. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Yang santai dan rileks. Gosip juga boleh.

Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Mon Oct 04, 2010 4:46 am

Ada banyak pepatah, kebijaksanaan, perumpamaan, kata mutiara, peribahasa, puisi, ungkapan, kiasan, kutipan dari jaman dahulu hingga sekarang, adakalanya berguna bagi kita.
Dalam sikap, pikiran, perilaku, dan tindakan kita sehari-hari sering kali telah salah. Tetapi kebanyakan bukan karena tidak mengetahui, tetapi hanya karena lupa.
Maka untuk mengingatkan kembali, mari kita kumpulkan semuanya dimasukkan kedalam sini (lebih baik kalau disertai dengan penjelasannya). Semoga bermanfaat. :heart: Thanks.
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Mon Oct 04, 2010 4:56 am

Orang yang mencintai tidak melihat kekayaan, sebaliknya orang yang melihat kekayaan tidak mencintai.
Kekayaan bukan factor penentu hubungan. Jika seseorang sungguh-sungguh mencintai anda, ia akan mencintai anda apa adanya dan dalam kondisi apapun (dalam susah atau senang, saat kaya atau miskin, ketika sehat ataupun miskin).



Melihat sekali lebih baik daripada mendengar ratusan kali. Mempraktikkan sekali lebih baik daripada melihat ratusan kali.
Dalam mempelajari sesuatu, akan lebih mudah bagi kita langsung mempraktikkannya daripada membaca teorinya.



Lebih baik mahir dalam satu bidang daripada mengerti banyak bidang tetapi setengah-setengah. (Mengerti ratusan keahlian tidak lebih baik daripada menguasai satu yang dasar).
Lebih baik menguasai satu keterampilan secara mendalam daripada banyak tetapi setengah-setengah.



Bulir padi yang bernas merunduk, bulir padi yang gabuk mencuat ke atas.
Semakin tinggi ilmu seseorang, semakin ia rendah hati.




Penyakit masuk melalui mulut, malapetaka keluar dari mulut.
Orang yang mendapat kemalangan karena perkataannya sendiri. Pandai-pandailah menjaga mulut karena ucapan yang berlebihan atau tidak pada tempatnya dapat menimbulkan kesalahpahaman. Tahu kapan harus berbicara dan kapan harus diam adalah sikap bijaksana.




Sebelum menangani urusan keluarga tidak tahu mahalnya kebutuhan rumah tangga (beras, kayu bakar, dan sebagainya).
Tanpa mempraktikkan secara langsung, orang tidak akan mengetahui kesulitannya. Setelah mengalami, barulah kita bias merasakannya.




Tidak menangis sebelum melihat peti mati.
Tidak percaya sebelum dihadapkan dengan kenyataan yang keras atau pahit.




Mustahil (orang) bisa bertambah arif dan pandai tanpa pengalaman hidup.
Pengetahuan dan kebijaksanaan diperoleh dari pengalaman, pendidikan dan observasi. Banyak orang tidak mempunyai gelar sarjana, tetapi mereka sukses. Hal ini karena mereka mau belajar dari pengalaman, selalu memperluas wawasan (dengan membaca, berdiskusi, mengikuti seminar, dan sebagainya), dan yang terpenting memiliki motivasi dan tekad untuk maju dan berkembang. Ilmu tidak hanya diperoleh dari bangku sekolah, namun juga dari pengalaman sehari-hari. Justru di luar sekolah itulah ada lebih banyak hal yang bisa digali.
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Mon Oct 04, 2010 5:07 am

Jangan hanya memperhatikan yang sekarang dan mengabaikan masa depan.
Janganlah bertindak hanya demi kesenangan dan keuntungan sesaat yang justru dapat mendatangkan kesengsaraan dan masalah di masa depan. Biasakanlah untuk menimbang dan memikirkan segala sesuatunya sebelum bertindak, agar anda tidak menyesal dan sengsara dikemudian hari.




Tidak gusar dan tidak dendam, dapat hidup sampai beruban.
Seseorang akan lebih sehat dan panjang umur jika hatinya damai dan pikirannya tenang, tidak dibebani kebencian, dendam atau hal-hal negative lainnya.




Tidak mau berupaya, tidak ada hasilnya.
Orang barat mengatakan NO PAIN NO GAIN. Hidup adalah perjuangan, dan untuk mencapai kesuksesan tidak ada jalan pintas. Kita harus bekerja keras, teguh, disiplin, serta tidak mudah putus asa. Ingatlah bahwa tidak ada “sukses yang jatuh dari langit”. Semua harus diperjuangkan dengan usaha dan tentu saja doa.




Orang sukses tidak santai, orang santai tidak sukses.
Orang sukses adalah orang yang memiliki kemauan dan keuletan, mau bekerja keras, dan tidak suka menyia-nyiakan waktu. Menurut sebuah survey, orang sukses bekerja jauh lebih keras dan memiliki standar waktu kerja jauh lebih tinggi daripada kebanyakan orang. Jika orang kebanyakan bekerja 40 jam seminggu, orang sukses bekerja lebih dari itu.




Kereta sampai di depan gunung pasti ada jalan, kapal sampai di pangkalan pasti merapat.
Segala sesuatu pasti ada memiliki cara untuk menyelesaikannya. Tuhan tidak pernah menutup jalan seseorang. Anda tidak perlu bingung bila menghadapi suatu masalah. Carilah solusi dan tentukan arah penyelesaiannya. Mulailah bekerja dan selesaikan secara bertahap, niscaya persoalan besar dan rumit sekalipun akan dapat diselesaikan.




Berhadapan berupa orang, berbalik punggung berupa setan.
Bila berhadapan muka, mulutnya manis, bila di belakang, lain pula kata-katanya.




Kesempatan tidak boleh dilewatkan, karena waktu tak dapat diputar ulang.
Kita harus memanfaatkan setiap kesempatan yang ada karena, jika kesempatan itu lewat, tidak akan ada lagi kesempatan yang sama untuk kedua kalinya. Yang menjadi persoalan adalah kita tidak tahu kapan kesempatan baik itu datang dan dalam bentuk yang bagaimana. Biasanya, begitu kesempatan itu lewat, barulah kita sadar. Oleh karena itu jangan menyepelehkan kesempatan yang kecil sekali pun Karena dari sana sukses besar mungkin saja diperoleh dengan melakukan tindakan-tindakan yang tepat.
Kesempatan dan keberuntungan pun dapat diciptakan, misalnya dengan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan, memperluas wawasan, menjalin komunikasi dengan teman-teman yang memiliki potensi lebih.
Namun ingat, jangan sampai kita terlena oleh keuntungan yang kita dapat. Jangan hanya duduk berpangku tangan menunggu-nunggu kesempatan dan lupa mengerjakan tugas yang lain, karena pada akhirnya kita sendiri yang akan rugi.




Semakin tua jahe, semakin pedas rasanya. Semakin tua seseorang, semakin banyak pengalamannya.
Seiring bertambahnya usia seseorang, semakin banyak pengalamana hidup yang ia dapatkan biasanya akan semakin matang kepribadiannya.




Hidup di dekat sungai akan memahami karakter ikan, tinggal di dekat gunung akan mengenal kicauan burung.
Hidup dekat dengan alam, hewan, atau apa pun akan membuat kita lebih memahaminya. Hal ini juga berlaku bagi hubungan kita dengan orang lain. Untuk dapat memahami karakter seseorang kita harus bergaul dan berinterksi dengan orang tersebut, dan biasanya memerlukan jangka waktu tertentu.




Mudah mengubah sungai dan gunung, sulit mengubah watak manusia.
Yang paling sulit diubah adalah sifat atau watak manusia. Bahkan sifat manusia bisa dikatakan tidak akan berubah. Manusia cenderung mempertahankan kebiasaan-kebiasaan yang sudah mendarah daging.
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Mon Oct 04, 2010 5:14 am

Menolong anjing yang jatuh ke air, setelah ditolong (anjing itu) malah balik menggigit.
Setelah menolong orang yang kesusahan, ia justru dicelakakan oleh orang tersebut.




Yang dekat gunung hidup dari gunung, yang dekat air hidup dari air.
Di manapun anda tinggal, anda harus menyesuaikan diri dan memanfaatkan sumber daya setempat untuk hidup. Dalam arti yang lebih luas, lingkungan sangat menentukan pola hidup dan kesuksesan seseorang. Para motivator mengatakan bahwa kesuksesan, keberhasilan dan kekayaan seseorang sangat diperngaruhi oleh lingkungan pergaulannya. Karena itu, bergaul dan bertemanlah dengan orang-orang sukses agar anda terdorong untuk meraih kesuksesan. Dan kurangilah frekuensi pertemanan anda dengan mereka yang selalu menyedot energi positif anda.




Lebih baik mengendalikan diri sendiri.
Dalam menyelesaikan tugas dan kewajiban, adakalanya kita lebih baik mengandalkan diri sendiri daripada meminta bantuan orang lain. Kita harus berusaha mandiri sejauh kita mampu. Karena jika dibantu hasilnya sering tidak memuaskan, belum lagi energi yang harus kita keluarkan untuk mencari dan meminta bantuan.




Orang yang datang tidak berniat baik, orang yang baik tidak berniat datang.
Orang yang kita harapkan justru tidak datang, sebaliknya mereka yang datang adalah orang-orang yang memiliki niat jahat atau ingin mencelakai kita.




Bapak mencuri labu dan buah, anak membunuh dan membakar.
Orangtua harus selalu menjadi teladan yang baik bagi anak-anaknya. Kelakuan buruk orangtua akan mencelakakan anak-anaknya kelak, karena mereka bisa meniru atau bahkan berkelakuan lebih buruk daripada orangtuanya.




Pintu pagar berhadapan dengan pintu pagar, pintu kayu berhadapan dengan pintu kayu.
Membandingkan dua benda atau lebih, harus yang sama jenis atau kelasnya.




Selama gunung hijau masih ada, tidak perlu khawatir kehabisan kayu bakar.
Selama kita mempunyai “modal” seperti kesehatan, semangat, dan akal budi, tidak perlu kita takut menjalani hidup ini.




Setelah perjalanan jauh, anda akan mengetahui kekuatan kuda anda. Setelah bergaul lama, anda akan mengetahui karakteristik teman anda.
Teman sejati dapat anda ketahui melalui pertemanan yang lama, dimana anda dapat menyelami isi hatinya dan dapat menguji kesetiaanya saat anda “jatuh” dan membutuhkan dukungan serta pertolongan. Anda tidak bisa menilai orang hanya dari tampang atau bobot komunikasinya.



Sekalipun ukuran tubuh burung gereja kecil, namun alat tubuhnya lengkap.
Meski kecil, tetapi sempurna.




Semut dapat memindahkan gunung.
Kekuatan bersama (secara missal) dapat menyelesaikan tugas-tugas yang besar dan berat.




Sebelum belajar merangkak, jangan berlajar berlari.
Belajar atau mengerjakan apa pun selalu dimulai dari tingkat dasar menuju tingkat yang lebih tinggi. Demikian itulah alurnya agar tidak terjadi kegagalan di tengah jalan.




Mudah mengelak dari tombak yang datang terang-terangan, tetapi sulit menjaga diri dari panah yang tersembunyi.
Susah menghadapi musuh dalam selimut (musuh yang datang dari kalangan sendiri, seperti teman, saudara, dan keluarga).
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Mon Oct 04, 2010 9:44 am

Lelaki perkasa berani meneteskan darah, bukan airmata.
Peribahasa ini mengiaskan orang yang gagah perkasa, mandiri, tidak cengeng, serta tidak mudah patah semangat dalam menghadapi segala tantangan dan rintangan.




Lebih baik miskin daripada menanggung malu dan aib.
Lebih baik hidup miskin tetapi bermartabat daripada hidup kaya tetapi membawa aib bagi keluarga (seperti menjual diri, menerima suap, melakukan korupsi dan praktek illegal lainnya).




Mengusir macan keluar lewat pintu depan, sementara itu serigala masuk lewat pintu belakang.
Suatu keadaan yang sama-sama berbahaya.




Lebih baik jadi batu giok hancur daripada barang tembikar utuh.
Lebih baik mati terhormat daripada hidup terhina. Daripada hidup bercermin bangkai, lebih baik mati berkalang tanah.




Semakin tinggi mendaki, semakin parah jatuhnya.
Semakin kaya dan tinggi kedudukan seseorang, semakin sakit ketika ia jatuh pailit atau kehilangan kedudukannya. Karena terbiasa hidup enak dan dihormati, ia tidak siap untuk menderita, baik secar fisik maupun psikis.




Takut akan setan, maka ada setan.
Apa yang sangat kita takuti biasanya justru itulah yang terjadi. Orang yang takut akan kesalahan atau kegagalan justru cenderung melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan.




Pengemis yang sakit ingin minum ramuan ginseng.
Keinginan atau permintaan yang tidak realistis atau berlebihan. Tuntutan dan keinginan apa pun sah-sah saja, namun pemenuhannya harus melihat kondisi dan waktu, apakah memungkinkan dari segi dana, tenaga, dan dukungan. Jangan terlalu memaksa. Jika keinginan utama tidak dapat terpenuhi, anda bisa memilih alternative yang lain.




Kesal menjadikan kita sakit, senyum bahagia menjadikan kita panjang umur.
Kesehatan, selain diperoleh dari makanan bergizi dan olahraga yang teratur, juga diperoleh dari kehidupan rohani yang baik dan pola pikir yang positif.




Ribuan teman masih terasa kurang, satu musuh terasa banyak.
Hendaknya kita senantiasa menghindari permusuhan atau perselisihan, sekecil apa pun dan dengan siapa pun, karena hal itu akan mengganggu ketenangan hati dan pikiran kita
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Mon Oct 04, 2010 9:49 am

Rendah hati adalah langkah menuju kesuksesan, sombong adalah langkah menuju kegagalan.
Sebagai manusia kita kita tidak boleh sombong, karena kesombongan akan mendatangkan kesusahan dan kegagalan bagi diri kita sendiri, selain itu juga mendatangkan kebencian orang.




Pilih sana pilih sini, terpilih lampu yang rusak.
Ingin mendapatkan yang lebih baik, tetapi justru mendapatkan yang lebih buruk.




Perampok juga berteriak rumahnya didatangi maling
Orang jahat suka membicarakan tentang kejahatan untuk menghindari tuduhan atau menutupi kesalahannya.




Labu yang dipilin dengan paksa, tidak manis.
Segala sesuatu dikerjakan denga terpaksa, hasilnya tidak memuaskan. Misalnya, kawin paksa tidak akan mendatangkan kebahagiaan, justru bisa berakhir dengan perceraian.




Di antara yang kuat pasti ada yang lebih kuat.
Betapapun kuatnya seseorang, pasti ada yang lebih kuat lagi. Oleh sebab itu janganlah sombong dan tinggi hati atas apa yang telah anda capai (kekayaan, prestasi, jabatan, kekuasaan, pengaruh, dan lain sebagainya). Tingkatkan terus dan paculah diri anda untuk lebih sukses lagi.




Saudara sendiri, jelas dalam perhitungan.
Dalah hal keuangan, dengan saudara kandung atau teman baik sekalipun harus ada perhitungan yang cermat. Dalam pertemanan kita sering mendengar istilah “traktir adalah traktir, utang adalah utang”. Walaupun teman bersedia mentraktir makan gratis sampai ratusan ribu, tetapi masalah utang satu sen pun harus dibayar.




Kemiskinan tidak dapat ditutupi, kejelekan tidak dapat diselubungi.
Bagaimanapun rapatnya seseorang menyembunyikan kemiskinan atau kejahatannya, suatu saat akan terungkap juga.




Ingin hidup tidak dapat, ingin mati tidak bisa.
Kehidupan yang sangat susah dan melarat. Hidup susah, mau mati pun tidak mudah.
Kehidupan memang keras. Kita harus tabah menghadapi cobaan demi cobaan. Dekatkan diri dan mintalah petunjuk dari-Nya.
Last edited by wohnoutka on Mon Oct 04, 2010 4:25 pm, edited 1 time in total.
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby borjuis » Mon Oct 04, 2010 10:22 am

:rofl:
borjuis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2204
Joined: Mon Aug 25, 2008 5:45 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby duren » Mon Oct 04, 2010 1:04 pm

Ibarat orang menunggang macan , bisa naik ga bisa turun

Aku ga tau arti jelasnya , bantu in dunks .. :green:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10814
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby angky » Mon Oct 04, 2010 3:48 pm

duren wrote:Ibarat orang menunggang macan , bisa naik ga bisa turun

Aku ga tau arti jelasnya , bantu in dunks .. :green:


MUALAF!!!!!
:heart:
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3192
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Mon Oct 04, 2010 4:54 pm

duren wrote:Ibarat orang menunggang macan , bisa naik ga bisa turun

Aku ga tau arti jelasnya , bantu in dunks .. :green:


ini artinya kewajiban menjadi seorang nabi swt amatlah berat. kegiatan disiang hari amat sibuk, masih ditambah tuntutan performa tinggi dimalam untuk berkreativitas, teknik, dan aneka ragam posisi yang kadang diatas kadang dibawah. naik turun, kanan kiri, depan belakang, atau silang menyilang. itu semua agar tidak monoton dan menjadi cepat bosan. gitu lho bro.... :green:
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby Raven_13 » Mon Oct 04, 2010 10:22 pm

ikut nyumbang, yah.... :green:

Morpheus:
You take the blue pill and the story ends. You wake in your bed and believe whatever you want to believe.
(a red pill is shown in his other hand) You take the red pill and you stay in Wonderland and I show you how deep the rabbit-hole goes.
(Long pause; Neo begins to reach for the red pill) Remember -- all I am offering is the truth, nothing more.

------

When One Door Closes, Another Door Opens

------

Salam kenal dari newbie di sini...
User avatar
Raven_13
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 718
Joined: Wed Sep 08, 2010 11:53 pm
Location: somewhere in South East Asia...

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby duren » Mon Oct 04, 2010 11:51 pm

Masih dari dunia per_nabian :

Gelombang yang didepan pasti digantikan oleh gelombang yang dibelakang

Artinya : :finga: ?
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10814
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby Bigman » Tue Oct 05, 2010 12:13 am

.
.
.

Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Ane cuba mengumpulkan kata2 Kebijaksanaan dari Tuhan Nyang Sejati,
nyang udah tertulis rebuan taon lalu..................!


untuk mengetahui hikmat dan didikan, untuk mengerti kata-kata yang bermakna,
untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran,
untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda--
baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan--


Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.


Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan; tetapi siapa membenci teguran, adalah dungu.


Jalan orang **** lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak.


Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran, tetapi mereka yang mendengarkan nasihat mempunyai hikmat.


Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.


Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

Masing banyak lage ntuh kata2 kebijaksanaan dari Tuhan Nyang Sejati & Benar, trim's. :lol:
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3183
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby duren » Tue Oct 05, 2010 12:25 am

Di dalam ilmu pendekar tidak ada juara dua
di dalam ilmu surat tidak ada juara satu


Kura kura mati meninggalkan tempurung
Pendekar mati meninggalkan kitab


Jangan bosen yahh mbantuin ngaseh arti atas segala pepatah bahlul karang karangan gw .. :rofl:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10814
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby duren » Tue Oct 05, 2010 12:49 am

Spesial kukarang karang untuk Ikee yang imoet

Kepada pertapa buta huruf jangan diberi kitab :vom:
Kalaupun diberi jangan tujuh surat


Kekekekeren ... maseh ada sambungannya loh

dah lah dalam ilmu satu surat tiada juara satu
Konon lage tujuh alamatkan dibakar anak buah laknat
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 10814
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Tue Oct 05, 2010 5:35 am

Raven_13 wrote:ikut nyumbang, yah.... :green:

Morpheus:
You take the blue pill and the story ends. You wake in your bed and believe whatever you want to believe.
(a red pill is shown in his other hand) You take the red pill and you stay in Wonderland and I show you how deep the rabbit-hole goes.
(Long pause; Neo begins to reach for the red pill) Remember -- all I am offering is the truth, nothing more.

------

When One Door Closes, Another Door Opens

------

Salam kenal dari newbie di sini...


salam kenal juga bro :heart:
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Tue Oct 05, 2010 5:41 am

duren wrote:Masih dari dunia per_nabian :

Gelombang yang didepan pasti digantikan oleh gelombang yang dibelakang

Artinya : :finga: ?


ini mengiaskan sebagai nabi swt, dalam menurunkan firman fleksibilitas amatlah penting. harus melihat perkembangan situasi dan kondisi. contohnya: ketika menghadapi wanita yang sedang cemburu, menurunkan firman yang dapat meredakan cemburu. karena itu ada yang namanya firman meredakan gelombang cemburu.
begitu......
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Tue Oct 05, 2010 5:46 am

Bigman wrote:Ane cuba mengumpulkan kata2 Kebijaksanaan dari Tuhan Nyang Sejati,
nyang udah tertulis rebuan taon lalu..................!


untuk mengetahui hikmat dan didikan, untuk mengerti kata-kata yang bermakna,
untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran,
untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang muda--
baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan--


Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.


Siapa mencintai didikan, mencintai pengetahuan; tetapi siapa membenci teguran, adalah dungu.


Jalan orang **** lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak.


Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran, tetapi mereka yang mendengarkan nasihat mempunyai hikmat.


Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.


Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

Masing banyak lage ntuh kata2 kebijaksanaan dari Tuhan Nyang Sejati & Benar, trim's. :lol:


ajaran bijaksana dalam menjalani dan menghadapi kehidupan. bagus sekali bro Bigman... kalau ada lagi bole dibagikan lagi agar saya dan semuanya disini dapat lebih maju selangkah lebih bijak lagi... thx. :heart:
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Re: Kumpulan Pepatah, Peribahasa, Kebijaksanaan, Dll

Postby wohnoutka » Tue Oct 05, 2010 5:53 am

duren wrote:Di dalam ilmu pendekar tidak ada juara dua
di dalam ilmu surat tidak ada juara satu


Kura kura mati meninggalkan tempurung
Pendekar mati meninggalkan kitab


Jangan bosen yahh mbantuin ngaseh arti atas segala pepatah bahlul karang karangan gw .. :rofl:


silahkan bro saling berbagi penjelasan adalah hal yang baik. :heart:


yang ini menggambarkan tidak semua hal sama. nabi swt tidak sama dengan kura-kura dan pendekar. nabi swt mati meninggalkan banyak janda. janda-janda nabi swt juga tidak sama dengan janda kura-kura dan janda pendekar. tidak semua janda bole disamakan.
karena itu harus dipikirkan firman pelindung janda-janda nabi swt. jangan sampai ketika sudah mati lantas janda-janda nabi swt bole dieksploitasi luar dalam seenaknya. ini tentu namanya tidak hormat dan kurang ajar. kalau sampai terjadi akan rugi besar dan reputasi nabi swt pun ikut tercoreng. :green:
Last edited by wohnoutka on Tue Oct 05, 2010 6:58 am, edited 1 time in total.
wohnoutka
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 266
Joined: Mon Oct 12, 2009 7:43 pm

Next

Return to Obrolan Santai



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users