. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Menguap Dari Setan?

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Menguap Dari Setan?

Postby iamthewarlord » Mon Mar 09, 2009 9:56 am

Adab Menguap http://www.rumahislam.com/adab-syariah/ ... nguap.html
Adab - Adab Keseharian
Ditulis oleh Alex Kibadachi
Jumat, 06 Maret 2009 04:10
ADAB ISLAMI : ADAB AT-TATSAA-UB (MENGUAP)
Menguap adalah perbuatan yang berasal dari syaitan, sebagaimana sabda Nabi saw


الْعُطَاسُ مِنَ اللّهِ , وَالتَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ , فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَضَعْ يَدَهُ عَلَى فُيْهِ , وَإِذَا قَالَ : آهْ , آهْ , فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَضْحَكُ مِنْ جَوْقِهِ . وَإِنَّ اللّهَ عز جل يُحِبُّ الْعُطَاسَ ، وَيَكْرَهُ التَّثَاؤُبَ .

"Bersin itu dari Allah dan menguap itu dari syaitan. Jika salah seorang kalian menguap, maka tutuplah mulutnya dengan tangannya dan jika ia mengatakan `aaah...', maka syaitan tertawa di dalam perutnya. Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap." (HR. At-Tirmidzi dan ia menshahihkanya, al-Hakim dan ia menshahihkannya serta disetujui oleh adz-Dzahabi, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Sunni dalam 'Amalul Yaum wal Lailah dari Abu Hurairah . Hadits ini terdapat dalam kitab Shahiihul Jaami' )


Apabila seseorang hendak menguap, ia harus memperhatikan beberapa adab berikut, antara lain:
1. Berupaya Semampunya Menahan dan Menolak Menguap.
Seseorang hams berusaha menolak, mengalahkan, dan menahan kuapan, khususnya ketika sedang shalat.
Rasulullah, bersabda:

إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدَكُمْ فِيْ الصَّلاَةِ فَلْيَْظِمْ مَا اسْتَطََانَيَدْخُلُ .

"Apabila salah seorang dari kalian menguap dalam shalatnya, hendaklah ia berusaha menahan kuapannya sebisa mungkin karena syaitan bisa masuk." (HR. Muslim (2995) dari Abu Sa'id ra)

Seseorang tidak perlu merasa heran kalau syaitan bisa masuk, karena syaitan adalah makhluk yang tercipta dari api yang dapat berubah, berpindah, dan bergerak seperti hawa dan angin. Ia tidak berjasad seperti manusia. Selama hadits tersebut shahih dari Nabi, maka wajib mengakuinya dan mempercayai kebenarannya walaupun orang-orang merasa heran. Sebab, seperti yang telah difirmankan Allah swt :

"Dan tiadalah yang diucapkannya itu (al-Qur-an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya)." (QS. An-Najm: 3-4)

2. Meletakkan Tangan di Mulut
Tujuan meletakkan tangan di mulut ketika menguap ialah agar mulut tidak terbuka, yang pada saat itu manusia terlihat buruk dan pada saat itu juga syaitan sedang menertawakannya, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang tercantum pada awal.
Demikian juga beliau, bersabda:

إِذَا تَثَاوَبَ أَحَدَكُمْ فِيْ الصَّلاَةِ فَلْيَْظِمْ مَا اسْتَطََانَيَدْخُلُ .

"Apabila salah seorang kalian menguap, hendaklah ia menahan mulutnya dengan tangannya karena syaitan bisa masuk." (HR. Muslim (2995) dari Abu Sa'id ra)

3. Tidak Mengeluarkan Suara Aaah...
Jangan mengeluarkan suara `Aaah...' atau suara `waaah...', sebagaimana yang tercantum pada awal. Sebab, syaitan sedang menertawakannya jika ia mengeluarkan suara seperti itu.

4. Tidak Mengangkat Suara Ketika Menguap
Mengangkat suara uapan termasuk adab buruk yang dianggap sepele oleh orang-orang, padahal perbuatan ini dapat membuat orang lain menghindar dari pelakunya. Terkadang, sebagian orang jahil mengangkat suaranya ketika menguap dengan maksud ingin membuat orang sekelilingnya tertawa dan tentunya syaitan juga menertawakan perbuatannya, sebagaimana yang tercantum dalam hadits yang telah disebutkan pada awal.
Oleh karena itu, syari'at Islam menetapkan adab dalam menguap, bersin, tidur, dan lain-lain. Ini semua menunjukkan betapa agungnya agama Allah, yang mengatur seluruh aktivitas kehidupan manusia, baik pada malam maupun siang hari. Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan nikmat yang agung ini
Islam yang universal (menyeluruh) ini mengatur seluruh kondisi manusia yang tidak akan pernah didapati pada syari'at-syari'at lainnya. Ini merupakan bukti bahwa Islam adalah agama yang sesuai pada semua tempat dan zaman. Sebab, tidak ada agama lain yang mengatur permasalahan ini. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat Islam.

Ref : Mausuu’atul Aadaab Al Islamiyyah (Ensiklopedia Adab Islam Menurut Al Qur’an dan As Sunnah), Abdul Aziz bin Fathi As Sayid Nada


Walah...walah... mnguap kok dibilang dari setan..
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Menguap Dari Setan?

Postby bad boys » Tue Mar 10, 2009 8:38 am

:rolleyes: :rolling: :rofl:

alquran kok gila banget yah :rolleyes:
User avatar
bad boys
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 84
Joined: Tue May 13, 2008 2:47 pm

Re: Menguap Dari Setan?

Postby bad boys » Fri Mar 13, 2009 6:41 am

orang akan menguap jika kadar oksigen dalam paru-paru kita rendah. Di dalam paru-paru kita, terdapat gelembung -gelembung alveoli. Gelembung ini akan kempes jika tidak mendapat udara segar dalam jumlah cukup. Pernah liat balon kempes? Nah, seperti itu. Gara-gara si alveoli ini kempes, paru-paru akan sedikit ‘kejang’. Otak kita pun mengkomando tubuh untuk untuk melakukan sesuatu yang merangsang pemasukan udara segar kembali. Salah satunya adalah dengan menguap. Saat kita menguap, lebih banyak udara masuk ke dalam paru-paru. Makanya, setelah menguap kadang kita merasa sedikit lebih segar.

Coba katakan mana ya lebih masuk akal ?

:rolleyes: :rolleyes:
User avatar
bad boys
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 84
Joined: Tue May 13, 2008 2:47 pm

Re: Menguap Dari Setan?

Postby M-SAW » Thu Mar 19, 2009 9:54 pm

bagaimana tanggapan muslim intelek bila dilait dari segi ilmiah?
nguap itu karena apa sih?
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Re: Menguap Dari Setan?

Postby mikimos » Thu Mar 19, 2009 10:15 pm

tanya...

kalau bersendawa itu dari setan atau dari auwloh?
kalau kentut itu dari setan atau dari auwloh?

islam kan agama sempurna, pasti ada jawaban untuk pertanyaan seperti ini.



miki
User avatar
mikimos
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3215
Joined: Tue Jul 15, 2008 7:01 pm
Location: Indonesia Faith Freedom

Re: Menguap Dari Setan?

Postby Freeze » Tue Mar 24, 2009 1:17 pm

mikimos wrote:tanya...

kalau bersendawa itu dari setan atau dari auwloh?
kalau kentut itu dari setan atau dari auwloh?

islam kan agama sempurna, pasti ada jawaban untuk pertanyaan seperti ini.



miki




Kalau kentut karena itu menyebabkan bau yg busuk yg menusuk dan mengganggu org sekitarnya seperti ajaran m dan i pastilah itu dari auwloh=setan
kalau bersendawa saya kira sama saja dari auwloh=setan :drinkers:
Freeze
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 88
Joined: Thu Feb 12, 2009 11:27 pm

Re: Menguap Dari Setan?

Postby newbie » Tue Mar 24, 2009 1:24 pm

Hahahaha. Ngakak bacanya. Ternyata Awloh suka bersin (baru tau). Awlohnya lagi flu kali...!
newbie
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 713
Joined: Thu Mar 19, 2009 9:39 pm
Location: TIM HORE-HORE (COROLEADER) BASECAMP

Re: Menguap Dari Setan?

Postby iamthewarlord » Tue Mar 24, 2009 5:37 pm

muslim kabur semua dari thread yg ginian.. :stun: :stun:
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Menguap Dari Setan?

Postby newbie » Tue Mar 24, 2009 5:47 pm

Gimana slimers ga pada kabur semua. hehehe. Dasar Kurang ajar. Masa soal esek2 dibela2in tapi pas awlohnya sakit flu langsung ngabur takut ketularan. Huuu....!! Gak solidaritas sama awloh tuh. Oya, ada tuh malamputri kan katanya pengetahuan islami dia mendalam sedangkan pengetahuanku tentang islam masih sedikit dan berusaha eksis, tolong dong mas putri jelasin nih kenapa awlohnya mau gejala2 pilek nih.
newbie
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 713
Joined: Thu Mar 19, 2009 9:39 pm
Location: TIM HORE-HORE (COROLEADER) BASECAMP

Re: Menguap Dari Setan?

Postby M-SAW » Tue Mar 24, 2009 6:39 pm

iamthewarlord wrote:muslim kabur semua dari thread yg ginian.. :stun: :stun:

kita harus sering2 sundul trit ini
biar makin gerah muslim2 yg malu tsb
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Re: Menguap Dari Setan?

Postby anak_polos » Thu Mar 26, 2009 12:08 am

kalo bersin itu memang bagus dari sisi kesehatan....segala sesuatu yg baik itu berasal dari Allah ( rahmat dari Allah ) makanya kalo ada orang bersin kan kita membaca "segala puji bagi Allah" kemudian dijawab dgn bacaan "semoga Allah merahmatimu".
bersin itu adalah reaksi tubuh untuk cleansing dari penyakit/kotoran.

sedang menguap itu menunjukkan bahwa tubuh kita sedang dalam keadaan tidak fit...pikiran tidak segar karena kurang oksigen, lelah, kurang istirahat dsb.....nah segala sesuatu yg jelek itu akibat dari diri kita dan setan.

gitu aja kira2....ngomong2 itu hadist shahih atau engga sih ?
di Quran rasanya kagak ada masalah bersin
anak_polos
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 809
Joined: Fri Jan 23, 2009 1:11 pm

Re: Menguap Dari Setan?

Postby iamthewarlord » Thu Mar 26, 2009 12:46 am

lu coba deh ke site yg gw rujuk, itu kan blognya muslim.
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Menguap Dari Setan?

Postby anak_polos » Thu Mar 26, 2009 3:10 pm

tuh kan Islam malah sudah tau duluan kalo bersin itu suatu rahmat dan kalo menguap itu pertanda buruk bagi kesehatan, kalo ngga dibikin tidur/istirahat bisa jadi sakit.
anak_polos
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 809
Joined: Fri Jan 23, 2009 1:11 pm

Re: Menguap Dari Setan?

Postby MikanSakura » Thu Mar 26, 2009 3:18 pm

Perasaan gue kalo mulai bersin-bersin tuh tandanya mau pilek deh... Dan dua hari kemudian pasti langsung sakit ambruk. Kok bisa dibilang rahmat sih?? Rahmat dari mananya gitu?
MikanSakura
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 510
Joined: Mon Nov 10, 2008 12:51 am

Re: Menguap Dari Setan?

Postby newbie » Thu Mar 26, 2009 4:18 pm

Mendoakan orang yang bersin

seseorang membutuhkan istirahat karena capek ataupun udara dingin,bersin merupakan suatu sarana untuk mengembalikan kekuatan,dan mencegah kelembaban dan juga mencegah penyakit dan kegelisahan,dan ini merupakan salah satu kemulian dari Allah dan kasih sayang kepada manusia ketika seseorang bersin dan mensyukuri nikmat ini dengan mengucapkan alhamdulillah dianjurkan bagi yang mendegarnya untuk mengucapkan yarhamukumullah (Allah mengasihimu) dan ini adalah sunat,dan yang bersin menjawab yahdikumullah dan yuslim balakum (Allah memberi hidayah padamu dan memperbaiki keadaanmu) sangatlah baik jika hal ini dilakukan ketika seseorang mendengar yang bersin mengucapkan alhamdulillah
bersin dari Allah,dan menguap dari setan,maka disunatkan bagi yang menguap untuk menutup mulutnya dengan tangan nya agar mulutnya tidah terbuka dan keliatan dalamnya dan untuk mencegah masuknya bateri.
banyak hadist yang menjelaskan akan hal ini atau etika bermasyarakat
diantaranya hadist yang diriwayatkan bukhori dari abi hurairah r.a rasul bersabda (sesenngguhnya Allah menyukai orang yang bersin dan membenci orang yang menguap,maka jika seseorang bersin dan mensyukurin nikmat ini dengan mengucapkan Alhamdulillah maka bagi muslim yang mendengar untuk mengatakan yarhamukumullah (Allah menyanyangimu) dan menguap dari setan maka jika kalian menguap maka berusahalah untuk mencegahnya semampunya,sesungguhnya jika kalian menguap maka setan akan tertawa)
hadist ini menjelaskan anjuran untuk mendapatkan sebab-sebab bersin yaitu:semangat,ringan tubuh,dan agar kita menjauhi [u]sebab2 menguap yaitu: berat badan dan malas-malasan karena kebanyakan makan dan sembarangan makan.

dah juga hadist yang diriwayatkan bukhori dari abi hurairah dari nabi saw bersabda:apabila kalian bersin maka katakanlah:alhamdulillah,dan bagi saudaranya atau temanNya untuk mengatakan:yarhamkumullah dan apabila ada yang menjawab yarhamkumullah maka hendaklah dia menjawab yahdikumullah wa yuslih balakum)atau Allah menunjukkanmu jalann yang diridhoiNya,mengucapkan alhamdulillah dan doa dengan mengatakan yarhamkumullah merupakan sunat dari rasullah dan etika berbasa basi[i].

Bertahmid dan tasmit dua hal yang berkaitan sebagaimana hadist yg diriwayatkan muslin dari abi musa al-as’ari r.a berkata:aku mendengar rasullah saw bersabda:(jika seseorang bersin kemudian ia mengucapkan alhamdulillah maka doakanlah dia,jika dia tidak mengucapkan alhamdulillah maka jangan doakan)mendoakannya dengan mengucapkan:Allah menyanyagimu,orang asing mengatakan:sehat, keduanya adalah doa untuk kebaikan dan barakah dan kesehatan, hal ini bisa memberika spirit ————————-
Mendoakan orang bersin hanya bagi orang yang mengucapkan alhamdulillah setelah dia bersin, dan hal ini tidak dianjurkan apabila yang bersin tidak mengucapkan alhamdulillah,sebagaiman dalam hadist muttafaq alaihi riwayat dari abas r.a berkata:( dua orang bersin ketika bersama rasullah saw dan rasul mendoakan seorang dan tdak mendoakan yang lain,orang tidak didoakan tadi bertanya:ketika ia bersih engkau mendoakan nya,dan ketika aku bersih kamu tidak mendoakanku?kemudian rasul bersabda:itu Karena dia mengucapkan alhamdulillah dan engkau tidak mengucapkan alhamdulillah)hal ini menunjukkan mulianya orang yang taat kepada Allah dan ————
Dan etika bersin:meletakan tangan atau baju diatas mulut dan hidung,pencegahan menyebarnya virus dan ludah yang keluar,apalagi ketika makan dan apabila yang lain merasa terganggu,diriwayatkan oleh abu daud dan attirmidzi,dari abi hurairah r.a berkata:sesungguhnya rasul apabila beliau bersih maka beliau akan meletakkan tangannya atau bajunya diatas tangannya dan tidak mengeraskan suaranya),hadist ini menganjurkan kita untuk melakukan hal ini,banyak orang yang tidak melembutkan suaranya ketika bersin tentu saja ini menganggu orang lain, tidak mengeraskan suara bersin menunjukkan sempurnanya etika dan baiknya akhlak
Ini hanya etika islam yg tidak ada di etika-etika yang lain,hadist diriwayatkan abu daud dan attirmidzi dari abi musa r.a berkata: yahudi berpura-pura bersin di hadapan baginda rasulullah saw dengan harapan rasul mengatakan untuk mereka:yarhamkumullah (Allah menyanyagimu) dan mereka menjawab:yahdikumullah wa yuslih balakum (semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki keadaanmu) dan ini merupakan dalil bolehnya mendoakan orang yang bukan muslim untuk mendapatkan petunjuk dan —————-
Dan juga dianjurkan untuk meletak tangan diatasa mulut ketika menguap,untuk mencengah masuknya ———,atau mewujudkan tujuan setan dengan membuatnya santai,hadist diriwayatkan muslim dari abi said alkhudri r.a :rasullah bersabda:(apabila kalian menguap hendaklah iya menutup mulutnya dengan tangannya,sesungguhnya setan masuk dalam mulutnya)setan diartikan .


[i]sumber
:
http://adiba-hanifah.blog.friendster.com/2008/04/mendoakan-orang-yang-bersin/

Dari sumber islami di atas kita bisa melihat betapa tahayul-nya ajaran ini. Tidak ada penjelasan yg logis mengapa bersin dr Awloh dan bersin dr setan. Tidak ada argumen yang bisa membawa kita untuk mempercayainya.
Pada kenyataannya, bersin kebanyakan adalah gejala2 pilek. Sehari atau dua hari orang itu kena pilek. Berarti Awloh mendatangkan pilek buat manusia dan Awloh menyukainya. Dan manusia pun harus mengucap alhamdullilah kalau bersin. Wah aneh kan?

http://id.wikipedia.org/wiki/Bersin
"Bersin adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Udara ini dapat mencapai kecepatan 70 m/detik (250 km/jam). Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.
Dari sudut pandang sains:
Bersin biasanya sering dihubungkan dengan penyakit influenza. Tetapi sebenarnya ini bukan hanya gejala penyakit influenza saja ini juga merupakan gejala penyakit pernapasan (misalnya rhinitis, dan selesma).


BANDINGKAN

Menguap dianggap datangnya dari setan. Pada hal bila ditinjau dari segi kesehatan:
1. VIVAnews - http://kidz.vivanews.com/news/read/41105-manfaat_menguap_bagi_kesehatan
Apakah selama ini kalian menganggap kalau menguap itu selalu menandakan rasa bosan dan mengantuk? Ternyata anggapan itu tidak seratus persen benar. Menurut penelitian, menguap itu sangat penting bagi kesehatan. Yaitu berfungsi untuk meningkatkan asupan oksigen ke dalam otak melalui paru-paru.

2. http://www.cafepojok.com/forum/showthread.php?t=33437
Fungsi menguap sama dengan peregangan otot sebelum olahraga yaitu memperlancar aliran darah dan detak jantung.

3. http://dadangpintar.blogspot.com/2009/02/pentingnya-menguap-untuk-kesehatan.html
Jangan mengolok-olok orang yang menguap. Menurut penelitian, menguap penting untuk mengatur temperatur otak. Jika menguap, berarti otak kita sedang kepanasan.

Penemuan itu memecahkan beberapa misteri seperti mengapa menguap terjadi sebelum atau sesudah tidur. Selain mengapa suatu penyakit tertentu menyebabkan menguap dalam jangka panjang, dan bernafas lewat hidung serta mendinginkan kepala bagian atas bisa menghentikan menguap.

"Otak seperti komputer. Otak bisa beroperasi dengan efisien jika dingin dan adaptasi fisik dilakukan akan mendinginkan otak,” kata Andrew Gallup, peneliti di Departmen Biologi di Binghamton University yang memimpin penelitian itu.
... (baca selanjutnya)

Nah, anda bisa menyimpulkan sendiri ini (hadist) digolongkan sebagai tahayul atau ajaran yang benar.
newbie
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 713
Joined: Thu Mar 19, 2009 9:39 pm
Location: TIM HORE-HORE (COROLEADER) BASECAMP

Re: Menguap Dari Setan?

Postby anak_polos » Thu Mar 26, 2009 6:58 pm

MikanSakura wrote:Perasaan gue kalo mulai bersin-bersin tuh tandanya mau pilek deh... Dan dua hari kemudian pasti langsung sakit ambruk. Kok bisa dibilang rahmat sih?? Rahmat dari mananya gitu?


bersin itu reaksi tubuh untuk membuang benda asing/virus dari tubuh, kalo pagi hari itu normalnya orang bersin untuk cleansing body.
nah kalo tubuhmu kemasukan virus lewat udara terus kamu bersin maka virus itu bisa keluar tapi tergantung daya tahan tubuhmu juga, bersin itu pokoknya reaksi positif tubuh untuk menangkal penyakit. sama halnya seperti muntah2/mencret2 itu reaksi positif tubuh untuk membuang angin/penyakit dll.
biasanya gw kalo daya tahan tubuh lagi bagus maka abis bersin2 terus segar lagi badan.

waduh kapir2 dulu kalo ngga dididik oleh Islam emang bener2 guoblok...sayang kog ngga pada inget sejarah. ](*,)
anak_polos
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 809
Joined: Fri Jan 23, 2009 1:11 pm

Re: Menguap Dari Setan?

Postby UDELBODONG » Thu Mar 26, 2009 7:10 pm

bad boys wrote::rolleyes: :rolling: :rofl:

alquran kok gila banget yah :rolleyes:



BARU TAHU...?
UDELBODONG
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 371
Joined: Sat Feb 21, 2009 5:05 pm

Re: Menguap Dari Setan?

Postby mikimos » Thu Mar 26, 2009 9:24 pm

alley_polos wrote:kalo bersin itu memang bagus dari sisi kesehatan....segala sesuatu yg baik itu berasal dari Allah ( rahmat dari Allah ) makanya kalo ada orang bersin kan kita membaca "segala puji bagi Allah" kemudian dijawab dgn bacaan "semoga Allah merahmatimu".
bersin itu adalah reaksi tubuh untuk cleansing dari penyakit/kotoran.

sedang menguap itu menunjukkan bahwa tubuh kita sedang dalam keadaan tidak fit...pikiran tidak segar karena kurang oksigen, lelah, kurang istirahat dsb.....nah segala sesuatu yg jelek itu akibat dari diri kita dan setan.


logikanya nggak terbalik tuh?

dari tulisan ini, bukankah berarti menguap justru merupakan "alarm" bagi tubuh, yang memberikan tanda bahwa tubuh sedang dalam keadaan tidak fit, manusia dapat mengerti bahwa keadaan tubuhnya menurun dan kemudian mengambil tindakan mengistirahatkan tubuhnya.
bukankah ini suatu hal yang baik....

bagaimana jika tubuh manusia tidak memiliki kemampuan seperti ini, maka seseorang tidak menyadari tubuhnya tidak fit dan lelah, terus beraktivitas sampai tiba2 ia jatuh sakit.

jadi,
seharusnya menguap bukanlah dari setan...
kalaupun benar sesuai sabda nabi muhammad bahwa menguap itu dari setan, berarti setan itu baik sekali ya, melindungi manusia agar manusia tidak jatuh sakit.
Image


miki
User avatar
mikimos
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3215
Joined: Tue Jul 15, 2008 7:01 pm
Location: Indonesia Faith Freedom

Re: Menguap Dari Setan?

Postby iamthewarlord » Thu Mar 26, 2009 9:40 pm

muslim emang mahluk lucu, logikanya aneh... :stun:
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Postby up1234go » Thu Mar 26, 2009 11:04 pm

@atas

Loh kok sama pikirannya dengan saya! Atau jangan2 kamu ini antek2 zionis & nasrani ya!

wakkakakkakak!

ps:
mirip muslim ya cara berpikirku ini?
up1234go
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1910
Joined: Tue Jul 04, 2006 12:05 pm

Next

Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: IC1101