. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Penyiksaan TKW Miyati di Saudi Sedot Perhatian LSM HAM Dunia

Membahas pengalaman kerja orang di SAUDI pada umumnya dan kasus2 penganiayaan
terhdp TKW asal Indonesia di Malaysia, Saudi, pada khususnya.

Penyiksaan TKW Miyati di Saudi Sedot Perhatian LSM HAM Dunia

Postby daniel-ntl » Thu Jul 31, 2008 2:48 pm

Kamis, 22/05/2008 11:53 WIB
Penyiksaan TKW Miyati di Saudi Sedot Perhatian LSM HAM Dunia
Fitraya Ramadhanny - detikNews

Riyadh - Penyiksaan TKW di Arab Saudi ikut menjadi keprihatinan dunia internasional. Human Rights Watch (HRW) menuntut pemerintah Arab Saudi membatalkan keputusan pengadilan yang mencabut hukuman terhadap majikan Nour Miyati, seorang TKW asal Indonesia.

Nour Miyati disiksa majikannya sampai harus diamputasi jari-jari kaki dan tangannya karena membusuk. Mirisnya, Nour hanya diberikan kompensasi 2.500 riyal atau sekitar Rp 6,2 juta. HRW yang berbasis di New York, AS, meminta pengadilan banding untuk menuntut hukuman penjara dan kompensasi yang layak untuk Nour.

Pengadilan memutus majikan pria Nour tidak bersalah. Sementara majikan perempuannya dihukum 35 kali cambuk. Namun belakangan, semua hukuman untuk majikan Nour, dibatalkan.

"Ini bisa memberi preseden bagi para majikan TKW, kalau mereka bisa menyiksa tanpa harus takut dihukum," kata peneliti senior Divisi Hak Perempuan HRW, Nisha Varia, dalam rilis kepada detikcom, Kamis (22/5/2008).

Nour kepada HRW mengaku dipukuli majikannya setiap hari. Dia bekerja seharian tanpa dibayar. Mereka menahan paspor Nour, memukulinya sampai rontok gigi. Nour mencoba kabur namun ketahuan.

Akibatnya fatal, Nour dikurung tanpa makanan. Dia dibawa ke rumah sakit Riyadh pada Maret 2005 karena pembusukan jari kaki dan tangan, kurang gizi, dan luka-luka fisik. Namun karena terlambat dibawa ke rumah sakit, jari-jarinya terpaksa diamputasi.

"Nour Miyati tidak hanya menderita akibat penyiksaan oleh majikannya, tapi juga dari proses peradilan yang tidak berpihak selama 3 tahun ini," kata Varia.

Nour malah dituntut memberi kesaksian palsu dan divonis 79 cambukan pada April 2006. Riset HRW menunjukkan banyak TKW yang justru malah balik diadili oleh pengadilan dengan tuduhan mencuri, menyantet, atau berzina.

"TKW sering diambangkan oleh pengadilan sementara mereka juga dihentikan gajinya. TKW sungguh tidak ada harganya dalam sistem hukum Arab Saudi," pungkasnya.

Sekitar 1,5 juta perempuan Indonesia, Sri Langka, Filipina dan lain-lain bekerja sebagai TKW di Arab Saudi. Setiap tahun pemerintah Arab Saudi menerima ribuan laporan eksploitasi buruh migran ini. Namun, hanya sedikit saja kasus yang bisa diselesaikan dengan baik di pengadilan.(fay/nrl)

indonesia??gimana?
daniel-ntl
Translator
 
Posts: 1631
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Postby johnlegend » Thu Jul 31, 2008 7:11 pm

nah.. ini hukum islam? c'mon.. segini doank level nya para muslim?

oh alley.. anda malu ato bangga dengan tingkah laku sejenis anda?
johnlegend
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2058
Joined: Fri Dec 21, 2007 2:14 am


Return to Ruang TKW Indonesia



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users