. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Murtad/Pindah Agama & Hidayah Tuhan

Benturan dan bentrokan antara Islam dengan agama-agama dan peradaban lain di seluruh penjuru dunia.

Murtad/Pindah Agama & Hidayah Tuhan

Postby Wikipedia » Mon May 15, 2006 1:46 pm

Hai salam kenal semua, baru gabung nih.

Saya saat ini lagi tertarik banget dalam persoalan pindah/konversi agama, namun akhir-akhir ini (sejak sering baca artikel/majalah) persoalan tersebut membuat saya penasaran dan saya ingin meminta penjelasan dari anda semua disini, tentunya secara objektif, bijaksana dan tidak emosional.

Jadi, dari apa yang saya ketahui tentang persoalan pindah agama yang biasanya berimplikasi terhadap klaim pengkafiran oleh pihak agama lama, misalnya kalo muslim pindah ke kristen, hindu, budha, dll.. maka sang muslim tadi sudah dinggap murtad dan kafir, sehingga boleh dibunuh (ada juga yg bilang gak boleh) Lalu dalam agama kristen, hindu, budha juga begitu, sudah dianggap kafir, murtad, sesat walaupun saya masih kurang tau, apakah ada hukum bunuh bagi orang yg pindah dari kristen, hindu, budha, etc...

Istilah murtad, kafir, sesat itu memang sebuah istilah yang selalu dimiliki oleh hampir setiap agama didunia, baik islam, kristen, hindu dan budha. namun saya kira klaim seprti itu nantinya akan membuat kita bersikap sewenang-wenang thd orang lain.

Dalam agama Islam (qur'an) sudah dijelaskan bahwa orang boleh memilih agamanya dan tidak ada paksaan untuk itu.

Yang bikin saya heran adalah, hampir setiap agama itu khan sama-sama menawarkan keselamatan dan cinta Tuhan, artinya Hidayah Tuhan itu selalu terbuka bagi siapa saja yang dikehendakinya, termasuk orang yang berpindah agama.

Nah, kalo setiap agama mengklaim kafir/murtad (istilah dalam agama islam, moga saya gak salah sebut) atau keluar dari kasih Yesus ( istilah dalam agama kristen, moga saya gak salah sebut juga :) berati :

01. bagaimana dengan faktor Hidayah Tuhan itu sendiri bagi orang pindah agama ? (dari perspektif agama)

02. bagaimana agama kristen, islam, hindu, budha, dll melihat konversi agama itu sendiri.

Memang, faktor perpindahan agama tidak hanya disebabkan oleh faktor Hidayah Tuhan, namun bisa juga karna faktor ekonomi, ajakan, intimidasi, politik, dll....

Jadi, klaim kafir/murtad dan berdosa dari agama-agama ini (bagi orang yg pindah agama) tentunya berimplikasi terhadap ketidakpengakuan adanya Hidayah Tuhan atau keselamatan dalam agama lain ! (CMIIW)

Dari beberapa artikel yang saya baca, ternyata disiplin konversi agama justru berusaha bersikap lebih objektif dengan mengakui faktor Hidayah Tuhan yang bisa menyebabkan seseorang pindah agama (dari dan ke agama apapun, terlepas dari sejarah konversi agama yang memang lahir di barat/kristen).

Jadi, mungkin aspek Hidayah Tuhan ini menjadi penekanan disini, lalu tokoh psikolog seperti Abraham H. Maslow, William James, dll menurut saya sangat perlu untuk kita kedepankan disini untuk bisa menganalisa konsep atau tuduhan murtad atau apostasi tersebut.
Wikipedia
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 15
Joined: Mon May 15, 2006 12:22 pm

Postby Adadeh » Mon May 15, 2006 2:34 pm

Wikipedia wrote:Dalam agama Islam (qur'an) sudah dijelaskan bahwa orang boleh memilih agamanya dan tidak ada paksaan untuk itu.

Siapa bilang?
Lihat kasus si Abdul Rahman:
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... 8833#18833

Bukhari, volume 9, #37
Dikisahkan oleh Abu Qilaba:
Suatu saat Umar bin Abdul Aziz duduk di kursi kebesarannya di halaman rumahnya sehingga orang2 bisa mengelilinginya … Dia berkata, “Demi Allah, rasul Allah tidak pernah membunuh siapapun kecuali orang itu melakukan tiga hal ini
1. Orang yang membunuh orang lain secara tak adil, dibunuh (dalam Qisa)
2. Orang yang telah menikah melakukan hubungan seks ilegal
3. Orang yang melawan Allah dan RasulNya dan meninggalkan Islam dan jadi murtad.


Bukhari, volume 9, #57
Dikisahkan oleh Ikrima, “Beberapa atheis dibawa menghadap Ali dan dia membakar mereka. Kabar itu terdengar oleh Ibn Abbas yang berkata, “Jika aku berada di tempatnya, aku tidak akan membakar mereka, karena Rasul Allah melarang itu dengan berkata, “Jangan hukum siapapun dengan hukuman Allah (dibakar).” Aku tentunya akan membunuh mereka dengan cara sesuai yang dikatakan Rasul Allah, “Siapapun yang meninggalkan Islam, bunuh dia.”

Bukhari, volume 9, #58
Dikisahkan oleh Abu Bruda, “Abu Musa berkata … Lihatlah, ada seorang yang dirantai di sebelah Abu Musa. Muadh berkata, “Siapakah orang ini?” Abu Musa berkata, “Dia orang Yahudi yang lalu jadi Muslim tapi balik lagi memeluk Yudaisme.” Lalu Abu Musa meminta Muadh untuk duduk tapi Muadh berkata, “Aku tidak akan duduk sebelum dia dibunuh. Inilah ketentuan dari Allah dan RasulNya.” Dia mengulangi perkataan itu tiga kali. Lalu Abu Musa memerintahkan orang Yahudi itu dibunuh, dan dia pun dibunuh.
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8459
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby unagi » Mon May 15, 2006 2:45 pm

Wah serem ya Adadeh...
Pacarku dan Ibuku tadinya muslim, lalu mereka memeluk agama Kristen.
Apa berarti mereka juga punya peluang untuk dibunuh oleh muslim lain, (jika syariat Islam jadi diberlakukan?)

Hiiy...serem...
User avatar
unagi
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 912
Joined: Thu Mar 16, 2006 4:17 pm
Location: no where near a fanatic moslem, *i-wish*

Re: Murtad/Pindah Agama & Hidayah Tuhan

Postby moe » Mon May 15, 2006 3:11 pm

Wikipedia wrote:Hai salam kenal semua, baru gabung nih.



Istilah murtad, kafir, sesat itu memang sebuah istilah yang selalu dimiliki oleh hampir setiap agama didunia, baik islam, kristen, hindu dan budha. namun saya kira klaim seprti itu nantinya akan membuat kita bersikap sewenang-wenang thd orang lain.



Sory, Kristus melarang dombanya menyebut sesamanya KAFIR

Mat 5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.
User avatar
moe
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 618
Joined: Sat Mar 18, 2006 12:46 pm

Re: Murtad/Pindah Agama & Hidayah Tuhan

Postby Wikipedia » Mon May 15, 2006 8:27 pm

moe wrote:Sory, Kristus melarang dombanya menyebut sesamanya KAFIR

Mat 5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.


Maaf, bisa anda jelaskan domba itu yg mana/siapa, sesama pemeluk kristiani ? kalo iya, berarti setelah keluar kristen dia tidak menjadi domba lagi khan ? nah, yang saya maksud bgt ! jadi, tegasnya, apakah larangan menyebut kafir itu masih berlaku setelah keluar kristen ?



@Adadeh

Thanks buat referensinya, dah lama saya baca koq. dan harus saya akui bahwa mayoritas muslim memang berpegang thd ketentuan itu. Namun, harus anda ketahui tidak semua Muslim seperti itu, mereka2 adalah orang2 yg telah terdoktrin oleh para teolog yg mereka kagumi untuk membunuh orang yg kelaur Islam. Saya secara pribadi tidaklah setuju dengan hukum bunuh tsb, apalagi negara kita Indonesia adalah berdasar hukum. Dan satu lagi, ada banyak hadist-hadist yang palsu (dipalsukan oleh orang munafik dan fasiq yang membenci Islam) yang tidak diketahui yang kemudian dipakai sebagai dalil. Dan kitab hadist shahih Bukhari dan Muslim pun saat ini begitu banyak dikritik oleh kalangan Muslim yang lain, karna banyak juga yang memuat hadis dhaif atau palsu. jadi, ini kesalahan para teolog juga. Nah, kebanyakan masyarakat itukan awam.
dan karna ada begitu banyak kamu muslim juga yang tidak memahami konteks sebuah Hadist atau ayat qur'an diturunkan. bisanya ikut2 aja

Di dalam qur'an sendiri begitu banyak ayat yang memberikan kebebasan untuk beragam, memilih agama atau pindah agama.

To be continued.... :D
Last edited by Wikipedia on Mon May 15, 2006 9:07 pm, edited 1 time in total.
Wikipedia
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 15
Joined: Mon May 15, 2006 12:22 pm

Postby Adadeh » Mon May 15, 2006 8:48 pm

Di dalam qur'an sendiri begitu banyak ayat yang memberikan kebebasan untuk beragama, memilih agama atau pindah agama.

Iya, tapi itu semua sudah dibatalkan dengan ayat2 yang memerintahkan pengIslaman (kalau perlu dengan paksa) yang datang kemudian. Anda musti ingat kapan ayat2 itu diturunkan dan bagaimana aturan penerapan hukum pembatalan dalam Qur'an.
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8459
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby FFI Admin » Tue May 16, 2006 9:47 pm

Semua posting2 tentang Kristen telah dipindah ke bagian Kristen.

Admin Indo.
FFI Admin
Forum Admin
Forum Admin
 
Posts: 364
Joined: Wed Mar 15, 2006 1:25 pm

Postby bono » Wed May 17, 2006 8:12 am

kristen pindah ke islam? itu tanggung jawabnya sendiri nanti di hadapan Tuhan, kita sesama kristen gak punya hak menghakimi dia, apalagi membunuh, itu urusannya ama Tuhan. tapi kalo islam pindah ke agama lain? siap2 aja diburu global jihad.
User avatar
bono
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2013
Joined: Thu Mar 16, 2006 3:30 pm
Location: Israel

Postby Wikipedia » Wed May 17, 2006 12:57 pm

bono wrote:kristen pindah ke islam? itu tanggung jawabnya sendiri nanti di hadapan Tuhan, kita sesama kristen gak punya hak menghakimi dia, apalagi membunuh, itu urusannya ama Tuhan.


yup, I absolutely agree with you ! pertanyaan saya (sesuai dengan topik) Apakah dalam agama Kristen mengakui kalo seorang kristiani yang pindah ke agama lain, misal ke Islam, Hindu, Budha, etc... bisa disebabkan karena mendapat Petunjuk/Pencerahan dari Tuhan ?

bono wrote: tapi kalo islam pindah ke agama lain? siap2 aja diburu global jihad.


Adadeh wrote:Iya, tapi itu semua sudah dibatalkan dengan ayat2 yang memerintahkan pengIslaman (kalau perlu dengan paksa) yang datang kemudian. Anda musti ingat kapan ayat2 itu diturunkan dan bagaimana aturan penerapan hukum pembatalan dalam Qur'an.


Baca baik-baik :P

Pengertian umum bahwa Islam menghukum mati orang murtad, ini tak ada dalilnya dalam Qur'an Suci. Dalam Encyclopaedia of Islam, tuan Heffeming mengawali tulisannya tentang masalah murtad dengan kata-kata: "Dalam Qur'an, ancaman hukuman terhadap orang yang murtad hanya akan dilakukan di Akhirat saja".

sumber : www.muslim.org/bookspdf/jihadinislam.pdf

Dalam salah satu wahyu Makkiyah terakhir, terdapat uraian: "
Barangsiapa kafir kepada Allah sesudah beriman -bukannya ia dipaksa, sedang hatinya merasa tentram dengan iman, melainkan orang yang membuka dadanya untuk kekafiran-, mereka akan ditimpa kutuk Allah, dan mereka akan mendapat siksaan yang pedih" (16:106
).

Dari ayat ini terang sekali bahwa orang murtad akan mendapat siksaan di Akhirat, dan hal ini tak diubah oleh wahyu yang diturunkan belakangan tatkala pemerintah Islam telah berdiri, setelah Nabi Suci hijrah ke Madinah. Dalam salah satu wahyu Madaniyah permulaan, orang murtad dibicarakan sehubungan dengan berkobarnya pertempuaran yang dilancarkan oleh kaum kafir dengan tujuan untuk memurtadkan kaum Muslimin dengan kekuatan senjata:

"Dan mereka tak akan berhenti memerangi kamu sampai mereka mengembalikan kamu dari agama kamu, jika mereka dapat. Dan barangsiapa di antara kamu berbalik dari agamanya (yartadda) lalu ia mati selagi ia kafir, ini adalah orang yang sia-sia amalnya di dunia dan di Akhirat. Dan mereka adalah kawan api, mereka menetap di sana" (2:217).

Maka apabila orang menjadi murtad, ia akan dihukum karena ia kembali mengerjakan perbuatan jahat lagi, tetapi ia tidaklah dihukum di dunia, melainkan di Akhirat. Adapun perbuatan baik yang ia lakukan selama menjadi Muslim, menjadi sia-sia karena ia mengambil jalan buruk dalam hidupnya.

Surat ketiga yang diturunkan pada tahun ketiga Hijriah, membicarakan berulangkali orang yang kembali kepada kekafiran setelah mereka memeluk Islam, namun hukuman yang diuraikan di dalam Surat tersebut akan diberikan di Akhirat. Qur'an berfirman:

"Bagaimana Allah memimpin kaum yang kafir sesudah mereka beriman, dan sesudah mereka menyaksikan bahwa Rasul itu benar; dan sesudah datang kepada mereka tanda-bukti yang terang" (3:86).

"Pembalasan mereka ialah, mereka akan ditimpa laknat Allah" (3:87). "
Terkecuali mereka yang bertobat sesudah itu, dan memperbaiki kelakuan mereka" (3:89).


"Sesungguhnya orang yang kafir sesudah mereka beriman, lalu mereka bertambah kafir, tobat mereka tak akan diterima" (3:90).

Adapun dalil yang paling meyakinkan bahwa orang murtad tidak dihukum mati, ini tercantum dalam rencana kaum Yahudi yang diangan-angankan selagi mereka hidup di bawah pemerintahan Islam di Madinah. Qur'an berfirman:

"Dan golongan kaum Ahli Kitab berkata: Berimanlah kepada apa yang diturunkan kepada orang-orang yang beriman pada bagian permulaan hari itu, dan kafirlah pada bagian terakhir hari itu" (3:72).

Bagaimana mungkin orang yang hidup di bawah pemerintahan Islam dapat mengangan-angankan rencana semacam itu yang amat merendahkan martabat Islam, jika perbuatan murtad harus dihukum mati? Surat al-Maidah adalah Surat yang diturunkan menjelang akhir hidup Nabi Suci, namun dalam Surat itu perbuatan murtad dibebaskan dari segala hukuman dunia:

"Wahai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu murtad dari agamanya, maka Allah akan mendatangkan kaum yang Allah cinta kepada mereka dan mereka cinta kepada-Nya" (5:54).

Sepanjang mengenai Qur'an Suci, tak ada satu ayat pun yang menerangkan bahwa orang murtad harus dihukum mati, bahkan ayat yang membicarakan perbuatan murtad tak membenarkan adanya hukuman semacam itu, dan tak dibenarkan pula oleh ayat 2:256 yang ini merupakan Magna Charta bagi kemerdekaan beragama yang berbunyi:

"laa ikraha fiddiin" yang artinya Tidak ada paksaan dalam agama.

so, pendapat yg mengatakan dibunuh itu datang dari kaum fundamental islam yang kebanyakan emang dari arab, seperti afganistan, atau Arab Saudi, contohnya Yusuf Qardhawi yang ternyata dijadikan referensi oleh non-muslim entah untuk menyudutkan Islam atau setidaknya didengar oleh oarng yang muslim yang masih awam terhadap pemahaman seperti itu yang kemudian membuat sang muslim awam terdoktrin, padahal sekali lagi Islam tidak mentolerir pembunuhan semacam itu, okay ?
Wikipedia
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 15
Joined: Mon May 15, 2006 12:22 pm

Postby Adadeh » Thu May 18, 2006 12:39 pm

Wikipedia,
Terima kasih atas penjelasannya. Sebenarnya hal ini telah sering dibahas di FFI, tapi marilah kita bahas lagi.

Tidak ada paksaan untuk memasuki agama Islam; telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat
2:256
Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. [87, Medina ]

Perangi kafir sampai mereka menerima Islam.
2:193
And fight them UNTIL persecution is no more, and religion is for Allah. But if they desist, then let there be no hostility except against wrong-doers. [87, Medina ]
artinya:
Dan perangilah mereka SAMPAI tidak ada fitnah lagi, dan agama adalah untuk Allah.

Versi bahasa Indonesianya dari Departemen Agama RI mengubah kata SAMPAI menjadi SEHINGGA
Q 2:193
Dan perangilah mereka itu, SEHINGGA tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim.

Pertanyaannya sekarang adalah: ayat mana yang berlaku mengingat kedua2nya berada dalam surah yang sama ? Ayat 2:256 atau ayat 2:193?

Saya pikir untuk menjawabnya ya lihat contohnya di Hadis dan biografi Nabi seperti Sirat Rasul Allah, Sejarah Islam (Tabari), Tafsir ibn Kathir atau Suyuti.
Hadis Sahih Bukhari, Volume 1, Book 2, Number 24:
Dikisahkan oleh Ibn ‘Umar:
Rasul Allah berkata, “Aku telah diperintahkan (oleh Allah) untuk memerangi orang2 sampai mereka mengaku bahwa tidak ada yang patut disembah selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah, dan melakukan sembahyang dengan sempurna dan membayar zakat, sehingga jika mereka melakukan hal itu, maka selamatlah nyawa dan harta mereka dariku kecuali dari hukum2 Islam dan amal mereka akan dihitung oleh Allah.”


Hadis di atas sesuai dengan Q 2:193, bukan? Ini Hadis sahih, dan Anda sudah tahu apa kriteria Hadis sahih. Ini adalah daftar kriteria untuk menetapkan sebuah Hadis yang bisa dianggap Sahih:
a) Tidak bertentangan dengan Qur’an atau Hadis Sahih lainnya.
b) Punya mata rantai penyampaian kisah yang lengkap
c) Tiada Ellah (cacat2). Sebenarnya terdapat banyak Hadis2 yang cacat oleh ahli Islam terkemuka seperti At-Termizhi dan Ad-Daraqutani.
d) Dan setiap Pencerita di dalam mata rantai haruslah Adil (moral baik), Jujur dan Dabit (punya daya ingat kuat).

Lalu kita lihat contoh perbuatan Muhammad dalam menyebarkan Islam. Ini hanya satu saja contoh pemaksaan agama lewat ancaman pedang yang berkali-kali dilakukan Muhammad:
Perampokan dan Pemaksaan Agama terhadap Bani Nakha di Mudhij, Yemen oleh Ali—October, 631 M Ali adalah menantu Muhammad.
Ali memimpin 300 rombongan tentara berkuda ke Yemen untuk menyerang B. Nakha di Mudhij. Dia mengumumkan kepada mereka untuk masuk Islam atau mati. Ini adalah serangan teror pertama yang dilakukan pasukan berkuda Ali di Yemen. Ini juga merupakan tentara Hejaz pertama yang dikirim Muhammad untuk menyerang Yemen. Awalnya suku B. Nakha tidak mau masuk Islam. Pertempuran pun terjadi dan tentara Ali membunuh 20 orang. Pada akhirnya tentara B. Nakha kalah, menyerah dan lalu masuk Islam. Beberapa suku dari Mudhaj di Yemen juga akhirnya memeluk Islam. Pasukan Muslim menjarah apapun yang bisa mereka ambil seperti harta benda, wanita, anak2, unta, dan kambing. [Ibn Sa’d, p.210] Ali kembali membawa semua barang jarahan itu. Setelah itu dia bergabung dengan Muhammad untuk melakukan ibadah hajinya (Muhammad) yang terakhir.

Hal serupa juga nantinya dilakukan oleh Kalifah Abu Bakar, Umar, Uthman, Ali dll. Karena itulah Islam bisa menyebar cepat sekali hanya dalam waktu beberapa puluh tahun saja. Silakan baca2 sejarah Islam di
bagian Resource.
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8459
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby bono » Thu May 18, 2006 12:47 pm

wiki..wiki.. pindah islam karena dapat pencerahan??? yang ada nih, pindah islam karena alasan cinta, uang, seks, dan jabatan. silahkan liat2 artikel yang ada di forum ini.
User avatar
bono
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2013
Joined: Thu Mar 16, 2006 3:30 pm
Location: Israel

Postby Sola Gracia » Tue May 23, 2006 4:05 pm

bono wrote:wiki..wiki.. pindah islam karena dapat pencerahan??? yang ada nih, pindah islam karena alasan cinta, uang, seks, dan jabatan. silahkan liat2 artikel yang ada di forum ini.

Betul itu...betul sekali...Kristen pindah muslim...langsung dihormati di lingkungan sekitar, apalagi kalo orang itu adalah keturunan Tionghoa...pasti dihormati sekali. Kalo Muslim pindah Kristen...siap2 aja dikucilkan bahkan diusir dari kampungnya :lol:
Sola Gracia
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 177
Joined: Tue May 16, 2006 8:38 pm

Postby EmBeEr » Fri May 26, 2006 1:05 am

wikipedia... anda memang pemberi pencerahan....
god job fren.... !

saya yakin mereka mengerti tapi ego masih menyelimuti mereka...

trus berjuang fren.. :lol:
EmBeEr
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 95
Joined: Sat Feb 18, 2006 2:04 am

Postby dreamtheater » Fri May 26, 2006 4:11 am

EmBeEr wrote:wikipedia... anda memang pemberi pencerahan....
god job fren.... !

saya yakin mereka mengerti tapi ego masih menyelimuti mereka...

trus berjuang fren.. :lol:


Ah islamkan cuma sebuah istilah kata dari ketundukan seorang Yahudi (Abraham) kepada Tuhan.
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... 0247#30247

Bagi orang Kristen yang mau pindah agama, gpp kok, bebas2 saja cuma baca dulu ayat ini.

Yohanes 14:1 "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Sukurlah kalo pada pindah, jadinya ga bersaing untuk dapat rumah disorga...

Kalo bagi ana... emas dan permata ana ga punya, tapi ana cuma punya Jesus, karena ana mau punya rumah disurga...
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby aput_1 » Sat Jun 03, 2006 12:10 am

Ass.

Ayo Wiki..........


silahkan anda pelajari Injil dan Al-Qur'an.....


dengan semakin mendalaminya kelak Anda akan mengetahui ..

mana yg ternyata merupakan ciptaan manusia belaka......

Wass...
aput_1
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 59
Joined: Thu Jun 01, 2006 3:54 pm

Postby sato x » Tue Jun 06, 2006 7:53 pm

Wah..aput_1 ada di sini lagi. Put, jangan cuma numpang lewat di thread orang. Gw tunggu jawaban loe di thread laen.

Apabila seorang kristen berganti kepercayaan, apakah dia mendapat pencerahan/penerangan? Wah...jawaban tepatnya ada di alkitab. Biar gw ga tambah/kurang, loe search aja di alkitab online, oke? Lagipula, pasti di Forum" kristen/katolik di FFI sudah dibahas. So..balik ke Forum yang sesuai aja ya biar ga dibilang OOT atau loe lempar ke forum Kristen aja pertanyaan" loe. Thanx.

salam.
sato x
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 259
Joined: Wed Apr 12, 2006 5:40 pm


Return to Islam vs Agama & Peradaban Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users