. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Ttg shahadat, solat, zakat, puasa, haji, termasuk ttg KABAH, Hajar Aswad, Zamzam dan segala ritual spt Isra-Miraj, Idul Fitri dsb

pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby tongtong » Tue Apr 10, 2007 10:36 am

apakah arti puasa bagi dunia islam?
bagaimana menentukan sah tidaknya puasa?
bisakah muslim yang merasa ahli menegnai masalah puasa ini menjelaskan dengan baik?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby tongtong » Tue Apr 10, 2007 11:08 am

bagaimana cara menghitung awal dan akhir puasa?

ada yang tahu ga?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Re: pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby Kane » Tue Apr 10, 2007 2:33 pm

tongtong wrote:apakah arti puasa bagi dunia islam?
bagaimana menentukan sah tidaknya puasa?
bisakah muslim yang merasa ahli menegnai masalah puasa ini menjelaskan dengan baik?


Saya bukan muslim ahli, tapi insyaAllah bisa sedikit membantu anda.

Puasa dalam islam berarti menahan nafsu, nafsu makan dan minum, menjaga perbuatan dan pikiran. Pengertian lain mensucikan diri dari segala bentuk perbuatan buruk.

Sah tidak nya puasa dtentukan syariat, seperti sahur dan buka puasa serta tidak melanggar larangannya. Namun sah tidak nya puasa yg sebaik2nya menentukan adalah Allah, manusia hanya menjalankan saja.
User avatar
Kane
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Re: pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby tongtong » Tue Apr 10, 2007 2:36 pm

kalau menentukan awal dan akhir puasa itu gimana caranya?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Re: pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby Kane » Tue Apr 10, 2007 2:47 pm

Awal dan akhirnya?, maksud anda selama sebulan?

Didalam Al Qur'an tidak dijelaskan batas waktunya, penentuan awal dan akhir puasa diikuti berdasarkan syariat yg ada, itu juga muhammadyah ama nu pada ribut :lol: heuheuheu...dasar muslim, sukanya ngeributin hal2 sepele...
User avatar
Kane
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Re: pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby tongtong » Tue Apr 10, 2007 2:59 pm

nah itu yang saya sangat2 pengen tahu...

apa ada yang lain yang tahu hal ini?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby Kane » Tue Apr 10, 2007 3:10 pm

Ow, berarti memang maksud anda bukan awal dan akhir prharinya yah?, melainkan perbulannya?, setahu saya ditentukan dari bentuk bulan dan penanggalan dari kalender islam, mungkin netter muslim lain bisa lebih menjelaskan...
User avatar
Kane
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Postby tongtong » Tue Apr 10, 2007 3:15 pm

netter muslim lain gak ada yang berani menjawab tuh, mereka takut terjebak oleh jawaban mereka sendiri.

bener gitu ditentukan oleh bulan?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby Kane » Tue Apr 10, 2007 3:20 pm

tongtong wrote:bener gitu ditentukan oleh bulan?


Jangan...jangan anggap itu jawaban pasti dulu mas, saya mengharapkan ada netter muslim lain yg memberikan tanggapan, karena memang penanggalan islam sendiri puasa jatuh pada bulan ramadhan berdasarkan penanggalan islam.

Nah kan kita sering denger tuh ribut2 perbedaan idul fitri antara NU dengan muhammadiyah yg dilihat dari bulan, begitu mas...
User avatar
Kane
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Postby murtad mama » Tue Apr 10, 2007 7:57 pm

gw tambahin nie tongtong biar mata elo belalakan liat bagaimana si BUTA HURUF DARI GUA HIRA COPY PASTE DARI JAHUDI

Volumn 003, Book 031, Hadith Number 223.
-----------------------------------------
Narated By Abu Musa : The day of 'Ashura' was considered as 'Id day by the Jews. So the Prophet ordered, "I recommend you (Muslims) to fast on this day."
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Re: pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby Phoenix » Wed Apr 11, 2007 6:36 am

Kane wrote:Saya bukan muslim ahli, tapi insyaAllah bisa sedikit membantu anda.

Puasa dalam islam berarti menahan nafsu, nafsu makan dan minum, menjaga perbuatan dan pikiran. Pengertian lain mensucikan diri dari segala bentuk perbuatan buruk.

Sah tidak nya puasa dtentukan syariat, seperti sahur dan buka puasa serta tidak melanggar larangannya. Namun sah tidak nya puasa yg sebaik2nya menentukan adalah Allah, manusia hanya menjalankan saja.


Kalau puasa abis, boleh ngumbar nafsu lagi ya?
Phoenix
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Re: pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby Kane » Wed Apr 11, 2007 8:47 am

Justru dengan puasa kita perlahan2 diajarkan untuk menahan nafsu, tapi kebanyakan puasa cuma dijadiin formalitas doang, sehabis selesai puasa ribut lagi, kalo kita berpikir hanya pada puasa menahan nafsu berarti belom belajar islam sepenuhnya...begitu...
User avatar
Kane
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Postby tongtong » Wed Apr 11, 2007 10:19 am

noor_al_maseeh wrote: gw tambahin nie tongtong biar mata elo belalakan liat bagaimana si BUTA HURUF DARI GUA HIRA COPY PASTE DARI JAHUDI

Volumn 003, Book 031, Hadith Number 223.
-----------------------------------------
Narated By Abu Musa : The day of 'Ashura' was considered as 'Id day by the Jews. So the Prophet ordered, "I recommend you (Muslims) to fast on this day."


kalau soal jiplak menjiplak saya udah tahu, yang menjadi masalah buat saya, tiap tahun kok berantem untuk menentukan awal puasa, nah sebenarnya yang bener itu gimana caranya? apa ga bisa diseragamkan pikirannya?

lagian nentuin soal puasa aja ribut terus, bagaiaman mayoritas muslim bisa maju?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby Kane » Wed Apr 11, 2007 1:30 pm

Kalo tiap tahun ribut terus karena masalah waktu puasa, itu tandanya belom mengenal islam... :lol:
User avatar
Kane
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Postby hyuricane » Wed Apr 11, 2007 1:55 pm

awal dan akhir waktu puasa dalam bulan ramadhan ditentukan dari pemantauan munculnya bulan mati. selama ini ribut ya karena hal tersebut tidak bisa dipantau karena mendung atau sebagainya.
Rasul mengatakan kalau bulannya ga keliatan ya genapin aja ampe 30 hari. yang puasa ampe 29 hari itu biasanya mengikuti pekiraan kalender bulan.
jadi ya dua duanya boleh
hyuricane
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 28
Joined: Sun Apr 08, 2007 8:43 pm
Location: bandung

Postby Phoenix » Wed Apr 11, 2007 2:01 pm

Jadi kalau gitu muhamadyah ama Nu itu belum mengenal islam yah?
Phoenix
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Postby Kane » Wed Apr 11, 2007 2:02 pm

Mereka kenal islam, tapi mereka pura2 tidak kenal...
User avatar
Kane
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1619
Joined: Thu Jul 27, 2006 2:48 pm
Location: Bandung, Indonesia

Postby tongtong » Wed Apr 11, 2007 3:11 pm

hyuricane wrote:awal dan akhir waktu puasa dalam bulan ramadhan ditentukan dari pemantauan munculnya bulan mati. selama ini ribut ya karena hal tersebut tidak bisa dipantau karena mendung atau sebagainya.
Rasul mengatakan kalau bulannya ga keliatan ya genapin aja ampe 30 hari. yang puasa ampe 29 hari itu biasanya mengikuti pekiraan kalender bulan.
jadi ya dua duanya boleh


aku pernah denger uztadz di deket rumahku kotbah, katanya kalau awal atau akhir puasanya ga sesuai dengan terbitnya bulan maka puasanya dianggap ga sah.
betul ga sih?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Re: pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby abdann » Wed Apr 11, 2007 4:46 pm

tongtong wrote:apakah arti puasa bagi dunia islam?
bagaimana menentukan sah tidaknya puasa?
bisakah muslim yang merasa ahli menegnai masalah puasa ini menjelaskan dengan baik?


Kok topik ini sama dg yg ini http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... hp?t=12441. Apa emang lagi pada linglung?
abdann
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 937
Joined: Fri Sep 08, 2006 2:08 pm

Re: pertanyaan sederhana : tentang puasa di dunia islam

Postby tongtong » Wed Apr 11, 2007 5:05 pm

wah beda banget mas, yang satu tentang urusan rembulan, yang satunya lagi tentang urusan matahari.

ga nangkep ya?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Next

Return to Ttg Kelima RUKUN Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users