. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Pertanyaan seputar JIN

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Pertanyaan seputar JIN

Postby kartun abiz » Sun Jun 17, 2007 11:35 pm

Topik ini saya buat untuk teman2 yang muslim yang sekiranya berkenan untuk bertukar pikiran dengan saya seputar masalah JIN berdasarkan Ajaran ISLAM :

Saya disini ingin bertukar pikiran dengan teman2 muslim di forum ini. Mungkin sekiranya bisa penjelasan buat saya mengenai masalah JIN.

Pertanyaan awal saya adalah :
1. Apakah definisi JIN menurut ajaran ISLAM?
2. Apakah JIN sama dengan SETAN atau sejenis dengan SETAN atau bagaimana?

Saya rasa itu dulu pertanyaan saya, sekiranya ada yang bisa membantu menjelaskan kepada saya?
Terima Kasih
User avatar
kartun abiz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 305
Joined: Fri May 11, 2007 1:59 am

Re: Pertanyaan seputar JIN

Postby lauhmahfuz » Mon Jun 18, 2007 12:01 am

kartun abiz wrote:Topik ini saya buat untuk teman2 yang muslim yang sekiranya berkenan untuk bertukar pikiran dengan saya seputar masalah JIN berdasarkan Ajaran ISLAM :

Saya disini ingin bertukar pikiran dengan teman2 muslim di forum ini. Mungkin sekiranya bisa penjelasan buat saya mengenai masalah JIN.

Pertanyaan awal saya adalah :
1. Apakah definisi JIN menurut ajaran ISLAM?


Makhluk ciptaan Allah dapat dibedakan antara yang bernyawa dan tak bernyawa. Di antara yang bernyawa adalah jin. Kata jin menurut bahasa (Arab) berasal dari kata ijtinan yang berarti istitar (tersembunyi). Jadi jin menurut bahasa berarti sesuatu yang tersembunyi dan halus

Jin dinamakan jin karena wujudnya yang tersembunyi dari pandangan mata manusia. Firman Allah, "Sesungguhnya ia (jin) dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka."(QS. Al A'raf 27).

Kalau pun ada manusia yang dapat melihat jin, jin yang dilihatnya itu adalah yang sedang menjelma dalam wujud makhkuk yang dapat dilihat mata manusia biasa. Dalam sebuah hadis, Nabi SAW bersabda, "Setan memperlihatkan wujud (diri)nya ketika aku shalat, namun atas pertolongan Allah, aku dapat mencekiknya hingga kurasakan dingin air liurnya di tanganku. Kalau bukan karena adanya doa saudaraku Nabi Sulaiman, pasti kubunuh dia."(HR Al Bukhari).

hey kartun....akan saya berikan ayat2 yg berhubungan dgn jin.....:
Allah SWT menyebutkan bahwa jin itu diciptakan dari api yang sangat panas, juga disebutkan terbuat dari nyala api.

Dan Kami telah menciptakan jin sebelum dari api yang sangat panas.(QS.Al-Hijr : 27)

dan Dia menciptakan jin dari nyala api.(QS.Ar-Rahman : 15 )

Dan Kami telah menciptakan jin sebelum dari api yang sangat panas.(QS.An-Naml : 17 )

Dan Kami angin bagi Sulaiman, yang perjalanannya di waktu pagi sama dengan perjalanan sebulan dan perjalanannya di waktu sore sama dengan perjalanan sebulan dan Kami alirkan cairan tembaga baginya. Dan sebahagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.(QS.Saba’ : 12 )

Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung dan piring-piring yang seperti kolam dan periuk yang tetap . Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur . Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih. (QS. Saba’ : 13)

terlihat oleh mata manusia maka disebut jin, mereka bisa melihat manusia tetapi mereka tidak bisa dilihat oleh manusia sebagaimana firman Allah I :
Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka."(Al A'raaf 27)

"Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.(Al Hijr 27)

kartun abiz wrote:2. Apakah JIN sama dengan SETAN atau sejenis dengan SETAN atau bagaimana?


Hakekat Syaithan

Syaithan adalah makhluk yang kafir dari bangsa jin atau manusia, berdasarkan dalil-dalil baik dari Al Quran maupun As Sunnah. Tidaklah setan disebut kecuali selalu berarti kekafiran dan keburukan. Berbeda dengan jin, sebagian mereka ada yang kafir dan sebagian yang lain ada yang mukmin.

sudah jelas atau masih ada pertanyaan?
User avatar
lauhmahfuz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 177
Joined: Wed Jun 13, 2007 1:33 pm
Location: masjidil haram

Postby kartun abiz » Mon Jun 18, 2007 12:50 am

Salam kenal Lauhmahfuz
Saya mengucapkan makasih atas kesedian anda menjelaskan pada saya.
Saya merasa bahwa saya dapat mengerti penjelasan Lauhmahfuz. Dari penjelasan tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa JIN menurut Ajaran anda adalah :
Bahwa JIN adalah mahluk yang diciptakan oleh ALLAH
Bahwa disebut JIN karena sifatnya yang tersembunyi dari pandang manusia
Bahwa JIN di ciptakan ALLAH dari API yang sangat panas
Bahwa JIN sebagian ada yang kafir dan sebagian ada yang mukmin
(Ini kesimpulan saya tentang JIN dari penjelasan yang anda berikan saudara Lauhmahfuz. Mohon koreksi atau tambahan jika kesimpulan saya itu kurang atau bahkan salah)

Sedangkan Syaithan (setan)
Bahwa Syaithan adalah makhluk yang kafir dari bangsa JIN atau Manusia? (Untuk yang ini saya masih kurang paham : jadi Setan bisa dari bangsa JIN dan Manusia?)
Bisakah lebih di perjelas mungkin dengan mencantumkan ayat2 Quran-nya jika ada atau hadiz.
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.
User avatar
kartun abiz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 305
Joined: Fri May 11, 2007 1:59 am

Postby santri gagal » Mon Jun 18, 2007 12:56 am

ikut tanya om!

Dan Kami telah menciptakan jin sebelum dari api yang sangat panas.(QS.Al-Hijr : 27)

dan Dia menciptakan jin dari nyala api.(QS.Ar-Rahman : 15 )

siapakah "kami" yg telah menciptakan jin?
jadi "jin sebelon api" atau "api sebelon jin"?


apakah kerjaan jin masih ada sampe saat ini atao hanya di jaman para nabi aja?
kalo skrg masih ada, tolong menta conto real (sebisa mungkin kasus yg spesifik jgn general) yg diklaim sbg hasil kerjaan jin, tanpa ada alternitf akibat kerjaan selaen jin.
User avatar
santri gagal
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 848
Joined: Sat Apr 21, 2007 2:36 am
Location: somewhere in time

Postby lauhmahfuz » Mon Jun 18, 2007 1:20 am

kartun abiz wrote:Sedangkan Syaithan (setan)
Bahwa Syaithan adalah makhluk yang kafir dari bangsa JIN atau Manusia? (Untuk yang ini saya masih kurang paham : jadi Setan bisa dari bangsa JIN dan Manusia?)
Bisakah lebih di perjelas mungkin dengan mencantumkan ayat2 Quran-nya jika ada atau hadiz.
Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih.


salam kenal juga kartun....

emmm....sebenarnya syaithan/setan itu kata sifat buat jin dan manusia yg berbuat jahat....cth:jin2 yg mengingkari ajaran allah itu setan...jin2 yg menghasut manusia u/ berbuat jahat itu disebut setan.....atau jg manusia berbuat jahat kadang kita suka mengatai org itu seperti"dasar setan" dan sebagainya....

ini ayat yg saya temukan:

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS.Al-Baqarah : 208 )

Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan manusia dan jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu . Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (QS.Al-Anam : 112)

Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia. (QS.An-Naas : 1-6 )

mungkin masih ada yg belom jelas?
User avatar
lauhmahfuz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 177
Joined: Wed Jun 13, 2007 1:33 pm
Location: masjidil haram

Postby lauhmahfuz » Mon Jun 18, 2007 1:37 am

santri gagal wrote:siapakah "kami" yg telah menciptakan jin?


kami disitu adalah allah...

santri gagal wrote:jadi "jin sebelon api" atau "api sebelon jin"?

sorry...itu ayat kepotong...lengkapnya seperti ini....

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (Al-Hijr: 26-27)
Karena jin lebih dulu ada, maka Allah Subhanahu wa Ta’ala mendahulukan penyebutannya daripada manusia ketika menjelaskan bahwa mereka diperintah untuk beribadah seperti halnya manusia.

santri gagal wrote:apakah kerjaan jin masih ada sampe saat ini atao hanya di jaman para nabi aja?


kerjaanjin masih ada jelas karena sebenarnya tugas jin dan manusia sama seperti ayat dibawah ini:

“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56)

jd sebenarnya mereka sama dgn manusia....cuma mereka tdk terlihat o/ kita....dan jin akan tetap ada sampai kiamat nanti...sama seperti kita....

santri gagal wrote:kalo skrg masih ada, tolong menta conto real (sebisa mungkin kasus yg spesifik jgn general) yg diklaim sbg hasil kerjaan jin, tanpa ada alternitf akibat kerjaan selaen jin.


emm...yg gampang aja...misalnya lo lg jln trus dijalan lo ketemu apa kuntil anak gtu...ya itu perbuatan mereka...cth lainnya, misalnya ada org disantet seperti didalam perutnya ada paku...padahal org itu tdk makan paku...ya itu contohnya yg gampang....

ada yg tidak jelas?
User avatar
lauhmahfuz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 177
Joined: Wed Jun 13, 2007 1:33 pm
Location: masjidil haram

Postby kartun abiz » Mon Jun 18, 2007 5:59 am

Ok sejauh ini saya mengerti penjelasan saudara Lauhmahfus.
Jadi kesimpulan yg bisa saya tarik :
Bahwa setan merupakan kata sifat dari hal2 yang mengingkari ajaran ALLAH. (atau dalam hal ini saya tekankan ajaran ISLAM)

Pertanyaan saya selanjutnya adalah :
Saya pernah membaca salah satu surah dalam Quran yang mengatakan IBLIS adalah dari golongan JIN.
Yang ingin saya tanyakan apakah IBLIS itu merujuk pada person/perorangan dari JIN; atau merujuk pada salah satu jenis JIN; atau merujuk pada salah satu suku dari JIN atau merujuk pada satu kelompok dari JIN atau bagaimana?
Mungkin anda yang sudah mempelajari Quran dengan lebih mendalam dapat membantu saya.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
User avatar
kartun abiz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 305
Joined: Fri May 11, 2007 1:59 am

Postby MONTIR KEPALA » Mon Jun 18, 2007 10:48 am

IBLIS itu moyangnya JIN
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby lauhmahfuz » Mon Jun 18, 2007 12:13 pm

kartun abiz wrote:Ok sejauh ini saya mengerti penjelasan saudara Lauhmahfus.
Jadi kesimpulan yg bisa saya tarik :
Bahwa setan merupakan kata sifat dari hal2 yang mengingkari ajaran ALLAH. (atau dalam hal ini saya tekankan ajaran ISLAM)

Pertanyaan saya selanjutnya adalah :
Saya pernah membaca salah satu surah dalam Quran yang mengatakan IBLIS adalah dari golongan JIN.
Yang ingin saya tanyakan apakah IBLIS itu merujuk pada person/perorangan dari JIN; atau merujuk pada salah satu jenis JIN; atau merujuk pada salah satu suku dari JIN atau merujuk pada satu kelompok dari JIN atau bagaimana?
Mungkin anda yang sudah mempelajari Quran dengan lebih mendalam dapat membantu saya.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.


OK!LANJOOT
mengenai iblis:
Dalam referensi Islam, Iblis merupakan makhluk yang berasal dari golongan Jin. Sejak penciptaan manusia Adam, iblis di suruh sujud kepadanya, namun iblis tidak mau sujud kepadanya, oleh karena itu, Iblis dipecat oleh Tuhan dari kelompok malaikat dan menjadi terkutuk. lalu Iblis dendam kepada manusia, keturunan Adam karena lantaran kehadiran Adam, obsesinya jadi makhluk nomor satu jadi buyar. Iblis juga disebut Setan dan seluruh jin dan manusia yang menjadi pengikutnya juga disebut Setan.

PENJELASAN LAINNYA:
Jadi iblis adalah nama seorang jin yang hidup di masa penciptaan Adam as dan tidak mati-mati sampai hari ini. Iblis adalah kakek moyang syetan yang juga punya keturunan, namun keturunannya itu tidak mendapatkan jaminan untuk hidup sampai kiamat. Dan sebagai bangsa jin, ada diantara keturunannya itu yang mati. Meksi barangkali usianya berbeda dengan rata-rata manusia. Tetapi tetap akan mati juga.Kecuali kakek moyang mereka yaitu Iblis.

ayat mengenai iblis:

Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud. (Al-A`raaf:11)

Aku tidak menghadirkan mereka (iblis dan anak cucunya) untuk menyaksikan penciptaan langit dan bumi dan tidak (pula) penciptaan diri mereka sendiri; dan tidaklah Aku mengambil orang-orang yang menyesatkan itu sebagai penolong. (Al-Kahfi:51)

klo kurang jelas silahkan tanya lg....
User avatar
lauhmahfuz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 177
Joined: Wed Jun 13, 2007 1:33 pm
Location: masjidil haram

Postby kartun abiz » Mon Jun 18, 2007 2:28 pm

OK makasih Lauhmahfus ; Jadi Iblis adalah nama seorang JIN yang hidup di jaman penciptaan. Iblis juga disebut setan, demikian pengikutnya dari golongan JIN dan MAnusia juga disebut SETAN. (sampai sejauh ini saya mengerti penjelasan anda)

- Tapi ada beberapa yang saya kurang paham yaitu pernyataan anda :
"Iblis merupakan makhluk yang berasal dari golongan Jin" dan "Iblis dipecat oleh Tuhan dari kelompok malaikat". (disini saya bingung masalah hubungan golongan JIN dengan kelompok Malaikat) -->> Jika saudara Lauhmahfus Bersedia saya sangat berterima kasih tapi seandainya tidak juga tidak apa2. Sebab paling tidak saya sudah mempunyai sedikit gambaran mengenai JIN dan IBLIS. Saya rasa hal itu sudah cukup.

Pertanyaan saya selanjutnya adalah :
1. Bagaimana pandangan ISLAM tentang REZEKI? Dan siapakah yang berhak atau berkuasa memberi rezeki pada kita?
2. Apakah mahluk lain (selain ALLAH) berhak atau berkuasa untuk memberi rezki?

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
User avatar
kartun abiz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 305
Joined: Fri May 11, 2007 1:59 am

Postby Scorpion » Mon Jun 18, 2007 2:47 pm

santri gagal wrote:
siapakah "kami" yg telah menciptakan jin?


kami disitu adalah allah...

-----------

Bukannya Allah itu esa? Oooh, Allah Islam lebih dari satu toh.
Scorpion
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 208
Joined: Tue Jan 16, 2007 8:37 pm

Postby lauhmahfuz » Mon Jun 18, 2007 4:19 pm

kartun abiz wrote:Tapi ada beberapa yang saya kurang paham yaitu pernyataan anda :
"Iblis merupakan makhluk yang berasal dari golongan Jin" dan "Iblis dipecat oleh Tuhan dari kelompok malaikat". (disini saya bingung masalah hubungan golongan JIN dengan kelompok Malaikat) -->> Jika saudara Lauhmahfus Bersedia saya sangat berterima kasih tapi seandainya tidak juga tidak apa2. Sebab paling tidak saya sudah mempunyai sedikit gambaran mengenai JIN dan IBLIS. Saya rasa hal itu sudah cukup.


oh...klo itu,begini ceritanya....jd pada zama sebelum nabi adam as. diciptakan dan sebelum malaikat jibril as. menjadi pemimpin para malaikat, iblis yg dri golongan jin lah ygt memimpin para malaikat....dan merekalah yg merawat bumi ini sebelom manusia yg merawatnya......tapi setelah nabi adam as. diciptakan dan iblis membangkang maka ia dan golongannya (jin) dilaknat oleh ALLAH dan dicopotlah jabatannya sebagai pemimpin malaikat...itu yg dimaksut dri kata2 "iblis dipecat oleh tuhan dari kelompok malaikat...."...maaf,tapi klo kurang percaya saya ada bukunya,tapi dipinjam teman...sedangkan saya lupa judul dan pengarang buku itu....ntar klo udah ada saya kasih referensinya......

kartun abiz wrote:Pertanyaan saya selanjutnya adalah :
1. Bagaimana pandangan ISLAM tentang REZEKI? Dan siapakah yang berhak atau berkuasa memberi rezeki pada kita?


dalam ajaran islam....hidup,mati,rezeki,dan jodoh ada ditangan tuhan....dan semua itu sudah di atur olehNya,sedangkan kita manusia itu hanya beusaha saja dalam meraihnya.....

kartun abiz wrote:2. Apakah mahluk lain (selain ALLAH) berhak atau berkuasa untuk memberi rezki?


sebenarnya mahluk lain itu hanyalah cobaan dr Allah saja buat manusia...seperti pesugihan,rzeki itu datangnya tetap dari Allah, tetapi melalui setan...itu yg desebut o/ islam rzeki yg tidak halal....sebenarnya Allah sudah menyiapkan rizki buat setiap orang...cuma tergantung manusia itu,apakah mau mendapatkannya dgn cara halal atau dgn cara haram.....

pakah masih ada yg belom jelas?
User avatar
lauhmahfuz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 177
Joined: Wed Jun 13, 2007 1:33 pm
Location: masjidil haram

Postby Borland » Mon Jun 18, 2007 5:15 pm

Kenapa dlm Islam Adam disebut Nabi?apa arti Nama Adam dalam Islam?
User avatar
Borland
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1533
Joined: Wed Nov 08, 2006 3:46 pm

Postby kartun abiz » Mon Jun 18, 2007 5:50 pm

Terima kasih saudara Lauhmahfus atas jawabannya.
Yang saya masih belum paham sehingga mengajukan pertanyaan masalah rezki adalah ayat dalam surat AL-Jin : 16. Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezki yang banyak).

Dalam ayat tersebut adalah Janji/pernyataan dari Golongan JIN untuk memberi minum air yang segar (rezki yang banyak) bagi mereka yang tetap berjalan lurus di agama Islam.

Mohon penjelasannya. Terima kasih.
User avatar
kartun abiz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 305
Joined: Fri May 11, 2007 1:59 am

Postby kartun abiz » Mon Jun 18, 2007 5:52 pm

Maaf tambahan jadi yang saya bingungkan adalah :
Apakah dalam hal ini JIN berhak dan berkuasa untuk menjanjikan Rezki kepada MANUSIA?
User avatar
kartun abiz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 305
Joined: Fri May 11, 2007 1:59 am

Postby MONTIR KEPALA » Mon Jun 18, 2007 8:12 pm

kalo elo bisa ngilang ...dan duit lo banyak .... lo bisikan manusia yg gak bisa liat lo ... heeeh kafir lah nanti aku kasih duit segepok ...

besoknya lo kafir dan dikasur lo ad segepok duit ...

bisa kan ?
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby sipengembara » Mon Jun 18, 2007 8:47 pm

para JIn cuma senyam senyum baca postingan di topik ini sambil ngomong "EMANG GUE PIKIRIN,GITU AJA KOK REPOT...RESE LU SEMUA "
:)
User avatar
sipengembara
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 72
Joined: Wed Jan 24, 2007 12:44 am
Location: nazareth

Postby Borland » Tue Jun 19, 2007 12:22 am

apakah dlm quran ada Jin Nasrani dan Jin Yahudi??soalnya dlm situs Islam Indonesia mengenai jogja Festival Penyembuhan....menurut org 2 Islam, org2 Nasrani menggunakan Jin Nasrani utk memurtadkan org muslim....
User avatar
Borland
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1533
Joined: Wed Nov 08, 2006 3:46 pm

Postby lauhmahfuz » Tue Jun 19, 2007 12:39 am

kartun abiz wrote:Maaf tambahan jadi yang saya bingungkan adalah :
Apakah dalam hal ini JIN berhak dan berkuasa untuk menjanjikan Rezki kepada MANUSIA?


ini adalah ayat al jin:
(72:1)

Katakanlah (hai Muhammad): "Telah diwahyukan kepadamu bahwasanya: telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Al Qur'an), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Qur'an yang mena'jubkan,

(72:2)

(yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seseorangpun dengan Tuhan kami,

(72:3)

dan bahwasanya Maha Tinggi kebesaran Tuhan kami, Dia tidak beristeri dan tidak (pula) beranak.

(72:4)

Dan bahwasanya: orang yang kurang akal daripada kami selalu mengatakan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah [1523],

(72:5)

dan sesungguhnya kami mengira, bahwa manusia dan jin sekali-kali tidak akan mengatakan perkataan yang dusta terhadap Allah.

(72:6)

Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan [1524] kepada beberapa laki-laki di antara jin, maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.

(72:7)

Dan sesungguhnya mereka (jin) menyangka sebagaimana persangkaan kamu (orang-orang kafir Mekah), bahwa Allah sekali-kali tidak akan membangkitkan seorang (rasul)pun,

(72:8

dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api,

(72:9)

dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang [1525] barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya).

(72:10)

Dan sesungguhnya kami tidak mengetahui (dengan adanya penjagaan itu) apakah keburukan yang dikehendaki bagi orang yang di bumi ataukah Tuhan mereka menghendaki kebaikan bagi mereka.

(72:11)

Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda.

(72:12)

Dan sesungguhnya kami mengetahui bahwa kami sekali-kali tidak akan dapat melepaskan diri (dari kekuasaan) Allah di muka bumi dan sekali-kali tidak (pula) dapat melepaskan diri (daripada)Nya dengan lari.

(72:13)

Dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk (Al Qur'an), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kesalahan.

(72:14)

Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang ta'at dan ada (pula) orang-orang yang menyimpang dari kebenaran. Barangsiapa yang yang ta'at, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus.

(72:15)

Adapun orang-orang yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu api bagi neraka Jahannam.

(72:16)

Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezki yang banyak).

(72:17)

Untuk Kami beri cobaan kepada mereka padanya. Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatan Tuhannya, niscaya akan dimasukkan-Nya ke dalam azab yang amat berat.

(72:18

Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.

(72:19)

Dan bahwasanya tatkala hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadat), hampir saja jin-jin itu desak mendesak mengerumuninya.


ini adalah isi pokok dri surat al-jin itu.....:
Pengetahuan tentang jin diperoleh Nabi Muhammad s.a.w. dengan jalan wahyu; pernyataan iman segolongan jin kepada Allah; jin ada yang mu'min ada pula yang kafir; janji Allah kepada jin dan manusia untuk melimpahkan rezki-Nya kalau mereka mengikuti jalan yang lurus; janji perlindungan Allah terhadap Nabi Muhammad s.a.w. dan wahyu yang dibawanya.

pertama...tentang janji itu bukan janji para jin tapi janjinya Allah kepada jin dan manusia...klo bisa tolong dibaca dengan seksama surat al jin itu....tlg jangan dipahami sepotong2......terimakasih

kedua.....jin tidak berhak dan berkuasa dalam memberi rezeki pada manusia...mereka hanyalah cobaan bagi manusia.....

mungkin masih ada yg blom jelas?
User avatar
lauhmahfuz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 177
Joined: Wed Jun 13, 2007 1:33 pm
Location: masjidil haram

Postby lauhmahfuz » Tue Jun 19, 2007 12:54 am

Borland wrote:apakah dlm quran ada Jin Nasrani dan Jin Yahudi??soalnya dlm situs Islam Indonesia mengenai jogja Festival Penyembuhan....menurut org 2 Islam, org2 Nasrani menggunakan Jin Nasrani utk memurtadkan org muslim....


klo di Qur'an sih ga bilang itu jin nasrani atau jin yahudi....di situ cuma disebutkan secara umumnya saja yaitu jin kafir....dan klo masalah jogja festifal itu mereka hanya lebih spesifik saja menyebutkannya......
User avatar
lauhmahfuz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 177
Joined: Wed Jun 13, 2007 1:33 pm
Location: masjidil haram

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users