. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

MITOS Israel Jajah Jalur GAZA

Analisa hubungan Islam dan Yahudi sejak jaman Muhammad dan Islam sampai saat ini.

MITOS Israel Jajah Jalur GAZA

Postby ali5196 » Fri May 16, 2008 2:01 pm

http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/co ... inionsbox1

The Myth Of Occupied Gaza
By David B. Rivkin Jr. and Lee A. Casey
Saturday, May 10, 2008

Image
Gaza adalah tanah sempit, kira2 panjang 8km/25 mil dan lebar 2 km/6 mil, di pantai Mediteran Israel. Selama 38 thn (sampai 2005), Gaza dikuasai Israel. Penduduknya = 8.500 yahudi dan 1.3 juta orang Arab (alias orang 'Palestina'). Hamas menang suara mayoritas dlm parlemen Gaza th 2006 dan menguasai Gaza secara militer sejak 2007. http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/co ... 00713.html

See also:
85% of Israeli settlers out of Gaza
http://www.theage.com.au/news/middle-ea ... 83365.html


Tanpa bertele2, marilah kita bertanya secara langsung saja : apakah menurut hukum internasional, Israel "menjajah" Jalur Gaza ? Jawaban atas pertanyaan ini sangat penting: Ini menyangkut hak berdaulat Israel & penduduk Gaza dan merupakan preseden hukum penting menyangkut perang antar negara berdaulat dgn sebuah wadah bukan-negara (non-state entities), termasuk kelompok2 teroris spt al-Qaeda.

Mereka yg anti-Israel mengatakan bahwa Gaza merupakan wilayah "jajahan," padahal pasukan Israel secara unilateral sudah menarik diri dari kawasan tsb pd bln Agustus 2005. Dgn kata lain : MANA pihak penjajah, kalau tentaranya saja sudah tidak lagi menjajah kawasan tsb ? Apanya yg dijajah ?? :lol: :lol: Bahkan 80% penduduk Yahudi yg tinggal di Jalur Gaza selama berabad2 sudah diusir secara paksa oleh tentara Israel sendiri.

LIHAT: Exodus From Gaza : The forcible evacuation of the Jews, August 2005
http://www.tomgrossmedia.com/ExodusFromGaza.html

Jadi kenapa sih orang masih menganggap Israel MASIH menjajah Jalur Gaza ???? :shock: :shock: :shock:

Atau mungkin orang menganggap cara2 Israel membela diri dgn menghantam balik kegiatan teroris Hamas -- dgn membatasi arus pangan, bahan bakar dan komoditi2 lain ke Gaza -- sbg 'penjajah' ?

Dari sudut hukum tradisional internasional, Israel BUKAN negara penjajah. Yg menjadi pertanyaan adalah : Apakah negara macam Israel punya otoritas -- secara de facto-- atas Gaza ?

Th 1899, Konvensi Den Haag ttg Hukum dan Adat Istiadat Perang Darat mengatakan bahwa "sebuah teritori dianggap dijajah KALAU teritori itu ditempatkan dibawah otoritas tentara musuh. Penjajahan itu hanya berlaku pada teritori dimana otoritas itu terbentuk dan otoritas itu berada dalam posisi utk berkuasa."

Konvensi Den Haag ini adalah hukum inti dari segala hukum modern ttg konflik bersenjata dan definisinya ttg 'daerah jajahan' dicakupkan dlm Konvensi2 Jenewa 1949. Menurut Konvensi Jenewa, "mengenai daerah jajahan, pemberlakuan Konvensi itu berakhir satu tahun setelah ditutupnya operasi militer," walau beberapa perlindungan bagi penduduk tetap dilanjutkan "sejauh kekuatan (penjajah) melakukan fungsi sebuah pemerintahan di kawasan itu." INILAH kuncinya -- melakukan fungsi sebuah pemerintahan.

Sebuah kekuatan penjajah menjalankan kekuasaan secara efektif atas sebuah teritori yg tindakan militer maupun ekonomi dibatasi hukum internasional, bahkan kalaupun tindakan itu melebihi kekuasaan penjajah
semasa penjajahannya, baik di masa perang maupun damai.

JADI, militer Israel TIDAK lagi menguasai Gaza; Israel juga TIDAK lagi melakukan fungsi sebuah pemerintahan disana. SO, jeritan2 histeris mahluk2 pro-Palestina bahwa Israel masih juga teruuuus menjajah Gaza
hanya merupakan tuduhan mengada2 saja.

Dilain pihak, setiap aturan yg dirancang utk membatasi kebebasan bertindak Israel dan membiarkan terorisme ala Hamas seenak udel mereka, HARUS ditantang negara2 manapun, termasuk AS. Kalau tidak, ini berarti bahwa negara2 mantan penjajah bisa membatalkan semua kewajibannya atas teritori tsb. secara permanen. Bahayanya, kalau teritori itu tidak memiliki penguasa yg mampu memerintahnya -- maka teritori itu akan menjadi kawasan anarkis. Contoh : beberapa bagian Afghanistan, Somalia, Sudan dan Pakistan.

Gaza merupakan pengecualikan karena status hukumnya secara internasional belum ditentukan. Penjajah paling akhirnya adalah kerajaan Ottoman. Gaza menjadi bagian dari Mandat Palestina Inggris dan sejak itu diperintah bersama oleh Mesir dan Israel. KINI, tidak ada negara yg menyatakan diri sbg otoritas berdaulat atas Gaza (walau kalau Palestina
merdeka nanti, Gaza otomatis akan menjadi bagian dari 'negara' Palestina). Sementara itu, Hamas mengakui dirinya sendiri sbg otoritas paling tinggi dan sbg pemerintahan de facto di Gaza. Ini merupakan kasus klasik sebuah kawasan anarkis yg dikuasai teroris.

Oleh karena itu, tidak realistis dan sangat tidak bertanggung jawab kalau kita menuntut agar kekuasaan negara2 yg lebih mampu mencampuri urusan kawasan2 anarkis tsb -- entah utk melindungi kepentingan mereka, ataupun kepentingan penduduk setempat--dilemahkan dan dilarang. Apalagi kalau negara asing tsb atau negara 'penjajah' tsb mencoba menyelamatkan nyawa manusia. Lihat saja contohnya di DARFUR !

Juga teramat norak kalau kita menganggap Hamas 'cuma' gang2 kriminal yg bisa diatasi oleh polisi setempat. Hamas bukan saja sekedar gang kriminal picisan, tapi gang yg mempengaruhi kemampuan negara2 demokrasi spt AS utk melindungi penduduknya dari serangan2 al-Qaeda dkk. Membatasi hak sebuah negara utk menggunakan kekuatan militer atas kelompok2 teroris itu hanya akan menguntungkan teroris2 berjenggot paling biadab taraf dunia. Oleh karena itu, hukum tradisional
internasional yg masih mewajibkan sebuah negara 'mantan penjajah' utk mengatur kawasan jajahan tsb masuk akal. :wink:

---------------------------------
Penulis2 adalah pengacara2 Washington Di DepKeadilan dibawah Presiden2 Ronald Reagan & George H.W. Bush. Mereka mantan anggota [i]U.N. Subcommission on the Promotion and Protection of Human Rights dari th 2004 - 2007.
[/i]
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby yvptgxj » Tue Aug 10, 2010 4:06 am

ali5196 wrote:Gaza adalah tanah sempit, kira2 panjang 8km/25 mil dan lebar 2 km/6 mil, di pantai Mediteran Israel. Selama 38 thn (sampai 2005), Gaza dikuasai Israel. Penduduknya = 8.500 yahudi dan 1.3 juta orang Arab (alias orang 'Palestina'). Hamas menang suara mayoritas dlm parlemen Gaza th 2006 dan menguasai Gaza secara militer sejak 2007. http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/co ... 00713.html

See also:
85% of Israeli settlers out of Gaza
http://www.theage.com.au/news/middle-ea ... 83365.html


...80% penduduk Yahudi yg tinggal di Jalur Gaza selama berabad2 sudah diusir secara paksa oleh tentara Israel sendiri.

LIHAT: Exodus From Gaza : The forcible evacuation of the Jews, August 2005
http://www.tomgrossmedia.com/ExodusFromGaza.html



Islam memang sumber masalah dunia sampai kapanpun.
yvptgxj
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1851
Joined: Fri Mar 06, 2009 8:58 pm

Re: MITOS Israel Jajah Jalur GAZA

Postby Teman » Sun Aug 15, 2010 9:56 am

Salam kenal mas/mba ali5196..
Anda banyak menyumbangkan/menerjemahkan artikel-artikel yang jarang beredar di tanah air. Suatu kondisi yang tidak seimbang yang sudah menjadi bagian dari informasi sehari-hari. Tidak seimbang dalam artian, sudah menjadi berita umum tentang kekerasan yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina. Dan darah orang-orang yang menyaksikannyapun cepat "terbakar". Pada waktu menyaksikan berita tsb saya belum bisa berkomentar apapun karena memang Israel sering bertindak sendiri & menjadi batu sandungan. Sebenarnya ini bukan berita baru, jauh sebelumnya sudah disampaikan gambaran akan hal-hal yang akan datang tentang Israel, mirip kira-kira seperti sekarang ini.

Tetapi beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan informasi baru (kalau tidak salah dari IFF) tentang "situasi lain" yang terjadi di sana, yang intinya ada skenario-skenario dalam konflik tersebut yang dilakukan warga/pihak/oknum Palestina sehingga membentuk opini publik dengan muatan memberatkan posisi Israel.

Saya bukan orang yang mudah percaya suatu penyampaian, supaya tidak terjebak dengan pemikiran dangkal. Tetapi setidaknya berita itu menjadi sebuah sumber baru yang mengambil tempat berseberangan dengan berita-berita sebelumnya. Jika berita itu benar, betapa kompleksnya sebenarnya sengketa yang sedang terjadi di ujung sana.

Demikian dulu mas/mba, supaya salam perkenalannya tidak "kosong", he hee.. Terima-kasih.
User avatar
Teman
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 421
Joined: Thu Jul 08, 2010 12:44 pm

Re: MITOS Israel Jajah Jalur GAZA

Postby Teman » Sun Aug 15, 2010 9:58 am

Oh saya lupa sampaikan sesuatu.. terima-kasih buat artikel2nya yah.. Mas/Mba menyebarkan manfaat buat banyak orang. May God bless u all the time!
User avatar
Teman
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 421
Joined: Thu Jul 08, 2010 12:44 pm

Re: MITOS Israel Jajah Jalur GAZA

Postby asal usil » Wed Feb 02, 2011 2:34 pm

maaf... Israel memang tidak menempatkan pasukannya di GAZA atau orang2 yahudi menduduki posisi sebagai penguasanya kaya JP Coen gubernur jenderal di Batavia...

Tapi Gaza dikepung di blokade dari darat dan laut istilahnya orang2 GAZA itu tawanan rumah tidak boleh punya perwakilan diplomatik, makanan, minuman, obat2an, bahan bangunan harus lewat screening Israel dulu.. dan tidak semua barang boleh masuk Gaza.
Sama kaya lo ada di lembaga Pemasyarakatan aja

Setuju bukan pendudukan tapi penahanan menurut saya..

http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/co ... 00768.html

http://debatepedia.idebate.org/en/index ... _suffering

:heart:
asal usil
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1055
Joined: Mon Jan 17, 2011 2:49 pm

Re: MITOS Israel Jajah Jalur GAZA

Postby israel.1948 » Thu Mar 03, 2011 12:51 am

asal usil wrote:maaf... Israel memang tidak menempatkan pasukannya di GAZA atau orang2 yahudi menduduki posisi sebagai penguasanya kaya JP Coen gubernur jenderal di Batavia...

Tapi Gaza dikepung di blokade dari darat dan laut istilahnya orang2 GAZA itu tawanan rumah tidak boleh punya perwakilan diplomatik, makanan, minuman, obat2an, bahan bangunan harus lewat screening Israel dulu.. dan tidak semua barang boleh masuk Gaza.
Sama kaya lo ada di lembaga Pemasyarakatan aja

Setuju bukan pendudukan tapi penahanan menurut saya..

http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/co ... 00768.html

http://debatepedia.idebate.org/en/index ... _suffering

:heart:

pengurungan brurrr...

tau kenapa dikurung ???
hamas brur yang dikurung...
nah israel ngurung bukan berarti gk bs keluar sama sekali bru moeslem...
mereka menscrening brur atau menyaring brur...
jangan sampe yang keluar masuk itu ANGGOTA GANK hamas brur...
HAMAS brur FAKTANYA tukang bikin onar brur...
doi keluar masuk gaza dengan enk,... bs seenaknya bawa senjata...
hamas kan gila... belum bs megang senjata

udah untung di kurung, kalau sampe israel niru2 momed :turban: banyak yang kena penggal tuh kepala HAMAS...
Last edited by israel.1948 on Wed Nov 02, 2011 2:45 am, edited 1 time in total.
User avatar
israel.1948
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 126
Joined: Mon Feb 28, 2011 12:06 am
Location: ISRAEL - INDONESIA

Postby yvptgxj » Thu Mar 03, 2011 3:14 am

ali5196 wrote:Gaza adalah tanah sempit, kira2 panjang 8km/25 mil dan lebar 2 km/6 mil, di pantai Mediteran Israel. Selama 38 thn (sampai 2005), Gaza dikuasai Israel.


asal usil wrote:Gaza dikepung di blokade dari darat dan laut istilahnya orang2 GAZA itu tawanan rumah tidak boleh punya perwakilan diplomatik, makanan, minuman, obat2an, bahan bangunan harus lewat screening Israel dulu.. dan tidak semua barang boleh masuk Gaza.


Hey muslim syiah!

Emangnya kenapa dgn ottoman turki mengkolonisasi daerah yang bernama palestina?
yvptgxj
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1851
Joined: Fri Mar 06, 2009 8:58 pm

Re: MITOS Israel Jajah Jalur GAZA

Postby 13AntiSemit » Thu Mar 03, 2011 7:03 am

TS bahas nya cuma jalur gaza nya...adu du du...yg lain kaga diliat??aiiihhh.......
13AntiSemit
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 4
Joined: Thu Mar 03, 2011 6:30 am

Re: MITOS Israel Jajah Jalur GAZA

Postby yvptgxj » Thu Mar 03, 2011 9:01 pm

13AntiSemit wrote:TS bahas nya cuma jalur gaza nya...adu du du...yg lain kaga diliat??aiiihhh.......


Mana alasan yang valid bahwa ottoman turki/British/israel mengkoloni, daerah yang bernama Palestina, bukanlah mitos?

BAHAN REFERENSI (BUKAN UTK DEBAT!) Resource Center: Islam dan YAHUDI
yvptgxj
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1851
Joined: Fri Mar 06, 2009 8:58 pm


Return to Resource Center: Islam dan YAHUDI



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users