. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Ttg shahadat, solat, zakat, puasa, haji, termasuk ttg KABAH, Hajar Aswad, Zamzam dan segala ritual spt Isra-Miraj, Idul Fitri dsb

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby osho » Wed Mar 11, 2009 11:16 am

LinduA wrote:Jadi, tidak ada yang menyatakan kalau tidak sholat Jum'at 3 kali berturut-turut lalu dikatakan kafir, apalagi terus boleh dibunuh. Ini hanya rekayasa untuk menakut-nakuti Muslim yang masih belajaran.
hahaha
bukan aq yang mengatakannya.....
dan ini juga bukan rekayasa aq untuk menakut-nakuti muslim.
lebih baiknya ente baca dari sumber islam sendiri....

http://fauzanalbanjari.blog.com/
3 Kali Tidak Sholat Jum’at Bagaimana Hukumnya?

Tanya:
Assalamu’alaikum wr.wb
Saya mau menanyakan tentang hukumnya orang yg tidak melakukan shalat jum’at sebanyak 3 kali secara berturut2?, Dan apakah ada solusi untuk seorang hamba untuk diberikan kesempatan taubat dan adakah persyaratan lain untuk menghindari dari datangnya munafiq?

19 Februari 2009
Reynold
Yogyakarta

Jawab:
Wa’alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh
Orang yang meninggalkan sholat termasuk sholat Jum’at tanpa ada ’udzur syar’i maka hukumnya haram dan dia berdosa. Karena sholat adalah kewajiban bagi setiap individu muslim. Sholat Jum’at secara khusus adalah sholat yang diwajibkan kepada setiap individu muslim laki-laki secara berjamaah. Maka melaksanakan sholat Jum’at secara sendiri (munfarid) tidak diperbolehkan atau tidak dianggap menegakkan sholat Jum’at.

Dalam hukum (sistem pemerintahan) Islam, siapa saja muslim yang baligh meninggalkan sholat maka ia harus dipanggil dihadapan seorang qadhi (hakim dalam sistem pemerintahan Islam). Ia harus ditanyai alasan mengapa ia meninggalkan sholat. Jawaban darinyalah yang akan menentukan keputusan seorang qadhi akan status dirinya apakah berstatus fasiq atau murtad.

Status fasiq berlaku kepada mereka yang meninggalkan sholat karena kemalasan atau meremehkan sholat, dan ia dipandang sebagai orang yang suka melakukan kemaksyiatan (fasiq), baginya dikenai hukuman ta’zir, berupa hukuman yang dipandang oleh penguasa atau qadhi bisa berfungsi efektif sebagai zawajir (pencegah).

Status kafir atau murtad dari agama Allah berlaku apabila ia meninggalkan sholat tersebut karena mengingkari kewajiban sholat tersebut atau dengan kata lain secara yakin ia menyatakan bahwa sholat yang lima waktu dan sholat Jum’at itu tidak wajib. Orang ini akan diberi waktu tiga hari untuk bertaubat, jika bertaubat (maka taubatnya akan diterima), dan jika tidak maka dia akan dibunuh. (Ali Raghib, Ahkam ash-Sholat, hal 37-38; Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, Al Jami’ li al-Ahkam ash-Sholat, hal 6-7)

Hukum ini berlaku umum untuk semua orang yang meninggalkan sholat yang wajib secara umum.

Bagi mereka yang meninggalkan sholat Jum’at juga berlaku hukum yang demikian. Terkait dengan meninggalkan sholat Jum’at tiga kali secara berturut-turut maka terdapat hadits-hadits sebagai berikut:

Dari Jabir bin Abdullah ra dari Nabi saw ia berkata:

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثَ مِرَارٍمِنْ غَيْرِ عُذْرٍ طَبَعَ الله ُعَلَى قَلْبِهِ

”Barangsiapa yang meninggalkan shalat Jum’at sebanyak tiga kali tanpa ada ’udzur, maka Allah SWT akan mengunci hatinya”. (HR. Ahmad, an-Nasai, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Majah dan al-Hakim)

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ تَهَاوُنَابِهَا طَبَعَ الله ُعَلَى قَلْبِهِ

”Barangsiapa yang meninggalkan Jum’at sebanyak tiga kali karena menganggapnya remeh, maka Allah mengunci hatinya”. (HR. Ibun Hibban, Ahmad, Abu Dawud, an Nasai dan Tirmidzi)

مَنْ تَرَكَ الْجُمُعَةَ ثَلاَثًا مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ فَهُوَ مُنَافِقٌ

”Barangsiapa yang meninggalkan Jum’at tiga kali karena selain ’udzur maka dia seorang munafik”.(HR. Ibnu Hibban)

”Orang-orang itu akan berhenti dari meninggalkan Jum’at-Jum’at, atau Allah SWT akan menutup hati-hati mereka, kemudian mereka sungguh menjadi orang-orang yang lalai”. (HR. Muslim dan al-Darimi).

Inilah dalil-dalil yang mahsyur yang kami ketahui tentang persoalan ini. Mereka yang tanpa ’udzur meninggalkan sholat Jum’at maka Allah SWT akan mengunci hatinya, dan di sisi-Nya dia tergolong sebagai orang Munafik dan orang yang lalai. (Uwaidhah, Al Jami’ li al-Ahkam ash-Sholat, hal 519). Hadits-hadits merupakan pernyataan dari Rasulullah bahwa Allah memurkai apa yang dilakukan oleh mereka yang dengan sengaja meninggalkan sholat Jum’at tanpa ‘udzur sampai kepada derajat orang yang munafik.

Terkait pertanyaan kedua tentang taubat silahkan lihat pembahasan kami tentang Kelalaian, Taubat dan Ampunan. Untuk menghinari datangnya kemunafikan maka harus dipahami apa yang dimaksud dengan munafik dalam Islam, untuk memahaminya silahkan lihat pembahasan kami dengan judul Munafik (Hipokrit).

Wallahu’alam bi ash-Showwab

Al Faqir ila Allah
Fauzan al-Banjari
Posted by Fauzan at 12:51:57
User avatar
osho
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby iamthewarlord » Wed Mar 11, 2009 12:18 pm

lu tega bener bawa2 kyai online gitu buat serangan balik, bang Osho...
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby osho » Wed Mar 11, 2009 1:34 pm

iamthewarlord wrote:lu tega bener bawa2 kyai online gitu buat serangan balik, bang Osho...
oh... tidak...
jangan salah sangka.....
sebenernya LinduA dengan gue sependapat....
bahwasannya Allah SWT hanya menakut-nakuti para muslim yang tidak mo shalat..... itu aja.
Setuju dengan neng LinduA yang telah terbuka wawasannya......
Memang hukum bunuh adalah untuk menakut-nakuti aja....
semuanya udah expired.... tak perlu di hiraukan lagi....
dan ini adalah hanya rekayasa dari manusia buta huruf aja.

wassalam
User avatar
osho
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby LinduA » Wed Mar 11, 2009 2:44 pm

Sdr. osho,

1. Perhatikanlah kata2
tanpa ada ’udzur syar’i
, artinya kalau ada udzur syar'i maka yang bersangkutan boleh meninggalkan sholat Jum'at dengan mengganti Sholat Dhuhur seperti biasa. Sampai disini, apa yang saya sampaikan sudah sesuai bukan?

2. Tanpa ada udzur syar'i meninggalkan sholat Jum'at hukumnya haram dan berdosa adalah benar karena ybs meninggalkan sholat wajib.
3. Kalau meninggalkan sholat (note: bukan sholat Jum'at saja) karena malas atau meremehkan sholat, masih belum dianggap kafir, tetapi
dikenai hukuman ta’zir, berupa hukuman yang dipandang oleh penguasa atau qadhi bisa berfungsi efektif sebagai zawajir (pencegah).
. Jadi masih melalui proses pengadilan.
4.
Status kafir atau murtad dari agama Allah berlaku apabila ia meninggalkan sholat tersebut karena mengingkari kewajiban sholat tersebut atau dengan kata lain secara yakin ia menyatakan bahwa sholat yang lima waktu dan sholat Jum’at itu tidak wajib. Orang ini akan diberi waktu tiga hari untuk bertaubat, jika bertaubat (maka taubatnya akan diterima), dan jika tidak maka dia akan dibunuh. (Ali Raghib, Ahkam ash-Sholat, hal 37-38; Mahmud Abdul Lathif Uwaidhah, Al Jami’ li al-Ahkam ash-Sholat, hal 6-7)

Hukum ini berlaku umum untuk semua orang yang meninggalkan sholat yang wajib secara umum.

Bagi mereka yang meninggalkan sholat Jum’at juga berlaku hukum yang demikian.


Perlu saya sampaikan, ini adalah pendapat perorangan dan tidak tercantum dalam Al Qur'an. Menurut saya, pendapat perorangan tidak mutlak kebenarannya karena kebenaran itu datangnya dari ALLAH.

Sedangkan dalam Hadits-hadits, tidak ada sedikitpun menyatakan harus dibunuh.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby osho » Thu Mar 12, 2009 12:37 pm

LinduA wrote:Jadi masih melalui proses pengadilan.
seandainya......sesudah melalui proses pengadilan yang berbelit-belit..... dan ternyata juga tidak mau shalat hasilnya bagaimana....?
hukumanya apa......?

LinduA wrote:Perlu saya sampaikan, ini adalah pendapat perorangan dan tidak tercantum dalam Al Qur'an. Menurut saya, pendapat perorangan tidak mutlak kebenarannya karena kebenaran itu datangnya dari ALLAH.
Yoi........hanya pendapat perorangan....... kebeneran datangnya dari Allah.....
Jadi jangan dengarkan kebenaran dari perorangan ...

وَ الَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَقَدْ هَمَمْتُ أَنْ آمُرَ بِحَطَبٍ فَيُحْطَب ثُمَّ آمُرَ بِالصَّلاَةِ فَيُؤَذَّنُ لَهَا، ثُمَّ آمُرَ رَجُلاً فَيَؤُمُّ النّاسَ، ثُمَّ أُخَالِفُ إِلَى رِجَالٍ فَأَُحَرِّقُ عَلَيْهِمْ بُيُوتَهُمْ

"Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku ingin menyuruh untuk mengumpulkan kayu bakar lalu aku perintah untuk menegakkan shalat dan adzan, dan aku perintah seseorang untuk menjadi imam, kemudian aku keluar mendatangi mereka (kaum laki-laki yang tidak menghadiri shalat berjama'ah) lalu aku bakar rumah-rumah mereka beserta penghuninya." (HR. Al Bukhari no. 644)

LinduA wrote:Sedangkan dalam Hadits-hadits, tidak ada sedikitpun menyatakan harus dibunuh.
tidak ada sedikitpun menyatakan harus dibunuh
cuma dibakar hidup-hidup aja........eh.... maaf...jangan dengarkan cerita perorangan ini......
sekali lagi maaf....

wassalam
User avatar
osho
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby LinduA » Thu Mar 12, 2009 2:05 pm

osho write:
seandainya......sesudah melalui proses pengadilan yang berbelit-belit..... dan ternyata juga tidak mau shalat hasilnya bagaimana....?
hukumanya apa......?

Itu terserah hasil penyelidikannya. Tapi sampai saat ini saya belum pernah membaca berita di Negara Islam yang membunuh warganya gara2 tidak sholat. Apalagi di negara2 yang non-Islam, belum pernah membaca informasi yang membunuh warganya gara2 tidak sholat.

"Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh aku ingin menyuruh untuk mengumpulkan kayu bakar lalu aku perintah untuk menegakkan shalat dan adzan, dan aku perintah seseorang untuk menjadi imam, kemudian aku keluar mendatangi mereka (kaum laki-laki yang tidak menghadiri shalat berjama'ah) lalu aku bakar rumah-rumah mereka beserta penghuninya." (HR. Al Bukhari no. 644)

Saya bukan pengikut inkarnur-sunnah, tetapi saya juga bukan penganut percaya begitu saja kepada Hadits2, walaupun itu adalah Hadits Buchory - Muslim.
Bagi saya, Hadits2 yang bertentangan dengan Al Qur'an, saya tidak mempercayai kebenarannya. Demikian juga jika Hadits tersebut tidak masuk diakal sehat kita. Harus dipelajari dulu, ditanyakan ke ahlinya, sejarahnya bagaimana, ditujukan kepada siapa, maksudnya bagaimana dan lain2 sehingga bisa diterima akal sehat kita.
Kembali ke Hadits diatas, sampai saat ini saya belum bisa menerima kebenaran Hadits tersebut, karena saya lebih percaya kepada Al Qur'an Surat Al An'am ayat 62 : "Kemudian mereka (hamba Allah) dikembalikan kepada Allah, Penguasa mereka yang sebenarnya. Ketahuilah, bahwa segala hukum (pada hari itu) kepunyaan-Nya. Dia-lah Pembuat perhitungan yang paling tepat."
Jadi, menurut pendapat saya, berdasarkan QS 6:62 diatas, kalau ada Muslim tidak sholat, kita serahkan saja kepada Allah karena Allah-lah yang akan mengadili di akherat kelak.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby iamthewarlord » Thu Mar 12, 2009 2:17 pm

LinduA wrote:Saya bukan pengikut inkarnur-sunnah, tetapi saya juga bukan penganut percaya begitu saja kepada Hadits2, walaupun itu adalah Hadits Buchory - Muslim.
Bagi saya, Hadits2 yang bertentangan dengan Al Qur'an, saya tidak mempercayai kebenarannya. Demikian juga jika Hadits tersebut tidak masuk diakal sehat kita. Harus dipelajari dulu, ditanyakan ke ahlinya, sejarahnya bagaimana, ditujukan kepada siapa, maksudnya bagaimana dan lain2 sehingga bisa diterima akal sehat kita.
Kembali ke Hadits diatas, sampai saat ini saya belum bisa menerima kebenaran Hadits tersebut, karena saya lebih percaya kepada Al Qur'an Surat Al An'am ayat 62 : "Kemudian mereka (hamba Allah) dikembalikan kepada Allah, Penguasa mereka yang sebenarnya. Ketahuilah, bahwa segala hukum (pada hari itu) kepunyaan-Nya. Dia-lah Pembuat perhitungan yang paling tepat."
Jadi, menurut pendapat saya, berdasarkan QS 6:62 diatas, kalau ada Muslim tidak sholat, kita serahkan saja kepada Allah karena Allah-lah yang akan mengadili di akherat kelak.


Ayat al-quran ini ga sedikitpun bicara soal solat, jd ga bisa dipakai untuk membela diri di debat ini.

Sejauh ini, yang di berikan OSHO lebih merupakan fakta.
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby LinduA » Fri Mar 13, 2009 9:24 am

iamthewarlord


Anda jangan memlintir-mlintir pendapat saya. Kalau hanya ingin memlintir-mlintir pendapat saya, nggak perlulah kita berdiskusi.
Apakah sholat bertentangan dengan Al Qur'an? Apakah bertentangan dengan logika yang sehat?
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby Foxhound » Fri Mar 13, 2009 9:33 am

LinduA wrote:Apakah sholat bertentangan dengan Al Qur'an? Apakah bertentangan dengan logika yang sehat?


Sholat, tidak ada di AlQuran, tidak bertentangan dengan AlQuran, berarti menurut anda hadits tersebut sahih?

ok

Muhammad berkata orang yang menyukai musik itu musyrik, tidak ada di AlQuran, tidak bertentangan dengan AlQuran, menurut anda sahih tidak?

romario wrote:Hadis tentang haramnya musik :

Shahih Bukhari Volume 7, Book 69, Number 494v:

Narrated Abu 'Amir or Abu Malik Al-Ash'ari that he heard the Prophet saying, "From among my followers there will be some people who will consider illegal sexual intercourse, the wearing of silk, the drinking of alcoholic drinks and the use of musical instruments, as lawful. And there will be some people who will stay near the side of a mountain and in the evening their shepherd will come to them with their sheep and ask them for something, but they will say to him, 'Return to us tomorrow.' Allah will destroy them during the night and will let the mountain fall on them, and He will transform the rest of them into monkeys and pigs and they will remain so till the Day of Resurrection."

Shahih Muslim Book 024, Number 5279:

Abu Huraira reported Allah's Messenger (may peace be upon him) as saying: The bell is the musical instrument of the Satan.
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby LinduA » Fri Mar 13, 2009 9:36 am

iamthewarlord


Maaf, maaf sdr jamtherwarlord, saya salah mengartikan pendapat anda. Anggap saja jawaban saya sebelum ini tidak ada.

Ayat al-quran ini ga sedikitpun bicara soal solat, jd ga bisa dipakai untuk membela diri di debat ini.


Memang secara khusus tidak membicarakan sholat, tetapi pada dasarnya Allah-lah Yang Maha Menentukan.
Jadi, janganlah kita menjadi Hakim kalau tidak ada yang mengangkat.
Kalau semuanya yang menentukan adalah Allah, mengapa kita harus percaya kepada Hakim yang tidak diangkat Allah?.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby iamthewarlord » Fri Mar 13, 2009 9:39 am

silahkan di lanjut diskusinya pak LinduA..
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby Foxhound » Fri Mar 13, 2009 9:40 am

LinduA wrote:Memang secara khusus tidak membicarakan sholat, tetapi pada dasarnya Allah-lah Yang Maha Menentukan.
Jadi, janganlah kita menjadi Hakim kalau tidak ada yang mengangkat.
Kalau semuanya yang menentukan adalah Allah, mengapa kita harus percaya kepada Hakim yang tidak diangkat Allah?.


Hakim seperti apa yang diangkat Allah? MUI... apakah itu hakim yang diangkat Allah?
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby LinduA » Fri Mar 13, 2009 9:55 am

Foxhound


Sholat, tidak ada di AlQuran, tidak bertentangan dengan AlQuran, berarti menurut anda hadits tersebut sahih?


Anda salah, di Al Qur'an kita disuruh sholat, cuma cara sholatnya yang tidak dijelaskan dalam Al Qur'an. Penjelasannya ada di hadits2, jadi karena tidak bertentangan tentu saja Hadits2 yang mengajarkan cara sholat adalah shahih/hasan.

Walaupun ini tidak sesuai dengan topik bahasan:
Muhammad berkata orang yang menyukai musik itu musyrik, tidak ada di AlQuran, tidak bertentangan dengan AlQuran, menurut anda sahih tidak?

bagi saya, saya kurang mempercayai kebenaran Hadits tersebut.

Hakim seperti apa yang diangkat Allah? MUI... apakah itu hakim yang diangkat Allah?


Ha...ha..... MUI kok hakim yang diangkat Allah? MUI ya Muslim2 yang dianggap mampu untuk memberikan Fatwa tentang Hukum Islam. Tapi, untuk diketahui, Fatwa yang dikeluarkan MUI belum tentu benar. Bagi yang cocok, silahkan memakainya. Bagi yang kurang cocok, silahkan mencari pendapat yang lain.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby Foxhound » Fri Mar 13, 2009 10:00 am

LinduA wrote:bagi saya, saya kurang mempercayai kebenaran Hadits tersebut.


Ok, memang OOT, tapi saya memang tidak ingin membahas itu, saya cuma pingin tahu pandangan anda yang sebenarnya tentang hadist. Jadi tolak ukur apa bg anda sebuah hadits itu benar dan salah, hanya dari AlQuran dan logika anda saja?

Ha...ha..... MUI kok hakim yang diangkat Allah? MUI ya Muslim2 yang dianggap mampu untuk memberikan Fatwa tentang Hukum Islam. Tapi, untuk diketahui, Fatwa yang dikeluarkan MUI belum tentu benar. Bagi yang cocok, silahkan memakainya. Bagi yang kurang cocok, silahkan mencari pendapat yang lain.


Anda belum menjawab pertanyaan saya, hakim seperti apakah yang diangkat Allah?
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby LinduA » Fri Mar 13, 2009 10:56 am

Foxhound wrote:


Jadi tolak ukur apa bg anda sebuah hadits itu benar dan salah, hanya dari AlQuran dan logika anda saja?

Sebetulnya sudah saya jelaskan sebelumnya:
LinduA wrote:
Bagi saya, Hadits2 yang bertentangan dengan Al Qur'an, saya tidak mempercayai kebenarannya. Demikian juga jika Hadits tersebut tidak masuk diakal sehat kita. Harus dipelajari dulu, ditanyakan ke ahlinya, sejarahnya bagaimana, ditujukan kepada siapa, maksudnya bagaimana dan lain2 sehingga bisa diterima akal sehat kita.


Mengenai Hakim yang diangkat Allah, hanya Rasul (Utusan) Allah.
Lain2 nya boleh saja memberikan pendapat, hasilnya mungkin benar, mungkin salah. Tinggal kita memilih yang mana. Kalau ragu2, sholat istiharah saja, mudah2an Allah memberikan petunjuk mana yang benar dan mana yang salah.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby Foxhound » Fri Mar 13, 2009 10:18 pm

LinduA wrote:
Bagi saya, Hadits2 yang bertentangan dengan Al Qur'an, saya tidak mempercayai kebenarannya. Demikian juga jika Hadits tersebut tidak masuk diakal sehat kita. Harus dipelajari dulu, ditanyakan ke ahlinya, sejarahnya bagaimana, ditujukan kepada siapa, maksudnya bagaimana dan lain2 sehingga bisa diterima akal sehat kita.


Jadi ajaran agama Islam yang anda suka anda ambil, yang tidak suka anda tolak. Bgmn dengan At Taubah? Itu bukan hadits, itu adalah perintah AwlohSWT, apakah cocok dengan selera anda?

Mengenai Hakim yang diangkat Allah, hanya Rasul (Utusan) Allah.

Kalau semuanya yang menentukan adalah Allah, mengapa kita harus percaya kepada Hakim yang tidak diangkat Allah?.


Darimana anda bisa percaya Muhamamd utusan allah? Lia Eden, kenapa anda tidak percaya dia utusan Allah?
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby LinduA » Mon Mar 16, 2009 10:12 am

Foxhound wrote:


Jadi ajaran agama Islam yang anda suka anda ambil, yang tidak suka anda tolak. Bgmn dengan At Taubah? Itu bukan hadits, itu adalah perintah AwlohSWT, apakah cocok dengan selera anda?


Anda salah mengartikan pendapat saya. Al Qur'an saya yakini 100% termasuk Surat At Taubah. Yang belum tentu benar dan juga belum tentu salah adalah Hadits2 dan pendapat pemikir2 Islam.
Hadits ditulis jauh setelah Nabi Muhammad meninggal dunia, sehingga kemungkinan adanya kesalahan didalam penulisan Hadits bisa saja terjadi.
Demikian juga pendapat pemikir2 Islam, sebagaimana manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan, bisa saja tulisan/pendapat mereka salah, tapi bisa saja benar.
Alhamdilillah, kita diberi akal dan nurani. Dengan akal dan nurani inilah, kita bisa memilih Hadits2 dan pendapat pemikir2 Islam yang menurut kita adalah benar.
Mudah2an Allah selalu memberi petunjuk-Nya. Amiin.

Darimana anda bisa percaya Muhamamd utusan allah? Lia Eden, kenapa anda tidak percaya dia utusan Allah?


Alhamdulillah saya dilahirkan dari keluarga Muslim. Walaupun kedua orang tua saya bukanlah dari kelompok cendekiawan Muslim, tetapi kedua orang tua cukup untuk membekali keimanan kita. Dengan modal yang ada, saya mencoba memdalami Islam lewat ceramah2, buku2 dan diskusi, termasuk diskusi disini.
Makin saya pelajari Islam, ternyata Allah lebih membuka pintu hati saya untuk menambah keimanan saya sehingga saya makin percaya bahwa Nabi Muhammad adalah Rasul Allah dan Al Qur'an adalah petunjuk Allah yang diturunkan lewat Nabi Muhammad SAW.
Didalam Al Qur'an juga dijelaskan, bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang terakhir/penutup. Oleh sebab itu, saya tidak akan percaya kalau masih ada lagi Nabi sesudah Nabi Muhammad SAW.
Dan..... dengan sendirinya kalau ada orang yang mengaku Al Qur'an sebagai kitabnya dan mengakui ada Nabi sesudah Nabi Muhammad SAW, maka adalah wajar kalau orang itu bukanlah Islam karena orang tersebut tidak meyakini akan sempurnanya isi Al Qur'an.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby Foxhound » Mon Mar 16, 2009 11:16 am

LinduA wrote:Anda salah mengartikan pendapat saya. Al Qur'an saya yakini 100% termasuk Surat At Taubah. Yang belum tentu benar dan juga belum tentu salah adalah Hadits2 dan pendapat pemikir2 Islam.


Termasuk ayat ini?

29. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

Alhamdulillah saya dilahirkan dari keluarga Muslim. Walaupun kedua orang tua saya bukanlah dari kelompok cendekiawan Muslim, tetapi kedua orang tua cukup untuk membekali keimanan kita. Dengan modal yang ada, saya mencoba memdalami Islam lewat ceramah2, buku2 dan diskusi, termasuk diskusi disini.
Makin saya pelajari Islam, ternyata Allah lebih membuka pintu hati saya untuk menambah keimanan saya sehingga saya makin percaya bahwa Nabi Muhammad adalah Rasul Allah dan Al Qur'an adalah petunjuk Allah yang diturunkan lewat Nabi Muhammad SAW.
Didalam Al Qur'an juga dijelaskan, bahwa Nabi Muhammad SAW adalah Nabi yang terakhir/penutup. Oleh sebab itu, saya tidak akan percaya kalau masih ada lagi Nabi sesudah Nabi Muhammad SAW.
Dan..... dengan sendirinya kalau ada orang yang mengaku Al Qur'an sebagai kitabnya dan mengakui ada Nabi sesudah Nabi Muhammad SAW, maka adalah wajar kalau orang itu bukanlah Islam karena orang tersebut tidak meyakini akan sempurnanya isi Al Qur'an.


Jadi anda percaya bahwa muhammad adalah rasulullah karena Alquran bilang begitu, anda percaya AlQuran adalah firman Allah karena Alquran bilang begitu. Darimana anda yakin bahwa Alquran bukan sekedar karangan Muhammad?
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby LinduA » Mon Mar 16, 2009 12:06 pm

Foxhound wrote:


Termasuk ayat ini?

29. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.


Benar.
Hanya saja anda harus hati2 menafsirkan kata2 demikata2 nya. Misalnya:
"Perangilah" : apakah harus dengan senjata? Pada hal, perangilah juga bisa dipakai pada kalimat : "perangilah hawa nafsumu"
Dalam kasus diatas, pengertian saya adalah sbb:
Bagi mereka yang tidak mengikuti agama Islam, boleh diperangi dengan "ajakan2" untuk mengikuti agama yang benar atau diperangi secara fisik sampai mereka mau membayar jizyah dengan patuh.
Kalau kita membaca ayat2 sebelumnya di Surat At Taubah, jelas bahwa kondisi diatas ditujukan kepada masyarakat non-Muslim kota Mekkah yang telah direbut oleh tentara Islam didalam rangka pelaksanaan ibadah Haji.

Jadi anda percaya bahwa muhammad adalah rasulullah karena Alquran bilang begitu, anda percaya AlQuran adalah firman Allah karena Alquran bilang begitu. Darimana anda yakin bahwa Alquran bukan sekedar karangan Muhammad?


Inilah Kuasa Allah, sesuai dengan Surat Al baqarah ayat 5:
"Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan merekalah orang-orang yang beruntung".

Bisa saja pendapat ini tidak disetujui oleh yang lain2, itu terserah masing2. Kepercayaan tidak bisa dipaksakan dan Allah memberikan jalan kepada saya seperti ini dan saya meyakini kebenaranNya.
Saya tidak mengenal langsung Nabi Muhammad SAW, tetapi dari Sejarah turunnya Al Qur'an, saya yakin Al Qu'an tidak dipalsukan karena langsung ditulis sewaktu masih Nabi Muhammad SAW hidup.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: Mengapa Sholat Jumat hanya untuk laki-laki?

Postby G4ul » Mon Mar 16, 2009 1:51 pm

Shalat Jum'at tidak diwajibkan bagi kaum wanita, akan tetapi jika seorang wanita melaksanakan shalat Jum'at bersama imam shalat Jum'at maka shalatnya sah, tapi jika ia melaksanakan shalat seorang diri di rumah maka ia harus melaksanakan shalat Zhuhur sampai empat rakaat, shalat Zhuhur itu dilaksanakan setelah masuknya waktu shalat atau setelah matahari condong ke barat, dan tidak boleh bagi seorang wanita untuk melaksanakan shalat Jum'at seorang diri. karena Sholat JUmat Minimal 40 orang makmum nya.

[Fatawa Al-Lajnah Ad-Da'imah Lil Ifta VII/212, fatwa nomor 4148]


[Disalin dari buku Al-Fatawa Al-Jami'ah Lil Mar'atil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita, penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, terbitan Darul Haq hal 153-154, penerjemah Amir Hamzah Fakhrudin]
G4ul
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 467
Joined: Tue Feb 10, 2009 1:08 pm
Location: INDONESIA

PreviousNext

Return to Ttg Kelima RUKUN Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users