. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Ttg surga, neraka, hari kiamat, bidadari, 72 perawan, houri.

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Sun Oct 25, 2009 6:16 am

Maaf mas, jawaban anda lebih aneh lagi,
kl Sidarta Gautama yg menjadi nabi, mengapa ritual dan berbagai dogma/doktrin yg ada di dlm kitab suci "Tipitaka" sungguh berbeda dgn Islam.
Umat Buddha mempercayai reinkarnasi, bgmn dgn umat Islam,,,,,
dan seandainya pun sy menerima jwbn anda, dimana posisi kenabian Siddharta itu sendiri (sy asumsikan Siddartha mendahului kenabian Isa al Masih)
lalu apa nama Siddartha di dlm Islam? mis Isa al Masih = Yesus

Monggo dijawab


Sebab yang anda lihat itu hanya tampilan luarnya, maka anda menganggap jawaban saya aneh. Dari sudut pandang Islam (tapi ini pendapat kaum perenialis) fungsi Sidharta Gautama itu seperti Yesus Kritus terhadap ajaran Nabi Musa. Yesus itu datang untuk menggenapi Kitab Taurat yang diturunkan kepada Musa, sebab taurat itu hanyalah sebuah kitab yang memuat hukum tanpa ada penjelasannya, dan itulah yang di bawa Yesus (Penjelasan buat isi taurat). Al Quran selalu menegaskan dua sisi fungsi dan sekaligus perbedaan dari kedua Nabi ini, "Sungguh Kami telah memberikan kepada Musa sebuah Kitab dan mengutus bebrapa orang Rasul sesudah kematiannya, dan Kami berikan kepada 'Isa putra Maryam Bayyinati (penjelasan) dan kami perkuat kenabiannya dengan Ruhul-Qudus (kekuatan Mukzijati)." (Al Baqarah : 87).
Nah jika anda sering mempelajari agama-agama dan berbagai jenis ungkapan dari ajarannya, maka akan dengan mudah membuat identifikasi. Budha Gautama tentu saja hadir untuk menggenapi ajaran Hindu. Dan anda harus tahu, meskipun berbeda dalam bentuk tradisi (karena pengaruh budaya lokal), tipikal agama-agama ini sangat identik. Yahudi sangat mirip dengan Hindu, dan Kristen sangat mirip dengan Budha.
Masalah keyakinan orang Budha pada reinkarnasi, yang ditolak oleh umat islam, itu tidak bisa dijadikan argumentasi. Sebab kepercayaan Kristen bahwa Yesus itu anak tuhan juga ditolak sama ajaran Islam, tapi tetap saja Islam menegaskan bahwa ajaran Kristen berasal dari seorang Nabi yang menerima wahyu.
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Sun Oct 25, 2009 6:58 am

Literatur sejarah (sumber tertulis, artifak, dll)
silahkan anda konfirmasi mslh Siddartha di forum" Muslim (AFF*), sy tertarik utk membacanya.


Tidak ada manfaatnya membuktikan sebuah hubungan antara ajaran-ajaran agama melalui bukti-bukti fisik, karena justru bukti fisiklah yang paling memperlihatkan pertentangan ajaran-ajaran tersebut. Lagipula setiap agama meskipun berasal dari sumber yang sama, tetap bersifat independen dan mencukupkan diri pada dirinya sendiri. Jika sebuah agama mengadopsi ajarannya dari sumber luar, itu artinya bukan ajaran agama sejati alias ajaran palsu.
Contoh paling menarik adalah kasus Nabi Yahya bin Zakaria (Yohanes Pembaptis) dan Nabi Isa (Yesus). Nah Yahya ini adalah pewaris Taurat, dan Isa pembawa Injil. Meskipun kedua Nabi ini hidup di zaman yang sama dan pernah bertemu, kenyataannya mereka jalan sendiri-sendiri.

Kalau anda ingin bukti akurat, maka anda harus masuk ke wilayah gnostik dari agama-agama tersebut. Disanalah anda akan memperoleh bukti yang melimpah dari ajaran Farisi dari Yahudi, Gnosis dari Kristen, Tashawuf dari Islam, Zen dari Budha, dan Dharma dari Hindu.

Ini pendapat saya dan belum tentu orang lain setuju. Tapi kalau ingin menemukan jalan alternatif dari carut-marut hubungan antar agama yang sangat dipenuhi perselisihan, inilah alternatifnya. Sangat membosankan dan menjijikan kalau setiap hari harus mengadili orang lain dengan menggunakan keyakinan kita sendiri.

Sy menilai dan kemudian mempercayai segala hal di dunia ini melalui 1 hal,... "Pembuktian" secara Sains (literatur sejarah*) dan tentunya dpt
diterima dgn akal sehat,..... dan sudut pandang yg saya pakai adlh sudut pandang "netral".


Dari mana anda punya keyakinan bahwa yang anda jadikan pegangan itu memang sebuah 'bukti' ?
Lagipula bagaimana cara mengukur atau mengetahui bahwa akal itu cukup 'sehat dan kuat' untuk memahami sesuatu atau tidak ?

Akal itu bukan sebuah instrumen yang siap pakai, dia membutuhkan banyak informasi untuk menyusun kerangka berfikirnya. Jika anda memasukkan informasi yang remeh temeh dan tidak valid untuk 'makanannya', maka akal anda gak bakal cukup kuat berurusan dengan masalah ini. Itu seperti mencoba menangkap ikan hiu dengan jaring kupu-kupu.

menyamakan dan kemudian memaksakan Siddartha sbg nabi sungguh tidak adil buat umat Buddha


Nah sekarang tugas anda untuk membuktikan bahwa tindakan saya itu sebuah ketidak-adilan ..... ! :lol:

Ayat yg anda berikan itu namanya "Generalisasi", sekarang bisakan anda sebutkan satu-persatu nabi di setiap agama/kepercayaan sblm Islam dtg.
Hindu, Buddha, Zoroaster, dsb. ?
Anggap saja dlm hal ini sy memakai sudut pandang (Agama*) anda.


Anda ini ada-ada saja. Kalau usia saya sama dengan usia bumi ini, mungkin saya bisa menyebutkan nama setiap Nabi satu persatu karena pasti saya melihat mereka hadir di sana ......... :lol: :lol: :lol:
Kita-kita ini hanya berpatokan pada apa yang kita terima, tidak bisa lebih dari itu. Cuma saya berada pada posisi yang cukup menguntungkan, sebab saya gak perlu disibukkan dan dibuat pusing dengan segala macam urusan sepele. Dengan keyakinan bahwa disetiap bangsa ada seorang Nabi (kalau gak ada Nabi, peradaban bangsa itu akan mati) saya jadi bisa menerima 'kebenaran' dari mana pun datangnya.
Coba anda baca buku "Mata Ketiga" karya pendeta Tibet Tuesday Lobsang Rampa, pengetahuan mereka tentang pengobatan betul-betul luar biasa. Terutama tentang anatomi tubuh manusia.

Sy kurang menangkap poin kalimat anda (tdk jelas mau kemana arahnya),.... sedangkan untuk yg diunderline itu penting untuk diketahui mas
sebab kl tidak,.. Al Quran tidak lg dpt disebut sebagai Kitab terlengkap (mencakup seluruh aspek kehidupan manusia*)
atw bagi Agama anda, fakta sejarah tidak begitu penting sm halnya dgn kejadian pembakaran Ayat Quran sewaktu Khalifah Ustman...


Maksud saya jelas kok, pernah ada banyak Nabi di dunia ini mengajarkan agama sebagai petunjuk bagi kehidupan pada semua umat manusia di muka bumi.
Mereka hidup di masa yang berbeda-beda dan berasal dari segala macam ras manusia. Jadi itu membuktikan bahwa Tuhan itu Maha Adil bagi hamba-hamba-Nya. Kan itu alasan diskusi kita di sini ?
Dan kalau menurut anda itu membuktikan bahwa "Al Quran" tidak lengkap, itu kan persepsi pribadi .....
Tapi anda harus tahu bahwa Al Quran itu tidak dimaksudkan untuk menjadi buku sejarah, Al Quran adalah sebuah kitab yang didalamnya mengandung berbagai petunjuk buat manusia supaya mereka tahu 'bagaimana caranya hidup sebagai manusia'. Memang Al Quran memuat berbagai cerita bersejarah, tapi itu tidak dimaksudkan untuk menjadi 'sekedar sejarah'.
Jika anda menginginkan sejarah, sebaiknya anda mencari ditempat yang lain !

Pesan :
Ada baiknya sebelum melanjutkan mslh Siddartha ini, anda bs berkonsultasi langsung dgn umat Buddha (untuk mendapatkan referensi yg proporsional*)
klik.... www.samaggi-phala.or.id/, dan .... www.dhammacitta.org


Saya yakin pada akhirnya akan muncul saudara kita yang beragama Budha di sini. Jadi biarkan saja semua berjalan apa adanya, toh saya pun tidak berbicara hal-hal yang buruk tentang umat Budha.

Tenang sj mas nalika kita sm" belajar (dlm hal ini sejarah*), jgn terlalu dibebani dgn kalah atau menang.


Kita disini berdiskusi tentang agama ya, dan bukan sejarah. Prinsipnya sekedar mencoba melihat agama-agama dalam perspektif yang berbeda dari biasanya dan untuk itu sebagai tahap pertama perlu diperkenalkan sudut-sudut pandangnya dulu.
Saya gak pernah peduli dengan istilah 'menang dan kalah'. Saya tidak menyukai kemenangan verbal soalnya.
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby berani_murtad » Sun Oct 25, 2009 2:16 pm

kalau mbak nalika mengatakan alquran sudah membahas tentang semuanya dalam alquran, dan yang katanya sidharta adalah salah satu nabi yang tidak disebutkan. saya ada pertanyaan yang langsung bersumber dari quran anda mbak. ini pertanyaannya:

Qs19:56
Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Qur'an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi.


sekarang saya ingin menanyakan kepada nalika, kisah nabi idris yang ada di dalam quran katanya. mohon tolong ditunjukkan kepada umat kafir, karena saya menuntut pertanggungjawaban quran yang mengatakan kisah idris yang harus diceritakan di dalam quran, tetapi belum saya temukan. saya tunggu lho....
berani_murtad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2574
Joined: Sat May 19, 2007 3:11 pm
Location: Surga 72 bidadari

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Sun Oct 25, 2009 3:29 pm

berani_murtad wrote:kalau mbak nalika mengatakan alquran sudah membahas tentang semuanya dalam alquran, dan yang katanya sidharta adalah salah satu nabi yang tidak disebutkan. saya ada pertanyaan yang langsung bersumber dari quran anda mbak. ini pertanyaannya:

Qs19:56
Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Qur'an. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang nabi.


sekarang saya ingin menanyakan kepada nalika, kisah nabi idris yang ada di dalam quran katanya. mohon tolong ditunjukkan kepada umat kafir, karena saya menuntut pertanggungjawaban quran yang mengatakan kisah idris yang harus diceritakan di dalam quran, tetapi belum saya temukan. saya tunggu lho....


Apa yang anda maksud dengan 'pertanggung jawaban Al Quran' ?
Kalimat "Wadzkur" itu bisa mempunyai dua arti yaitu "ceritakanlah !", dan "ingatlah !". Kalau anda ingin tahu kisah Nabi Idris kenapa gak baca aja buku Kisah para Nabi, di sana pasti ada.
Lagipula anda ini mendekati Al Quran dengan cara yang keliru, anda kelihatannya menganggap Al Quran itu sejenis buku ensiklopedi yang didalamnya berisi apa pun yang anda cari atau berisi setiap jawaban yang anda tanyakan.
Anda ini ada-ada saja, maksud kisah para Nabi yang diceritakan di surat Maryam itu untuk mengingatkan, karena itu para pendengar di zaman Nabi (kaum muslim) pastilah sudah tahu kisah Nabi-Nabi tersebut. Kalau belum tahu, mereka akan terdorong untuk membuat sebuah kajian. Jadi kalau anda ingin tahu juga, baca aja buku sejarah.
Tapi sebagai sedikit informasi, Nabi Idries ini dikenal dalam sejarah dengan nama Hermes, seorang ahli al-kimia. Informasi ini saya peroleh dari buku Sayyid Idries Shah, Mahkota Sufi.
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby Pencari Ilmu » Sun Oct 25, 2009 3:37 pm

Kalau ada yg bisa buktikan Sidharta Gautama bukan fiktif, maka dia bisa saja masuk neraka.

Kalau ada yg bisa membuktikan dalam 1 tahun terakhir ada muslim berkualitas masuk FFi, berarti FFi masih berkualitas.
Pencari Ilmu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 61
Joined: Sat Oct 24, 2009 12:36 am

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Sun Oct 25, 2009 3:57 pm

Pencari Ilmu wrote:Kalau ada yg bisa buktikan Sidharta Gautama bukan fiktif, maka dia bisa saja masuk neraka.

Kalau ada yg bisa membuktikan dalam 1 tahun terakhir ada muslim berkualitas masuk FFi, berarti FFi masih berkualitas.


Kenapa semua orang tanpaknya sangat senang mencari alamat rumah orang lain di neraka ..... ?
:stun:
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby Pencari Ilmu » Sun Oct 25, 2009 4:21 pm

Sebenarnya umat Islam itu tidak perduli kalaupun anda kekal di Jahannam bersama Malik.
Kalau saja Tuhan kami tidak menyuruh kami mengingatkan kalian, tidak akan ada satu katapun yang mengajak kepada Islam. paduli teh teuing aing mah ...

Kalian sendiri yg harus mencari kebenaran, kalau yakin agama kalian sudah benar, silahkan tetap kukuh pada agama anda.
Pencari Ilmu
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 61
Joined: Sat Oct 24, 2009 12:36 am

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby berani_murtad » Sun Oct 25, 2009 9:49 pm

nalika wrote:Apa yang anda maksud dengan 'pertanggung jawaban Al Quran' ?
Kalimat "Wadzkur" itu bisa mempunyai dua arti yaitu "ceritakanlah !", dan "ingatlah !". Kalau anda ingin tahu kisah Nabi Idris kenapa gak baca aja buku Kisah para Nabi, di sana pasti ada.
Lagipula anda ini mendekati Al Quran dengan cara yang keliru, anda kelihatannya menganggap Al Quran itu sejenis buku ensiklopedi yang didalamnya berisi apa pun yang anda cari atau berisi setiap jawaban yang anda tanyakan.
Anda ini ada-ada saja, maksud kisah para Nabi yang diceritakan di surat Maryam itu untuk mengingatkan, karena itu para pendengar di zaman Nabi (kaum muslim) pastilah sudah tahu kisah Nabi-Nabi tersebut. Kalau belum tahu, mereka akan terdorong untuk membuat sebuah kajian. Jadi kalau anda ingin tahu juga, baca aja buku sejarah.
Tapi sebagai sedikit informasi, Nabi Idries ini dikenal dalam sejarah dengan nama Hermes, seorang ahli al-kimia. Informasi ini saya peroleh dari buku Sayyid Idries Shah, Mahkota Sufi.

tolong dijawab saja. karena dengan jelas alquran menyatakan kalau kisah nabi idris yang diceritakan dalam alquran dan yang seharusnya memang cerita idris harus tercantum dalam alquran. tolong jangan mencla-mencle. mana kisah idris itu, tunjukkan dengan bukti yang nyata. jangan dengan pola pemikiran sendiri... oke.
berani_murtad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2574
Joined: Sat May 19, 2007 3:11 pm
Location: Surga 72 bidadari

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby Akukomkamu » Sun Oct 25, 2009 9:52 pm

Kalo menurut islam Sidharta Gautama , Mother Theresa bahkan Yesus bro....masuk NERAKA!!! Gile gak...tuh!!!

Yesus aja malah dikatakan SETAN kok... kata islam!!!!


nalika:
Wah anda kok menuduh tanpa dasar yang jelas. Kenapa anda mengatakan kalau kami umat Islam menganggap Yesus (Al Masih Putra Maryam) setan. Itu tuduhan dusta mas. Kalau orang islam menolak Yesus, itu namanya kafir. Sebab kami diwajibkan untuk beriman kepada seluruh Nabi, baik itu yang namanya disebut dalam Al Quran maupun yang tidak. Jadi bagaimana bisa anda berkata seperti itu ....?
Al Masih Putra Maryam itu disebut orang yang terkemuka (Sayyid) di dalam Al Quran. Apa itu bukan sebuah penghormatan ?


Bukan tanpa dasar coba lo tanya ama sdr seukuwah lo si kompas ...pasti dia katakan Yesus itu hantu. si kompas itu takut sekali ama hantu yg namanya YESUS. :lol:

YESUS gak GILA HORMAT slim...lagi Al Masih anaknya Maryam itu bukan Yesus , slim...sebab Maryam yg diquran beda ama Bunda Maria yg di Injil , slim... lo tau gak perbedaannya?????
Akukomkamu
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Sun Oct 25, 2009 10:48 pm

Akukomkamu wrote: Bukan tanpa dasar coba lo tanya ama sdr seukuwah lo si kompas ...pasti dia katakan Yesus itu hantu. si kompas itu takut sekali ama hantu yg namanya YESUS. :lol:

YESUS gak GILA HORMAT slim...lagi Al Masih anaknya Maryam itu bukan Yesus , slim...sebab Maryam yg diquran beda ama Bunda Maria yg di Injil , slim... lo tau gak perbedaannya?????


Gak tahu tuh,di mana kira-kira bedanya, kasih tahu dong saya ?
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Sun Oct 25, 2009 11:10 pm

YESUS gak GILA HORMAT slim


Orang yang mulia dan dimuliakan emang gak ada yang gila hormat, karena kehormatan itu selamanya akan tetap menjadi miliknya. Kenapa anda kelihatan tidak senang saya memuji-muji Nabi 'Isa al Masih putra Maryam ?
Coba kita lihat apa yang dikatakan Al quran tentang Nabi 'Isa.
"Dan tatkala Jibril berkata pada Maryam,"Wahai Maryam sesungguhnya Allah memberi kabar gembira kepadamu dengan Kalimat dari-Nya yang bernama al-Masih 'Isa putra Maryam, seorang yang terkemuka di dunia dan di akhirat, dan termasuk orang yang didekatkan (kepada Allah)."
"Dan dia bisa berbicara dengan manusia dalam buaian (masih bayi) dan setalah dewasa, dan dia termasuk orang yang shalih."(Ali Imran : 45-46).

Dan inilah yang dikatakan Yesus waktu dia masih bayi,
Dia berkata,"Aku ini sesungguhnya hamba Allah, Dia (Allah) memberiku al-kitab dan Dia menjadikan aku seorang Nabi". "Dan Dia menjadikan aku orang yang diberkati dimana saja aku berada, dan Dia berwasiat kepadaku dengan shalat sepanjang hidupku." "Dan aku Dia jadikan orang yang berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka." "Dan keselamatan untukku pada hari aku dilahirkan dan pada hari aku mati, dan pada waktu aku dibangkitkan kembali." (Maryam : 30-33)


Jadi friends, dengan semua ayat yang ada di Al quran ini, apa anda masih mau menuduh bahwa orang Islam telah menghina Al Masih 'Isa putra Maryam.
Tapi kalau anda berpendapat bahwa Yesus orang Kristen bukan orang yang sama dengan "Isa yang ada di dalam Al Quran, itu sih lain lagi. Tapi silahkan saja anda buktikan bahwa Yesus dengan 'Isa itu orang yang berbeda !
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby Zhou Yu » Mon Oct 26, 2009 12:05 am

Bedanya: Yesus tidak pernah sholat seperti isa as
Zhou Yu
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 200
Joined: Mon Aug 24, 2009 12:26 pm
Location: Somewhere in a peaceful little town

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby wohnoutka » Mon Oct 26, 2009 12:30 am

nalika wrote:Kenapa harus sibuk mikirin Sidarta Ghautama ?
Sidarta Ghautama sendiri pernah ditanya,"Guru setelah mati anda akan ke mana ?"
"Aku akan ke neraka", Jawab Sidarta.
"Kenapa anda malah ke neraka ?", tanya muridnya lagi.
"Kalau bukan aku, siapa lagi ?" Jawab sidarta.

Nah Sidarta Ghautama akan ke neraka supaya orang lain gak ada yang perlu masuk ke sana, jadi kalian yang Kristen kenapa harus ribut dan pusing mikirin nasib orang yang sudah bisa menentukan jalannya sendiri ?
:lol: :lol: :lol: :lol: :lol:



ente salah bro, Sidarta Ghautama ke neraka bukan buat disiksa, tapi buat menyelamatkan orang berdosa, contohnya seperti kang mamat, amrozi, noordin m top dkk
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby Kafiru euy » Mon Oct 26, 2009 12:54 am

Untuk mempermudah diskusi ini supaya tidak keluar jalur
(dan sepertinya postingan dr sy sdh anda salah artikan (mungkin*) maka untuk mengatasi hal itu, saya akan membagi ke dlm dua bagian :

Bag. 1 : Menanggapi postingan anda yg terakhir, boleh ditanggapi - boleh tidak

Bag. 2 : Menanggapi postingan anda di awal, hrs dikonfirmasi biar semua jelas !


Tanggapan utk bag. 1

Coba anda baca buku "Mata Ketiga" karya pendeta Tibet Tuesday Lobsang Rampa, pengetahuan mereka tentang pengobatan betul-betul luar biasa. Terutama tentang anatomi tubuh manusia.

Terima ksh ats referensi na, mungkin ini bs disetarakan dengan Ibnu Sina ya ?!?!


pernah ada banyak Nabi di dunia ini mengajarkan agama sebagai petunjuk bagi kehidupan pada semua umat manusia di muka bumi.

Di poin itu sy setuju dgn anda.
Semua umat manusia, sy rasa tidak.
Agama berlaku pada umat tertentu dan di zaman tertentu, oleh karena itu ia terikat dgn konsep “ruang dan waktu”

Saya yakin pada akhirnya akan muncul saudara kita yang beragama Budha di sini. Jadi biarkan saja semua berjalan apa adanya, toh saya pun tidak berbicara hal-hal yang buruk tentang umat Budha.


Saya sengaja kasih link itu supaya anda bs tanyakan lgsg. kepada yg kompeten di bidangnya (Siddartha*) dan kemudian mencegah agar tidak terjebak dgn unnecessary pre-asumption.

tadinya sy berharap, akan ada jwbn setidaknya yg mewakili umat Buddha
(apakah mereka menerima konsep anda “menyamakan Siddartha sbg nabi”)
tp sudahlah tdk perlu dibahas toh ternyata hal itu tdk penting bagi anda.

Perlu sy tegaskan : “bahwa sy ini tidak mewakili suatu agama apapun dan
sudut pandang sy –netral- bahkan sy tadinya berlatarbelakang Monotheistik juga.“

Disini saya hanya berusaha masuk ke dlm topik bahasan (Siddartha*) dan kemudian berusaha untuk menerima jalur pikir anda (Islam*).

Kita disini berdiskusi tentang agama ya, dan bukan sejarah. Prinsipnya sekedar mencoba melihat agama-agama dalam perspektif yang berbeda dari biasanya dan untuk itu sebagai tahap pertama perlu diperkenalkan sudut-sudut pandangnya dulu.


Mmg.....diskusi Agama melalui perspektif sejarah (past events*), dan
berbagai macam perspektif yg berbeda mmg perlu untuk menarik benang merah dr setiap peristiwa/kejadian.
Mudah”an anda setuju dgn saya....

Saya gak pernah peduli dengan istilah 'menang dan kalah'. Saya tidak menyukai kemenangan verbal soalnya.


Idem, seandainya nanti sy di pihak yg kalah.
Saya akan berbesar hati untuk menerima sekaligus menjadikannya sbg motivasi untuk terus belajar dan mengevaluasi diri.


Tapi anda harus tahu bahwa Al Quran itu tidak dimaksudkan untuk menjadi buku sejarah,


Setuju,

Al Quran adalah sebuah kitab yang didalamnya mengandung berbagai petunjuk buat manusia supaya mereka tahu 'bagaimana caranya hidup sebagai manusia'.


Ya,.... kitab dari Agama apapun juga memiliki fungsi yg sama.


Mereka hidup di masa yang berbeda-beda dan berasal dari segala macam ras manusia. Jadi itu membuktikan bahwa Tuhan itu Maha Adil bagi hamba-hamba-Nya. Kan itu alasan diskusi kita di sini ?


Ya benar, utk bag. yg di-underline itu bs dijelaskan ?
Soalnya yg sy tangkap semua agama baik sebelum maupun sesudah kedatangan Islam diturunkan oleh Tuhan yg sama ...Allah (versi Islam* ya)!?!?!
Last edited by Kafiru euy on Mon Oct 26, 2009 1:03 am, edited 1 time in total.
Kafiru euy
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 516
Joined: Mon Aug 03, 2009 3:32 am

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby Kafiru euy » Mon Oct 26, 2009 12:59 am

Tanggapan bag. 2


Dari sudut pandang Islam (tapi ini pendapat kaum perenialis) fungsi Sidharta Gautama itu

Lihat baik-baik,...disitu sy tidak menanyakan “Fungsi” tapi lebih berpijak pd “Posisi”

dimana posisi kenabian Siddharta itu sendiri (sy asumsikan Siddartha mendahului kenabian Isa al Masih) lalu apa nama Siddartha di dlm Islam? mis Isa al Masih = Yesus


tadinya sy berharap anda akan mengambil referensi dari “Kisah 25 Nabi dan Rasul”

Dari mana anda punya keyakinan bahwa yang anda jadikan pegangan itu memang sebuah 'bukti' ?
Lagipula bagaimana cara mengukur atau mengetahui bahwa akal itu cukup 'sehat dan kuat' untuk memahami sesuatu atau tidak ?

Definisi kata “Proof (bukti) dari Dictionary.com adalah: "The evidence or argument that compels the mind to accept an assertion as true."
(kesaksian atau argumen yang kuat yang memaksa benak untuk menerimanya sebagai kebenaran.)
Maka, .......

Anggap saja dlm hal ini sy memakai sudut pandang (Agama*) anda.



Pahami statement itu,.....sy ingin lebih mendalami ttg sejarah Islam, anda bisa mengambil referensi dr sumber Islam lgsg “Sirah, Hadist, Quran, Ijma sahabat, dsb”.

Tunjukkan dimana hubungannya dgn Siddartha (kl mmg ada*) ???.

atw jangan” anda ingin mengatakan standar (dogma/doktrin*) dari Agama Samawi tidak bisa dipakai mengukur Agama non-Samawi ???.

Anda ini ada-ada saja. Kalau usia saya sama dengan usia bumi ini, mungkin saya bisa menyebutkan nama setiap Nabi satu persatu karena pasti saya melihat mereka hadir di sana .........
Kita-kita ini hanya berpatokan pada apa yang kita terima, tidak bisa lebih dari itu.

Saya tidak meminta anda untuk bisa seperti itu,
baca sekali lagi : disitu sy meminta anda untuk menjawabnya berdasarkan Al Quran
“Khan klaimnya.....Al Quran sudah ditulis jauhhh.... sebelum dunia ini ada/tercipta”,
kl sy salah tlg koreksi ya !

Karena di Islam sendiri,... manusia pertama adam dan hawa beragama Islam
lalu bgmn anda menjelaskan hal ini ?
Kafiru euy
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 516
Joined: Mon Aug 03, 2009 3:32 am

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby Akukomkamu » Mon Oct 26, 2009 6:42 am

Akukomkamu wrote: Bukan tanpa dasar coba lo tanya ama sdr seukuwah lo si kompas ...pasti dia katakan Yesus itu hantu. si kompas itu takut sekali ama hantu yg namanya YESUS. :lol:

YESUS gak GILA HORMAT slim...lagi Al Masih anaknya Maryam itu bukan Yesus , slim...sebab Maryam yg diquran beda ama Bunda Maria yg di Injil , slim... lo tau gak perbedaannya?????


Gak tahu tuh,di mana kira-kira bedanya, kasih tahu dong saya ?


Jangan pura2 lah...kalo Maryam dalam quran adalah Maryam saudara Harun dalam sejarah nabi Musa , pikir aja sendiri deh. :goodman:
Akukomkamu
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Mon Oct 26, 2009 7:14 am

Akukomkamu wrote:Jangan pura2 lah...kalo Maryam dalam quran adalah Maryam saudara Harun dalam sejarah nabi Musa , pikir aja sendiri deh. :goodman:


Oh saya soalnya gak pernah lihat kartu keluarganya ......
Saya juga baru denger tuh kalau Nabi Musa punya saudara perempuan yang namanya Maryam dan punya anak yang jadi Nabi lagi. Udah gitu dia hamil tanpa proses pembuahan lagi, alias anaknya gak punya bapa. Sejenis dengan teknik kloning di zaman kita ya ......?

Yang diajarkan sama saya tuh begini, ada tradisi di kalangan Bani Israil, kalau ada wanita yang shalih itu selalu dikasih gelar "Saudara Perempuannya Harun". Mungkin Harun itu emang punya saudara perempuan yang sangat shalih sampai jadi istilah/gelar buat orang sesudahnya.
Yang tahu hal-hal semacam ini kan seharusnya pemilik Taurat dan Injil, bukan orang seperti saya.

Jadi silahkan saja dibantah pake Taurat atau Injil, bahwa Maryam itu gak sama dengan Bunda Maria. Kalau benar, itu pasti bakal jadi isu menarik, soalnya ada dua Maryam yang hamil dengan cara yang sama dan ada dua 'Isa yang lahir darinya di kalangan Bani Israil .
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby Akukomkamu » Mon Oct 26, 2009 7:20 am

Akukomkamu wrote:Jangan pura2 lah...kalo Maryam dalam quran adalah Maryam saudara Harun dalam sejarah nabi Musa , pikir aja sendiri deh. :goodman:


Oh saya soalnya gak pernah lihat kartu keluarganya ......
Saya juga baru denger tuh kalau Nabi Musa punya saudara perempuan yang namanya Maryam dan punya anak yang jadi Nabi lagi. Udah gitu dia hamil tanpa proses pembuahan lagi, alias anaknya gak punya bapa. Sejenis dengan teknik kloning di zaman kita ya ......?

Yang diajarkan sama saya tuh begini, ada tradisi di kalangan Bani Israil, kalau ada wanita yang shalih itu selalu dikasih gelar "Saudara Perempuannya Harun". Mungkin Harun itu emang punya saudara perempuan yang sangat shalih sampai jadi istilah/gelar buat orang sesudahnya.
Yang tahu hal-hal semacam ini kan seharusnya pemilik Taurat dan Injil, bukan orang seperti saya.

Jadi silahkan saja dibantah pake Taurat atau Injil, bahwa Maryam itu gak sama dengan Bunda Maria. Kalau benar, itu pasti bakal jadi isu menarik, soalnya ada dua Maryam yang hamil dengan cara yang sama dan ada dua 'Isa yang lahir darinya di kalangan Bani Israil .


Masih gak ngerti2 ??? Dalam sejarah nabi Musa juga ada wanita yg bernama Mariam sdr Harun tapi bukan Bunda Maria yg melahirkan Yesus hahahahaha....kok anda suka sekali memaksakan suatu sejarah yg keliru ya... :goodman:
Akukomkamu
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Mon Oct 26, 2009 7:25 am

Kafiru euy wrote:Terima ksh ats referensi na, mungkin ini bs disetarakan dengan Ibnu Sina ya ?!?!


Mungkin sulit dibandingkan, soalnya keahlian Ibnu Sina hanya berkembang pada sebuah zaman dan hilang begitu saja pada zaman sesudahnya. Maksud saya kemampuan Ibnu Sina itu tidak pernah betul-betul menjadi bagian dari keilmuwan islam. Alasannya sederhana saja, jika kita membuka literatur lama tentang agama, kita tidak pernah menemukan petunjuk bagaimana cara menjadi atau mencetak manusia sekualitas Ibnu Sina.
Saya ini seorang muslim tapi saya kurang begitu menyukai romantisme sejarah dan terjebak dengan klaim-klaim kesejarahan tertentu. Bahwa umat islam pernah jadi super power itu memang benar. Tapi apakah umat islam di masa lalu hanya sekedar berkuasa atau betul-betul menguasai, itu harus dikaji ulang.

Tapi keilmuwan Tibet ini berkembang dengan caranya sendiri. Pendeta ini betul-betul dipilih dan dipersiapkan untuk menjadi seorang pendeta-tabib. Jadi kemampuan pengobatan, betul-betul sudah jadi bagian dari agama mereka (Budha).
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

Re: Menurut Islam Apakah Sidharta Gautama Masuk Neraka?

Postby nalika » Mon Oct 26, 2009 7:30 am

Akukomkamu wrote:Masih gak ngerti2 ??? Dalam sejarah nabi Musa juga ada wanita yg bernama Mariam sdr Harun tapi bukan Bunda Maria yg melahirkan Yesus hahahahaha....kok anda suka sekali memaksakan suatu sejarah yg keliru ya... :goodman:


Saya bukan ahli sejarah dan gak pernah berusaha untuk tahu banyak tentang sejarah. Cuma silahkan saja anda cari dalam catatan sejarah, saudara Harun yang bernama Maryam itu punya anak yang bernama 'Isa juga nggak ?
Saudara Harun itu hamilnya lewat proses pembuahan (perkawinan) atau tidak ?
Anaknya itu jadi Nabi gak ?
nalika
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 186
Joined: Wed Oct 21, 2009 4:21 pm

PreviousNext

Return to SURGA & NERAKA Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users