. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Nikah beda agama, bolehkah??

Benturan dan bentrokan antara Islam dengan agama-agama dan peradaban lain di seluruh penjuru dunia.

Postby Luv_Pink » Fri Jun 20, 2008 11:28 pm

bisa aja.. gak masalah, tinggal sepakat mau pake upacara agama apa, islam or kristen, habis niak, silakan menganut agama yang dipilih masing2, ya itu sih kalo islam nya ngijinin.. tau ndiri lah islam.. paling sebel kalo ada yang beda
User avatar
Luv_Pink
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1401
Joined: Wed Jan 03, 2007 3:51 pm
Location: C:\Private Room

Postby audy_valentine » Sat Jun 21, 2008 1:47 pm

Boleh aja, tapi akibat tanggung sendiri :lol:
User avatar
audy_valentine
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Re: Nikah beda agama, bolehkah??

Postby sigabang » Fri Nov 12, 2010 2:49 pm

saya seorang muslim yang taat,sewaktu kecil ayah saya selalu mengajarkan agama sehingga saya sedikit
berbeda dengan teman-teman,seumur hidup saya saya menghindari menghina orang lain.saya tidak suka
berbohong.saya berusaha menepati janji.saya menghindari korupsi.saya tidak pernah ketempat prostitusi
tidak pernah minum minuman keras,tidak menggunakan narkotika,tidak merokok(maaf).

setelah dewasa saya mempelajari alquran,dikarenakan saya tidak bisa bahasa arab,maka saya menggunakan
terjemah dan tafsir yang ada untuk memahami alquran.dimanasaya menemukan keindahan alquran bukan dari
segi seni dan pelafalan.melainkan ilmu pengetahuan dan sistematika.keteraturan dan kebersihan alquran
dari kontradiksi ayat-ayat.

namun saya mempunyai pacar seorang wanita ahli kitab.saya sangat mencintai begitupun dia.kami sudah
menjalaninya selama 3 tahun.namun ketika saya mengutarakan maksud saya kepada orang tua saya.mereka
tidak merestuinya.mereka melarang saya berdasarkan keputusan MUI.namun merujuk kepada alquran bahwa

surat almaidah ayat 5:menghalalkan pernikahan laki2 muslim dengan wanita ahli kitab.
sedangkan pernikahan beda agama yang dilarang dalam islam adalah pernikahan dengan wanita musyrik.
berdasarkan surat albaqrah 221.

beberapa anggapan yang menolak pernikahan beda agama sebagai berikut:

pertanyaan:

1.sebagian ulama menyamakan musrik dengan ahli kitab.
karena dikatakan bahwa ahli kitab termasuk musrik
jadi yang dimaksud albaqarah 221.juga melingkupi ahli kitab.

2.sebagian ulama mengatakan bahwa ahli kitab yang dimaksud surat almaidah ayat 5 adalah ahli kitab
yang masih menganut paham monotheisme.sebagaimana pendeta bukhaira yang menunjukan tanda-tanda
kenabian muhammad.

3.sebagian ulama mengatakan bahwa pernikahan laki2 muslim dgn wanita ahli kitab lebih banyak mudharat
daripada mshalahat.

4.At-tahrim ayat 6,dimana setiap muslim harus menjaga diri dan keluarganya dari api neraka

5.secara fiqih itu haram

jawab:

1.menyamakan ahli kitab dengan orang musyrik sungguh tidak berdasar.berdasarkan surat al-bayinah ayat 1
maka,allah membedakan harkat dan martabat orang musurik dan ahli kitab meskipun keduanya kafir.
jika tidak sama,maka sudah tentu yang dimaksud surat 221 tentu bukan ahli kitab.

jelaskan?

2.pada surat al bayinah ayat 1-10 jelas2 diterangkan bahwa pada jaman nabi sudah ada kristen sesat bukan
jaman sekarang aja.di alquran disebutkan ada dua golongan ahli kitab yang harkat dan martabatnya tidak
disamakan oleh allah.yaitu ahli kitab yang kafir(trinitas) dan ahli kitab yang muslim(monotheisme,arianisme)
kemudian ada yang bertanya,bagaimana kita tahu surat almaidah ayat 5 menunjuk kepada ahli kitab yang kafir
atau yang muslim?jika kita ingin tahu jawabanya,cuma 1 caranya.bacalah surat almaidah ayat 5 sampai habis
jangan setengah setengah!.kalimat terakhir berbunyi."maka barang siapa yang kafir sesudah beriman maka
hapuslah pahalanya dan di akhirat termsuk orang2 yang merugi".
Allah subhanallah menyadari betul konsekuensi menghalalkan hubungan hambanya yang shaleh dengan wanita
ahli kitab.makanya dengan kasih sayangnya dia berkata.hati2 jangan sampai kamu terpengaruh istrimu
karena jika kamu sampai terpengaruh(murtad) maka hapus pahalamu.

jelaskan?

3.saya bertanya pada anda jika anda seorang muslim.kalau allah mengharamkan makan babi sapa yang tanggung
rejeki anda ketika anda di tengah hutan hanya melihat babi?Allah!!!

saya bertanya kepada anda siapa yang menyelamatkan anda,ketika anda di rusia,dimana suhu dibawah 0 derajat.
kemudian allah mengharamkananda meminum khamar padahal kalau anda tidak minum tanpa baju dingin 95%
anda pasti mati?Allah!!!

lalu anda mencoba coba merubah sesuatu yang halal jadi haram dan haram jadi halal dengan akal anda?

anda mengatakan ini lebih banyak mudharat lalu andabilang itu haram?siapakah anda?kalau mau mudharat
anda tidak makan babi berdasarkan kasus diatas jauh lebih mudharat,anda tidak minum khamar berdasrkan
kasus diatas jauh lebih mudharat.


4.Anda tahu nabi NUH?anak dan istrinya kafir kemudian tenggelam dalam banjir besar.
Anda tahu nabi luth? istrinya kafir lalu kotanya dibumi hanguskan.
Anda tahu nabi ibrahim? bapaknya sendiri kafir.
Anda tentu kenalnabi muhammad?pamannya sendri kafir diwaktu sakaratul maut.

lalu anda bilang nuh,luth,ibrahim dan muhammad masuk neraka?anda bilang tidak terhormat?

tahukah anda keempat nabi ini selalu menangis memohon ampun kepada allah agar orang td mendapat
hidayah?

lalu tahukah anda apa jawab allah?

Al-Qashash 5-6:

"sesungguhnya kamu tidak akan bisa memberi petunjuk kepada orang2 yang kamu kasihi
melainkan allah memberi petunjuk kepada siapa dia menghendaki,dan allah tidak menyesatkan melainkan orang
orang yang dzalim"

lalu allah menyuruh kita untuk tidak memaksakan keyakinan kita.Al-kafiruun 1-6



5.saya tanya syarat sah menikah apa?

cuma 4!!!!! gak pake tambah gak pake kurang!!!!

1.ada wali dari pihak wanita yang beragama islam(cari keluarga terdekat yang islam meskipun bukan ayahnya)
2.ada saksi
3.ijab kabul + mahar
4.ada pengantin pria dan wanita

kurang tidak sah lebih anda bid'ah !!!!!

lalu di hadist ada cerita kalau mau menikah ucap dua kalimat syahadat?
betul tidak salah!!!

waktu itu yang wanita muslim dan yang pria adalah musrik sehingga dia masuk islam dahulu lalu
kata nabi muhammad keislaman dia(musrik) adalah maharnya.karena tidak ada ayat alquran yang
mengijinkan wanita muslim dengan pria non muslim.tidak ada.leher saya taruhannya.



secara fiqih:

orang yang menghalalkan apa-apa yang diharamkan allah dan mengharamkan apa-apa yang dihalalkan allah
adalah orang kafir !!!!!

========================================================================================================

saya mohon bantuan teman2 yang bisa membantu saya,karena saya tidak pernah takut sama manusia kecuali
kedua orang tua saya.

mohon tanggapan melalui email saya.


:(
sigabang
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 1
Joined: Fri Nov 12, 2010 2:42 pm

Re: Nikah beda agama, bolehkah??

Postby embun » Mon Nov 29, 2010 5:43 pm

sigabang wrote:saya mohon bantuan teman2 yang bisa membantu saya,karena saya tidak pernah takut sama manusia kecuali
kedua orang tua saya.
mohon tanggapan melalui email saya.:(


silakan baca pernikahan beda agama itu dilarang oleh islam di thread Perkawinan Beda Agama: Sebuah Kemungkinan???berdasar sumber MEDIA MUSLIM sendiri Republika hukumnya HARAM menikah beda agama !!!!
tuanku/dorama/key/rose mode ON
PAHAM...!! NGERTII....!!!BACAA....!!!! :green:
User avatar
embun
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 743
Joined: Thu Nov 04, 2010 8:23 am
Location: diatas daun di pagi hari

Re: Nikah beda agama, bolehkah??

Postby Broni » Sun Sep 04, 2011 11:34 am

Ini menurut pendapat saya sendiri ya... :rock:

Andaipun diperbolehkan, bagi non muslim sebaiknya jangan sampai menikah DENGAN MUSLIM/MUSLIMAH! Sedikit banyak ajaran menjijikan dari Islam sudah pasti mengkorupsi standar moral, nurani dan etikanya muslim/muslimah. Paling sedikit mereka memuja Muhammad dan pura-pura tidak tahu perilaku bejad nabinya juga tentang acak-adutnya pengajaran moralitas di alquran, hanya karena takut api neraka. Karena hal ini hampir semua dari mereka memiliki sifat victim mentality. \:D/

Apakah non muslim mau mendidik seumur-hidup calon pasangan yang sudah dicuci-otak dari kecil oleh pengajaran busuk Islam? Jika sudah terlanjur cinta, inilah tugas non muslim selanjutnya, membersihkan racun-racun Islam dari hati pasangan seumur-hidup/sampai sadar dan meninggalkan agamanya. Atau non muslim akan beresiko teracuni moralitas ala Islam. :rolleyes: :toimonster:

Jauh lebih baik berusaha menyadarkan dulu calon pasangannya. Gunakanlah forum FFI ini secara halus sampai terang-terangan sampai calon pasangan murtad. Lalu sementara back-street dari mertua muslim kalau tidak mendapat restu (yang saya yakin restu sulitnya bukan main). Pertahankan keluarga inti, jangan sampai anak-anak menerima pengajaran/pengaruh dari Islam. Sekolahkan ke sekolah non muslim/non negri. Jauhkan dari kakek-neneknya yang muslim. Buat proyek jangka panjang untuk memurtadkan mertua muslim, atau paling tidak sampai mendapatkan restu yang tulus dan agama/moralitas anak-anak tidak diutak-atik oleh mereka. Kalau bisa, tinggallah jauh dari tetangga/lingkungan dari masa-kecil supaya tidak ada tetangga yang usil dengan urusan agama dan supaya mertua muslim juga dapat hidup tenang, kalau perlu rahasiakan pernikahan beda agamanya. Katakan saja pernikahannya sama agama (memang benar sama agama asal sama-sama bukan Islam :green: ).

Semua pendapat di atas berdasarkan pengalaman pribadi yang ingin menikahi muslimah tapi gagal...... :rolling:

Salam :turban:
Broni
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 46
Joined: Tue Jan 20, 2009 8:40 pm

Re: Nikah beda agama, bolehkah??

Postby kata_holos » Thu Oct 13, 2011 11:44 pm

sigabang wrote:setelah dewasa saya mempelajari alquran,dikarenakan saya tidak bisa bahasa arab,maka saya menggunakan
terjemah dan tafsir yang ada untuk memahami alquran.dimanasaya menemukan keindahan alquran bukan dari
segi seni dan pelafalan.melainkan ilmu pengetahuan dan sistematika.keteraturan dan kebersihan alquran
dari kontradiksi ayat-ayat
.


Dalam agama Islam, terdapat dua aliran yang memberikan pandangan mengenai hal ini.
Aliran yang pertama menyatakan bahwa dimungkinkan adanya perkawinan beda agama.
Hanya saja hal ini dapat dilakukan jika pihak pria beragama Islam, sementara pihak perempuan beragama non-islam (Al Maidah(5):5). Jika kemudian kondisinya sebaliknya, maka menurut aliran ini, perkawinan beda agama tidak dapat dilakukan (Al Baqarah(2):221).
Di sisi yang lain, aliran yang satunya lagi menyatakan bahwa dalam agama Islam, apapun kondisinya, perkawinan beda agama tidak dapat dilakukan (Al-Baqarah [2]:221).

dalam satu hal saja udah kontradiksi kau bilang bersih dari kontradiksi.
klo mau liat kontradiksi lain dan arti ayat-ayat yang sebenarnya (terjemahan Indonesia khan udah dipermanis, AL QURAN BER AZAS PANCASILA)
yah jalan2 aja di FFI mudah2an Anda jadi Murtad.

klo anda tetep memilih ISLAM. Yah selamat selamat berpusing-pusing dan berbingung-bingung ria aja.

ISLAM TERNYATA TIDAK HANYA KEJAM PADA NON MUSLIM TAPI KEPADA UMAT MUSLIM YANG SEDANG JATUH CINTA JUGA.
KACIAN DECH LU!
kata_holos
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 298
Joined: Tue Oct 04, 2011 2:03 pm

Re: Nikah beda agama, bolehkah??

Postby kilimanjaro78 » Fri Oct 14, 2011 2:34 pm

alhamdulilah_saya_kafirun wrote:oh iya btw gara2 mantan gw muslim, FFI ini menjadi tempat gw mencari referensi tentang islam juga lho. kalo cewe gw seiman sama gw, ga mungkin gw kunjungin site ini.
hehe... thx mantan! :wink:


hai mr @alhamdulilah.... same dong kita.. tos dulu ah... :drinkers: gara2 mantan gw yg muslim jadi ikut2an 'terjerembab' di FFI ini :lol: :lol:
but anyway... kayanya itu patut disyukuri deh... soale emg mata hati dan batin kita jadi dicelikkan sm FFI ini klo ternyata semua yg digembar-gemborkan klo agama islam itu agama damai semuanya bullshit..gk ada tuh prakteknya 'agamamu - agamaku' di dunia nyata..cuma di mulut doangan... buktinya gereja g aja bs dr th 1989 - 2009 kemarin baru dapet IMB setelah pindah lokasi dll,dsb,dkk... itupun masih ada aja yg iseng ngutak-ngutik padahal ijin resmi udah ditangan... haishh... [-X


dash wrote:trus klo cowny yg kristen n cewny muslim gmana?minta pndapat niyy,cz sy ma cewq ada rencana merrid.tp si cewq pny harapan ak msuk k islam padahal ak sndiri netral(tidak punya harapan apa2) yg penting dia pny keyakinan kpd Tuhan Yang Maha Esa n mnjalani perintah2Ny.gmana niy,mohon dukunganny... thanx
setuju g sih klo nikah beda agama


untuk dash.. kalo di di kristen g gk tau prosedurnya begimane.. tp klo di katolik bisa dilakukan tapi hanya berdasarkan agama saja a.k.a diakui secara gereja saja tidak bisa diakui secara negara a.k.a tidak bisa didaftarkan ke catatan sipil bung.. dan betul kata mr. sato x klo pun akhirnya menikah secara gereja anak2 harus dididik secara katolik.. walopun pd prakteknya gk jelas jg dah gimana... belum ngalamin sih :yawinkle:
kilimanjaro78
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 45
Joined: Wed Aug 24, 2011 12:51 pm

Previous

Return to Islam vs Agama & Peradaban Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users