. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Pengertian Roh dalam Islam

Pembahasan tentang Isa Almasih, Injil, Taurat dari apa yang tertulis dalam Qur'an, dan bukan dari kitab suci non-Islam.

Pengertian Roh dalam Islam

Postby Captain Pancasila » Tue Nov 15, 2011 8:44 pm

Roh adalah Dorongan untuk Mengabdi (Beriman & Bertaqwa) kepada Tuhan Yang Maha Esa :
DEPAG wrote:Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman):` Bukankah Aku ini Tuhanmu? `Mereka menjawab: Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi`. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: `Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)`.(QS. 7:172)

::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al A'raaf 172
وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَى أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ قَالُوا بَلَى شَهِدْنَا أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ (172)
Allah dalam ayat ini dengan perantara Rasul-Nya menerangkan tentang suatu janji yang dibuat pada waktu manusia dikeluarkan dari sulbi orang tua mereka, turunan demi turunan, yakni hal janji Allah menciptakan manusia atas dasar fitrah. Allah swt. menyuruh roh mereka untuk menyaksikan susunan kejadian diri mereka yang membuktikan keesaan-Nya, keajaiban proses penciptaan dari setetes air mani hingga menjadi manusia bertubuh sempurna dan mempunyai daya tanggap indra, dengan urat nadi dan sistem urat saraf yang mengagumkan dan sebagainya. Berkata Allah swt. kepada roh manusia, "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Penciptaan diri manusia penuh dengan keistimewaan dan keajaiban. Bukankah Aku yang memelihara pertumbuhan manusia tanpa campur tangan orang lain dalam perawatan manusia itu ketika dalam rahim? Maka menjawablah roh manusia, "Benar (Engkaulah Tuhan kami), kami telah menyaksikan." Jawaban ini merupakan pengakuan roh pribadi manusia sejak awal kejadiannya akan adanya Allah Yang Maha Esa yang tiada Tuhan lain yang patut disembah kecuali Dia.

Dengan ayat ini Allah swt. bermaksud untuk menjelaskan kepada manusia, bahwa hakikat kejadian manusia itu didasari atas kepercayaan kepada Allah Yang Maha Esa. Sejak manusia itu dilahirkan dari sulbi orang tua mereka, ia sudah menyaksikan tanda-tanda keesaan Allah swt. pada kejadian mereka sendiri.
Allah swt. berfirman pada ayat lain:

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَةَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ
Artinya:
Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah) (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah.(Q.S Ar Rum: 30)

Fitrah Allah maksudnya ialah tauhid, Rasulullah saw. bersabda:

ما من مولود إلا يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أو ينصرانه أو يمجسانه كما تنتج البهيمة جمعاء هل تحسون فيها من جذعاء
Artinya:
Tak seorang pun yang dilahirkan kecuali menurut fitrah; kedua orang tuanyalah yang menjadikan dia Yahudi, Nasrani atau Majusi sebagaimana halnya hewan melahirkan anaknya yang sempurna telinganya. Adakah kamu ketahui ada cacat pada anak hewan itu?
H.R Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah.

Rasulullah saw. dalam hadis Qudsi:

يقول الله تعالى: إني خلقت عبادي حنفاء فجاءتهم الشياطين فاختالتهم عن دينهم وحرمت عليها ما أحللت لهم
Artinya:
Berfirman Allah Taala, "Sesungguhnya Aku ciptakan hamba-Ku cenderung (ke agama tauhid). Kemudian datang kepada mereka setan-setan dan memalingkan mereka dari agama (tauhid) mereka, maka haramlah atas mereka segala sesuatu yang telah Kuhalalkan bagi mereka.
H.R Bukhari dari Iyad bin Himar.

Penolakan terhadap ajaran tauhid yang dibawa Nabi itu sebenarnya perbuatan yang berlawanan dengan fitrah manusia dan dengan suara hati nurani mereka. Karena itu tidaklah benar manusia pada hari kiamat nanti mengajukan alasan bahwa mereka alpa tak pernah diingatkan untuk mengesakan Allah swt. Fitrah mereka sendiri dan ajaran Nabi-nabi senantiasa mengingatkan mereka untuk mengesakan Allah dan menuruti seruan Rasul serta menjauhkan diri dari syirik.

Malaikat disebut Roh Kudus karena selalu menjalankan perintah Tuhan (karena hanya memiliki dorongan roh) :
Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat :` Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi `. Mereka berkata:` Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau? `Tuhan berfirman:` Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui .(QS. 2:30)

Dan kepada Allah sajalah bersujud segala apa yang berada di langit dan semua makhluk yang melata di bumi dan (juga) para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri.(QS. 16:49)

::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah An Nahl 49
وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مِنْ دَابَّةٍ وَالْمَلَائِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ (49)
Kemudian Allah SWT menjelaskan bahwa semua benda yang ada di langit dan yang ada di bumi termasuk pula makhluk Nya yang melata di bumi juga para malaikat tunduk di bawah kekuasaan Allah. Mereka itu bersujud kepada Allah SWT menurut cara masing-masing sesuai dengan fitrah kejadiannya. Bahkan malaikat pun yang berada di langit tidak mau menyombongkan dirinya dan tidak suka membangkang untuk tunduk dan takluk serta menaati ketentuan ketentuan Allah.

Mereka takut kepada Tuhan mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan (kepada mereka).(QS. 16:50)

::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah An Nahl 50
يَخَافُونَ رَبَّهُمْ مِنْ فَوْقِهِمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ (50)
Di dalam ayat ini Allah SWT menjelaskan ketaatan para malaikat dan semua makhluk yang ada di bumi, yaitu bahwa para malaikat dan semua makhluk yang ada di bumi tunduk di bawah kekuasaan Allah dan mereka tetap secara tekun melaksanakan apa yang diperintahkan Allah.

mereka itu tidak mendahului-Nya dengan perkataan dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.(QS. 21:27)

::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Anbiyaa' 27
لَا يَسْبِقُونَهُ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِأَمْرِهِ يَعْمَلُونَ (27)
Dalam ayat ini Allah SWT. menerangkan sifat-sifat malaikat antara lain bahwa mereka itu hanya mengucapkan kata-kata yang diperintahkan Tuhan mereka, sehingga mereka tidak pernah mendahului perintah-Nya Selain itu, para malaikat tersebut senantiasa mengerjakan apa-apa yang diperintahkan-Nya kepada, mereka, tanpa membantah sedikitpun. Ringkasnya, mereka senantiasa mengharapkan keridaan Allah, serta patuh kepada-Nya, baik dalam perkataan maupun perbuatan.

Allah mengetahui segala sesuatu yang di hadapan mereka (malaikat) dan yang di belakang mereka, dan mereka tiada memberi syafaat melainkan kepada orang yang diridhai Allah, dan mereka itu selalu berhati-hati karena takut kepada-Nya(QS. 21:28)

::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Al Anbiyaa' 28
يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يَشْفَعُونَ إِلَّا لِمَنِ ارْتَضَى وَهُمْ مِنْ خَشْيَتِهِ مُشْفِقُونَ (28)
Dalam ayat ini Allah SWT. menerangkan apa sebabnya para malaikat itu demikian patuh dan taat kepada-Nya ialah karena mereka itu yakin bahwa Allah senantiasa mengetahui apa-apa yang telah ada dan sedang mereka kerjakan, sehingga tak satupun yang luput dari pengetahuan dan pengawasan-Nya. Oleh karena itu mereka senantiasa beribadat dan mematuhi segala perintah-Nya.
Selanjutnya, dalam ayat ini Allah menerangkan sifat lainnya dari para malaikat itu, ialah bahwa mereka tidak akan memberikan syafaat kepada siapapun, keculai kepada orang-orang yang diridai Allah. Oleh sebab itu, janganlah seseorang mengharap akan memperoleh syafaat atau pertolongan dari malaikat pada hari-hari akhirat kelak, bila ia tidak memperoleh rida Allah terlebih dahulu.
Di samping itu, para malaikat tersebut senantiasa berhati-hati, disebabkan takut kepada kemurkaan Allah dan siksa-Nya Oleh sebab itu. mereka senantiasa menjauhkan diri dari mendurhakai-Nya atau menyalahi perintah dan larangan-Nya.

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.(QS. 66:6)

maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.(QS. 19:17)

::Terjemahan:: ::Tafsir:: ::Asbabun Nuzul::

Tafsir / Indonesia / DEPAG / Surah Maryam 17
فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا (17)
Maka Maryam mengadakan tabir (dinding) yang melindunginya dari pandangan keluarganya dan manusia. Kemudian Allah mengutus Malaikat Jibril kepadanya dalam bentuk seorang laki-laki yang rupawan untuk memberitahukan kepada Maryam bahwa beliau akan melahirkan seorang putra tanpa ayah. Adapun hikmah kedatangan Jibril dalam bentuk manusia itu agar supaya tidak menimbulkan ketakutan.

jadi, Nabi Isa itu diperkuat dengan Roh Kudus (dorongan roh yang kuat, yang selalu bisa mengalahkan dorongan nafsu), sehingga membuatnya selalu Beriman & Bertaqwa kepada Tuhan :
Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagian yang lain. Diantara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada Isa putera Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orang-orang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu, sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan, akan tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. Seandainya Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya.(QS. 2:253)
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3341
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby duren » Tue Nov 15, 2011 9:28 pm

Captain Pancasila wrote:jadi, Nabi Isa itu diperkuat dengan Roh Kudus (dorongan roh yang kuat, yang selalu bisa mengalahkan dorongan nafsu), sehingga membuatnya selalu Beriman & Bertaqwa kepada Tuhan :

Klo gw sih menyimpulkan agar Isa kuat mendorong truk yang lagi mogok :lol:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11007
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby abbadul » Tue Nov 15, 2011 9:31 pm

Captain Pancasila wrote:jadi, Nabi Isa itu diperkuat dengan Roh Kudus (dorongan roh yang kuat, yang selalu bisa mengalahkan dorongan nafsu), sehingga membuatnya selalu Beriman & Bertaqwa kepada Tuhan :

al-quran-apakah-nabi-isa-as-allah-t28543/#p400490
User avatar
abbadul
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1097
Joined: Thu Jul 29, 2010 12:12 pm

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby harahap » Tue Nov 15, 2011 10:05 pm

Capt,
:rolling: :rolling: :rolling:

sori Capt, saat ini saya bener iba ama kamu,
kasian bener deh kamu ...

O:)
User avatar
harahap
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2120
Joined: Mon Sep 27, 2010 12:09 pm

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby Captain Pancasila » Tue Nov 15, 2011 10:12 pm

Captain Pancasila wrote:jadi, Nabi Isa itu diperkuat dengan Roh Kudus (dorongan roh yang kuat, yang selalu bisa mengalahkan dorongan nafsu), sehingga membuatnya selalu Beriman & Bertaqwa kepada Tuhan :

abbadul wrote:http://indonesia.faithfreedom.org/forum/al-quran-apakah-nabi-isa-as-allah-t28543/#p400490

HILLMAN wrote:4 Rohun-Minhu منهُ روح = Roh Allah = Allah’s Spirit

HILLMAN wrote:kemudian Rohun-Minhu منهُ روح Roh Allah, memberikan satu makna yang jelas bahwa Dia adalah wujud Roh Allah sendiri

"Rohun-Minhu" ---> "Rohun" = Roh, "Min" = dari, "hu" = Nya ---> Roh dari-Nya/Roh dari Allah/Roh yang berasal dari Allah/Roh yang berasal dari pemberian(ciptaan) Allah!
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3341
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby Dreamsavior » Mon Nov 21, 2011 2:54 pm

Apakah semua muslim memiliki pandangan yang sama??
User avatar
Dreamsavior
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 726
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby ksatria86 » Mon Nov 21, 2011 3:32 pm

Jadi yg blng 'urusan roh adalah urusan tuhanku', itu ngaco ea??
ksatria86
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 79
Joined: Sun Jul 10, 2011 10:47 pm

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby fire » Mon Nov 21, 2011 3:35 pm

CePe,... nyebut pe....nyebut...... entar kualat kowe..........

si mamat gemblung aja, junjungan lo ntuh! sudah mematenkan diri untuk pengetahuannya tentang Roh cuma seeddiikkkkiiittttt..............
nah, kalo si Roh_gaya, si mamad mah udah kenal luar dalam...... terutama yang dalamnya...lebih detail sampe ke cela-celanya.....he..he..he..... :rofl:
User avatar
fire
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 704
Joined: Sat Apr 10, 2010 11:59 am

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby tanda_tanya » Mon Nov 21, 2011 5:37 pm

fire wrote:CePe,... nyebut pe....nyebut...... entar kualat kowe..........

si mamat gemblung aja, junjungan lo ntuh! sudah mematenkan diri untuk pengetahuannya tentang Roh cuma seeddiikkkkiiittttt..............
nah, kalo si Roh_gaya, si mamad mah udah kenal luar dalam...... terutama yang dalamnya...lebih detail sampe ke cela-celanya.....he..he..he..... :rofl:



Iya nih si CP, apa uda merasa lebih tinggi pengetahuaannya dr bang mamad, sampe berani2nya ngebahas masalah Roh??

ati ati bung CP, ntar kualat lho.... [-X [-X
User avatar
tanda_tanya
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 109
Joined: Tue Jul 19, 2011 11:57 pm
Location: Suatu hardikan lebih masuk pada orang berpengertian dari pada seratus pukulan pada orang bebal.

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby tukang ojek » Wed Nov 23, 2011 12:26 am

Kepada Captain Pancasila ( CP ) :
Salam kenal dulu bang sebelumnya.
BAng,emang islam mengerti roh?
Roh yang mana dulu nih bang?
Kalo ROh JAHAT islam emang ngerti bang,saking mengertinya,islam pun menjadi lupa kemanusiaan.
Kalo ROH yang ini? Al Quddus القدوس Yang Memiliki Mutlak sifat Suci The Most Holy
( Sumber : http://kylas.wordpress.com/2008/09/16/a ... /#more-103)apakah islam mengenalnya bang?
User avatar
tukang ojek
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1488
Joined: Sun Sep 18, 2011 2:39 am
Location: Di hati kaum muslimin dan muslimah :)

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby Rosul » Sat Feb 22, 2014 7:44 am

Muslim harus sadar dan disadarkan bahwa Nabi junjungannya sendiri sangat MINIM informasi tentang siapa dan apa itu Roh Kudus




Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah, Ruh adalah urusan Tuhan-Ku, kamu tidak diberi ilmu kecuali sedikit. -QS Al Isra’ 17: 85



Dan dengan pengetahuan Muhamad yg sangat MINIM ditambah lagi TIDAK ADA SATUPUN AYAT DLM QURAN YG BERI KEPASTIAN Roh Kudus sebagai Jibril , sehingga sangatlah aneh banyak muslim merasa lebih pintar dari Nabinya sendiri sampai2 merasa berhak menafsirkan dan beri kepastian Ruhulkudus itu Jibril.




Macam2 ayat dihujahkan muslim sebagai RuhulKudus, salah satunya seperti
--Surah 26:193 Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, (192) dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al Amin [Jibril]


Disini saja Ar-Ruh Al Amin sudah ditafsirkan Jibril dan saya malah cenderung setuju dengan tafsiran ini , tapi ada saja muslim nyeleneh menafsirkannya sebagai RuhulKudus padahal tidak ada kejelasannya .


Untuk menelaah RuhulKudus lebih baik dan lebih kena pada kata2 yg jelas menyebut RuhulKudus di dlm Quran sedangkan kata2 yg menyebut ‘Roh KAMI’ bisa juga ,tapi sekali lagi tetap yg lebih afdol kalau sudah jelas2 tertulis RUHULKUDUS





Muslimers coba menyangkal RuhulKudus itu Tuhan dengan menyandingkan Surah 2:97 dengan Surah 16:102

Katakanlah: Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Qur'an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman. (Sura 2:97)

Katakanlah: "Ruhul Qudus [Jibril] menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan [hati] orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri [kepada Allah]" (Sura 16:102)



Kata ‘ Jibril’ pada Sura 16:102 tidaklah asli dan hanya tambahan, sbab muslim menganggap karena Jibril menurunkan wahyu (sbgaimana Sura 2:97) dan Roh Kudus pun melakukan hal yg sama maka otomatis Jibril = Roh Kudus
Dengan menyandingkan kedua surah tersebut di atas disangka muslimer persoalan sudah terpecahkan.




BENARKAH BEGITU ?

Bukankah Quran mengakui Allah swt BERBICARA LANGSUNG DG MUSA di gunung Thur ? Surah 4:164 ; ‘Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung’



Ini artinya BAGI QURAN TIDAK SELALU JIBRIL MENURUNKAN WAHYU PADA MANUSIA, karena di kasus Musa MENURUT QURAN JUSTRU TUHAN SENDIRI YG MENURUNKAN WAHYU KE MUSA







Sangat logis kalau disimpulkan yang menurunkan wahyu pada Musa adalah ALLAH SENDIRI DALAM BENTUK ROH KUDUS



Bukti paling kuat : RuhulKudus berasal dari kata Roh dan AL-Quddus
AL –Quddus adalah salah satu dari nama suci Asma Allah yg artinya Maha Kudus



Apakah Jibril Maha Kudus ?

GELAR MAHA KUDUS (AL-QUDDUS) SAMA SEPERTI GELAR MAHA PENCIPTA (AL-KHALIK) , YAITU GELAR YG HANYA LAYAK DISANDANG ALLAH SAJA.

KALAU GELAR MAHA KUDUS (AL-QUDDUS) DISANDANGKAN PADA MALAIKAT ITU NAMANYA DOSA SYIRIK !

KESIMPULAN: ROH-AL QUDDUS BUKANLAH MALAIKAT









Lalu bagaimana Surah 16:102 ? Bukankan disitu diklaim nabi selain Musa dianggap oleh penulis Quran menerima wahyu dari Roh Kudus ? BETUL TAPI TIDAK LANGSUNG !

WAHYU MEMANG TURUN PADA MANUSIA(SELAIN MUSA) VIA JIBRIL, TAPI JIBRIL SENDIRI MENGALAMI KEADAAN SEPERTI MUSA , DIMANA YG BERBICARA LANGSUNG KE JIBRIL ADALAH ROH AL-QUDDUS YG ADALAH ALLAH SENDIRI






Alur turunnya wahyu via Jibril : Allah memanifestasikan DiriNya sendiri melalui Roh Kudus --->>menurunkan wahyu---->>> pada Jibril, lalu----->>>>Jibril menurunkan wahyu------>>>>>>ke para nabi






JBU

Muslim harus sadar dan disadarkan bahwa Nabi junjungannya sendiri sangat
Mirror:
Faithfreedompedia static
User avatar
Rosul
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 308
Joined: Thu Jan 23, 2014 5:22 pm

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby JANGAN GITU AH » Sun Mar 02, 2014 3:32 am

yup, menganggap malaikat sebagai roh kudus adalah bentuk kesyirikan, sebab yang kudus hanyalah Tuhan...

tafi ngemeng-ngemeng soal syirik, kitab sebelah sudah mengingatkan hal itu...

Ulangan 6:14
Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu,

Mazmur 96:5
Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah hampa, tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit.

1 Tawarikh 16:26
Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah berhala, tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit.

Dan apa kata Alquran tentang Allah swt,

QS 27:91

إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ رَبَّ هَٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِي حَرَّمَهَا وَلَهُ كُلُّ شَيْءٍ ۖ وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ [٢٧:٩١]
Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.


sementara sebelumnya ada pernyataan begini, sebuah tempat pemujaan Tuhan kaum Yahudi yang kontras dengan pemujaan Allah swt

2 Tawarikh 3:1
1 Salomo mulai mendirikan rumah TUHAN di Yerusalem di gunung Moria, di mana TUHAN menampakkan diri kepada Daud,


Siapa yang bisa membantah kedua perbandingan ayat di atas? Muslim? kayaknya muslim gak akan punya nyali, sebab mata mereka akan terhenyak nanti pada kenyataan bahwa Tuhan kaum Yahudi telah menyebut tuhan negeri Mekkah sebagai berhala.

Apa yang dikatakan Tuhan Yahudi bersesuaian dengan fakta yang kisahkan Ibnu Ishaq/Hisyam tentang keberadaan Mekkah sebagai pusat pemujaan terhadap 360 berhala. Di antara yang disebutkan berhala oleh Ishaq sudah termasuk batu hajar aswad.

Jika kedua oknum tuhan dari kedua bangsa (Yahudi dan Arab) ini menetapkan tempat pemujaannya sendiri pada dua kota yang berbeda, apakah mungkin berfaedah membicarakan roh mana yang menurunkan ayat Quran pada Muhammad? Apalagi dengan terang benderang tanpa keraguan Tuhan kaum Yahudi menyebut tuhan-tuhan negeri lain sebagai berhala. Tentu saja dapat diartikan lebih lanjut bahwa roh yang menginspirasi Muhamamd adalah roh berhala di Mekkah :lol:

Implikasi dari kedua perbandingan ini juga menjelaskan pada kita bahwa pengertian Esa dari pihak kaum Yahudi berbeda dengan pengertian Esa (Tawheed) Islamik.

Si CP pasti meraung tidak terima Allah swt dituduh berhala sama Tuhan kaum Yahudi.... :lol:

Pengertian Roh dalam Islam
Mirror 1: Pengertian Roh dalam Islam
Faithfreedompedia static
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5177
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby JANGAN GITU AH » Sun Mar 02, 2014 3:32 am

yup, menganggap malaikat sebagai roh kudus adalah bentuk kesyirikan, sebab yang kudus hanyalah Tuhan...

tafi ngemeng-ngemeng soal syirik, kitab sebelah sudah mengingatkan hal itu...

Ulangan 6:14
Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu,

Mazmur 96:5
Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah hampa, tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit.

1 Tawarikh 16:26
Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah berhala, tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit.

Dan apa kata Alquran tentang Allah swt,

QS 27:91

إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ رَبَّ هَٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِي حَرَّمَهَا وَلَهُ كُلُّ شَيْءٍ ۖ وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ [٢٧:٩١]
Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.


sementara sebelumnya ada pernyataan begini, sebuah tempat pemujaan Tuhan kaum Yahudi yang kontras dengan pemujaan Allah swt

2 Tawarikh 3:1
1 Salomo mulai mendirikan rumah TUHAN di Yerusalem di gunung Moria, di mana TUHAN menampakkan diri kepada Daud,


Siapa yang bisa membantah kedua perbandingan ayat di atas? Muslim? kayaknya muslim gak akan punya nyali, sebab mata mereka akan terhenyak nanti pada kenyataan bahwa Tuhan kaum Yahudi telah menyebut tuhan negeri Mekkah sebagai berhala.

Apa yang dikatakan Tuhan Yahudi bersesuaian dengan fakta yang kisahkan Ibnu Ishaq/Hisyam tentang keberadaan Mekkah sebagai pusat pemujaan terhadap 360 berhala. Di antara yang disebutkan berhala oleh Ishaq sudah termasuk batu hajar aswad.

Jika kedua oknum tuhan dari kedua bangsa (Yahudi dan Arab) ini menetapkan tempat pemujaannya sendiri pada dua kota yang berbeda, apakah mungkin berfaedah membicarakan roh mana yang menurunkan ayat Quran pada Muhammad? Apalagi dengan terang benderang tanpa keraguan Tuhan kaum Yahudi menyebut tuhan-tuhan negeri lain sebagai berhala. Tentu saja dapat diartikan lebih lanjut bahwa roh yang menginspirasi Muhamamd adalah roh berhala di Mekkah :lol:

Implikasi dari kedua perbandingan ini juga menjelaskan pada kita bahwa pengertian Esa dari pihak kaum Yahudi berbeda dengan pengertian Esa (Tawheed) Islamik.

Si CP pasti meraung tidak terima Allah swt dituduh berhala sama Tuhan kaum Yahudi.... :lol:

Pengertian Roh dalam Islam
Mirror 1: Pengertian Roh dalam Islam
Faithfreedompedia static
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5177
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby JANGAN GITU AH » Sun Mar 02, 2014 3:33 am

Ulangan 6:14
Janganlah kamu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa sekelilingmu,

Mazmur 96:5
Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah hampa, tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit.

1 Tawarikh 16:26
Sebab segala allah bangsa-bangsa adalah berhala, tetapi Tuhanlah yang menjadikan langit.

Dan apa kata Alquran tentang Allah swt, shid? Mau tahu??

nih.oleh-oleh dari AQ:

QS 27:91

إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ رَبَّ هَٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِي حَرَّمَهَا وَلَهُ كُلُّ شَيْءٍ ۖ وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ [٢٧:٩١]
Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

apa ya hubungan filosofi tersebut?
sementara sebelumnya ada pernyataan begini, shid??

2 Tawarikh 3:1
1 Salomo mulai mendirikan rumah TUHAN di Yerusalem di gunung Moria, di mana TUHAN menampakkan diri kepada Daud,


Pengertian Roh dalam Islam
Mirror 1: Pengertian Roh dalam Islam
Faithfreedompedia static
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5177
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Pengertian Roh dalam Islam

Postby fayhem_1 » Sun Mar 02, 2014 2:10 pm

Roh = Dorongan ?
Hahahahaha...
bilang aja langsung kalo roh itu = gerobak kan?
:lol:

CP wrote:Roh adalah Dorongan untuk Mengabdi (Beriman & Bertaqwa) kepada Tuhan Yang Maha Esa

Lantas bagi orang yang jahat yang ga beriman kepada alohswt itu ga punya roh ya ?
Kalo mereka mati, mereka ga jadi roh ya ?


CP=konyol
User avatar
fayhem_1
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 905
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm


Return to Quran & ISA Almasih, Injil



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users