. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

[Quran] Mana Injil asli ?

Pembuktian bahwa Islam bukanlah ajaran dari Tuhan.

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby esagenang » Fri Mar 15, 2013 10:21 am

MaNuSiA_bLeGuG wrote:kenapa dalam bahasa yunani ? karena bahasa yunani kala itu layaknya bahasa inggris jaman sekarang yg digunakan dalam pergaulan dan itu semua berkat ekspansi macedonia dan romawi kuno. Selain itu, bhs yunani juga dipake sbg bahsa pendidikan diakrenakan banyak pemikir2 kala itu yg berasal dari yunani. ada baiknya jika ente belajar latar belakang sejarah wilayah timteng dan penyebaran murid2 yesus sbg penyebar injil.


semestinya, naskah Injil yang asli (dalam bahasa Ibrani) harus tetap dijaga kemurniannya.
Seperti halnya kitab Taurat dan Al Quran, walaupun Taurat dan Al Quran diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, tetapi tulisan aslinya (dalam bahasa Semit) tetap terpelihara.

Namun sayangnya yang terjadi pada umat kristiani tidak seperti itu.
Pada awal kekristenan, pada mulanya Injil ditulis dalam bahasa Ibrani. Dan pada saat Lukas baru akan menuliskan Injilnya, pada saat itu sudah banyak beredar beberapa "versi" Injil, termasuk Injil yang berbahasa Ibrani tsb. Tetapi kemudian oleh penulis yang baru muncul belakangan ini (seperti Lukas) menuliskan Injil yang sama sekali baru berdasarkan naskah2 Injil yang telah beredar ke dalam bahasa Yunani. Tampaknya kemudian umat kristiani lebih suka dengan Injil berbahasa Yunani tsb dan mulai meninggalkan Injil yang berbahasa Ibrani.
esagenang
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 113
Joined: Wed Apr 01, 2009 8:20 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby duren » Fri Mar 15, 2013 10:25 am

@esagenang


Dalam Quran ... yang di NGAKU di turunkan si Tuhan Arab => INJIL ato BUKAN sih ??
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11020
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby CrimsonJack » Fri Mar 15, 2013 11:39 am

Anehnya mushaf utsmani dianggap quran asli, tapi setelah ditelusuri tetap hasil karya manusia(sama seperti kitab agama lain).
Tapi ribut kalau kitab agama lain ditulis bukan oleh nabi yang membawa ajaran tersebut.

Ada thread yang membahas mushaf utsmani kan? Punya Adadeh kalau ga salah.
User avatar
CrimsonJack
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2075
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby angky » Fri Mar 15, 2013 6:20 pm

esagenang wrote:Yang ane maksud, Injil = Euaggelion

Semua orang juga tahu, bahwa Yesus itu sehari-harinya berbicara dengan bahasa Semit (entah itu bahasa Ibrani atau Aramaic masih diperdebatkan), yang jelas Yesus tidak berbicara dengan bahasa Yunani (Koine Greek) kepada murid-muridnya.
Tapi ternyata naskah Injil (Gospel/Euaggelion) ditulis dalam bahasa Yunani.

Logikanya, Injil Yunani yang beredar di kalangan umat kristiani tsb bukanlah Injil yang 100% asli. Boleh jadi terdapat terjemahan yang kurang pas, atau barangkali salah terjemahan, karena kita tahu bahwa terkadang sangat sulit (kalau tidak mau dibilang mustahil) untuk bisa menerjemahkan suatu naskah ke dalam bahasa lain (yang beda rumpun bahasanya) secara pas.


Mas Esagenang, ente cukup mau mencari tahu, mudah mudahan juga tidak mengalami penyakit kesulitan mencerna kalimat. Mudah mudahan.
PL atau taurat (5 kitab) ditulis dalam bahasa Ibrani, artinya jika mengacu pada argumen ente,harusnya tidak ada tuduhan palsu. Tapi kenyataan nya ente dan hampir semua teman se ukhuwah ente justru menuduh taurat pun sudah dipalsukan. Mohon diluruskan dahulu hal ini. :green:
Pada jaman Yesus, kerajaan romawi sudah menjajah israel ratusan tahun, bahasa yang digunakan saat itu ada 2 yaitu Aramaic dan Yunani. Bahasa Yunani dikenal sebagai bahasa kaum terpelajar, semua tulisan, makalah, pemikiran filsafat ditulis dalam bahasa Yunani. Karena itulah bahasa ini yang dipakai dalam penulisan PB. Bahasa aramaic saat ini sudah hampir tidak dipergunakan lagi, hanya sedikit orang yg masih paham bahasa ini.
Nah mengenai kesulitan penterjemahan ane akan pakai argumen ente untuk bertanya mengenai koran ente.
Bahasa apakah yang dipergunakan dalam menurunkan koran dari jibril kepada muhammad?? dan Bahasa apakah yang dipakai dalam menuliskan mushaf zatd bin tsabit, ustman atau ib mas'ud??

esagenang wrote: In the gospel which the Nazaraeans and Ebionites use, which we recently translated from Hebrew speech into Greek, and which is called by many the authentic [gospel] of Matthew, ....

Siapakah kaum ebionite mas??? Belajar Taurat dan Injil harus pada orang yg benar, janganlah seperti nabi ente yg belajar nasrani dan jahudi pada kaum yg salah. :lol:

esagenang wrote:Mushaf Utsmani tersebut memang dituliskan dalam bahasa Arab dan ditulis langsung oleh sahabat Nabi kok O:) ... dan seperti sudah saya katakan di thread lain, salah satu copy dari Mushaf Utsmani tersebut masih ada di Tashkent.

kekekekeke argumen ente mematahkan pendapat ente sendiri.. Copy mushaf ustman di taskent tersebut DITULIS DALAM BAHASA APA?? Arab kah??? Dalam trit lain ente dengan gagah berani berargumen juga : semakin tua literatur, semakin dipercaya, masih ingat?? Nah mushaf ustman di taskent ditulis pada abad ke 8, sehingga keaslian nya diragukan mas---- menurut argumen ente --- dan apakah ditulis juga dalam bahasa arab quraisy?? kekekekekekekkekekehhhh.

duren wrote:Awlloh jadi TUOLOL karena KRISTEN BUODOH


Protes!!!! mohon diperjelas KRISTEN BUODOH YG MANA?? NAJRAN ATAU NESTORIAN ATAU PROTESTAN ATAU KATOLIK?? Harus jelas dong masa ikutan kayak nabi arab, segelintir jahudi jail, kena azab seluruh bangsa jahudi. Tidak adil itu bro. :green:
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3289
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby duren » Fri Mar 15, 2013 6:42 pm

duren wrote:Awlloh jadi TUOLOL karena KRISTEN BUODOH
angky wrote:
Protes!!!! mohon diperjelas KRISTEN BUODOH YG MANA?? NAJRAN ATAU NESTORIAN ATAU PROTESTAN ATAU KATOLIK?? Harus jelas dong masa ikutan kayak nabi arab, segelintir jahudi jail, kena azab seluruh bangsa jahudi. Tidak adil itu bro. :green:

Kristen yang ngikut nabi Isa lah :lol:

esagenang wrote:Masalahnya, pada saat Nabi Muhammad diutus menjadi Rasul, "kitab" yang diturunkan kepada Nabi Yesus tersebut sudah terlanjur dikenal dengan sebutan Injil (euaggelion).


Q 3.47. Maryam berkata: "Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-lakipun." Allah berfirman (dengan perantaraan Jibril): "Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Allah hanya cukup berkata kepadanya: "Jadilah", lalu jadilah dia.
Q 3.48. Dan Allah akan mengajarkan kepadanya Al Kitab , Hikmah, Taurat dan Injil.
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11020
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby esagenang » Fri Mar 15, 2013 7:04 pm

CrimsonJack wrote:Anehnya mushaf utsmani dianggap quran asli, tapi setelah ditelusuri tetap hasil karya manusia(sama seperti kitab agama lain).
Tapi ribut kalau kitab agama lain ditulis bukan oleh nabi yang membawa ajaran tersebut.


Gini mas,
yang pertama, di sini saya hanya menganggapi tantangan TS kepada umat Islam untuk menunjukkan Injil yang asli (tantangan seperti ini sudah pernah saya baca dan saya bahas sebelumnya di forum lain)

yang kedua, tingkat keotentikan Mushaf Utsmani jika dibandingkan dengan tingkat keotentikan Injil PB, maka Mushaf Utsmani jelas lebih unggul dengan beberapa alasan sbb:
- Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab sedangkan Mushaf Utsmani (dan Al Quran yang beredar saat ini) pun dalam bahasa Arab. Sedangkan Nabi Yesus berbahasa Semit, tetapi Injil PB yang sekarang beredar berdasarkan naskah yang berbahasa Yunani.

- Mushaf Utsmani telah dibukukan sekitar 19 tahun setelah Nabi Muhammad wafat, dan pada saat itu masih banyak sahabat Nabi yang masih hidup, misalnya seperti Ali bin Abu Thalib. Jika naskah mushaf Utsmani mengandung kesalahan yang fatal, pasti Ali bin Abu Thalib tidak akan tinggal diam dan akan segera merevisi Mushaf Utsmani pada saat beliau menjadi khalifah. Namun kenyataannya, Ali bin Abu Thalib tidak pernah merevisi Mushaf Utsmani selama beliau menjabat sebagai khalifah.
Sedangkan kanon Injil PB yang empat itu baru dikenal luas sekitar abad kedua masehi (Muratorian Canon) atau seratus tahun lebih setelah Yesus wafat.

- Selanjutnya susunan Alkitab sebagaimana kita yang kenal sekarang ini baru fixed setelah konsili Nicea (saya tidak tahu kapan persisnya Gereja menentukan kitab2 apa saja yang masuk ke dalam kanon dan kitab apa yang tidak masuk).
Bandingkan dengan susunan surah pada Mushaf Utsmani yang tetap sama dari sejak masa sahabat hingga kini.

- Pada saat penyusunan Al Quran, para sahabat Nabi melakukan seleksi yang ketat, misalnya adanya minimal dua orang saksi, sehingga tingkat keandalannya benar-benar dijaga. Sedangkan untuk penyusunan Alkitab saya tidak tahu apakah mereka melakukan seleksi seketat umat islam atau tidak.

- Para sahabat Nabi adalah orang-orang yang perneh bertemu langsung dengan Nabi, dengan demikian mereka langsung mendengar ayat Al Quran dari mulut Nabi sendiri. Sedangkan para penulis Injil tidak pernah bertemu dengan Yesus.
(Matius dan Yohanes memang merupakan murid Yesus, tetapi para scholars sangat meragukan bahwa Injil Matius PB itu ditulis langsung oleh Matius murid Yesus, karena pada umumnya mereka mengatakan bahwa Injil Matius yang sekarang ini hanya mencontek dari Injil Markus, Injil Q serta sumber lainnya)
esagenang
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 113
Joined: Wed Apr 01, 2009 8:20 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby esagenang » Fri Mar 15, 2013 7:27 pm

angky wrote:Mas Esagenang, ente cukup mau mencari tahu, mudah mudahan juga tidak mengalami penyakit kesulitan mencerna kalimat. Mudah mudahan.
PL atau taurat (5 kitab) ditulis dalam bahasa Ibrani, artinya jika mengacu pada argumen ente,harusnya tidak ada tuduhan palsu. Tapi kenyataan nya ente dan hampir semua teman se ukhuwah ente justru menuduh taurat pun sudah dipalsukan. Mohon diluruskan dahulu hal ini. :green:

Emangnya ane udah pernah menuduh bahwa Taurat sudah dipalsukan? :stun:
Bahkan, seinget ane, ane tidak mengatakan bahwa Injil PB itu palsu, tapi ane mengatakan bahwa Injil PB itu tidak 100% asli.

angky wrote:Pada jaman Yesus, kerajaan romawi sudah menjajah israel ratusan tahun, bahasa yang digunakan saat itu ada 2 yaitu Aramaic dan Yunani. Bahasa Yunani dikenal sebagai bahasa kaum terpelajar, semua tulisan, makalah, pemikiran filsafat ditulis dalam bahasa Yunani. Karena itulah bahasa ini yang dipakai dalam penulisan PB. Bahasa aramaic saat ini sudah hampir tidak dipergunakan lagi, hanya sedikit orang yg masih paham bahasa ini.

Nah, itu dia masalahnya. Murid-murid Yesus generasi pertama adalah orang-orang miskin yang tidak terpelajar, otomatis mereka tidak bisa berbahasa Yunani. Jadi, mayoritas mereka hanya berbicara bahasa Ibrani atau Aramaic atau keduanya; tetapi bukan bahasa Yunani. Ini bisa menjelaskan kenapa Matius menuliskan Injilnya dalam bahasa Ibrani.

angky wrote:Nah mengenai kesulitan penterjemahan ane akan pakai argumen ente untuk bertanya mengenai koran ente.
Bahasa apakah yang dipergunakan dalam menurunkan koran dari jibril kepada muhammad?? dan Bahasa apakah yang dipakai dalam menuliskan mushaf zatd bin tsabit, ustman atau ib mas'ud??

Bahasa Arab dialek Quraisy

angky wrote:Siapakah kaum ebionite mas??? Belajar Taurat dan Injil harus pada orang yg benar, janganlah seperti nabi ente yg belajar nasrani dan jahudi pada kaum yg salah. :lol:

Ebionite adalah salah satu golongan Kristen perdana yang tetap setia dengan Hukum Taurat. Mereka menganggap Yakobus saudara Yesus (James the Just) sebagai soko guru mereka dan mereka menentang Paulus.

Justru orang-orang yang mengikuti ajaran Paulus itulah yang salah.
Seharusnya, umat Kristiani itu mengikuti ajaran Yakobus (James the Just), bukan Paulus O:)

angky wrote:kekekekeke argumen ente mematahkan pendapat ente sendiri.. Copy mushaf ustman di taskent tersebut DITULIS DALAM BAHASA APA?? Arab kah??? Dalam trit lain ente dengan gagah berani berargumen juga : semakin tua literatur, semakin dipercaya, masih ingat?? Nah mushaf ustman di taskent ditulis pada abad ke 8, sehingga keaslian nya diragukan mas---- menurut argumen ente --- dan apakah ditulis juga dalam bahasa arab quraisy?? kekekekekekekkekekehhhh.


ya, Mushaf Utsmani itu memang ditulis dalam bahasa Arab Quraisy kok, so what?
esagenang
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 113
Joined: Wed Apr 01, 2009 8:20 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby oglikom » Fri Mar 15, 2013 8:02 pm

oglikom wrote:@ Atas

Jadi tolong jelaskan, sebelumnya itu kitab ini di kenal dengan nama apa dan di tulis dalam bahasa apa?

esagenang wrote:mestinya sih dalam bahasa Ibrani ....

Tetapi pada abad kedua, Papias menyebutnya dengan istilah "ta logia"

Berarti memang tuhan Arab bodho mengikuti orang-orang yang menyebutnya dengan INJIL.
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3374
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby esagenang » Fri Mar 15, 2013 9:16 pm

oglikom wrote:Berarti memang tuhan Arab bodho mengikuti orang-orang yang menyebutnya dengan INJIL.

ya, enggak lah

Al Quran menggunakan istilah "injil" agar orang-orang faham bahwa yang dimaksud Injil itu adalah euaggelion atau gospel yang ada di dalam PB.

Mungkin analoginya seperti kata "kangguru", yaitu binatang khas di Australia.
Konon, ketika pendatang kulit putih pertama kali melihat binatang Kangguru, ia bertanya kepada orang aborigin apakah nama binatang tsb? Orang aborigin tsb mengatakan "Kanguru" yang dalam bahasa mereka berarti "saya tidak tahu". Tapi pendatang kulit putih tsb mengira bahwa itulah nama binatang tsb. Sampai sekarang pun binatang tsb dinamakan kanguru karena seterusnya orang-orang menyebutnya demikian.
esagenang
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 113
Joined: Wed Apr 01, 2009 8:20 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby angky » Fri Mar 15, 2013 10:13 pm

Tapi kenyataan nya ente dan hampir semua teman se ukhuwah ente justru menuduh taurat pun sudah dipalsukan. Mohon diluruskan dahulu hal ini.


esagenang wrote:Emangnya ane udah pernah menuduh bahwa Taurat sudah dipalsukan? :stun:
Bahkan, seinget ane, ane tidak mengatakan bahwa Injil PB itu palsu, tapi ane mengatakan bahwa Injil PB itu tidak 100% asli.


Tidak perlu bersilat lidah, ini forum ilmiah. Tunjukkan mana mana bagian yang tidak aslinya, dan tunjukkan yang asli seharusnya mana beserta bukti buktinya. Kalo cuman berdasarkan hasil ngecap, namanya asbun. ](*,)

angky wrote:Pada jaman Yesus, kerajaan romawi sudah menjajah israel ratusan tahun, bahasa yang digunakan saat itu ada 2 yaitu Aramaic dan Yunani. Bahasa Yunani dikenal sebagai bahasa kaum terpelajar, semua tulisan, makalah, pemikiran filsafat ditulis dalam bahasa Yunani. Karena itulah bahasa ini yang dipakai dalam penulisan PB. Bahasa aramaic saat ini sudah hampir tidak dipergunakan lagi, hanya sedikit orang yg masih paham bahasa ini.


esagenang wrote:Nah, itu dia masalahnya. Murid-murid Yesus generasi pertama adalah orang-orang miskin yang tidak terpelajar, otomatis mereka tidak bisa berbahasa Yunani. Jadi, mayoritas mereka hanya berbicara bahasa Ibrani atau Aramaic atau keduanya; tetapi bukan bahasa Yunani. Ini bisa menjelaskan kenapa Matius menuliskan Injilnya dalam bahasa Ibrani.


Lha????? pernah tahu istilah fallacy kan??? nah itu argumen ente diatas. Kita bicara harus fakta kan, bukan opini pribadi. Ente hidup tahun berapa sih??

ngky wrote:Nah mengenai kesulitan penterjemahan ane akan pakai argumen ente untuk bertanya mengenai koran ente.
Bahasa apakah yang dipergunakan dalam menurunkan koran dari jibril kepada muhammad?? dan Bahasa apakah yang dipakai dalam menuliskan mushaf zatd bin tsabit, ustman atau ib mas'ud??


esagenang wrote:Bahasa Arab dialek Quraisy

Berikan alasan kuat, mengapa semua mushaf mushaf yang ada termasuk mushaf abu bakr yg di copy oleh ustman, mushaf ibn mas'ud dan mushaf yang lainnya harus DIBAKAR. Kalau sama dan asli ngapain pula ustman main obor, itu firman auloh lho. Tuh pendeta Jones main bakar 1 mushaf doang, seluruh dunia pada ribut. Lah ini semua mushaf harus dibakar kecuali copy yg dibuat ustman. Pantas lah kalau umat muslim hingga kini hobi bacok membacok, sejak jaman khalifah pun sudah diberikan contoh tidak baik. :green:

esagenang wrote: Mereka menganggap Yakobus saudara Yesus (James the Just) sebagai soko guru mereka dan mereka menentang Paulus.

Justru orang-orang yang mengikuti ajaran Paulus itulah yang salah.
Seharusnya, umat Kristiani itu mengikuti ajaran Yakobus (James the Just), bukan Paulus O:)


Hubungannya apa dengan ketidak aslian injil mas?? Dan mengapa seharusnya?? Kaum ini hidup tahun berapa?? bukankah menurut pendapat ente, literatur yang lebih tua semakin diakui keasliannya?? Dimana paham ebionite sekarang ini hidup?? ](*,)

angky wrote:kekekekeke argumen ente mematahkan pendapat ente sendiri.. Copy mushaf ustman di taskent tersebut DITULIS DALAM BAHASA APA?? Arab kah??? Dalam trit lain ente dengan gagah berani berargumen juga : semakin tua literatur, semakin dipercaya, masih ingat?? Nah mushaf ustman di taskent ditulis pada abad ke 8, sehingga keaslian nya diragukan mas---- menurut argumen ente --- dan apakah ditulis juga dalam bahasa arab quraisy??


esagenang wrote:ya, Mushaf Utsmani itu memang ditulis dalam bahasa Arab Quraisy kok, so what?

Ane TIDAK TANYA mushaf ustmani mas. Baca lagi pelan pelan pertanyaan ane. Atau ente sedang bersilat lidah kembali????
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3289
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby duren » Fri Mar 15, 2013 10:33 pm

oglikom wrote:Berarti memang tuhan Arab bodho mengikuti orang-orang yang menyebutnya dengan INJIL.
esagenang wrote:ya, enggak lah

Al Quran menggunakan istilah "injil" agar orang-orang faham bahwa yang dimaksud Injil itu adalah euaggelion atau gospel yang ada di dalam PB.

Mungkin analoginya seperti kata "kangguru", yaitu binatang khas di Australia.
Konon, ketika pendatang kulit putih pertama kali melihat binatang Kangguru, ia bertanya kepada orang aborigin apakah nama binatang tsb? Orang aborigin tsb mengatakan "Kanguru" yang dalam bahasa mereka berarti "saya tidak tahu". Tapi pendatang kulit putih tsb mengira bahwa itulah nama binatang tsb. Sampai sekarang pun binatang tsb dinamakan kanguru karena seterusnya orang-orang menyebutnya demikian.

Lantas kok lain standarnya dengan kitab ZABUR

Apa Jahudi telah mengubah Mazmur jadi Zabur :rofl: :rofl:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11020
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby sundamurtat » Fri Mar 15, 2013 11:23 pm

esagenang wrote:Gini mas,
yang pertama, di sini saya hanya menganggapi tantangan TS kepada umat Islam untuk menunjukkan Injil yang asli (tantangan seperti ini sudah pernah saya baca dan saya bahas sebelumnya di forum lain)

Ohh, baiklah saya jadi maklum kalau saya amati mas ga bahas lebih dalam mengenai kelemahan mushaf utsman yang diulas adadeh

esagenang wrote:yang kedua, tingkat keotentikan Mushaf Utsmani jika dibandingkan dengan tingkat keotentikan Injil PB, maka Mushaf Utsmani jelas lebih unggul dengan beberapa alasan sbb:


so what kalau keotentikan mushaf utsmani lebih unggul dari Injil PB?? 1000 tahun yang akan datang juga naskah proklamasi dan UUD RI 1945 bakal lebih otentik dari quran.. Dan tunggu dulu,, "lebih otentik" ga sama dengan "otentik" lhooo, sama kayak nilai 4 lebih besar daripada nilai 2, tapi nilai 4 di rapor tetaplah bukan nilai yang besar.. :goodman:
a little bit OOT, Barangkali iya untuk hal itu AQ lebih unggul dari PB satu poin.. Tapi coba telaah kedua kitab tsb dari sisi content penyusunannya. PB menurut saya lebih sistematis, ketimbang AQ yg acak2an ceritanya menclok sana menclok sini dan kadang2 banyak ayat yg overlap.. berdasarkan apa pula si usman nyusun QA, catatan latar belakang ayat ga ada (samar berdasarkan ingatan aja), dan terpenting catatan kronologi (walaupun PB juga ga ada tapi at least sekali baca dari awal sampai akhir, PB lebih mudah ditangkap jalan ceritanya ketimbang AQ yang acakadut menclok katidu kadieu). Nah, kalau bukti2 pendukung tadi itu ada, catatan2 asbabunnuzul yang sah (ditandatangani muhammad kalau ada), catatan2 kronologi turunnya ayat (ditandatangani muhammad juga kalau ada), dan lembaran2 aselinya tidak dibakarr,, baru deh muselim boleh berani mengatakan si Mushaf Ustmani a.k. alquran itu otentikk..

esagenang wrote:- Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab sedangkan Mushaf Utsmani (dan Al Quran yang beredar saat ini) pun dalam bahasa Arab. Sedangkan Nabi Yesus berbahasa Semit, tetapi Injil PB yang sekarang beredar berdasarkan naskah yang berbahasa Yunani.

ada masalah besarkah?

esagenang wrote:- Mushaf Utsmani telah dibukukan sekitar 19 tahun setelah Nabi Muhammad wafat, dan pada saat itu masih banyak sahabat Nabi yang masih hidup, misalnya seperti Ali bin Abu Thalib. Jika naskah mushaf Utsmani mengandung kesalahan yang fatal, pasti Ali bin Abu Thalib tidak akan tinggal diam dan akan segera merevisi Mushaf Utsmani pada saat beliau menjadi khalifah. Namun kenyataannya, Ali bin Abu Thalib tidak pernah merevisi Mushaf Utsmani selama beliau menjabat sebagai khalifah.
Sedangkan kanon Injil PB yang empat itu baru dikenal luas sekitar abad kedua masehi (Muratorian Canon) atau seratus tahun lebih setelah Yesus wafat.

Lembaran cerita orde baru juga mulai dibukukan sehari setelah Soekarno lengser dan memberikan mandat presiden pada suharto, dan pada saat itu sukarno dan csnya masih banyak yang masih hidup. Jika sejarah orde baru ala suharto mengandung kesalahan yang fatal, pasti Sukarno cs tidak akan tinggal diam dan akan segera meluruskan keadaan..

Btw argumen anda naif sekali nak, cuma berdasar asumsi sempit ala ustadz. Kalau begitu saya bisa berasumsi seperti ini juga untuk mempertanyakan kembali pertanyaan anda:
1. Banyak sahabat nabi yang masih hidup, tapi barangkali tidak dijamin ingat 100% muhamad itu selam hidupnya pernah dapet wahyu apa aja. akhirnya bikin kesepakatanlah semua agar cuma ada 1 quran.. biar islam ga malu gituh, katanya agama terbaik tapi punya wahyu bececeran.
2. Ya iyalahh Ali ga bakal ngerevisi.. Udah kadung digembar gembor quran itu suci dan dijaga kemurniannya.. Kalau direvisi bisa ilang wibawa.. :goodman:

esagenang wrote:- Selanjutnya susunan Alkitab sebagaimana kita yang kenal sekarang ini baru fixed setelah konsili Nicea (saya tidak tahu kapan persisnya Gereja menentukan kitab2 apa saja yang masuk ke dalam kanon dan kitab apa yang tidak masuk).
Bandingkan dengan susunan surah pada Mushaf Utsmani yang tetap sama dari sejak masa sahabat hingga kini.

ya iyalah, yang mau ganti mesti menghadapi pedang.. Btw sebelum ada percetakan modern tahun 1900an, katanya selama beberapa ratus tahun banyak beredar quran palsu lhoo.. Walau akhirnya banyak ketahuan karena dibandingkan dengan patokan quran yang dianggap asli di arab, itu pun di era yang relatif modern, karena jaman dulu sebelum teknologi berkembang jelas sulit mengontrol dan memvalidasi quran yang sudah beradar hingga ukuran geografi lintas benua..

esagenang wrote:- Pada saat penyusunan Al Quran, para sahabat Nabi melakukan seleksi yang ketat, misalnya adanya minimal dua orang saksi, sehingga tingkat keandalannya benar-benar dijaga. Sedangkan untuk penyusunan Alkitab saya tidak tahu apakah mereka melakukan seleksi seketat umat islam atau tidak.

Saya juga mau berasumsi ini katanya ahh.. Anggota DPR juga dipilih lebih ketat kali, tapi tetap aja banyak missed dalam bikin undang2 yang bagus.. Justru pernyataanmu bisa jadi bumerang lho, kenapa minimal ada 2 orang saksi?? bagaimana bila hanya ada satu saksi dan dia benar2 jujur dan tahu tapi kemudian dianulir karenanya?? Bukankah itu beresiko akan ada wahyu yang jadinya tidak tercatat??

esagenang wrote:- Para sahabat Nabi adalah orang-orang yang perneh bertemu langsung dengan Nabi, dengan demikian mereka langsung mendengar ayat Al Quran dari mulut Nabi sendiri. Sedangkan para penulis Injil tidak pernah bertemu dengan Yesus
(Matius dan Yohanes memang merupakan murid Yesus, tetapi para scholars sangat meragukan bahwa Injil Matius PB itu ditulis langsung oleh Matius murid Yesus, karena pada umumnya mereka mengatakan bahwa Injil Matius yang sekarang ini hanya mencontek dari Injil Markus, Injil Q serta sumber lainnya)
.
Saya juga dengar perkataan dosen saya dari mulut dosen saya sendiri, tapi gak segitunya saya hafal sampai level kata dan titik koma apa yang dosen saya ucapkan semuanya.. Yach brangkali si khulafaur rasyidin ini bukan isapan jempol kalau punya kemampuan sehebat itu.. :prayer:
User avatar
sundamurtat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 728
Joined: Fri Apr 06, 2012 10:50 am
Location: Bandung - calon Israel Van Java

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby nap.bon » Sat Mar 16, 2013 2:38 am

esagenang wrote:
Yang ane maksud, Injil = Euaggelion

Semua orang juga tahu, bahwa Yesus itu sehari-harinya berbicara dengan bahasa Semit (entah itu bahasa Ibrani atau Aramaic masih diperdebatkan), yang jelas Yesus tidak berbicara dengan bahasa Yunani (Koine Greek) kepada murid-muridnya.
Tapi ternyata naskah Injil (Gospel/Euaggelion) ditulis dalam bahasa Yunani.

Logikanya, Injil Yunani yang beredar di kalangan umat kristiani tsb bukanlah Injil yang 100% asli. Boleh jadi terdapat terjemahan yang kurang pas, atau barangkali salah terjemahan, karena kita tahu bahwa terkadang sangat sulit (kalau tidak mau dibilang mustahil) untuk bisa menerjemahkan suatu naskah ke dalam bahasa lain (yang beda rumpun bahasanya) secara pas.

Dan Jerome sendiri menuliskan .... In the gospel which the Nazaraeans and Ebionites use, which we recently translated from Hebrew speech into Greek, and which is called by many the authentic [gospel] of Matthew, ....

Di mana Injil Nazareans dan Ebionites yang berbahasa Ibrani tersebut? wa Allahu 'alam
Yang jelas, banyak orang (termasuk Jerome ? ) menganggap bahwa Injil Ibrani tersebut adalah Injil yang asli !

duren wrote:Aneh ... Nte kok lebih pinter dari si Awlloh SWT
Awlloh mu ajahh mengakui nurunkan INJIL => yang sudah anda akui bahwa kata " INJIL " adalah bahasa Yunani

Apa anda ga heran bahwa si Tuhan Arab ajahhh ga ribut dengan bahasa Yunani


Hahaha, aneh memang muslim-muslim di sini.
...perlu diingat ada beberapa perkembangan bahasa yang perlu diingat pada zaman Yesus.

1. Bahasa Ibrani adalah sacred language, hanya digunakan dalam bahasa kitab suci Yahudi: Taurat dan teman-temannya.
2. Bahasa Aram merupakan 'bahasa ibu' orang Yahudi saat itu, akibat pembuangan Yahudi ke Babilon.
3. Bahasa Yunani, akibat ekspansi Alexander Agung, menyebar di Mediterania bagian timur dan menjadi 'bahasa perdagangan' (lingua franca).
4. Bahasa Latin adalah bahasa yang dipakai oleh pemerintah yang diutus dari Roma.

Nah, apabila anda ingin tulisan anda dibaca banyak orang, bahasa yang manakah yang anda pilih? Sudah jelas, bahasa yang dipilih adalah bahasa Yunani [dan hal yang sama menjelaskan mengenai papan identitas yang ditulis di atas Yesus ketika disalib].

Kalau masih ngga ngerti, ane umpamakan seperti ini.

Ente sekarang mau nulis CV (Curriculum Vitae) terus ingin ngelamar pekerjaan. Andaikata, persyaratan tidak menuliskan bahasa apakah yang harus digunakan, bahasa apakah yang anda akan pakai?
1. Bahasa Arab, yang dipakai di Al-Quran.
2. Bahasa Indonesia, yang dipakai di seluruh Indonesia.
3. Bahasa Inggris, yang hampir dimengerti di seluruh dunia.

:lol:
nap.bon
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 986
Joined: Wed Jun 27, 2012 8:04 pm
Location: United States of Indonesia

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Sat Mar 16, 2013 3:11 am

esagenang wrote:
semestinya, naskah Injil yang asli (dalam bahasa Ibrani) harus tetap dijaga kemurniannya.


bung..sebelum berbicara ada baiknya anda pelajari dulu bahan yg akan anda bicarakan. setidaknya tau dulu latar belakangnya. jangan asal jeplak.

maksud anda naskah injil asli itu yg mana ? versi quran ? yg katanya njeblak jatoh dari langit ? yang islam sendiri ga bisa buktikan bhw kitab njeblak semacam itu ada... :roll:

injil berbahasa yunani itu asli, asli ditulis oleh pengikut2 yesus. sama halnya quran ditulis oleh sahabat muhammad... get it ?

apa orang indonesia ga boleh menulis buku berbahasa inggris ? :rolling:

esagenang wrote:Seperti halnya kitab Taurat dan Al Quran, walaupun Taurat dan Al Quran diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, tetapi tulisan aslinya (dalam bahasa Semit) tetap terpelihara.Namun sayangnya yang terjadi pada umat kristiani tidak seperti itu.


apa ? tetap terpelihara ? tau dari mana ?

quran yg ditulis oleh sahabat muhammad itu tulisan ARAB GUNDUL, yang rentan KEKELIRUAN. apakah quran anda bertuliskan ARAB GUNDUL ? :lol:

belum lagi terdapat TUJUH VERSI quran dijaman usman dimana yg 6 telah dibakar, siapa yg bisa menjamin bahwa quran yg anda pegang adalah yg asli ? dan bukan diantara 6 yang terbakar itu yg asli ?

jangan bilang bhw allah swt yg menjamin keaslian quran, karena menjaga injil dan taurat yg katanya dia turunkan sendiri ( kalo emang bener )supaya tidak dipalsukan aja ga bisa.


esagenang wrote:Pada awal kekristenan, pada mulanya Injil ditulis dalam bahasa Ibrani. Dan pada saat Lukas baru akan menuliskan Injilnya, pada saat itu sudah banyak beredar beberapa "versi" Injil, termasuk Injil yang berbahasa Ibrani tsb. Tetapi kemudian oleh penulis yang baru muncul belakangan ini (seperti Lukas) menuliskan Injil yang sama sekali baru berdasarkan naskah2 Injil yang telah beredar ke dalam bahasa Yunani. Tampaknya kemudian umat kristiani lebih suka dengan Injil berbahasa Yunani tsb dan mulai meninggalkan Injil yang berbahasa Ibrani.


menurut anda, petrus, salah satu murid yesus yg pergi ke roma itu menggunakan bahasa apa ? :-k
esagenang wrote:Bahkan, seinget ane, ane tidak mengatakan bahwa Injil PB itu palsu, tapi ane mengatakan bahwa Injil PB itu tidak 100% asli.


hahaha...kalo tidak asli apa namanya bung kalo tidak disebut palsu ?

esagenang wrote:Nah, itu dia masalahnya. Murid-murid Yesus generasi pertama adalah orang-orang miskin yang tidak terpelajar, otomatis mereka tidak bisa berbahasa Yunani. Jadi, mayoritas mereka hanya berbicara bahasa Ibrani atau Aramaic atau keduanya; tetapi bukan bahasa Yunani. Ini bisa menjelaskan kenapa Matius menuliskan Injilnya dalam bahasa Ibrani.


jika anda bisa percaya bahwa muhammad di cekek jibril di gw hira sambil disuruh iqro, tentunya anda bisa percaya bhw mereka dapat pengalaman mistis serupa yg dsebut karunia roh kudus...

masalahnya, bisakah anda bersikap adil ? ato mau membantah ?

tapi klo mau jawaban logis, hal itu wajar karena wilayah israel saat itu berada dibawah kekuasaan romawi. jdi bukan masalah yg aneh jika orang biasa saja mampu berbahasa latin atau yunani, seperti ibu saya ketika kecil dulu sempat menguasai bahasa jepang meski tinggal di kampung karena memang saat itu indo lagi diduduki jepang. kemampuan berbahasa tidak selalu berhubungan dgn tingkat studi formal belaka, dan sekali lagi saya sarankan kepada anda untuk kembali belajar sejarah secara baik dan benar.

esagenang wrote:Ebionite adalah salah satu golongan Kristen perdana yang tetap setia dengan Hukum Taurat. Mereka menganggap Yakobus saudara Yesus (James the Just) sebagai soko guru mereka dan mereka menentang Paulus.

Justru orang-orang yang mengikuti ajaran Paulus itulah yang salah.
Seharusnya, umat Kristiani itu mengikuti ajaran Yakobus (James the Just), bukan Paulus


bung..klo emang anda mengakui yakobus itu adalah yg benar trus ngapain anda ngikut muhammad ? karena ebionite itu mengakui yesus sbg mesias...

btw data ttg ebionite itu sangat sedikit dan sangat2 tidak dapt diandalkan, lalu darimana anda bisa menilai bhw ebionite yg paling benar ? atau hanya karena bermodalkan bhw ebionite menentang paulus maka pasti benar ? haha... ini sih subjektif sekali

esagenang wrote:Gini mas,
yang pertama, di sini saya hanya menganggapi tantangan TS kepada umat Islam untuk menunjukkan Injil yang asli (tantangan seperti ini sudah pernah saya baca dan saya bahas sebelumnya di forum lain)


dan sampe sekarang anda belum nunjukin tuh injil asli dimana hahaha...selain hanya alasan demi alasan harusnya begini...harusnya begitu, hanya sekedar opini tanpa bukti.

kalo ga tau dimana itu injil asli yg di bangga2kan islam itu, mending diem dan duduk manis nunggu muslim lain yg lebih tau untuk berbicara. kita dah capek berkali2 liat muslim yg selalu beralasan ini itu tapi ga pernah JEBRET!!! nunjukin didepan muka kita bentuk dan dimana itu injil asli...

esagenang wrote:yang kedua, tingkat keotentikan Mushaf Utsmani jika dibandingkan dengan tingkat keotentikan Injil PB, maka Mushaf Utsmani jelas lebih unggul dengan beberapa alasan sbb:
- Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab sedangkan Mushaf Utsmani (dan Al Quran yang beredar saat ini) pun dalam bahasa Arab. Sedangkan Nabi Yesus berbahasa Semit, tetapi Injil PB yang sekarang beredar berdasarkan naskah yang berbahasa Yunani.


masalahnya, ditulis dalam bentuk arab gundul yg sering bikin orang keliru dan berbeda tafsir. apa quran anda yg sekarang ditulis dalam arab gundul ? saya rasa tidak...

lalu siapa yg menjamin bhw yg mentranslate dari arab gundul ke arab dgn tanda baca itu tidak salah tafsir atau salah baca ?

esagenang wrote:- Mushaf Utsmani telah dibukukan sekitar 19 tahun setelah Nabi Muhammad wafat, dan pada saat itu masih banyak sahabat Nabi yang masih hidup, misalnya seperti Ali bin Abu Thalib. Jika naskah mushaf Utsmani mengandung kesalahan yang fatal, pasti Ali bin Abu Thalib tidak akan tinggal diam dan akan segera merevisi Mushaf Utsmani pada saat beliau menjadi khalifah. Namun kenyataannya, Ali bin Abu Thalib tidak pernah merevisi Mushaf Utsmani selama beliau menjabat sebagai khalifah.
Sedangkan kanon Injil PB yang empat itu baru dikenal luas sekitar abad kedua masehi (Muratorian Canon) atau seratus tahun lebih setelah Yesus wafat.


dibukukan sih iya mungkin lebih cepat, tapi apa udah pasti paling benar ? jangan lupa, ayat quran dilestarikan melalui budaya oral yg artinya tidak lepas dari unsur human error. bahkan muhammad sendiri pernah lupa ttg keberadaan sebuah ayat quran.

Hadist Sahih Bukhari Vol. VI No. 558
Dikisahkan oleh Aisha, “ Rasul Allah (Swt) mendengar orang melafalkan Qur’an dimalam hari dan berkata ,” Semoga Allah (Swt) menganugerahkan pengampunan padanya karena dia mengingatkanku akan ayat ini dan ayat itu dan beberapa surat yang tidak kuingat.


muhammad yg anda bangga2kan sbg manusia sempurna aja bisa lupa, apalgi cuma pengikut ? diperparah dengan banyak tewasnya para penghapal quran didalam perang yamama. oh... dan jgn lupa juga, umur usman ketika naik tahta itu sekitar umur 69 tahun alias udah uzur sedangkan ali juga sudah berumur diatas 50 tahun, dengan kondisi begini apa masih bisa dijamin quran 100% asli/tidak ada yg berubah ? i dont think so [-X

esagenang wrote:- Selanjutnya susunan Alkitab sebagaimana kita yang kenal sekarang ini baru fixed setelah konsili Nicea (saya tidak tahu kapan persisnya Gereja menentukan kitab2 apa saja yang masuk ke dalam kanon dan kitab apa yang tidak masuk).
Bandingkan dengan susunan surah pada Mushaf Utsmani yang tetap sama dari sejak masa sahabat hingga kini.


masalahnya, apa quran dari saat mati nya muhammad sampe penyusunan mushaf itu terjamin keasliannya dgn segala kondisi yg sudah disebut diatas ?


esagenang wrote:Pada saat penyusunan Al Quran, para sahabat Nabi melakukan seleksi yang ketat, misalnya adanya minimal dua orang saksi, sehingga tingkat keandalannya benar-benar dijaga. Sedangkan untuk penyusunan Alkitab saya tidak tahu apakah mereka melakukan seleksi seketat umat islam atau tidak.


mau seketat apapun kalo ada unsur manusianya dijamin terdapat kemungkinan human error, terlebih jika hanya menggunakan daya ingat. muhammad aja terbukti bisa lupa, apa lagi para sahabat ? ato mungkin sahabat itu lebih sempurna dari muhammad ?

dan apakah anda pikir, dengan ajaibnya akan muncul 2 orang saksi utk setiap ayat yg ada di quran yg punya daya ingat 100% akan quran ? FYI para pengingat quran itu tidak mengingat keseluruhan ayat, mereka hanya mngingat beberapa ayat ini dan beberapa ayat itu. jadi ada kemungkinan besar terdapat ayat yg hilang atau tidak jelas... oooh iya iya, kayaknya gw pernah denger deh bgini...bgini..bgini...



Dilaporkan, sebagai contoh, Umar mencari ayat tertentu yang hanya diingatnya samar-samar. Namun dengan menyesal akhirnya Umar menemukan bahwa orang yang menghafal ayat tersebut telah terbunuh dalam perang Yamama sehingga ayat tersebut hilang selamanya. Ia mengekspresikan rasa kehilangannya dengan mengucapkan inna li-llahi wa inna ilayhi raji un, lalu memerintahkan untuk mengumpulkan Al-Qur’an, sehingga Umar adalah orang yang pertama yang mengumpulkan Al-Qur’an kedalam mushaf.
Sumber :
Ibn Abi Dawud, Kitab al Masahif, p 10
Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 1 p 204




Bukhari: vol. 8, hadis 817, halaman 539-540; buku 82

…….. , dan diantara yang dinyatakan Allah adalah ayat-ayat tentang Rajam, dan kami telah menghafalkan dan mengerti ayat-ayat tersebut. Rasul Allah melakukan hukuman ini begitu juga kami. Saya khawatir bahwa setelah waktu lama berlalu, seseorang akan berkata, Demi Allah, kami tidak menemukan ayat-ayat Rajam dalam buku Allah”. …




Satu contoh adalah laporan dari Suyuthi dalam Al-Itqan sbb : Aisyah menyatakan Surah al-Ahzab 33 : 56 pada masa Nabi adalah LEBIH PANJANG yaitu dibaca "Wa'ala al-Ladhina Yusaluna al-Sufuf al-Uwal" selepas "Innalla ha wa Mala'ikatahu Yusalluna 'Ala al-Nabi..." Aisyah berkata,"Yaitu sebelum USMAN MENGUBAH mushaf-mushaf." (Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 1 p 226 )




Yang dikatakan oleh Abdullah bin Umar adalah : Sungguh seorang diantara kamu akan berkata, “Saya telah mendapatkan Al-Qur’an yang lengkap.” Dan tidak mengatahui taraf kelengkapannya. Sesungguhnya banyak bagian Al-Qur’an yang telah hilang, dan karena itu seharusnya ia berkata, “Saya telah mendapatkan yang masih ada” (Suyuthi, al Itqan fi ulum al Quran, vol 3 p 81-82)




esagenang wrote:Para sahabat Nabi adalah orang-orang yang perneh bertemu langsung dengan Nabi, dengan demikian mereka langsung mendengar ayat Al Quran dari mulut Nabi sendiri. Sedangkan para penulis Injil tidak pernah bertemu dengan Yesus.


pernah bertemu sih oke, tapi tidak menjamin bahwa mereka hapal semua ayat quran. liat aja tuh beberapa tulisan tulisan muslim yg gw tulis diatas dari bukhari sampe suyuthi soal permasalahan dalam pengumpulan quran.
klo mo panjang lebar, baca aja disni http://indonesia.faithfreedom.org/wiki/ ... Al%27Quran
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby walet » Sat Mar 16, 2013 5:17 am

[Quran] Mana Injil asli ?

Mushaf Utsman itu pengalihbahasaan Quran asli yg sudah dibakarnya. Karena beberapa penghafal Al Quran saling bertentangan akibat perbedaan dialek.

Ini sejarah lengkap Quran: http://indonesia.faithfreedom.org/wiki/Muslim_Mengkritisi_Sejarah_Al'Quran

Ini dari hadis sahih Bukhari:

Sahih Bukhari Volume 6, Buku 61, Nomor 510 :
Dikisahkan oleh Anas bin Malik:
Hudhaifa bin Al-Yaman menghadap Usman. Ia tengah memimpin penduduk Siria dan Irak dalam suatu ekspedisi militer ke Armenia dan Azerbaijan. Hudhaifa merasa cemas oleh pertengkaran mereka (penduduk Siria dan Irak) tentang bacaan Al-qur’an. Maka berkatalah Hudhaifa kepada Usman : “Wahai Amir Al-Mu’minin, selamatkanlah umat ini sebelum mereka bertikai tentang Kitab (Allah), sebagaimana yang telah terjadi pada umat Yahudi dan Nasrani pada masa lalu.” Kemudian Usman mengirim utusan kepada Hafsa dengan pesan : “Kirimkanlah kepada kami shuhuf yang ada ditanganmu, sehingga bisa diperbanyak serta disalin ke dalam mushaf-mushaf, dan setelah itu akan dikembalikan kepadamu.” Hafsah mengirim shuhufnya kepada Usman. Usman kemudian memerintahkan Zaid bin Thabit, 'Abdullah bin AzZubair, Said bin Al-As dan 'AbdurRahman bin Harith bin Hisham untuk menulis ulang manuskrip dengan sempurna. Usman berkata kepada ketiga orang Quraish, “Jika kamu berbeda pendapat dengan Zaid bin Thabit, maka tulislah dalam dialek Quraish karena Qur’an diturunkan dalam dialek tersebut. Mereka melakukannya dan kemudian membuat beberapa copy. Usman mengembalikan mushaf asli kepada Hafsah. Mushaf-mushaf salinan yang ada kemudian dikirim Usman ke setiap provinsi dengan perintah agar seluruh rekaman tertulis al Qur'an yang ada - baik dalam bentuk fragmen atau kodeks - dibakar habis. Zaid bin Thabit berkata, “Satu ayat dari sura Ahzab hilang olehku saat kami mengcopy Qur’an dan aku biasa mendengar Rasulullah membacanya. Maka kami mencari ayat tersebut dan menemukannya pada Khuzaimah bin Thabit Al ansari. Ayat tersebut adalah : “Diantara orang-orang mumin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah. (33 : 23)


Kata ini saja:
Jika kamu berbeda pendapat dengan Zaid bin Thabit, maka tulislah dalam dialek Quraish karena Qur’an diturunkan dalam dialek tersebut.

menunjukkan Quran usman sudah memodifikasi aslinya.


==========


Kok gak ada komentar ya? :yawinkle:

[Quran] Mana Injil asli ?
[Quran] Mana Injil asli ? Mirror
Mirror Rss Feed
Faithfreedom forum static
walet
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5966
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby Utbahbinabuwaqqash » Sat Mar 16, 2013 8:28 am

esagenang wrote:semestinya, naskah Injil yang asli (dalam bahasa Ibrani) harus tetap dijaga kemurniannya.

Yang mengharuskan siapa bos?!
Mana ada Yesus mengharuskan pengikutnya utk menjaga kemurnian naskah? Ada2 saja bung ini Hi...hi...hi...
esagenang wrote:Seperti halnya kitab Taurat dan Al Quran, walaupun Taurat dan Al Quran diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, tetapi tulisan aslinya (dalam bahasa Semit) tetap terpelihara.

Bisa dipahami bos...
Taurat memang diperuntukkan YHVH khusus utk bangsa Yahudi... Dan penulisnyapun tidak pernah berpikir bhw taurat utk bangsa non Yahudi, mangkanya ditulis dalam bahasa Yahudi
Gitu juga
Quran dibuat dibuat nabi cabul utk bangsa Arab, dan doipun ga pernah berpikir utk bangsa non-Arab, dan doi ngertinya cuma bahasa Arab, itupun buta huruf, jadi ya wajar kalo quran ditulis dlm bahasa arab hi...hi..hi..

esagenang wrote:Namun sayangnya yang terjadi pada umat kristiani tidak seperti itu.

Betul bos...
-murid2/pengikut2 Yesus awal wis diperintahkan utk menjadikan SELURUH BANGSA menjadi menjadi murid Doi, jadi yg ada dlm pikiran mereka adlh kabar gembira (injil) ttg Yesus adlh utk SELURUH BANGSA
-saat itu disebutkan bhw Galilea adlh wilayah bangsa2 / bercampurnya berbagai suku bangsa
-murid2 / pengikut Yesus berasal dari berbagai bangsa, bukan hanya Yahudi dan mengerti berbagai macam bahasa termasuk Yunani
-gitu jg penulis injil menguasai berbgai bahasa termasuk Yunani
-bahasa Yunani punya pengaruh yg luas
jadi bisa dipahami, kalo ada penulis injil yg ingin agar injil/kabar gembira ttg Yesus bisa tersebar luas ke seluruh bangsa, maka doi memilih menulis injil dalam bahasa Yunani hi...hi...hi...hi...h...
Utbahbinabuwaqqash
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1082
Joined: Thu May 27, 2010 10:24 am

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby Dreamsavior » Sat Mar 16, 2013 11:47 am

esagenang wrote:semestinya, naskah Injil yang asli (dalam bahasa Ibrani) harus tetap dijaga kemurniannya.

Dan menurutmu itu tugasnya manusia semata?
Menjaga kemurnian kitab suci itu salah satu Job Desc. dari Tuhan.
kecuali kalau anda meragukan kesanggupan Tuhan menjaga kemurnian naskah berisi perkataan yang difirmankannya dan yang dicapnya sebagai "perkara suci".

esagenang wrote:Seperti halnya kitab Taurat dan Al Quran, walaupun Taurat dan Al Quran diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, tetapi tulisan aslinya (dalam bahasa Semit) tetap terpelihara.

Rupanya anda ragu kalau Tuhan itu bisa menjaga kemurnian isi dari kitabnya meski diterjemahkan dalam berbagai bahasa.
Atau anda ragu kemampuan Tuhan untuk mentranslate naskah sucinya ke dalam multilingual?
Jangan-jangan anda mengira Tuhan itu berbicara dengan bahasa Arab ya? Atau anda mengira Tuhan bisanya hanya bahasa Arab?

esagenang wrote:Namun sayangnya yang terjadi pada umat kristiani tidak seperti itu.

Tidak seperti anda, kami yakin bahwa YHWH sanggup menjaga firmannya.
Tidak seperti anda, kami tidak meragukan kesanggupan YHWH untuk mengalihbahasakan firmannya ke dalam berbagai bahasa.
Tidak seperti anda, kami berfokus pada isi dan pemahaman bukan pada bahasa yang digunakan.
Tidak seperti anda, Fokus kami adalah mengenal dan mendekat dengan YHWH serta mengerti sifat-sifatnya, bukan belajar bahasa tertentu.

Itulah sebabnya ketika anda masih menggantungkan diri pada para kiyai, ustad, para ulama dan bahkan menunggu keputusan dari MUI untuk menyuapi anda perihal mana yang halal dan mana yang haram. Kami tidak memerlukan orang lain mendiktekan bagi kami apa yang perlu kami lakukan, karena kami sudah mengetahu sendiri dengan jelas apa yang allah inginkan.

Itulah sebabnya, ketika kami memerlukan nasehat rohani ... kami mencari Alkitab ... bukan mencari ustad dan ulama agama.

dan karena kami percaya bahwa YHWH ingin membuat mudah umatnya yang bermaksud tulus mendekat kepadanya, bukan justru menjegal dan mempersulit mereka dengan bahasa kuno yang rumit.

Dan, itulah makna "Universal" yang sesungguhnya. Applicable untuk setiap ras umat manusia.... entah suku, ras, etnik, kebangsaan, gender, status sosial, dan BAHASA apapun yang mereka gunakan.
User avatar
Dreamsavior
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 726
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby simplyguest » Sat Mar 16, 2013 1:25 pm

esagenang wrote:Emangnya ane udah pernah menuduh bahwa Taurat sudah dipalsukan? :stun:
Bahkan, seinget ane, ane tidak mengatakan bahwa Injil PB itu palsu, tapi ane mengatakan bahwa Injil PB itu tidak 100% asli.

Ooo... gitu ya?
Kalo gitu saya juga tidak bilang kalo anda itu berbohong, tapi saya cuma bilang anda itu tidak 100% jujur... :green:

esagenang wrote:Nah, itu dia masalahnya. Murid-murid Yesus generasi pertama adalah orang-orang miskin yang tidak terpelajar, otomatis mereka tidak bisa berbahasa Yunani. Jadi, mayoritas mereka hanya berbicara bahasa Ibrani atau Aramaic atau keduanya; tetapi bukan bahasa Yunani. Ini bisa menjelaskan kenapa Matius menuliskan Injilnya dalam bahasa Ibrani.

Dasarnya apa murid2 Yesus pasti tidak bisa berbahasa Yunani? Jangan2 pake "referensi kepala gw" kayak patah salero ya?
Baca ini :
http://www.ntgreek.org/answers/nt_writt ... poke_Greek
"Greek, of course, was in widespread use in the Roman empire at this time. Even the Romans spoke Greek, as inscriptions in Rome and elsewhere attest. It is hardly surprising, therefore, that THAT GREEK WAS ALSO IN COMMON USE AMONG THE JEWS OF PALESTINE. The Hellenization of Palestine began even before the fourth-century B.C. conquest by Alexander the Great. Hellenistic culture among the Jews of Palestine spread more quickly after Alexander's conquest, especially when the country was ruled by the Seleucid monarch Antiochus IV Epiphanes (second century B.C.), and later under certain Jewish Hasmonean and Herodian kings" (p.59).

Bahasa Yunani itu sudah menjadi bahasa sehari-hari orang Yahudi di Palestina pada waktu itu.
Bahkan di seluruh imperium Roma bahasa Yunani sudah menjadi lingua franca atau semacam bahasa internasionalnya pada waktu itu, yang sudah sangat umum digunakan dalam komunikasi sehari-hari.
Dan ini tidak terbatas pada kaum terpelajar aja, sebab bahasa Yunani juga umum digunakan dalam urusan perdagangan.
Bahkan Yesus yang anak tukang kayu pun bisa berbahasa Yunani.
Ini sama sekali tidak mengherankan, karena pengaruh budaya Hellenis terutama dalam segi bahasa bahkan sudah dimulai 400 tahun lebih sebelum kemunculan Yesus. Apalagi daerah Galilea dan kota Nazareth itu sangat dekat dengan kota2 Dekapolis yang merupakan pusat kebudayaan Yunani dan Romawi.

Jadi kalo Injil aslinya memang ditulis dalam bahasa Yunani, kan sama sekali tidak mengherankan?
Ibaratnya, bila ada orang Indonesia menulis buku untuk kalangan internasional dengan menggunakan bahasa Inggris, lalu apakah anda akan mengatakan bukunya tidak otentik HANYA KARENA PENULISNYA ORANG INDONESIA?
Bila ada satu orang Indonesia yang menulis bukunya dalam bahasa Indonesia, apakah itu berarti orang indonesia lainnya PASTI HARUS MENULIS DALAM BAHASA INDONESIA dan BUKAN BAHASA INGGRIS?? :shock:

Makin hari kok makin aneh aja ya logikanya muslim....... #-o
User avatar
simplyguest
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1853
Joined: Mon Apr 02, 2012 1:40 pm

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby Mohmed Bin Atang » Sat Mar 16, 2013 2:59 pm

@esagenang

1.) Jika anda yakin quranmu itu kitab yang paling sempurna, coba cari hal-hal mengenai ini:
- Tata cara sholat
- Penjelasan tentang sunat
- Negara Palestina

2.) Lalu apakah anda yakin jika al-quran masih lengkap kalau ada beberapa ayatnya yang sudah dimakan kambing?

Inget loh ya, ngejawabnya jangan muter-muter kayak gini:

Image

esagenang wrote:Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab....


Coca-cola jatuh dari langit;
The Gods Must Be Crazy.
Kitab suci turun dari langit;
Your God must Be Crazy!

:rolling:

Dreamsavior wrote:Jangan-jangan anda mengira Tuhan itu berbicara dengan bahasa Arab ya? Atau anda mengira Tuhan bisanya hanya bahasa Arab?


Bisa jadi, karena:
Ketika muslim mengucapkan kalimat syahadat muslim harus menggunakan bahasa Arab.
Ketika suara adzan dari toa masjid bernyanyi, nyanyiannya menggunakan bahasa Arab.
Ketika muslim sedang melaksanakan sholat muslim harus menggunakan bahasa Arab.
(sholatnya juga harus menghadap ke Arab, jadi bisa disimpulkan kalo awloh swt itu tuhannya Arab/tuhan lokal) :-k
User avatar
Mohmed Bin Atang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2321
Joined: Sun Feb 19, 2012 5:45 pm
Location: Surga Islam, bermain rudal bersama 72 bidadari

Re: [Quran] Mana Injil asli ?

Postby keeamad » Sat Mar 16, 2013 5:56 pm

Menurut muslim, kitab injil yg asli, isa mengajarkan tata cara sholat yg lengkap,
makanya tata cara sholat GAK PERLU ADA LAGI Dalam quran ...

Tapi syangnya injil dah dipalsukan,
sementara alloh udah keburu nurunin kitab quran yg gak ada manual sholatnya ...

KESIMPULAN, alloh teledor, baru tahu belakangan - SETELAH Menggenapi quran,
kalo kitab injil dipalsukan - karena gak ada cara sholat di dalamnya ....
User avatar
keeamad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6697
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

PreviousNext

Return to Pandangan Berlawanan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users