. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Pembahasan tentang buku² Islam yang tersedia di berbagai toko buku di Indonesia. Isi buku² ini membenarkan penjelasan FFIndonesia tentang wajah Islam dan ajaran Muhammad yang sebenarnya.

Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Pembawa_Pete » Fri Aug 05, 2011 6:11 am

http://www.pernikmuslim.com/matahari-me ... -p-17.html

Deskripsi

Telah berabad-abad diajarkan di sernua bangku pendidikan, dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, bahwa bumi bergerak mengelilingi matahari sekali dalam setahun, dan bumi juga berotasi sekali dalam sehari semalam yang mengakibatkan seakan-akan matahari bergerak dari timur ke barat setiap harinya.

Apakah ini sebuah kebenaran yang mesti kita yakini ataukah kita selama ini berada dalam sebuah kebohongan ilmiah?

Apakah memang bumi yang mengelilingi matahari? Ataukah malah sebaliknya, bahwa bumi adalah pusat jagat raya sedangkan sernua benda langit termasuk matahari mengelilingi bumi?

Buku yang sekarang ini berada di tangan anda menyingkap kabut tebal yang sudah sekian lama menutupi sinar kebenaran yang terpancar dari al-Qur'an, as-Sunnah, serta ucapan para ulama salaf.

Baca dan renungkanlah, semoga Allah Ta'ala menunjukkan kita kepada jalan yang lurus.
Last edited by Pembawa_Pete on Wed Aug 17, 2011 6:54 am, edited 2 times in total.
User avatar
Pembawa_Pete
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 757
Joined: Mon Aug 09, 2010 11:26 am

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Murtadiningrat » Fri Aug 05, 2011 9:58 am

Yah itulah Islam bro...Selalu nyaman menempatkan dirinya di alam Jahiliyah , karena mereka selalu merasa apa yang dikatakan Muhammad dan qoran pasti benar , yang lain pasti salah.....Pola pikir terbelakang seperti ini yang selalu membuat Negara Islam selalu jauh terbelakang dan tertinggal dari negara2 kafir lainnya.
Mereka juga pasti bersikeras bahwa bumi itu datar , walaupun sudah banyak bukti2 yang nyata bahwa bumi itu bulat , berotasi dan berevolusi terhadap matahari.
User avatar
Murtadiningrat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 704
Joined: Mon Jan 05, 2009 8:54 am

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby iluvboy.blogspot » Fri Aug 05, 2011 11:44 am

:heart:
iluvboy.blogspot
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 951
Joined: Wed Oct 21, 2009 6:18 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby stopclaiming » Fri Aug 05, 2011 1:22 pm

bukan main memang ilmuan syariah ini....
juga anehnya banyak eslamist yang mendukung dan menganggap heliosentris masih teori...
User avatar
stopclaiming
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 211
Joined: Thu Jun 10, 2010 1:52 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Berto@ » Fri Aug 05, 2011 11:03 pm

Jadi ingat perkataan uztad tadi pagi
Uztad mode on: islam itu mengajarkan keseimbangan,kedinamisan dan juga kreatifitas Uztad mode off
:---)
:stun: gak salah tu
User avatar
Berto@
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 747
Joined: Thu May 05, 2011 1:27 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby sixpackguy » Tue Aug 09, 2011 1:52 am

Cuman muslim yg masih bisa berpendapat kek gini di abad 21 ini.
Bener2 luar biasa memang produk pembodohan islam menciptakan manusia2 yg ga bisa maju. [-(
User avatar
sixpackguy
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1943
Images: 21
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby freax » Tue Aug 09, 2011 12:31 pm

Image

must read!
best seller lhoo!

:rock: freax
User avatar
freax
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 300
Joined: Tue Apr 13, 2010 9:29 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Topsy KreeT » Tue Aug 09, 2011 7:19 pm

almanhaj.or.id/content/1412/slash/0

Apakah Matahari Berputar Mengelilingi Bumi ?
Sabtu, 23 April 2005 18:54:43 WIB

Apakah Matahari Berputar Mengelilingi Bumi ?


Oleh
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin




Pertanyaan
Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin ditanya: "Apakah Matahari berputar mengelilingi bumi?".

Jawaban.
"Dhahirnya dalil-dalil syar'i menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhahirnya dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk menakwilkan dari dhahirnya. Diantara dalil-dalil yang menunjukkan bahwa matahari berputar mengelilingi bumi sehingga terjadi pergantian siang dan malam adalah sebagai berikut.

[1]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman tentang Ibrahim akan hujahnya terhadap yang membantahnya tentang Rabb.

"Artinya : Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," [Al Baqarah : 258]

Maka keadaan keadaan matahari yang didatangkan dari timur merupakan dalil yang dhahir bahwa matahari berputar mengelilingi bumi.

[2]. Dan Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman juga tentang Ibrahim.

"Artinya : Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: 'Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar', maka tatkala matahari itu terbenam dia berkata : 'Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan.'" [Al-An'am : 78]

Jika Allah menjadikan bumi yang mengelilingi matahari niscaya Allah berkata: "Ketika bumi itu hilang darinya".

[3]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka berada disebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu." [Al-Kahfi : 17]

Allah menjadikan yang condong dan menjauhi adalah matahari, itu adalah dalil bahwa gerakan itu adalah dari matahari, kalau gerakan itu dari bumi niscaya Dia berkata: "gua mereka condong darinya(matahari)". Begitu pula bahwa penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari menunjukkan bahwa dialah yang berputar meskipun dilalahnya lebih sedikit dibandingkan dilalah firmanNya "(condong) dan menjauhi mereka)".

[4]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang,matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya." [Al-Anbiya' : 33]

Ibnu Abbas radhiallahu anhu berkata:"Berputar dalam suatu garis peredaran seperti alat pemintal". Penjelasan itu terkenal darinya.

[5]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat," [Al-A'raf : 54]


Allah menjadikan malam mengejar siang, dan yang mengejar itu yang bergerak dan sudah maklum bahwa siang dan malam itu mengikuti matahari.


[6]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Artinya : Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang banar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." [Az Zumar : 5]

FirmanNya: "Menutupkan malam atau siang" artinya memutarkannya atasnya seperti tutup sorban menunjukkan bahwa berputar adalah dari malam dan siang atas bumi. Kalau saja bumi yang berputar atas keduanya (malam dan siang) niscaya Dia berkata: "Dia menutupkan bumi atas malam dan siang". Dan firmanNya: "matahari dan bulan, semuanya berjalan", menerangkan apa yang terdahulu menunjukkan bahwa matahari dan bulan keduanya berjalan dengan jalan yang sebenarnya (hissiyan makaniyan), karena menundukkan yang bergerak dengan gerakannya lebih jelas maknanya daripada menundukkan yang tetap diam tidak bergerak.

[7]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman.

"Artinya : Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengirinya," [Asy-Syam : 1-2]

Makna (mengiringinya) adalah datang setelahnya. dan itu dalil yang menunjukkan atas berjalan dan berputarnya matahari dan bulan atas bumi. Seandainya bumi yang berputar mengeliligi keduanya tidak akan bulan itu mengiringi matahari, akan tetapi kadang-kadang bumi mengelilingi matahari dan kadang-kadang matahari mengeliling bulan, karena matahari lebih tinggi dari pada bulan. Dan untuk menyimpulan ayat ini membutuhkan pengamatan.

[8]. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman

"Artinya : Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dan malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai tandan yang tua. Tidaklah mugkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya." [Yaa-Siin : 37-40]

Penyandaran kata berjalan kepada matahari dan Dia jadikan hal itu sebagai kadar/batas dari Dzat yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui menunjukkan bahwa itu adalah haqiqi (sebenarnya) dengan kadar yang sempurna, yang mengakibatkan terjadinya perbedaan siang malam dan batas-batas (waktu). Dan penetapan batas-batas edar bulan menunjukkan perpindahannya di garis edar tersebut. Kalau seandainya bumi yang berputar mengelilingi maka penetapan garis edar itu bukannya untuk bulan. Peniadaan bertemunya matahari dengan bulan dan malam mendahului siang menunjukkan pengertian gerakan muncul dari matahari, bulan malam dan siang.

[9]. Nabi Shallallahu 'alaihi wassallam berkata kepada Abu Dzar radhiallahu anhu dan matahari telah terbenam.

"Artinya : Apakah kamu tahu kemana matahari itu pergi ?" Dia menjawab: "Allah dan RasulNya lebih tahu". Beliau bersabda: "Sesungguhnya dia pergi lalu bersujud di bawah arsy, kemudian minta izin lalu diijinkan baginya, hampir-hampir dia minta izin lalu tidak diijinkan. Kemudian dikatakan kepadanya: "Kembalilah dari arah kamu datang lalu dia terbit dari barat (tempat terbenamnya) atau sebagaimana dia bersabda [Muttafaq 'alaih] [1]

PerkataanNya: "Kembalilah dari arah kamu datang, lalu dia terbit dari tempat terbenamnya" sangatlah jelas sekali bahwa dia (matahari) itulah yang berputar mengelilingi bumi dengan perputarannya itu terjadinya terbit dan terbenam.

[10]. Hadits-hadits yang banyak tentang penyandaran terbit dan terbenam kepada matahari, maka itu jelas tentang terjadinya hal itu dari matahari tidak kepada bumi."

Boleh jadi disana masih banyak dalil-dalil lain yang tidak saya hadirkan sekarang, namun apa yang telah saya sebutkan sudah cukup tentang apa yang saya maksudkan. Wallahu Muwaffiq."


[Disalin dari Majmu Fatawa Arkanul Islam, edisi Indonesia Majmu Fatawa Solusi Problematika Umat Islam Seputar Akidah Dan Ibadah, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, Terbitan Pustaka Arafah]
_________
Foote Note
[1] Dikeluarkan oleh bukhari, Kitab Bad'ul Khalqi, bab shifat asy syam wal qamar : 3199, dan muslim, kitab Al Iman, bab Bayan az Zaman al Ladzi la yuqbal fihil Iman : 159
User avatar
Topsy KreeT
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2103
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Topsy KreeT » Thu Sep 22, 2011 8:34 am

freax wrote:Image

must read!
best seller lhoo!

:rock: freax


:shock: buset laku keras nih buku.
Stok produk ini sedang habis. Tidak bisa dibeli. Silakan Kontak CF untuk pemesanan khusus.
User avatar
Topsy KreeT
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2103
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby silent » Thu Sep 22, 2011 3:24 pm

uwwwwwowwww! Must read, saatnya ngacir ke gramedia dan ngakak di depan bukunya :rofl: :rofl:

kasi tau si kompas dong :rofl:
User avatar
silent
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 131
Joined: Thu Jan 27, 2011 2:48 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby kucinggarong » Thu Sep 22, 2011 5:59 pm


Matahari mengelilingi bumi ? :stun:

Wakakakakak
:lol:

Image

Bener-bener tanda kebesaran Ollow orowodol.


Musti gue sebarin nih ke milis-milis


:rolleyes: ane pamit bentar ya, ini berita penting lho...
User avatar
kucinggarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 979
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Kibou » Fri Sep 23, 2011 2:44 pm

Huahahahahahhhahahahaha!

Para muslim yang suka gembar-gembor soal quran dan sains, ayo donk kemari kasih komentarnya? Hihihihihi
User avatar
Kibou
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1235
Joined: Mon Nov 03, 2008 11:30 am
Location: Land of the free

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Berto@ » Sun Oct 02, 2011 3:20 am

Selalu ketawak kalo liat threat ini
Bener-bener ***** banget yang nulisnya :butthead:
Umat awloh gitu loch
User avatar
Berto@
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 747
Joined: Thu May 05, 2011 1:27 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby astaganaga » Mon Oct 03, 2011 3:44 am

Image

hihihii... koq bisa ya?
astaganaga
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 47
Joined: Fri Sep 30, 2011 6:22 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Berto@ » Fri Oct 07, 2011 1:43 pm

Di website yang di rujuk di atas aku Nemu komentar muslim yang PD dan membuat aku ngakak :lol:
Fii komentar tanggal 2007-05-18
@dhani
Sudah dijawab di bukunya. Bumi tidak berotasi. Tapi langit yang mengitari Bumi. Allahua'lam. :stun:
:rolling: :rolling:
Darius komentar tanggal 2010-04-24 22:19:39
matahari tetap mengelilingi bumi
gak usah banyak berfikir jawabnya mudah..


karena bumi berotasi maka semua benda ya akan mengelilinginya..
jika kamu berdiri di indonesia dan mengandaikan bumi itu tidak berputar/ tdk berotasi maka yang mengelilingi adalah benda benda langit.. ya gak..

seandainya kamu berada di pusat poros rotasi , dmana kamu diam dan melihat ke langit. siapa yg berputar?... ya langitlah..bintang-bintang dst.. yang mengitari bumi... karena bumi berotasi maka semua benda langit akan mengitarinya.. seperti rolet...

Mariyon komentar tanggal 2010-04-01 09:49:28
tambahan
asal kalian tahu
media massa ini sebagian milik yahudi
sehingga mereka banyak menyembunyikan kebenaran islam, agar umat mereka tidak pindah agama ke agama islam akibat dari terungkapnya kebenaran Al-Quran

seperti masjid Aqsha yang dipotret oleh CNN
padahal masjid yang dipotret itu bukanlah masjid Aqsha.
sedangkan masjid Aqsha terletak tak jauh dari masjid yang di tunjukkan oleh CNN.
hal ini bertujuan agar umat islam lebih menjaga ketat masjid Aqsha yang ditunjukkan oleh CNN dibandingkan masji Aqsha yang asli.
dan memudahkan mereka untuk menghancurkan masjid Aqsha yang Asli

wahai kawanku,
berhati-hatilah terhadap informasi yang diberikan kaum yahudi, nasrani, dan orang kafir
:toimonster:
Mariyon komentar tanggal 2010-04-01 08:44:41
apakah kalian umat islam ?
sesungguhnya bila kalian umat islam yang sesungguhnya dan sebenar2nya umat islam.
anda akan lebih mempercayai firman Allah dalam bentuk Al-quran dibandingkan pendapat atau teori tokoh yahudi.
apakah anda yang menyangkal hal ini, kalau Firman Allah ini sesuatu yang salah ?
Apakah anda berfikir apakah Allah pernah salah dalam menurunkan Firmannya?
atau apakah anda pernah belajar tafsir Al-Quran sehingga dapat menyangkal Firman tersebut ?

sesungguhnya kaum yahudi telah mempelajari Al-Quran lebih jauh dibandingkan umat muslim kita saat ini.
para cendikiawan islam yang telah menggali ilmu yang dapat menggemparkan dunia sebelum ilumuan yahudi saja tidak digembor-gemborkan.
sehingga tokoh cendikiawan islam hilang dari sejarah dunia.
apakah kalian tidak tahu tentang foto bulan yang pernah terbelah?
apakah kalian menyangkal kalau itu salah satu mukzizat rasul yang bisa membelah bulan dg jari telunjuknya ?

apakah kalian masih menyangkal lagi, kalau rasul pernah naik ke langit ke 7 untuk bertemu Allah dengan mengendarai onta (buroq)

istigfar lah wahai kawanku.
kita ini umat islam yang seharusnya meyakini dengan seyakin-yakinnya firman Allah.
apabila kita ada sedikit keraguan saja, dengan firman Allh sesungguhnya kita menuju ke kafiran
summa naudzubillah min dzalik

Rifian Ibrahim komentar tanggal 2010-08-16 16:27:00
MATAHARI MENGELILINGI BUMI...
Perlu diingat siapa tau pendapat bumi mengelilingi matahari merupakan konspirasi besar yang dibuat oleh orang2 Yahudi...emang sampai saat ini belum bisa dibuktikan bahwa matahari mengelilingi bumi,mengutip dari perkataan syaikh Utsaimin saya juga yakin suatu saat nanti teori heliosentris ini akan runtuh seperti runtuhnya teori evolusi darwin,biarpun ada ulama seperti syaikh Albani yg berpendapat beda dgn kebanyakan pendapat ulama salaf...karena emang dalil2nya jelas dari qur'an dan hadits yg shahih,dan dari perkataan shahabat Nabi sendiri,juga ditafsirkan dan dikemukakan oleh ulama-ulama sunnah yang terpercaya...jadi yang mau ngebantah yooo wiissss...mungkin emang anda yang lebih pintar dan cerdas daripada ulama-ulama sunnah ini untuk menafsirkan qur'an...WALLAUHU A'LAM
:butthead:
Acep ma'mun komentar tanggal 2010-10-15 06:05:27
mendengar dan taat
alhamdulillah saya telah membaca buku itu. kalau al-Qur'an dan as-Sunnah mengabarkan kalau mataharilah yang mengelilingi bumi, saya percaya tanpa ada keraguan sedikitpun.. dan saya yakin, teori bumi mengelilingi matahari akan runtuh seperti teori evolusi.. Insyaalloh...
:finga: tipikal muslim yang kayak kerbau di congek
Ferry rusmawan komentar tanggal 2011-02-09 22:17:49
matahari yang berputar
saya belom pernah lihat bumi berputar... tapi saya melihat matahari yang mengelilingi bumi karena saya melihat terbitnya matahari dari timur dan terbenamnya matahari di barat...sesungguhnya hanya allah swt. yang maha mengetahui atas segalanya
:rolling:
Dedi komentar tanggal 2011-09-20 15:01:55
pesawat tdk akan bisa terbang jika bumi berputar
sebetulnya ga usah pusing2, seperti yg dibahas dibuku, kamu kita naik pesawat dan arah pesawat kita sama dgn arah perputaran bumi, bagaimana kita bisa sampai , bukankan menurut yg anggap bumi berputar kecepatannya 107.218 km/jam bagaimana kita bisa sampai, kalau kita terbang berlawanan dgn arah putaran bumi bukanlah kita cukup diam saja nanti akan sampai krn bumi berputar, Akan kacau balau lah rute penerbangan kalau begitu tolong jelaskan yg anggap bumi berputar.
](*,)
User avatar
Berto@
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 747
Joined: Thu May 05, 2011 1:27 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby duren » Fri Oct 07, 2011 5:21 pm

Ini yang paling JENIUS
Berto@ wrote:Dedi komentar tanggal 2011-09-20 15:01:55
pesawat tdk akan bisa terbang jika bumi berputar
sebetulnya ga usah pusing2, seperti yg dibahas dibuku, kamu kita naik pesawat dan arah pesawat kita sama dgn arah perputaran bumi, bagaimana kita bisa sampai , bukankan menurut yg anggap bumi berputar kecepatannya 107.218 km/jam bagaimana kita bisa sampai, kalau kita terbang berlawanan dgn arah putaran bumi bukanlah kita cukup diam saja nanti akan sampai krn bumi berputar, Akan kacau balau lah rute penerbangan kalau begitu tolong jelaskan yg anggap bumi berputar.
](*,)

Pertanyaannya murni fisika .
Sama dengan mengatakan .. klo kita lompat dalam waktu satu detik , maka tempat kita melompat akan ngacir menjauh DAN kita akan mendarat di titik selanjutnya yang datang mendekat KARENA buminya berputar

DODOL tapi LOGIS .... LOGIS tapi DODOL .
Kesimpulan : BUMI MEMANG DIAM :green:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11050
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Fri Oct 07, 2011 6:02 pm

Berto@ wrote:Dedi komentar tanggal 2011-09-20 15:01:55
pesawat tdk akan bisa terbang jika bumi berputar
sebetulnya ga usah pusing2, seperti yg dibahas dibuku, kamu kita naik pesawat dan arah pesawat kita sama dgn arah perputaran bumi, bagaimana kita bisa sampai , bukankan menurut yg anggap bumi berputar kecepatannya 107.218 km/jam bagaimana kita bisa sampai, kalau kita terbang berlawanan dgn arah putaran bumi bukanlah kita cukup diam saja nanti akan sampai krn bumi berputar, Akan kacau balau lah rute penerbangan kalau begitu tolong jelaskan yg anggap bumi berputar.
](*,)


duren wrote:Pertanyaannya murni fisika .
Sama dengan mengatakan .. klo kita lompat dalam waktu satu detik , maka tempat kita melompat akan ngacir menjauh DAN kita akan mendarat di titik selanjutnya yang datang mendekat KARENA buminya berputar

DODOL tapi LOGIS .... LOGIS tapi DODOL .
Kesimpulan : BUMI MEMANG DIAM :green:


itu yg nulis ga pernah naik kendaraan kali yak ? :lol:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Captain Pancasila » Fri Oct 07, 2011 10:22 pm

Qur'an Surat Al Kahfi : 17 wrote:"Artinya : Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka berada disebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu."

"kamu akan melihat" ---> dilihat dari sudut pandang/perspektif manusia yang ada di bumi! :goodman:

Qur'an Surat Al-An'am : 78 wrote:"Artinya : Kemudian tatkala dia melihat matahari terbit, dia berkata: 'Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar', maka tatkala matahari itu terbenam dia berkata : 'Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan"

"dia melihat" ---> dari sudut pandang Nabi Ibrahim yang ada di bumi! :goodman:

\
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3376
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby ksatria86 » Fri Oct 07, 2011 11:09 pm

@atas:
CP, jd mana yg benar, ilmuwan kapir dgn pendapatnya yg mengatakan bhwa bumi yg mengelilingi matahari atau Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin dgn pendapatnya yg mengatakan mataharilah yg mengelilingi bumi?
"Dhahirnya dalil-dalil syar'i menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhahirnya dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk menakwilkan dari dhahirnya.

Kalau anda tdk setuju dgn pendapat ulama diatas, slhkn tunjukan dalil2 syari brdasarkan quran yg mengatakan dgn jelas bhwa bumilah yg mengelilingi matahari. Silahkeun...
ksatria86
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 79
Joined: Sun Jul 10, 2011 10:47 pm

Re: Matahari Mengelilingi Bumi - Sebuah Kepastian al-Qur'an

Postby Captain Pancasila » Sun Oct 09, 2011 11:36 am

"Dhahirnya dalil-dalil syar'i menetapkan bahwa mataharilah yang berputar mengelilingi bumi dan dengan perputarannya itulah menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam di permukaan bumi, tidak ada hak bagi kita untuk melewati dhahirnya dalil-dalil ini kecuali dengan dalil yang lebih kuat dari hal itu yang memberi peluang bagi kita untuk menakwilkan dari dhahirnya.

ksatria86 wrote:@atas:
CP, jd mana yg benar, ilmuwan kapir dgn pendapatnya yg mengatakan bhwa bumi yg mengelilingi matahari atau Syaikh Muhammad bin Shalih Utsaimin dgn pendapatnya yg mengatakan mataharilah yg mengelilingi bumi?
Kalau anda tdk setuju dgn pendapat ulama diatas, slhkn tunjukan dalil2 syari brdasarkan quran yg mengatakan dgn jelas bhwa bumilah yg mengelilingi matahari. Silahkeun...

saya hanya mencoba mengingatkan, bahwa ayat2 yang dijadikan ulama tsb sebagai dalil (lihat postingan saya sebelumnya), adalah ayat2 yang ditulis dengan bahasa perspektif manusia...
...jadi apakah salah, jika ada yang mengatakan, bahwa jika dilihat dari sudut pandang manusia, memang seakan-akan terlihat, jika matahari itu mengelilingi bumi?
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3376
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Next

Return to Buku² Islam Indonesia oleh Penulis² Muslim



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users