. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby Cratos.RR » Thu Mar 22, 2012 2:25 am

Salam,

Marilah temen temen muslim untuk sejenak kita belajar dan berpikiran kritis mengenai ayat ayat yang terkandung dalam Al-Quran khususnya pada Surah Al-Ankabuut

Surah Al-Ankabuut

الم
1. Alif Lâm Mîm.

Saya yakin sebagian besar daripada teman teman muslim bertanya tanya apa maksud ayat pertama dari Surah Al-Ankabuut ini.
Apa sebenarnya makna yang terkandung di dalam ayat ini.
Mari kita tinjau beberapa pemahaman yang terdapat di kalangan umat Islam mengenai hal ini:
1. Ibn Kathîr dalam Tafsirnya memberitahukan bahwa Abu Bakr, `Umar, `Uthman, `Ali dan Ibn Mas`ud, semuanya mengatakan bahwa kata kata yang berada di awal surah merupakan ilmu atau hal yang hanya diketahui oleh Allah SWT sendiri.
2. Ibn Jarîr al-Tabarî dalam Tafsirnya mengemukakan survey yang dikemukakan oleh cendikiawan bahasa Arab pada masa awal
- bahwa hal ini merupakan hanya sebuah gaya bahasa saja,
- yang lain mengatakan bahwa hal ini hanyalah sesuatu yang dikatakan kepada kaum politeis untuk menarik perhatian mereka sewaktu menerangkan Al-Quran. Dikarenakan karakteristik kaum politeis yang akan berusaha mendengarkan secara seksama dalam memahami sesuatu yang tidak dapat dimengerti.
- ada yang mengatakan kata kata tersebut hanya merupakan tata cara bahasa Allah SWT dalam memulai suatu bagian dari Al-Quran.

Dari dua pemahaman tersebut, pada akhirnya para umat Muslim setuju untuk tidak mengartikan maksud dari kata kata tersebut dan untuk tidak membuat pemahaman yang tidak berdasar akan kata kata tersebut.
Ibn Kathîr mengatakan bahwa hanya Allah SWT sajalah yang mengetahuinya, dan sebagai umat muslim cukup meyakini saja bahwa hal tersebut merupakan perkataan muhammad dan memahaminya sebagai sesuatu yang berasal dari Allah SWT berdasarkan surah Ali ‘Imran:

هُوَ الَّذي أَنْزَلَ عَلَيْكَ الْكِتابَ مِنْهُ آياتٌ مُحْكَماتٌ هُنَّ أُمُّ الْكِتابِ وَ أُخَرُ مُتَشابِهاتٌ فَأَمَّا الَّذينَ في‏ قُلُوبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُونَ ما تَشابَهَ مِنْهُ ابْتِغاءَ الْفِتْنَةِ وَ ابْتِغاءَ تَأْويلِهِ وَ
ما يَعْلَمُ تَأْويلَهُ إِلاَّ اللهُ وَ الرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ يَقُولُونَ آمَنَّا بِهِ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ رَبِّنا وَ ما يَذَّكَّرُ إِلاَّ أُولُوا الْأَلْبابِ

7.Dia-lah yang menurunkan al-Kitab (Al-Qur'an) kepadamu. Di antara (isi)nya ada ayat-ayat yangmuhkamât, itulah pokok-pokok isi Al-Qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyabihât. Adapun orang-orang yang hatinya condong kepada kesesatan, mereka mengikuti ayat-ayat yang mutasyabihât untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata, "Kami beriman kepada (semua isi) al-Kitab itu, semuanya itu berasal dari sisi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran (darinya) melainkan orang-orang yang berakal.


Marilah teman teman muslim mencerna pernyataan diatas dengan menggunakan akal sehat, logika , pikiran dan hati nurani.
Kesampingkan dulu keimanan anda yang membabi buta akan Islam, cari tahu dan pahamilah berdasarkan kemampuan yang anda miliki sendiri terlebih dahulu. Kemampuan akal pikiran yang diberikan kepada setiap manusia oleh Tuhan yang Sejati.

Dari penjelasan diatas dapat kita tarik suatu kesimpulan:
"Al-Quran mengandung ayat yang tidak bisa dipahami oleh manusia"

Silahkan teman teman muslim, menarik hubungan nya dengan pernyataan pernyatan yang mungkin sudah dicekokin kepada anda sedari kecil bahwa:
- Al-Quran merupakan kitab yang sempurna dan penyempurna
- Al-Quran merupakan kitab yang mudah dipahami dan dimengerti oleh orang yang berakal.
- Al-Quran berisikan perkataan perkataan Allah SWT kepada manusia dan merupakan kitab berisi petunjuk akan keinginan Allah SWT terhadap manusia.
- Al-Quran adalah sesungguhnya langsung berasal dari Allah SWT.

Mari kita susun beberapa pertanyaan untuk mengetahui hubungan antara kesimpulan dengan beberapa pernyataan yang sudah kita dengar sejak kecil mengenai Al-Quran.
1. Apakah masuk di dalam alur logika kita berpikir bahwa suatu kitab yang sempurna berisikan pernyataan yang tidak dapat dimengerti oleh
seluruh umat manusia?

Pasti kita secara sadar ataupun gak sadar berpikir bahwa : apanya yang sempurna ? ada bagian bagian yang tidak ada manusia seorangpun yang mengerti. Darimana manusia tau bahwa kata kata tersebut merupakan sesuatu hal yang baik, bila tidak ada seorangpun yang mengerti?

2. Apakah kitab yang mudah dipahami dan dimengerti oleh orang berakal, mempunyai pengertian yang sama dengan tidak ada seorang manusiapun
yang mampu mengartikan suatu bagian dari kitab tersebut?

Pasti kita secara sadar ataupun gak sadar menyatakan bahwa kedua pernyataan tersebut bertolak belakang. Dengan tidak ada seorangpun manusia yang mampu mengartikan kata kata tersebut, berarti gugurlah atau tidak berlaku lagi pernyataan Al-Quran merupakan kitab yang mudah dipahami dan dimengerti oleh orang yang berakal. Kenyataan yang sebenarnya adalah Al-Quran merupakan kitab yang sukar dipahami bahkan untuk beberapa bagian tidak dapat dipahami oleh manusia berakal sekalipun.

3. Mengapa Allah SWT memberikan perkataan yang tidak dapat dipahami manusia?
Bukankah Allah SWT bila merupakan Tuhan yang Sejati, penuh kuasa ke Maha an. Maha Tahu, Maha Berpengetahuan?
Mengapa Allah SWT tidak tahu bahwasanya manusia tidak tahu maksud ucapannya?
Mengapa Allah SWT tidak pintar atau tidak tahu cara mengungkapkan perkataan nya dengan bahasa yang dapat dipahami manusia?

Timbul beberapa pertanyaan lagi akan pernyataan bahwa Al-Quran berasal langsung dari Allah SWT melalui perantaraan muhammad.
Dan dari semua pertanyaan di poin yang ketiga akan bermuara ke satu pertanyaan yang utama yakni:
Apakah Allah SWT merupakan Tuhan yang Sejati bila kenyataan yang terjadi menggambarkan sebaliknya?

4. Apakah Al-Quran yang berasal langsung dari Allah SWT melalui perantaraan muhammad, tidak dipengaruhi oleh ketidak mampuan muhammad
dalam menangkap perkataan Allah SWT sesungguhnya bilamana Allah SWT merupakan Tuhan yang Sejati?

Pasti terlintas secara sadar atau tidak sadar dari hati dan pikiran teman teman muslim bahwa : masa seh Allah SWT melakukan perbuatan yang sia sia mengatakan
sesuatu kepada manusia namun cuma Allah SWT sendirilah yang mengerti maksud ucapan tersebut?

Tidak masuk di akal pikiran manusia hal itu terjadi dan dilakukan oleh sesosok Tuhan.

Tidak menutup kemungkinan bahwa muhammad yang telah memelintir ucapan Allah SWT sehingga tidak seorang manusiapun yang tahu dan hal itu berasal dari
ketidakmampuan muhammad sendiri.

Silahkan temen temen muslim menganalisa sendiri ulasan yang saya tuliskan diatas,

Salam anak bangsa,
User avatar
Cratos.RR
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 98
Joined: Sat Nov 19, 2011 2:22 pm
Location: Di Lembah Kidron

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CRESCENT-STAR » Thu Mar 22, 2012 8:46 am

bukan begitu yg saya fahami ... ayat2 mutasyabihat itu bukan KALIMATNYA yang tidak jelas. melainkan ada penggunaan kata2 metafora atau personifikasi pada Tuhan, seperti ARSY, WAJAH TUHAN, BETIS ALLAH, TANGAN ALLAH .... dsb.
kata2 seperti itu jika diartikan tekstual maka akan bertentangan dengan ayat2 lain dan penjelasan nabi saw. maka perlu pemikiran mendalam dan ilmu yang luas untuk mentakwilkannya, walaupun hanya Allah yg tahu hakikat sebenarnya akan takwil mana yg benar.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby Akukomkamu » Thu Mar 22, 2012 9:11 am

Hapus saja ayat dalam quran yg mengatakan bahwa bahasa quran itu jelas dan mudah dimengerti ngapain lagi diadakan pembenaran dengan segala bahasa metafora tuhannya islam ??? :-k



Piss... :heart:
Akukomkamu
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CRESCENT-STAR » Thu Mar 22, 2012 9:27 am

bisa minta tolong ayat yg mana ? soalnya saya khawatir ayat tsb ada asbabun nuzul nya
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby Akukomkamu » Thu Mar 22, 2012 9:37 am

CRESCENT-STAR wrote:bisa minta tolong ayat yg mana ? soalnya saya khawatir ayat tsb ada asbabun nuzul nya


Emang kalo quran itu bahasanyada sangat jelas dan mudah dimengerti ... apa masih pake asbun nuzul lage bang ustas CS ???



Piss... :heart:
Akukomkamu
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CRESCENT-STAR » Thu Mar 22, 2012 10:44 am

eeeh kan Quran itu turun ASLI nya bicara pada orang2 yg ada ketika ayat ini turun. pada Muhammad, pada para sahabat dan pada kafir2 di sekitar nabi, atau bicara dunia saat itu.
coba deh pakai logika sederhana saja, kalau kita tidak mengerti ketika sedang peristiwa apa ayat tertentu turun, ketika dalam kasus apa ketika sebuah ayat turun, bagaimana kita bisa mengerti message nya ??

jadi kalau pun ada ayat yg berkata "AL QURAN INI JELAS .." ya sangat jelas buat orang2 saat itu. dan lagi pula Allah kan bicara pda orang2 saat itu.
kalau kita merasa tidak jelas jangan salahkan Allah. toh perkataan Allah tdk disangkal oleh orang2 dulu yg hadir di saat perkataan itu turun.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CrimsonJack » Thu Mar 22, 2012 11:00 am

Sekali lagi terbukti quran musti secepatnya direvisi agar bisa sesuai perkembangan zaman.

Karena isinya hanya untuk "zaman itu". Jadi ada baiknya ayat yang membingungkan tersebut dibuang saja.


copas dari :http://indonesia.faithfreedom.org/forum/ajaran-yg-jelas-mudah-dimengerti-dsb-t12644/
dimudahkan bagimu (44.58, 54.22, 54.32, 54.40)
User avatar
CrimsonJack
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2185
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CRESCENT-STAR » Thu Mar 22, 2012 11:10 am

kenapa direvisi ? ... masa orang modern kalah dengan para ulama dahulu di abad 700 an ?
ulama2 dahulu mengerti dengan benar dimana posisi Quran. maka mereka kumpulkan ilmu2 pendukung agar memahami Quran bisa benar walaupun saksi2 sejarah sudah wafat.
Quran itu SUMBER ABADI. samudra ilmu, dimana kita bisa gali di dalamnnya kekayaan sejarah.

orang (maaf) naive akan berkata REVISI QURAN karena tidak sesuai zaman. sekalian saja katakan REVISI BUKU SEJARAH karena tidak sesuai zaman :lol:
pernah dengar NILAI-NILAI SEJARAH ?? ... kenapa tidak katakan saja NILAI-NILAI sejarah itu omong kosong karena sudah berlalu.
sejarah mengatakan NEGARA KITA adalah NKRI. katakan saja NKRI sudah tidak sesuai zaman ..begitu ?? [-X

sejarah memiliki sisi hukum valid, sejarah memiliki pelajaran (nilai) dsb ... seperti itulah Quran. ada hukum2 yang dulu diterapkan dan tidak akan berubah sampai kapanpun. ada juga kisah2 yang temporal (kasuistis), ada juga nilai2 agung yg abadi.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby muhamad haram » Thu Mar 22, 2012 11:24 am

Trid belajar ngaji lagi nih...
muhamad haram
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 547
Images: 0
Joined: Mon Feb 21, 2011 5:38 pm
Location: CIBITUNG

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby Cratos.RR » Thu Mar 22, 2012 11:30 am

Salam ,

Bagaimana khabarnya bung CS?
Saya tergelitik untuk memberikan tanggapan akan komentar bung CS yang mana poin yang akan saya tekankan telah saya tebalkan pada kalimat dalam quote dibawah ini.

CRESCENT-STAR wrote:eeeh kan Quran itu turun ASLI nya bicara pada orang2 yg ada ketika ayat ini turun. pada Muhammad, pada para sahabat dan pada kafir2 di sekitar nabi, atau bicara dunia saat itu.
coba deh pakai logika sederhana saja, kalau kita tidak mengerti ketika sedang peristiwa apa ayat tertentu turun, ketika dalam kasus apa ketika sebuah ayat turun, bagaimana kita bisa mengerti message nya ??

jadi kalau pun ada ayat yg berkata "AL QURAN INI JELAS .." ya sangat jelas buat orang2 saat itu. dan lagi pula Allah kan bicara pda orang2 saat itu.
kalau kita merasa tidak jelas jangan salahkan Allah. toh perkataan Allah tdk disangkal oleh orang2 dulu yg hadir di saat perkataan itu turun.



Pertanyaan saya adalah :
1. Apakah bung CS masih mempercayai Allah SWT sebagai sosok Tuhan yang mempunyai sifat ke Maha an?

Hal yang mendasari pertanyaan saya dikarenakan pernyataan anda yang tebalkan diatas, setiap orang dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Allah SWT yakni ucapannya tidak bersifat kekal dan sukar dimengerti.
2. Allah SWT tidak mempunyai kemampuan untuk memperkirakan bahwa ucapan nya hanya dapat dimengerti jelas oleh orang dahulu pada saat perkataan itu turun, dia tidak dapat melihat jauh ke masa sekarang bahwa manusia pada jam sekarang tidak merasa jelas akan ucapannya.
3. Tingkat kecerdasan orang pada jaman dulu melebihi tingkat kecerdasan manusia pada jaman sekarang. Karena hanya orang orang pada zaman dahulu saja yang dapat mengerti jelas ucapan Allah SWT.
4. Allah SWT tidak mempunyai kemampuan ataupun sifat ke Maha an yang harus dipunyai oleh sosok yang merupakan Tuhan yang Sejati.

Silahkan teman teman muslim menganalisa tanggapan saya terhadap komentar bung CS.
Dan juga menganalisa topik yang diulas pada trit ini..

Salam anak bangsa,
User avatar
Cratos.RR
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 98
Joined: Sat Nov 19, 2011 2:22 pm
Location: Di Lembah Kidron

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby Cratos.RR » Thu Mar 22, 2012 11:37 am

muhamad haram wrote:Trid belajar ngaji lagi nih...


Hahahaha.. salam bung muhamad haram...
Komentar anda membuat saya tertawa walaupun sebenarnya saya menangkap makna yang dalam akan ucapan anda dan itu membuat saya sedih.

Salam anak bangsa,
User avatar
Cratos.RR
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 98
Joined: Sat Nov 19, 2011 2:22 pm
Location: Di Lembah Kidron

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby BebasMungkin » Thu Mar 22, 2012 12:11 pm

CRESCENT-STAR wrote:Quran itu SUMBER ABADI. samudra ilmu, dimana kita bisa gali di dalamnnya kekayaan sejarah.

Sebagai SUMBER seharusnya Qur'an Menjelaskan BUKAN di Jelaskan


Pernjelasan anda ini Buktinya Kalau Qur'an BUKAN SUMBER,
CRESCENT-STAR wrote:eeeh kan Quran itu turun ASLI nya bicara pada orang2 yg ada ketika ayat ini turun. pada Muhammad, pada para sahabat dan pada kafir2 di sekitar nabi, atau bicara dunia saat itu.
coba deh pakai logika sederhana saja, kalau kita tidak mengerti ketika sedang peristiwa apa ayat tertentu turun, ketika dalam kasus apa ketika sebuah ayat turun, bagaimana kita bisa mengerti message nya ??

jadi kalau pun ada ayat yg berkata "AL QURAN INI JELAS .." ya sangat jelas buat orang2 saat itu. dan lagi pula Allah kan bicara pda orang2 saat itu.
kalau kita merasa tidak jelas jangan salahkan Allah. toh perkataan Allah tdk disangkal oleh orang2 dulu yg hadir di saat perkataan itu turun.

karena bukannya Menjelaskan, malah Di Jelaskan dgn SUMBER2 lain, HADIST malah dapat dikatakan sebagai SUMBER, karena Menjelaskan Sejarah dan hal2 lain dalam Qur'an

User avatar
BebasMungkin
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CRESCENT-STAR » Thu Mar 22, 2012 12:26 pm

@ atas
perpustakaan itu gudang ilmu, sumber ilmu ...
lantas kalau ada orang tidak bisa baca shg dia tidak bisa mengambil ilmu di perpustakaan, kenapa yg disalahkan perpustakaannya ?

misalnya lagi kalau di perpustakaan itu isinya buku berbahasa inggris, kenapa orang yg tidak berbahasa inggris marah2 dan berteriak, BOHONG !! perpustakaan bukan sumber ilmu karena ilmunya bisa didapat kalau kita les basahas inggris dahulu !!"

begitu ??.
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CRESCENT-STAR » Thu Mar 22, 2012 12:33 pm

@ TS ,
kenapa mesti hilang kemahaanNya kalau FAKTA nya al Quran adalah Dialog Allah dengan Orang2 dahulu ??
Al Quran itu sendiri adalah WAHYU ALLAH pada Nabi Muhammad. dialog Tuhan dengan manusia saat itu.
sekarang kalau bung baca sejarah Wahyunya saja tanpa membaca sejarah manusianya, bagaimana bisa mengerti ??
ini sederhana...kenapa susah sekali mengertinya kalian ini ??? heran saya.
KENAPA MESTI BEGITU ??? ..YAAA KARENA KITA TIDAK HADIR PADA SAAT WAHYU ITU TURUN..... jadi kita mesti cari tau situasi apa yg terjadi ketika wahyu turun.

kalau kemudian kita mengerti MESSAGE dari dialog kedua sisi itu, dan kita dapatkan INTISARI, NILAI-NILAI nya, baik itu nilai temporal maupun universal dan abadi, kemudian semua itu dipakai hingga akhir zaman, apanya yang tidak masuk akal ????

yg tidak masuk akal itu MEssage temporal dipakai abadi.
yg tidak masuk akal itu message abadi disuruh direvisi.
yg tidak masuk akal itu Message universal dianggap jadul.

maka dari itu PENTING mengetahui jenis2 message itu. bgm caranya ...PELAJARI DIALOG nya secara sempurna. sisi wahyunya dan sisi manusia penerima wahyunya (asbabunnuzul).

faham ??
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby BebasMungkin » Thu Mar 22, 2012 12:48 pm

CRESCENT-STAR wrote:@ atas
perpustakaan itu gudang ilmu, sumber ilmu ...
lantas kalau ada orang tidak bisa baca shg dia tidak bisa mengambil ilmu di perpustakaan, kenapa yg disalahkan perpustakaannya ?

misalnya lagi kalau di perpustakaan itu isinya buku berbahasa inggris, kenapa orang yg tidak berbahasa inggris marah2 dan berteriak, BOHONG !! perpustakaan bukan sumber ilmu karena ilmunya bisa didapat kalau kita les basahas inggris dahulu !!"

begitu ??.

Hadist dan Sejarah Islam lah yg sebenarnya menjadi Perpustakaan, Gudang Ilmu dan sumber Ilmu,

sedang Qur'an hanya menjadi Obyek Penderita saja, TIDAK DAPAT menjelaskan dirinya dan Hanya bisa DIJELASKAN, akhirnya yg terjadi adalah MULTI Tafsir, mau berbuat Jahat ataupun Baik Terakomodasi semuanya menurut selera Penafsir

Kasihan...... Obyek Penderita....... karenanya TIDAK dapat dikatakan SUMBER........

User avatar
BebasMungkin
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CrimsonJack » Thu Mar 22, 2012 1:27 pm

CRESCENT-STAR wrote:orang (maaf) naive akan berkata REVISI QURAN karena tidak sesuai zaman. sekalian saja katakan REVISI BUKU SEJARAH karena tidak sesuai zaman :lol:
pernah dengar NILAI-NILAI SEJARAH ?? ... kenapa tidak katakan saja NILAI-NILAI sejarah itu omong kosong karena sudah berlalu.

Buktinya Anda tidak menjalankan kebudayaan Indonesia kuno, ya sejarah, cukup tahu....
Sejarah tidak mengatur kehidupan orang lain.

CRESCENT-STAR wrote:sejarah mengatakan NEGARA KITA adalah NKRI. katakan saja NKRI sudah tidak sesuai zaman ..begitu ?? [-X

Menurut saudara-saudara seimanmu yang pro-Negara Islam Indonesia sih begitu.
Ok, contoh bagian NKRI yang tidak sesuai jaman yang mana?
Lagipula kan tinggal direvisi saja yang idak cocok, dengan tetap memakai dasar Pancasila tentunya

CRESCENT-STAR wrote:sejarah memiliki sisi hukum valid, sejarah memiliki pelajaran (nilai) dsb ... seperti itulah Quran. ada hukum2 yang dulu diterapkan dan tidak akan berubah sampai kapanpun. ada juga kisah2 yang temporal (kasuistis), ada juga nilai2 agung yg abadi.

Kenapa tidak diisahkan? biar tidak membingungkan umat?
Ini loh yang sudah ga cocok sama zaman, iniloh yang abadi.
Jadi yang ga cocok jaman harus lihat situasi bla5... dst
Sedangkan yang abadi, harus dan wajib selalu ditaati.
User avatar
CrimsonJack
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2185
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CRESCENT-STAR » Thu Mar 22, 2012 2:12 pm

CrimsonJack wrote:Buktinya Anda tidak menjalankan kebudayaan Indonesia kuno, ya sejarah, cukup tahu....
Sejarah tidak mengatur kehidupan orang lain.

apa saya menganut prinsip NILAI SEJARAH semuanya ABADI ??
contoh nilai sejarah yg abadi. sejarah BENTUK negara NKRI. 17 agustus 1945 hari kemerdekaan, dst ...ITU ABADI dan BAKU.
contoh nilau sejarah yang temporal. PERANG SAMA BELANDA . masa mau terus digunakan Perang sama belanda ?
nah sekarang KEBUDAYAAN mana yang abadi dan mana yang temporal ? ... masa budaya pakai koteka masih terus dipelihara ? masa memasal pakai kompor tanah masih mau dipelihara ??

Kenapa tidak diisahkan? biar tidak membingungkan umat?
Ini loh yang sudah ga cocok sama zaman, iniloh yang abadi.
Jadi yang ga cocok jaman harus lihat situasi bla5... dst
Sedangkan yang abadi, harus dan wajib selalu ditaati.

siapa yg harus mensahkan ???
ILMU kita lah yg harus "MEMBACA" dan "FAHAM".
User avatar
CRESCENT-STAR
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby CrimsonJack » Thu Mar 22, 2012 2:47 pm

maaf, maksudnya dipisahkan, p nya ketinggalan.
Jadi multi tafsir yang kemudian menyebabkan orang pusing, yang kemudian gugurlah "mudah dipahami dan dimengerti karena sudah disamapaikan dengan bahasa manusia"

Buktinya?
Islam masih perang dengan Islam karena beda paham.
User avatar
CrimsonJack
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2185
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Makna yang terkandung pada ayat Surah Al-Ankabuut

Postby ksatria86 » Thu Mar 22, 2012 3:19 pm

CRESCENT-STAR wrote :
maka perlu pemikiran mendalam dan ilmu yang luas untuk mentakwilkannya, walaupun hanya Allah yg tahu hakikat sebenarnya akan takwil mana yg benar.

Anda sadar kalau tulisan anda itu kontradiktif?
Sebaik apapun usaha manusia untk mentakwilkan ayat2 quran, hal tsbt akan sia2 karena hanya allah yg mengetahui dgn benar takwilnya. Kontradiktif bukan dgn pernyataan bahwa 'alquran
diturunkan dlm bahasa yg jelas dan mudah dimengerti'?
ksatria86
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 79
Joined: Sun Jul 10, 2011 10:47 pm


Return to Quran & Hadist



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot]