. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Perbandingan Islam vs Kristen

Benturan dan bentrokan antara Islam dengan agama-agama dan peradaban lain di seluruh penjuru dunia.

Perbandingan Islam vs Kristen

Postby fredo » Thu Sep 02, 2010 11:53 pm

Mengukur keyakinan orang lain berdasarkan sudut pandang agama sendiri, jelas-jelas sumber kesalahpahaman besar. Hasilnya, bukan ilmu perbandingan agama yang ilmiah, tetapi "ilmu" pertandingan agama yang membenci dan memaki-maki. Suatu studi perbandingan agama yang jujur, antara lain dirintis oleh Prof. Dr. Mukti Ali, mantan Menteri Agama RI.

Dalam kaitan dengan tema keilahian Yesus, Mukti Ali menekankan bahwa meskipun Islam menolak tafsiran Kristen mengenai kekekalan Firman Allah yang dikaitkan dengan Yesus, tetapi pada saat yang sama Islam juga mempercayai kekekalan Kalam Allah yang dikaitkan dengan Al-Qur’an.

Jadi, bukan memaksakan sudut pandang teologis Islam mengenai kenabian Muhammad yang menerima wahyu Tuhan (al-Qur’an) melalui malaikat Jibril, dan menerapkannya untuk Yesus. Sebaliknya, ditekankan bahwa keyakinan Kristen mengenai Firman Allah yang menjadi manusia, justru paralel dengan keyakinan Islam mengenai Kalam Allah yang kekal yang turun menjadi al-Qur’an atau nuzul al-Qur’an (H.A. Mukti Ali, "Hubungan Antar Agama dan Masalah-masalahnya," Jakarta, 1991, hlm.128)

Umat Islam yang mungkin agak sulit mengerti ajaran Kristen mengenai kodrat ganda Yesus: yang sepenuhnya insani, sekaligus sepenuhnya ilahi sebagai Firman Allah, dapat membandingkannya dengan ajaran Islam sendiri mengenai nuzul al-Qur’an. Patut dicatat pula, sebenarnya sejarah ilmu Kalam dalam Islam sendiri juga tidak terlalu jauh berbeda. Perbedaannya, kerumitan pergumulan Ilmu Kalam itu tidak sampai menyentuh kepada umat Islam. Umat biasanya cukup mengetahui syahadatain (dua kalimah syahadat), bahwa Tidak ada Ilah selain Allah dan Muhammad adalah Rasul-Nya. Sedangkan mengenai tauhid, biasanya umat menghafalkan 20 sifat dan 99 nama-nama Allah (asma’al-husna), tidak sampai membahas bagaimana hubungan Dzat dan sifat-sifat-Nya. Mengapa Al-Qur’an dikatakan "bukan makhluk", dan soal-soal Ilmu Kalam yang juga tidak kalah rumitnya dengan Iman Kristen.

Dalam hal ini, kita dapat berdialog yang jujur dan penuh respek terhadap perbedaan dari Seyyed Husein Nasr, teolog Muslim dan ahli ilmu agama-agama. Dalam bukunya Ideals and Realities of Islam (Cairo, 1989), Nasr menyejajarkan posisi Yesus dalam Iman Kristen dengan al-Qur’an dalam Islam, dan bukan Yesus dengan Muhammad. Karena dalam Islam, Muhammad sekedar penerima Firman Allah, padahal dalam Kristen Firman-Nya adalah Kristus itu sendiri. Sebaliknya, posisi Muhammad sejajar dengan Maria, karena kedua-duanya adalah sarana turunnya Firman kedunia menurut keyakinan masing-masing.

Secara teologis, keperawanan Maria juga parallel dengan kebutahurufan Muhammad (Nabial-Ummi). Karena fakta bahwa Maria tetap perawan dan Muhammad buta huruf, menegaskan kemurnian Firman Allah, tanpa intervensi dari manusia. Dan sudut pandang ini, dalam Kristen tidak ada keyakinan bahwa Injil adalah sebuah kitab yang turun dari langit, seperti keyakinan Islam mengenai al-Qur’an.

Iman Kristen meyakini, Firman Allah itu telah menjadi manusia (Yoh.1:14), yaitu Yesus Kristus, Sang Manusia Mulia, bukan kitab Injil. Jadi dalam Islam kedudukan Muhammad, sang penerima wahyu, sudah barang tentu di bawah al-Qur'an sebagai Wahyu Allah. Sebaliknya, menurut ajaran Kristen, Kitab Injil "telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya" (Yoh.20:30). Jadi, kedudukan kitab tertulis itu di bawah Yesus, Firman Allah yang hidup.

Mengukur dari sudut pandang Islam, mungkin orang akan mengejek: "Kalau Yesus itu Allah, bagaimana mungkin Dia merasakan sakit, menderita, bahkan mati di kayu salib?" "Cobalah bandingkan," kata orang Kristen berapologi, "Apa bedanya dengan Ilmu Kalam, yang pada satu pihak meyakini bahwa al-Qur’an sebagai Kalam al-nafsi, yaitu "firman yang 'azali (terdahulu) dan qadim (tanpa permulaan), yang selalu berdini dengan Dzat-Nya sekaligus sebagai Kalam lafdzi (sabda temporal), yaitu al-Qur’an yang dalam ruang dan waktu diturunkan dalam bahasa dan aksara Arab.

Jadi, apabila Iman Kristen percaya kepada satu Kristus yang dalam ruang dan waktu dilahirkan oleh Perawan Maryam, dan pada saat yang sama satu dengan Allah dalam Dzat-Nya sebagai Firman Allah yang 'azali dan qadim, pandangan kaum Suni Islam mengenai al-Qur’an tidak jauh berbeda.

Imam al-Ghazali (wafat 1111 M) dalam bukunya Qawâ’id al-‘Aqâid, menekankan "bahwa al-Qur’an yang dibaca melalui lidah, tertulis dalam lembaran-lembaran, serta bisa dihafalkan itu, bersamaan dengan itu sebenarnya qadim dan qaimah dalam Dzat Allah, tidak menerima penceraian, perpisahan baik melalui perpindahan ke hati maupun ke lembaran" (wa’an al-qur’ana muqru’un bi al-sinati maktubun fi al-mashâhifi mahfudhun fi al-qulubi, wa annahu ma’a dzalika qadimun qâ’imun bi dzâtillahi ta’ala, lá yaqbalu al-infishála wa al-intiqáli ila al-qulubi wa al-awraq).

Sebagaimana umat Islam memahami Firman Allah yang kekal telah nuzul dalam bentuk temporalnya al-Qur’an berbahasa Arab, dari kacamata dialog teologis Kristen-Islam, umat Kristen juga dapat mengajukan paralelnya: "Kalau Firman Allah bisa dipahami telah nuzul menjadi Kitab, apa sulitnya memahami keyakinan Kristen bahwa Firman itu menjadi Manusia, yang adalah mahkota segala ciptaan Allah?"

Puncak pergulatan teologis Ahl as-Sunnah wa al-Jama’ah dalam Islam, akhirnya sampai kepada dalil: Man Qâla Inna al-Qur’an makhluqun fahuwa kafir. Artinya: "Barangsiapa mengatakan Qur’an itu diciptakan maka ia kafir". Bukankah umat Islam percaya bahwa Firman Allah itu kekal, dan tentu saja tidak meng-alami kerusakan? Tetapi "bukan ciptaan" (ghayr al-makhluq) di sini, sudah barang tentu bukan menunjuk kepada kertasnya atau huruf-huruf arabnya, lengkap dengan tanda-tanda harakatnya itu.

Perlu dicatat pula, huruf Arab sendiri berkembang, apalagi kertas yang digunakan menulis al-Qur’an juga berasal dan proses produksi di pabrik kertas. Padahal sesuatu yang berkembang itu adalah makhluk. Kalau begitu, manakah yang disebut Kalam Allah yang kekal itu? Tentu saja bukan menunjuk kepada bentuk temporal lembaran-lembaran al-Qur’an yang bisa terbakar dan musnah, yang dalam hal ini sebanding dengan tubuh Yesus yang fana itu. Karena yang dimaksud Iman Kristen ketika mereka mengimani keilahian Yesus itu, bukan menunjuk kepada sosok kemanusiaan-Nya, melainkan kepada pra-eksistensi-Nya sebagai Firman Allah yang kekal.

Dalam kemanusiaan-Nya, Yesus lebih rendah dari Allah (Yoh.14:28), berteriak memanggil Allah saat penyaliban (Mrk.15:34), berdoa dan bersujud kepada Allah (Mat.26:39), diutus Allah (Yoh.17:3), disebut juga Rasul (Ibr.3:1), “untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah daripada malaikat-malaikat” (Ibr.2:7), bahkan Yesus telah mengalami kematian.

Dapat dibandingkan, kerta al-Qur’an (kalam al-lafdzi) bias musnah dibakar, tetapi Kalam Allah (kalam al-nafsi) pada saat yang sama tidak bisa musnah karena melekat pada Dzat-Nya. Begitu juga dengan kematian Yesus, Firman Allah, yang bersama-sama dengan Allah dan Firman itu Allah (Yoh.1:1, "…en pros ton theon,kai theos en ho logos") tentu saja tidak bisa mati, sebab Yesus "dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai Manusia" (1 Pet.3:18).
User avatar
fredo
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Mon Aug 30, 2010 9:51 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby oglikom » Fri Sep 03, 2010 12:26 am

fredo wrote:Sebagaimana umat Islam memahami Firman Allah yang kekal telah nuzul dalam bentuk temporalnya al-Qur’an berbahasa Arab, dari kacamata dialog teologis Kristen-Islam, umat kristen juga dapat mengajukan paralelnya: "Kalau Firman Allah bisa dipahami telah nuzul menjadi Kitab, apa sulitnya memahami keyakinan Kristen bahwa Firman itu menjadi Manusia, yang adalah mahkota segala ciptaan Allah?"

Ini adalah bentuk lain daripada pembenaran-pembenaran Islam menyangkut Al Qur'an adalah Firman Allah.
Didalam ayat-ayat Qur'an nyata-nyata menolak Keilahian Isa Al Masih. Dan pengertian Kalimatullah yang sebatas kata "KUN" saja sebagaimana penciptaan Adam..... :rolleyes:

Dan menyamakan Keperawanan Maria sejajar dengan kebuta hurufan Muhammad sebagai sarana turunnya Firman. Saya rasa terlalu melenceng dari keimanan Islam sendiri yang percaya Muhammad sebagai pemberi syafa'at dan manusia yang paling sempurna.
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3374
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby fredo » Fri Sep 03, 2010 9:32 pm

Sudah barang tentu Islam menolak klaim Firman Allah menjadi Manusia, karena dalam Islam puncak pewahyuan Ilahi adalah al-Qur’an. Jadi, setinggi apapun juga penghormatan Islam kepada tokoh 'Isa al-Masih, akan menemukan batasnya kepada kesempurnaan risalah Muhammad. Umat Kristen harus menghormati keyakinan ini, sekalipun mereka tidak menyetujuinya. Begitu juga sebaliknya, kendatipun Islam menolak keilahian Yesus, tetapi minimal mengerti mengapa umat Kristen berkeyakinan demikian, sebagaimana yang sudah diuraikan dalam keterangan di atas.

Dengan perbandingan yang jujur dan terbuka, seperti yg saya kutip dari dua teolog muslim sendiri, H.A. Mukti Ali dan Seyyed Husein Nasr, baik pihak Kristen maupun Islam bisa saling memahami "Yang Kekal" memasuki dimensi ruang dan waktu untuk menyapa manusia, entah itu diyakini telah turun menjadi Kitab Suci al-Qur’an dalam keyakinan Islam, atau Yesus Sang Manusia Mulia, dalam keyakinan Kristen. Dengan terjemahaman seperti ini, kita bisa menciptakan suasana saling berbagi (sharing of religious experience), dan memandang yang berbeda dengan iman kita bukan musuh, seperti yang sadar atau tidak sering diperuncing oleh para "pakar pertandingan agama", yaitu para polemikus **** yang akhir-akhir ini banyak beredar dikalangan Islam maupun Kristen. Wusana kata, kita memang tidak sama, tetapi bisa bersama-sama dalam menciptakan suasan guyub, rukun dan damai di negeri Pancasila.
User avatar
fredo
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Mon Aug 30, 2010 9:51 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby angky » Fri Sep 03, 2010 10:08 pm

fredo wrote:Mengukur keyakinan orang lain berdasarkan sudut pandang agama sendiri, jelas-jelas sumber kesalahpahaman besar. Hasilnya, bukan ilmu perbandingan agama yang ilmiah, tetapi "ilmu" pertandingan agama yang membenci dan memaki-maki. Suatu studi perbandingan agama yang jujur, antara lain dirintis oleh Prof. Dr. Mukti Ali, mantan Menteri Agama RI.


Bang fredo, lihat yg kata yg dibesarkan, adakah keanehan dalam pernyataan anda ini? Apakah Prof Ali mampu membandingkan dengan sudut pandang agama selain islam??

Kalimat pertama membuat saya tertarik, kalimat selanjutnya membuat saya memperkirakan anda bukanlah seorang yang jujur. Bagaimana kalau saya tanyakan apa pendapat tentang hal ini :
Akhlak seperti apa yang anda harapkan dari seorang Nabi dilihat dari kacamata anda sebagai muslim???
monggo..
:heart:
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3329
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby fredo » Fri Sep 03, 2010 11:23 pm

Apa akhlak nabi, yaitu al-Qur’an
monggo dilanjut..
User avatar
fredo
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Mon Aug 30, 2010 9:51 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby angky » Fri Sep 03, 2010 11:39 pm

mohon bang fred jabarkan,

monggo
:heart:
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3329
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby oglikom » Fri Sep 03, 2010 11:55 pm

oglikom wrote:Ini adalah bentuk lain daripada pembenaran-pembenaran Islam menyangkut Al Qur'an adalah Firman Allah.
Didalam ayat-ayat Qur'an nyata-nyata menolak Keilahian Isa Al Masih. Dan pengertian Kalimatullah yang sebatas kata "KUN" saja sebagaimana penciptaan Adam..... :rolleyes:

Dan menyamakan Keperawanan Maria sejajar dengan kebuta hurufan Muhammad sebagai sarana turunnya Firman. Saya rasa terlalu melenceng dari keimanan Islam sendiri yang percaya Muhammad sebagai pemberi syafa'at dan manusia yang paling sempurna


fredo wrote:Sudah barang tentu Islam menolak klaim Firman Allah menjadi Manusia, karena dalam Islam puncak pewahyuan Ilahi adalah al-Qur’an. Jadi, setinggi apapun juga penghormatan Islam kepada tokoh 'Isa al-Masih, akan menemukan batasnya kepada kesempurnaan risalah Muhammad. Umat Kristen harus menghormati keyakinan ini, sekalipun mereka tidak menyetujuinya. Begitu juga sebaliknya, kendatipun Islam menolak keilahian Yesus, tetapi minimal mengerti mengapa umat Kristen berkeyakinan demikian, sebagaimana yang sudah diuraikan dalam keterangan di atas.

Dengan perbandingan yang jujur dan terbuka, seperti yg saya kutip dari dua teolog muslim sendiri, H.A. Mukti Ali dan Seyyed Husein Nasr, baik pihak Kristen maupun Islam bisa saling memahami "Yang Kekal" memasuki dimensi ruang dan waktu untuk menyapa manusia, entah itu diyakini telah turun menjadi Kitab Suci al-Qur’an dalam keyakinan Islam, atau Yesus Sang Manusia Mulia, dalam keyakinan Kristen. Dengan terjemahaman seperti ini, kita bisa menciptakan suasana saling berbagi (sharing of religious experience), dan memandang yang berbeda dengan iman kita bukan musuh, seperti yang sadar atau tidak sering diperuncing oleh para "pakar pertandingan agama", yaitu para polemikus **** yang akhir-akhir ini banyak beredar dikalangan Islam maupun Kristen. Wusana kata, kita memang tidak sama, tetapi bisa bersama-sama dalam menciptakan suasan guyub, rukun dan damai di negeri Pancasila.

Ini namanya pembenaran 'Yang Tidak Tahu Malu' untuk menbandingkan keimanan Islam terhadap Al Quran dan Muhammad dengan keimanan Nasrani terhadap sosok Kalimatullah Isa Al Masih dan Perawan Maria.
Karena dibalik itu semua Islam mensejajarkan cara umat Nasrani dalam keimanan tapi menolak Keilahian Kalimatullah Isa Al Masih.
Untuk kenabian Muhammad dan kebenaran Al Qur'an saja Islam belum dapat menunjukkan keabsaannya sebagai Kalam Allah. Dari segi sejarah maupun kebenarannya.
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3374
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby oglikom » Sat Sep 04, 2010 12:34 am

fredo wrote:Apa akhlak nabi, yaitu al-Qur’an
monggo dilanjut..

Fredo kenapa tidak sekalian ke-Tauhid-an Islam berbanding lurus dengan Trinitas-nya orang Nasrani, biar tercipta kerukunan yang sesungguhnya....? :turban:
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3374
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby angky » Sat Sep 04, 2010 12:37 am

oglikom wrote:Fredo kenapa tidak sekalian ke-Tauhid-an Islam berbanding lurus dengan Trinitas-nya orang Nasrani, biar tercipta kerukunan yang sesungguhnya....?


:rolling: :rolling:
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3329
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby biksu sonje » Sat Oct 30, 2010 10:56 am

@ fredo

Tulisan Lo adalah bukti bahwa slimET tuh BANYAK WAJAH nyang tetap berujung pada DUSTA.

Seberapa MULUS HALUS pun tulisan Lo, nyang namanya DUSTA tetap aja DUSTA.

Pasti ketahuan deh nyang namanye DUSTA.
Last edited by biksu sonje on Sat Nov 06, 2010 8:18 am, edited 1 time in total.
biksu sonje
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 465
Images: 0
Joined: Thu Sep 09, 2010 5:18 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby biksu sonje » Sat Oct 30, 2010 10:58 am

fredo wrote:Apa akhlak nabi, yaitu al-Qur’an
monggo dilanjut..


kudu babe temo ngawin anak kecil, maka boleh dong kalo ada slimET nyang ngawin anak kecil?
Pastinya slimET nyang ngawin anak kecil berakhlak dari si kudu babe temo. Bagaimana slimET?
biksu sonje
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 465
Images: 0
Joined: Thu Sep 09, 2010 5:18 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby Akukomkamu » Sat Oct 30, 2010 11:08 am

Belum tuntas TS nya da...ngibriiit... :-"



Pisss... :heart:
Akukomkamu
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby yehezkieljb » Wed Mar 09, 2011 2:18 am

Akukomkamu wrote:Belum tuntas TS nya da...ngibriiit... :-"



Pisss... :heart:



mungkin awalnya si TS ingin berbuat baik di forum ini dengan kutipan yg dia yakini adalah baik dan ingin menunjukkan kalo islam itu tidak lah seperti gambaran pemahaman orang kristen pada umunya....
tapi ternyata TS tidak tahu kalo di forum ini orang (kristiani) sudah paham betul tentang wajah islam yg sebenarnya...
yang akihirnya sang TS kehabisan bahan dan sekarang mungkin cari kuda-kuda untuk bisa taqqiya kembali..
Sorry kalo ogut salah....PIZZZZZZZ... =D> =D> =D>
yehezkieljb
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 12
Joined: Tue Feb 15, 2011 1:49 am

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby kalangkilang » Wed Mar 09, 2011 3:07 am

thread yang menarik, tapi yah begitulah..
ilmu perbandingan agama yah??
Kenapa pula dibandingkan, sama-sama memiliki satuan yang berbeda, yang satunya kilogram, satunya meter...

tapi cobalah pemahaman bahwa agama itu bisa diperbandingkan, dengan asumsi-asumsi yang berlaku:
Yesus = Alquran yi : FIRMAN
Muhammad = Maria yi : sarana turunya firman...

Kalau cuma ini aja, anak SD juga bisa kok,,,ga perlu seseoran bergelar Prof. Dr. dan menjabat mantan Menteri Agama RI..

Kita tidak butuh kata-kata manis, TINDAKAN/PERBUATAN itu yang dinilai..
sebagaimana kita menilai orang baik, karena dia berbuat baik dan ngomong hal yang baik..
tapi kalau orang ngomong hal baik, tapi berbuat tidak baik,,namanya itu PENIPU....gimana?
User avatar
kalangkilang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby asal usil » Wed Mar 16, 2011 10:34 am

kalangkilang wrote: TINDAKAN/PERBUATAN itu yang dinilai..


Betulll... tindakan / perbuatan pengikut Tuhan yang kasih juga banyak yang ngaco..

kalangkilang wrote:sebagaimana kita menilai orang baik, karena dia berbuat baik dan ngomong hal yang baik..
tapi kalau orang ngomong hal baik, tapi berbuat tidak baik,,namanya itu PENIPU....gimana?


Contohnya orang di forum ini ya banyak yang suka menghina keyakinan orang gitu...?
Padahal dikitabnya sendiri juga banyak hal2 seperti perang, perbudakan tapi klo diangkat langsung deh dibilang OOT
namanya penipu bukan ya...?
asal usil
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1055
Joined: Mon Jan 17, 2011 2:49 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby kalangkilang » Wed Mar 16, 2011 12:01 pm

asal usil wrote:Betulll... ---
aduh matur nuwun yo, jarang-jarang muslim setuju ma pendapat saya.. :-"
asal usil wrote:Contohnya orang di forum ini ya banyak yang suka menghina keyakinan orang gitu...?
dibandingkan dengan Quran, jelas-jelas melakukan penghinaan dan mengkafirkan orang,,quran lo yang katanya kitab suci, diimlakan oleh Allah sWt kepad Muhammad,,.... :shock:
asal usil wrote:Padahal dikitabnya sendiri juga banyak hal2 seperti perang, perbudakan tapi klo diangkat langsung deh dibilang OOT
namanya penipu bukan ya...?

Lho,,anda kan jadi member di sini, malah postingan anda lebih banyak daripada saya, udah baca belum tujuan dan misi forum ini?
Kalau belum baca, baca dulu akh,,sebelum anda menjudge "penipu"..... :green:

salam damai
KalangKilang..
User avatar
kalangkilang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby ahaQ » Wed Mar 16, 2011 12:54 pm

asal usil wrote:Contohnya orang di forum ini ya banyak yang suka menghina keyakinan orang gitu...?
Padahal dikitabnya sendiri juga banyak hal2 seperti perang, perbudakan tapi klo diangkat langsung deh dibilang OOT
namanya penipu bukan ya...?

gw bingung sama otak muslim2... lu sekarang bertamu di mana? jelas dan pasti, FFI cuma mau membahas Islam... aturannya udah ditulis...
apakah lu gak capable buat bela ajaran agama lo ndiri lewat ayat2 yg diklaim lgs turun dari awloh? seburuk itukan ajaran agama lo?
User avatar
ahaQ
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 865
Joined: Sun Sep 12, 2010 7:41 pm

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby kalangkilang » Wed Mar 16, 2011 1:46 pm

asal usil wrote:Contohnya orang di forum ini ya banyak yang suka menghina keyakinan orang gitu...?
Padahal dikitabnya sendiri juga banyak hal2 seperti perang, perbudakan tapi klo diangkat langsung deh dibilang OOT

saya ambilkan dari sini, kutipannya:
Admin FFI wrote:MIssi FFI : MENGUAK WAJAH ISLAM YANG SEBENARNYA.
1) FFI BUKAN FORUM KRISTEN.

2) Maksud dan Tujuan Utama FFI :
FFI disini adalah untuk mengajak anda berani keluar dari Islam, BUKAN untuk masuk Kristen.

4) FFI dibentuk untuk menunjukkan ajaran Islam yang sebenarnya, yang sesuai dengan apa yang tertulis di Al-Qur'an, ahadis sahih (Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmizi, Malik Muwatta, dll), Sirat Rasul Allah, Sejarah Nabi oleh Tabari, Sejarah Islam oleh Ibn Sa'd, dan berbagai literatur Islam yang tertua dan sudah diakui keabsahannya di dunia Islam. FFI terutama membahas sisi gelap Islam yang jarang dibicarakan atau diperdebatkan di dunia nyata di Indonesia, karena masalah keamanan dan ketidaktahuan.

Bagi netter Kristen, jangan promosi agama Anda di FFI karena Anda sudah jelas salah tempat!!
Last edited by Moderator 3 on Tue Jul 25, 2006 6:01 pm, edited 9 times in total.

Dah sangat jelaskan jawaban pertanyaan anda dibawah ini,
asal usil wrote:---- orang di forum ini ya banyak yang suka menghina keyakinan orang gitu...?


Dari [url=rl=http://indonesia.faithfreedom.org/forum/ffi-bukan-forum-kristen-t235/]sini[/url] ;
Admin FFI wrote:7. Penggunaan forum ini bukanlah hak Anda, tetapi keistimewaan yang disediakan bagi Anda. Anda akan dihapus jika Anda tidak mematuhi aturan-aturan tersebut di atas.

Kita disini adalah tamu bro, bukan yang empunya "rumah".. :green:
Last edited by kalangkilang on Wed Mar 16, 2011 4:23 pm, edited 1 time in total.
User avatar
kalangkilang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: Perbandingan Islam vs Kristen

Postby APEL EMAS » Wed Mar 16, 2011 4:09 pm

fredo wrote:Apa akhlak nabi, yaitu al-Qur’an
monggo dilanjut..


kalu berpatokan pada qoranmu...!!! berarti Tuduhan para kafir disini tentang keburukan dan kebejatan nabi sesat kamu terbukti donk...!!! kalau prilaku nabimu akhlaknya patokan nya qoran, berarti akhlak nabimu cuma seorang perampok ,pembunuh,kejam,rasis,dan barbar...!!! itukah keistimewaan islam ??? sebab di qoran kamu hanya selalu mengajarkan kebencian dan pembunuhan saja...!!! :lol: :lol:
User avatar
APEL EMAS
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 900
Joined: Wed Aug 25, 2010 11:42 am
Location: PIKIRAN JERNIH DAN AKAL SEHAT


Return to Islam vs Agama & Peradaban Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users