. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Malaysia Bebaskan 35.000 Alkitab Dengan Kata "Allah"

Perkembangan dan penerapan Islam dalam masyarakat dan budaya Malaysia dan Brunei.

Malaysia Bebaskan 35.000 Alkitab Dengan Kata "Allah"

Postby Laurent » Thu Mar 17, 2011 5:22 pm

Malaysia Bebaskan 35.000 Alkitab Dengan Kata "Allah" Kamis, 17 Maret 2011 07:29


Pemerintah Malaysia mengatakan akan merilis 35,000 Alkitab yang menggunakan kata Allah dalam merujuk kepada Tuhan, yang menjadi perdebatan komunitas Muslim dan Kristen selama bertahun-tahun. (Foto: Herald Malaysia)
KUALA LUMPUR (Berita SuaraMedia) – Pemerintah Malaysia mengatakan akan merilis 35,000 Alkitab yang menggunakan kata "Allah" dalam merujuk kepada Tuhan, yang telah disita selama berbulan-bulan.

Alkitab itu dicetak di Malaysia terutama untuk umat Kristen di negara bagian Sabah dan Sarawak.

Kelompok-kelompok Muslim memprotes penggunaan kata Allah oleh umat Kristen, mengatakannya sebagai upaya untuk membuat agama Kristen tampak menarik bagi kaum Muslim.

Konstitusi Malaysia menjanjikan kebebasan beribadah bagi semua keyakinan.

Kelompok-kelompok Kristen mengatakan bahwa Alkitab berbahasa Melayu yang mengandung kata Allah itu telah berulangkali dicekal di bea cukai selama bertahun-tahun, dan mereka sudah muak.

Mereka bersikukuh telah menggunakan kata itu selama puluhan tahun.

Pendeta Hermen Shastri, sekretaris jenderal Dewan Gereja Malaysia, menyambut keputusan pemerintah untuk membebaskan Alkitab-alkitab itu, tapi mengatakan bahwa lebih banyak yang harus dilakukan.

"Kami mempertahankan posisi bahwa adalah hak yang tak tercabut bagi umat Kristen untuk membaca Alkitab mereka dalam bahasa apapun," ujarnya, seraya menambahkan bahwa itu adalah hak asasi manusia yang mendasar.

Kementerian Dalam Negeri awalnya membenarkan penyitaan Alkitab itu dengan mengatakan bahwa ada kasus hukum dalam proses banding yang perlu diselesaikan.

Itu adalah rujukan pada keputusan Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur di bulan Desember 2009 yang membolehkan koran Katolik, The Herald, untuk menggunakan kata Allah sebagai terjemahan dari kata Tuhan.

Puluhan gereja dan beberapa ruang sholat Muslim diserang dan dibakar menyusul keputusan tahun 2009 itu, menyoroti ketegangan tentang isu etnisitas dan keyakinan di Malaysia.

Kantor perdana menteri mengatakan bahwa pemerintah memilih untuk membebaskan Alkitab-alkitab itu karena berkomitmen untuk menyelesaikan dengan damai semua isu antaragama.

Disebutkan juga bahwa keputusan itu tidak akan membahayakan resolusi apapun di masa mendatang dari konflik hukum yang lebih besar.

Analis mencatat bahwa pemilihan kemungkinan akan segera digelar di Sarawak, di mana banyak penduduknya yang beragama Kristen, dan partai Front Nasional perlu menggalang suara di sana.

Para pemimpin Kristen mengatakan bahwa kata Allah telah digunakan di Alkitab mereka sejak Malaysia terbentuk sebagai negara federal di tahun 1963. (rin/bbc) www.suaramedia.com

http://www.suaramedia.com/berita-dunia/ ... llahq.html
Laurent
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5977
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Return to Islam di Malaysia dan Brunei



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users