. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn masuk!!

Siapa 'sosok' Allah, apa maunya, apa tujuannya ?

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby Cratos.RR » Mon Mar 26, 2012 8:50 pm

Salam cah_TK_nol_besar,

Saya telah membaca uraian bung mengenai Qodho dan Qodar. Baiklah kita akan menganalisa mengenai hal ini.

Dalam wilayah huduts(temporal) Qodho didefinisikan sebagai ketentuan Allah SWT yang masih menunggu untuk dilaksanakan. Qodho ini digolongkan menjadi dua bagian yakni Qodho Muallaq dan Qodho' Mubrom.
Qodho Muallaq adalah ketentuan Allah SWT yang masih menunggu untuk dilaksanakan yang masih bergantung pada hal-hal lain biasanya berupa hal-hal kecil dalam hidup, sehingga manusia berperan dalam menentukannya.
Qodho Mubrom adalah ketentuan Allah SWT yang masih menunggu untuk dilaksanakan yang menyangkut hal-hal krusial dalam kehidupan manusia,sehingga manusia tidak dapat berperan, bagaimanapun usahanya, tentu ketentuanAllah tidak dapat dirubah.

Takdir adalah ketetapan terjadinya bagian dari keputusan dalam Qodha tersebut secara terperinci.

Qodar adalah ketentuan Allah yang telah dijalankan di muka bumi dan telah dapat diidentifikasi oleh manusia.

Bung cah_TK_nol_besar, dalam Islam manusia juga berperan dalam menentukan apa yang menjadi ketentuan Allah SWT. Anda dan teman teman muslim lainnya dapat menganalisa sendiri pemahaman ini, hal ini mempunyai artian bahwa manusia dalam Islam mempunyai ego yang sangat besar yang dapat dikatakan menyamai kedudukan Allah SWT. Manusia dapat menentukan keputusan akhir yang terdapat dalam takdir manusia yang bersangkutan. Pemahaman inilah yang merupakan salah satunya penyebab manusia yang mengenal dan meyakini Islam, dapat bertindak sewenang wenang diluar batas kemanusiaan. Karena mereka menganggap mereka "dapat mempengaruhi Allah SWT" dalam keputusannya.

Hal ini jugalah yang mengilhami muhammad untuk bertindak sewenang wenang dan dalam berbagai hal bertindak mewakili Allah SWT dalam memutuskan sesuatu hal. Anda dapat lihat contohnya,bahwa muhammad pernah mengatakan bahwa pembunuh dan penzinah dapat masuk surga asalkan mereka tetap meyakini Islam.

Dalam hal ini akan menjadi pertanyaan yang sangat penting yakni
Siapakah Allah SWT itu sebenarnya sehingga manusia bisa menentukan keputusan keputusan yang belum diambilnya? Apakah Allah SWT itu Tuhan yang sejati, kalo seperti itu?

Berbicara tentang Qodar, ini akan menjadi pernyataan yang sangat penting bila dikaitkan dengan Al-Quran. Dimana ada hal hal yang telah dibuktikan/diidentifikasikan manusia secara pasti dan dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan namun bertolak belakang dengan apa yang dikatakan/tertulis dalam Al-Quran, sedangkan Al-Quran dikatakan dan diyakini sebagai kitab yang berisikan ucapan ucapan langsung dari Allah SWT melalui perantaraan muhammad. Anda dapat melihat contoh contohnya dalam sub forum Quran dan Sains disini.

Silahkan teman teman muslim memahami uraian saya diatas dan menganalisa nya sendiri dengan akal pikiran, logika dan hati nurani anda sendiri.

Salam anak bangsa,
User avatar
Cratos.RR
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 98
Joined: Sat Nov 19, 2011 2:22 pm
Location: Di Lembah Kidron

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby Dreamsavior » Tue Mar 27, 2012 12:46 pm

Cah TK wrote:Okelah.. biar yg kalap makin kalap, dan yang memang punya niat pengen diskusi, bukan berdebat apalagi debat kusir bisa tersampaikan. Gw coba bikinin satu contoh lagi yg lebih komplek. Tapi gw mohon maaf kalo contoh gw ini membutuhkan sedikit daya pikir dan logika kalian semua, karena akan banyak analogi2 (utk memudahkan akan gw buat dalam kurung) yg berkaitan dgn pendapat gw tentang Qodo dan Qodar.


Maka inilah analogi dari Cah TK

Cah TK wrote: "Mobil(manusia) ditakdirkan berjalan dari Surabaya menuju ke Jakarta (surga). Sebagian mobil itu dibekali oleh peta pulau jawa (Islam), tapi ada juga mobil yg karena sombongnya merobek2 dan menginjak2 peta tersebut kemudian berangkat tanpa membawa peta. Dan ada juga yg karena guobbloknya membawa peta kalimantan, peta sumatra, dan peta2 yg laen yg bukan peta pulau jawa. Dalam perjalanannya tersebut memang kadang ditemukan petunjuk2 berupa papan, atau orang yg memberitahu ke arah yg benar dan bahkan ada orang2 yg memberikan tempat utk istirahat barang sejenak menambah bekal utk perjalanan (hidayah/kehendak Allah menolong umatnya bisa juga karena usaha yg keras dan doa yg khusuk dari umatnya sehingga Allah mengabulkan doanya). Dan banyak pula ditemukan godaan2 (Iblis) yg berusaha membuat mobil tersebut tidak sampai ke Jakarta tapi malah nyasar ke kota2 laen (Neraka). Buat mobil yg membawa peta jawa tentunya tau mana jalan yg benar dan mana jalan yg menuju ke kota laen karena melihat peta.

Apakah mobil2 yg membawa peta pulau jawa semuanya akan sampai di Jakarta?
tentu saja mereka akan sampai, tapi entah nyampainya apakah cepat atau lambat itu tergantung dari kesiapan dan kemampuan dari mobil tersebut. Karena di tengah perjalanan terdapat byk halangan2 misal : tanjakan, macet, kehabisan bensin, dan laen2 penghambat dari perjalanan menuju Jakarta (godaan/ujian/teguran Allah buat kaum muslim)."


Bung Cah TK yang budiman ... coba pertimbangkan juga hal ini :
Masuk akalkah bagi seseorang yang baik memberikan petunjuk (peta) bagi anda juga di saat yang sama mengorganisir preman untuk merampok anda dalam perjalanan, orang yang menebarkan paku di jalan supaya ban anda bocor, orang yang memasang plang palsu agar anda nyasar??

anda baru saja menganalogikan bahwa awloh adalah pribadi yang demikian. Ia memberikan peta kepada seseorang, namun tidak senang apabila orang itu tiba dengan mulus di tempatnya. Ia akan mengupayakan banyak rintangan selama perjalanan agar anda tidak bisa sampai di Jakarta dengan kondisi yang menyenangkan. awloh adalah oknum yang suka kalau anda stress selama perjalanan, yang tidak suka bila seseorang berjalan dengan mulus.

Image
Image


Coba perhatikan text yang berwarna merah...
Pada paragraf pertama anda mengidentikkan godaan-godaan dengan perbuatan Iblis.
Sedangkan pada paragraf berikutnya anda menyebutkan bahwa godaan itu dari Allah.


Apakah maksud anda Iblis = awloh??
Last edited by Dreamsavior on Tue Mar 27, 2012 1:15 pm, edited 1 time in total.
User avatar
Dreamsavior
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 726
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Tue Mar 27, 2012 12:50 pm

wah2..ada komikus baru neh di FFI =D>
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby Captain Pancasila » Tue Mar 27, 2012 1:00 pm

Dreamsavior wrote:Pada paragraf pertama anda mengidentikkan godaan-godaan dengan perbuatan Iblis.
Sedangkan pada paragraf berikutnya anda menyebutkan bahwa godaan itu dari Allah.

walaupun yang berbuat adalah Iblis, tapi Iblis itu sendiri tidak akan mampu berbuat apapun tanpa adanya izin dari Allah! #-o
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3376
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby keeamad » Tue Mar 27, 2012 1:03 pm

Dreamsavior wrote:Pada paragraf pertama anda mengidentikkan godaan-godaan dengan perbuatan Iblis.
Sedangkan pada paragraf berikutnya anda menyebutkan bahwa godaan itu dari Allah.

Captain Pancasila wrote:walaupun yang berbuat adalah Iblis, tapi Iblis itu sendiri tidak akan mampu berbuat apapun tanpa adanya izin dari Allah! #-o


HANYA allah islam yang MENGIJIKNKAN IBLIS, karena sesama ibls .....
User avatar
keeamad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6750
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby Dreamsavior » Tue Mar 27, 2012 1:17 pm

walaupun yang berbuat adalah Iblis, tapi Iblis itu sendiri tidak akan mampu berbuat apapun tanpa adanya izin dari Allah! #-o

Bukan ijin, lebih tepatnya ... TAKDIR!
User avatar
Dreamsavior
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 726
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby sixpackguy » Thu Mar 29, 2012 2:03 am

cah_TK_nol_besar wrote:Bagaimana seandainya Adam patuh pada Tuhan dan tidak melanggar larangan dari Tuhan utk memakan buah larangan tersebut?Islam menyebutkan bahwa manusia diciptakan utk menjadi khalifah di bumi ini, jadi walaupun Adam tetap menuruti perintah Tuhan utk tidak memakan buah larangan. Cepat atau lambat Adam akan keluar dari surga dan akan menjadi khalifah di bumi. Dan Iblis pun sesuai dgn sumpahnya, atas ijin Tuhan juga akan terus berusaha menyesatkan dan mengajak Adam dan keturunannya utk mengikutinya ke Neraka.

Captain Pancasila wrote:penjelasan bagus yang mantab! nggak kaya di forum agama tetangga yang bikin topic : "Bingung! Pertentangan antara free will dan rencana Tuhan", tapi isinya malah "Pembela Free Will" vs "Pembela Rencana Tuhan"...


Yua, bagus utk menjelaskan aulo swt sbg tuhan yg suka menjebak dan menyesatkan manusia. :finga:

Liat tuh kisah si 'nabi' adam, ternyata kalaupun iblis ga berhasil menggoda adam makan buah yg dilarang, cepat atau lambat aulo swt akan bikin si adam berdosa karena sudah ditetapkan si aulo harus begitu endingnya. :snakeman:

Aulo swt memang maha penyesat. Kalo yg ini ga gw bantah deh. :green:
User avatar
sixpackguy
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1943
Images: 21
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby sodrun » Thu Mar 29, 2012 7:36 am

cah_TK_nol_besar wrote:Bagaimana seandainya Adam patuh pada Tuhan dan tidak melanggar larangan dari Tuhan utk memakan buah larangan tersebut?Islam menyebutkan bahwa manusia diciptakan utk menjadi khalifah di bumi ini, jadi walaupun Adam tetap menuruti perintah Tuhan utk tidak memakan buah larangan. Cepat atau lambat Adam akan keluar dari surga dan akan menjadi khalifah di bumi. Dan Iblis pun sesuai dgn sumpahnya, atas ijin Tuhan juga akan terus berusaha menyesatkan dan mengajak Adam dan keturunannya utk mengikutinya ke Neraka.

Captain Pancasila wrote:penjelasan bagus yang mantab! nggak kaya di forum agama tetangga yang bikin topic : "Bingung! Pertentangan antara free will dan rencana Tuhan", tapi isinya malah "Pembela Free Will" vs "Pembela Rencana Tuhan"...


sixpackguy wrote:Yua, bagus utk menjelaskan aulo swt sbg tuhan yg suka menjebak dan menyesatkan manusia. :finga:

Liat tuh kisah si 'nabi' adam, ternyata kalaupun iblis ga berhasil menggoda adam makan buah yg dilarang, cepat atau lambat aulo swt akan bikin si adam berdosa karena sudah ditetapkan si aulo harus begitu endingnya. :snakeman:

Aulo swt memang maha penyesat. Kalo yg ini ga gw bantah deh. :green:


Ah,... beliau 'khan cuma menjalani takdirnya sebagai aulo-nya islam.. semua sudah sesuai prosedur kok..
:green:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby cah_TK_nol_besar » Thu Apr 05, 2012 11:09 pm

Maap.. maap.. karena kesibukan gw tinggal thread gw semingguan..
Dan ternyata udah gw duga. Sebagian besar kapir FFI cuman kapir2 kalap yg gak ada otaknya... :green:
Gw akan jawab post yg memenuhi kriteria gw di post pertama.
Haniam_maria wrote:apa kita sudah tahu takdir kita sehingga dengan adanya takdir yang sudah digariskan kita lantas tidak usah berbuat apa2? Coba anda diam saja seharian penuh tanpa berbuat apapun. Apakah takdir anda memang seharian penuh berdiam diri?

berarti kita memilih qodho kita dengan berdiam seharian penuh tanpa berbuat apa2, sehingga qodho yg kita pilih ini akan mengantarkan kita ke takdir kita yaitu tidak akan mendapatkan apa2.
Lain kalo kita memilih qodho kita dengan bekerja seharian penuh, akan mengantarkan kita ke takdir kita yg akan mendapatkan hasil yg kita harapkan.
Ingat bu, takdir tidak lurus seperti rel kereta. Akan tetapi takdir itu bercabang2 dan tinggal usaha kita akan melewati takdir yg bagaimana. Jangan salah arah ya bu ;)

Cratos.RR wrote:Salam cah_TK_nol_besar,

Saya telah membaca uraian bung mengenai Qodho dan Qodar. Baiklah kita akan menganalisa mengenai hal ini.

Dalam wilayah huduts(temporal) Qodho didefinisikan sebagai ketentuan Allah SWT yang masih menunggu untuk dilaksanakan. Qodho ini digolongkan menjadi dua bagian yakni Qodho Muallaq dan Qodho' Mubrom.
Qodho Muallaq adalah ketentuan Allah SWT yang masih menunggu untuk dilaksanakan yang masih bergantung pada hal-hal lain biasanya berupa hal-hal kecil dalam hidup, sehingga manusia berperan dalam menentukannya.
Qodho Mubrom adalah ketentuan Allah SWT yang masih menunggu untuk dilaksanakan yang menyangkut hal-hal krusial dalam kehidupan manusia,sehingga manusia tidak dapat berperan, bagaimanapun usahanya, tentu ketentuanAllah tidak dapat dirubah.

Takdir adalah ketetapan terjadinya bagian dari keputusan dalam Qodha tersebut secara terperinci.

Qodar adalah ketentuan Allah yang telah dijalankan di muka bumi dan telah dapat diidentifikasi oleh manusia.

Salam juga om Cratos :)
Membaca uraian om di atas walaupun sedikit berbeda tapi saya anggap kurang lebih sama dengan pemahaman yg gw miliki. Jadi apakah om setuju kalo kedepannya kita gak akan mendebatkan antara pendapat om cratos diatas dgn posting saya dihalaman pertama. Karena di dalam pemikiran kita setidaknya sudah ada gambaran, apakah qodho dan qodar itu.
Cratos.RR wrote:Bung cah_TK_nol_besar, dalam Islam manusia juga berperan dalam menentukan apa yang menjadi ketentuan Allah SWT. Anda dan teman teman muslim lainnya dapat menganalisa sendiri pemahaman ini, hal ini mempunyai artian bahwa manusia dalam Islam mempunyai ego yang sangat besar yang dapat dikatakan menyamai kedudukan Allah SWT. Manusia dapat menentukan keputusan akhir yang terdapat dalam takdir manusia yang bersangkutan. Pemahaman inilah yang merupakan salah satunya penyebab manusia yang mengenal dan meyakini Islam, dapat bertindak sewenang wenang diluar batas kemanusiaan. Karena mereka menganggap mereka "dapat mempengaruhi Allah SWT" dalam keputusannya.

Hal ini jugalah yang mengilhami muhammad untuk bertindak sewenang wenang dan dalam berbagai hal bertindak mewakili Allah SWT dalam memutuskan sesuatu hal. Anda dapat lihat contohnya,bahwa muhammad pernah mengatakan bahwa pembunuh dan penzinah dapat masuk surga asalkan mereka tetap meyakini Islam.

Dalam hal ini akan menjadi pertanyaan yang sangat penting yakni
Siapakah Allah SWT itu sebenarnya sehingga manusia bisa menentukan keputusan keputusan yang belum diambilnya? Apakah Allah SWT itu Tuhan yang sejati, kalo seperti itu?

gw baca pendapat om yg ini kok rasanya seperti membaca dari orang yg berbeda dgn org yg menulis di post yg saya quote diatas?
Di Islam manusia diciptakan utk menjadi khalifah (pemimpin) di bumi, gak perlu saya tulis ayatnya kan om. Dan sebagai seorang pemimpin dia berhak kan menentukan keputusan2?
Pemimpin yg bagaimana? apakah manusia harus jadi presiden di bumi?
kan enggak to..
jadi minimal dia menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri, utk memilih/memutuskan jalan2 mana (takdir) yg akan dia tempuh.
Bagian mananya yg membuat om berpikir manusia menyamai kedudukan Allah SWT?
Cratos.RR wrote:Berbicara tentang Qodar, ini akan menjadi pernyataan yang sangat penting bila dikaitkan dengan Al-Quran. Dimana ada hal hal yang telah dibuktikan/diidentifikasikan manusia secara pasti dan dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan namun bertolak belakang dengan apa yang dikatakan/tertulis dalam Al-Quran, sedangkan Al-Quran dikatakan dan diyakini sebagai kitab yang berisikan ucapan ucapan langsung dari Allah SWT melalui perantaraan muhammad. Anda dapat melihat contoh contohnya dalam sub forum Quran dan Sains disini.

Silahkan teman teman muslim memahami uraian saya diatas dan menganalisa nya sendiri dengan akal pikiran, logika dan hati nurani anda sendiri.

Salam anak bangsa,

Dan dari quote ini gw anggap logika om belum paham benar tentang qodho dan qodar.
Iptek memang ciptaan Tuhan, oleh karena itu gw lebih setuju seseorang yg berhasil membuat karya di bidang iptek disebut penemu dari pada pencipta. Dan kemampuan seseorang utk dapat menemukan iptek2 ciptaan Tuhan yg belum ditemukan tergantung dari usaha dari orang itu sendiri. Tentunya hal ini bergantung dari banyak faktor yg gw rasa om sendiri juga tau tanpa gw sebutkan.
cah_TK_nol_besar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 129
Joined: Mon Feb 13, 2012 7:57 pm

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby keeamad » Fri Apr 06, 2012 3:07 am

cahtk

Jawab dong, qodo dan qodar dari seorang bayi atau bocah yg masih ikut orang tuanya kemana - mana,
harus mati kena bom bunuh diri ukuwah ente,
gimana penjelasan ente???
User avatar
keeamad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6750
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby sodrun » Fri Apr 06, 2012 7:28 am

cahtk

keeamad wrote:Jawab dong, qodo dan qodar dari seorang bayi atau bocah yg masih ikut orang tuanya kemana - mana,
harus mati kena bom bunuh diri ukuwah ente,
gimana penjelasan ente???


Ah,... mana bisa dia jelasin soal-soal macam itu bro keeamad..
Agama khayalan hanya bisa berkhayal dan berlindung dibalik sejumlah dalil, postulat, hipotesa, aksioma dan setumpuk teori pembenaran, ..
karena ia tidak membawa Kebenaran.
:green:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby JANGAN GITU AH » Fri Apr 06, 2012 9:32 am

cah_TK_nol_besar wrote:Iptek memang ciptaan Tuhan, oleh karena itu gw lebih setuju seseorang yg berhasil membuat karya di bidang iptek disebut penemu dari pada pencipta. Dan kemampuan seseorang utk dapat menemukan iptek2 ciptaan Tuhan yg belum ditemukan tergantung dari usaha dari orang itu sendiri. Tentunya hal ini bergantung dari banyak faktor yg gw rasa om sendiri juga tau tanpa gw sebutkan.

fayhem wrote:Jadi alohswt menciptakan nokia, mobil, kondom, vibrator dll yang kemudian ditemukan oleh manusia ?

manusia menemukannya di Pabrik ciptaan Tuhan, bro... :lol: Yang menciptakan Tuhan Islam! Habis perkara, titik!

kata cah Teka, banyak faktor yang harus dilalui agar dapat menemukan ciptaan Tuhan Islam di Pabrik!
1. Sistem Transportasi harus sampai di depan Pabrik Tuhan Islam :lol:
2. Sistem Sekuriti yang ada di Pabrik Tuhan Islam. Ini gak boleh galak-galak. karena kalau galak, sang penemu akan jiper nyalinya.. :lol:
3. Sistem keuangan si penemu harus layak untuk dapat menemukan ciptaan Tuhan Islam. Pakai sistem Syariah biar yahud! :lol:
4. Sistem pemasaran harus ada, kalau tidak Tuhan Islam tidak akan memberikan ciptaannya ditemukan semudah itu!
5. dll...bisa anda tambahkan lagi sebanyak yang anda suka... :lol:

itulah sekelumit faktor yang wajib hukumnya dimiliki oleh para penemu ciptaan Allah swt... :lol:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5230
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby cah_TK_nol_besar » Fri Apr 06, 2012 9:52 am

keeamad wrote:Jawab dong, qodo dan qodar dari seorang bayi atau bocah yg masih ikut orang tuanya kemana - mana,
harus mati kena bom bunuh diri ukuwah ente,
gimana penjelasan ente???

Pertanyaan blo'on kek gini males gw jawabnya..
gw kasih kata kuncinya trus lu google ndiri..
kalo gak jelas baru lu tanyain disini..
kata kuncinya..
"akil baligh"
"bayi meninggal menurut islam"
belajar yg rajin ya....
:green:
cah_TK_nol_besar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 129
Joined: Mon Feb 13, 2012 7:57 pm

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby JANGAN GITU AH » Fri Apr 06, 2012 10:01 am

keeamad wrote:Jawab dong, qodo dan qodar dari seorang bayi atau bocah yg masih ikut orang tuanya kemana - mana, harus mati kena bom bunuh diri ukuwah ente,
gimana penjelasan ente???


cah_TK_nol_besar wrote:Pertanyaan blo'on kek gini males gw jawabnya..
gw kasih kata kuncinya trus lu google ndiri..
kalo gak jelas baru lu tanyain disini..
kata kuncinya..
"akil baligh"
"bayi meninggal menurut islam"
belajar yg rajin ya....
:green:

ngeles detected...
ngeles tanda tak mampu jawab... :lol:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5230
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby keeamad » Fri Apr 06, 2012 10:52 am

keeamad wrote:Jawab dong, qodo dan qodar dari seorang bayi atau bocah yg masih ikut orang tuanya kemana - mana,
harus mati kena bom bunuh diri ukuwah ente,
gimana penjelasan ente???

cah_TK_nol_besar wrote:Pertanyaan blo'on kek gini males gw jawabnya..
gw kasih kata kuncinya trus lu google ndiri..
kalo gak jelas baru lu tanyain disini..
kata kuncinya..
"akil baligh"
"bayi meninggal menurut islam"
belajar yg rajin ya....
:green:

Yang blo'on yang bikin judul ....
Kalo emang blooneng gak bisa jawab, GANTI AJA JUDULNYA ....
User avatar
keeamad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6750
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Fri Apr 06, 2012 12:07 pm

fayhem wrote:
Jadi alohswt menciptakan nokia, mobil, kondom, vibrator dll yang kemudian ditemukan oleh manusia ?


jgn lupakan DILDO bro :lol:

subonolooooooooooh.... :prayer: :prayer: :prayer:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby sodrun » Fri Apr 06, 2012 12:20 pm

keeamad wrote:Jawab dong, qodo dan qodar dari seorang bayi atau bocah yg masih ikut orang tuanya kemana - mana,
harus mati kena bom bunuh diri ukuwah ente,
gimana penjelasan ente???


cah_TK_nol_besar wrote:Pertanyaan blo'on kek gini males gw jawabnya..
gw kasih kata kuncinya trus lu google ndiri..
kalo gak jelas baru lu tanyain disini..
kata kuncinya..
"akil baligh"
"bayi meninggal menurut islam"
belajar yg rajin ya....
:green:


keeamad wrote:Yang blo'on yang bikin judul ....
Kalo emang blooneng gak bisa jawab, GANTI AJA JUDULNYA ....


Iya nih,.. mestinya dikasih judul :

SOAL KODOK, KOPDAR AMA SI KADIR google aja ndiri

:rolling:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Qodo dan Qodar (takdir) dalam Islam. Kapir kalap jgn mas

Postby NYFGbY » Fri Apr 06, 2012 9:16 pm

keeamad wrote:Jawab dong, qodo dan qodar dari seorang bayi atau bocah yg masih ikut orang tuanya kemana - mana,
harus mati kena bom bunuh diri ukuwah ente,
gimana penjelasan ente???


..TS, gimana dong takdirnya ini bocah, apa Awloh swt memang sudah sejak awal sekali menetapkan tuh bocah harus mate dgn cara begitu?
User avatar
NYFGbY
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 533
Joined: Thu Mar 01, 2012 12:30 am
Location: Di puncak Jayawijaya, menjaga agar salju tidak mencair.

PreviousNext

Return to Ttg ALLAH



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users