. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Minum Anggur atau ALCOHOL dalam ISLAM.....

Kehidupan, pengikut, kepercayaan, pikiran dan ucapan Muhammad.

Minum Anggur atau ALCOHOL dalam ISLAM.....

Postby Rebecca » Wed Mar 14, 2007 9:55 pm

aulo mengatakan minum wine itu dosa besar...meski nanti di lokalisasi aulo di surga...aulo BAHKAN menyediakan sungai anggur...(aulo munafik!)...


002.219
YUSUFALI: They ask thee concerning wine and gambling. Say: "In them is great sin, and some profit, for men; but the sin is greater than the profit." They ask thee how much they are to spend; Say: "What is beyond your needs." Thus doth Allah Make clear to you His Signs: In order that ye may consider-




NAMUN lihat saja kebiasaan minum alkohol para PRAJURIT islam...loh muhamMAD kemana? kok nggak dilarang tuh?


BUKHARI, Volume 4, Book 52, Number 70:
Narrated Jabir bin Abdullah:
"Some people drank alcohol in the morning of the day (of the battle) of Uhud and were martyred (on the same day)." Sufyan was asked, "(Were they martyred) in the last part of the day?)" He replied, "Such information does not occur in the narration."


MUSLIM, Book 023, Number 4884:
Anas b. Malik reported: I was standing amongst the uncles of my tribe serving them Fadikh while I was the youngest of them, when a person came and said: Verily the use of liqour has been prohibited. They said: Anas, spill it away. So I spilt it. He (one of the narrators. Sulaiman Taimi) said that he asked Anas what that was (the Fadikh). He said: It had been prepared from unripe and ripe dates. Abu Bakr b. Anas said: It was their liquor in those days. Sulaiman said: A person narrated it to me from Anas b. Malik that he had said so.



MUSLIM, Book 023, Number 4886:
Anas b. Malik reported I was serving wine to Abu Talha, and Abu Dujana. and Mu'adh b. Jabal admidst a group of Ansar when a visitor came to us and said There is a fresh news; the (verses) concerning the prohibition of liquor have been revealed. So we spilt it on that day; and it was a mixture of dry dates and fresh dates. Anas b. Malik said: While Khamr was declared unlawful, the common liquor of theirs was then a mixture of dry dates and fresh dates.




loh, ada clue muhamMAD minum alkohol pula!...waduh...hancur nih!...yah hitung-hitung latihan mabuk lah...kan di LOKALISASI aulo, ada sungai anggur...yah nggak?


“Khamr, made of dates was the favourite. Ibn Khaldun argues that such personages as al-Rashid and al-Ma’mun used only nabidh, prepared by soaking grapes, raisins or dates in water and allowing the juice to ferment slightly. Such drink was judged legal under certain conditions by at least one school of Moslem jurisprudence, the Hanafite. Muhammad himself drank it, especially before it was three days old.” (History of the Arabs; Philip K. Hitti, ch. xxvi, p.337)
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby feodor fathon FF » Thu Mar 15, 2007 10:52 am

Wah Bagus juga nih topik ...
dari topik ini kita bisa melihat Betapa Muhammad dipatuhi bahkan ketika beliau tdk hadir dihadapan mereka.... LUar biasa sungguh sosok yang agung ini





kita lihat bagaimana mereka patuh pada Nabi :
    Sahih Bukhari, Volumn 007, Book 069, Hadith Number 489.
    -----------------------------------------
    Narated By Anas : While I was waiting on my uncles and serving them with (wine prepared from) dates... and I was the youngest of them... it was said, "Alcoholic drinks have been prohibited." So they said (to me), "Throw it away." So I threw it away.




Wine memang budaya Arab yang Akut ...tapi karena Muhammad berhasil mencetak manusia-manusia tangguh ...dgn efektif satu perintah TINGGALKAN WINE mereka semua meninggalkan budaya akut tsb ...Subhanallah ...!!

    Sahih Bukhari, Volumn 006, Book 060, Hadith Number 144.
    -----------------------------------------
    Narated By Anas : The alcoholic drink which was spilled was Al-Fadikh. I used to offer alcoholic drinks to the people at the residence of Abu Talha.

    Then the order of prohibiting Alcoholic drinks was revealed, and the Prophet ordered somebody to announce that: Abu Talha said to me, "Go out and see what this voice (this announcement) is." I went out and (on coming back) said, "This is somebody announcing that alcoholic beverages have been prohibited." Abu Talha said to me, "Go and spill it (i.e. the wine)," Then it (alcoholic drinks) was seen flowing through the streets of Medina.

    At that time the wine was Al-Fadikh. The people said, "Some people (Muslims) were killed (during the battle of Uhud) while wine was in their stomachs." So Allah revealed: "On those who believe and do good deeds there is no blame for what they ate (in the past)." (5.93)



ALLAHU AKBAR !!
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Postby Lulldapull » Thu Mar 15, 2007 11:21 am

@Bebek,

aulo BAHKAN menyediakan sungai anggur...(aulo munafik!)...


Itu cuma kiasan bahwa Allah menyediakan surga dengan segala keindahannya. Dapat nilai berapa Bahasa Indonesianya? Krisis spiritualmu benar-benar memprihatinkan...
Lulldapull
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 275
Joined: Mon Jun 05, 2006 12:17 pm
Location: Dar Al-Harb

Postby adheel » Thu Mar 15, 2007 11:29 am

Rebeca kehilangan pamornya setelah bikin Thread yang gak mutu seperti ini.. :( gue kecewa sama Ph.D yang satu ini... Jadi males ngebahas Thread ini :(
User avatar
adheel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Postby SQUALL LION HEART » Thu Mar 15, 2007 11:31 am

Lulldapull wrote:@Bebek,
aulo BAHKAN menyediakan sungai anggur...(aulo munafik!)...

Itu cuma kiasan bahwa Allah menyediakan surga dengan segala keindahannya. Dapat nilai berapa Bahasa Indonesianya? Krisis spiritualmu benar-benar memprihatinkan...


1. bebek ? begitukah cara debat ?
2. apa indahnya sungai anggur ? kok perasaanku ngak indah ya ?
apa ada ikan mabuk di dalam ?
SQUALL LION HEART
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2430
Joined: Thu Nov 23, 2006 8:56 am
Location: ujung langit

Postby adheel » Thu Mar 15, 2007 11:34 am

Bahasa sederhananya :
Emang Arak itu sebelumnya jadi kebiasaan bangsa Arab, kemudian datang perintah meninggalkan kebiasaan itu secara bertahap, dan pada puncaknya pengharaman Arak itu, dikisahkan tanah madinah banjir oleh tumpahan arak..
User avatar
adheel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 831
Joined: Sat Jan 06, 2007 6:29 pm
Location: Mungkin Disebelahmu :D

Postby murtad mama » Thu Mar 15, 2007 1:04 pm

ya begtulah si AULLOH wts eh maaf swt, di dunia dilarang minum khamrun (anggur) tapi di syurga muslim/ah dapet sungai dgnair anggur yg menglir di syurga
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby cahkangkung » Thu Mar 15, 2007 1:13 pm

Lulldapull wrote:@Bebek,

aulo BAHKAN menyediakan sungai anggur...(aulo munafik!)...


Itu cuma kiasan bahwa Allah menyediakan surga dengan segala keindahannya. Dapat nilai berapa Bahasa Indonesianya? Krisis spiritualmu benar-benar memprihatinkan...


Gua yakin nilai bahasa Indonesia elu 10, No doubt about that!!!
Namun gua yakin pula nilai Nalar dan Logika elu NOL!!! Kiasan yang ga dinalarkan dengan konteks apanya ga bisa dibanggakan.Udah jelas konteksnya adalah (dalam bahasa yang paling halus) setara dengan "Berakit2 ke hulu,berenang2 ke tepian, bersakit2 dahulu bersenang2 kemudian kan?" namun kalo dikontekskan dengan larangan minum Khamr hal yang paling konyol jadilah :

"Jangan minum khamr dulu,tahanlah nafsumu dulu,ntar kalo elu tabah,elu boleh mabok sepuas2nya lho" bener iming2 buat orang2 dengan logika anak2 kecil yang gampang ditipuin.Btw koq mau2nya ditipuin sih???
User avatar
cahkangkung
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1429
Joined: Mon Sep 25, 2006 8:43 am
Location: Malta

Re: Minum Anggur atau ALCOHOL dalam ISLAM.....

Postby Al Cohol » Thu Mar 15, 2007 1:16 pm

Pantesan perasaan tadi ada yang manggil2 ogut :D

Itu cuma kiasan bahwa Allah menyediakan surga dengan segala keindahannya. Dapat nilai berapa Bahasa Indonesianya? Krisis spiritualmu benar-benar memprihatinkan...


Surga dengan segala keindahannya kok dikiaskan dengan yang harom2?

Di mana indahnya? :lol:

Begitulah kalo penyamun padang pasir yang barbar kalo disuruh bikin ayat kitab suci, menyedihkan. :lol:
User avatar
Al Cohol
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 230
Joined: Sat Feb 25, 2006 11:05 pm

Postby cahkangkung » Thu Mar 15, 2007 1:20 pm

noor_al_maseeh wrote:ya begtulah si AULLOH wts eh maaf swt, di dunia dilarang minum khamrun (anggur) tapi di syurga muslim/ah dapet sungai dgnair anggur yg menglir di syurga


@Noor,Wah ini lagi emang hal yang konyol dan menggelikan.Kalo kita baca ayatnya dengan lengkap khamr yang tidak mengandung Alcohol kan? Apa ya nama yang tepat untuk khmr tanpa alcohol : Juice Strawberry,Juice Anggur dan Juice Apel??

Ada gak ya orang yang mau diiming2i oleh Coca Cola tanpa soda? (Coca cola basi)?
User avatar
cahkangkung
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1429
Joined: Mon Sep 25, 2006 8:43 am
Location: Malta

Postby murtad mama » Thu Mar 15, 2007 2:13 pm

sya mau liat otak muslim bagaimana,di dunia diharamkan tapi di akhirat di legalkan sungguh taquiah (munafik) utk agama eslam ini
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby murtad mama » Fri Mar 16, 2007 10:25 am

ni aku tambahin deh dari kor'an supaya clear:

QS 80:25 – 32

Sesungguhnya Kami benar-benar telah mencurahkan air (dari langit), kemudian Kami belah bumi dengan sebaik-baiknya, lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, kebun-kebun (yang) lebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan, untuk kesenanganmu dan untuk binatang-binatang ternakmu.

QS 36:34 - 36

Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?

nah ini ayat yang melegalkan minum khamr oleh Aulloh swt

QS 16:67

Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

QS 2:29

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia.

dilegalkan Aulloh swt minum Khamr disyurga :

QS 37:45

Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir.

QS 83:25

Mereka diberi minum dari khamar murni yang dilak (tempatnya),

QS 47:15

penghuni jannah (syurga) yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tiada berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring; dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby murtad mama » Fri Mar 16, 2007 10:32 am

nah Muhammad minun Anggur lo:

It was mentioned in (Sahih Muslim. The drinks book…the chapter of: dinking wine):"narrated Jabber Ibn Abdullah: we were with the messenger of God, then he asked for a drink, a man came to him saying: O messenger of God: do we give you wine to drink, he said: yes, then they brought a goblet of wine to him and the messenger of God drank it"

My essential question here is: was Muhammad before the forbiddance of wine under the domain of Satan, as he was drinking the wine?
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby Rebecca » Fri Mar 16, 2007 10:32 am

noor_al_maseeh wrote:Diedarkan kepada mereka gelas yang berisi khamar dari sungai yang mengalir.



itu gelas KHMAR mungkin semacam PERSONIFIKASI atau kiasan aulo yah NOOR?hi...hi...

72 bidadari cantik untuk digenjotin di dipan-dipan yang berderet di surga aulo...KAN PERSONIFIKASI oleh aulo yah?

trus sungai anggur di brothel aulo juga PERSONIFIKASI oleh aulo kan?hi...hi...hi...


@NOOR, kok makin banyak gue temukan makna KABUR atau hasil personifikasi oleh aulo sih?...gue susah membedakannya!..hi..hi..hi...
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby murtad mama » Fri Mar 16, 2007 10:44 am

Didn't Islamic Scholar know about what happened to his messenger of God (Muhammad)? :lol: :lol: :lol:

The proofs for that are numerous:

1-The above mentioned converse (Sahih Muslim. The drinks book…the chapter of: dinking wine (narrated Jabber Ibn Abdullah: we were with the messenger of God, then he asked for a drink, a man came to him saying: O messenger of God: do we give you wine to drink, he said: yes, then they brought a goblet of wine to him and the messenger of God drank it)

2- In (Sahih Muslim…The drinks book): Jabber Ibn Abdullah narrated that they were fermenting the wine for the prophet in a stony container

3- In (Sahih Al-Bokhary…The drinks book): the prophet forbad mixing date with raisin and he ordered to ferment each of them separately

4- In (Sahih Muslim…The drinks book): narrated Ibn Abbas: the messenger of God was given wine to drink, he was drinking it for three consecutive days, and then if something was left, he was pouring it

5- In (Sahih Muslim…The drinks book... the chapter of permitting the wine...) narrated Ibn Hazen Al-Kashiry, he said: I met Aeisha and asked her about the wine, Aeisha called an Ethiopian maid and said: ask this one, as she was fermenting the wine for the messenger of God, the Ethiopian said: I was fermenting the wine by night for him, keeping it till morning, when he waked up he was drinking from it

6- In (Sahih Muslim…The drinks book... the chapter of permitting the wine...) narrated Al-Hassen, from his mother, from Aeisha, she said: we were fermenting for the messenger of God the wine in a bucket at morning, he was drinking it by night, and we were fermenting it by night, to drink from it the next morning

7- In (Mosnad Ahmed... the beginning of Mosnad Abdullah Ibn Abbas) narrated Ibn Abbas, he said:" the messenger of God was given wine on Monday night; he was drinking it Monday, Tuesday till afternoon, and if something was left of it, he gave it to the servants or poured it, and So'ba said he was keeping it till Wednesday afternoon and if something was left of it, he gave it to the servants or poured it,

8- In Mosnad Ahmed... of Mosnad Abdullah Ibn Masoud): Abdullah Ibn Masoud was with the messenger of God in the night of Al-jinn, the prophet said to him:"O, Abdullah do you have water, he replied: I have wine, he said to him: pour for me some of it, to do ablution , and he said to him :O Abdullah Ibn Masoud, that's a pure drink"

9- In The halabin life history: among those who made the prophet laughing was Noieman, the prophet was laughing by looking at him, as he was telling jokes, and among those who were drinking the wine with him, a man named Abdullah and he was given the name the drunk" (The halabin life history: the life history of Muhammad, part 3, page 459: the chapter of "The one who made the prophet laughing") :lol:

So if the wine is Satan's deed, as the table chapter (Surat Al-Ma'idah') 90 said, So was Muhammad under Satan's deed all of that period? It is just a big question for Islamic Scholar

And if the wine was forbidden in the quran, then how there are rivers of wine in the paradise?

It was mentioned in Muhammad chapter (Surat Muhammad) 15" rivers of wine delicious to those who drink", if they say it is not a boozing wine, then why it was not called a juice for example?
Last edited by murtad mama on Fri Mar 16, 2007 10:46 am, edited 1 time in total.
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby ndramus » Fri Mar 16, 2007 10:44 am

pinter juga strategi marketingnya...

di dunia harom di akherat halol.
caranya masuk islam gimana ya ?
gimana ga menarik coba, bayangin aja brp tahun siy hidup di dunia ini max usia 90-an sedangkan di akherat abadi bo !!
tak terbatas o/ umur. makanya apa susahnya disuruh puasa selama 90 thn

mohon bantuan rekan2 muslim, saya berminat sekali jadi muslim, tx
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby murtad mama » Fri Mar 16, 2007 12:44 pm

Ustadzah dhodor menulis,Ustad Noor Al Maseeh menjawab:

Ustadzah dodor menulis:

Wah Bagus juga nih topik ...
dari topik ini kita bisa melihat Betapa Muhammad dipatuhi bahkan ketika beliau tdk hadir dihadapan mereka.... LUar biasa sungguh sosok yang agung ini

Ustad Noor Al Maseeh menjawab:

dor....dor otakmu dikemanain tuh jgn2 selangkangan,tuh nabimu mmg katro belum baca quran kali ye hahahaah, dan ada title "nabi" masih aja neguk khamrun(anggur),ndak tahan nabimu minum khamir di syurga sampai dia modar. hahaha
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby murtad mama » Fri Mar 16, 2007 12:57 pm

rebeca (semoga dirahmati Allah) wrote:

itu gelas KHMAR mungkin semacam PERSONIFIKASI atau kiasan aulo yah NOOR?hi...hi...

72 bidadari cantik untuk digenjotin di dipan-dipan yang berderet di surga aulo...KAN PERSONIFIKASI oleh aulo yah?

trus sungai anggur di brothel aulo juga PERSONIFIKASI oleh aulo kan?hi...hi...hi...

@NOOR, kok makin banyak gue temukan makna KABUR atau hasil personifikasi oleh aulo sih?...gue susah membedakannya!..hi..hi..hi...

jawaban saya:

kan sudah aku bilang indehoy pun para jihadis houris genjotin ce/co disyurga pun dianggap pesonifikasi ada2 aje katro muhammad tu,kan jelas2 bukan personifikasi tapi makna sebenarnya
User avatar
murtad mama
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby Rebecca » Sat Mar 17, 2007 8:07 pm

adheel wrote:Bahasa sederhananya :
Emang Arak itu sebelumnya jadi kebiasaan bangsa Arab, kemudian datang perintah meninggalkan kebiasaan itu secara bertahap, dan pada puncaknya pengharaman Arak itu, dikisahkan tanah madinah banjir oleh tumpahan arak..



mungkin gini lengkapnya:
Emang Arak itu sebelumnya jadi kebiasaan bangsa Arab, kemudian datang perintah meninggalkan kebiasaan itu secara bertahap, dan pada puncaknya pengharaman Arak itu, dikisahkan tanah madinah banjir oleh tumpahan arak-----> SETELAH itu JADI KEBIASAAN muslim lg minum arak di surga aulo!...hi...hi...hi...
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby feodor fathon FF » Tue Mar 20, 2007 10:25 am

Rebeca wrote:
adheel wrote:Bahasa sederhananya :
Emang Arak itu sebelumnya jadi kebiasaan bangsa Arab, kemudian datang perintah meninggalkan kebiasaan itu secara bertahap, dan pada puncaknya pengharaman Arak itu, dikisahkan tanah madinah banjir oleh tumpahan arak..



mungkin gini lengkapnya:
Emang Arak itu sebelumnya jadi kebiasaan bangsa Arab, kemudian datang perintah meninggalkan kebiasaan itu secara bertahap, dan pada puncaknya pengharaman Arak itu, dikisahkan tanah madinah banjir oleh tumpahan arak-----> SETELAH itu JADI KEBIASAAN muslim lg minum arak di surga aulo!...hi...hi...hi...

he he .... makanya jangan lemot .... fahami dulu PRINSIP PENGHARAMANNYA ..... nih baca yah mot :

MABUK

SETIAP YG MEMABUKKAN HARAM APA PUN
    Sahih Muslim, Book 023, Number 4962:
    Jabir reported that a person came from Jaishan, a town of Yemen, and he asked Allah's Apostle (may peace be upon him) about the wine which was drunk in their land and which was prepared from millet and was called Mizr. Allah's Messenger (may peace be upon him) asked whether that was intoxicating. He said: Yes. Thereupon Allah's Messenger (may peace be upon him) said: Every intoxicant is forbidden. Verily Allah the Exalted and Majestic, made a covenant to those who drank intoxicants to make their drink Tinat al-Khabal. They said: Allah's Messenger, what is Tinat a]-Khabal? He said: It is the sweat of the denizens of Hell or the discharge of the denizens of Hell.

    Sahih Muslim,Book 023, Number 4956:
    'A'isha reported: Allah's Messenger (may peace be upon him) was asked about Bit, whereupon he said: Every drink that causes intoxication is forbidden.



Nah di Surga yg namanya khmar atau Wine itu tidak MEMABUKKAN ....
    [Quran 37:47] Tidak ada dalam khamar itu alkohol dan mereka tiada mabuk karenanya.
User avatar
feodor fathon FF
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Next

Return to Muhammad



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users