. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Kehidupan, pengikut, kepercayaan, pikiran dan ucapan Muhammad.

MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby kompas » Wed Oct 21, 2009 6:49 am

MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Image

QS.22. 78. Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik- baik Penolong.

Ayat di atas jelas menyatakan bahwa jihad merupakan suatu kewajiban bagi semua muslim yaitu dengan jihad yang sebenar-benarnya.

Adakah jihad yang bukan sebenar-benar jihad ?.

Sudah benarkah pemahaman akan jihad itu sendiri ?.

Bagian ayat berikutnya adalah dimana Allah telah memilih manusia tidak menjadikan suatu kesempitan dalam beragama.

Dari kata-kata "Dia telah memilih kamu", dapat ditarik kesimpulan bahwa jihad dilakukan dalam rangka tujuan pokok penciptaan manusia dimana Allah menunjuk manusia sebagai khalifah di bumi sebagaimana disebutkan juga dalam surat Al Baqarah 30

Image

QS.2.30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

Bagian berikutnya "Dia tidak sekali-kali menjadikan untuk kamu dalam agamamu suatu kesusahan" memberikan maksud kepada bahwa jihad itu sendiri dilakukan oleh semua muslim sesuai dengan kemampuannya masing-masing, sebagaimana dijelaskan oleh surat Al Baqarah 286,

Image

QS.2.286. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Jihad merupakan suatu kata yang sangat akrab didengar oleh telinga dan lidah.
Apalagi para kapirun, sudah sangat fasih untuk mengucapkan kata tersebut, padahal sering semua orang tidak mampu untuk menjelaskan mengenai jihad itu sendiri dalam arti yang sebenarnya.

Dalam benak pemikiran KAPIR, ketika disebut kata JIHAD, maka secara otomatis, mengidentikkan dengan PERANG, BUNUH, RAMPOK KAPIR !!!!.

Benarkah pemahaman tentang jihad seperti ini ?.

Pengartian atau pemaknaan jihad yang tidak tepat pada akhirnya akan berakibat menurunkan makna (moral) sebenarnya dari jihad itu sendiri.

Jihad berasal dari kata "jahada" yang berarti "bersungguh-sungguh" .

Dengan melihat arti dasar dari kata jihad ini, akan didapati makna jihad yang sangat luas dan tidak terbatas pada areal perang.

Jihad merupakan rangkaian dari ajaran Islam "Amar ma`ruuf wa nahii munkar", dan sekali lagi akan dijumpai makna yang sangat luas dan dalam darinya mengingat usaha-usaha amar ma`ruuf dan nahii munkar yang sangat banyak pula.

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby kucinggarong » Wed Oct 21, 2009 7:59 am

kompas wrote:Dalam benak pemikiran KAPIR, ketika disebut kata JIHAD, maka secara otomatis, mengidentikkan dengan PERANG, BUNUH, RAMPOK KAPIR !!!!.

Benarkah pemahaman tentang jihad seperti ini ?.



Woooi....engkong Kompas. Ngapain tereak-tereak dimari ? :shock:

Tulisan Kompas tentang Jihad ini udah dikonfirmasi belon sama temen-temen se-ukhuwah Islamiyah ?. Kite mah selalu inget Jihad itu memang perampokan ala Islam karena baca dari buku dan tulisan orang Islam sendiri.

Apa perlu ane copy-paste tulisan-tulisan dari swaramuslim, arrahmah, dll ?.

Tadi aja ane baru baca tulisan penjelasan mengenai Jihad melawan Kafir.

http://jihadbukankenistaan.com/menyelam ... fisik.html

Salah satunya ini :

Pertama : Jihad thalab atau jihad hujum (jihad menyerang). Yaitu kaum muslimin yang memulai menyerang orang-orang kafir setelah memberikan kepada mereka tawaran masuk Islam atau membayar jizyah (upeti).


Jadi Jihad itu ngancem orang Kapir dulu, mau jadi Muslim atau bayar upeti ? Kalau kagak mau, maka orang Islam boleh nggorok kepala Kafir seperti ajaran nabimu itu. Dimana lagi sih ajaran diluar Islam yang mengajarkan pembunuhan seperti ini ?.

Terus terang saya tidak bisa percaya bahwa ajaran ini turun dari Tuhan yang sejati. Dengan pikiran sederhana, kita bisa menarik kesimpulan ini adalah ajaran preman padang pasir yang mencari uang dengan perampokan.

:vom:
User avatar
kucinggarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 979
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby kompas » Wed Oct 21, 2009 8:14 am

garongkucing cucuku.....

itulah kesalahan sebagian umat islam dalam memahami arti JIHAD yang sebenarnya.

Pada jaman dahulu kala, semasa Nabi Muhammad masih hidup, memang benar JIHAD banyak diartikan sebagai PERANG, artinya BERSUNGGUH SUNGGUH dalam PERANG
Karena pada masa itu, Nabi Muhammad dan umat islam selalu diperangi kapir, maka Nabi Muhammad dan umat Islam jaman itu berjihad, bersungguh sungguh melawan kapir dalam peperangan.

Dalam masa sekarang ini, pengertian JIHAD dikembalikan dalam porsi sebenarnya, yaitu BERSUNGGUH-SUNGGUH.

Jika ada kapir yang memerangi, maka Islam akan bersungguh sungguh melawan dalam peperangan itu.
Jika kemiskinan melanda sebagian umat muslim, maka umat muslim bersungguh sungguh melawan kemiskinan itu.

Usaha melawan kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan, adalah bagian dari JIHAD DIJALAN ALLAH.

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby wohnoutka » Wed Oct 21, 2009 3:58 pm

woi engkong kompas...

kenapa kau tak sejenak berdiri disini, bersama kapir2, untuk mendapatkan sudut pandang yg lain adalah bijaksana bukan..
dari sini kau bisa melihat sebagaimana kapir2 melihat itu hanya cara moyang otakmu melegalkan aksinya !
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby endfinal » Wed Oct 21, 2009 4:08 pm

kom...alasan basi. jihad itu ajaran jahat iblis islam yg ditafsir baik oleh muslim. jihad memerangi kemiskinan lah....memerangi kemasiatan lah...omong kosong lah. intinya jihad itu bunuh dan dibunuh untuk masuk surga islam dapat 72 bidadari.
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby kompas » Wed Oct 21, 2009 6:51 pm

endfinal wrote:kom...alasan basi. jihad itu ajaran jahat iblis islam yg ditafsir baik oleh muslim. jihad memerangi kemiskinan lah....memerangi kemasiatan lah...omong kosong lah. intinya jihad itu bunuh dan dibunuh untuk masuk surga islam dapat 72 bidadari.


final cucuku yang imut.... :finga:

kata JIHAD berasal dari kata jahada-yujahidu-mujahadatan-jihadan, yang akhirnya populer dengan kata JIHAD.
Semua kata tersebut berasal dari satu akar kata yang memiliki arti serius atau bersungguh-sungguh.

Kapir paling alergi kalo mendengar kata JIHAD, terbayang dibatok kapir, PERANG, BUNUH, RAMPOK ..... :finga:

semoga cucu sudah faham..... :lol:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby endfinal » Wed Oct 21, 2009 9:47 pm

kompas wrote:final cucuku yang imut.... :finga:

kata JIHAD berasal dari kata jahada-yujahidu-mujahadatan-jihadan, yang akhirnya populer dengan kata JIHAD.
Semua kata tersebut berasal dari satu akar kata yang memiliki arti serius atau bersungguh-sungguh.

Kapir paling alergi kalo mendengar kata JIHAD, terbayang dibatok kapir, PERANG, BUNUH, RAMPOK ..... :finga:

semoga cucu sudah faham..... :lol:

yg ditampilkan di arrahmah.com itu inti jihad bukan kom?

saya kutip dari :http://www.arrahmah.com/index.php/blog/read/1944/perbedaan-antara-kekerasan-dan-jihad

Jihad adalah berjuang – membunuh dan dibunuh – demi Allah semata, dalam rangka menjadikan Kalimah-Nya tertinggi. Adalah sebuah kewajiban yang ditahbiskan di dalam Al Qur'an (lihat al Baqarah 2:216). Tentu saja, terdapat istilah spiritual – lebih linguistik – kosakata Jihad, tetapi kami tidak menguraikan tentang itu di sini.

Jihad merupakan tujuan mulia yang mana tidaklah bertujuan duniawi. Jihad bukanlah untuk uang, ketamakan, kekuasaan dan seterusnya. Melainkan, itu untuk memperoleh kenikmatan dari Allah Ta'ala dengan tetap berada dalam ketaatan dan ibadah kepada-Nya sebelum, selama dan setelah berjihad.

Lagipula, melalui ketaatan dan ibadah ini, banyak amal ibadah diharapkan akan tercapai seperti menegakkan Syari'ah di muka bumi, menolong kaum Muslimin yang sedang membutuhkan bantuan (baik itu berupa bantuan keuangan, fisik, dukungan rohani dll.), mengajari kaum Muslimin mengenai agama mereka, menambah pengetahuan mengenai Agama dari Ulama-ulama Islam dan para khatib, dan mendakwahkan agama ini kepada rakyat jelata.

Dan ibadah ini berjalan selangkah lebih jauh. Yaitu dengan mengharapkan dan perjuangan hingga mati sebagai seorang syahid sejak tetes darah yang pertama dari pengorbanannya, semua dosa-dosanya diampuni dan pahalanya di akhirat ditetapkan sedemikian rupa sehingga semua emas di dunia tak akan ada yang mampu untuk menyetarainya (yaitu, kesenangan dan kehormatan yang akan diperoleh oleh orang yang mendapatkannya).
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby Head Fixer » Wed Oct 21, 2009 10:44 pm

itukan pengertian jihad kata arrahmah.com, bukan kata Allah dan Rasul Nya.
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby kucinggarong » Thu Oct 22, 2009 8:19 am

Head Fixer wrote:itukan pengertian jihad kata arrahmah.com, bukan kata Allah dan Rasul Nya.


Gubrak ... :shock:

Jadi arrahmah.com itu sesat Mon ? Bukan Islam ? Arrahmah tidak menjalankan sesuai petunjuk Allah dan RasulNya ? Kafir donk Arrahmah.com donk Mon....


:partyman: Arrahmah sesat nih, kata Oom Monce....

Kesian donk itu jihader-jihader yang ngebom bunuh diri. Kagak dapet bidadari....
User avatar
kucinggarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 979
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby hikmat » Thu Oct 22, 2009 8:38 am

Iya neh Bro KG,

Emang susah punya ajaran yang kaga jelas....
entah mau dibawa kemana umatnya si momat ini.....
Ke surga ndaa pasti. tapi kalau ngesek ...waduh jagonya.....
hikmat
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 119
Joined: Fri Aug 07, 2009 11:06 am
Location: Nan Jaoh di mato

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby endfinal » Thu Oct 22, 2009 1:39 pm

Head Fixer wrote:itukan pengertian jihad kata arrahmah.com, bukan kata Allah dan Rasul Nya.

pengertian jihad arrahmah berdasarkan alquran :....(lihat al Baqarah 2:216).
mereka menafsirkan jihad berdasarkan alquran. kalau kompas dan ente menafsir pake apa ??
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby berani_murtad » Thu Oct 22, 2009 2:01 pm

begini saja buat para muslim. berapa ayat yang mencantumkan tentang jihad, lalu anda paparkan semuanya. dan dijelaskan, jadi para kafir dapat belajar lagi dari muslim. kok sekarang muslim yang mulai memenggal ayat sepotong-potong. giliran kafir yang mencatumkan dikatakan memenggal ayat sepotong-potong. jika muslim berani membukakan ayat tentang jihad seluruhnya akan kita lihat pertentangannya. wajar jadi muslim makan muslim karena bingung melihat pertentangannyakan?
berani_murtad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2574
Joined: Sat May 19, 2007 3:11 pm
Location: Surga 72 bidadari

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby JANGAN GITU AH » Thu Oct 22, 2009 3:18 pm

HF wrote:itukan pengertian jihad kata arrahmah.com, bukan kata Allah dan Rasul Nya.


Gak usah munyer-munyer deh...ente juga sangat mendukung kok jihad yang dilakukan Muhammad. Masa lupa dengan thread mu yang terkait jihad. Disana ente mati-matian ngebela perbuatan keji Muhammad, lho kok sekarang mau coba ngeles...

Emang kalau terlahir jadi muslim, kudu taqqiya mulu ya? Kapan sih elo bisa jujur Mont..!
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5230
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby Yehuda » Thu Oct 22, 2009 3:33 pm

Gak usah munyer-munyer deh...ente juga sangat mendukung kok jihad yang dilakukan Muhammad. Masa lupa dengan thread mu yang terkait jihad. Disana ente mati-matian ngebela perbuatan keji Muhammad, lho kok sekarang mau coba ngeles...

Emang kalau terlahir jadi muslim, kudu taqqiya mulu ya? Kapan sih elo bisa jujur Mont..!


Sepertinya kang Montje kena scrabble syndrome nih...

Peace...

:lol:
User avatar
Yehuda
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3047
Joined: Fri Jan 18, 2008 8:07 pm
Location: Depok

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby kompas » Thu Oct 22, 2009 6:54 pm

kompas wrote:final cucuku yang imut.... :finga:

kata JIHAD berasal dari kata jahada-yujahidu-mujahadatan-jihadan, yang akhirnya populer dengan kata JIHAD.
Semua kata tersebut berasal dari satu akar kata yang memiliki arti serius atau bersungguh-sungguh.

Kapir paling alergi kalo mendengar kata JIHAD, terbayang dibatok kapir, PERANG, BUNUH, RAMPOK ..... :finga:

semoga cucu sudah faham..... :lol:

endfinal wrote:yg ditampilkan di arrahmah.com itu inti jihad bukan kom?

saya kutip dari :http://www.arrahmah.com/index.php/blog/read/1944/perbedaan-antara-kekerasan-dan-jihad

Jihad adalah berjuang – membunuh dan dibunuh – demi Allah semata, dalam rangka menjadikan Kalimah-Nya tertinggi. Adalah sebuah kewajiban yang ditahbiskan di dalam Al Qur'an (lihat al Baqarah 2:216). Tentu saja, terdapat istilah spiritual – lebih linguistik – kosakata Jihad, tetapi kami tidak menguraikan tentang itu di sini.

Jihad merupakan tujuan mulia yang mana tidaklah bertujuan duniawi. Jihad bukanlah untuk uang, ketamakan, kekuasaan dan seterusnya. Melainkan, itu untuk memperoleh kenikmatan dari Allah Ta'ala dengan tetap berada dalam ketaatan dan ibadah kepada-Nya sebelum, selama dan setelah berjihad.

Lagipula, melalui ketaatan dan ibadah ini, banyak amal ibadah diharapkan akan tercapai seperti menegakkan Syari'ah di muka bumi, menolong kaum Muslimin yang sedang membutuhkan bantuan (baik itu berupa bantuan keuangan, fisik, dukungan rohani dll.), mengajari kaum Muslimin mengenai agama mereka, menambah pengetahuan mengenai Agama dari Ulama-ulama Islam dan para khatib, dan mendakwahkan agama ini kepada rakyat jelata.

Dan ibadah ini berjalan selangkah lebih jauh. Yaitu dengan mengharapkan dan perjuangan hingga mati sebagai seorang syahid sejak tetes darah yang pertama dari pengorbanannya, semua dosa-dosanya diampuni dan pahalanya di akhirat ditetapkan sedemikian rupa sehingga semua emas di dunia tak akan ada yang mampu untuk menyetarainya (yaitu, kesenangan dan kehormatan yang akan diperoleh oleh orang yang mendapatkannya).


Lihatlah diatas, terutama yang gw beri warna merah.
Apa yang dikatakan arrahmah.com, benar.
Pengertian JIHAD tidak tertuju dan terfocus pada PERANG SECARA FISIK, akan tetapi jika dalam situasi PERANG SECARA FISIK, maka hendaklah berperang dengan sungguh-sungguh, demi Allah semata, tanpa ada tujuan dan niat yang lain.

PERANG melawan kemiskinan, kebodohan, ketertinggalan, juga adalah bagian dari JIHAD dijalan Allah.

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby endfinal » Thu Oct 22, 2009 9:27 pm

@"kompas"
Lihatlah diatas, terutama yang gw beri warna merah.
Apa yang dikatakan arrahmah.com, benar.
Pengertian JIHAD tidak tertuju dan terfocus pada PERANG SECARA FISIK,
akan tetapi jika dalam situasi PERANG SECARA FISIK, maka hendaklah berperang dengan sungguh-sungguh, demi Allah semata, tanpa ada tujuan dan niat yang lain.

masa sih? qs 2:216 gak bilang gitu deh. ente ngarang2 aja dan menafsir ajaran setan jihad menjadi ajaran baik.

anda membenarkan arrahmah.com berarti anda setuju dokrin jihad mereka kah? so, jihad sebenarnya itu apa? versi anda atau versi arrahmah??

PERANG melawan kemiskinan, kebodohan, ketertinggalan, juga adalah bagian dari JIHAD dijalan Allah.

:turban:

referensi mana? menafsiran anda sendiri ya? kalau cuap2 tanpa dasar semua orang juga bisa kom.

jadi topik anda ini ingin menunjukkan jihad sebenarnya atau jihad yg membingungkan? kenapa arti, maksud dan penafsirannya buuaaayyaaaakkkkkkk kaaallleeeee.......!!!!
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby Head Fixer » Fri Oct 23, 2009 10:23 am

AlBaqarah 216 tidak bicara makna JIhad secara umum ... ini ttg al Qital (perang) bukan jihad

﴿كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ ﴾
Head Fixer
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3161
Joined: Thu Jan 08, 2009 9:34 am

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby kompas » Fri Oct 23, 2009 2:19 pm

endfinal wrote:masa sih? qs 2:216 gak bilang gitu deh. ente ngarang2 aja dan menafsir ajaran setan jihad menjadi ajaran baik.

supaya lebih jelas, gw copas ayat QS.2.216.

Image

kutiba ‘alaikumul QITAALU wahuwa kurtullakum, wa’asaaa antakrahuu syai aw wahuwa khoirullakum, wa’asaaa antuhibbuu syai aw wahuwa syarrul lakum, wallahu ya’lamu wa antum la ta’lamuuna.

QS.2. 216. Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.[/quote]

Lihat ayat Qur’an yang gw copas dan gw tulis cara membacanya.
Dalam ayat diatas, perintah PERANG ditulis dengan katra QITAL, bukan JIHAD.
Karena kata JIHAD, bukan berarti PERANG.

Kamu sudah paham ???

anda membenarkan arrahmah.com berarti anda setuju dokrin jihad mereka kah? so, jihad sebenarnya itu apa? versi anda atau versi arrahmah??

Gw setuju dengan arrahmah.com, karena arrahmah.com mengartikan JIHAD dengan makna BERJUANG, bukan BERPERANG.

PERANG melawan kemiskinan, kebodohan, ketertinggalan, juga adalah bagian dari JIHAD dijalan Allah.

:turban:

referensi mana? menafsiran anda sendiri ya? kalau cuap2 tanpa dasar semua orang juga bisa kom.


Image

wallazii na [color=red]JAHADUU fiina lanahdii yannahum subulana, wa inallaha la’al muhsiniina


QS.29. 69. Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.

Lihat ayat diatas, adakah perintah perang dalam ayat yang mengandung kata JIHAD ????

img]http://quran.myquran.org//images/29/29_6.png[/img]

QS.29.6. Dan barangsiapa yang berjihad, maka sesungguhnya jihadnya itu adalah untuk dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

jadi topik anda ini ingin menunjukkan jihad sebenarnya atau jihad yg membingungkan? kenapa arti, maksud dan penafsirannya buuaaayyaaaakkkkkkk kaaallleeeee.......!!!!

Gw akan tunjukkan, bahwa kata JIHAD, bukan berarti PERANG, tapi bermakna BERSUNGGUH SUNGGUH, atau kata lain SERIUS.

Perang fisik melawan musuh, JIHAD, bersungguh sungguh
Perang melawan kemiskinan, JIHAD, bersungguh sungguh
Perang melawan kebodohan, JIHAD, bersungguh sungguh
Perang melawan ketertinggalan, JIHAD, bersungguh sungguh
Mencari keridhaan Allah, JIHAD, bersungguh sungguh

Kamu sudah paham ????

:turban:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby a_man » Fri Oct 23, 2009 5:40 pm

Kompas, kebenaran kata2mu perlu dibuktikan.
Silakan datangi cabang FPI terdekat, ceramahi mereka tentang jihad, rekam prosesnya, trus upload, biar kapir2 percaya.

Klo kamu gak mau, silakan makan quran+tafsirmu, rekam dan upload juga, biar kapir2 puas.

Perlu waktu berapa lama, kom ? 2 minggu cukup ?
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: MAKNA JIHAD SEBENARNYA

Postby kompas » Fri Oct 23, 2009 8:16 pm

a_man wrote:Kompas, kebenaran kata2mu perlu dibuktikan.
Silakan datangi cabang FPI terdekat, ceramahi mereka tentang jihad, rekam prosesnya, trus upload, biar kapir2 percaya.

Klo kamu gak mau, silakan makan quran+tafsirmu, rekam dan upload juga, biar kapir2 puas.

Perlu waktu berapa lama, kom ? 2 minggu cukup ?

JIHAD yang dilakukan rekan" di FPI yaitu BERPERANG MELAWAN KEMAKSIATAN dan KETIDAK ADILAN.

Dalam melawan kemaksiatan dan ketidak adilan, ada 3 cara

> Lakukan dengan kekuatan, jika tidak bisa
> Lakukan dengan lisan, jika tidak bisa
> Lakukan dengan berdoa, cara ini selemah-lemahnya iman.

Salahkah FPI memberantas kemaksiatan dan ketidak adilan ???

:roll:
User avatar
kompas
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 7666
Joined: Sun Jun 22, 2008 12:42 pm
Location: bandung

Next

Return to Muhammad



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users