. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Pembelaan bahwa Islam adalah ajaran dari Tuhan.

Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby kafirun_ali » Thu Oct 07, 2010 3:07 pm

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa beberapa penemuan yang mengubah peradaban dunia berasal dari para ilmuwan muslim.Para ilmuwan ini mempunyai kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan merupakan temuan awal sebelum dikembangkan oleh ilmuwan Barat lainnya.Penemuan-penemuan ilmuwan muslim ini sempat terlupakan oleh masyarakat dunia.Untuk itu sebuah Yayasan Sains, Teknologi dan Peradaban (The Foundation for Science Technology and Civilisation (FSTC) yang berpusat di London Mengadakan pameran untuk memperlihatkan dan menegaskan kepada publik tentang kontribusi peradaban non-barat yang sudah ada 1000 tahun yang lampau.

Apa saja penemuan-penemuan itu?

1. Operasi Bedah

Sekitar tahun 1000, seorang dokter Al Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis selama lebih dari 500 tahun.
Diantara banyak penemu, Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing menjadi benang jahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan.

2. Kopi

Saat ini warga dunia meminum sajian khas tersebut tetapi, kopi pertama kali dibuat di Yaman pada sekitar abad ke-9. Pada awalnya kopi membantu kaum sufi tetap terjaga ibadah larut malam. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajat yang kemudian kopi disukai oleh seluruh kerajaan. Pada abad ke-13 kopi menyeberang ke Turki, tetapi baru pada abad ke-16 ketika kacang mulai direbus di Eropa, kopi dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

3. Mesin Terbang

Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya. Di abad ke-9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung. Dalam percobaannya yang terkenal di
Cordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci ratusan tahun kemudian.

4. Universitas

Pada tahun 859 seorang putri muda bernama Fatima al-Firhi mendirikan sebuah universitas tingkat pertama di Fez Maroko. Saudara perempuannya Miriam mendirikan mas
jid indah secara bersamaan menjadi masjid dan universitas al-Qarawiyyin dan terus beroperasi selama 1.200 tahun kemudian. Hassani mengatakan dia berharap orang akan ingat bahwa belajar adalah inti utama tradisi Islam dan cerita tentang al-Firhi bersaudara akan menginspirasi wanita muslim di mana pun di dunia.

5. Aljabar

Kata aljabar berasal dari judul kitab matematikawan terkenal Persia abad ke-9 ‘Kitab al-Jabr Wal-Mugabala’, yang diterjemahkan ke dalam buku ‘The Book of Reasoning and Balancing’.
Membangun akar sistem Yunani dan Hindu, aljabar adalah sistem pemersatu untuk nomor rasional, nomor tidak rasional dan gelombang magnitudo. Matematikawan lainnya Al-Khwarizmi juga yang pertama kali memperkenalkan konsep angka menjadi bilangan yang bisa menjadi kekuatan.

6. Optik

“Banyak kemajuan penting dalam studi optik datang dari dunia muslm,” ujar Hassani. Diantara tahun 1.000 Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia melihat obyek dar
i refleksi cahaya dan masuk ke mata, mengacuhkan teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata sendiri. Fisikawan hebat muslim lainnya juga menemukan fenomena pengukuran kamera di mana dijelaskan bagaimana mata gambar dapat terlihat dengan koneksi antara optik dan otak.

7. Musik

Musisi muslim memiliki dampak signifikan di Eropa. Di antara banyak instrumen yang hadir ke Eropa melalui timur tengah adalah lute dan rahab, nenek moyang biola. Skala notasi musik modern juga dikatakan berasal dari alfabet Arab.

8. Sikat Gigi

Menurut Hassani, Nabi Muhammad SAW mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama kali pada tahun 600. Menggunakan ranting pohon Miswak, untuk membersihkan gigi dan menyegarkan napas.
Substansi kandungan di dalam Miswak juga digunakan dalam pasta gigi modern.

9. Engkol

Banyak dasar sistem otomatis modern pertama kali berasal dari dunia muslim, termasuk pemutar yang menghubungkan sistem. Dengan mengkonversi gerakan memutar dengan gerakan lurus, pemutar memungkinankan obyek berat terangkat relatif lebih mudah.
Teknologi tersebut ditemukan oleh Al-jazari pada abad ke-12, kemudian digunakan dalam penggunaan sepeda hingga kini

Sumber: inilah.com
kafirun_ali
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 72
Joined: Thu Sep 30, 2010 8:31 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby kafirun_ali » Thu Oct 07, 2010 3:15 pm

Apakah Bro2 sekalian ada yang berkeberatan mengenai informasi di atas?
kafirun_ali
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 72
Joined: Thu Sep 30, 2010 8:31 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby kafirun_ali » Thu Oct 07, 2010 3:30 pm

kafirun_ali
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 72
Joined: Thu Sep 30, 2010 8:31 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby kuta bali » Sat Oct 09, 2010 2:58 pm

Musik dilarang dalam islam bro.
kuta bali
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2187
Joined: Tue Mar 02, 2010 3:55 am

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby mbah.erott » Sat Oct 09, 2010 3:24 pm

Kami tidak pernah keberatan atas klaim sepihak anda, umat islam.
Islam memang rajanya ngibul kok.

Baca lagi dari sini : musclaim-9-penemuan-muslim-yang-mengguncang-dunia-t40819/?hilit=penemuan%20muslim%20islam#p657411

Ini bagian pentingnya :

1. Operasi Bedah
Konsep bedah yang paling kuno sudah ditemukan pada zaman neolitikum, operasi bedah ini melibatkan pelubangan tengkorak untuk mengatasi penyakit intrakranial. Bukti2 mengenai hal ini ditemukan melalui adanya tengkorak yang memiliki bekas tertentu dan melalui lukisan di gua2. Praktik operasi bedah yang lebih modern dapat ditemukan di mesir (pembuatan mumi), mesopotamia, dan india. Pada abad 10, Abu al-Qasim Khalaf ibn al-Abbas Al-Zahrawi, yang merupakan ahli bedah muslim yang dikatakan sebagai ahli bedah terkemuka saat itu memberikan kontribusi besar berupa rangkuman dari tehnik2 operasi yang pernah dipelajarinya


2. Kopi
Konon kopi berasal dari peradaban Oromo di ethiopia purba, namun saat itu mereka belum menggunakannya sebagai minuman. Dari sana, kopi menyebar hingga Yaman dan Mesir dan disanalah kopi mulai disajikan sebagai minuman. Sedangkan di Arab sendiri, mereka bukanlah penemu kopi, tapi merekalah yang menemukan cara penyajian kopi secara modern.


3. Mesin Terbang
Mesin terbang yang paling kuno ditemukan di yunani kuno, dibuat oleh Archytas pada 200 BC.... mesin itu berbentung seperti burung dan mampu terbang sampai 200 meter. Selanjutnya pada 180–234 AD, Zhuge Liang menemukan konsep balon udara. Pada abad ke-9, Ibn Firnas baru menemukan alat untuk terbang layang (glider) yang mampu meluncur hingga 200 meter.


4. Universitas.
Universitas pertama adalah akademi didirikan pada tahun 387 SM oleh filsuf Yunani Plato, di mana para siswanya diajari filsafat, matematika (Nah loh :chaong: ), dan olah raga.
berikutnya adl
* Universitas Magnaura di Konstantinopel dalam Kekaisaran Bizantium, sekarang Istanbul, Turki tahun 849 oleh bupati Bardas pada zaman Kaisar Michael III
* Universitas Preslav di Bulgaria dan Universitas Ohrid di Makedonia dalam Kekaisaran Bulgaria pada abad ke-9
* Universitas Bologna di Bologna, Italia (1088)
* Universitas Paris di Perancis dan Universitas Oxford di Inggris dalam masa Abad Pertengahan (sekitar abad ke-11 hingga 12) dengan pelajaran hukum, perobatan, dan teologi.

Salah satu universitas di Asia yang terkenal lainnya adalah Universitas Nalanda di Bihar, India, di mana filsuf Buddha abad ke-2 Nagarjuna berpusat.


5. Aljabar
Perhitungan, rumus, dan bilangan matematis yang paling kuno dapat ditemukan di China, India, dan Yunani kuno. Aljabar adalah rangkuman yang diilhami oleh penemuan diatas. Kata Aljabar ato Algebra sendiri disebutkan pertama kali Muhammad ibn Mūsā al-Khwārizmī, dia juga menyebut perhitungan china, india, dan yunani kuno tersebut dengan sebutan aljabar china, aljabar india, dan aljabar yunani.


6. Optik
Penemuan optik dimulai sejak zaman mesir dan mesopotamia kuni melalui penemuan lensa, yang dibuat dari kristal kuarsa, sejak zaman Assyria kuno (700 BC) mulai ditemukan lensa layard / nimrud. Zaman segitu mah bangsa mesir dan mesopotamia masih nyembah dewa dewi :D


7. Musik
Kebetulan banyak instrumen musik telah ditemukan di china dan diperkirakan berasal dari 6000-7000 BC.
well... bila yang dimaksud adalah penemuan notasi musik..... notasi musik yang paling kuno ditemukan di nippur, irak diperkirakan berasal dari 2000 BC, dan zaman itu negara irak dikuasai oleh Mesopotamia, Sumer, Akkadian, Babylonia, dan Assyria secara silih berganti... dan tentunya mereka menyembah dewa dewi. Terlebih lagi musik dilarang dalam Islam, karena dianggap memabukkan dan dapat melupakan Allah :rofl:


8. Sikat Gigi
Sikat gigi kuno yang terbuat dari bulu hewan, kayu, dan tulang telah ditemukan sejak zaman 3000 BC. Seiring dengan berkembangnya zaman, bangsa india kuno mengenalkan pasta gigi dari obat2an mereka, dan tentu saja pada zaman itu nabi muhammad sekalipun belum lahir.


9. Engkol / Crank
Telah ditemukan pada 500 BC di Celtic, telah menyebar dan banyak digunakan oleh kekaisaran Roma sebagai mekanisme pemotongan kayu dan batu sekaligus untuk kincir air. Yang dilakukan oleh Al-jazari adalah menambahkan poros engkol pada engkol.

dan ini pesan saya :
wongjowo wrote:Image
Klo ngibul muslim memang rajanya... :finga:
User avatar
mbah.erott
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2731
Joined: Sat Aug 14, 2010 12:33 pm
Location: Iran, lagi ngegedein petasan di tangan ane jadi rudal Shahab-5 buat Ahmadinejad

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby tacnol » Sat Oct 09, 2010 5:17 pm

begitu bangganya dengan kebohongan....
dari dulu sampai sekarang yang bisa di ciptakan M adalah terror dan ketakutan
User avatar
tacnol
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 66
Joined: Sat Jun 12, 2010 3:55 pm
Location: rose alley

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby jilbabbergranat » Wed Nov 03, 2010 1:45 am

tacnol wrote:begitu bangganya dengan kebohongan....
dari dulu sampai sekarang yang bisa di ciptakan M adalah terror dan ketakutan


nggak cuman itu loh....
muslim juga pinter bikin taqiya...... ngga ada abisnya kalo ngibul :rofl:

eh ngga cuman itu juga....
muslim juga pinter kalo soal bikin anak..... uda kaya pabrik aja :rofl:
jilbabbergranat
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 88
Joined: Thu Aug 19, 2010 7:56 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby papierkorb » Tue Apr 05, 2011 9:54 pm

jgn lupa sex toys Dildo jg di temukan oleh arab :rofl: :turban: :rolling: :rolling:
User avatar
papierkorb
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 552
Joined: Wed Mar 30, 2011 6:24 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby fanaticus » Sun Apr 10, 2011 1:33 am

Ada, penemuan Jin Gua Hira oleh mohamed, benar-benar mengubah peradaban dunia. :supz:
User avatar
fanaticus
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 575
Joined: Fri Oct 29, 2010 11:37 pm

RAPAT PARIPORNO PKS

Postby kuta bali » Sun Apr 10, 2011 5:29 am

Penemuan terbaru yang mengguncang Indonesia adalah RAPAT PARIPORNO PKS!!!

Image

Image

Image

Image
kuta bali
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2187
Joined: Tue Mar 02, 2010 3:55 am

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby harahap » Thu Apr 14, 2011 3:11 am

kamera tembus pandang jg
buat liat wajah cewe,
gmn kl ternyata berkumis,
kan gak keliatan
User avatar
harahap
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2123
Joined: Mon Sep 27, 2010 12:09 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby silent » Mon May 02, 2011 10:06 pm

penemuan yang mengubah peradaban?
hmmhmm apa yah? #-o #-o

hah! Pedang ZULFIKAR! Image
User avatar
silent
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 131
Joined: Thu Jan 27, 2011 2:48 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby Calo » Sun May 29, 2011 4:04 pm

Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban

Image

Image

Image
PERCAYALAH...!!!

:rolling:
User avatar
Calo
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1510
Joined: Sun Sep 30, 2007 3:08 am

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby ex-lurker » Fri Aug 05, 2011 5:56 pm

mungkin tekhnik cuci otak manusia.
User avatar
ex-lurker
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 23
Joined: Mon Dec 06, 2010 7:56 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby lronaldo7 » Fri Aug 05, 2011 6:25 pm

arab itu emang paling jago nipu dan plagiat., quran aj tau..

quran : sura 9: 90, 97, 101, 120.
sura 48: 11 & 16 plus sura 49 : 14

Lah., dewa bulannya Arab aja niru dari Mesir Kuno., yang dewa bulannya dulunya namanya juga Lah..
http://www.touregypt.net/featurestories/yah.htm

anw., ritual kabba' ud diprotes sama hindu tuhh katanya nyontek dari temple of shiva'..
silakan google youtube videonya uda banyak..
Gb all
lronaldo7
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 22
Joined: Tue Aug 02, 2011 3:15 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby Berto@ » Fri Aug 05, 2011 9:14 pm

saudar-saudara kafir sudahlah kita haru mengakui bahwa islam itu adalah agama penyempurna















KEBOHONGAN :lol:
User avatar
Berto@
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 747
Joined: Thu May 05, 2011 1:27 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby Afand » Wed Aug 10, 2011 9:41 pm

mbah.erott wrote:Islam memang rajanya ngibul kok.
Umat Islam dilarang oleh agamanya untuk ngibul / bohong / menipu /dusta

Salah satu yang harus diikuti oleh umat Islam agar tidak bohong adalah
Dari Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Hendaklah kalian selalu melakukan kebenaran, karena kebenaran akan menuntun kepada kebaikan, dan kebaikan itu menuntun ke surga. Jika seseorang selalu berbuat benar dan bersungguh dengan kebenaran, ia akan ditulis di sisi Allah sebagai orang yang sangat benar. Jauhkanlah dirimu dari bohong, karena bohong akan menuntun kepada kedurhakaan, dan durhaka itu menuntun ke neraka. Jika seseorang selalu bohong dan bersungguh-sungguh dengan kebohongan, ia akan ditulis di sisi Allah sebagai orang yang sangat pembohong." Muttafaq Alaihi.

Dalam Al Quran juga banyak disebut larangan dusta salah satunya: وَاجْتَنِبُوا قَوْلَ الزُّورِ (dan jauhilah perkataan-perkataan dusta)

Ok, coba tunjukkan sesuatu yang mengharuskan kafir tidak boleh ngibul?
Afand
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 414
Joined: Mon Aug 08, 2011 12:44 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby mamadkafirun » Wed Aug 10, 2011 10:29 pm

Nih deh untuk menghibur si Afand dan muslim lainnya yang saya ambil DARI SINI
mamadkafirun wrote:Image
Sebenarnya sangatlah sulit untuk mencari bidang ilmu pengetahuan yang tidak berhutang budi kepada para Ilmuwan Islam. Karena sejak seribu tahun yang lalu, ketika umat muslim adalah pembawa obor pengetahuan pada zaman kegelapan. Mereka menciptakan peradaban Islam, didorong oleh penelitian dan penemuan ilmiah, yang membuat bagian dunia lainnya iri selama berabad-abad.

Dalam kata-kata Carli Fiorina, seorang CEO Hewlett Packard yang visioner dan berbakat tinggi, ia berkata “Adalah para arsitek yang mendesign bangunan-bangunan yang mampu melawan gravitasi. Adalah para matematikawan yang menciptakan al-jabar dan al-goritma yang dengannya komputer dan enkripsi data dapat tercipta. Adalah para dokter yang memeriksa tubuh manusia, dan menemukan obat baru untuk penyakit. Adalah para astronom yang melihat ke langit, memberi nama bintang-bintang, dan membuka jalan bagi perjalanan dan eksplorasi antariksa. Adalah para sastrawan yang menciptakan ribuan kisah; kisah-kisah perjuangan, percintaan dan keajaiban. Ketika negeri lain takut akan gagasan-gagasan, peradaban ini berkembang pesat dengannya dan membuat mereka penuh energi. Ketika ilmu pengetahuan terancam dihapus akibat penyensoran oleh peradaban sebelumnya, peradaban ini menjaga ilmu pengetahuan tetap hidup, dan menyebarkannya kepada peradaban lain. Tatkala peradaban Barat modern sedang berbagi pengetahuan ini, peradaban yang sedang saya bicarakan ini adalah dunia Islam bermula pada tahun 800 hingga 1600 M, yang termasuk di dalamnya dinasti Ottoman dan kota Baghdad, damaskus dan Kairo, dan penguasa agung seperti Sulaiman yang bijak. Walaupun kita sering kali tidak menyadari hutang budi kita kepada peradaban ini, sumbangsihnya merupakan bagian dasar dari kebudayaan kita. Teknologi industri tidak akan pernah hadir tanpa kontribusi para matematikawan Arab (Islam)”

Di bawah ini adalah daftar singkat – tanpa bermaksud menyatakannya sebagai yang terlengkap – para ilmuwan dan cendikiawan muslim dari abad 8 hingga abad ke 15 Masehi.

1. 701 (Meninggal) – Khalid Ibn Yazeed = Ilmuwan kimia
2. 740 – Al-Asma’i = Ahli ilmu hewan, ahli tumbuh-tumbuhan, ahli pertanian
3. 776-868 – Amr Ibn Bahr al-Jahiz = Ahli ilmu hewan
4. 780 – Al-Khwarizmi (Algorizm) = Matematika (Aljabar, Kalkulus), Astronomi
5. 721-803 – Jabir Ibn Haiyan = Ilmuwan kimia (Seorang ilmuwan kimia muslim populer)
6. 780 – Al-Khwarizmi (Algorizm) = Matematika (Aljabar, Kalkulus), Astronomi
7. 796 (Meninggal) – Al-Fazari, Ibrahim Ibn Habib = Astronomi
8. 789 (lahir) – Abul-Hasan Ali ibn Nafi (Ziryab) = Musik, design, Fashion, Sastra, Arsitek
9. 800 – Ibn Ishaq Al-Kindi (Alkindus) = Kedokteran, Filsafat, Fisika, Optik
10. 815 – Al-Dinawari, Abu Hanifa Ahmed Ibn dawud = Matematika, Sastra
11. 816 – Al Balkhi = Ilmu Bumi (Geography)
12. 836 – Thabit Ibn Qurrah (Thebit) = Astronomi, Mekanik, Geometri, Anatomi
13. 838-870 – Ali Ibn Rabban Al-Tabari = Kedokteran, Matematika
14. 838-870 – Ali Ibn Rabban Al-Tabari = Kedokteran, Matematika
15. 852 – Al Battani Abu Abdillah = Matematika, Astronomi, Insinyur
16. 857 – Ibn Masawaih You’hanna = Kedokteran
17. 858-929 – Abu Abdullah Al Battani (Albategnius) = Astronomi, Matematika
18. 860 – Al-Farghani, Abu al-Abbas (Al-Fraganus) = Astronomy, Tehnik Sipil
19. 864-930 – Al-Razi (Rhazes) = Kedokteran, Ilmu Kedokteran Mata, Ilmu Kimia
20. 973 (Meninggal) – Al-Kindi = Fisika, Optik, Ilmu Logam, Ilmu Kelautan, Filsafat
21. 888 (Meninggal) – Abbas Ibn Firnas = Mekanika, Ilmu Planet, Kristal Semu
22. 903-986 – Al-Sufi (Azophi) = Astronomi
23. 908 – Thabit Ibn Qurrah = Kedokteran, Insinyur
24. 923 (Meninggal) – Al-Nirizi, AlFadl Ibn Ahmed (Altibrizi) = Matematika, Astronomi
25. 912 (Meninggal) – Al-Tamimi Muhammad Ibn Amyal (Attmimi) = Ilmu Kimia
26. 930 – Ibn Miskawayh, Ahmed Abu Ali = Kedokteran, Ilmu Kimia
27. 932 – Ahmed Al-Tabari = Kedokteran
28. 934 – Al-Istakhr II = Ilmu Bumi (Peta Bumi)
29. 936-1013 – Abu Al-Qosim Al-Zahravi (Albucasis) = Ilmu Bedah, Kedokteran
30. 940-997 – Abu Wafa Muhammad Al-Buzjani = Matematika, Astronomi, Geometri
31. 943 – Ibn Hawqal = Ilmu Bumi (Peta dunia)
32. 950 – Al Majrett’ti Abu al-Qosim = Astronomi, Ilmu Kimia, Matematika
33. 958 (Meninggal) – Abul Hasan Ali al-Mas’udi = Ilmu Bumi, Sejarah
34. 960 (Meninggal) – Ibn Wahshiyh, Abu Bakar = Ilmu Kimia, Ilmu Tumbuh-tumbuhan
35. 965-1040 – Ibn Al-Haitham (Alhazen) = Fisika, Optik, Matematika
36. 973-1048 – Abu Rayhan Al-Biruni = Astronomy, Matematika, Sejarah, Sastra
37. 976 – Ibn Abil Ashath = Kedokteran
38. 980-1037 – Ibn Sina (Avicenna) = Kedokteran, Filsafat, Matematika, Astronomi
39. 983 – Ikhwan A-Safa (Assafa) = (Kelompok Ilmuwan Muslim)
40. 1001 – Ibn Wardi = Ilmu Bumi (Peta dunia)
41. 1008 (Meninggal) – Ibn Yunus = Astronomy, Matematika.
42. 1019 – Al-Hasib Alkarji = Matematika
43. 1029-1087– Al-Zarqali (Arzachel) = Matematika, Astronomi, Syair
44. 1044– Omar Al-Khayyam = Matematika, Astronomi, Penyair
45. 1060 (Meninggal) – Ali Ibn Ridwan Abu Hassan Ali = Kedokteran
46. 1077– Ibn Abi Sadia Abul Qasim = Kedokteran
47. 1090-1161 – Ibn Zuhr (Avenzoar) = Ilmu Bedah, Kedokteran
48. 1095 – Ibn Bajah, Mohammed Ibn Yahya (Avenpace) = Astronomi, Kedokteran
49. 1095 – Ibn Bajah, Mohammed Ibn Yahya (Avenpace) = Astronomi, Kedokteran
50. 1097 – Ibn Al-Baitar diauddin (Bitar) = Ilmu Tumbuh-Tumbuhan, Kedokteran
51. 1099 – Al-Idrisi (Dreses) = Ilmu Bumi (Geography), Ahli Ilmu Hewan, Peta dunia (Peta Pertama)
52. 1110-1185 – Ibn Tufayl, Abubacer Al-Qaysi = Filosofi, Kedokteran
53. 1120 (Meninggal) – Al-Tuhra-ee, Al-Husain Ibn Ali = Ahli Kimia, Penyair
54. 1128 – Ibn Rushd (Averroe’s) = Filosofi, Kedokteran, Astronomi
55. 1135 – Ibn Maymun, Musa (Maimonides) = Kedokteran, Filosofi
56. 1136 – 1206 – Al-Razaz Al-Jazari = Astronomi, Seni, Insinyur mekanik
57. 1140 – Al-Badee Al-Ustralabi = Astronomi, Matematika
58. 1155 (Meningal) – Abdel-al Rahman al Khazin = Astronomi
59. 1162 – Al Baghdadi, Abdel-Lateef Muwaffaq = Kedokteran, Ahli Bumi (Geography)
60. 1165 – Ibn A-Rumiyyah Abul’Abbas (Annabati) = Ahli Tumbuh-tumbuhan
61. 1173 – Rasheed Al-Deen Al-Suri = Ahli Tumbuh-tumbuhan
62. 1180 – Al-Samawal = Matematika
63. 1184 – Al-Tifashi, Shihabud-Deen (Attifashi) = Ahli Logam, Ahli Batu-batuan
64. 1201-1274 – Nasir Al-Din Al-Tusi = Astronomi, Non-Euclidean Geometri
65. 1203 – Ibn Abi-Usaibi’ah, Muwaffaq Al-Din = Kedokteran
66. 1204 (Meninggal) – Al-Bitruji (Alpetragius) = Astronomi
67. 1213-1288 – Ibn Al-Nafis damishqui = Astronomi
68. 1236 – Kutb Aldeen Al-Shirazi = Astronomi, Ilmu Bumi (Geography)
69. 1248 (Meninggal) * Ibn Al-Baitar = Farmasi, Ahli Tumbuh-tumbuhan (Botany)
70. 1258 – Ibn Al-Banna (Al Murrakishi), Azdi = Kedokteran, Matematika
71. 1262 – Abu al-Fath Abd al-Rahman al-Khazini = Fisika, Astronomi
72. 1273-1331 – Al-Fida (Abdulfeda) = Astronomi, Ilmu Bumi (Geography)
73. 1360 – Ibn Al-Shater Al dimashqi = Astronomi, Matematika
74. 1320 (Meninggal) – Al Farisi Kamalud-deen Abul-Hassan = Astronomy, Fisika
75. 1341 (Meninggal) – Al Jildaki, Muhammad Ibn Aidamer = Ilmu Kimia
76. 1351 – Ibn Al-Majdi, Abu Abbas Ibn Tanbugha = Matematika, Astronomi
77. 1359 – Ibn Al-Magdi, Shihab Udden Ibn Tanbugha = Matematika, Astronomi
78. 1375 (Meninggal) – Ibn al-Shatir = Astronomi
79. 1393-1449 – Ulugh Beg = Astronomi
80. 1424 – Ghiyath al-Din al Kashani = Analisis Numerikal, Perhitungan

Selain itu, berikut juga diberikan beberapa contoh hasil karya dari para ilmuwan dan cendikiawan Muslim yang dulu pernah mereka berikan bagi kemajuan peradaban umat manusia hingga sekarang ini;

Image
Gambar 1. Ilustrasi jenis hewan di dalam kitab Al-Hayawan (776-868 M)
[Kitab al-Hayawan adalah sebuah kitab yang berisi ensklopedia berbagai jenis binatang karya ahli ilmu hewan muslim al-Jahiz. Pada kitab ini al-Jahiz memaparkan berbagai macam teori, salah satunya mengenai interaksi antara hewan dengan lingkungannya]

Image
Gambar 2. Peta dunia karya Al-Idrisi pada tahun 1154 M

Image
Gambar 3. Sketsa otomatisasi menggunakan air karya Al-Razaz Al-Jazari (1136 – 1206 M)

Image
Gambar 4. Ilustrasi mesin pengangkat air dari abad 13 M

Image
Gambar 5. Ilustrasi pergerakan fase bulan karya Abu Rayhan Al-Biruni (973-1048 M)

Image
Gambar 6. Ilustrasi sebuah torpedo pada manuskrip Al-Rammah abad 14

Image
Gambar 7. Sketsa astronom muslim Ibn al-Shatir (1304-1375 M) tentang pergerakan planet Merkurius

Image
Gambar 8. Kitab Al-Jabr karya Al-Khawarismi (780-850 M)

Image
Gambar 9. Bab, Mata dalam kitab Qanun fi Thib atau The Canon of Medicine karya Ibnu Sina (980-1037 M)

Image
Gambar 10. Anatomy tubuh manusia karya Ibnu Sina (980-1037 M)

Image
Gambar 11. Astrolobium dari abad 12 M

Image
Gambar 12. Ilustrasi sebuah Observatorium tahun 1262 M

Image
Gambar 13. Salah satu “Usmans Fermans” atau sertifikat tanah di masa Kekhalifahan Utsmaniyah (1512- 1924 M) sebagai jaminan dan perlindungan

Image
Gambar 14. Irigasi bawah tanah (Qanat) abad ke 8 M

Image
Gambar 15. Ziryab sebagai ikon mode umat Muslim abad 8 M
[Nama aslinya adalah Abul-Hasan Ali ibn Nafi atau yang lebih dikenal dengan nama Ziryab. Sosok pria kelahiran Irak tahun 789 M ini mendapatkan namanya karena karakter suaranya yang melodius dan warna kulitnya yang gelap. Ziryab bukan hanya merombak musik namun juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap gaya hidup dan cara berpakaian manusia di abad pertengahan].

Saudaraku sekalian, dengan deretan ilmuwan muslim seperti itu, tidaklah sulit untuk menyetujui apa yang dikatakan George Sarton, ”Tugas utama kemanusian telah dicapai oleh para muslim. Filosof terbaik, Al-Farabi adalah seorang muslim. Matematikawan terbaik Abul Kamil dan Al-Khawarismi adalah muslim. Bapak kedokteran dunia yaitu Ibn Sina adalah seorang ulama muslim. Ahli geography (Ilmu Bumi) dan ensklopedia terbaik Al-Masudi adalah seorang muslim dan Al-Tabari ahli sejarah terbaik juga seorang muslim.

Sejarah sebelum Islam dipenuhi dengan perkiraan-perkiraan, desas-desus dan mitos-mitos. Adalah seorang ahli sejarah muslim yang pertama kali memperkenalkan metode sanad dan matan yang melacak keaslian dan keutuhan sebuah informasi langsung dari saksi mata. Menurut seorang ahli sejarah Bucla “Metode ini belumlah dipraktekkan oleh Eropa sebelum tahun 1597 M.” Metode lainnya: adalah penelitian sejarah bersumber dari ahli sejarah terkemuka yatiu Ibn Khaldun. Pengarang dari Kashfuz Zunun memberikan daftar 1300 buku-buku sejarah yang ditulis dalam bahasa Arab pada masa beberapa abad sejak munculnya Islam.

Sekarang lihatlah dunia kaum muslim. Kapankah Anda terakhir kali mendengar seorang muslim memenangkan hadiah Nobel dalam bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran? Bagaimana dengan publikasi ilmiah? Sayangnya, Anda tidak akan menemukan banyak nama kaum Muslim dalam bidang ilmu pengetahuan dan makalah-makalah ilmiah. Apa yang kurang? Alasan apa yang kita miliki? Andalah yang bisa menjawabnya.

http://www.menjelma.com/2011/05/fakta-p ... -obor.html

Kasihan slimers tukang ngaku-ngaku sebagai pelopor dari ilmu pengetahuan dunia :goodman:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby Bento » Wed Aug 10, 2011 10:46 pm

Afand wrote: Umat Islam dilarang oleh agamanya untuk ngibul / bohong / menipu /dusta

Awloh adalah penipu (QS. 3:54)

Awloh membukakan pintu bagi sumpah palsu yang bisa dihapus dengan materi (QS. 5:89)

Awloh mencontohkan penipuan jumlah musuh dalam mimpinya muhammad (QS. 8:43)
Bento
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 294
Joined: Tue Feb 03, 2009 8:46 pm

Re: Penemuan - Penemuan Ilmuwan Muslim Yang Mengubah Peradaban D

Postby Kongming » Wed Aug 10, 2011 10:51 pm

Bento wrote:Awloh adalah penipu (QS. 3:54)

Awloh membukakan pintu bagi sumpah palsu yang bisa dihapus dengan materi (QS. 5:89)

Awloh mencontohkan penipuan jumlah musuh dalam mimpinya muhammad (QS. 8:43)

Lengkapnya ade di sini cuy : berbohong-ala-islam-taqiyya-taqqiya-takiyah-t37317/page20.html

Baca halaman 1 ya... :drinkers:
Kongming
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 400
Joined: Sun Aug 07, 2011 8:39 am
Location: Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250

Next

Return to Pembelaan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Google [Bot]