. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Pembahasan tentang Isa Almasih, Injil, Taurat dari apa yang tertulis dalam Qur'an, dan bukan dari kitab suci non-Islam.

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby One-A » Tue Oct 05, 2010 9:53 pm

iskariot wrote:8. alkitab boong

Apa buktinya?

Karena AlQuran benar!

Apa buktinya AlQuran benar?

Buktinya Alkitab boong, pasti AlQuran benar!

:vom: :vom: :vom:
One-A
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 146
Joined: Fri Aug 06, 2010 12:37 pm

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby One-A » Tue Oct 05, 2010 10:31 pm

@feifey: tolong lebih sopan dalam mengepost gambar!!!
One-A
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 146
Joined: Fri Aug 06, 2010 12:37 pm

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby Salam Musa » Wed Oct 06, 2010 8:34 am

One-A wrote:iskariot wrote:8. alkitab boong

Apa buktinya?

Karena AlQuran benar!

Apa buktinya AlQuran benar?

Buktinya Alkitab boong, pasti AlQuran benar!

:vom: :vom: :vom:


bro One-A...menurut saya, sebenarnya tidak dapat disalahkan saudara-saudara muslim mengatakan Alkitab boong. Karena pegangan mereka adalah Quran/Hadits. Dan semakin mantap hati mereka menjadi Islam..kalau kehidupan sehari-harinya baik-baik saja.

Dulu saya tidak ambil perduli mengenai Hajar Aswad..kalaupun bertanya mengenai HA..saya sudah merasa cukup puas dengan jawaban..."setiap agama mempunyai ciri khas"..dan tidak ingin bertanya lebih lanjut. Saya tidak merasa perlu ..dan tidak merasa penting untuk mempelajari makna-makna simbol spiritual.
Ditengah-tengah kehidupan nyata..tidak ada getaran sama sekali dari Hajar Aswad..karena dalam sholat hanya 3 nama yang disebut-sebut..Allah, Muhammad, Ibrahim.
Dan kalau berusaha memusatkan pikiran/hati ke arah kabah..saat sholat..yang terbayang hanyalah kotak hitam besar..tidak terbayang sama sekali Hajar Aswad. Pada waktu santai..kalau berdiskusi dengan teman-teman..nyerempet masalah agama..tidak pernah (0%) menyebut Hajar Aswad. Tidak ada getaran sama sekali dari Hajar Aswad.

Sekarang..dengan bantuan siaran TV..dengan jelas kita melihat aliran jamaah memutari kabah..menuju Hajar Aswad berebut untuk menciumnya. Dan pertanyaan spiritual yang sulit dijawab adalah apakah kaitan batu Hajar Aswad dengan Allah..dengan Ibrahim..dengan Muhammad? Kegiatan sederhana spiritual adalah sholat. Tidak ada mesjid menaruh gambar atau miniatur Hajar Aswad. Padahal saat ibadah haji menjadi primadona.
Dan saya yakin ..tidak banyak muslim/ah yang akan terus menerus bertanya...misteri besar apa yang tersembunyi dibalik batu Hajar Aswad!! Kecenderungannya, mereka tidak berkehendak mempertanyakan...mencari makna spiritual. Kenapa?
Jawabnya..dalam kegiatan spiritual sehari-hari, sekalipun berkiblat ke kabah..muslim/ah tidak merasakan getaran Hajar Aswad.

bro One-A...kalau Hajar Aswad saja bukanlah masalah penting bagi muslim/ah untuk dimengerti makna spiritualnya..apalagi Kitab agama lain. Wajar kalau mereka mengatakan Alkitab..boong.

bro One-A..kalau anda adalah seorang pimpinan di suatu perusahaan...seorang anak buah anda yang sebelumnya bekerja di tempat lain..masih tetap membantu bos yang lama (secara diam-diam)..bila anda mengetahuinya..apakah yang anda "rasakan"?
Anda pasti marah, tersinggung..terhina...bahkan mungkin memecat, bukankah demikian?

Nah..kalau anda sebagai manusia bisa merasakan hal tersebut..Bagaimana dengan Allah pencipta langit dan bumi? Setiap hari namaNya disebut-sebut..tapi ultimate kecintaan diekspresikan dengan mencium Berhala Hajar Aswad. Kira-kira, senangkah Allah? Marahkah?
Berhala Hajar Aswad tidak dapat dikatakan "mantan berhala"..atau .."dulunya berhala"..dan sekarang "bukan lagi berhala". Hajar Aswad adalah berhala..dulu, sekarang dan selamanya(kalau tidak hancur). Allah akan senang kepada manusia yang mencium Hajar Aswad..kalau Allah swt = Hajar Aswad. Tapi..Dia, Allah..akan marah dan melemparkan yang mencium Hajar Aswad ke dalam neraka jahanam..kalau Allah membenci berhala. Yang disayangkan adalah...muslim/ah..tidak ada yang mau mengatakan : "Allah pencipta langit dan bumi..MEMBENCI berhala dan yang mencintai Hajar Aswad batu berhala".
User avatar
Salam Musa
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1466
Joined: Wed May 19, 2010 2:51 pm

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby One-A » Thu Oct 07, 2010 10:32 am

bro SM:

saya tidak pernah mempermasalahkan tuduhan mereka ke Alkitab, karena itu konsekwensi dari perbedaan kitab yang diyakini kebenarannya. Saya mulai menganggapnya masalah, jika mereka mendasarkan klaim kebenaran kitabnya atas tuduhan kesalahan Alkitab. Seolah2 kalau Alkitab salah, AlQuran pasti benar. Bro SM, Alkitab dan Alquran bisa sama-sama salah, atau salah satunya benar. Tidak mungkin keduanya benar. Tidak ada yang sama-sama benar jika berasal dari dua alur yang sangat bertentangan. Satu-satunya cara mereka membuktikan kebenaran Quran adalah dengan menguji kebenaran tersebut berdasarkan kitab lain yang mereka akui terlebh dahulu, atau berdasarkan sejarah profan, atau berdasarkan tinggalan arkeologis, dll. BUKAN DENGAN ASAL MENUDUH KITAB LAIN SALAH TANPA BUKTI!
Alur pembuktian yang paling logis sebenarnya begini:
1. AlQuran mengakui kebenaran Taurat dan Injil (ini sesuai ajaran Alqoran)
2. AlQuran mengklaim dirinya sebagai kelanjutan, bahkan penyempurna dari kitab2 tersebut (ini sesuai ajaran AlQuran)
Jadi, pembuktian kebenaran AlQuran adalah dgn cara: membuktikan apakah isinya sesuai dengan kitab sebelumnya atau tidak. Kalau tidak sesuai, maka pasti ada yang salah. Kalau KITAB YANG DIJADIKAN PATOKAN DITUDUH SALAH, maka yang berpatokan pasti SALAH. Itu logika normal dan paling sederhana. Kalau ini juga tidak bisa diterima, betapa gobloknya mereka!
One-A
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 146
Joined: Fri Aug 06, 2010 12:37 pm

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby Lintar Mambulu » Sun Oct 17, 2010 10:33 pm

Untuk Salam Musa, One-A, Yohanes99/Iskariot, dan semua yg ada disini....
Untuk menjawab pertanyaan topik ini, sy punya statement begini : ISA/YESUS TIDAK MATI DI KAYU SALIB SEPERTI KEYAKINAN UMAT KRISTIANI SKRG INI! Statement ini berdasarkan : 1). Temuan erkeologi di Talpiot yg mengindikasikan dgn kuat adanya peti mati berisi jenazah Yesus, Maria Magdalena-istri Yesus, serta Yudas anaknya, dan 2). Penemuan naskah injil Thomas di Nag Hammady dan Dead Sea Scroll, dimana injil Thomas dan sebagian manuscript DSS berisi naskah injil-injil koptik yg sama sekali tidak memuat cerita penyaliban Isa/Yesus.
Sy tunggu argumen Anda yg "membantah" atau "mendukung" statement sy ini.
Lintar Mambulu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 42
Joined: Mon Oct 04, 2010 5:48 am

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby kbg » Mon Oct 18, 2010 2:37 pm

Lintar Mambulu wrote:Untuk Salam Musa, One-A, Yohanes99/Iskariot, dan semua yg ada disini....
Untuk menjawab pertanyaan topik ini, sy punya statement begini : ISA/YESUS TIDAK MATI DI KAYU SALIB SEPERTI KEYAKINAN UMAT KRISTIANI SKRG INI! Statement ini berdasarkan : 1). Temuan erkeologi di Talpiot yg mengindikasikan dgn kuat adanya peti mati berisi jenazah Yesus, Maria Magdalena-istri Yesus, serta Yudas anaknya, dan 2). Penemuan naskah injil Thomas di Nag Hammady dan Dead Sea Scroll, dimana injil Thomas dan sebagian manuscript DSS berisi naskah injil-injil koptik yg sama sekali tidak memuat cerita penyaliban Isa/Yesus.
Sy tunggu argumen Anda yg "membantah" atau "mendukung" statement sy ini.

wheee.... sebelum-sebelumnya udah ada ulasan saya singkat, meskipun ulasan saya singkat sudah cukup untuk menutup perkara Islam-Islam, meskipun model si odoy yg mlintir-mlintir sok pintar nga jelas arahnya tapi ngaku educated, itupun sukses di sambut teman-teman yang lainnya :rock:

kini nongol lagi Lintar Mambulu: yang mengatakan bahwa Yesus tidak mati menurut keyakinan Kristen saat ini berdasarkan Temuan bla..bla.. Naskah Injil Bla..bla... Dead sea Scroll bla..bla...

nah untuk anda singkat saja :drinkers:

Sumber-sumber yang anda sebutkan diatas saya juga tau dan pernah baca ulasannya boss, bukan barang baru bagi saya. sekarang adalah Ulasan tentang sumber-sumber diatas anda ambil dari mana? beritahukan sumber anda yang mengulas soal Temuan-temuan tersebut, tidak boleh dari situs-situs ecek-ecek karena saya tidak akan membukanya, silahkan dari buku, atau sumber yang lebih relevan dalam redaksi dan pertanggung jawabannya...
User avatar
kbg
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 862
Joined: Wed Oct 11, 2006 2:41 pm
Location: http://www.kbg.co.za/

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby Metalizer » Mon Oct 18, 2010 2:57 pm

Emangnya INJIL PAULUS udah sesuai dgn TAURAT ??
User avatar
Metalizer
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1292
Joined: Sun Oct 17, 2010 12:11 pm
Location: Salib kasih... Tarutung.

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby Akukomkamu » Tue Oct 19, 2010 8:02 am

Metalizer wrote:Emangnya INJIL PAULUS udah sesuai dgn TAURAT ??


Injil paulus ???????? hahahahahaha.... :lol:



Pisss... ](*,)
Akukomkamu
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby ingintau » Wed Oct 20, 2010 9:36 am

Semoga damai TUHAN menyertai kita semua.

Metalizer wrote:Emangnya INJIL PAULUS udah sesuai dgn TAURAT ??

Sejak kapan surat PAULUS menjadi INJIL PAULUS. Sepertinya anda tidak tau apa itu ALKITAB.

back to topic:
Menurut aku jelas ISA yang di ALQURAN itu tidak sama dengan YESUS yang di ALKITAB.
Karena :
1. Nama Ibunya ISA memang sama dengan Nama Ibunya YESUS.
2. Kakeknya ISA beda dengan Kakeknya YESUS.

Jadi apakah ISA di salib atau tidak menurut rekan muslim bagi saya nggak penting.
Kalau YESUS jelas disalib dan mati, muslim aja bingung tentang ISA apalagi saya yang non-muslim.
ingintau
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 109
Joined: Mon Sep 06, 2010 9:38 am

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby kbg » Wed Oct 20, 2010 10:10 pm

weleeehhh... saya kirain saya buka topik ini dah panjang lebar.... kirain si Lintar Mambulu sudah memberikan wejangan #-o .

waktu saya nga banyak, saya paling bisa hadir udah hebat kalau bisa sekali seminggu dengan durasi 1/2 jam. jadi kalau ditanggapi saya akan usahakan mudah, singkat, dan menutup, nga pake banyak bala-bala lagi. :drinkers:
User avatar
kbg
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 862
Joined: Wed Oct 11, 2006 2:41 pm
Location: http://www.kbg.co.za/

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby true faith » Sun Oct 31, 2010 2:25 pm

temuan baru dari mana tuh om Jesus punya istri

Lintar Mambulu wrote:Maria Magdalena-istri Yesus, serta Yudas anaknya,



ini injil tidak diakui di kristen
jangan asal comot deh

Lintar Mambulu wrote:
Penemuan naskah injil Thomas


baca yang benar dan pakai kitab yang benar,
bila mau aku bersedia meminjamkannya padamu ....
true faith
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 293
Joined: Thu Oct 07, 2010 7:37 pm
Location: DPR di bawah pohon rindang lagi menikmati angin spoi spoi

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby Lintar Mambulu » Wed Nov 03, 2010 9:16 am

kbg wrote:weleeehhh... saya kirain saya buka topik ini dah panjang lebar.... kirain si Lintar Mambulu sudah memberikan wejangan #-o .

Maaf sayang, sy baru usai "bertapa" di Wasior... Kita lanjut ya, sayang....
Kalau menurut anda sumber yg memberitakan ttg Injil Thomas, Makam Talpiot, Dead Sea Scroll, dll banyak yg ecek-ecek, maka sy tdk perlu memberitahu sumber saya. PERCUMA!... Sy duga sumber yg anda anggap "valid" hanya yg dari Vatikan, jadi coba skrg anda tanyakan kesana, MENGAPA INJIL THOMAS YG JELAS-JELAS JAUH LEBIH TUA DARI INJIL ITU TIDAK DIAKUI OLEH GEREJA? MENGAPA LAPORAN PARA SARJANA BIBEL TERKEMUKA TTG PERBANDINGAN INJIL THOMAS DENGAN 4 INJIL SINOPTIK DI TAHUN 1993 JUGA DIBERANGUS OLEH GEREJA? APA KARENA GEREJA TAKUT BILA SEMUA ITU ADALAH PEMBUKTIAN DARI LUKAS 12:2 ATAU MARKUS 4:22? Kalau Vatikan tidak memberi jawaban, apa argumen anda sendiri?
Lintar Mambulu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 42
Joined: Mon Oct 04, 2010 5:48 am

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby Lintar Mambulu » Wed Nov 03, 2010 9:44 am

temuan baru dari mana tuh om Jesus punya istri


Itu temuan arkeologi para ilmuwan Kristen dan Yahudi di Talpiot, dekat Yerusalem sana... Cuma disembunyikan, kalaupun ada informasi ttg itu yang bocor keluar, buru-buru dipelintir. Sebab info itu bikin geger Gereja dan umat Kristen.... "Yesus ternyata menikah, tidak mati disalib dan tidak bangkit pada hari ketiga"

ini injil tidak diakui di kristen
jangan asal comot deh
baca yang benar dan pakai kitab yang benar,
bila mau aku bersedia meminjamkannya padamu ....

TF Adikku.... Gak usah dipinjami, sy punya semua, Injil s/d Korintus, Quran-Sahih Buhari, Weda, etc..... Masalahnya, kalian tidak akan menganggap Injil Thomas yg jelas-jelas jauh lebih kuno dan lebih asli dari Injil bikinan Matius cs sbg kitab yg benar karena :
    1) Di Injil Thomas, dari 114 sabda Yesus, tdk ada satupun cerita ttg penyaliban Yesus, dan
    2) Menurut laporan hasil penelitian para sarjana bibel terkemuka di tahun 1993 yg meneliti Injil Thomas dan membandingkannya dengan 4 Ijil yg ada selama 6 tahun, diperkirakan hanya 18% dari kandungan ke-4 Injil tersebut yag murni/asli perkataan Yesus sedangkan 82% sisanya adalah karangan Matius cs yg notabene tidak pernah berinteraksi langsung denga Yesus ataupun dengan 12 Rasul
.
Saran sy, cobalah baca SEJARAH YG BENAR tentang apa/bagaimana "methode" yg digunakan oleh para pemuka gereja dalam Konsili Nicae pada saat memilih/menetapkan Injil Matius, Yohanes, Lukas, dan Markus sbg Injil yg sah/benar dan digunaka sampai sekarang?
Lintar Mambulu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 42
Joined: Mon Oct 04, 2010 5:48 am

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby ramonhorpa » Wed Nov 03, 2010 6:04 pm

kbg wrote:Sumber-sumber yang anda sebutkan diatas saya juga tau dan pernah baca ulasannya boss, bukan barang baru bagi saya. sekarang adalah Ulasan tentang sumber-sumber diatas anda ambil dari mana? beritahukan sumber anda yang mengulas soal Temuan-temuan tersebut, tidak boleh dari situs-situs ecek-ecek karena saya tidak akan membukanya, silahkan dari buku, atau sumber yang lebih relevan dalam redaksi dan pertanggung jawabannya...


akan lebih dihargai kalau sumbernya dari Al Qur'an, kitab yang mulia.... :green:
ramonhorpa
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1667
Joined: Tue Jul 29, 2008 10:35 pm
Location: INDONESIA

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby One-A » Thu Nov 18, 2010 12:21 pm

Hehehehehehehehe...................... Talpiot Tomb itu sudah lama sekali, om. Di internet banyak, tinggal dicari saja. Di National Geographic juga ada, bisa dibeli bebas videonya.Begitu juga Injil Thomas Nag Hammadi, tidak pernah diberangus, Bos! Bisa dibeli bebas. Dan, tidak satupun dianggap berarti karena kesimpulan dari penelitian terhadap Talpiot Tomb tidak membuktikan bahwa itu milik Yesus, dan Kesimpulan dari penelitian terhadap Injil Thomas membunyatakan bahwa itu ditulis kaum bidaah. Sori Bos, sumber anda tidak diterima!
Lagian, kalau mau pakai sumber AlQuran lah, toh sejak awal itu yang dijadikan referensi diskusi. Salam!
One-A
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 146
Joined: Fri Aug 06, 2010 12:37 pm

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby Lintar Mambulu » Sat Nov 20, 2010 4:23 pm

="One-A"]Hehehehehehehehe...................... Talpiot Tomb itu sudah lama sekali, om. ....
Lagian, kalau mau pakai sumber AlQuran lah, toh sejak awal itu yang dijadikan referensi diskusi. Salam!

Nampak sekali anda ketakutan membahas itu.... Kasihan sekali.... Kalian memaksakan org agar tidak mempercayai Islam yg katanya tidak empiris, skrg Anda sendiri terbirit-birit bgitu dihadapkan fakta empiris dari kalangan Anda sendiri. PUJI TUHAN!...
Bro, klw mmg Injil Thomas dijual bebas, bisa tolong anda sebutkan Nama Penerbitnya? Sy ngebet mlm ini ke Gramedia mo nyari yg edisi terbaru, punyaku dah mulai lucek, tuh... Please, ya
Lintar Mambulu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 42
Joined: Mon Oct 04, 2010 5:48 am

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby ramonhorpa » Sun Nov 21, 2010 6:27 pm

Lintar Mambulu wrote:Nampak sekali anda ketakutan membahas itu.... Kasihan sekali.... Kalian memaksakan org agar tidak mempercayai Islam yg katanya tidak empiris, skrg Anda sendiri terbirit-birit bgitu dihadapkan fakta empiris dari kalangan Anda sendiri. PUJI TUHAN!...
Bro, klw mmg Injil Thomas dijual bebas, bisa tolong anda sebutkan Nama Penerbitnya? Sy ngebet mlm ini ke Gramedia mo nyari yg edisi terbaru, punyaku dah mulai lucek, tuh... Please, ya

kuliat kau beberapa kali nge-post tentang injil thomas,
ya... tampaknya kau sangat mengelu-elukan "injil" ini,...
apa keistimewaannya ?
apakah di sana tertulis adanya nubuwat tentang bakal munculnya seorang "nabi" di tanah arab yang bernama muhammad ?
atau di sana tertulis bahwa semua kitab yang ada waktu itu bakal "diganti" dengan sebuah kitab baru bernama "al qur'an" ?
:green:
ramonhorpa
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1667
Joined: Tue Jul 29, 2008 10:35 pm
Location: INDONESIA

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby AllahAkbar » Sun Nov 21, 2010 6:38 pm

Yesus Sejarah yang secara kontroversial diramaikan kembali oleh adanya Jesus Seminar sangat berkaitan erat dengan apa yang disebut sebagai ´Injil Thomas´. Injil Thomas bukan saja dijadikan salah satu buaian Jesus Seminar, namun juga dijadikan komoditi cerita-cerita fiksi sekitar kehidupan Yesus, seperti dapat kita lihat dalam film-film fiksi-sains-alkitab seperti ´Stigmata´ (Patricia Arquette) dan ´The Body´ (Antonio Bandeiras).

Pada tahun 1945-1946 di Nag Hammadi sebuah kota di Mesir di tepi sungai Nil dalam penggalian ditemukan perpustakaan kuno Gnostik Koptik. Dalam perpustakaan itu dijumpai banyak sekali naskah kuno yang ditulis diatas papirus dan dijilid dengan sampul kulit. Yang terkenal dari penemuan itu adalah ´Injil Thomas´ yang ditemukan dalam versi terjemahan Yunani yang berserakan yang diperkirakan ditulis pada tahun 150, dan terjemahan Koptik yang bernafaskan Gnostik yang berisi kumpulan 114 ´ucapan-ucapan rahasia dan perumpamaan yang dianggap sebagai ucapan Yesus´ (logion). Setengah dari isi Injil Thomas ada dalam ke-empat Injil dan setengah lainnya baru. Tepatnya, 47 logion ada dalam Injil Markus, 40 ada dalam Q, 17 ada pada Injil Matius, dan empat ada di Injil Lukas, dan lima ada di Injil Yohanes.

Kesimpulan Jesus Seminar

Yang menjadi masalah sekarang adalah apakah ´ucapan-ucapan´ baru dalam Injil Thomas itu merupakan hasil gereja atau memang adalah ´ucapan asli´ dari Yesus sendiri mengingat bahwa Injil Thomas diperkirakan lebih tua dari ke empat Injil oleh sebagian ahli. Jesus Seminar menyimpulkan bahwa karena dalam Injil Thomas ada kalimat-kalimat pendek dan kurang adanya pandangan gereja, maka dianggap Injil Thomas cukup tua sebelum gereja terbentuk, jadi lebih dekat pada sumber oralnya, jadi kemungkinannya lebih asli. Demikian juga Crossan berpendapat bahwa Ketiga Injil sudah memalsukan kata-kata ucapan Yesus. Dan Yesus dalam ketiga Injil merupakan tafsiran tentang Yesus dari kacamata Yahudi. Yesus yang asli justru yang bersifat non-yahudi dan bersifat kafir. Ini sesuai dengan gerakan dunia kafir masa itu.

John Dominic Crossan dan Jesus Seminar kemudian menyimpulkan bahwa Injil Thomas ditulis sekitar AD-50 setidaknya 20 tahun sebelum Injil Markus yang dianggap naskah tertua selama ini. Maka Injil Thomas adalah yang asli dan dianggap ´Injil ke-lima´. Bila selama ini Injil Markus dianggap yang paling tua dan menjadi sumber penulisan Injil Matius dan Lukas, maka sekarang mereka memastikan bahwa ´Injil Thomas´ lebih dekat dengan masa hidup Yesus sendiri yang tentunya akan lebih asli. Itulah yang disimpulkan Jesus Seminar. Berdasarkan kesimpulan-kesimpulan itulah maka Jesus Seminar mencoba untuk menyusun gambaran mengenai Yesus Sejarah, yang tentu saja berbeda dengan apa yang diajarkan dan disembah gereja selama ini. Sampai dimanakan keabsahan Injil Thomas yang di-klaim Jesus Seminar sebagai ´Injil Ke-Lima´ itu?

Injil Thomas yang ditemukan di Mesir memang kalah populer dengan penemuan ´The Dead Sea Scrolls´ (1947). Tetapi sejak diterjemahkan dalam bahasa Inggeris pada tahun 1957, Injil Thomas menarik perhatian para penyelidik dan Injil inilah yang dipopulerkan oleh Jesus Seminar. Seminar menganggap bahwa Injil ini adalah produk yang lebih tua dari ke-empat Injil sehingga tentu lebih akurat karena lebih dekat dengan hidup Yesus. Hal lain yang dikemukakan adalah bahwa ucapan-ucapan (logion) Yesus dalam Injil Thomas lebih pendek dan sederhana sehingga tentunya lebih asli di banding ke-empat Injil lainnya yang berbentuk cerita (narasi).

Nafas Gnostik

Argumentasi demikian memang menarik, tetapi perlu disadari bahwa tulisan pendek tidak selalu penunjukkan lebih tua dan asli sebab di banyak bagian lain dalam kitab-kitab Injil juga banyak bagian yang lebih pendek dari ungkapan dalam Injil Thomas. Kenyataan yang terlihat adalah bahwa Injil Thomas adalah produk Gnostik, suatu aliran sempalan yang berkembang pada abad ke-II dan ke-III. Injil Thomas ditemukan dalam pustaka Gnostik lainnya di Nag Hammadi. Mengenai faham Gnostik dibalik kitab Injil Thomas, baiklah kita mendengarkan uraian tokoh berbobot Graham Stanton dalam tulisannya berjudul ´Gospel Truth?´ (1995, hlm.27).

Stanton bukanlah tokoh asing dalam studi Perjanjian Baru, sebab ia adalah Profesor Studi Perjanjian Baru dari King´s College, University of London sejak tahun 1977. Dan pada periode tahun 1995/96 ia dipilih sebagai Presiden Masyarakat Internasional Ahli Perjanjian Baru ´Studiorum Novi Testamenti Societas.´ Ia mengemukakan bahwa pandangan Gnostik mempercayai: "dunia adalah tempat yang jahat diciptakan oleh Tuhan yang jahat, dan yang berbeda dari Tuhan yang benar dan Esa. Pengikut Gnostik Kristen menganggap diri mereka sebagai keturunan Tuhan yang esa itu, dan sebagai percikan ilahi yang terkurung dalam dunia yang jahat ini. Kristus dikirim untuk mengingatkan pengikut Gnostik mengenai hakekat diri mereka yang sebenarnya. Kristus memberitakan rahasia (gnosis) pada para pengikut Gnostik agar mereka dapat melepaskan diri dari dunia yang jahat ini dan kembali kepada Tuhan yang benar."

Dari terang faham demikian ikatan Yesus dengan sejarah abad pertama dan kematian dan kebangkitannya tidak mempunyai arti sama sekali. Sekalipun Injil Thomas tidak secara explisit mengajarkan faham Gnostik, banyak ahli sepakat bahwa Injil Thomas bernafas Gnostik. Bentley Layton, ahli karya Gnostik mengemukakan bahwa nafas Injil Thomas mirip buku Gnostik lain bernama ´Hymn of The Pearl´ dari sekolah Thomas yang mengungkapkan nafas Gnostik. Mereka yang telah membaca buku ini, dengan mudah dapat mencerna nafas Gnostik Injil Thomas.

Pada awal dan akhir Kitab-Kitab Injil identitas penulis terlihat jelas, demikian juga dalam Injil Thomas awal dan akhir ucapan dan identitasnya menunjukkan dengan jelas faham Gnostik. Sebagai contoh: "Ini adalah ucapan-ucapan rahasia yang disampaikan Yesus yang hidup dan ditulis Didymus Judas Thomas. Dan ia berkata: ´Siapa menemukan arti ucapan-ucapan ini tidak akan merasakan mati´." (Logion 1)

Ucapan mengenai ´Yesus yang hidup´, bagi pengikut Thomas adalah lambang isoteris mengenai kata-kata Yesus yang lebih bermakna bagi pengikut Gnostik sebagai kunci keselamatan daripada ajaran kematian dan kebangkitan Yesus. Di bagian penutup, kata Thomas: "Simon Petrus berkata kepada mereka, "Maria harus meninggalkan kita, karena wanita tidak layak akan kehidupan." Yesus berkata: ´Lihat, aku akan menariknya menjadi pria sehingga ia bisa ikut menjadi roh hidup yang serupa kaum pria. Karena setiap wanita yang menjadikan dirinya pria akan masuk dalam kerajaan Allah´." (Logion 114)

Ayat demikian jelas menggambarkan nafas Gnostik, dimana memang wanita dianggap lebih terpenjara jiwanya dan lebih rendah dari pria dan untuk menuju keselamatan harus mengalami perubahan dari tubuh jasmani ke mahluk rohani yang lebih tinggi derajatnya. Ayat berikut memberikan gambaran perbedaan Gnostik Kristen dengan Kristen Alkitabiah. "Murid-muridnya mengatakan kepadanya: ´24 nabi telah berbicara kepada Israel, dan semuanya berkata tentang engkau´. Ia mengatakan kepada mereka: ´Kamu telah mengorbankan satu yang hidup dan kamu mengatakan tentang mereka yang telah mati´." (Logion 52)

Kunci ayat di atas adalah angka 24. Dalam tradisi Yahudi Alkitab PL disebut sebagai terdiri 24 buku. Dari terang itu ayat di atas justru terlihat bersifat menolak ´kekristenan yang menganggap Yesus sebagai penggenap PL´. Penolakan akan Alkitab Yahudi ini jelas mewarisi ajaran Marcion yang telah ditolak ajarannya yang dianggap menyesatkan pada tahun AD-144. Sekalipun Marcion bukan pengikut Gnostik, tetapi seperti para pengikut Gnostik, Tuhan Yesus dianggap bukan Tuhan pencipta dalam Alkitab.

Sekarang bila nafas Gnostik dihilangkan, dapatkah ditemukan ´Injil Thomas´ yang asli? Dari ayat-ayat Injil Thomas yang parallel dengan Kitab-Kitab Injil diketahui bahwa banyak di antaranya yang lebih pendek, ini disimpulkan bahwa naskah itu lebih tua dari Injil kanonik. Lebih pendek tidak selalu harus berarti lebih tua, sebab sekalipun Injil Markus dianggap tertua dan menjadi sumber Injil Matius, banyak ayat-ayat parallel dalam Injil Matius yang lebih pendek dari yang ada di Injil Markus. Kemungkinan Injil Thomas juga mengutip dari ke-4 kitab Injil dan menyingkatnya.

Perumpamaan ´Domba yang Hilang´ (logion 107) lebih pendek dibandingkan Matius 18:12-14 dan Lukas 15:3-7, dan dilepaskan dari semua konteksnya dan didahului kata ´Yesus berkata´. Tidak ada petunjuk dalam Injil Thomas mengenai artinya. Pada pandangan pertama ayat-ayat dalam Thomas itu seakan-akan tidak ada hubungannya dengan Matius dan Lukas dan dianggap menunjukkan kata-kata Yesus yang asli. Namun, keadaannya tidak sesederhana itu. Dalam Injil Thomas, kata-kata pembuka dalam perumpamaan itu menyamakan ´kerajaan´ dengan gembala yang kehilangan satu dari seratus dombanya. Kerajaan adalah dunia para pengikut Gnostik dimana salah satunya hilang. Gembala mencarinya bukan karena hilang tetapi karena domba itu ´besar´. Motivasi yang sama bisa dilihat di banyak bagian Injil Thomas seperti: "Nelayan yang bijak memilih ikan besar dari tangkapannya." (logion 8); "Biji gandum menghasilkan tanaman besar ." (logion 20); "Wanita membuat roti yang besar dari ragi." (logion 96)

Pengikut Gnostik menganggap diri mereka sebagai umat pilihan, minoritas elit, bahkan ada ayat berbunyi: "Yesus berkata: ´Diberkatilah mereka yang tersendiri dan superior, karena kamu akan menemukan kerajaan; sebab kamu berasal dari situ dan kamu akan kembali ke situ´." (logion 49). Dalam versi Thomas mengenai Perumpamaan domba yang hilang, domba yang besar mewakili pengikut Gnostik yang tersesat dari kerajaan dimana ia berasal. Agar perumpamaan ini menjadi ajaran Gnostik, kemungkinan Thomas mengutipnya dari Matius atau Lukas, menyingkatnya, dan melepaskannya dari konteksnya semula.

Ucapan-ucapan Yesus

Mereka yang membela ketidak bergantungan Thomas mengemukakan bahwa dalam Thomas hampir tidak ada urutan ucapan Yesus seperti dalam Injil Sinoptik, jadi Thomas tidak memotong-motong ucapan Yesus seperti yang ada dalam Injil sinoptik. Argumentasi demikian cukup kuat kalau memang tidak ada urutan dalam Injil Thomas. Bila ada tanda-tanda pengelompokan ucapan-ucapan sesuai kata kunci atau tema, maka Thomas mestinya mempunyai motivasi untuk menghilangkan urutan ucapan-ucapan dalam Injil kanonik. Faktanya ada juga hubungan antara ucapan-ucapan itu dalam Injil Thomas. Dan di beberapa tempat disusun berdasarkan suatu logika sesuai pola pikir Gnostik. Christopher Tuckett mengemukakan hal penting yaitu karena jelas bahwa Thomas telah merevisi banyak ucapan Yesus tentunya urutannya juga bisa diubah secara radikal.

Sekarang yang perlu diamati adalah apakah ada jejak usaha Thomas dalam membentuk dan meredaksi tulisannya itu. Bila ada, kelihatannya Thomas mengambil bahan-bahan dari Keempat Injil dalam bentuknya yang akhir dan bukan dari tradisi lisan. Ada petunjuk dalam Injil Thomas ke arah ini. Para pendukung Injil Thomas menganggap bahwa petunjuk terakhir ini sedikit jumlahnya dan memperkirakan petunjuk itu adalah tambahan kemudian yang dimasukkan ke Injil Thomas. Mereka mengatakan bahwa versi asli dari Thomas dalam bahasa Yunani mengutip langsung ucapan Yesus, dan baru pada proses penerjemahan ke bahasa Koptik maka beberapa petunjuk keempat Injil masuk. Kenyataannya petunjuk itu cukup banyak sehingga mustahil hanya merupakan masukan kemudian tanpa disengaja. Sebagai contoh ada ayat yang berbunyi: "Tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dibukakan." (logion 5)

Ucapan ini terdapat dalam versi Yunaninya yang diberi kode PQxy 1, yang mirip dengan perubahan ucapan yang dilakukan dari Markus 4:22 ke Lukas 8:17. Kelihatannya Thomas mengambil dari bahan Lukas sebelum diterjemahkan ke bahasa Koptik. Petunjuk kuat lainnya adalah bahwa ucapan-ucapan Yesus dalam Injil Thomas dapat ditemui pada keempat Injil, dan juga pada tradisi ´Q´, ´M´ dan ´L´. Ini memberi petunjuk bahwa sekalipun mungkin Thomas mengambil dari beberapa tradisi oral, tetapi tradisi itu sendiri bersumber pada ke-empat Injil juga. Mungkin sekali bahwa Thomas mengutip dari harmoni keempat Injil yang awal sebelum Tatian sesudah tahun AD-150 menyusun harmoni keempat Injil. Jadi kemungkinan besar Injil Thomas disusun berdasarkan keempat Injil dan tradisi lisan yang tetap beredar sekalipun keempat Injil sudah tersusun.

Injil Pengganti?

Injil Thomas tidak membuka jalan baru kearah penyelidikan Yesus Sejarah, sebab yang ditemukan adalah copy dari terjemahan koptik yang berasal dari tahun AD-350. Dan, karena ada perbedaan-perbedaan penggunaan kata-kata dan urutan dari versi yunani dan koptiknya, text Thomas tidak terlalu tepat. Versi awal dalam bahasa Yunani kelihatannya disusun sebelum akhir abad ke-II, sedang versi koptik sudah jelas merupakan tulisan Gnostik. Adalah mustahil menghilangkan ke-gnostik-annya untuk memperoleh yang asli, karena itu tidaklah tepat menjadikan Injil Thomas sebagai dasar merekonstruksikan ajaran Yesus. Sekitar setengah dari isi Injil Thomas tidak memiliki acuan parallel dengan keempat Injil, berapa di antaranya yang berasal dari masa Yesus? Jesus Seminar berusaha untuk menempatkannya dekat dengan hidup Yesus, tetapi faktanya dari yang setengah itu, hanya ada 5 logion saja yang oleh mereka sendiri bisa dianggap asli sebagai ucapan Yesus, yaitu:

"Yesus berkata: ´Jadilah sebagai orang yang lewat saja´." (logion 42) "Yesus berkata: ´Seseorang yang telah menjadi kaya harus memerintah. Dan seseorang yang berkuasa harus meninggalkannya´." (logion 81) "Yesus berkata: ´Barangsiapa dekat dengan aku dekat dengan api, dan barangsiapa jauh dari aku jauh dari kerajaan´." (logion 82) "Kerajaan Bapa seperti wanita yang membawa sekeranjang makanan. Bila ia telah berjalan jauh, pegangan keranjang itu putus dan makanannya terserak di jalan. Ia tidak menyadari keadaan itu, ia meletakkan keranjang itu di bawah dan menemukan isinya kosong." (logion 97) "Yesus berkata: ´Kerajaan Bapa adalah seperti seorang pria yang ingin membunuh anggota pengadilan. Di rumah ia menancapkan pisau itu ke tembok untuk mengetahui apakah tangannya cukup kuat. Selanjutnya ia membunuh anggota pengadilan itu´." (logion 98)

Lalu bagaimana dengan sekitar setengah lainnya yang dapat ditemukan di ke-empat Injil? Apakah versi Thomas lebih asli? Rekonstruksi dari salinan Yunani non-Gnostik tidaklah mudah sekalipun kita hidup seratus tahun sesudah masa hidup Yesus. Dalam usaha penyelidikan akan kebenaran sejarah, memang yang disebut Injil Thomas tidak boleh diabaikan, tetapi rintangannya lebih berat daripada dalam penyelidikan keempat Injil yang lebih banyak salinan-salinannya.

Lalu Bagaimana?

Dari beberapa perbincangan sekitar Jesus Seminar dan Injil Thomas di atas kita dapat melihat bahwa apa yang dihasilkan oleh Jesus Seminar terutama yang dihubungkan dengan Injil Thomas merupakan rekaan yang belum terbukti kebenarannya, karena itu menjadikan kitab Thomas sebagai Injil yang setara dengan ke-empat Injil lainnya atau bahkan menjadikannya sebagai Injil ke-Lima sudah jelas menyesatkan. Lebih lagi, menganggap Injil Thomas sebagai Injil yang lebih asli, dan seperti kata Crossan bahwa keempat Injil lainnya sebagai tidak asli, justru menunjukkan dengan jelas kemana arah misi Jesus Seminar. Lebih-lebih, hasil angket Jesus Seminar sendiri menyebutkan bahwa dalam Injil Thomas hanya ada 6 ayat dari 114 fasal yang dianggap sebagai ucapan Yesus yang asli.

Kita perlu sadar bahwa dalam penyusunan dan pengumpulan kitab-kitab Injil oleh para Bapak Gereja, beberapa Rasul dan saksi mata masih hidup, sehingga mereka tentu punya alasan kuat mana yang dapat disebut sebagai kitab Injil dan mana yang tidak diakui sebagai kitab Injil. Teori-teori beberapa Ahli Perjanjian Baru yang sedikit jumlahnya (beberapa puluh saja) tidak perlu membuat kita ragu, lebih-lebih jauh lebih besar jumlahnya Ahli-Ahli Perjanjian Baru yang masih menganggap ke-empat Injil Kanonik sebagai yang asli dan memandang Injil Thomas hanya sebagai produk Gnostik abad ke-2, lebih-lebih adanya tokoh seperti Graham Stanton, yang menjadi profesor Perjanjian Baru sejak tahun 1977 di King´s College, University of London dan menjadi Presiden ´Studiorum Novi Testamenti Societas´, dapatlah kita meng´amin´kan bahwa Iman Kristen masih mempunyai ke-empat Injil kanonik sebagai dasar batu karang yang teguh, dan apa yang diberitakannya mengenai Yesus Sejarah di dalamnya tidak perlu kita ragukan kebenarannya.

nih tentang injil thomas
User avatar
AllahAkbar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 331
Joined: Fri Aug 20, 2010 4:57 pm
Location: مدينة نيويورك

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby manazil » Sun Nov 28, 2010 3:48 am

lok lu mau tau baca injil barnabas disana ada lok lu orang kristen punyainjil barnabas.,., atau kalin gk tau injil barnabas
lok islam tw tellu excecutive buat lu yg jelek
pke aj lu punya sorban islam tw tidak beridentitaskn sorban,.., tapi keimanan with syahadat
dripada pausmu tukang cabul.,,..trukang korupsi.,
mw perang gk ad dana,.,.buat ayat baru,.,.surat pengampunan dosa,.,.emg maen surat2tan,..,,..,
coba cariin di bibel mu tntang knpa paus,., pke topi nanggung bgt.., ad gk,...,???
manazil
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 2
Joined: Sun Nov 28, 2010 2:48 am

Re: MOHON PENJELASAN DARI KAUM MUSLIM TENTANG PENYALIBAN ISA

Postby pecinta kubus » Wed Dec 01, 2010 7:15 am

Metalizer wrote:Emangnya INJIL PAULUS udah sesuai dgn TAURAT ??


Hahahah baru denger saya ada injil baru INJIL PAULUS ...???
:axe:
:rolling:
pecinta kubus
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 55
Joined: Sun Nov 28, 2010 8:08 am

PreviousNext

Return to Quran & ISA Almasih, Injil



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users