. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

menampik pandangan Islam tentang trinitas

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

menampik pandangan Islam tentang trinitas

Postby abdulraharja » Thu Mar 18, 2010 9:47 pm

ini semua dibuat untuk menampik pandangan Islam akan apa yg selama ini mereka yakini. sebelum berkomentar ada baiknya dibaca dari awal hingga akhir pelan2 sacara terperinci dan dimengerti dengan hati bersih dan netral, ok ?!
sehingga kita dapat mengerti


KONTROVERSI ALLAH TRITUNGGAL MAHA KUDUS (Trinitas)

Mengapa issue Allah Tritunggal MahaKudus (ATM) sering disalahpahami dan kerapkali menimbulkan rasa benci dan permusuhan dari pihak muslim yang kebetulan mayoritas penduduk Indonesia, muslim tidak bisa mengerti dan menerima bagaimana Bapa Putra dan Roh Kudus merupakan Allah yang tauhid dan ESA, hal ini menurut mereka tidak masuk akal dan dianggap pelecehan terhadap Allah dan agama mereka.
tetapi sebaliknya, menurut ajaran kristen, ATM adalah suatu kebenaran yang mendasar bagi keselamatan penganutnya.
walaupun di dalam kristen sendiri ada beberapa penafsiran tentang trinitas
disini saya akan mencoba menjabarkan :


I. APAKAH YESUS ITU SAMA DENGAN ALLAH ?

Yoh 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus
(jadi Allah satu-satunya dan Yesus adalah utusanNYA)

Yoh 14:28 .... karena Aku pergi kepada BapaKU, sebab Bapa lebih besar daripadaKU

Yoh 20 : 17 kata Yesus kepadanya : janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudaraKU dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekrang Aku akan pergi kepada bapaKU dan Bapamu, kepada Allahku dan Allahmu


Gal 4:4 Tetapi setelah genap waktunya, maka Allah mengutus AnakNya, yang lahir dari seorang perempuan dan takhluk kepada hukum Taurat

mar 15:34 dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring :" ELOI ELOI, LAMA SABAKHTANI?"
yang berarti :"AllahKU, AllahKu, mengapa engkau meninggalkan Aku?"

disini kita melihat bahwa benar Allah dan Yesus itu beda, Allah lebih besar dari Yesus dan Yesus diutus oleh Sang Bapa, Yesus juga berdoa kepada sang Bapa.
Data di Alkitab tidak pernah mengatakan Allah sama dengan Yesus, Alkitab menyebut Yesus itu Anak ALLAH
mari kita lihat ayat di Alkitab berikut :
yoh 3:16 karena begitu besarnya kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh kehidupan yang kekal.

kita harus tau siapa Yesus itu agar tidak mudah diombang ambingkan ajaran-ajaran yang membingungkan dan kadang sok tau dan merasa lebih kristen dr kristen sendiri.


II. BAGAIMANA AJARAN YESUS TENTANG ALLAH ?


mrk 12:28 .... "hukum manakah yang paling utama?"
mrk 12:29 jawab Yesus:"hukum yang terutama Ialah : Dengarlah hai orang israel, Tuhan Alah kita, Tuhan itu ESA
mrk 12:32 lalu kata ahli taurat itu kepada yesus:"tepat sekali, Guru, benar kataMu itu bahwa Dia Esa dan tidak ada yang lain kecuali Dia.

Jelas sekali dari jawaban Yesus sendiri menyatakan hukum yang paling utama adalah bahwa Allah itu Esa.
Allah itu tidak punya sekuru. dalam perjanjian lama dan taurat penuh pernyataan tentang ke-echad-an Allah.
jadi diperjanjian lama tidak ada masalah. yang menjadi masalah adalah diperjanjian baru dimana ada sebutan Tuhan Yesus. Islam menyatakan : tidak ada Tuhan selain ALlah. orang Islam menuduh orang kristen menyembah dua Tuhan, yaitu Tuhan ALlah dan Tuhan Yesus. l



III.BETULKAH ST.PAULUS MENGAJARKAN ALLAH TIDAK ESA ?

Orang Islam mengakui ajaran Isa adalah benar, bahwa Allah itu Esa, demikian pula ajaran nabi sebelum Isa, tuduhan orang Islam adalah : Pauluslah yang menyimpang dengan mengubah ajaran Allah yang MAHA ESA menjafi MAHATIGA, yaitu Bapa Putra dan Roh kudus. mari kita lihat kebenaran dari tuduhan - tuduhan mereka

1 kor 8:4 tentang hal makan daging persembahan berhala kita tahu:" tidak ada berhala didunia dan tidak ada Allah lain daripada Allah yang Esa." ( memang tidak ada berhala didunia ini, berhala adalah ciptaan pikiran kita sendiri bukan ?

1kor 8:6 namun bagi kita, ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang daripadanya berasal segala sesuatu dan untuk Dia kita Hidup

1kor 12:6 dan ada berbagai bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya adlam semua orang

gal 3:20 seorang pengantara bukan hanya mewakili satu saja, sedangkan Allah adalah satu

ef 4:6 satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang diatas semua dan oleh semua dan didalam semua

ternyata surat - surat rasul Paulus menyatakan Allah itu Esa. jadi tuduhan Islam tidak mendasar.


IV.APAKAH SEBUTAN TUHAN SAMA DENGAN ALLAH ?

seperti telah direnungkan sebelumnya, masalah timbul dalam sebutan "Tuhan Yesus". Dalam pengertian umum sebutan Tuhan adalah sama dengan sebutan yang diberikan kepada Allah, lebih - lebih untuk orang Islam dimana sebutan TUhan hanyalah untuk Allah.
Dalam Alkitab sebutan Tuhan ternyata dibedakan dengan sebutan Allah, mari kita lihat :

rom 10:9 sebab, jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah mengutus DIA dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan

rom 10:10 karena dengan hati orang yang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan

1kor 6:14 Allah yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasaNya.

jelas dari ayat - ayat diatas sebutan Tuhan dibedakan dengan Allah, sebab Allah tidak bisa membangkitkan ALlah, jadi sebutan Tuhan adalah milik Yesus dan bukan untuk Allah, kalau begitu sebutan apakah untuk Allah ? mari liat Ayat berikut :
1kor 8:6 namun bagi kita hanya satu ALLAH. yaitu Bapa, yang daripadaNya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan sati Tuhan saja, yaitu Tuhan Yesus kristus, yang olehNya segala sesuatu telah dijadikan dan karena Dia kita hidup.


V. YESUS TELAH ADA SEBELUM DUNIA DIJADIKAN

Kalau Yesus beda dengan Allah, apakah Yesus hanya sebagai nabi seperti yang dipercayai Islam ?
atau sebagai kembaran licifer seperti kepercayaan orang mormon ?

ternyata Yesus bukanlah seperti yang dimaksdkan oleh mereka dan yesus sudah ada sebelum jagat raya ini ada dan dunia ini ada..
mari kita lihat :
yoh 17:5 Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakan aku padaMu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki dihadiratMu sebelum dunia ada.
Yoh 17:24 Ya bapa, Aku mau supaya, dimanapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah engkau berikan kepadaKU, sebab engkau telah mengasihi aku sebelum dunia ada

keberadaan Yesus bukan dalam bentuk manusia sebab dunia belum ada dan manusiapun belum ada. jadi keberadaan Yesus dalam wujud roh, wujud manusianya baru ada kemudian, ketika dikandung Perawan Maria.

Yoh 8:56-58 Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hariKu dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita. maka kata orang2 yahudi kepadaNya :" Umurmu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham ?" kata Yesus kepada mereka :" Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, AKu ada.

ternyata existensi Yesus ada sebelum abraham ada, Yesus mempunyai 2 existensi yaitu sebagai manusia ketika dilahirkan oleh Perawan Maria dan pra-manusia dalam keadaan kekalNya di hadirat Allah.
di hadirat Allah ini dimananya ? dikanan, kiri, depan, belakang atas atau bawah ?
untuk mengetahuinya kita liat dibawah ini :
yoh 8:42 kata Yesus kepada mereka :"jikalau Allah adalah bapamu, maka kamu akan mengasihi aku, sebab aku keluar dan datang dari Allah dan aku bukan atas kehendakku sendiri melainkan Dialah yang mengutus Aku.



VI. YESUS ITU SIAPA ?

ternyata sebelum inkarnasi dalam keadaan kekalNya, Yesus keluar dan datang dari Allah, artinya dia berasal dari dalam Allah. di dalam Allah sebagai apa ? sebelum menjawab ada baiknya kita lihat dibawah ini :

ibr 1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anaknya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta

1kor 8:6 ... ada satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang olehNya segala sesuatu telah dijadikan dan yang oleh karna DIA kita hidup

dari ayat2 perjanjian baru diatas, kita ketahui Allah menciptakan alam semesta dengan perantaraan Anaknya, yaitu Yesus
Kristus.
sekarang mari kita lihat siapa mencipta alam semesta pada awalnya dari ayat berikut.

Yoh 1:1-3 pada mulanya adalah firman: Firman itu bersama-sama dengan Allah dan firman itu adalah Allah, Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa DIa tidak ada satupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan

Kitab kejadian 1:3,6,9,11,14,20,24,26 Allah menjadikan alam semesta dengan segala isinya melalui firmanNYA (berfirmanlah Allah....)

sekali lagi kita telusuri dari perjanjian baru, segala sesuatu dijadikan oleh ANAK, sedang pada awalnya segala sesuatu dijadikan oleh FIRMAN

kesimpulannya: ANAK = FIRMAN

kalau begitu, sebelum menjadi manusia Yesus adalah sebagai Firman Allah, yang diam di dalam diri Allah, sebab Ia mengatakan "aku keluar dan datang dari Allah"
karna Yesus/Firman berasal dari dalam diri Allah, dapat disimpulkan, Yesus/Firman dan Allah adalah SATU.


dalam Alquran banyak penggunaan kata KAMI ( lebih dari satu/majemuk) pada saat penciptaan.
kenapa tidak menggunakan kata AKU ? atau Allah ?
tetapi banyak pula taqiyah2 tentang masalah tersebut.



VII MENGAPA FIRMAN DISEBUT ANAK ?

pertanyaan berikutnya adalah mengapa Firman disebut Anak ?
seperti pada manusia kita memiliki akal budi dan pikiran, kalau pikiran itu kita keluarkan atau dengan bahasa simbolik kita "lahirkan" akan berupa kata-kata. demikian juga Allah punya akal budi yang disebut logos, klo logos ini "dilahirkan" akan berupa firman, karna itu firman disebut Anak Allah.
jelas kelahiran sang ANAK disini bukan kelahiran biologis dan tidak memerlukan seorang istri . dan terjadi secara kekal sebelum terjadinya penciptaan.
kesimpulannya konsep "llah tidak beranak dan dan tidak diperanakkan" tidak pernah dilanggar. jadi tuduhan mereka orang kristen menghojat Allah adalah salah.


VIII. ANAK TUNGGAL ALLAH

mengapa sang ANaK disebut juga sebagai Anak Tunggal Allah ? sebutan ini adalah sebagai konsekwensi logis bahwa firman Allah itu hanya satu (lihat yoh 3:16)

yoh 3:16 karna begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan AnakNya yang tunggal , supaya setiap orang yang percaya kepadanya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

yoh 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.


IX MENGAPA FIRMAN DISEBUT ALLAH ?


mengapa firman itu disebut Allah seperti tertulis di yoh 1:1 "..... dan Firman itu adalah Allah"

telah diterangkan sebelumnya bahwa Yesus mempunyai dua existensi, yaitu :
1. sebelum inkarnasi sebagai firman Allah yang kekal bersama-sama dengan Allah, dan yang ke dua;
2. setelah inkarnasi menjadi manusia ketika dilahirkan oleh Perawan Maria.

seperti pada manusia, orang dikenal dari kata2nya sebab kata2 adalah identik dengan pemilik kata2 tersebut. sebagai ilustrasi dapat diambil contoh pembicaraan lewat telpon, masing2 pembicara tau, bahwa seuara yg didengar merupakan identitas orang yang berbicara diujung tlp tersebut.
demikian pun Allah dikenal melalui FirmanNya, jadi Firman identik dengan Allah dalam hal kodratNya. dimana Allah ada, Firman itu ada..." Aku (Firman Allah yang menjelma) dan Bapa (Allah) adalah satu"... (yoh 10:30)
Firman dan Allah mempunyai kodrat dan hakekat yang sama, bisa dibedakan tetapi tidak bisa dipisahkan.


selanjutnya mari kita periksa ayat berikut ini sekali lagi :
yoh 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam diantara kita, dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.


dari ayat tersebut diatas jelas yang menjelma menjadi manusia adalah FIRMAN ALLAH dan bukan ALLAH sendiri selaku bapa seperti yang dituduhkan orang muslim

tertulis di alkitab,
.......... Firman itu adalah Allah (yoh 1:1)
.......... Firman itu telah menjadi manusia (yoh:1:14)

untuk mempersingkat, orang kristen sering mengucapkan "Allah telah menjadi manusia" padahal yang dimaksd adalah "Firman Allah telah menjadi manusia" inilah salahsatu penyebab kesalah pahaman orang islam maupun yahudi.


X. SIAPAKAH ROH KUDUS ITU ?

mari kita sekrang bahas pribadi ketiga dalam ATM yaitu ROH KUDUS.

yoh 15:26 jikalau penghibur yang akan kuutus dari bapa datang, yaitu roh kebenaran yang keluar dari bapa, ia akan bersaksi tentang aku
1kor 2:11 siapa gerangan manusia yang tau , apa yang terjadi didalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada didalam dia? demikian pulalah tidak ada orang yang tau, apa yang terjadi didalam diri Allah selain roh Allah sendiri

dr dua ayat diatas jelas roh kudus adalah roh Allah sendiri yang keluar dari diri Allah dan berfungsi untuk memberi kehidupan pada seluruh ciptaan yang diciptakan oleh Firman Allah.


ALLAH TRITUNGGAL MAHA KUDUS ADALAH ALLAH YANG ESA

semua pembahasan diatas memberi fakta bahwa: baik Anak Allah (Firman Allah), maupun Roh Kudus (Roh Allah), keduanya berasal dari BAPA, yaitu Allah yang ESA, sehingga Allah Tritunggal Maha Kudus bukan merupakan tiga Allah tetapi ALLAH YANG ESA, sebab firman dan rohNya adalah SATU dalam diri ALLAH.



:heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart:

sekali lg dibaca pelan pelan dengan teliti dari awal hingga akhir dengan hati jernih dan netral. sehingga dapat dimengerti

:heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart: :heart:

telur : kulit kuning dan putih telur :turban:
Last edited by abdulraharja on Fri Mar 19, 2010 12:18 am, edited 1 time in total.
abdulraharja
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 528
Joined: Sat Mar 06, 2010 10:59 pm
Location: earth ??

Re: menampik pandangan Islam tentang trinitas

Postby 4urfreedom » Thu Mar 18, 2010 10:36 pm

Suatu penjelasan yg baik tapi sayang kurang tepat jika disampaikan dalam forum ini. Peace upon on you =D>
4urfreedom
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 624
Joined: Thu Mar 05, 2009 8:52 am

Re: menampik pandangan Islam tentang trinitas

Postby abdulraharja » Thu Mar 18, 2010 10:42 pm

4urfreedom wrote:Suatu penjelasan yg baik tapi sayang kurang tepat jika disampaikan dalam forum ini. Peace upon on you =D>

itu kan secara tidak langsung menampik pandangan Isa hanya sebagai nabi dalam Islam
abdulraharja
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 528
Joined: Sat Mar 06, 2010 10:59 pm
Location: earth ??

Re: menampik pandangan Islam tentang trinitas

Postby Duladi » Tue Mar 23, 2010 4:13 pm

Kenapa anda seolah mencocok-cocokkan pemahaman Nasrani dengan pemahaman Islam akan Ketuhanan, seolah-olah pemahaman Islam atas Ketuhanan itu sudah BENAR 100%?

Menurut saya, menjadikan teori ketuhanan Islam sebagai PATOKAN (=TOLOK UKUR KEBENARAN) hanya akan membuat muslim semakin GR dan merasa ajaran Muhammad sudah benar dan paling murni.

Padahal, tahu apa Muhammad tentang Tuhan?

Sedangkan KEESAAN saja dia gak mengerti, dikira ESA=TAUHID (TUNGGAL).
Konsep tuhan karangannya pun amburadul, di satu sisi dia bilang Awloh tidak serupa dengan apapun, di bagian lain dia malah menyama-nyamakan Awloh dengan makhluk biologis, punya 2 tangan, punya betis, dst...

Kalau kalian yang Nasrani memang meyakini TUHAN ITU 3 PRIBADI, ya silakan, GAK USAH TAKUT!!!!!!

Ngapain takut dengan ISLAM?????? Hahahahaha........
Duladi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7085
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: menampik pandangan Islam tentang trinitas

Postby Nyampah » Tue Mar 23, 2010 5:29 pm

dari dasar acuannya saja sudah salah

Lha wong trinitas di Al Quran itu Bapak, Anak, sama Maria kok, wkwakakak.. :rolling:

Maria marcedes kali..
Nyampah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 180
Joined: Tue Feb 23, 2010 1:09 pm

Re: menampik pandangan Islam tentang trinitas

Postby betdaniel99 » Tue Mar 23, 2010 9:38 pm

Nyampah wrote:Lha wong trinitas di Al Quran itu Bapak, Anak, sama Maria kok, wkwakakak.. :rolling:

QS 5 (Al Maidah) : 116, sbb:
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Wahai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah? ". Isa menjawab:" Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib ".

Syukron & Salaam.
User avatar
betdaniel99
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2373
Joined: Thu May 22, 2008 9:55 pm

Re: menampik pandangan Islam tentang trinitas

Postby Nyampah » Fri Mar 26, 2010 4:04 pm

terima kasih ref. ayatnya.. :prayer:
Nyampah
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 180
Joined: Tue Feb 23, 2010 1:09 pm


Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users