. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Perbedaan Antara Alkitab, Hikmah, Taurat, dan Injil

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Perbedaan Antara Alkitab, Hikmah, Taurat, dan Injil

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 5:04 pm

    QS 3:47
    Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun." Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah dia.

    QS 3:48
    Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.


    Menurut tafsir Al Jalalain, Ibnu Katsir, dan Al Qurthubi:
    Kata Al Kitab di atas adalah:
    Alkitab disini ada yang menafsirkan dengan pelajaran menulis, dan ada pula yang menafsirkan dengan kitab-kitab yang diturunkan allah swt sebelumnya selain Taurat dan Injil.


- Kepada siapakah allah akan mengajarkan dalam kalimat "mengajarkan kepadanya" di atas ? muhammad kah ? atau Isa ? atau Musa ???

- Mohon penjelasan dari rekan-rekan muslim untuk memberikan PERBEDAAN Antara Alkitab, Hikmah, Taurat, dan Injil yang dimaksud dalam QS 3:48 di atas.


Terimas kasih atas kesediaannya.
Last edited by AkuAdalahAing on Fri Jul 18, 2008 5:36 pm, edited 4 times in total.
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 5:31 pm

Jawaban netter Creature (0813-3000-xxxx) via sms 16 july 2008 17:16:19

Alkitab = Injil, kitab yg diturunkan pada Isa AS unt org Nasrani.

Taurat = Kitab Musa untuk Yahudi.

Hikmat ? Kristn srg sbut, but i don't know.

3:47, Gua gak ada alquran terjemahan.
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 5:44 pm

AkuAdalahAing wrote:Jawaban netter Creature (0813-3000-xxxx) via sms 16 july 2008 17:16:19

Alkitab = Injil, kitab yg diturunkan pada Isa AS unt org Nasrani.

Taurat = Kitab Musa untuk Yahudi.

Hikmat ? Kristn srg sbut, but i don't know.

3:47, Gua gak ada alquran terjemahan.


Untuk netter lain yang ingin mencoba memecahkan teka-teki ini, mohon perhatikan dengan seksama yan warna merah:
    QS 3:48
    Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.
Last edited by AkuAdalahAing on Wed Jul 16, 2008 6:10 pm, edited 1 time in total.
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby madison » Wed Jul 16, 2008 5:51 pm

menurut ane : kepada Isa.
menurut jajang : kepada Maryam.
User avatar
madison
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2393
Joined: Tue Sep 25, 2007 6:01 pm
Location: pentagon

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 6:06 pm

Berdasarkan tafsir dari software alquran yang saya pakai seperti apa yang saya sebut dalam Referensiku
    Kata ALKITAB dalam ayat 3:48 di atas ditafsirkan sbb:
    Alkitab disini ada yang menafsirkan dengan pelajaran menulis, dan ada pula yang menafsirkan dengan kitab-kitab yang diturunkan allah swt sebelumnya selain Taurat dan Injil.




Pendapat saya atas tafsir di atas:
- Kata "AlKitab" ditafsirkan sebagai pelajaran menulis agak janggal.
- Kata "AlKitab" ditafsirkan sebagai Kitab sebelum Taurat ini yang menarik, apakah nama kitab sebelum Taurat yang pernah diturunkan allah swt ???

MOHON PENCERAHAN REKAN MUSLIM SEKALIAN.

Terima kasih.
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 6:18 pm

madison wrote:menurut ane : kepada Isa.
menurut jajang : kepada Maryam.


Penafsiran saya pribadi juga sama kamu madison, kalimat/kata "kepadanya" merujuk pada Isa.
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 7:01 pm

Apakah threadku ini berbau FITNAH ??? :sad::sad::sad:


TIDAK ADAKAH SEORANG MUSLIMPUN YANG MAU MEMBERI SECERCAH HARAPAN BAGIKU TUK MENGERTI alquran ???
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 8:04 pm

AkuAdalahAing wrote:Apakah threadku ini berbau FITNAH ??? :sad::sad::sad:


TIDAK ADAKAH SEORANG MUSLIMPUN YANG MAU MEMBERI SECERCAH HARAPAN BAGIKU TUK MENGERTI alquran ???


ataukah andapun BINGUNG juga akan alquran anda ??? :sad::sad::sad:
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 9:56 pm

AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:Apakah threadku ini berbau FITNAH ??? :sad::sad::sad:


TIDAK ADAKAH SEORANG MUSLIMPUN YANG MAU MEMBERI SECERCAH HARAPAN BAGIKU TUK MENGERTI alquran ???


ataukah andapun BINGUNG juga akan alquran anda ??? :sad::sad::sad:

Apakah allah swt yang BINGUNG ???
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby OLLOH » Wed Jul 16, 2008 10:07 pm

Mana nih sikompas yg "jago" ngebahas Alkitab itu, lg jualan es puter kan??
OLLOH
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 470
Joined: Fri Apr 04, 2008 9:51 am

Postby AkuAdalahAing » Wed Jul 16, 2008 11:29 pm

OLLOH wrote:Mana nih sikompas yg "jago" ngebahas Alkitab itu, lg jualan es puter kan??

Dugaanku benar !!! ternyata OLLOH BINGUNG JUGA !!!
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Thu Jul 17, 2008 12:26 am

Gua bisa-bisa monolog di thread ini :sad::sad::sad:
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Thu Jul 17, 2008 1:26 am

AkuAdalahAing wrote:Gua bisa-bisa monolog di thread ini :sad::sad::sad:


Hi AAA,

Apa khabar ???
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Thu Jul 17, 2008 1:27 am

AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:Gua bisa-bisa monolog di thread ini :sad::sad::sad:


Hi AAA,

Apa khabar ???


Baik... lu gimana ???
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby AkuAdalahAing » Thu Jul 17, 2008 1:28 am

AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:Gua bisa-bisa monolog di thread ini :sad::sad::sad:


Hi AAA,

Apa khabar ???


Baik... lu gimana ???


Ya baik juga atuh !!! BELEGUG SIAH !!! :D:D:D
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby OLLOH » Thu Jul 17, 2008 9:12 am

AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:Gua bisa-bisa monolog di thread ini :sad::sad::sad:


Hi AAA,

Apa khabar ???


Baik... lu gimana ???


Ya baik juga atuh !!! BELEGUG SIAH !!! :D:D:D


OLLOH bersabda "udah triple a gak usah byk nanya ntar gw kirim anak buah gw yg special potong leher kapir lhooo!!!!!!!pertanyaan susah gitu lo tanyain, emang gw ini sumber ilmu pengetahuan????
OLLOH
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 470
Joined: Fri Apr 04, 2008 9:51 am

Postby AkuAdalahAing » Thu Jul 17, 2008 11:49 pm

    Setelah berjuang keras untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan, akhirnya saya mendapat "PENCERAHAN" via chatting di nimbuzz !!!

    izroil nimbuzz:
    alkitab = pelajaran menulis, ada yang menafsirkan = dengan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya selain taurat n injil

    faithfreedom itu rum nimbuzz atau internet ?


    AAA:
    Sudah saya jawab begitu om, tapi malah diketawain ama mereka. Belajar menulis koq = alkitab ??? Terus mereka tanya kitab apa sebelum taurat ?, saya jawab zabur mereka makin ngakak om :sad::sad::sad:

    Internet om, catat ya indonesia.faithfreedom.org, kalau om udah reg PM saya ya di akuadalahaing.


    izroil nimbuzz:
    Jawab aja gini !
    ya isa anak maryam, adakah engkau katakan kpd manusia. Ambilah aku dan ibuku sebagai tuhan selain allah. Berkata yesus maha suci engkau. tidak pantas aku mengatakan yang bukan haqku. Q7:116

    (lho koq OOT ???)

    AAA:
    Sayang di sana ada selain kresten om


    izroil nimbuzz:
    Kristen kalah dengan tauhid !

    Masak tuhan bisa mati.

    Kalau ortu kita mati susah kan.
    Apalagi tuhan mati.

    Aku memang suka debat dengan salib.

    (HIDUP OOT !!!)

    AAA:
    Debatnya di mana om ???


    izroil nimbuzz:
    ya secara langsung.

    udah mengislamkan 4 orang.

    (beneran apa taqiya ??? jawab pertanyaan di atas aja OOT :sad::sad::sad:)

    AAA:
    Diforum terbuka atau tertutup om ? dikota mana ? saya di tangerang, pengen liat nih.


    izroil nimbuzz:

    (went offline)

    AAA:

    (Post ke FFI :D:D:D)
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby free mind » Fri Jul 18, 2008 12:17 am

AkuAdalahAing wrote:

QS 3:47
Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun." Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah dia.

QS 3:48
Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.


- Kepada siapakah allah akan mengajarkan dalam kalimat "mengajarkan kepadanya" di atas ? muhammad kah ? atau Isa ? atau Musa ???

- Mohon penjelasan dari rekan-rekan muslim untuk memberikan PERBEDAAN Antara Alkitab, Hikmah, Taurat, dan Injil yang dimaksud dalam QS 3:48 di atas.


Terimas kasih atas kesediaannya.



sekedar menambahkan pak aing,

konteks yang utuhnya seperti ini:

idz qaalati imra-atu 'imraana rabbi innii nadzartu laka maa fii bathnii muharraran fataqabbal minnii innaka anta alssamii'u al'aliimu

[3:35] (Ingatlah), ketika isteri 'Imran berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

[3:36] Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk."

fataqabbalahaa rabbuhaa biqabuulin hasanin wa-anbatahaa nabaatan hasanan wakaffalahaa zakariyyaa kullamaa dakhala 'alayhaa zakariyyaa almihraaba wajada 'indahaa rizqan qaala yaa maryamu annaa laki haadzaa qaalat huwa min 'indi allaahi inna allaaha yarzuqu man yasyaau bighayri hisaabin

[3:37] Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.

hunaalika da'aa zakariyyaa rabbahu qaala rabbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thayyibatan innaka samii'u alddu'aa/-i

[3:38] Di sanalah Zakariya mendo'a kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do'a".

fanaadat-hu almalaa-ikatu wahuwa qaa-imun yushallii fii almihraabi anna allaaha yubasysyiruka biyahyaa mushaddiqan bikalimatin mina allaahi wasayyidan wahashuuran wanabiyyan mina alshshaalihiina

[3:39] Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): "Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat193 (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh".

qaala rabbi annaa yakuunu lii ghulaamun waqad balaghaniya alkibaru waimra-atii 'aaqirun qaala kadzaalika allaahu yaf'alu maa yasyaa/u

[3:40] Zakariya berkata: "Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan isteriku pun seorang yang mandul?". Berfirman Allah: "Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya".

qaala rabbi ij'al lii aayatan qaala aayatuka allaa tukallima alnnaasa tsalaatsata ayyaamin illaa ramzan waudzkur rabbaka katsiiran wasabbih bial'asyiyyi waal-ibkaari

[3:41] Berkata Zakariya: "Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung)". Allah berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari".

wa-idz qaalati almalaa-ikatu yaa maryamu inna allaaha isthafaaki wathahharaki waisthafaaki 'alaa nisaa-i al'aalamiina

[3:42] Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).

yaa maryamu uqnutii lirabbiki wausjudii wairka'ii ma'a alrraaki'iina

[3:43] Hai Maryam, ta'atlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku'lah bersama orang-orang yang ruku'194.

dzaalika min anbaa-i alghaybi nuuhiihi ilayka wamaa kunta ladayhim idz yulquuna aqlaamahum ayyuhum yakfulu maryama wamaa kunta ladayhim idz yakhtashimuuna

[3:44] Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita ghaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.

idz qaalati almalaa-ikatu yaa maryamu inna allaaha yubasysyiruki bikalimatin minhu ismuhu almasiihu 'iisaa ibnu maryama wajiihan fii alddunyaa waal-aakhirati wamina almuqarrabiina

[3:45] (Ingatlah), ketika Malaikat berkata: "Hai Maryam, seungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan) dengan kalimat195 (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih 'Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah),

wayukallimu alnnaasa fii almahdi wakahlan wamina alshshaalihiina

[3:46] dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa dan dia adalah termasuk orang-orang yang saleh."

qaalat rabbi annaa yakuunu lii waladun walam yamsasnii basyarun qaala kadzaaliki allaahu yakhluqu maa yasyaau idzaa qadaa amran fa-innamaa yaquulu lahu kun fayakuunu

[3:47] Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun." Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah dia.

wayu'allimuhu alkitaaba waalhikmata waalttawraata waal-injiila

[3:48] Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab196, Hikmah, Taurat dan Injil.

warasuulan ilaa banii israa-iila annii qad ji/tukum bi-aayatin min rabbikum annii akhluqu lakum mina alththhiini kahay-ati alththhayri fa-anfukhu fiihi fayakuunu thayran bi-idzni allaahi waubri-u al-akmaha waal-abrasha wauhyii almawtaa bi-idzni allaahi wa-unabbi-ukum bimaa ta/kuluuna wamaa taddakhiruuna fii buyuutikum inna fii dzaalika laaayatan lakum in kuntum mu/miniina

[3:49] Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israil (yang berkata kepada mereka): "Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa sesuatu tanda (mu'jizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah berbentuk burung; kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah; dan aku menyembuhkan orang yang buta sejak dari lahirnya dan orang yang berpenyakit sopak; dan aku menghidupkan orang mati dengan seizin Allah; dan aku kabarkan kepadamu apa yang kamu makan dan apa yang kamu simpan di rumahmu. Sesungguhnya pada yang demikian itu adalah suatu tanda (kebenaran kerasulanku) bagimu, jika kamu sungguh-sungguh beriman.


wamushaddiqan limaa bayna yadayya mina alttawraati wali-uhilla lakum ba'dha alladzii hurrima 'alaykum waji/tukum bi-aayatin min rabbikum faittaquu allaaha wa-athii'uuni

[3:50] Dan (aku datang kepadamu) membenarkan Taurat yang datang sebelumku, dan untuk menghalalkan bagimu sebagian yang telah diharamkan untukmu, dan aku datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mu'jizat) daripada Tuhanmu. Karena itu bertakwalah kepada Allah dan ta'atlah kepadaku.

inna allaaha rabbii warabbukum fau'buduuhu haadzaa shiraathun mustaqiimun

[3:51] Sesungguhnya Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, karena itu sembahlah Dia. Inilah jalan yang lurus".


Dari ayat-ayat diatas dapat disimpulkan "mengajarkan kepadanya" adalah kepada Isa dengan alasan sbb:
1.ayat-ayat diatas mengisahkan tentang zakaria (ayah maryam) dan cerita seputar kelahiran isa.
2.pada ayat 49 diterangkan bahwa Isa sebagai rosul bangsa Israel. ayat 49-51 menerangkan perkataan Isa kepada kaumnya.

Jadi sudah jelas kalau ayat-ayat itu berbicara tentang Isa dan bukan mengacu pada orang lain.


wayu'allimuhu alkitaaba waalhikmata waalttawraata waal-injiila

[3:48] Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab196, Hikmah, Taurat dan Injil.
Ada dhamir hu yang mengacu pada kata ganti orang ketiga tunggal (cowok) dan bukan hiya ,jadi tidak merujuk kepada maryam.

untuk poin no 2 silahkn rekan2 muslim memberikan tanggapan.
thanks.
User avatar
free mind
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 166
Joined: Mon Jun 30, 2008 8:07 pm
Location: dihati yang damai

Postby AkuAdalahAing » Fri Jul 18, 2008 12:19 am

AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:
AkuAdalahAing wrote:Apakah threadku ini berbau FITNAH ??? :sad::sad::sad:


TIDAK ADAKAH SEORANG MUSLIMPUN YANG MAU MEMBERI SECERCAH HARAPAN BAGIKU TUK MENGERTI alquran ???


ataukah andapun BINGUNG juga akan alquran anda ??? :sad::sad::sad:

Apakah allah swt yang BINGUNG ???


yang PASTI !!! muhammad saw YANG PALING BINGUNG waktu NGARANG alquran !!! :D
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Re: Perbedaan Antara Alkitab, Hikmah, Taurat, dan Injil

Postby kompas » Fri Jul 18, 2008 12:24 am

AkuAdalahAing wrote:
    QS 3:47
    Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun." Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah dia.

    QS 3:48
    Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab, Hikmah, Taurat dan Injil.

- Kepada siapakah allah akan mengajarkan dalam kalimat "mengajarkan kepadanya" di atas ? muhammad kah ? atau Isa ? atau Musa ???

- Mohon penjelasan dari rekan-rekan muslim untuk memberikan PERBEDAAN Antara Alkitab, Hikmah, Taurat, dan Injil yang dimaksud dalam QS 3:48 di atas.

Terimas kasih atas kesediaannya.


Hallo…ketemu lagi ya……:lol:

Saya akan bantu kamu untuk menjelaskan.

Allah akan mengajarkan kepada Nabi Isa.AS :

Al Kitab, yaitu membaca dan menulis.
Hikmah, yaitu kemampuan untuk memahami dan melaksanakan sesuatu yang benar, sesuai, wajar dan tepat.
Taurat, yaitu wahyu Allah yang diberikan kepada Nabi Musa.AS
Injil yaitu wahyu Allah yang diberikan kepada Nabi Isa.AS

:wink:

.
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users