. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Profil jumlah pemeluk agama-agama di dunia

Benturan dan bentrokan antara Islam dengan agama-agama dan peradaban lain di seluruh penjuru dunia.

Postby Phoenix » Sat Jul 14, 2007 3:53 am

artends wrote:ah mas ini becanda, kalo dia udah ngaku masa masih perlu saksi
makanya kita minta pendapat medis
si doski itu puasa mutih rencananya 40 hari (ga ada agama yg ngajarin mutih..........biasanya mutih itu buat pesugihan, nyupang dll, pokoknya kalo udah mutih urusannya ama demit n iblis, kayaknya...............ni kayaknya iblis juga yang nunjukin jalan yg "benar" buat doski

Aduh mas ini salah "petunjuk"
Kan ente bilangnya kalau tuh orang cuman berhalusinasi..sedang kenape ente kaga nganggep si momed juga berhalusinasi..lah die juga tiap pagi semedi ke gua koq.
Ape die udah islam waktu itu???
Trus die semedi mau ape? cari pesugihan, melarikan diri dari janda tuenye si Kadijah, ato lagi pengen dapet "jabatan".
Bedanya lagi..orang yg elo anggep berhalusinasi katanya melihat malaikat terus masuk Kristen, terus tidak mengangkat dirinya jadi nabi...dan nggak narcist kayak muhamad gila...
Lah kalau si mamad??? sampe dicekek, ketakutan...sampe dikerodongi...
"malaikat" nya galak bener..
malaikat yg ketemu orang yg dianggap berhalusinasi koq nggak sampe nyekek-nyekek gitu ye...
Phoenix
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Postby cinta_damai » Tue Jul 17, 2007 10:25 am

Ah...gimana sih nih...sesama agama langit kok berantem, ni namanya agama langit ya??? kok bangga banget dibilang agama langit....

sebenarnya untuk klasifikasi agama cocoknya dibilang agama barat (yg ktnya agama langit) dan agama timur (yg ktanya agama bumi) perbedaan mendasar adalah agama barat adalah agama yang berpatokan sama sejarah, agama ini selalu kiblatnya ke sejarah meraka muncul dimana terjadi banyak perebuatan pemeluk, penyebaran agama dg perang...sehingga sering sekali sampai sekarang terjadi perang antara agama barat ini...saling menyalahkan padahal klo dipikir mereka satu rumpun....

sedangkan agama timur tidak menekankan kepada sejarah...lahirnya agama2 ini tidak diiringi dengan pertikaian, karena agama ini biasanya bisa hidup berdampingan dengan budaya setempat...tidak ada pemaksaan untuk memeluknya...sehingga agama ini berkembang dengan budaya setempat dan agama ini sebagai jiwanya...

sebenarnya perang didunia juga dimotori oleh agama2 yang berkiblat pada sejarah terbentuknya, jadi sapa harus bertanggung jawab????

makanya kalian yg agama langit yang bangga dengan kelangitannya jadi sombong dan mengaku paling benar dan satu2nya wahyu Tuhan.... padahal klo kita pikir apapun agamanya yang jelas itu merupakan hubungan pribadi orang dengan Tuhannya....
cinta_damai
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 8
Joined: Thu Jun 14, 2007 3:51 pm

Postby AlhamdBukanMuslim » Thu Jul 19, 2007 1:56 am

Yaaaahhh...Buddhisme, Hinduisme, Konfusianisme dan Taoisme juga bagus laaah. Intinya kamu keki dengan presentasi data yang cenderung kurang menguntungkan buat mata kamu dari segi jumlah pemeluk, lalu menuduh pemeluk-pemeluk Kristen dan Islam sebagai sombong dan menggunakan metode merebut pemeluk.

Ini kompensasi saja. Presentasi data toh, bukan kontestasi kekuatan siapa paling banyak.

Di India, cukup lekat dalam sejarah pengambilalihan sebuah masjid menjadi kuil oleh pemeluk-pemeluk agama Hindu di Babri.

Di Sri Lanka, {url=http://compassdirect.org/en/display.php?page=news&lang=en&length=long&idelement=4649&backpage=index]empat bhiksu Budha terlibat sebagai dalang penyerbuan sebuah gereja[url/].

Nggak beda kelakuannya. But bedanya jumlah pemeluknya gak jadi besar aja.

Ya salahmu sendiri agamamu nggak populer....hehe
AlhamdBukanMuslim
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 415
Joined: Wed May 02, 2007 8:57 am
Location: Dubai

Postby Mr Satan » Thu Jul 19, 2007 11:18 pm

Yaaaahhh...Buddhisme, Hinduisme, Konfusianisme dan Taoisme juga bagus laaah. Intinya kamu keki dengan presentasi data yang cenderung kurang menguntungkan buat mata kamu dari segi jumlah pemeluk, lalu menuduh pemeluk-pemeluk Kristen dan Islam sebagai sombong dan menggunakan metode merebut pemeluk.

Ini kompensasi saja. Presentasi data toh, bukan kontestasi kekuatan siapa paling banyak.


Ya salahmu sendiri agamamu nggak populer....hehe


jadi kamu pikir ukuran keselamatan, kedekatan pada ilahi, dan kebaikan agama n pemeluknya tu ditentukan dari popularitas agama dan kuantitas pemeluk agamanya ya??
woow... bagus juga tuh...Kayaknya ente perlu belajar dari agama2 timur.
bukannya masuk alias pindah agama loh. Tapi paling tidak u belajar bagaimana mengembangkan sikap toleransi, menciptakan keseimbangan hidup, or whateverlah yang bisa buka pikiran kamu.
User avatar
Mr Satan
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 120
Joined: Sun Jul 01, 2007 3:04 am

Postby AlhamdBukanMuslim » Fri Jul 20, 2007 2:52 am

Perhatikan kalimat pertama dalam pernyataan saya diatas. Agama-agama yang saya sebutkan tsb juga bagus kan. Saya memberi sebuah pengakuan. Saya pun pernah mempelajari buddhisme dan hinduisme.

Tetapi soal pertumbuhan jumlah umat dan persebaran, ini persoalan sosiologis bung. Saya tidak ada masalah dengan agama siapa yang paling benar. Yang mengemuka dari profil tsb adalah, ada sebuah keberhasilan sosiologis pemeluk-pemeluk agama tertentu dalam menyebarluaskan ajarannya. Ini tidak bisa dan tidak perlu dibantah.

Maka, benar atau tidaknya agama tertentu (termasuk agama langit atau agama timur), samasekali bukan relevansi topik.
AlhamdBukanMuslim
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 415
Joined: Wed May 02, 2007 8:57 am
Location: Dubai

Postby wachdie.jr » Fri Jul 20, 2007 3:06 am

sapa sih yang pertama kali bilang dan membedakan
Agama Langit serta Agama yang bukan Langit????

ana pengen tau...

Siapa sih yang mengatakan Agama yang di ridhoi Tuhan adalah yang ini!!! Agama yang lain adalah Kafir!!!
User avatar
wachdie.jr
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2088
Joined: Tue Sep 20, 2005 8:19 am

Postby artends » Fri Jul 20, 2007 2:47 pm

ni thread judulnya profil jmlh dst dst.............

bicara profil kaga ada salahnya jika nyebutin asal usulnya dulu, trus juga penyebarannya, dan substansi ajarannya. ketiganya pengaruh lho ke jmlh pemeluknya.

agama bumi/timur: substansinya tidak terlalu menuntut calon pemeluknya untuk melakukan ini dan/atau meninggalkan itu. sehingga mudah diterima oleh penduduk setempat sehingga karakteristik agama ini berbeda dengan di tempat asalnya.

trus, ada agama langit (bukan barat) yang substansinya jauh berbeda dengan local culture, tapi demi untuk menarik minat (menghindari penolakan), substansi /bobot/kualitas nya dikurangi. sehingga tidaklah mengherankan agama ini kelihatannya sangat populer.

seseorang cukup melalui prosesi tertentu dan mengakui "penyelamatan" yang dilakukan oleh si Anu , maka dia adalah pemeluk agama itu. dia dijamin akan masuk surga, walaupun kebiasaan2 buruknya (yg sebenarnya bertentangan dengan ajaran agama tsb) terus dijalankan
User avatar
artends
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 105
Joined: Sat Apr 07, 2007 8:35 am

Postby AlhamdBukanMuslim » Sun Jul 22, 2007 12:27 am

"artends"]ni thread judulnya profil jmlh dst dst.............

bicara profil kaga ada salahnya jika nyebutin asal usulnya dulu, trus juga penyebarannya, dan substansi ajarannya. ketiganya pengaruh lho ke jmlh pemeluknya.


Bisa saja didiskusikan disini walaupun tidak sampai sejauh itu. Lebih baik buka thread baru. Tapi hemat saya, nggak relevan karena ini forum kritis terhadap Islam. Bagaimanapun topik profil ini masih relevan karena menggambarkan posisi Islam dalam peta sosioreligi dunia. Islam secara kuantitaif bukan yang terbanyak, demikian juga secara kualitatif punya aspek-aspek degradasi (kemiskinan, keterjajahan, dan keterbelakangan lainnya silakan lihat2 di forum).

agama bumi/timur: substansinya tidak terlalu menuntut calon pemeluknya untuk melakukan ini dan/atau meninggalkan itu. sehingga mudah diterima oleh penduduk setempat sehingga karakteristik agama ini berbeda dengan di tempat asalnya.


coba ini berikan contohnya.

trus, ada agama langit (bukan barat) yang substansinya jauh berbeda dengan local culture, tapi demi untuk menarik minat (menghindari penolakan), substansi /bobot/kualitas nya dikurangi. sehingga tidaklah mengherankan agama ini kelihatannya sangat populer.


coba artends berikan juga contoh dan bukti-buktinya.
saya tertarik dengan substansi yang dikurangi. bisa kamu jelaskan contohnya?

seseorang cukup melalui prosesi tertentu dan mengakui "penyelamatan" yang dilakukan oleh si Anu , maka dia adalah pemeluk agama itu. dia dijamin akan masuk surga, walaupun kebiasaan2 buruknya (yg sebenarnya bertentangan dengan ajaran agama tsb) terus dijalankan


semua agama melakukan ritus yang sama. hinduisme malah memberikan upacara aneka rupa terhadap pemeluk barunya. jadi, ini hal yang umum saja.
AlhamdBukanMuslim
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 415
Joined: Wed May 02, 2007 8:57 am
Location: Dubai

Postby artends » Mon Jul 23, 2007 2:43 pm

AlhamdBukanMuslim wrote:coba artends berikan juga contoh dan bukti-buktinya.
saya tertarik dengan substansi yang dikurangi. bisa kamu jelaskan contohnya?


originally, agama yg dimaksud mengharuskan/melarang umatnya melakukan ini/itu. Tapi karena hal-hal yg dilarang tersebut sudah menjadi kebiasaan yang sudah turun temurun dan susah dihilangkan, maka agama ini mengurangi bobot/substansi ajarannya.

Misalkan, larangan memakan babi, larangan meminum minuman yang memabukan, membuat/menyembah patung dll.
juga perintah berkhitan yg diperhalus menjadi anjuran berkhitan dll.

hal2 lain misalkan memindahkan tanggal kelahiran ”tuhan” nya ke tanggal yang sudah populer di tempat tsb. Karena ditempat tersebut menyembah dewa matahari yang HUT nya setiap bulan desember.
Demikian juga karena kebiasaan masyarakat setempat yg sebelumnya menyembah dewa matahari setiap hari minggu, maka agama inipun ”menyesuaikan” hari ibadatnya (dalam kitab sucinya : hari sabtu)

”toleransi2” semata-mata dimaksudkan penduduk asli tidak resisten shg agama ini mudah diterima

AlhamdBukanMuslim wrote:semua agama melakukan ritus yang sama. hinduisme malah memberikan upacara aneka rupa terhadap pemeluk barunya. jadi, ini hal yang umum saja.


pls read carefuly, sy tidak mengomentari prosesi masuknya pemeluk baru. tapi lebih menekankan setelah memeluk ajaran baru tsb.

saya ulangi:
"maka dia adalah pemeluk agama itu. dia dijamin akan masuk surga, walaupun kebiasaan2 buruknya (yg sebenarnya bertentangan dengan ajaran agama tsb) terus dijalankan"

misalkan anggota mafia sangat yakin akan masuk surga karena sudah memeluk agama tertentu tanpa meniggalkan perbuatan jahatnya.
User avatar
artends
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 105
Joined: Sat Apr 07, 2007 8:35 am

Postby LAUZART » Tue Jul 24, 2007 10:16 am

Yang berkualitas biasanya tuh jumlahnya lebih sedikit dibanding yang gak berkualitas. Yang **** umumnya jauh lebih banyak dari yang pintar. Mudah2an kita bukan diantara orang2 yg tak berkualitas...
LAUZART
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 12
Joined: Thu May 10, 2007 4:32 pm

Postby AlhamdBukanMuslim » Wed Jul 25, 2007 9:29 am

Hehehe...saya kok menangkap, ada kesan dan sinyal 'kurang suka' dari netter-netter yang secara psikologis merasa 'kurang diuntungkan' oleh figur data-data profil jumlah pemeluk agama tsb. Yaaah, hypothetically, saya menduga ini mereka yang berasal dari agama2 yang kebetulan jumlah pemeluknya tidak terlalu besar.

Tentang 'wisdom in quality' sih saya setuju2 aja toh ini kebajikan universal. gak harus kok yg banyak itu lebih baik. tetapi bukan berarti juga yang sedikit itu lebih berhasil mengelola kebijakan dan kebajikan umum. Thailand, negara yang banyak direfer sebagai pusat Buddhisme Asia bahkan dunia, sekaligus juga dikenal sebagai pusat prostitusi terbesar di dunia. Silakan datang ke Bangkok. Fenomena bhiksu dan bhiksuni di jalan bersanding secara paradoksal dengan pusat-pusat pelacuran bukan?

Nah, jadi ini generalisasi yang terlalu cepat saja sepertinya.

Silakan yang lain komen. Supaya nggak bilateral.
AlhamdBukanMuslim
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 415
Joined: Wed May 02, 2007 8:57 am
Location: Dubai

Postby LAUZART » Wed Jul 25, 2007 11:25 am

Yah kalo disini yang banyak bisanya cuma menjarah milik org lain, merusak, dll yg negatif jangan dicontoh dong...

Banyak atau sedikit cuma kuantitas tidak mencerminkan Kualitas yang sebenarnya.
LAUZART
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 12
Joined: Thu May 10, 2007 4:32 pm

Re: Profil jumlah pemeluk agama-agama di dunia

Postby okakun » Fri Dec 03, 2010 9:24 am

Hahahahaha.. Agama islam tu copy agama kristen. Liat, nabi musa, dll sama kayak alkitab. Lagian, agama kristen tu lahir udah lama. 5000SM. Islam ? Baru. 1,5 M penganut nya gimana gak ? Masa suami 1 istri 10 ? Padahal di ajarka tuhan kasi 1 untuk pendamping hawa ! Ini hawa nya ada 10. Hahahaha.. Lalu, nyembak kotak. Hahaha.. Berhala di sembah.. Lalu, lihat, bandingkan lebih maju negara mana ? negara yang kristen2, eropa, amerika, negara maju. Di berkati tuhan. Indo ? Lihat koruptor nya. Hahaha.. Di alquran jelas di katakan, ada tentang alkitab. Alquran mengakui alkitab. Hahahaha.. Kualitas donk di lihat. Jangan istri 10 aja di banggain banyak2 biar kuantitas banyak.
okakun
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 2
Joined: Fri Dec 03, 2010 9:06 am

Re: Profil jumlah pemeluk agama-agama di dunia

Postby okakun » Fri Dec 03, 2010 9:31 am

Hahahahaha.. Agama islam tu copy agama kristen. Liat, nabi musa, dll sama kayak alkitab. Lagian, agama kristen tu lahir udah lama. 5000SM. Islam ? Baru. 1,5 M penganut nya gimana gak ? Masa suami 1 istri 10 ? Padahal di ajarka tuhan kasi 1 untuk pendamping hawa ! Ini hawa nya ada 10. Hahahaha.. Lalu, nyembak kotak. Hahaha.. Berhala di sembah.. Lalu, lihat, bandingkan lebih maju negara mana ? negara yang kristen2, eropa, amerika, negara maju. Di berkati tuhan. Indo ? Lihat koruptor nya. Hahaha.. Di alquran jelas di katakan, ada tentang alkitab. Alquran mengakui alkitab. Hahahaha.. Kualitas donk di lihat. Jangan istri 10 aja di banggain banyak2 biar kuantitas banyak
okakun
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 2
Joined: Fri Dec 03, 2010 9:06 am

Previous

Return to Islam vs Agama & Peradaban Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users