligami, mengikuti rasul dll ( mirip muslimah di FFI), waktu di tanya siap ga di poligami, langsung diam kayak anjing lg lipet ekornya hahaha...
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Next

Return to Ruang Poligami



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users