. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Quran sangatlah kasuistik DAN HANYA UTK ZAMAN NABI MUHAMMEK

Kehidupan, pengikut, kepercayaan, pikiran dan ucapan Muhammad.

Postby polsus » Fri Jul 07, 2006 1:56 pm

FEODOR STATEMENT:
Quran sangatlah kasuistik ..artinya ianya turun sbg jawaban kondisi dan situasi yg dihadapi Muhammad saat itu... naah pada masa itu


trus trang aje gue nikmatin ni ngikutin debat tentang ini. karena gue jadi sadar, Oooo begini rupanya .......

tapi gue coba deh jadi orang tengah, yang ga berpihak dan mencoba meng analisis mulai dari pemikiran dasar, sbb:

1. kite mulain dulu dari istilah kasuistik, yang asal kata nye "kasus" dan gue arti in sebage "masalah yang khusus".

2. khusus nye ape ? khusus nye itu, adalah "tergantung dari kondisi dan situasi yang dihadapi muhamad saat itu".

3. Nah, untuk sub kalimat "tergantung dari kondisi dan situasi yang dihadapi muhamad saat itu", perlu di bahas men-detil lagi sebage mane dibawah eni.

4. "kondisi dan situasi yang dihadapi muhamad saat itu", tentunye terikat pada lingkungan ipoleksosbud yang dihadapi "muhamad" saat "itu". arti nye ape ? artinye ga terikat pada lingkungan ipoleksosbud yang dihadapi "orang laen selaen mohamad" saat "ini".

Nah dari pemikiran dasar itu, bole kite meningkat ke pemikiran berikut nye,

apakah isi nye kur'an. kur'an isi nye adalah :

1. masalah2 yang sifat nye khusus
2. dimane masalah2 khusus itu adalah tergantung dari pade situasi dan kondisi saat itu.
3. kondisi dan situasi itu juga khusus yang dihadapi muhamad saja dan bukan situasi dan kondisi yang dihadapi orang laen selaen mohamad.
4. situasi dan kondisi itu juga adalah untuk saat itu dan bukan saat ini.

Dari sini kite bisa langsung ke kesimpulan si feodor, bahwa menurut si feodor :

kur'an adalah "hanya" bisa diterapkan untuk masalah2 yang tergantung pada situasi dan kondisi yang di hadapi "hanya" oleh muhamad "di" tahun 640 an.

atau dengan perkataan laen

kur'an adalah "tidak" bisa diterapkan untuk masalah2 yang tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi "bukan" oleh muhamad (karena muhamad sudah mati) "di" tahun 2006 (bukan tahun 640 an)

atau dengan perkataan laen

kur'an adalah tidak cocok untuk diterap kan pada kite2 (yang bukan mohamad) untuk situasi dan dan kondisi yang kite hadapi (bukan mohamad hadapi) saat ini (bukan saat tahun 640 an).


Dor kacaw banget lo, ati2 lo kalo nyimpulin kaya gitu kalo kedengeran ame teroris yang laennye, bisa2 nanti lo di fatwa mati lagi. gue kasian aje ame anak bini lo. udeh laen kali ati2, ini antara kite aje.
polsus
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 190
Joined: Mon Jun 05, 2006 3:51 pm

Postby feodor fathon FF » Fri Jul 07, 2006 3:19 pm

aneh bin aneh kalian ini ..... bener nih gak tau kasuistik ??? ....syet dah !!

kalo misalnya jawaban dari kasus didalamnya ada prediktif ..kalian bilang udeh gak berlaku zaman sekarang ???

kalimat kasuistik menjadi urgen dalam ayat2 hukum sedangkan Quran bukannya hanya berisi Hukum tapi ajaran2 kebaikan yg bersifat universal dan abadi ...

aah kalian nih emang tipikal orang kafir memelintir masalah yg jelas menjadi samar dan memusingkan diri sendiri ....duh
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby Engkong Jaing » Fri Jul 07, 2006 6:01 pm

feodor fathon wrote:aah kalian nih emang tipikal orang kafir memelintir masalah yg jelas menjadi samar dan memusingkan diri sendiri ....duh

Mungkin ntu efek samping kebanyakan Baca Kitabnye die atawa kebanyakan ngomong jorok bin kotor plus najis kalo lagi nulis, Bang FF...hik...hik...hik

BTW, Bang Feodor kalo namanya disingkat jadi F4 lho...hik...hik...hik...

Mantap tuh Bang :lol:
Engkong Jaing
Banned
 
Posts: 331
Joined: Wed Jul 05, 2006 5:22 pm

Postby feodor fathon FF » Fri Jul 07, 2006 7:22 pm

entar melanggar hak cipta nya group F4 yg asli kang ...he he
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby dreamtheater » Fri Jul 07, 2006 9:53 pm

Penjelasan dari Mr. Polsus sudah sangat jelas sekali, jadi hanya orang **** dan bebal yang tidak mengerti. Mungkin type seperti dodor ini adalah type orang yang cuma mau orang membaca tulisannya, tapi tidak mau membaca dan merenungkan tulisan orang.

polsus wrote:
FEODOR STATEMENT:
Quran sangatlah kasuistik ..artinya ianya turun sbg jawaban kondisi dan situasi yg dihadapi Muhammad saat itu... naah pada masa itu


trus trang aje gue nikmatin ni ngikutin debat tentang ini. karena gue jadi sadar, Oooo begini rupanya .......

tapi gue coba deh jadi orang tengah, yang ga berpihak dan mencoba meng analisis mulai dari pemikiran dasar, sbb:

1. kite mulain dulu dari istilah kasuistik, yang asal kata nye "kasus" dan gue arti in sebage "masalah yang khusus".

2. khusus nye ape ? khusus nye itu, adalah "tergantung dari kondisi dan situasi yang dihadapi muhamad saat itu".

3. Nah, untuk sub kalimat "tergantung dari kondisi dan situasi yang dihadapi muhamad saat itu", perlu di bahas men-detil lagi sebage mane dibawah eni.

4. "kondisi dan situasi yang dihadapi muhamad saat itu", tentunye terikat pada lingkungan ipoleksosbud yang dihadapi "muhamad" saat "itu". arti nye ape ? artinye ga terikat pada lingkungan ipoleksosbud yang dihadapi "orang laen selaen mohamad" saat "ini".

Nah dari pemikiran dasar itu, bole kite meningkat ke pemikiran berikut nye,

apakah isi nye kur'an. kur'an isi nye adalah :

1. masalah2 yang sifat nye khusus
2. dimane masalah2 khusus itu adalah tergantung dari pade situasi dan kondisi saat itu.
3. kondisi dan situasi itu juga khusus yang dihadapi muhamad saja dan bukan situasi dan kondisi yang dihadapi orang laen selaen mohamad.
4. situasi dan kondisi itu juga adalah untuk saat itu dan bukan saat ini.

Dari sini kite bisa langsung ke kesimpulan si feodor, bahwa menurut si feodor :

kur'an adalah "hanya" bisa diterapkan untuk masalah2 yang tergantung pada situasi dan kondisi yang di hadapi "hanya" oleh muhamad "di" tahun 640 an.

atau dengan perkataan laen

kur'an adalah "tidak" bisa diterapkan untuk masalah2 yang tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapi "bukan" oleh muhamad (karena muhamad sudah mati) "di" tahun 2006 (bukan tahun 640 an)

atau dengan perkataan laen

kur'an adalah tidak cocok untuk diterap kan pada kite2 (yang bukan mohamad) untuk situasi dan dan kondisi yang kite hadapi (bukan mohamad hadapi) saat ini (bukan saat tahun 640 an).


Dor kacaw banget lo, ati2 lo kalo nyimpulin kaya gitu kalo kedengeran ame teroris yang laennye, bisa2 nanti lo di fatwa mati lagi. gue kasian aje ame anak bini lo. udeh laen kali ati2, ini antara kite aje.
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby dreamtheater » Fri Jul 07, 2006 9:56 pm

Engkong Jaing wrote:
feodor fathon wrote:aah kalian nih emang tipikal orang kafir memelintir masalah yg jelas menjadi samar dan memusingkan diri sendiri ....duh

Mungkin ntu efek samping kebanyakan Baca Kitabnye die atawa kebanyakan ngomong jorok bin kotor plus najis kalo lagi nulis, Bang FF...hik...hik...hik

BTW, Bang Feodor kalo namanya disingkat jadi F4 lho...hik...hik...hik...

Mantap tuh Bang :lol:


Engkong, kalo ga bisa komentarin mending ente diam saja, tolong biasakan budaya berdebat yang akademis, jadi postingan anda jangan asal nulis saja, coba kasih komen dan dalil2 yang mendukung Feodor atau muslim, jadi pemain bukan, cheerleader bukan, ballboy juga bukan.
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby dreamtheater » Fri Jul 07, 2006 10:54 pm

feodor fathon FF wrote:aneh bin aneh kalian ini ..... bener nih gak tau kasuistik ??? ....syet dah !!

kalo misalnya jawaban dari kasus didalamnya ada prediktif ..kalian bilang udeh gak berlaku zaman sekarang ???

kalimat kasuistik menjadi urgen dalam ayat2 hukum sedangkan Quran bukannya hanya berisi Hukum tapi ajaran2 kebaikan yg bersifat universal dan abadi ...

aah kalian nih emang tipikal orang kafir memelintir masalah yg jelas menjadi samar dan memusingkan diri sendiri ....duh


Disinilah dituntut kedewasaan seluruh member untuk menyikapi tulisan masing2. Jangan karena muslim jadi apa yang disampaikan muslim pasti benar, atau karena Kristen apa yng disampaikan member Kristen pasti benar. Jadi kita harus fair enough. Ok?

Feodor Fathon setelah melalui reply2an sudah kehabisan penjelasan akhirnya melarikan diri ke pengertian soal kasuistik. Padahal mustinya dia tahu kata kasuistik yang dia tulis itu tidak berdiri sendiri. Ini sudah sayajelaskan dipostingan saya sebelumnya. Memang muslim akan berusaha mempertahankan dalil feodor ini, karena ketika menyadari bahwa quran itu hanyalah kasusitik maka mereka akan murtad. Kitab mana yang tidak valid selamanya? Kasihan quran.

Feodor tidak pernah sendiri menyatakan apa arti kasuistik, kenapa? karena kemampuan bahasanya agak kacau, ini sama seperti ketika dia selalu ngomong soal ESENSI, yang ternyata maksud esensi itu dia ga tahu, sampai akhirnya matanya terbuka setelah diberitahukan arti esensi menurut kamus bahasa Indonesia.

Jadi wajar saja orang yang tidak tahu arti esensi juga tidak tahu arti kata kasuistik,makanya dia ga pernah berani eksplisit mengungkapkan apa arti kata kasuistik.

Apa yg dijelaskan polsus juga sudah benar, jadi polsus sendiri sudah berani menyatakan pengertian dari versi dia, sementara dodor cuma sok tahu tapi ga pernah tahu.

Kalau anda buka kamus umum bahasa indonesia yang lama (saya lupa edisinya), tapi bukan edisi yang tahun 2001 karena tidak ada arti kasuistik, kasuistik menurut kamus yang lama adalah sebab timbul. Untuk detailnya gw akan coba cari yg edisi lama. Tapi gw sudah yakin itu maksudnya.

Jadi kalo membahas konteks statement feodor:

Quran sangatlah kasuistik ..artinya ianya turun sbg jawaban kondisi dan situasi yg dihadapi Muhammad saat itu.

Bisa kita artikan quran itu turun sebab timbulnya sebagai jawaban kondisi dan situasi yang dihadapi muhammad saat itu. Jadi pengertiannya bisa juga sama dengan pendapat sdr polsus (khusus).

kur'an adalah "hanya" bisa diterapkan untuk masalah2 yang tergantung pada situasi dan kondisi yang di hadapi "hanya" oleh muhamad "di" tahun 640 an.

Disini sudah mengerti? please kalo salah yang Kristen juga koreksi gw, jadi biar fair. Dan yang islam jangan hanya karena bigotnya pura2 ga tahu dan yang penting feodor muslim benar.

Makanya saya berulang kali menanyakan, apakah sifat kasuistik itu masih valid untuk zaman sekarang?

Feodor mengatakan (walaupun uda postingan keberapa kali) YA! dalam arti sebagai jurisprudence yang masih bisa menjadi acuan bagi zaman sekarang dalam hal kesamaan spirit kasus.

Saya menjelaskan jurisprudence itu tidak semata kesamaan spirit kasus, tapi jurisprudence itu adalah putusan yang sudah dijadikan acuan berulang-ulang kali, sehingga sudah dianggap sahih.

Nah kembali kepada konteks thread. Saya menyatakan jika quran berlaku kasusitik dalam tanda kutip dapat dijadikan sebagai jurisprudence, maka:

Apakah A serta merta diperbolehkan membunuh B yang membunuh orang tuanya A, dengan alasan jurisprudence muhammad?
Apakah X bisa terlepas dari jeratan hukum karena memperkosa pembantu dengan alasan jurisprudence muhammad?
Apakah Y bisa menikahi anak umur 9 tahun dengan alasan jurisprudence muhammad?, sementara Kompilasi Hukum Islam, konvensi PBB, UU HAM, Perlindungan anak, membatasi usia anak dibawah umur?
Dan banyak lagi yang sudah tidak valid dizaman sekarang, dimana manusia modern sudah memperbaikinya.


Kalau sekali lagi feodor menanyakan .. apa artinya kasuistik.. gw pikir dia perlu sekolah lagi dari SD. Mungkin Engkong bisa menemani sekolah bersama.

Tolong kalau mau ngeresponin, pakai dalil2 yang akademis, ada dasarnya dan bukan asal ngoceh dan atas dasar fanatik buta. Yang kristen juga boleh kritik gw kalo pengertian gw salah.

Kayaknya udah beres, feodor tidak mampu mempertahankan dalilnya. Wajar saja muslim lain pada no comment, karena tahu quran itu cumalah kasuistik. Jadi apa lagi yang mau dibicarakan untuk sebuah kitab muhammad? (bukan kitab manusia yang valid everlasting?)
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby feodor fathon FF » Tue Jul 11, 2006 11:20 am

ENTE TAU GAK DI ISLAM ADA ILMU USUL FIQH ??
ENTE TAU GAK ADA ISTINBATHUL AHKAM ??
ENTE TAU GAK ADA KAIDAH USULIYAH DAN FIQHIYAH ??

KALO BELON TAU ...PLEASE DECH ...NAMPAKNYA KITA HARUS MEMBAHAS DARI NOL ....

ternyata pengetahuan kalian memang masih cetek ttg Islam
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby feodor fathon FF » Tue Jul 11, 2006 11:59 am

ENTE TAU GAK DI ISLAM ADA ILMU USUL FIQH ??
ENTE TAU GAK ADA ISTINBATHUL AHKAM ??
ENTE TAU GAK ADA KAIDAH USULIYAH DAN FIQHIYAH ??

KALO BELON TAU ...PLEASE DECH ...NAMPAKNYA KITA HARUS MEMBAHAS DARI NOL ....

ternyata pengetahuan kalian memang masih cetek ttg Islam
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby dreamtheater » Wed Jul 12, 2006 1:08 am

feodor fathon FF wrote:ENTE TAU GAK DI ISLAM ADA ILMU USUL FIQH ??
ENTE TAU GAK ADA ISTINBATHUL AHKAM ??
ENTE TAU GAK ADA KAIDAH USULIYAH DAN FIQHIYAH ??

KALO BELON TAU ...PLEASE DECH ...NAMPAKNYA KITA HARUS MEMBAHAS DARI NOL ....

ternyata pengetahuan kalian memang masih cetek ttg Islam


Gw ga akan terpengaruh dengan jenis postingan yang melebar seperti ini. Bukannya gw ga mau berdebat sama elo soal pelebaran lo itu, sudah jelas Lex superior derogat legi inferiori, jadi konsen saja sama yg dibahas.

Ga kenalah typical cara berdebat sepertimu. hohoho.. dor.. dor... pinternya ngeles.

Daku masih konsen dengan statementmu pokoknya Quran adalah sangatlah kasuistik ..artinya quran turun sbg jawaban kondisi dan situasi yg dihadapi Muhammad saat itu.

Udah yah dor... uda ga ada sanggahan berarti lagi yang km berikan.
Semakin km melebar semakin orang tahu km sudah mentok, alias maju kena mundur kena, akhirnya cari celah sana sini mengaburkan esensi dari thread ini.

Forum ini ditutup, karena sudah tidak ada lagi jawaban yang memuaskan dan rekans muslim laen ga ada yang bisa menjelaskan. Mungkin mereka bingung atau emang mereka ga sependapat dengan feodor, tapi ga enak sesama muslim bigot. hohohoho

Bagus juga, kalo bisa begini, jadinya thread ini ga usah berpanjang2, cuma siapa yg jadi hakimnya untuk menentukan perkara sudah selesai? :lol:
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby Engkong Jaing » Wed Jul 12, 2006 7:12 am

feodor fathon FF wrote:ENTE TAU GAK DI ISLAM ADA ILMU USUL FIQH ??
ENTE TAU GAK ADA ISTINBATHUL AHKAM ??
ENTE TAU GAK ADA KAIDAH USULIYAH DAN FIQHIYAH ??

KALO BELON TAU ...PLEASE DECH ...NAMPAKNYA KITA HARUS MEMBAHAS DARI NOL ....

ternyata pengetahuan kalian memang masih cetek ttg Islam

Bang FF, harap maklum deh Bang...masalah nyang entu belon dipelajarin ma die2 pade, nyang sekarang baru sampe tahap benci n alergi...ntar juga lame2 die pade jatuh cinte...hik...hik...hik :oops:
Engkong Jaing
Banned
 
Posts: 331
Joined: Wed Jul 05, 2006 5:22 pm

Postby Syafril » Wed Jul 12, 2006 8:57 am

Al-Quran adalah SATU2NYA kitab yang paling sesuai untuk jaman dahulu, sekarang, dan masa depan
TIDAK ADA SATUPUN KITAB yang bisa begini selain Al-Quran
Baca aja Al- Baqoroh 1 - 5

Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam.......

"Al-Quran Untuk semua Jaman"
Syafril
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 48
Joined: Tue Jun 20, 2006 7:40 pm

Postby feodor fathon FF » Wed Jul 12, 2006 9:47 am

Engkong Jaing wrote:
feodor fathon FF wrote:ENTE TAU GAK DI ISLAM ADA ILMU USUL FIQH ??
ENTE TAU GAK ADA ISTINBATHUL AHKAM ??
ENTE TAU GAK ADA KAIDAH USULIYAH DAN FIQHIYAH ??

KALO BELON TAU ...PLEASE DECH ...NAMPAKNYA KITA HARUS MEMBAHAS DARI NOL ....

ternyata pengetahuan kalian memang masih cetek ttg Islam

Bang FF, harap maklum deh Bang...masalah nyang entu belon dipelajarin ma die2 pade, nyang sekarang baru sampe tahap benci n alergi...ntar juga lame2 die pade jatuh cinte...hik...hik...hik :oops:

betul kong ..!!
lihat meeka begitu teguh berprinsip "BENAR atau SALAh Islam tetep SALAH" .... kasihan mereka

saya sudah coba dijelaskan dng terminologi modern ttg bagaimana Quiran itu bisa menjadi Up to date sampai akhir zaman dng Jurisprudensi tapi tetep aja Islam salah katanya ...

belon gue ajak ke masalah Usul Fiqh dan kaidah2 pokok Usuliyah dan Fiqhiyah
belon lagi gue bawa ke deduksi nya Imam Syafei ... belon pula gue bawa ke induksinya Imam Maliki
belon tau rupanya sistem Hukum yg berkembang di Prancis menjiplak habis-habisan Kitab AL MUWATHA ...
belon lagi gua bawa bagaiama cara kerja Usul Fiqh dan metodologi pengambilan Hukum (istinbathul Ahkam) yg dimulai dari Quran, hadits, Ijma, Qiyas, Istihsan dst ....
belon lagi bagaiamana menetapkan Kaidah-kaidah pokok dng cara mengambil dari ayat2 Quran yang AM (umum) maupun yang Khas (khusus) baik secara Induksi maupun Deduksi ....

mereka kira sesederhana itu ...ha ha ha ha ha ...ampuuuun
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby dreamtheater » Thu Jul 13, 2006 2:56 am

Engkong Jaing wrote:
feodor fathon FF wrote:ENTE TAU GAK DI ISLAM ADA ILMU USUL FIQH ??
ENTE TAU GAK ADA ISTINBATHUL AHKAM ??
ENTE TAU GAK ADA KAIDAH USULIYAH DAN FIQHIYAH ??

KALO BELON TAU ...PLEASE DECH ...NAMPAKNYA KITA HARUS MEMBAHAS DARI NOL ....

ternyata pengetahuan kalian memang masih cetek ttg Islam

Bang FF, harap maklum deh Bang...masalah nyang entu belon dipelajarin ma die2 pade, nyang sekarang baru sampe tahap benci n alergi...ntar juga lame2 die pade jatuh cinte...hik...hik...hik :oops:


Engkong jaing, coba deh tanya sama pakar hukum Feodor Phiton apa arti Lex superior derogat legi inferiori. Nah nanti balik lagi keforum ini.
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby dreamtheater » Thu Jul 13, 2006 3:50 am

feodor fathon FF wrote:
Engkong Jaing wrote:
feodor fathon FF wrote:ENTE TAU GAK DI ISLAM ADA ILMU USUL FIQH ??
ENTE TAU GAK ADA ISTINBATHUL AHKAM ??
ENTE TAU GAK ADA KAIDAH USULIYAH DAN FIQHIYAH ??

KALO BELON TAU ...PLEASE DECH ...NAMPAKNYA KITA HARUS MEMBAHAS DARI NOL ....

ternyata pengetahuan kalian memang masih cetek ttg Islam

Bang FF, harap maklum deh Bang...masalah nyang entu belon dipelajarin ma die2 pade, nyang sekarang baru sampe tahap benci n alergi...ntar juga lame2 die pade jatuh cinte...hik...hik...hik :oops:

betul kong ..!!
lihat meeka begitu teguh berprinsip "BENAR atau SALAh Islam tetep SALAH" .... kasihan mereka

saya sudah coba dijelaskan dng terminologi modern ttg bagaimana Quiran itu bisa menjadi Up to date sampai akhir zaman dng Jurisprudensi tapi tetep aja Islam salah katanya ...

belon gue ajak ke masalah Usul Fiqh dan kaidah2 pokok Usuliyah dan Fiqhiyah
belon lagi gue bawa ke deduksi nya Imam Syafei ... belon pula gue bawa ke induksinya Imam Maliki
belon tau rupanya sistem Hukum yg berkembang di Prancis menjiplak habis-habisan Kitab AL MUWATHA ...
belon lagi gua bawa bagaiama cara kerja Usul Fiqh dan metodologi pengambilan Hukum (istinbathul Ahkam) yg dimulai dari Quran, hadits, Ijma, Qiyas, Istihsan dst ....
belon lagi bagaiamana menetapkan Kaidah-kaidah pokok dng cara mengambil dari ayat2 Quran yang AM (umum) maupun yang Khas (khusus) baik secara Induksi maupun Deduksi ....

mereka kira sesederhana itu ...ha ha ha ha ha ...ampuuuun


itu katamu, diskusi dulu dengan engkong. Pokoknya biar kaw lebar2 kan kemanapun, satu forum ini tau kaw ga konsisten. ga laku yah mancing2 gw supaya melebar. kecuali kitab tafsir dodor mengalahkan quran. belajar bareng gih ama engkong.
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby dreamtheater » Thu Jul 13, 2006 3:51 am

feodor fathon FF wrote:
Engkong Jaing wrote:
feodor fathon FF wrote:ENTE TAU GAK DI ISLAM ADA ILMU USUL FIQH ??
ENTE TAU GAK ADA ISTINBATHUL AHKAM ??
ENTE TAU GAK ADA KAIDAH USULIYAH DAN FIQHIYAH ??

KALO BELON TAU ...PLEASE DECH ...NAMPAKNYA KITA HARUS MEMBAHAS DARI NOL ....

ternyata pengetahuan kalian memang masih cetek ttg Islam

Bang FF, harap maklum deh Bang...masalah nyang entu belon dipelajarin ma die2 pade, nyang sekarang baru sampe tahap benci n alergi...ntar juga lame2 die pade jatuh cinte...hik...hik...hik :oops:

betul kong ..!!
lihat meeka begitu teguh berprinsip "BENAR atau SALAh Islam tetep SALAH" .... kasihan mereka

saya sudah coba dijelaskan dng terminologi modern ttg bagaimana Quiran itu bisa menjadi Up to date sampai akhir zaman dng Jurisprudensi tapi tetep aja Islam salah katanya ...

belon gue ajak ke masalah Usul Fiqh dan kaidah2 pokok Usuliyah dan Fiqhiyah
belon lagi gue bawa ke deduksi nya Imam Syafei ... belon pula gue bawa ke induksinya Imam Maliki
belon tau rupanya sistem Hukum yg berkembang di Prancis menjiplak habis-habisan Kitab AL MUWATHA ...
belon lagi gua bawa bagaiama cara kerja Usul Fiqh dan metodologi pengambilan Hukum (istinbathul Ahkam) yg dimulai dari Quran, hadits, Ijma, Qiyas, Istihsan dst ....
belon lagi bagaiamana menetapkan Kaidah-kaidah pokok dng cara mengambil dari ayat2 Quran yang AM (umum) maupun yang Khas (khusus) baik secara Induksi maupun Deduksi ....

mereka kira sesederhana itu ...ha ha ha ha ha ...ampuuuun


itu katamu, diskusi dulu dengan engkong. Pokoknya biar kaw lebar2 kan kemanapun, satu forum ini tau kaw ga konsisten. ga laku yah mancing2 gw supaya melebar. kecuali kitab tafsir dodor mengalahkan quran. belajar bareng gih ama engkong.
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby dreamtheater » Thu Jul 13, 2006 3:56 am

Syafril wrote:Al-Quran adalah SATU2NYA kitab yang paling sesuai untuk jaman dahulu, sekarang, dan masa depan
TIDAK ADA SATUPUN KITAB yang bisa begini selain Al-Quran
Baca aja Al- Baqoroh 1 - 5

Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam.......

"Al-Quran Untuk semua Jaman"


Trims untuk narasinya. tapi kalau ini dijadikan argument, maka tentunya bertentangan dengan pendapat dodor bahwa Quran adalah sangatlah kasuistik ..artinya quran turun sbg jawaban kondisi dan situasi yg dihadapi Muhammad saat itu..

But syafril sebagai muslim setidaknya nilaimu lebih bagus dari Dodor dengan strict menyatakan al quran untuk semua jaman.

Sayangnya UU HAM, UU Perlindungan anak, KUHPidana, KUHPerdata, UU teroris dan banyak peraturan telah memperbaiki Alquran.
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby Phoenix » Thu Jul 13, 2006 4:00 am

Syafril wrote:Al-Quran adalah SATU2NYA kitab yang paling sesuai untuk jaman dahulu, sekarang, dan masa depan
TIDAK ADA SATUPUN KITAB yang bisa begini selain Al-Quran
Baca aja Al- Baqoroh 1 - 5

Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam.......

"Al-Quran Untuk semua Jaman"


Ril, quran itu menurut elo ato muhamad adalah firman oloh atau bukan, yg artinya kata-kata oloh?
Phoenix
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Postby feodor fathon FF » Thu Jul 13, 2006 8:54 am

sebenarnya kalau kalian mau menyederhanakan masalah pertanyaan abang DT yang cakep itu simpel saja ....begini :

"BAGAIMANA BISA QURAN YG KONON KASUISTIK MUNCULNYA BISA UP TO DATE SAMPAI AKHIR ZAMAN ? "

ini kan pertanyaan semua wahai bapak dan ibu yg terkasih ??

dan coba lihat penjelasan saya di atas ...!! SAYA KIRA SUDAH TER COVER

TUL GAK ??
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby dreamtheater » Fri Jul 14, 2006 1:21 am

feodor fathon FF wrote:sebenarnya kalau kalian mau menyederhanakan masalah pertanyaan abang DT yang cakep itu simpel saja ....begini :

"BAGAIMANA BISA QURAN YG KONON KASUISTIK MUNCULNYA BISA UP TO DATE SAMPAI AKHIR ZAMAN ? "

ini kan pertanyaan semua wahai bapak dan ibu yg terkasih ??

dan coba lihat penjelasan saya di atas ...!! SAYA KIRA SAYA SUDAH MENJILAT LUDAH SAYA.

TUL GAK ??


Betul
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

PreviousNext

Return to Muhammad



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users