. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

[Quran] Mana Injil asli ?

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby esagenang » Wed Mar 20, 2013 6:20 am

keeamad wrote:@simplyguest, nambahin fakta yg ada,
RA Kartini yg wong jowo, menulis surat ke rekannya Mr JH Abendanon dalam bahasa Belanda ....

Jadi kumpulan surat2xnya RA Kartini (yg kemudian terbit menjadi buku HABIS GELAP TERBITLAH TERANG) itu Pasti DIANNGAP PALSU oleh esagenang ....

Masalahnya, RA Kartini menulis surat untuk orang Belanda yang hanya mengerti bahasa Belanda, makanya beliau menulis surat dalam bahasa Belanda.

Tapi jika seandainya RA Kartini menulis surat untuk orang Jawa, pasti beliau akan menulis surat dalam bahasa Jawa.

Sudah saya katakan sebelumnya bahwa bahasa Yunani lebih banyak digunakan oleh kaum terpelajar, sementara sebagian besar murid Yesus bukanlah orang terpelajar.
esagenang
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 113
Joined: Wed Apr 01, 2009 8:20 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby Joe Andmie » Wed Mar 20, 2013 7:43 am

esagenang wrote:Sudah saya katakan sebelumnya bahwa bahasa Yunani lebih banyak digunakan oleh kaum terpelajar, sementara sebagian besar murid Yesus bukanlah orang terpelajar.

sebagian murid Yesus bukanlah orang terpelajar,peristiwa turunnya Roh Kudus ada tercatat.Yang tidak masuk akal wahyu yg dilontarkan seorang dalam keadaan ayan dan dikatakan buta huruf sama sekali,..............
Joe Andmie
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Mon Jul 04, 2011 6:48 pm
Location: DIBAWAH POHON KELAPA SAWIT

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby simplyguest » Wed Mar 20, 2013 8:04 am

esagenang wrote:Walaupun saya tahu bahwa Injil PB mengandung kesalahan, namun saya tidak berani menuduh bahwa penulisnya berdusta. Bisa jadi penulis/editor Injil Matius tsb menuliskan kesalahan tsb bukan karena sengaja, namun karena ketidaktahuan dia saja.

Oh kalo gitu, bukan dusta ya. Karena tidak ada faktor dusta, berarti PB BISA DIBENARKAN.
Gitu kan menurut yang anda bilang sebelumnya?

simplyguest wrote:Kok malah menanggapi hal yang kurang penting, tapi topik utamanya justru anda skip?
Tanggapan anda terhadap argumen saya sebelumnya di bawah ini akan tetap saya tunggu (kecuali kalo anda memang mau sengaja kabur dari pertanyaan saya) :

Tapi anda mengatakan bahwa murid2 Yesus TIDAK BISA berbahasa Yunani kan?
Dan anda sama sekali MENGABAIKAN fakta2 ini:
esagenang wrote:Saya sangat anjurkan anda untuk mendengarkan kuliah Douglas Hamp di sini

Mungkin saja Yesus bisa berbahasa Yunani atau Latin, tapi apa gunanya bahasa Yunani atau Latin kalau murid-muridnya sendiri lebih fasih berbahasa Ibrani?

"Apa gunanya bahasa Yunani"?? Pertanyaan b0d0h macam apa ini? :shock:
Emangnya Injil itu ditulis khusus HANYA untuk murid2 Yesus yang berbahasa Ibrani?
Emangnya anda gak tahu kalo tujuan penulisan Injil itu adalah juga untuk orang2 Gentiles atau non-Hebrew??
Emangnya anda gak tahu kalo bahasa Yunani itu udah jadi lingua franca di seluruh imperium Roma pada waktu itu??

Kalo kenyataannya target dari penulisan Injil adalah orang2 dari segala bangsa (dan pada saat itu yang menjadi lingua franca adalah bahasa Yunani), kenapa anda justru mengambil kesimpulan bahwa TIDAK MUNGKIN Injil pertama ditulis dalam bahasa Yunani? :shock:

esagenang wrote:Setahu saya, bahasa Yunani hanya digunakan oleh orang-orang terpelajar saja (mungkin serupa dengan bahasa Inggris di Indonesia pada saat ini).
Padahal, sebagian besar murid Yesus adalah orang miskin dan orang yang tidak terpelajar.

E bused... jadi anda ngasih link dari Douglas Hamp, tapi gak dengerin kata2 dia yang bilang bahwa bahasa yunani itu sudah menjadi "language of trade" pada saat itu?
Argumen saya sebelumnya sengaja anda abaikan, dan sekarang malah mengabaikan juga isi link yang anda kasih sendiri? :shock:

Ini saya coba tulis apa yang Douglas Hamp bilang :

    "By the time of Jesus in the first century, Greek was become one of the international language of trade.
    So back in his day in Israel, you would have Greek spoken among the street among people trading...."
Tuh liat, bahkan bahasa Yunani digunakan dalam percakapan sehari2 di jalanan atau di pasar.

Anda tahu Petrus yang cuma seorang nelayan miskin kan? Tapi kenapa dia bisa melakukan penginjilan ke kota2 yang kental budaya Yunani? Kenapa dia bisa mengkonversi orang2 Gentiles di sana yang berbicara bahasa Yunani?
Kalo dia TIDAK BISA berbahasa Yunani, bagaimana dia melakukan pekerjaan penginjilan ke orang2 Gentiles yang ada di kota2 yang sangat kental budaya Yunaninya, bahkan berhasil mengkonversi mereka?
Kenapa anda sengaja membutakan mata anda terhadap FAKTA2 ini?
Jadi apa dasar anda yang mengatakan bahwa murid2 Yesus TIDAK BISA berbahasa Yunani??

simplyguest wrote:Makanya baca yang saya bilang sebelumnya mas....
Emangnya kalo ada orang Indonesia yang sehari-hari berbicara dalam bahasa Indonesia, dia pasti TIDAK MUNGKIN menulis buku dalam bahasa Inggris?

Saya tunggu jawaban anda, esagenang.
esagenang wrote:Orang Indonesia bisa saja menuliskan buku dalam bahasa Inggris, kalau buku tersebut memang lebih ditujukan kepada orang-orang yang berbahasa Inggris. Namun, kalau buku tsb ditujukan kepada orang-orang Indonesia juga, maka bahasa yang akan dipakai adalah bahasa Indonesia, bukan bahasa Inggris.

Ooo... berarti kalo orang Filipina yang menulis buku dalam bahasa Inggris dan ditujukan untuk orang Filipina juga, menurut anda PASTI TIDAK MUNGKIN ya? PASTI PALSU kan?
Menurut anda, logika di atas ini FALLACY atau BUKAN?

Baca lagi argumen saya di atas, bahwa Injil itu ditujukan BUKAN HANYA untuk orang2 Yahudi yang berbahasa Ibrani, tapi juga untuk BANGSA2 LAIN.
Jadi kalo tujuannya menulis sebuah buku adalah memang untuk kalangan international, apakah TIDAK MUNGKIN buku itu ditulis dalam bahasa international juga, hanya karena penulisnya berbicara dalam bahasa Ibrani?
Ini logika anda kan?
User avatar
simplyguest
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1853
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Wed Mar 20, 2013 8:30 am

esagenang wrote:Lha, emangnya sejak kapan Yesus tidak dianggap sebagai Mesias oleh umat Islam? :stun:

Saya tidak pernah menganggap bahwa Injil Ibrani = Injil Barnabas, dan saya juga tidak menganggap bahwa Injil Barnabas adalah Injil yang asli.
Kelihatannya ente masih rancu antara Injil Ibrani dengan Injil Barnabas.

Di dalam Al Quran sendiri, Yesus (Nabi Isa) disebut sebagai Mesias (Al Masih). Jadi gimana ceritanya Yesus/Nabi Isa bukanlah Mesias?
Muhammad tidak pernah disebut-sebut sebagai mesias, baik dalam Al Quran atau dalam kitab-kitab hadits, atau bahkan dalam hadits yang palsu sekalipun.
Muhammad disebut sebagai Mesias hanya dalam injil Barnabas, dan saya tidak sedang membahas Injil Barnabas, melainkan Injil Ibrani yang ditulis langsung oleh Matius murid Yesus.


ya ya ya....tapi anda menggunakan injil tomas, yg berbau2 gnostic layaknya injil barnabas... masak bawa2 injil tomas tapi ga tau klo itu kitabnya gnostic ? doh #-o
lagian wajar sih anda bawa2 kitab tsb, muslim emang paling doyan bawa2 kitab gnostik dan ebionite buat bela islam tapiiiiii....ga baca semuanya :lol:

and btw, injil tomas itu juga menentang sunat loh ? yg tentu masih bertentangan dgn islam :roll:

(53) His disciples said to him: Is circumcision useful or not? He said to them: If it were useful, their father would beget him from their mothers (already) circumcised. But the true circumcision in the Spirit has proved useful in every way.

oh dan injil tomas tidak percaya kepada ketauhidan ala islam...

(30) Jesus said, "Where there are three gods, they are gods. Where there are two or one, I am with him."

http://gnosis.org/naghamm/gthlamb.html

about al-masih, oke lah anda kali ini benar dan saya yg lupa. tapi tetap tidak mengubah fakta bhw ebionite ato aliran manapun yg anda gunakan tidak ada satupun yg sejalan dgn islam, yg artinya anda masih gagal menunjukan injil yg asli versi quran :-k
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby esagenang » Wed Mar 20, 2013 9:20 am

="simplyguest"]"Apa gunanya bahasa Yunani"?? Pertanyaan b0d0h macam apa ini? :shock:
Emangnya Injil itu ditulis khusus HANYA untuk murid2 Yesus yang berbahasa Ibrani?
Emangnya anda gak tahu kalo tujuan penulisan Injil itu adalah juga untuk orang2 Gentiles atau non-Hebrew??
Emangnya anda gak tahu kalo bahasa Yunani itu udah jadi lingua franca di seluruh imperium Roma pada waktu itu??

Kalo kenyataannya target dari penulisan Injil adalah orang2 dari segala bangsa (dan pada saat itu yang menjadi lingua franca adalah bahasa Yunani), kenapa anda justru mengambil kesimpulan bahwa TIDAK MUNGKIN Injil pertama ditulis dalam bahasa Yunani? :shock:

Sejatinya, Injil itu memang hanya untuk disebarkan kepada orang-orang Yahudi saja kok.
Dalam Injil Matius, Yesus sudah mengatakan secara gamblang bahwa beliau hanya diutus untuk umat Israel.
Begitu juga dalam Kisah Para Rasul ada tertulis bahwa pada mulanya murid-murid Yesus hanya mengabarkan Injil kepada orang-orang Yahudi saja, makanya tidak heran bahwa Matius menuliskan Injil dalam bahasa Ibrani (Fakta sejarah sebagaimana dikutip oleh oleh bapa-bapa Gereja)


Analoginya seperti kita di situs ini. Saya yakin kita semua sedikit banyak bisa berbahasa Inggris, tapi untuk diskusi di situs ini kenapa kita tidak pakai bahasa Inggris? Bukankah kita semua merasa lebih nyaman jika diskusi pakai bahasa Indonesia agar masing-masing kita bisa mengungkapkan pendapat kita secara lebih tepat?

Mengenai penyebaran Injil kepada bangsa lain (gentile) saya rasa itu karena pemenang sejarah adalah pengikut Paulus, maka kemudian Injil disebarkan kepada non Yahudi (gentiles)

Douglas Hamp tidak mengatakan bahwa bahasa Yunani adalah satu-satunya lingua franca pada saat itu. Douglas Hamp hanya mengatakan bahwa bahasa Yunani hanyalah salah satu dari lingua franca pada saat itu.

Lagipula, Douglas Hamp sendiri mengatakan bahwa tidak ada scholars yang menanggapi secara serius bahwa bahasa sehari-hari yang digunakan oleh Yesus adalah bahasa Yunani.
Pilihannya adalah antara Aramaic atau Hebrew. Tapi Douglas Hamp yakin bahwa bahasa yang digunakan oleh Yesus adalah Hebrew, berdasarkan bukti-bukti yang dipaparkan oleh Mr Hamp.

[Quran] Mana Injil asli ?
[Quran] Mana Injil asli ? Mirror
Mirror Rss Feed
Faithfreedom forum static
esagenang
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 113
Joined: Wed Apr 01, 2009 8:20 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby esagenang » Wed Mar 20, 2013 9:30 am

nap.bon wrote:Memangnya idiom yang dikatakan berasal dari bahasa Semit, sangkamu bahasa Aramaik bukan rumpun bahasa Semit?
Justru ane lebih melihat bahwa, idiom yang dikatakan "Ibrani" lebih tepat dikatakan "Aramaik".

...dan bahkan Bahasa Aramaik sendiri ditemukan dalam Alkitab jauh sebelum Injil:
Biblical Aramaic is the Aramaic found in four discrete sections of the Hebrew Bible:

Walaupun seandainya Yesus itu berbahasa Aramaic, hal ini masih tidak bisa menjelaskan kenapa naskah Injil PB ditulis dalam bahasa Yunani, bukan Aramaic.

Lagi pula, dalam bukunya James R. Edwards, beliau sudah memberikan bukti-bukti yang sangat meyakinkan bahwa apa yang disebut sebagai "Special Luke" tsb ditinjau dari segi bahasanya (idiom dan phrase yang digunakan) akan terlihat jelas bahwa bahasa asli yang digunakan adalah bahasa Ibrani, bukan Aramaic apalagi Yunani

nap.bon wrote: Berarti pun tak salah kalau disebarkan keluar Yahudi, termasuk ke Gentile.

Pertama, Yesus tidak pernah mengajar orang-orang non Israel.
Kedua, adapun wanita Samaria tsb bukanlah murid Yesus, dan Yesus juga tidak mengajar dia. Yesus hanya memberikan mukjizat kepada dia (Yesus hanya sekedar menyembuhkan penyakit, bukan mengajar)

Kemudian, Yesus sendiri sudah berpesan kepada murid-muridnya agar mengajarkan Injil hanya kepada umat Israel; bukan kepada bangsa Samaria atau bangsa lainnya.
esagenang
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 113
Joined: Wed Apr 01, 2009 8:20 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby duren » Wed Mar 20, 2013 9:35 am

@Esagenang

Mau Injil Ibrani ato Injil Yunani ato Injil apa saja ... => Pernahkah ada informasi BAHWA penulisnya MEMANG SENGAJA MENULIS Injil nya DENGAN CITA CITA agar suatu saat karya tulisnya dijadikan KITAB SUCI ?? :-k
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11068
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby duren » Wed Mar 20, 2013 9:49 am

@Esagenang

Khusus untuk pertanyaan saya ... tuh dah tak buatkan trit nya

esagenang-adakah-penulis-injil-sengaja-nulis-kitab-suci-t51433/
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11068
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby sodrun » Wed Mar 20, 2013 9:51 am

Harap kembali ke TOPIK : .....
ali5196 wrote:Apakah Injil yang disebut Muhammad ayat Q 5:68 ini adalah Injil yang asli? Kalau iya, di manakah Injil itu sekarang?

Q 5:68
Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.


APAKAH INJIL YANG DIMILIKI MUHAMMAD PADA SAAT DIA MENGUCAPKAN Q 5:68 ITU ADALAH INJIL YANG ASLI? KALAU IYA, DI MANA SEKARANG INJIL ITU????


atau yang ini:
Q 5:47
Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya [419]. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik


atau yang ini:
Q 10:94
"Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu".


Di manakah KITAB yang disebut Q 10:94 itu sekarang? Kalau bisa dipalsuKAN, itu berarti Allah ternyata tidak mampu menjaga firmannya, bukan? Kalau kitab itu sudah hilang, bagaimana mungkin Muslim dapat memenuhi perintah Allah di ayat Q 10:94 ?

:supz:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby sodrun » Wed Mar 20, 2013 9:55 am

Q 3.48. Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab , Hikmah, Taurat dan Injil.

Injil seperti apa, atau Injil yang mana yang akan diajarkan awloh kepada Isa a.s. dalam ayat ini ?
:-k
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby simplyguest » Wed Mar 20, 2013 10:10 am

simplyguest wrote:"Apa gunanya bahasa Yunani"?? Pertanyaan b0d0h macam apa ini?
Emangnya Injil itu ditulis khusus HANYA untuk murid2 Yesus yang berbahasa Ibrani?
Emangnya anda gak tahu kalo tujuan penulisan Injil itu adalah juga untuk orang2 Gentiles atau non-Hebrew??
Emangnya anda gak tahu kalo bahasa Yunani itu udah jadi lingua franca di seluruh imperium Roma pada waktu itu??

Kalo kenyataannya target dari penulisan Injil adalah orang2 dari segala bangsa (dan pada saat itu yang menjadi lingua franca adalah bahasa Yunani), kenapa anda justru mengambil kesimpulan bahwa TIDAK MUNGKIN Injil pertama ditulis dalam bahasa Yunani?
esagenang wrote:Sejatinya, Injil itu memang hanya untuk disebarkan kepada orang-orang Yahudi saja kok.
Dalam Injil Matius, Yesus sudah mengatakan secara gamblang bahwa beliau hanya diutus untuk umat Israel.
Begitu juga dalam Kisah Para Rasul ada tertulis bahwa pada mulanya murid-murid Yesus hanya mengabarkan Injil kepada orang-orang Yahudi saja, makanya tidak heran bahwa Matius menuliskan Injil dalam bahasa Ibrani (Fakta sejarah sebagaimana dikutip oleh oleh bapa-bapa Gereja)

Kata siapa Injil itu "hanya untuk disebarkan kepada orang-orang Yahudi saja"? :shock:
Memang Yesus diutus pertama-tama khususnya untuk umat Israel. Tapi ajarannya sendiri dia perintahkan untuk disebarkan ke bangsa2 lain.
Matius 28:19,20
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Matius 24:14
24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

Anda sok2an ngerti alkitab tapi gak tahu ada perintah dari Yesus sendiri untuk menyebarkan kabar baik ke bangsa2 lain?? :shock:

esagenang wrote:Analoginya seperti kita di situs ini. Saya yakin kita semua sedikit banyak bisa berbahasa Inggris, tapi untuk diskusi di situs ini kenapa kita tidak pakai bahasa Inggris? Bukankah kita semua merasa lebih nyaman jika diskusi pakai bahasa Indonesia agar masing-masing kita bisa mengungkapkan pendapat kita secara lebih tepat?

Baca lagi yang saya tulis di atas, mas.
Yesus sendiri memerintahkan murid2nya untuk menyebarkan ajarannya ke semua bangsa. Artinya targetnya udah BUKAN HANYA terbatas di kalangan bangsa Israel. Dan perintah ini sudah ada sebelum penulisan Injil dimulai.
Ibaratnya kalo anda memang ingin menulis untuk kalangan international, apakah TIDAK MUNGKIN untuk menulis dalam bahasa international juga?
Dan anda gak jawab pertanyaan saya sebelumnya ini :
simplyguest wrote:Ooo... berarti kalo orang Filipina yang menulis buku dalam bahasa Inggris dan ditujukan untuk orang Filipina juga, menurut anda PASTI TIDAK MUNGKIN ya? PASTI PALSU kan?
Menurut anda, logika di atas ini FALLACY atau BUKAN?

============
esagenang wrote:Mengenai penyebaran Injil kepada bangsa lain (gentile) saya rasa itu karena pemenang sejarah adalah pengikut Paulus, maka kemudian Injil disebarkan kepada non Yahudi (gentiles)

Teori dari mana ini? Apa referensinya? Jangan2 "referensi kepala gw" lagi.... :shock:

Sudah jelas ada perintah dari Yesus sendiri untuk mengabarkan ajarannya ke bangsa2 lain. Dan perintah ini sudah ada sebelum penulisan Injil dimulai.
Kok sekarang malah anda berteori nyeleneh kalo Injil cuma buat orang Israel???

esagenang wrote:Douglas Hamp tidak mengatakan bahwa bahasa Yunani adalah satu-satunya lingua franca pada saat itu. Douglas Hamp hanya mengatakan bahwa bahasa Yunani hanyalah salah satu dari lingua franca pada saat itu.

Trus, emangnya hubungannya apa dengan Injil TIDAK MUNGKIN ditulis dalam bahasa Yunani?
Apakah menurut anda bahasa Ibrani menjadi lingua franca di Imperium Romawi pada saat itu?

Dia jelas bilang bahwa bahasa Yunani sudah umum digunakan dalam bahasa sehari-hari di jalanan dan di pasar.
Tapi justru anda mengatakan sebaliknya, bahwa murid2 Yesus PASTI TIDAK BISA berbahasa Yunani, karena alasannya "hanya untuk kalangan terpelajar"
Bahkan anda sampai2 menanyakan pertanyaan b0d0h "apa gunanya bahasa yunani".... #-o

esagenang wrote:Lagipula, Douglas Hamp sendiri mengatakan bahwa tidak ada scholars yang menanggapi secara serius bahwa bahasa sehari-hari yang digunakan oleh Yesus adalah bahasa Yunani.
Pilihannya adalah antara Aramaic atau Hebrew. Tapi Douglas Hamp yakin bahwa bahasa yang digunakan oleh Yesus adalah Hebrew, berdasarkan bukti-bukti yang dipaparkan oleh Mr Hamp.

Lah, terus hubungannya apa kalo Yesus sehari-hari menggunakan bahasa Aramaic/Hebrew dengan Injil TIDAK MUNGKIN ditulis dalam bahasa Yunani??
Emangnya yang menulis Injil itu Yesus?
Apa karena Yesus sehari2 berbahasa Hebrew/Aramaic, lalu berarti buku yang ditulis orang lain tentang kehidupannya itu TIDAK MUNGKIN ditulis dalam bahasa Yunani? :shock:

Sadar gak sih parahnya logika fallacy anda?
Kayaknya anda saat ini sedang tidak berada di Indonesia, mungkin lagi sekolah ato kerja di luar negeri, ya?
Tapi kenapa logika anda sangat penuh fallacy, bahkan sampai menanyakan pertanyaan2 b0d0h?
User avatar
simplyguest
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1853
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby angky » Wed Mar 20, 2013 1:11 pm

angky wrote:Mana pernyataan jerome yg mengatakan injil yang ASLI adalah injil mathew saja dari kutipan diatas??
Ane didepan sudah katakan ebionites dikenal sebagai aliran BIDAH yang saat ini sudah musnah, tidak ada lagi pengikutnya. Jika aliran ini benar, pastinya waktu tidak akan menggilas para pengikutnya.


esagenang wrote:Sumber utama saya sebenernya bukan berdasarkan blog pribadi orang.
Sumber utama saya adalah bukunya James R. Edwards dan bukunya George Howard tentang Hebrew Gospel of Matthew, namun karena kedua buku ini tidak saya bawa dan saya tidak punya link-nya, maka terpaksa gunakan link yang bisa saya temukan di internet.

Kalau anda mau tahu lebih banyak tentang Injil Ibrani, saya rekomendasikan anda membaca bukunya James R Edwards, The Hebrew Gospel and the Development of the Synoptic Tradition

Dalam buku tersebut, banyak sekali Bapa-Bapa Gereja terdahulu, terutama Jerome, mengutip ayat-ayat dari Hebrew Gospel. Logikanya, kalau mereka (bapa-bapa gereja tsb) menganggap bahwa Injil Ibrani itu palsu, maka buat apa mereka mengutip dari kitab palsu. Bahkan, penulis buku tsb berhipotesis, bahwa ketika Jerome menulis, "banyak orang menganggap (Injil Ibrani) sebagai Matius yang asli", ini menunjukkan bahwa Jerome sendiri percaya bahwa Inji Ibrani itu adalah Injil Matius yang asli.


[center]Yang ane tentang adalah KEBOHONGAN ANDA, yang menuliskan seakan akan St Jerome HANYA MENGAKUI INJIL MATHEW, dan mengatakan James R Edwards HANYA MENGAKUI INJIL IBRANI MATIUS adalah injil yang Asli dan yang lain palsu. Pembohongan dan cara ngeles ente yang memuakkan inilah yang ane tantang untuk dibuktikan MANA TULISAN MEREKA YG SEPERTI ITU??? Mengenai bapa bapa gereja termasuk St Jerome tidak pernah menuliskan seperti yang ente tuduhkan, entah ente gegar KALIMAT atau karena ente muslim. Ane sudah sering berhadapan dengan muslim yang mengutip dan memotong kalimat supaya sesuai dengan syahwatnya. Ente bukan yang pertama.

Perbedaan pandangan dalam bahasa tidak menjadikan baik st jerome maupun James menjadi MUALAF ataupun murtad dari ke Kristenan. :lol: Yang James lakukan adalah mencari dan menggali lebih dalam mengenai PB dan menuliskan banyak buku mengenai kitab Markus, Lukas (yang menurut ente JUSTRU PALSU!!!). Pembohong sekali ente.
Berikutnya, sekali lagi kejar, Mengapa ente menggunakan karya james dan tidak menggunakan karya karya bavinck, Calvin,Osigenes?? Mereka hidup jauh lebih dulu dari james??? Ingat aksioma ente, semakin dekat penulis pada kejadian, semakin lebih dipercaya. :green:
[/center]

angky wrote:yang anda kutip adalah commentary!!!! bukan pembuktiaan INJIL ASLI. Ente sedang membahas kesalahan penterjemahan, komentar atau membuktikan injil asli?? Bisa bedakan tak??


esagenang wrote:Walaupun itu cuma komentar dari Jerome, tetapi Jerome sendiri pernah melihat dan membaca Injil Ibrani tersebut.


Hobi banget sih ngibul?? diajarin nabi ente ya?? dijaman st jerome yang pernah didapat hanyalah potongan potongan injil dalam bahasa hebrew

Aramaic and Hebrew have both been argued for in the past. In trying to adjudicate between the two in his discussion of Jerome’s quotation of the word mahar from the version in the Hebrew Gospel of the Lord’s Prayer, Edwards writes that “Mahar is Hebrew (Aramaic would be דמהר)” (p.84). Either Edwards thinks that Jerome would necessarily having quoted the word together with the relative particle “d-”, which is not at all persuasive, or Edwards has mistaken the Aramaic word with the relative particle in front of it for the Aramaic word. In either case, this does not bode well for his offering a satisfactory treatment of linguistic aspects of this subject.

James hanya menduga, karena pada jaman st jerome, "injil hebrew" tidak ada diketemukan. Dugaan dan aksioma boleh bagi siapapun untuk dikemukakan, tapi tidak otomatis menjadi DOGMA apalagi teori, kecuali dalam ISLAM, dugaan yg mendukung bisa jadi teori dan paham yang merugikan boleh dibuang. Paham ????

Jadi sesuai judul ente sama sekali belum membuktikan MANA INJIL ASLI MENURUT KORAN ??? Apakah auloh tidak maha tahu sehingga tidak paham apa yg diwahyukan??

esagenang wrote:Kita sudah tahu mengenai prinsip bahwa sejarah biasanya ditulis pemenang.
Dalam hal ini, pemenang tsb adalah orang-orang Kristen pengikut Paulus.


Beleguk sekali ente!!! Pengikut Kristus hingga tahun 300 M, justru "LOSER" dilihat dari kaca mata manusia : di buru, dianiaya, dibunuh, dilarang beribadah. ](*,)
Belajar lagi tong ahhh....ane udah mulai nek nih liat ente. :lol:

esagenang wrote:Beda dengan Injil. Semua versi Injil PB yang beredar menyebut nama Zakharia bin Berekhya bukannya Zakharia bin Yoyada.

Bagaimana kalo ane ikuti ente?? Kita rubah sesuai keinginan ente kemudian, apakah injil yang sekarang menjadi asli atau tetap palsu??? :rolling:
Cat : Koran saja ditulis dalam huruf arab gundul yang multitafsir, kok bisa bisanya ngaku asli..kekekekekeke

esagenang wrote:udah saya katakan sebelumnya bahwa bahasa Yunani lebih banyak digunakan oleh kaum terpelajar, sementara sebagian besar murid Yesus bukanlah orang terpelajar.


Itulah alkitab, PARADOKS. YHWH tidak pernah memilih orang pintar untuk jadi saksinya supaya tidak bergantung pada kekuatannya sendiri tetapi pada DIA saja.
Yg dipilih untuk jadi saksinya justru :
Gembala dipadang rumput yang tidak punya hak untuk bersaksi
Nelayan dan tukang kayu, yang tidak punya pengetahuan mumpuni dibanding farisi
Yusuf dan Maria yang naif dan bukan keluarga kaya................Paham ta???

”Septuaginta adalah teks utama Alkitab yang diketahui dan digunakan dalam periode pembentukan Perjanjian Baru”. ( Di bawah ”Language of the New Testament” dalam J. D. Douglas et. al. (ed.), The New Bible Dictionary, hlm. 714.)
”Septuaginta adalah Alkitab yang digunakan oleh Yesus dan para rasul. Sebagian besar kutipan Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru dikutip langsung dari Septuaginta, sekalipun itu berbeda dengan teks Masoret”. ( Norman L. Geisler & William E. Nix, A General Introduction to the Bible, hlm. 254.)


“Bahasa Yunani menjadi bahasa resmi di pengadilan dan bahasa pergaulan sehari-hari, seperti yang terlihat dalam tulisan-tulisan di atas papirus, surat-surat cinta, tagihan, resep, mantera, esai, puisi, biografi, dan surat-surat dagang, semuanya tertulis dalam bahasa Yunani, bahkan tetap demikian hingga masa pendudukan Romawi. ... bahasa Aram menggantikan bahasa Ibrani sebagai bahasa pergaulan di Palestina, dan Helenisme mendesak Yudaisme.“ (Merril C. Tenney, Survey Perjanjian Baru, h.23-24, 29.)


Untuk ente resapi dan telaah.
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3321
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby simplyguest » Wed Mar 20, 2013 7:49 pm

@esagenang,
Kalo memang Jerome menganggap bahwa Injil versi kaum Nazarean itu adalah Injil yang asli, sementara versi Greeknya adalah palsu, pertanyaannya adalah :

1. Kenapa Jerome TIDAK MENGGUNAKAN Injil dari Nazarean itu sewaktu menerjemahkan Injil ke bahasa Latin dalam Vulgate?
2. Kenapa Jerome justru malah MENGGUNAKAN manuskrip2 Yunani sewaktu dia menerjemahkan Injil bahasa Latin dalam Vulgate?
User avatar
simplyguest
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1853
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby keeamad » Thu Mar 21, 2013 12:04 am

keeamad wrote:@simplyguest, nambahin fakta yg ada,
RA Kartini yg wong jowo, menulis surat ke rekannya Mr JH Abendanon dalam bahasa Belanda ....

Jadi kumpulan surat2xnya RA Kartini (yg kemudian terbit menjadi buku HABIS GELAP TERBITLAH TERANG) itu Pasti DIANNGAP PALSU oleh esagenang ....

esagenang wrote:Masalahnya, RA Kartini menulis surat untuk orang Belanda yang hanya mengerti bahasa Belanda, makanya beliau menulis surat dalam bahasa Belanda.

Tapi jika seandainya RA Kartini menulis surat untuk orang Jawa, pasti beliau akan menulis surat dalam bahasa Jawa.

Sudah saya katakan sebelumnya bahwa bahasa Yunani lebih banyak digunakan oleh kaum terpelajar, sementara sebagian besar murid Yesus bukanlah orang terpelajar.

Sebagian besar orang nusantara pribumi jaman hindia belanda, BUKANLAH ORANG TERPELAJAR,
tapi ada saja orang2x yg terpelajar sehingga Mereka bisa berbahasa belanda (juga inggris) seperti kartini, soekarno, hatta dll ....

KALO MEMANG ADA MURID YESUS YG TERPELAJAR Lalu MENULIS DALAM BAHASA YUNANI,
apa anda mau bantah FAKTA - yg juga telah anda akui sendiri itu ... ?
User avatar
keeamad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6764
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby nap.bon » Thu Mar 21, 2013 3:41 am

nap.bon wrote:Memangnya idiom yang dikatakan berasal dari bahasa Semit, sangkamu bahasa Aramaik bukan rumpun bahasa Semit?
Justru ane lebih melihat bahwa, idiom yang dikatakan "Ibrani" lebih tepat dikatakan "Aramaik".

...dan bahkan Bahasa Aramaik sendiri ditemukan dalam Alkitab jauh sebelum Injil:
Biblical Aramaic is the Aramaic found in four discrete sections of the Hebrew Bible:

esagenang wrote:Walaupun seandainya Yesus itu berbahasa Aramaic, hal ini masih tidak bisa menjelaskan kenapa naskah Injil PB ditulis dalam bahasa Yunani, bukan Aramaic.

Lagi pula, dalam bukunya James R. Edwards, beliau sudah memberikan bukti-bukti yang sangat meyakinkan bahwa apa yang disebut sebagai "Special Luke" tsb ditinjau dari segi bahasanya (idiom dan phrase yang digunakan) akan terlihat jelas bahwa bahasa asli yang digunakan adalah bahasa Ibrani, bukan Aramaic apalagi Yunani

Sudah jelas, sesuai kutipan ane, bahwa Bahasa Yunani telah menjadi lingua franca di Timur Tengah bahkan sebelum Yesus lahir (sejak jaman Hasemonian, bahkan sejak sebelumnya mungkin sejak zaman Alexander Agung).

Sudah ane bilang, tentu karena Yesus orang Yahudi, idiom yang digunakanpun tentunya berasal dari bahasa yang hidup di sana, Bahasa Ibrani dan Bahasa Aram.

nap.bon wrote: Berarti pun tak salah kalau disebarkan keluar Yahudi, termasuk ke Gentile.

esagenang wrote:Pertama, Yesus tidak pernah mengajar orang-orang non Israel.
Kedua, adapun wanita Samaria tsb bukanlah murid Yesus, dan Yesus juga tidak mengajar dia. Yesus hanya memberikan mukjizat kepada dia (Yesus hanya sekedar menyembuhkan penyakit, bukan mengajar)

Kemudian, Yesus sendiri sudah berpesan kepada murid-muridnya agar mengajarkan Injil hanya kepada umat Israel; bukan kepada bangsa Samaria atau bangsa lainnya.


Matius 28:19,20
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Matius 24:14
24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."
nap.bon
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1011
Joined: Wed Jun 27, 2012 8:04 pm
Location: United States of Indonesia

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby ivanovv777ER » Thu Mar 21, 2013 2:45 pm

Setengah dekade lebih dan 9 halaman diskusi, masih belum bisa juga nunjukkin "injil yang asli"?
ivanovv777ER
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 76
Joined: Wed Jan 07, 2009 6:51 am

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby nap.bon » Thu Mar 21, 2013 11:21 pm

ivanovv777ER wrote:Setengah dekade lebih dan 9 halaman diskusi, masih belum bisa juga nunjukkin "injil yang asli"?


Sudah jelas dimakan kambing ya jadi ga bisa ditunjukkan.
nap.bon
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1011
Joined: Wed Jun 27, 2012 8:04 pm
Location: United States of Indonesia

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby CrimsonJack » Fri Mar 22, 2013 9:13 am

keeamad wrote:Sebagian besar orang nusantara pribumi jaman hindia belanda, BUKANLAH ORANG TERPELAJAR,
tapi ada saja orang2x yg terpelajar sehingga Mereka bisa berbahasa belanda (juga inggris) seperti kartini, soekarno, hatta dll ....

KALO MEMANG ADA MURID YESUS YG TERPELAJAR Lalu MENULIS DALAM BAHASA YUNANI,
apa anda mau bantah FAKTA - yg juga telah anda akui sendiri itu ... ?

Kalau menurut cerita orang tua saya, kakek buyut ku dulu bisa 4 bahasa asing kalau ga salah ingat; Belanda, Jepang, Melayu sama Mandarin.
Didapat dari pergaulan.
User avatar
CrimsonJack
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2154
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby angky » Fri Mar 22, 2013 11:41 am

ivanovv777ER wrote:Setengah dekade lebih dan 9 halaman diskusi, masih belum bisa juga nunjukkin "injil yang asli"?


Q 5:68
Katakanlah: "Hai Ahli Kitab, kamu tidak dipandang beragama sedikitpun hingga kamu menegakkan ajaran-ajaran Taurat, Injil, dan Al Qur'an yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu". Sesungguhnya apa yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dari Tuhanmu akan menambah kedurhakaan dan kekafiran kepada kebanyakan dari mereka; maka janganlah kamu bersedih hati terhadap orang-orang yang kafir itu.

APAKAH INJIL YANG DIMILIKI MUHAMMAD PADA SAAT DIA MENGUCAPKAN Q 5:68 ITU ADALAH INJIL YANG ASLI? KALAU IYA, DI MANA SEKARANG INJIL ITU????

atau yang ini:
Q 5:47
Dan hendaklah orang-orang pengikut Injil, memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah didalamnya [419]. Barangsiapa tidak memutuskan perkara menurut apa yang diturunkan Allah, maka mereka itu adalah orang-orang yang fasik

atau yang ini:
Q 10:94
"Maka jika kamu (Muhammad) berada dalam keragu-raguan tentang apa yang Kami turunkan kepadamu, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang membaca kitab sebelum kamu. Sesungguhnya telah datang kebenaran kepadamu dari Tuhanmu sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu".


Jika kita telaah azbabun nuzul, suyuthi, sebenarnya diawal awal tidak ada tuduhan injil palsu. Yang ada adalah para jahudi dan nasrani menyembunyikan dan membelokkan arti/makna Taurat dan Injil. Muhammad menginginkan Jahudi dan Nasrani mengakui bahwa muhammad adalah salah satu nabi yang dinubuatkan dalam taurat dan injil. Kepercayaan diri muhammad timbul karena adanya Rabbi jahudi yang mengatakan demikian pada waraqah.

Mengapa sekarang ini timbul tuduhan injil sekarang dipalsukan, tidak lain untuk menjawab pertanyaan : apakah orang islam harus mengimani injil dan taurat seperti diperintahkan koran?? Ustad harus menjawab tidak dengan alasan bla bla bla.
Bayangkan, mungkinkah muhammad melakukan tuduhan injil dipalsukan berdasarkan babi hutan, silsilah Yesus di matius, dan lain lainnya. TIDAK. Muhammad tidak berkepentingan dengan hal tsb dan MEMANG TIDAK PUNYA PENGETAHUAN juga mengenai hal itu.

Muhammad hanya ingin, jahudi dan nasrani, mengakui kenabiannya sebagai ganti Yesus/ISA. Sayangnya jahudi/nasrani terlalu pintar untuk dibodohi walau jaman itu tidak ada media internet. Mereka menolak kenabian Muhammad yg tidak berdasar dan sama sekali berbeda ciri dengan nabi nabi sebelumnya. Nabi nabi sebelumnya fokus utamanya selalu : Ajakan dan seruan untuk bertobat dan hanya memuliakan ALLAH. Tak seorang pun nabi tersebut yg gila hormat minta diakui kenabiannya dan disebut sebut namanya dan disejajarkan dengan TUHAN seperti ajaran syahadat muhammad.

Tentunya sampai kiamat pun, muslim tidak akan pernah mampu menunjukkkan INJIL ASLI yg disebut dalam koran karena memang awalnya tuduhan nya bukan seperti itu. Tuduhannya adalah Jahudi/nasrani TAHU mengenai kenabian muhammmad tapi tidak mau mengakui nya sehingga keluar lah ayat ayat tesebut.
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3321
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby simplyguest » Sun Mar 24, 2013 4:07 pm

esagenang wrote:Bahkan, penulis buku tsb berhipotesis, bahwa ketika Jerome menulis, "banyak orang menganggap (Injil Ibrani) sebagai Matius yang asli", ini menunjukkan bahwa Jerome sendiri percaya bahwa Inji Ibrani itu adalah Injil Matius yang asli.


Satu lagi logika ancur2an dari si esagenang.
Kalo misalnya saya bilang "di daerah saya banyak orang menganggap muhammad adalah nabi utusan tuhan", lalu apakah itu berarti saya percaya bahwa muhammad adalah nabi utusan tuhan??? :shock:

Enak aja, sori ya... :vom: :vom:
User avatar
simplyguest
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1853
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

PreviousNext

Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users