. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Pertanyaan tentang Hadist

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Postby MONTIR KEPALA » Fri May 09, 2008 3:21 pm

dulilah wrote:
Jibaok wrote:Muhammad mewariskan, amanahkan Al-Quran dan Sunnah Rasulullah dari Allah kepada manusia2. Tidak pernah dikatakan "amanahkan Hadith". Harus difahami perbedaan diantara Sunnah Rasulullah dan Hadith, kerana tidak semua Hadith mengandungi Sunnah Rasulullah.


Hadith mana saja yang menurut anda tidak mengandungi Sunnah Rasulullah?

sahih muslim, Book 030, Number 5832:
Anas reported that Allah's Messenger (may peace be upon him) happened to pass by the people who had been busy in grafting the trees. Thereupon he said: If you were not to do it, it might be good for you. (So they abandoned this practice) and there was a decline in the yield. He (the Holy Prophet) happened to pass by them (and said): What has gone wrong with your trees? They said: You said so and so. Thereupon he (Nabi Muhammad) said: You have better knowledge (of a technical skill) in the affairs of the world.

Sahih muslim, Book 030, Number 5831:
Rafi' b. Khadij reported that Allah's Messenger (may peace be upon him) came to Medina and the people had been grafting the trees. He said: What are you doing? They said: We are grafting them, whereupon he said: It may perhaps be good for you if you do not do that, so they abandoned this practice (and the date-palms) began to yield less fruit. They made a mention of it (to the Holy Prophet), whereupon he (nabi Muhammad) said: I am a human being, so when I command you about a thing pertaining to religion, do accept it, and when I command you about a thing out of my personal opinion, keep it in mind that I am a human being. 'Ikrima reported that he said something like this.



fahami kata2 rasulullah saw tsb .....
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby daniel-ntl » Fri May 09, 2008 6:13 pm

sahih bukhari

Volume 7, Book 72, Number 737:

Narrated Anas:

The Prophet forbade men to use saffron.

nabi melarang laki2 memakai kain safron


nah ini hadist yg mengandung sunnah juga kan. tapi banyak tuh muslim yg melanggar ini.apa karena gak masuk akal?
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1645
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Postby dulilah » Fri May 09, 2008 6:46 pm

Sekadar contoh, terdapat hadist yang meriwayatkan bahawa Muhammad pernah berpuasa 3 hari 3 malam. Tetapi didalam hadist itu tidak ada suruhan Muhammad menyuruh manusia2 lain berpuasa 3 hari 3 malam seperti yang dilakukannya. Hadist itu tidak bersifat Sunnah Rasulullah, cuman sekadar riwayat kisah, kerana tidak mempunyai suruhan2 dari Nabi.


jadi, menurut anda, semua suruhan nabi adalah sunnah?

sahih muslim, Book 030, Number 5832:
Anas reported that Allah's Messenger (may peace be upon him) happened to pass by the people who had been busy in grafting the trees. Thereupon he said: If you were not to do it, it might be good for you. (So they abandoned this practice) and there was a decline in the yield. He (the Holy Prophet) happened to pass by them (and said): What has gone wrong with your trees? They said: You said so and so. Thereupon he (Nabi Muhammad) said: You have better knowledge (of a technical skill) in the affairs of the world.

Sahih muslim, Book 030, Number 5831:
Rafi' b. Khadij reported that Allah's Messenger (may peace be upon him) came to Medina and the people had been grafting the trees. He said: What are you doing? They said: We are grafting them, whereupon he said: It may perhaps be good for you if you do not do that, so they abandoned this practice (and the date-palms) began to yield less fruit. They made a mention of it (to the Holy Prophet), whereupon he (nabi Muhammad) said: I am a human being, so when I command you about a thing pertaining to religion, do accept it, and when I command you about a thing out of my personal opinion, keep it in mind that I am a human being. 'Ikrima reported that he said something like this.

fahami kata2 rasulullah saw tsb .....


anda seolah-olah mengatakan sunnah harus dilihat dalam konteks. jika mendukung Quran, jalankan, tapi jika tidak masuk akal, tidak dilakukan adalah tidak apa-apa.

bagaimana dengan ini:
Muhammad berkata, "Bunuh orang2 selama kau tidak mendengar Muadhdin (panggilan sembahyang Islam) atau melihat sebuah mesjid.”[Ibn Sa’d, vol. ii, p.182]

Maka Rasul Allah berkata:
“Aku telah diperintahkan Tuhan untuk berperang melawan orang2 sampai mereka semua mengaku tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah RasulNya, dan mereka melakukan sembahyang dan membayar Zakat. Jika mereka melakukan hal itu, darah dan harta benda mereka selamat dari ku." (lihat Bukhari Vol. I, p. 13).


wassalam
User avatar
dulilah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 298
Joined: Fri Nov 23, 2007 8:50 pm

Postby Jibaok » Mon May 12, 2008 8:07 am

daniel-ntl wrote:sahih bukhari

Volume 7, Book 72, Number 737:

Narrated Anas:

The Prophet forbade men to use saffron.

nabi melarang laki2 memakai kain safron


nah ini hadist yg mengandung sunnah juga kan. tapi banyak tuh muslim yg melanggar ini.apa karena gak masuk akal?


banyak juga manusia2 yang mengaku Islam tetapi mereka masih minum arak dan meninggalkan solat.
so, what is your point ?
Jibaok
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1335
Joined: Tue Sep 04, 2007 1:08 pm

Postby santri gagal » Tue May 13, 2008 12:23 am

bagemana dgn hadith qudsi?
benarkah posisina di atas shahih namun dibawah koran?
User avatar
santri gagal
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 848
Joined: Sat Apr 21, 2007 2:36 am
Location: somewhere in time

Postby audy_valentine » Tue May 13, 2008 1:00 am

@Jibaok
Habis mereka bergantung sama hadith ini:

Sahih Bukhari
Vol 9, Book 93. Oneness, Uniqueness Of Allah (Tawheed). Hadith 579.

Narrated By Abu Dharr : The Prophet said, Gabriel came to me and gave me the glad tidings that anyone who died without worshipping anything besides Allah, would enter Paradise. I asked (Gabriel), 'Even if he committed theft, and even if he committed illegal sexual intercourse?' He said, '(Yes), even if he committed theft, and even if he Committed illegal sexual intercourse."

Terjemahan bebas:
Diriwayatkan oleh Abu Dharr : Nabi berkata, Jibril datang padaku dan memberi aku kabar baik bahwa siapa saja yang mati tanpa menyembah apapun selain Allah akan masuk surga. Aku bertanya (pada Jibril), "Walaupun dia mencuri, walaupun dia berzinah?" Dia menjawab, " (Ya), "Walaupun dia mencuri, dan walaupun dia berzinah."
User avatar
audy_valentine
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby Jibaok » Tue May 13, 2008 8:01 am

audy_valentine wrote:@Jibaok
Habis mereka bergantung sama hadith ini:

Sahih Bukhari
Vol 9, Book 93. Oneness, Uniqueness Of Allah (Tawheed). Hadith 579.

Narrated By Abu Dharr : The Prophet said, Gabriel came to me and gave me the glad tidings that anyone who died without worshipping anything besides Allah, would enter Paradise. I asked (Gabriel), 'Even if he committed theft, and even if he committed illegal sexual intercourse?' He said, '(Yes), even if he committed theft, and even if he Committed illegal sexual intercourse."

Terjemahan bebas:
Diriwayatkan oleh Abu Dharr : Nabi berkata, Jibril datang padaku dan memberi aku kabar baik bahwa siapa saja yang mati tanpa menyembah apapun selain Allah akan masuk surga. Aku bertanya (pada Jibril), "Walaupun dia mencuri, walaupun dia berzinah?" Dia menjawab, " (Ya), "Walaupun dia mencuri, dan walaupun dia berzinah."


pir, pir, pir.... loe semak lagi tafsir hadith itu dan pastikan mengapa Muhammad bertanya akan hal itu dan loe pastikan siapa yang dimaksudkan dengan "dia" didalam hadith itu. Hint : "dia" yang dimaksudkan bukan umat Islam sekarang.
Jibaok
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1335
Joined: Tue Sep 04, 2007 1:08 pm

Postby ahmad_doni » Tue May 13, 2008 9:11 am

HADIS: Kumpulan cerita2 dan dongeng mengenai sang nabi cabul dan semua perkataannya yang jorok, **** dan sadis. Tapi berhubung waktu penulisannya jauh dari jaman sang nabi cabul, jadi tidak jelas, mana yang benar dan mana yang salah. Pendeknya, hadis adalah sebuah kumpulan cerita ttg muhammad yang tidak jelas. Dikalangan muslim syiah dan sunni, sampai sekarangpun terdapat perbedaan dalam mengakui hadis mana yang shahih dan yang tidak. Tidak jelas.

Tapi, tanpa buku yang tidak jelas ini, keyakinan muslim tidaklah komplit. Alquran saja tidaklah cukup bagi muslim untuk bisa menjalankan islam dengan sepenuh-penuhnya. Jadi, alquran yang katanya lengkap dan jelas itu ternyata membutuhkan beberapa kisah dongeng dari sebuah kumpulan buku yang tidak jelas, yang dinamakan hadis itu.

alquran, tidak jelas. hadis, tidak jelas. islam, ya pasti tidak jelas! :D
User avatar
ahmad_doni
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1090
Joined: Fri Apr 20, 2007 10:57 am

Postby audy_valentine » Wed May 14, 2008 1:59 am

Bukan umat Islam sekarang trus umat Islam kapan? Oooh... Jadi jaman dulu muslim enak yah, boleh mencuri, berzinah dll asal menyembah Awloh masuk syurga yah?

Pantesan... Si Muhammad dosanya setumpuk, ngebunuh orang, ngerampok, merkosa, selingkuh, dll masih (diklaim Muslim) masuk syurga.

Ternyata dari hadith ini toh.

Geblek banget deh kamu slim. Yang pinter dikit dong ngelesnya. Sekarang gue tanya deh, KATA MANA DI AYAT HADITH ITU YANG MENUNJUKKAN JAMINAN SI MUHAMMAD ITU HANYA BERLAKU BUAT MUSLIM MASA ITU DAN ENGGAK BERLAKU SELAMANYA????
User avatar
audy_valentine
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby gaston31 » Wed May 14, 2008 11:07 am

@audy
ngebunuh orang, ngerampok, merkosa, selingkuh, dll masih (diklaim Muslim) masuk syurga.
=====
lho di ajaran yg lain, asal percaya dosa udh ditebus jg pasti masuk surga kok. malah ga perlu ke neraka. muslim malah harus ke neraka dulu utk dihukum atas2 dosa2nya.baru stelah itu kesurga.standard ganda nih yee....
User avatar
gaston31
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Postby MONTIR KEPALA » Wed May 14, 2008 11:27 am

dulilah wrote:anda seolah-olah mengatakan sunnah harus dilihat dalam konteks. jika mendukung Quran, jalankan, tapi jika tidak masuk akal, tidak dilakukan adalah tidak apa-apa.

ah kok kesimpulan jadi begono dari hadits di atas ??...
hadits itu ada yg isinya perintah yg kasuistik (khusus), ada perintah yang dogmatis, ada perintah yang bersifat elastis.
hadits juga tdk semua berisi sabda nabi... bersifat sejarah juga ada.
hadits di atas kan menjelaskan bahwa HAL-HAL yg MUTLAk diikuti itu yg bersifat urusan2 dogmatis dari Tuhan bukan keputusan2 yg bersifat pribadi atau kasuistik dari nabi saw. kasus kasuistik misalnya "dalam kondisi perang"...nah gak bisa diterapkan diluar kondisi perang ... seperti ketika pasukan muslim masuk ke perkampungan yahudi yg sedang dikepung dalam sebuah peperangan..."jika kamu ketemu yahudi ..bunuh !!"......... nah inikan dalam pengepungan bukan dalam kondisi normal. karena jika kondisi normal tetangga yg kapir tetap harus dikasihi.

bagaimana dengan ini:
Muhammad berkata, "Bunuh orang2 selama kau tidak mendengar Muadhdin (panggilan sembahyang Islam) atau melihat sebuah mesjid.”[Ibn Sa’d, vol. ii, p.182]

nah ini kasuistik ...
kalo ini bersifat dogma umum maka PASTINYA gak tersisa satu kapir pun di madina dan tanah Arab sekarang.

Maka Rasul Allah berkata:
“Aku telah diperintahkan Tuhan untuk berperang melawan orang2 sampai mereka semua mengaku tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah RasulNya, dan mereka melakukan sembahyang dan membayar Zakat. Jika mereka melakukan hal itu, darah dan harta benda mereka selamat dari ku." (lihat Bukhari Vol. I, p. 13).


wassalam

yah ini kan slogan ... seperti "PERANGI NARKOBA SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN...SAMPAI TIADA LAGI YG MENGKONSUMSI NARKOBA " ...masa adik kita misalnya yg jadi pecandu harus dibunuh dlm rangka perang narkoba. ??? kan enggak ada target beragam yg disikapi beragam.
kalo kapirnya minta perlindungan harus di lindungi ...
kalo kapirnya nyerang yang harus dilawan ....

kadang pula ada hadits yg bercerita ketika nabi menjadi PENYEMANGAT PASUKAN di MEDAN PERANG ...
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby ahmad_doni » Wed May 14, 2008 11:48 am

MONTIR KEPALA wrote:yah ini kan slogan ... seperti "PERANGI NARKOBA SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN...SAMPAI TIADA LAGI YG MENGKONSUMSI NARKOBA " ...masa adik kita misalnya yg jadi pecandu harus dibunuh dlm rangka perang narkoba. ???


hahahaha ane ngakak baca tulisan tidak pake otak ini hahaha. yang diperangi itu narkobanya emang, bukan orangnya. jadi, yang di "perangi" memang kecanduan narkobanya, bukan orangnya, anak SD juga tau itu mon hahaha. Itukan masalah gaya bahasa metafora mon, masa tidak tahu sih? Masa ntar ente mau nyuruh polisi menembak sepaket sabu2? hahahaha

Sedangkan ayat di hadis itu khan jelas, yang diperangi orangnya.

Maka Rasul Allah berkata:
“Aku telah diperintahkan Tuhan untuk berperang melawan orang2 sampai mereka semua mengaku tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah RasulNya, dan mereka melakukan sembahyang dan membayar Zakat. Jika mereka melakukan hal itu, darah dan harta benda mereka selamat dari ku." (lihat Bukhari Vol. I, p. 13).


Itu bukan metafora mon. ngerti gak? lain kali, pake otak klo posting.

hahaha

dasar katrok :lol:
User avatar
ahmad_doni
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1090
Joined: Fri Apr 20, 2007 10:57 am

Postby Jibaok » Wed May 14, 2008 3:15 pm

audy_valentine wrote:Bukan umat Islam sekarang trus umat Islam kapan? Oooh... Jadi jaman dulu muslim enak yah, boleh mencuri, berzinah dll asal menyembah Awloh masuk syurga yah?

Pantesan... Si Muhammad dosanya setumpuk, ngebunuh orang, ngerampok, merkosa, selingkuh, dll masih (diklaim Muslim) masuk syurga.

Ternyata dari hadith ini toh.

Geblek banget deh kamu slim. Yang pinter dikit dong ngelesnya. Sekarang gue tanya deh, KATA MANA DI AYAT HADITH ITU YANG MENUNJUKKAN JAMINAN SI MUHAMMAD ITU HANYA BERLAKU BUAT MUSLIM MASA ITU DAN ENGGAK BERLAKU SELAMANYA????


pir, pir, pir, jangan terboro boro menunjukin kebodohan. Hadith itu juga bukan untuk menjawab mereka2 yang sudah memeluk Islam dizaman Muhammad.
Jibaok
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1335
Joined: Tue Sep 04, 2007 1:08 pm

Postby MONTIR KEPALA » Wed May 14, 2008 3:51 pm

ahmad_doni wrote:
MONTIR KEPALA wrote:yah ini kan slogan ... seperti "PERANGI NARKOBA SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN...SAMPAI TIADA LAGI YG MENGKONSUMSI NARKOBA " ...masa adik kita misalnya yg jadi pecandu harus dibunuh dlm rangka perang narkoba. ???

hahahaha ane ngakak baca tulisan tidak pake otak ini hahaha. yang diperangi itu narkobanya emang, bukan orangnya. jadi, yang di "perangi" memang kecanduan narkobanya, bukan orangnya, anak SD juga tau itu mon hahaha. Itukan masalah gaya bahasa metafora mon, masa tidak tahu sih? Masa ntar ente mau nyuruh polisi menembak sepaket sabu2? hahahaha
Sedangkan ayat di hadis itu khan jelas, yang diperangi orangnya.

heh pir .... batok kepala luh ada isinya gak sih ?... :roll:
emang narkoba jalan sendiri ya ?....
sini gue sentil otak luh biar jalan .... narkoba itu analogy dari kekafiran. pengedar/bandar/pemakai/pembeli itu analogy dari orang kapir.
kapan sih kapir bisa cerdas ??.... hare genee ada orang yg mikir pake dengkul yg mikir "perang lawan narkoba" artinya "pil narkobanya ditembakin" ...... gustiiiiiii !!!!
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Re: Pertanyaan tentang Hadist

Postby hanz_vato » Wed May 14, 2008 3:57 pm

daniel-ntl wrote:to muslimer mau tanya nih
1.kenapa perlu ada hadist kalau sudah ada AlQuran yg "katanya" diturunkan dari surga?
2.apakah jaman semasa Muhammad hidup sudah ada hadist?
kalau sudah ada,apakah hadist itu sudah dilaksanakan pada masa Muhammad hidup?
3.kenapa banyak umat islam yg melaksanakan hadist itu terkesan pilih2?kalo yg masuk akal dilakukan tapi kalo gak masuk akal gak dilakukan.

best regards

daniel


hadist itu sebagai kata nasihat dan petunjuk daripada Muhammad sebagai penjelasan mengenai al-quran. hadist ini adalah kata2 yang keluar daripada mulut Muhammad sendiri waktu sudah diangkat menjadi nabi.
memang hadist ini ada diamalkan dan kami tidak pernah mengatakan hadist itu masuk akal atau tidak melainkan semua itu adalah kebenaran.
cuba kau katakan apa yang kau bilang sebagai tidak masuk akal
hanz_vato
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 50
Joined: Mon May 12, 2008 5:34 pm

Postby dulilah » Wed May 14, 2008 4:37 pm

Saudara muslimin dan muslimah yth,
Jika anda semua menafsirkan ribuan kalimat yg ada dalam hadis2 berdasarkan konsep elastisitas, maka anda (atau siapapun pemuka agama islam) akan berarti mengklaim dirinya sebagai AHLUS SUNNAH. Dan yang akan anda dapati adalah saling pertentangan, baik dalam bathin maupun perilaku, karena memang sunnah yang standard yang mengelompokkannya secara lengkap dari semua kumpulan hadis belum ada. Mengapa? karena konsep elastisitas dimana unsur subyektifitas tiap manusia menjadi pertaruhan sekaligus pertarungan sejak dahulu hingga saat ini. masyaallah...

Aku lebih cenderung setuju dengan kutipan sdr hanz_vato, dibawah ini:

hadist itu sebagai kata nasihat dan petunjuk daripada Muhammad sebagai penjelasan mengenai al-quran. hadist ini adalah kata2 yang keluar daripada mulut Muhammad sendiri waktu sudah diangkat menjadi nabi.
memang hadist ini ada diamalkan dan kami tidak pernah mengatakan hadist itu masuk akal atau tidak melainkan semua itu adalah kebenaran.
cuba kau katakan apa yang kau bilang sebagai tidak masuk akal


Semua hadis adalah KEBENARAN ! ya..itulah sebenar-benarnya, sama spt yg diyakini sebahagian besar muslim diseluruh dunia. Oleh karena itu, mari kita cermati hadis yang sunnah berikut ini:

Maka Rasul Allah berkata:
“Aku telah diperintahkan Tuhan untuk berperang melawan orang2 sampai mereka semua mengaku tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah RasulNya, dan mereka melakukan sembahyang dan membayar Zakat. Jika mereka melakukan hal itu, darah dan harta benda mereka selamat dari ku." (lihat Bukhari Vol. I, p. 13).

wassalam


Sangatlah jelas disini, SELURUH muslim HARUS berperang dengan SEMUA Non Muslim, karena tidak mau mengakui Muhammad sebagai rasul Allah. Jadi tidak perlu dipertentangkan lagi. Sangat tidak masuk akal jikalau muslim tidak berperang dgn Non Muslim...bukan begitu ?

Bagaimana dengan kenyataan sekarang? mengapa tidak segera berperang saja sdr hanz_vato? bisa dimulai dari muslim Malaysia yg mengumumkan perang dgn non muslimnya.....

wassalam
User avatar
dulilah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 298
Joined: Fri Nov 23, 2007 8:50 pm

Postby Jibaok » Wed May 14, 2008 4:54 pm

dulilah wrote:Sangatlah jelas disini, SELURUH muslim HARUS berperang dengan SEMUA Non Muslim, karena tidak mau mengakui Muhammad sebagai rasul Allah. Jadi tidak perlu dipertentangkan lagi. Sangat tidak masuk akal jikalau muslim tidak berperang dgn Non Muslim...bukan begitu ?

jelas bukan, mugkin kerana umat Islam tidak gila berperang seperti yang loe kapir2 mao bohongin.
Muhammad dengan jelas mengatakan "Aku di perintahkan Tuhan....." bukan "Kamu di perintahkan Tuhan...".
Jelas juga hadith itu tidak lengkap, tidak punya sanadnya. mengapa tidak loe berikan hadith itu sepenuhnya ?

mengapakah loe kapir seperti provokatuer mengaitkan umat Islam untuk berperang dengan mengatakan "SELURUH muslim HARUS berperang dengan SEMUA Non Muslim". Muhammad gak menyuruh dan Tuhan juga tidak memerintahkan. jadi loe siapa yang mao memerintah umat Islam supaya berperang pir ? loe war-monger kayak iblis yang suka kebinasaan, ya pir ?
Jibaok
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1335
Joined: Tue Sep 04, 2007 1:08 pm

Postby dulilah » Wed May 14, 2008 5:24 pm

sekarang anda cuba mengelak bahwa hadis itu conditional, lalu apa maksud hadish itu? anda bingung maksudnya atau tidak tahu?
Last edited by dulilah on Wed May 14, 2008 5:31 pm, edited 2 times in total.
User avatar
dulilah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 298
Joined: Fri Nov 23, 2007 8:50 pm

Postby supercabe » Wed May 14, 2008 5:24 pm

Ini adalah daftar kriteria untuk menetapkan sebuah Hadis yang bisa dianggap Sahih:

a) Tidak bertentangan dengan Qur’an atau Hadis Sahih lainnya.


gini lim,
sholat di Quran 3x.
sholat di hadis 5 x.

tokh yang dipake adalah sholat dalam hadis yaitu 5 x dalam satu hari. Padahal bertentangan dengan Quran, yang dianggap lebih superior dari hadis.

pegimana nih menjelaskan ini lim?
User avatar
supercabe
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1112
Joined: Fri Nov 03, 2006 1:31 pm
Location: Dimana-mana hatiku senang

Postby supercabe » Wed May 14, 2008 5:38 pm

versi qur'an :
"Dan dirikan shalat pada kedua tepi siang dan sebahagian dari malam" (Surat 11 Huud ayat 114).
2+1 = 3 kali dalam sehari.

versi Hadits Shahih Bukhari nomor 211, adalah 5 kali sehari yang terdiri dari: 1. Shalat Subuh; dimulai fajar sebelum matahari terbit. 2. Shalat Zhuhur; setelah matahari mulai turun. 3. Shalat Azhar; setelah matahari turun sebelum terbenam. 4. Shalat Maghrib; pada saat matahari terbenam. 5. Shalat Isya; pada saat warna merah di langit lenyap.
User avatar
supercabe
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1112
Joined: Fri Nov 03, 2006 1:31 pm
Location: Dimana-mana hatiku senang

PreviousNext

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users