. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Pembahasan tentang Isa Almasih, Injil, Taurat dari apa yang tertulis dalam Qur'an, dan bukan dari kitab suci non-Islam.

Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby iamthewarlord » Mon Nov 07, 2011 1:47 am

Menurut Quran/Muslim, apakah Nabi Isa/Yesus bangsa apa?
Apakah Nabi Isa/Yesus bangsa Yahudi atau Arab ?
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby Captain Pancasila » Mon Nov 07, 2011 2:36 pm

iamthewarlord wrote:Menurut Quran/Muslim, apakah Nabi Isa/Yesus bangsa apa?
Apakah Nabi Isa/Yesus bangsa Yahudi atau Arab ?

berhubung :
QS. Yunus : 47 wrote:Untuk tiap-tiap umat ada Rasul yang diutus kepadanya. Manakala Rasul itu telah menyampaikan dakwahnya di tengah-tengah mereka, barulah berlaku ketetapan hukum yang seadil-adilnya di kalangan mereka, begitu pula mereka tidak dirugikan sedikitpun juga.

QS. Ar-Ra'du : 7 wrote:Orang-orang yang kafir mengoceh: "Mengapa tidak diturunkan pula mukjizat kepadanya dari Tuhannya? Sesungguhnya kamu hanya seorang pemberi peringatan, dan untuk tiap-tiap bangsa, ada orang yang memberi petunjuk kepadaNya.

QS. Fathir : 24 wrote:Sungguh! Benar-benar Kami telah mengutus engkau, Muhammad, sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Sebagaimana halnya setiap bangsa tanpa ada kecualinya, telah didatangi seorang pemberi peringatan.

maka berdasarkan :
QS. Ash-Shaff : 6 wrote:"Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)." Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata."

QS. Al-Maa'idah : 110 wrote:(Ingatlah), ketika Allah mengatakan: "Hai Isa putra Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia di waktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) di waktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku, kemudian kamu meniup kepadanya, lalu bentuk itu menjadi burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan (ingatlah) di waktu kamu menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit sopak dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu kamu mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) di waktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) di kala kamu mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata: "Ini tidak lain melainkan sihir yang nyata".

Isa putra Maryam adalah Bani Israil!
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3499
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby JANGAN GITU AH » Tue Nov 08, 2011 12:25 am

kitabnya Captain Pancasila wrote:...setiap bangsa tanpa ada kecualinya, telah didatangi seorang pemberi peringatan....

Kalau orang Asmat di Papua, yang memberi peringatan adalah GPM (Gerakan Papua Merdeka dengan bintang kejoranya)...
Apakah GPM sebangsa nabi yang diutus Allah swt ? #-o :-k #-o
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5323
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby iamthewarlord » Tue Nov 08, 2011 11:08 am

Isa putra Maryam adalah Bani Israil!


apakah menurut kamu Bani Israil itu adalah Yahudi?
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby Captain Pancasila » Tue Nov 08, 2011 1:12 pm

iamthewarlord wrote:apakah menurut kamu Bani Israil itu adalah Yahudi?

bukan yahudi :
selengkapnya baca : http://filestin.wordpress.com/2011/03/2 ... an-israel/

Istilah Bani Israil sendiri dalam Al-Qur’an hanya dipakai untuk menyebut anak cucu Nabi Ya’qub ini, yang kemudian diperbudak oleh Firaun di Mesir, dan kemudian dibawa oleh Nabi Musa as keluar dari Mesir menyeberangi Laut Merah. Sepeninggal Musa as, Bani Israil terus hidup dibawah bimbingan para nabi dan para hakim mereka. Hingga kemudian mereka mengangkat para raja, semenjak Thalut kemudian Dawud kemudian Sulaiman. Di masa Sulaiman ini Bani Israil mencapai puncak kejayaan mereka. Namun kemudian kerajaan Sulaiman meredup (declining), pecah menjadi dua, dan menjadi obyek penjajahan bangsa-bangsa asing. Kepada Bani Israil ini telah diutus sekian banyak nabi dari kalangan mereka sendiri, tetapi diceritakan dalam Al-Qur’an bahwa Bani Israil justru membunuh banyak diantara nabi-nabi tersebut. Sebutan Bani Israil terakhir kali digunakan pada zaman Nabi Isa as, dimana ketika itu Bani Israil tidak mau menerima kenabian Isa as.

Pada masa-masa tersebut diatas itulah sebutan Bani Israil digunakan. Pada masa-masa kemudian, Al-Qur’an tidak lagi menggunakan sebutan Bani Israil. Yang ada adalah sebutan Yahudi. Kelihatannya Al-Qur’an baru menggunakan istilah Yahudi untuk menyebut orang-orang yang menganut ajaran Yahudi, yaitu ajaran Musa as yang telah diubah dan diselewengkan. Seperti halnya orang-orang Yahudi di masa Rasulullah saw tidak lagi disebut oleh Al-Qur’an sebagai Bani Israil, tetapi Yahudi.

Dan maha benar Allah. Ternyata memang terbukti bahwa saat ini tidak ada satupun kaum yang bisa dijamin secara genetik sebagai keturunan Nabi Ya’qub as. Penjelasannya ada disini. Karena itu tepatlah bahwa yang ada saat ini hanyalah orang-orang Yahudi, bukan Bani Israil. Orang-orang Yahudi dengan demikian adalah setiap orang yang menganut agama Yahudi, tidak peduli dia itu masih memiliki garis keturunan Bani Israil ataupun bukan.

lagipula ras yahudi itu sendiri, sudah tidak murni lagi :
dari : http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j& ... bg&cad=rja

Orang-orang yahudi yang berada di Eropa barat selanjutnya melakukan asimilasi dengan orang-orang kulit putih setempat dan melahirkan keturunan berdarah campuran yang kemudian disebut sebagai yahudi sephardin atau yahudi putih. Sedangkan yang berada di Irak melakukan asimilasi dengan masyarakat kazhar setelah raja khazar (di utara Irak, memiliki darah keturunan mongolia) memeluk agama yahudi pada abad VIII masehi. Keturunan campuran yahudi-kazhar kemudian disebut sebagai yahudi ashkenazi atau yahudi gelap. Mereka banyak terdapat di Eropa timur seperti selatan Rusia, Polandia, Austria dan Jerman.

Ciri fisik yahudi sephardin adalah mata biru bening yang didapatkan dari darah arya (kulit putih) yang mengalir di dalam tubuh mereka, serta hidung yang lebih lancip dibanding yahudi ashkenazi yang memiliki hidung besar dan tebal.
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3499
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sodrun » Fri Mar 30, 2012 6:55 am

iamthewarlord wrote:Menurut Quran/Muslim, apakah Nabi Isa/Yesus bangsa apa?
Apakah Nabi Isa/Yesus bangsa Yahudi atau Arab ?


Insyaallah... ARAB !
:rolling:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sebutirdebu » Fri Mar 30, 2012 8:59 am

Assalamu'alaikum saudaraku sekalian.. [-o<

Assalamu'alaikum saudaraku Captain Pancasila
Saya sangat setuju dengan pendapat anda O:) , tapi saya rasa anda telah salah mengartikan tentang nabi isa as tersebut. =; menurut saya nabi isa as bukanlah bangsa yahudi ataubun bangsa bani israil (dilihat dari system genetik pun beliau bukan keturunan dari nabi ya'qub, hanya ibu!dia tidak mempunyai ayah). tapi cuma saja beliau itu dilahirkan dan hidup dimasa bani israil. jadi intinya isa as adalah nabi yg diutus kepada bani israil sebagai nabi, lantas walaupun nabi isa as sama-sama hidup dizaman bani israil anda tidak bisa mengatakan kalau nabi isa as itu adalah sebangsa bani israil juga.
Dan ini gambaran watak-watak bani israil; dalam Al-Qur'an bani israil sebagian besar sebagai manusia yang keras kepala, membangkang, pesimis, tamak terhadap dunia, pengecut, suka menghina, mengolok-olok nabi.
sebagaimana Allah berfirman: "Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa." (Al-Ahzab: 69) (Orang yg "menyakiti musa" tidak lain ditujukan kepada bani israil)
jadi, apakah nabi isa as berwatak sama dengan mereka?? tentu tidak bukan!! jika tidak, apakah nabi isa as dapat disebut bani israil?? saya rasa anda sudah mengerti jawabannya. =P~
Anda dapat membaca di wikipedia tentang bani israil dan mempunyai referensi yg lebih jelas, ini linknya http://id.wikipedia.org/wiki/Bani_Israil


Assalamu'alaikum saudaraku JANGAN GITU AH
Saya rasa anda tipe orang yg mempunyai fikiran yg sangat dangkal sekali :lol: , bahkan lebih dangkal dari genangan lumpur dijalan raya.. :finga:

Assalamu'alaikum saudaraku iamthewarlord:
Tentu saja tidak semua, tapi SEBAHAGIAN BESAR dari bani israil tersebut adalah bangsa yahudi dimana suka membangkang kepada ALLAH SWT. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Yahudi O:) tapi diantara dari mereka (bani israil) ada juga sebahagian kecil yg taat dan patuh kepada ALLAH SWT.. =P~
sebutirdebu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 34
Joined: Wed Mar 28, 2012 4:13 am

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby James Bond » Fri Mar 30, 2012 5:47 pm

mungkin Nabi Isa orang Jepang karena nama lengkapnya Isaku Mung Kothbah :rolling: :rolling:
User avatar
James Bond
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 380
Joined: Tue Feb 01, 2011 11:06 am
Location: Indonesia Raya

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sodrun » Sat Mar 31, 2012 9:20 am

Assalamu'alaikum saudaraku iamthewarlord:

Tentu saja tidak semua, tapi SEBAHAGIAN BESAR dari bani israil tersebut adalah bangsa yahudi dimana suka membangkang kepada ALLAH SWT. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Yahudi O:) tapi diantara dari mereka (bani israil) ada juga sebahagian kecil yg taat dan patuh kepada ALLAH SWT.. =P~

Itu tentu yahudi yang sudah muallaf ya bro !
:green:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby JANGAN GITU AH » Sat Mar 31, 2012 3:00 pm

sebutirdebu wrote:Assalamu'alaikum saudaraku JANGAN GITU AH

Saya rasa anda tipe orang yg mempunyai fikiran yg sangat dangkal sekali :lol: , bahkan lebih dangkal dari genangan lumpur dijalan raya.. :finga:


Pertama-tama : saya mau katakan padamu bahwa kau telah menentang quran yang memerintahkanmu untuk tidak menyebut kafir sebagai saudara! Penyebutan saudara yang ente lakukan berasal dari kedangkalan pikiranmu karena tidak memahami quran dengan baik!

Yang kedua: saya tidak mengerti mengapa ente bisa dengan cepat menuduh saya berfikiran dangkal, padahal kita berdua belum terlibat diskusi mendalam. Tetapi it's ok bagi saya!

Yang ketiga: berhubung kau menuduh saya berfikiran dangkal, maka sudilah kiranya membicarakan QS 19 : 71 yang mengisyaratkan bahwa semua muslim wajib masuk ke neraka! Saya mau tahu sejauh mana pemahamanmu terhadap ayat yang satu ini, apakah masih dangkal atau sudah dalam! :lol:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5323
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby JANGAN GITU AH » Sat Mar 31, 2012 3:08 pm

kitabnya Captain Pancasila wrote:...setiap bangsa tanpa ada kecualinya, telah didatangi seorang pemberi peringatan....

JANGAN GITU AH wrote:Kalau orang Asmat di Papua, yang memberi peringatan adalah GPM (Gerakan Papua Merdeka dengan bintang kejoranya)...
Apakah GPM sebangsa nabi yang diutus Allah swt ? #-o :-k #-o


hai sebutirdebu...apakah karena saya memberi jawab seperti di atas lantas kau dengan entengnya mengatakan pikiran saya dangkal???
Oh My God!

Saya kan hanya menjawab kedangkalan pikiran si CP. Bacalah tulisannya di atas...dia katakan setiap bangsa tanpa kecuali, telah di datangi seorang pemberi peringatan..., lalu saya jawab, bagaimana dengan orang Asmat di Papua. Apakah bangsa Asmat sudah di datangi seorang pemberi peringatan juga? Si CP gak bisa jawab karena statemennya hanyalah igauan quran yang tidak ada dasarnya sama sekali! Terbuktikan bahwa pada suku Asmat! CP gagal total mempertahankan klaimnya itu!

Nah, karena si CP gak bisa mempertahankan klaimnya itukah menjadi dasar bagimu menyimpulkan saya memiliki pikiran dangkal? Gilaaa betuuul!
:rolling:
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5323
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sebutirdebu » Sun Apr 01, 2012 12:37 am

Asslamu'alaikum saudaraku..
Kepada bung GITU AH, saya akan coba menjawab pertanyaan anda. dengarkan dg teliti yah.. =P~
Masalah masuk neraka itu sudah ketentuan ALLAH, dapat anda baca sendiri pada ayat berikut:

“Dan tidak ada seorang pun di antara kamu yang tidak mendatanginya (neraka).
Hal itu bagi Rabbmu adalah suatu ketentuan yang sudah ditetapkan.
Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa
dan membiarkan orang-orang zhalim di dalam (neraka) dalam keadaan berlutut.”
(Qs Maryam/19: 71-72)

Jika anda pinter anda pasti bisa ngartiin sendiri ayat tersebut.. :-"


Dan jika masalah panggilan saudara, saya tidak hanya menyapa anda, tapi muslim yang lainnya juga.. terhadap anda saya mau tanya, apakah anda kafir? soalnya saya pernah baca kalo kristen itu keberatan dipanggil kafir, makanya saya belum mau menganggap sampeyan itu kafir.. atau mungkin emang kafir beneran.. maaf saya tidak tau.. 8-[


kalo masalah tuduhan pikiran dangkal saya rasa smua orang bisa menjawabnya! dengan melihat pertanyaan yg anda ajukan kepada captain pancasila, terlihat sekali anda tidak bisa memahami apa yg disampaikan oles beliau lalu mengajukan pertanyaan yg hubungannya entah dimana.. #-o ](*,) ](*,)
tapi saya salut,, anda merupakan tipikal orang yg tidak malu bertanya.. pastinya anda tidak pernah nyasar toh.. :rofl:
sebutirdebu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 34
Joined: Wed Mar 28, 2012 4:13 am

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sebutirdebu » Sun Apr 01, 2012 1:04 am

menambahkan masalah pemikiran anda yg dangkal akan saya perjelas..
Mari kita lihat kembali pertanyaan anda:
Captain Pancasila wrote:...setiap bangsa tanpa ada kecualinya, telah didatangi seorang pemberi peringatan....

JANGAN GITU AH wrote:Kalau orang Asmat di Papua, yang memberi peringatan adalah GPM (Gerakan Papua Merdeka dengan bintang kejoranya)...
Apakah GPM sebangsa nabi yang diutus Allah swt ? #-o :-k #-o

Tanya saya, Bagaimanakah bisa seorang seperti anda (yg membantah punya pemikiran dangkal) dapat berpikir dan menanyakan hal yg tidak ada hubungannya sama sekali, bahkan berbeda jauh.. :-k
apakah anda mengira "peberi peringatan" yg diajukan oleh saudara captain pancasila sama dg "pemberi peringatan" seperti GPM yg anda ajukan diatas?? #-o ](*,) #-o
ckckckck.. saya tidak perlu mengenal lebih jauh untuk mengetahui pemikiran anda, karna melihat pertanyaan yg anda ajukan tadi saja sudah dapat menggambarkan watak dan pemikiran anda yg emang dangkal itu, \:D/
Tapi saya ragu, anda berpemikiran dangkal atau mungkin anda memang benar2 tidak memiliki pemikiran yg benar.. :finga: :axe:
cuma ALLAH yg tau.. :-"
sebutirdebu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 34
Joined: Wed Mar 28, 2012 4:13 am

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sebutirdebu » Sun Apr 01, 2012 1:11 am

Sodrum:

Darimana anda tau?? ckckck.. #-o
kalau mau bicara harap ditempelin sumbernya bung.. :-s
atau anda cuma anak SD yg sok koar-koar ga jelas.. :-k
sama seperti rekan anda tuh.. ](*,) #-o ](*,)
sebutirdebu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 34
Joined: Wed Mar 28, 2012 4:13 am

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sodrun » Sun Apr 01, 2012 7:43 am

sebutirdebu wrote:Sodrum:

Darimana anda tau?? ckckck.. #-o
kalau mau bicara harap ditempelin sumbernya bung.. :-s
atau anda cuma anak SD yg sok koar-koar ga jelas.. :-k
sama seperti rekan anda tuh.. ](*,) #-o ](*,)

Yang mana bos ?
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sebutirdebu » Sun Apr 01, 2012 9:35 pm

To: sodrum
Yang saya tanyakan darimana anda mengetahui bahwa yahudi yg merupakan bagian dari bani israil itu sudah mualaf??
saya bilang hanya sebahagian kecil, dan anda mengatakan "tentu saja yg sudah mualaf?"
coba anda berikan perjelasan dan dasar anda mengatakan itu..
terima kasih..
sebutirdebu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 34
Joined: Wed Mar 28, 2012 4:13 am

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby Captain Pancasila » Sun Apr 01, 2012 11:39 pm

sebutirdebu wrote:Assalamu'alaikum saudaraku sekalian.. [-o<

Assalamu'alaikum saudaraku Captain Pancasila

Saya sangat setuju dengan pendapat anda O:) , tapi saya rasa anda telah salah mengartikan tentang nabi isa as tersebut. =; menurut saya nabi isa as bukanlah bangsa yahudi ataubun bangsa bani israil (dilihat dari system genetik pun beliau bukan keturunan dari nabi ya'qub, hanya ibu!dia tidak mempunyai ayah). tapi cuma saja beliau itu dilahirkan dan hidup dimasa bani israil. jadi intinya isa as adalah nabi yg diutus kepada bani israil sebagai nabi, lantas walaupun nabi isa as sama-sama hidup dizaman bani israil anda tidak bisa mengatakan kalau nabi isa as itu adalah sebangsa bani israil juga.
Dan ini gambaran watak-watak bani israil; dalam Al-Qur'an bani israil sebagian besar sebagai manusia yang keras kepala, membangkang, pesimis, tamak terhadap dunia, pengecut, suka menghina, mengolok-olok nabi.
sebagaimana Allah berfirman: "Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa." (Al-Ahzab: 69) (Orang yg "menyakiti musa" tidak lain ditujukan kepada bani israil)
jadi, apakah nabi isa as berwatak sama dengan mereka?? tentu tidak bukan!! jika tidak, apakah nabi isa as dapat disebut bani israil?? saya rasa anda sudah mengerti jawabannya. =P~
Anda dapat membaca di wikipedia tentang bani israil dan mempunyai referensi yg lebih jelas, ini linknya http://id.wikipedia.org/wiki/Bani_Israil

wa alaikum salam wr. wb saudaraku sebutirdebu, berdasarkan referensi anda :
Genealogi

Dari keempat orang istrinya Ya'qub memiliki 12 putra, yakni Rubin, Simeon, Lawway, Yahuda, Zebulaon, Isakhar, Dann, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf, dan Benyamin.[2]

Putra-putra Ya'qub inilah yang merupakan cikal bakal lahirnya istilah Bani Israil. Mereka dan keturunannya disebut sebagai Al-Asbath, yang berarti cucu-cucu. Sibith dalam bangsa Yahudi adalah seperti suku bagi bangsa Arab dan mereka yang berada dalam satu sibith berasal dari satu bapak. Masing-masing anak Ya'qub kemudian menjadi bapak bagi sibith Bani Israil. Maka seluruh Bani Israil berasal dari putra-putra Ya'qub yang berjumlah 12 orang.

Dalam sibith-sibith ini kelak diturunkan para nabi-nabi yang lain, di antaranya adalah:
. Lewi, di keturunannya terdapat Musa, Harun, Ilyas, dan Ilyasa.
. Yahuda, di keturunannya terdapat Daud, Sulaiman, Zakaria, Yahya, Isa.
. Bunyamin, di keturunannya terdapat Yunu

disitu dikatakan bahwa Nabi Harun termasuk Bani Lewi yang merupakan bagian dari Bani Israil, sekarang perhatikan :
19:28. Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina”,

19:29. maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?”

19:30. Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.

ini ada copasan dari forum sebelah, yang menjelaskan apa yang dimaksud dengan "saudara perempuan Harun" :
ichreza wrote:Kali ini kita akan membahas mengenai tudingan para penginjil yang biasa
mempelajari Islamologi nisbi mengenai ungkapan di Al Quran, lebih tepatnya di
dalam surat Maryam ayat 28, yang berbunyi :

Hai saudara perempuan
Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali
bukanlah seorang pezina"
. (Q.S. Maryam: 28).

Oleh para penginjil
seperti Suradi Ben Abraham, Robert Morey, Petrus Salindeho, Amos Poernama
Winangun ayat tersebut di jadikan bahan ejekan terhadap Al Quran. Menurut mereka
Al Quran mengandung data-data yang kurang valid karena di dalamnya terdapat
informasi mengenai Maryam yang bersaudara dnegan Harun, menurut mereka bagaimana
mungkin Maryam ibunda dari Yesus al Masih bersaudara dengan Harun, sedangkan
Harun sudah meninggal ribuan tahun yang lalu. Bahkan mereka kadang-kadang
mengklaim bahwa ayat tersebut sebagai ayat gacoan untuk menghancurkan Islam
lewat metode Penginjilan berbasis Al Quran.

Sebagai umat islam, kita
harus arif dan bijaksana dalam membantah pendapat mereka. Sesuai dengan firman
Allah:

“Serulah mereka ke dalam jalan Tuhanmu dengan cara yang baik,
dan berdebatlah dengan mereka dengan hikmah”
. (Q.S. An Nahl:
125).

Di dalam tradisi dan ilmu bahasa Semitik, yaitu Israel dan Arab
yang berbahasa Ibrani dan Arab, hal yang demikian ini adalah sesuatu yang wajar
dan lumrah. Jadi ungkapan diatas adalah contoh kelumrahan dalam bahasa dan
komunikasi di dalam lingkup Timur Tengah; orang Israel dan Arab tidak akan kaget
dengan bahasa seperti itu. Beda dengan agama Kristen yang lahir di Antiokhia
yang injilnya berbahasa Letterlijk, yang tak mengenal bahasa Liturgi seperti
diatas. Contohnya adalah di dalam kitab Perjanjian Lama (kitabnya Yahudi)
perihal ungkapan yang demikian:

“Seorang nabi dari tengah-tengahmu,
dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh
TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan”.
(Ulangan
18:15).

Nabi Musa berucap demikian, yang kalau kita cermati menubuatkan
seorang nabi yang diantara Bani Israel yang sama seperti dirinya. Jika secara
letterlijk kita maknai ayat tersbut tanpa mengindahkan gaya bahasa Semitik, maka
ayat tersebut akan menubuatkan saudara kandung Nabi Musa yang akan jadi
nabi.

Selain itu, di dalam King James Version, kita jumpai pula sebuah
ayat di dalam Injil Lukas:

“There was in the days of Herode the king
of Judea,theer was a certaine Priest, named Zacharias, of the course of Abia,
and his wife was of the daughters of Aaron , and her name was Elizabeth”.
(Gospel of Luke 1:5).

Dapat kita ambil terjemahan dari ayat diatas,:
Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang Imam yang bernama Zakariya dari
rombongan Abia, dan istrinya adalah salah satu anak perempuan dari anak-anak
Harun, namanya Elisabet. Elisabet pada teks inggris standar Holy Bible King
James Version ditulis sebagai anak perempuan Harun, sekarang bagaimana mungkin
Harun yang sezaman dengan Musa mempunyai anak bernama Elisabet, tentunya ayat
tersebut bukanlah makna Letterlijk (makana bebas) dari Injil Lukas. Dan yang
sangat aneh adalah Perjanjian Baru cetakan LAI (Lembaga Alkitab Indonesia)
menyunat terjemahan ayat tersebut menjadi “keturunan Harun”, kita tentu bingung
LAI yang tidak bisa berbahasa Inggris atau mata kita yang rabun dalam mebaca
ayat tersebut serta menerjemahkannya.

Sekarang siapa Harun itu sejatinya,
di dalam kitab Perjanjian Lama kita dapat dengan mudah mengetahui bahwa Harun
merupakan saudara nabi Musa yang diangkat menjadi nabi atas permintaan nabi
Musa. Musa dan Harun berasal dari suku Lewi, jadi Musa dan Harun adalah Bani
Israel dari suku Lewi, suku terhormat tempat para Imam Besar Israel. Di dalam
kitab tadi dijelaskan bahwasanya Elisabet merupakan anak perempuan atau dalam
bahasa Semitiknya merupakan keturnan, terlepas dari salah terjemah dan
interpolasi terjemah dari LAI. Penggunaan saudara dan anak dalam bani Isarel
dapat kita artikan sebagai keturunan.

Adapun Maryam di dalam ayat 28
surat Maryam, menjelaskan bahwasanya Maryam merupakan keturunan Harun dari suku
Lewi, karena di dalam Injil Lukas pasal 1 ayat 36 di jelaskan bahwa Maryam masih
merupakan sanak dari Elisabet yang notabene keturnan Harun, yaitu keturunan suku
Lewi.

“Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang
mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam
bagi dia, yang disebut mandul itu”.
(Injil Lukas 1:36).

Jelaslah
bahwa Nabi Isa Al-Masih bukanlah keturunan Nabi Daud yang Yahudi (Yahudi
merupakan sebutan bagi keturunan Yehuda, putera Nabi Yakub atau Israel),
meskipun Matius dan Lukas jungkir-balik berusaha menjelaskan hal itu dengan
silsilah yang berbeda-beda. Dengan kata lain, Isa Al-Masih bukanlah Bani Israil
suku Yehuda. Beliau adalah Bani Israil suku Lewi, sesuai dengan garis keturunan
Siti Maryam r.a. yang serumpun dengan Nabi Musa dan Nabi Harun. Imam-imam Bani
Israil umumnya memang dari suku Lewi. Menurut Al-Qur’an Surat Ali Imran ayat
33-35, Nabi Isa Al-Masih dan ibu beliau Siti Maryam adalah keturunan Imran,
ayahanda Nabi Musa dan Nabi Harun, yang jelas merupakan keluarga Lewi, bukan
keluarga Yehuda. Sesuai dengan Keluaran pasal 2 ayat 1. hal ini menambah dan
merehabilitasi nama Nabi Isa yang menurut silsilah Matius dan Lukas berikut
adalah keturunan penzina.

jadi, Nabi Isa adalah Bani Israil, dari garis keturunan Nabi Harun!
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3499
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby James Bond » Mon Apr 02, 2012 6:47 pm

Captain Pancasila wrote:jadi, Nabi Isa adalah Bani Israil, dari garis keturunan Nabi Harun!


http://id.wikipedia.org/wiki/Harun_bin_Amram

ini yahudi / arab ???
User avatar
James Bond
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 380
Joined: Tue Feb 01, 2011 11:06 am
Location: Indonesia Raya

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sodrun » Mon Apr 02, 2012 7:04 pm

Jadi, menurut qur'an.. bagaimana silsilah nabi Isa A.S. yang benar ?
:-k
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Menurut Quran/Muslim, Nabi Isa bangsa apa?

Postby sebutirdebu » Wed Apr 04, 2012 11:55 pm

To: captain pancasila
ok.. mungkin saya yg salah.. saya cuma menganbil rangkuman secara umum dari kisah hidup nabi isa,, mungkin saya kurang teliti..
sebutirdebu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 34
Joined: Wed Mar 28, 2012 4:13 am

Next

Return to Quran & ISA Almasih, Injil



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users