. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Siapa 'sosok' Allah, apa maunya, apa tujuannya ?

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Head Fixer » Tue Aug 25, 2009 2:55 pm

ya elah ... kenapa jadi ke grammar ??
jadi setan itu nama jenis makhluk ?..begitu menurut mu ?

misal ada hewan, ada manusia, ada jin dan ada setan .. begitu ?
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 3:11 pm

Head Fixer wrote:Setan itu bukan makluk tapi sifat. sedangkan Iblis sbg makhluk adalah dari golongan Jin dan JIn itu ada banyak. Iblis itu moyangnya jin, sperti Adam yg moyangnya gue.


Pandangan Head Fixer tidak salah, memang dalam Alquran "setan" kerap dipakai sebagai kata sifat, bukan menunjuk pada Iblis yang sesungguhnya.

Yang pada umumnya disebut "setan" dalam Alquran adalah manusia (yaitu orang-orang yang tidak mau beriman pada Muhammad)

Islam meneriaki kita sebagai setan, adalah ibarat seorang penjahat yang meneriaki polisi sebagai setan. Seorang penjahat tidak sadar bahwa dirinyalah yang setan karena dia jahat. Yang dia tahu cuma ini: Siapa pun yang menentang dirinya adalah setan.

Ini ibaratnya kamu berniat menipu seorang kawan agar mau menyetorkan uangnya padamu dengan iming-iming bunga yang besar. Tetapi dia dihasut oleh saudaranya agar dia jangan menyetorkan uangnya padamu. Maka, kamu marah, dan mengatai saudaranya sebagai setan. Kamu berkata kepada temanmu: "Jangan ikuti langkah setan, percayalah padaku. Uangmu akan berkembang berlipat-lipat ganda bila kamu mau menyetorkannya padaku. Saudaramu itu adalah setan, jangan terkena hasutannya." Adalah tidak sulit bagi seorang psikopat seperti Muhammad untuk menyebut musuh-musuhnya sebagai SETAN atau KAWAN SETAN. :evil: Padahal dirinya sendirilah yang setan karena suka membunuh, merampok, memperkosa dan memperbudak wanita.

Baca penjelasan saya tentang makna kata "SETAN" dalam Islam di topik:
islam-memusuhi-manusia-itulah-doktrin-utamanya-t29735/
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Head Fixer » Tue Aug 25, 2009 3:19 pm

waterboarding wrote:pokoknya setan itu adalah kata benda bkn kata sifat.
Tuh di atas buktinya.

nah itulah kenapa Quran turun, supaya manusia kagak keblinger ... setan itu bukan jenis makhluk ...
coba liat pengertian setan dalam Kamus Al Muhith dan tafsir ibnu kathir ...

Tafsir Ibnu Katsir, 2/127 dan Al-Qamus Al-Muhith (hal. 1071) :
Setan adalah semua yang keluar dari tabiat jenisnya dengan kejelekan.

Yang mendukung pendapat ini adalah surat Al-An’am ayat 112:

“Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia).” (Al-An’am: 112)

Tafsir Ibnu Jarir, 1/49 :
(Dalam ayat ini) Allah menjadikan setan dari jenis manusia, seperti halnya setan dari jenis jin. Dan hanyalah setiap yang durhaka disebut setan, karena akhlak dan perbuatannya menyelisihi akhlak dan perbuatan makhluk yang sejenisnya, dan karena jauhnya dari kebaikan.



tuh !!
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 3:24 pm

Head Fixer wrote:Yang mendukung pendapat ini adalah surat Al-An’am ayat 112:

“Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia).” (Al-An’am: 112)

Tafsir Ibnu Jarir, 1/49 :
(Dalam ayat ini) Allah menjadikan setan dari jenis manusia, seperti halnya setan dari jenis jin. Dan hanyalah setiap yang durhaka disebut setan, karena akhlak dan perbuatannya menyelisihi akhlak dan perbuatan makhluk yang sejenisnya, dan karena jauhnya dari kebaikan.


Tuh, khan, bener? Islam menganggap "manusia" sebagai "setan", hanya karena manusia itu tidak mau masuk ke dalam gengnya.
Hal ini sudah saya jelaskan di topik lain:
islam-memusuhi-manusia-itulah-doktrin-utamanya-t29735/


Agama Sejati:
Target peperangan: Roh-roh setan/roh-roh duniawi

Islam:
Target peperangan: Orang-orang kafir yang dijuluki "setan" atau "kawannya setan" atau "setan dari jenis manusia".
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Bigman » Tue Aug 25, 2009 3:25 pm

Gw copas dari K.B.B.I:
se·tan /sétan/ n 1 roh jahat (yg selalu menggoda manusia supaya berlaku jahat);
2 cak kata untuk menyatakan kemarahan; sumpah serapah: -- kau, enyah dr sini;
3 ki orang yg sangat buruk perangainya (suka mengadu domba dsb): pikiran -- nya bangkit;

-- gundul ki orang yg berbuat jahat: mereka mendesak pimpinan universitas mengusut tuntas -- gundul yg memalsukan tanda tangan rektor;
me·nye·tan v bertindak spt setan;
per·se·tan p 1 jahanam: -- , aku tidak peduli larangan itu; 2 kata seru untuk menyatakan tidak mau tahu lagi; masa ****; tidak peduli: -- kata teman-teman mahasiswa bahwa aku ini banci;
mem·per·se·tan v 1 menyumpah dng mengucapkan setan: orang tuanya - anaknya; 2 tidak mengindahkan; memasabodohkan: ia - nasihat orangtuanya;
mem·per·se·tan·kan v mempersetan;
ke·se·tan·an v kemasukan setan: dia betul-betul kaget ketika dilihatnya aku spt - merangkul dan memeluknya

==========
Setan /noun.
Trim's.
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3229
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 3:28 pm

Perbedaan makna kata "SETAN"

Agama asli:
Setan = kata benda = roh jahat

Islam:
Setan = kata sifat = sifat ingkar pada Muhammad sebagai "nabi", atau menolak jadi pengikutnya
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby SUAMI MURTAD » Tue Aug 25, 2009 3:40 pm

Head Fixer wrote:nah itulah kenapa Quran turun, supaya manusia kagak keblinger ... setan itu bukan jenis makhluk ...
coba liat pengertian setan dalam Kamus Al Muhith dan tafsir ibnu kathir ...


Bung HF, bukankah kalau kita pakai / merujuk dari Quran saja sudah cukup ? Apakah Quran belum lengkap ?

Apakah istilah setan (bila ada yang sesuai dengan pengertian salah satu ayat Quran) tidak kita bisa anggap cukup?
User avatar
SUAMI MURTAD
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 441
Joined: Thu Apr 16, 2009 2:43 am

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 3:43 pm

Mestinya judul topiknya diganti:
Menurut Islam, "setan" adalah kata sifat.
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Head Fixer » Tue Aug 25, 2009 3:46 pm

sm,

ya emang .. tuh Al-An’am: 112 ...
gue nyodorin para ahli Islam supaya TS tau bahwa gue gak sendirian dalam memahami arti "SETAN" ...
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 3:49 pm

Head Fixer wrote:ya emang .. tuh Al-An’am: 112 ...
gue nyodorin para ahli Islam supaya TS tau bahwa gue gak sendirian dalam memahami arti "SETAN" ...


Karena pengertian yang sesat itulah, maka berpotensi menghasilkan teroris-teroris dan para pembunuh berdarah dingin.

Agama yang benar seharusnya memberikan pemahaman yang benar tentang arti kata "setan", dan bukannya menjadikan kata tersebut sebagai bentuk "CACIAN" terhadap orang yang dianggap musuh.
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Head Fixer, "Setan" adalah kata sifat. Ngaco banget!

Postby SUAMI MURTAD » Tue Aug 25, 2009 3:53 pm

Head Fixer wrote:sm,

ya emang .. tuh Al-An’am: 112 ...
gue nyodorin para ahli Islam supaya TS tau bahwa gue gak sendirian dalam memahami arti "SETAN" ...


Setahu saya, Quran surat Al Baqarah bisa dijadikan rujukan, Setan itu adalah makhluk..., gimana sih, bingung amat pengertian di Islam ya?
[quote="Quran 2 (Al Baqarah)"]
102. Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir". Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui.[quote]

Bingung..., coba deh teman-teman sekalian di forum... sebenarnya Setan = Makhluk, atau setan = sifat, mana yang bener...?

Di forum ini (trit ini maupun trit lain), HF selalu menangkis bahwa Allah SWT tidak menciptakan setan, karena setan itu sebenarnya adalah sifat.

Kalau setan = makhluk, ===> berarti Head Fixer adalah pembohong..., sekaligus Head Fixer menyangkal kata-kata dalam Quran.
User avatar
SUAMI MURTAD
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 441
Joined: Thu Apr 16, 2009 2:43 am

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 3:58 pm

Alquran kitab sampah memang penuh kontradiksi.

Kita tinggal pilih salah satu, untuk dibahas. Bila pembahasan lebih fokus pada "setan" sebagai kata sifat, maka sebaiknya pembicaraan pun mengarah ke situ tentang akibat negatif yang ditimbulkannya.

Saya rasa, Head Fixer pun tahu kalau dalam Alquran ada 2 pemahaman tentang makna kata setan. Kadang kata tersebut menunjuk pada "makhluk" dan kadang sebagai kata "caci maki" untuk orang-orang kafir.
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Head Fixer » Tue Aug 25, 2009 4:05 pm

SM,

kok susah mencerna yah ? .... pan sudah dijelasin bahwa di dalam Quran Allah sering kali menggunakan kata setan merujuk pada kelompok2 JIN yang sesat dan aktif menyesatkan manusia.
tapi kalo bicara JIN yang tdk memiliki sifat menyesatkan maka Allah tidak pernah menyebut mereka kelompok setan. contohnya ada surat AL JIN. dan konsisten isinya hanya menggunakan kata JIN dan bukan setan.
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 4:13 pm

Tanya,

Kenapa agama "berakhlak sempurna" kok malah ngajarin manusia CACI MAKI?

Agama yang menyuruh umatnya memerangi "manusia", apakah itu bukan penyesatan?

Kalau setan, ya setan, seharusnya diberikan pemahaman yang benar tentang apa itu setan, bukannya menjadikan manusia sebagai target untuk diimajinasikan sebagai setan.
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Head Fixer » Tue Aug 25, 2009 4:20 pm

yah nasihat gue sih sama ente dul ... kalo ga mau diperangi sama muslim, ya jangan jadi setan donk ... jadi setan kok cita-cita sih ?
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 11:23 pm

Tanya,

1) Kenapa muslim perlu memerangi "setan" berwujud manusia? Apakah awloh tidak mampu melakukannya sendiri?
2) Secara jujur, jawablah, siapa sebenarnya yang lebih pantas disebut "setan": Orang yang jahat dan tidak bermoral namun mengakui kerasulan Muhammad, atau orang yang baik dan bermoral tetapi tidak mengakui Muhammad?

Sebagai muslim, apakah kamu tidak sadar kalau dirimu sudah diperalat oleh Muhammad untuk menjadi jongosnya? Siapapun yang menentang Muhammad akan dijulukinya "setan" dan divonis sebagai "bahan bakar neraka" yang darahnya halal ditumpahkan muslim.

Apakah dirimu berani jujur mengakui ini?
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Duladi » Tue Aug 25, 2009 11:34 pm

Pertanyaan tambahan:

Apakah dirimu masih tidak merasa bahwa dengan menjadi muslim berarti diri kita-lah yang sedang menjadi "setan" bagi orang-orang non-muslim?

Bagi Muhammad, orang-orang kafir yang tidak mengakui kerasulannya dianggap 'setan'. Tetapi sebaliknya, bagi orang-orang non-muslim (para kafir), Muhammad dan para muslim adalah "setan" berwujud manusia, yg menakutkan serta membahayakan keamanan dan kedamaian dunia.

___________________________________


"Setan" sebagai kata sifat, pengertian yang mana yang paling cocok dengan yang ada dalam otak Muhammad:

1) sifat jahat, seperti membunuh, merampok dan memperkosa?
atau....
2) sifat penolakan terhadap Islam (=tidak mengakui kerasulan Muhammad)?

Pilih mana yang benar: nomor 1 atau nomor 2?
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Bigman » Tue Aug 25, 2009 11:39 pm

Duladi wrote:Tanya,

1) Kenapa muslim perlu memerangi "setan" berwujud manusia? Apakah awloh tidak mampu melakukannya sendiri?
2) Secara jujur, jawablah, siapa sebenarnya yang lebih pantas disebut "setan": Orang yang jahat dan tidak bermoral namun mengakui kerasulan Muhammad, atau orang yang baik dan bermoral tetapi tidak mengakui Muhammad?

Sebagai muslim, apakah kamu tidak sadar kalau dirimu sudah diperalat oleh Muhammad untuk menjadi jongosnya? Siapapun yang menentang Muhammad akan dijulukinya "setan" dan divonis sebagai "bahan bakar neraka" yang darahnya halal dibunuh muslim.

Apakah dirimu berani jujur mengakui ini?

@ :turban: Head Fixer alias :turban: montirkepala alias :turban: feodor fathon FF !

Busyet namanya banyak banget, kek terrorist wae ente !!!

Baca ntuh tulis Bang Dul dan pikirin diranjang kalo mo tidur, trim's.
:finga:
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3229
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Head Fixer » Wed Aug 26, 2009 5:21 am

gue heran kalo ada yang ga setuju sama Islam untuk memerangi Setan,
jangan2 ente bener2 setan nih ?
kalo di kristen setan itu musuh apa teman ?


sekarang gini aja, acungkan tangan siapa di antara kalian yang gak setuju bahwa setan adalah musuh !
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: Menurut Muslim, "Setan" adalah kata sifat, bukan kata benda!

Postby Duladi » Wed Aug 26, 2009 11:02 am

Head Fixer wrote:sekarang gini aja, acungkan tangan siapa di antara kalian yang gak setuju bahwa setan adalah musuh !


Setan memang musuh. Tapi Islam tidak benar-benar memusuhi setan, melainkan "setan" (dalam tanda kutip), yaitu orang-orang yang tidak mau ikut Muhammad.

Kenapa kamu tidak mikir, Lia Eden pun juga bisa mencap orang-orang yang tidak mau mengakui kenabiannya sebagai "setan", tetapi perbuatan-perbuatan seperti mencuri, membunuh dan memperkosa tidak dianggapnya sebagai "setan".

Ada beda definisi "setan" menurut Muhammad dengan menurut manusia normal. "Setan" bagi Muhammad hanyalah suatu ungkapan caci maki belaka yang ditujukan kepada musuh-musuhnya, bukan setan dalam arti yang sebenarnya.

Head Fixer wrote:yah nasihat gue sih sama ente dul ... kalo ga mau diperangi sama muslim, ya jangan jadi setan donk ... jadi setan kok cita-cita sih ?


"Setan" sebagai kata sifat, pengertian yang mana yang paling cocok dengan yang ada dalam otak Muhammad:

1) sifat jahat, seperti membunuh, merampok dan memperkosa?
atau....
2) sifat penolakan terhadap Islam (=tidak mengakui kerasulan Muhammad)?

Pilih mana yang benar: nomor 1 atau nomor 2?

Apakah dirimu masih tidak merasa bahwa dengan menjadi muslim berarti diri kita-lah yang sedang menjadi "setan" bagi orang-orang non-muslim?

Bagi Muhammad, orang-orang kafir yang tidak mengakui kerasulannya dianggap 'setan'. Tetapi sebaliknya, bagi orang-orang non-muslim (para kafir), Muhammad dan para muslim adalah "setan" berwujud manusia, yg menakutkan serta membahayakan keamanan dan kedamaian dunia.

Sebagai muslim, apakah kamu tidak sadar kalau dirimu sudah diperalat oleh Muhammad untuk menjadi jongosnya? Siapapun yang menentang Muhammad akan dijulukinya "setan" dan divonis sebagai "bahan bakar neraka" yang darahnya halal ditumpahkan muslim.

Apakah dirimu berani jujur mengakui ini?
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Next

Return to Ttg ALLAH



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users