. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

KUMPULAN CERITA2 DONGENG DALAM QURAN/ISLAM

KUMPULAN CERITA2 DONGENG DALAM QURAN/ISLAM

Postby MuridMurtad » Wed Mar 01, 2006 12:35 am

PENDAHULUAN

Quran oleh Muslim diyakuni sebagai wahyu dari Allah yang didiktekan langsung pada Muhammad. Salah satu argument bahwa Quran adalah sungguh-sungguh wahyu Tuhan, adalah independensinya terhadap kitab-kitab terdahulu saperti Taurat dan Injil. Meskipun Quran menyanjikan cerita tentang tokoh-tokoh yang sama, tapi isi cerita ternyata banyak yang tidak sama yang membuktikan keaslian Quran sebagai “karya Tuhan”. Tapi apakah benar demikian ?

Ayat Quran dibawah ini mengakui, bahwa masyarakat sekeliling Muhammad sudah mengetahui bahwa yang diucapkan Muhammad adalah dongeng kuno.

[5] Dan mereka berkata: "Dongengan-dongengan orang-orang dahulu, dimintanya supaya dituliskan, maka dibacakanlah dongengan itu kepadanya setiap pagi dan petang." [6] Katakanlah: "Al Qur'an itu diturunkan oleh (Allah) yang mengetahui rahasia di langit dan di bumi. Sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Sura al-Furqan 25:5,6).

Beberapa Intelektual Muslim berusaha membantahnya (mis: situs Islamic Awareness) dengan argument dan data yang kelihatan meyakinkan, tapi sebenarnya mereka memanipulasi data dan sedang menjalankan al Taqiyya (berbohong demi Islam).

Uraian Dibawah adalah kumpulan dari berbagai cerita dalam Quran yang kelihatannya tidak asli dari Tuhan seperti yang Muslim yakini, kerena cerita-cerita dalam Quran ternyata diambil dari dongeng-dongeng Yahudi dan Kristen, yang tidak terdapat dalam kitab resmi, tetapi berasal dari tradisi-tradisi oral serta kitab-kitab yang tidak sah. Sumber cerita-cerita dalam Quran itu diambil dari 3 sumber yaitu sumber Yahudi, Kristen (gnostik) dan sumber Pagan Arab serta secara tidak langsung Persia dan Hindu.

Sumber Yahudi terdiri dari :

Talmud, hukum-hukum Yahudi (sipil dan agama) hasil rumusan para rabbi yang didasarkan pada Torah, termasuk juga komentar dan penjelasan Torah. Talmud awalnya tradisi oral tapi kemudian dibukukan pada abad ke 3 Masehi .

Midrash, penjelasan dan interprestasi dari para rabbi terhadap Tanakh (Bibel Pernjanjian lama termasuk Torah). Midrash paling awal berasal dari th 100 Sebelum Masehi. Di dalam Midrash termasuk juga Haggada yang isinya dongeng-dongeng Yahudi.

Targum, terjemahan dan interpretasi dari beberapa bagian Tanakh ke dalam bahasa Aram. Biasanya terjemahannya bersifat bebas supaya dapat dimengerti.

Kitab Apokrip & Pseudopigrapha Yahudi.
Tulisan yang tidak sah dan tidak diakui sebagai Kitab Suci, misal Testamen Abraham, testament Salomo, Kitab Enoch, dsb. Meskipun demikian kadang sering dikutip dan dijadikan sumber cerita. Kitab Apokrip Yahudi umumnya berasal dari jaman tahun 3 Masehi-100 Sebelum Masehi.

Sumber Kristen.

Ketika Kristen menjadi agama Negara Roma, golongan bidaah yang tidak sesuai dengan ajaran mainstream (umum /katholik), segera dilarang temasuk. Diantaranya adalah aliran Manicheism (& Gnostik), dan Kristen Assyria (yang dianggap Netorian). Berbagai aliran tsb. kemudian mencari tempat berkembangnya yang bebas dari tekanan Persia atau Byzantium, dan tentu saja yang paling nyaman adalah wilayah Arabia. Ini menjelaskan kenapa Muhammad banyak mengutip cerita Injil Gnostik dan Kitab Apokrip Kristen, yang tidak dikenal dalam Injil Resmi. Kitab Apokrip Kristen berasal dari abad ke 2 sampai abad ke 7 Masehi.

Kristen Gnostik adalah aliran Kristen dengan kepercayaan Dualisme. Menurut Gnostic, Tuhan adalah sumber kebaikan, oleh kerena itu tidak mungkin menghasilkan kerusakan dan penghukuman. Kerusakan dan penghukuman berasal dari Kegelapan. Yahweh (bisa diterapkan juga pada Allah SWT ) dalam Bibel Pernjajian Lama berasal dari kuasa Kegelapan. Sementara manusia sendiri bersifat ilahi yang kesadaran ilahainya perlu dicerahkan lewat pengetahuan rahasia dari Yesus yang adalah manusia sejati dengan kelihahian penuh. Kristen Gnostic sendiri sebagian besar sudah lenyap pada awal abad ke 4. Tetapi lewat Manichean yang menggabungkan Gnostik dengan Zoroaster dan Buddhist Kristen Gnostic berkembang sampai ke China pada abad ke 6-8 Masehi. Tentu saja Muhammad yang tidak terpelajar kesulitan menangkap falsafah dibelakang aliran Gnostik, ia lebih tertarik dengan dongengnya.


I. MALAIKAT, JINN, DAN IBLIS.

1. Malaikat.

Malaikat berasal dari kata Ibrani Malak yang berarti pembawa pesan. Dalam Bibel Perjanjian Lama, Malaikat Tuhan adalah pewujudan Tuhan sendiri, seperti yang dilihat Ibrahim dan Musa. Malaikat Tuhan seringkali tampil dalam wujud manusia biasa (tanpa sayap), atau seperti nyala api disemak duri (seperti yang dilihat Musa). Dalam Kitab Para Nabi, malaikat digambarkan dengan berbagai bentuk, misalnya seperti manusia bersayap. Penggambaran malaikat bersayap sepertinya pengaruh dari Zoroastersm. Menurut Pernjanjian Baru (Kristen), malaikat adalah roh dan tidak kawin atau mengawinkan dan tidak terlihat, meskipun kadang menampakkan diri dalam bentuk manusia.

Dalam perkembangan selanjutnya, menurut interpretasi para rabbi dan kitab-kitab non canonical / dongeng Yahudi (mis: kitab Enoch), malaikat diciptakan dari api sama seperti Iblis. Menurut Kitab-Kitab Enoch berbagai malaikat mempunyai tugas masing-masing, diantaranya mengatur peredaran benda-benda langit.Malaikat juga digambarkan mempunyai sayap, dan berterbangan seperti laron di 7 langit. Dalam tradisi para rabbi, ada 7 malaikat utama (archangels). Tujuh malaikat utama yang bersayap dalam tradisi para rabbi jelas pengaruh dari Zoroastersm.

Gambaran malaikat dalam Islam, kelihatannya banyak dipengaruhi oleh dongeng-dongeng Yahudi diatas. Dalam hayalannya waktu peristiwa Isra Miraj, Muhammad melihat jibril dengan banyak sayap. Dan ini juga ditegaskan dalam Quran 35.1 :

[1] Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Sebagian besar nama malaikat dalam Islam di ambil dari tradisi Judaism :

- Jibril berasal dari Gabriel atau Gavri el artinya Elohim kekuatanku.
- Mikail berasal dari Micha el artinya yang seperti Elohim.
- Israfil berasal dari Rapha el artinya Elohim menyembuhkan.
- Azrail berasal dari Azra el salah satu malaikat maut.
- Malik (Q 43:77) berasal Malach ha-Mavet(?)atau Malaikat el Maut.

Beberapa malaikat dalam Islam mungkin namanya berasal dari Zoroasterian, yaitu :
Harut dan Marut (Q 2:102) berasal dari Haruvatāt dan Ameretāt. Tapi ceritanya mirip dongeng Yahudi mengenai malaikat yang jatuh bernama : Shemazaī, Uzza, dan Azazel.
Selain itu ada juga malaikat yang bernama Munkar dan Nankir, yang baik terhadap muslim soleh, tapi bengis terhadap yang kafir…. (para kafir hati-hati…)

Tapi berbeda dengan Judaism, menurut Islam malaikat diciptakan dari cahaya (nur) dan tidak mempunyai kehendak bebas seperti manusia (dan Jin). Kepercayaan bahwa malaikat dibuat dari cahaya mungkin berasal dari ajaran Kristen Gnostik / Manicheism. Dalam Manicheism (dan Gnostik) ada 12 Aeon (malaikat utama) yang disebut “Para Kekasih Cahaya”. Menurut manicheism (dan Gnostic), kekuatan Jahat (berasal dari Pangeran Kegelapan) tidak mungkin berasal dari kekuatan baik, jadi setan tidak mungkin berasal dari malaikat.

Link Kitab-kitab Enoch : http://www.pseudepigrapha.com/

2.Jin (English : Genie)

Jin, Arab : (العربيه) , Ibrani : עברית, berasal dari kata Persia hantu yang kemudian menjadi kepercayaan Arab pre Islam (juga Mesopotamia dan Mesir ).Menurut Islam Jin sejenis makhluk roh di antara malaikat dan Setan. Sementara setan adalah Jin yang memberontak (termasuk Iblis) yang turun ke bumi mengganggu manusia. Jin diciptakan dari api. Jin biasa merasuki para Kahin di Kabah (pre Islam), memberikan inspirasi dan dimanfaatkan untuk menulis puisi dan meminta berkah. Pola inspirasi dan jin ini sepertinya sama dengan pewahyuan “Jibril” kepada Muhammad..

Dalam Q72:1-15 Jin ada yang masuk Islam setelah mendengarkan ayat Quran. Jin Islam adalah Jin baik, sementara yang lainnya kayu baker api neraka. Tapi dalam Q26:212, Jin dijauhkan dari mendengar ayat Quran (?).

Istilah Genie dikenal oleh masyarakat Barat berasal dari cerita 1001 malam. Cerita 1001 malam sendiri bukan murni berasal dari Islam, tapi merupakan karya bajakan dari cerita-cerita rakyat Assyria (Mesopotamia). Menurut Islam , Raja Salomo (“nabi” Sulaiman) adalah penakluk Jin dan Setan.

Q27.17 :
[17] Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan).

Dongeng Raja Salomo berbicara dan menaklukkan Jin adalah pengaruh mistik Yahudi dan dapat dibaca di buku pseudogripa “Testament Salomo”. Jin mempunyai jenis kelamin. Jin perempuan disebut “Jinniah” (Jeanny ?) dan bisa beranak pinak…….

Tastamen Solomen ayat 5b berbunyi :
…………………………………dan berkata kepadaku : “Ambil, O Solomon, raja, anak Daud,hadiah yang Tuhan Allah kirimkan pada engkau, Sabaoth yang tertinggi. Dengan ini engkau mengurung semua hantu-hantu di bumi, pria dan wanita; dan dengan pertolongan mereka engkau akan membangun Yerusalem. Tetapi engkau harus memakai lambang Allah ini. Dan ukiran lambang cincin itu adalah sebuah Pentalpha”. (pentagram symbol magic ?)

Jin dalam Hadis Bukhari:
Bukhari vol 4 no 533 –Di malam Jin mencuri segala sesuatu dan membakar rumah… (Jin berkacamata hitam ?), Bukhari vol 5 no 200 –Jin makan tulang dan kotoran…………….

The Testament of Solomo ( awal abad 3 masehi)
http://www.earlyjewishwritings.com/testsolomon.html

3. Iblis.

Menurut kepercayaan Yahudi dan Kristen, Iblis (berasal dari kata Yunani : Diaobolos) adalah malaikat yang jatuh. Disebut juga Satan atau dalam Islam Shaitan. Berbeda dengan kepercayaan Yahudi Kristen, dalam Islam Iblis adalah Jin (bukan malaikat)yang menjadi jahat. Jadi Iblis dan Jin adalah mahluk yang sama, yaitu yang diciptakan dari api. Meskipun demikian dalam Quran, kisah pemberontakan Iblis jelas diambil alih dari dongeng-dongeng Yahudi dan Kristen.

Dalam Quran surah 15, dikatakan Iblis menentang Allah :

[30] Maka bersujudlah para malaikat itu semuanya bersama-sama, [31] kecuali iblis. Ia enggan ikut bersama-sama (malaikat) yang sujud itu. [32] Allah berfirman: "Hai iblis, apa sebabnya kamu tidak (ikut sujud) bersama-sama mereka yang sujud itu?" [33] Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk". [34] Allah berfirman: "Keluarlah dari surga, karena sesungguhnya kamu terkutuk, [35] dan sesungguhnya kutukan itu tetap menimpamu sampai hari kiamat". [36] Berkata iblis: "Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tangguhlah kepadaku sampai hari (manusia) dibangkitkan".

Kutipan Injil Bartolomeus (dibuat pada abad ke 3) :
http://www.pseudepigrapha.com/LostBooks/bartholomew.htm
Tetapi Iblis berkata :
………………………… Dan ketika aku datang dari ujung dunia, Michael berkata padaku: ‘Sembahlah Gambar Allah yang dibuat menurut rupaNya. Tetapi aku berkata: ”Aku adalah api dari api, aku adalah malaikat pertama yang dibentuk, dan akankah aku menyembah tanah liat dan materi? Dan malaikat Michael berkata padaku: ‘Sujudlah, kalau-kalau nanti Allah marah padamu.’ Aku menjawab: ‘Allah tidak akan marah padaku; tetapi Aku akan menaikan tahtaku di atas tahta Nya. Kemudian Allah marah kepadaku dan melemparku ke bawah, …….”
(Gospel of Bartholomew, p352)

Cerita di atas tidak ada dalam Bibel resmi, itu adalah rekaan para rabbi Yahudi dengan maksud melengkapi Bibel supaya mudah dipahami. Penulis Injil Apokrip Bartholomew jelas mengutip kisah tsb. dari dongeng Yahudi, demikian juga Quran.

Dalam Kitab Enoch salah satu malaikat jatuh yang bernama Azaziel (Enoch 8.1) mengajar manusia memakai pisau, pedang dan perisai. Azaziel termasuk kelompok malaikat pemberontak. Menurut Apocalypse of Abraham, Azazil dihubungkan dengan neraka (14:5-6). Dalam Islam Azaiel disebut Azazil, bosnya para Setan, bapaknya para Jin.

Kerena Jin mempunyai jenis kelamin, maka Setanpun mempunyai jenis kelamin. Dalam Kitab Kejadian, diceritakan mengenai anak-anak Tuhan yang turun ke bumi lalu mengawini anak-anak manusia. Para Rabbi kemudian menginterprestasikan cerita ini dengan menganggap anak-anak Tuhan itu sebagai malaikat yang jatuh atau Setan, sehingga muncul kepercayaan bahwa setan laki-laki (Incubus) tertarik pada wanita demikian juga sebaliknya. Iblis wanita dalam dongeng Yahudi disebut Lilith atau Lil Devil. Dongeng Yahudi itu bertentangan dengan Injil sendiri, kerena menurut Injil malaikat atau Iblis mahluk supernatural yang tidak kawin atau mengawinkan.

4. Muhammad dan Setan.

Dalam Testemen Solomo ayat 10 ada satu mahluk demon yang bernama Ornias , yang bernafsu pada gadis-gadis polos, suka mencekik manusia, bisa berubah bentuk menjadi wanita cantik dan bermain dengan manusia (yang sedang terangsang /ngelamun jorok ?) dalam tidurnya. Jadi menurut dongeng-dongeng Yahudi, setan bisa mencekik dan menangkap (menindih ?) manusia. Maka dapat dipahami kenapa Muhammad ketakutan dan lari terbirit-birit ketika mendapat “wahyu” di gua Hira, dimana mahluk gaib menindihnya. Dan kemudian Khadijah berpose telanjang didepan Muhammad yang lagi kesurupan, untuk mengetes yang datang Jin atau malaikat….
Diskusi : http://indonesian.knowislam.info/forum/ ... .php?t=492

Dalam Testamen Solomon ayat 4, setan mengambil makanan dan datang pada saat matahari terbenam : Tetapi si anak berkata pada raja : “ Aku memohon engkau, O Raja. Dengar mengenai apa yang menimpa seluruh anak tuan. Sesudah kami semua bebas dari pekerjaan kami di Kuil Allah, sesudah matahari terbenam, ketika aku berbaring istirahat, satu dari hantu jahat datang mengambil dariku setengah dari upahku dan setengah makananku. Dan juga menangkap tangan kananku dan menghisap jariku. Dan lihatlah, jiwaku ditekan, dan tubuhku bertambah besar tiap hari.”

Dan menurut Testamen Solomon Setan juga bisa tinggal dalam bagian-bagian tubuh manusia dan menyebabkan sakit. Misal setan bernama Alath dapat mengakibatkan batuk dan sesak nafas pada anak kecil , Naôth yang tinggal dilutut manusia, Atrax menyebabkan demam dsb.

Testamen Solomon ayat 17 :
Dan ketika dia datang, aku berkata kepadanya : “Katakan siapa engkau? Tetapi dia berkata padaku: “Aku dipanggil Onoskelis, roh ……………….Pada suatu waktu aku mencekik orang dengan jerat; dilain waktu, aku merangkak dari sekeliling ke tangan. Tetapi paling sering tinggal ditebing, gua (juga gua HIRA ?), lembah……………………

Bandingkan dengan hadis-hadis dibawah ini :

Bukhari vol 4 book54 no 5343
“Muhammad mengajarkan, ‘Tutup alat-alat pertukangan, ikat tempat airmu, tutup pintumu, dan jaga anakmu dimalam hari, kerena jin bergentayangan di waktu itu dan mengambil apa saja. …”
Bukhari vol 4 book 54 no 509.
“Nabi berkata, ‘Menguap berasal dari Setan dan bila sesorang darimu menguap, dia harus menahan nguapnya sebisa mungkin, dan bila seseorang darimu selama menguap berkata :”Ha”, Setan akan tertawa dengannya.’”
Bukhari vol 4 book 54 no 516
Nabi berkata : “Jika sesorang bangun pagi dan melakukan wudhu, harus memcuci hidungnya kerena setan tinggal di bagaian atas hidung semalaman.”
Bukhari vol 2 book 21 no 194
Sesorang yang tidur dan telat solat subuh. Nabi berkata : “Setan mengencingi telinganya.”
Bukhari vol 4 book 54 no 506
“Pada saat bayi lahir, setan menyentuh kedua sisi tubuhnya dengan 2 jari. Itulah sebabnya bayi menangis.”
Bukhari volume 4 book 54 no 484
“Aku mendengar nabi berkata :’ Demam berasal dari api neraka,……………’.”
Bukhari volume 6 book 61 no 530
“Rasul Allah memerintahkan ku untuk menjaga hasil Zakat. Kemudian sesorang datang dan mulai mencuri makanan. Aku menangkapnya dan berkata, ‘Aku akan membawamu ke Rasul Allah!’ Dia menjawab, ‘Tolong jangan bawa aku padanya. Bila engkau meluluskan permintaanku aku akan mengatakan padamu kata-kata yang mana Allah akan menguntungkanmu.’ Maka kemudian ia berkata, ‘Ketika engkau pergi ke pembaringan dan mengucapkan ayat Kursi, seorang penjaga dari Allah akan melindungimu dari Setan.’ Ketika nabi mendengar cerita ini dia berkata, ‘Dia yang datang padamu semalam mengatakan kebenaran, meskipun ia adalah pembohong, kerena ia adalah Setan..’”



II. KISAH SULAIMAN BERBICARA DENGAN BINATANG.

Q 27. 17-dst

[17] Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). [18] Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari"; [19] maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". [19] maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". [20] Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata: "Mengapa aku tidak melihat h ud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. [21] Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya dengan azab yang keras, atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang". [22] Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini……………………….dst

Targum Esther 2 :

“Solomo memberi perintah ‘ Aku akan mengirim raja dan balatentara melawan engkau dari Genii (jin) binatang-binatang darat para burung di udara.’ Hanya kemudian burung Ayam Merah, yang sedang bersenang-senang, tidak ditemukan; Raja Solomo berkata bahwa mereka akan menangkapnya dan membawanya dengan paksa, dan tentu saja ia mencari untuk membunuhnya. Tetapi kemudian, sang ayam nampak dihadapan sang raja dan berkata, ‘ aku telah melihat seluruh dunia dan mengetahui kota dan kerajaan Sheba yang tidak tunduk, tuanku raja. Mereka dipimpin oleh seorang wanita yang dipanggil Ratu Sheba. Kemudian aku menemukan kota yang berkubu di tanah-tanah Timur yang jalan-jalannya dipenuhi bebatuan emas dan perak.’ Pada suatu kesempatan ketika Ratu Sheba keluar di pagi hari untuk menyembah laut, para juru tulis Salomo mempersiapkan sebuah surat, yang diletakkan di bawah sayap burung, dan membiarkannya terbang, sehingga mencapai benteng Sheba. Melihat surat yang dibawa burung itu, sang ratu membuka dan membacanya. ‘Raja Salomo mengirim salamnya. Sekarang bila engakau bersedia untuk datang dan berbincang tentang kesejahteraan, aku akan meninggikan engkau di atas semuanya. Tetapi bila tidak bersedia, aku akan mengirim raja-raja dan balatentara melawan engkau.’ Ratu Sheba mendengar ini, dia menyobek pakaiannya, dan meminta advis para petingginya . Mereka tidak mengetahui Solomon, tapi menyarankannya untuk mengirim kendaraan-kendaraan dekat laut, penuh dengan hiasan indah dan permata, juga mengirim surat kepada Salomo. Ketika akhirnya Sang Ratu datang, Solomon mengirim seorang utusan untuk menemui sang Ratu. …………..dst.

Barangkali Muhammad tidak langsung mendapatkan cerita dari Targum Esther 2, tapi medapatkan dari sumber lain. Namun Targum Esther 2 sendiri berasal dari jaman sebelum Muhammad bahkan disebut oleh sejarahwan Josephus, oleh kerena itu cerita Sulaiman dan ratu Sheba itu pasti sudah ada sebelum Muhammad. Dan Muhammad membajaknya tanpa tahu bahwa cerita itu bukan kisah Kitab Suci Yahudi, tapi hanya dongeng atau fable yang mungkin mirip cerita si Kancil yang Cerdik…

Lihat juga Link :
http://www.answering-islam.org/Response ... /sheba.htm
http://www.prophetofdoom.net/sm.html
Targum (Ibrani) : http://cal1.cn.huc.edu/targumbrowse.html



III. IBRAHIM MENGHANCURKAN BERHALA.

Q 21.51-65.

[51] Dan sesungguhnya telah Kami anugerahkan kepada Ibrahim hidayah kebenaran sebelum (Musa dan Harun), dan adalah Kami mengetahui (keadaan) nya. [52] (Ingatlah), ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya dan kaumnya: "Patung-patung apakah ini yang kamu tekun beribadah kepadanya?" [53] Mereka menjawab: "Kami mendapati bapak-bapak kami menyembahnya". [54] Ibrahim berkata: "Sesungguhnya kamu dan bapak-bapakmu berada dalam kesesatan yang nyata". [55] Mereka menjawab: "Apakah kamu datang kepada kami dengan sungguh-sungguh ataukah kamu termasuk orang-orang yang bermain-main?" [56] Ibrahim berkata: "Sebenarnya Tuhan kamu ialah Tuhan langit dan bumi yang telah menciptakannya; dan aku termasuk orang-orang yang dapat memberikan bukti atas yang demikian itu". [57] Demi Allah, sesungguhnya aku akan melakukan tipu daya terhadap berhala-berhalamu sesudah kamu pergi meninggalkannya. [58] Maka Ibrahim membuat berhala-berhala itu hancur berpotong-potong, kecuali yang terbesar (induk) dari patung-patung yang lain; agar mereka kembali (untuk bertanya) kepadanya. [59] Mereka berkata: "Siapakah yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang lalim". [60] Mereka berkata: "Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim". [61] Mereka berkata: "(Kalau demikian) bawalah dia dengan cara yang dapat dilihat orang banyak, agar mereka menyaksikan”. [62] Mereka bertanya: "Apakah kamu, yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, hai Ibrahim?" [63] Ibrahim menjawab: "Sebenarnya patung yang besar itulah yang melakukannya, maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara". [64] Maka mereka telah kembali kepada kesadaran mereka dan lalu berkata: "Sesungguhnya kamu sekalian adalah orang-orang yang menganiaya (diri sendiri)", [65] kemudian kepala mereka jadi tertunduk (lalu berkata): "Sesungguhnya kamu (hai Ibrahim) telah mengetahui bahwa berhala-berhala itu tidak dapat berbicara"

Sumber Midrash : Gennesis Rabbah.

Terah, bapak Abraham dan Haran, adalah seorang pedagang berhala sekaligus penyembahnya. Suatu ketika dia pergi, dia memberi Abraham persediaan ukiran berhala untuk dijual selama ia tidak ada.….. Seorang wanita datang dengan segenggam penuh tepung yang bagus untuk dipersembahkan kepada berhala Terah yang sekarang dalam tanggung jawab Abraham. Abraham mengambil tongkat dan memecahkan semua berhala kecuali yang paling besar, dengan tongkat ditangan dihancurkannya semua barang dagangan. Ketika ayahnya kembali, dan melihat kerusakan besar pada dewa-dewanya dan miliknya, dia menuntut penjelasan dari anaknya siapa yang melakukannya. Abraham dengan mengejek menjelaskan ketika suatu persembahan tepung yang bagus di bawa kepada para berhala, mereka berkelahi satu sama lain saling berebut, ketika akhirnya yang terbesar dari mereka marah atas perselisihan ini , mengambil tongkat untuk menghukum para pengacau dan menghancurkan mereka semua. Terah sangat tidak puas dengan penjelasan ini. Ia tahu ini hanya olok-olok……

Gennesis Rabbah, berasal dari abad ke 6 Masehi. Dalam Gennesis Rabbah, cerita terlihat jalan cerita yang lebih jelas. Sementara Q 21 sepertinya cerita “lupa=lupa inget”.

Link Gennesis Rabbah : http://www.sacred-texts.com/jud/mhl/mhl05.htm
Lihat juga : http://www.answering-islam.org/Quran/So ... raham.html
Lihat juga :pembahasan di : http://www.geocities.com/freethoughtmec ... llaah.html
Mengenai Midrash Rabba : http://en.wikipedia.org/wiki/Midrash


IV. KISAH DZUL QARNAEN.

Dalam Quran DzulQarnaen digambarkan sebagai seorang muslim yang soleh.Di masa lalu tradisi Islam memang menyamakan Dzulqarnaen dengan Alexander Agung. Ini dapat dilihat banyak Muslim memakai nama Iskandar.
Yusuf Ali mengindentifikasi Dzul-Qarnain sebagai Alexander Agung :
"Secara pribadi, tidak menyangsikan bahwa Dzul-Qarnain adalah Alexander Agung, Alexander yang historis, dan bukan legenda......................."
Tetapi kenyataan sejarah berbeda dengan pernyataan Quran, kerena Alexander Agung ternyata adalah penyembah berhala. Muslimpun mulai menolak dan mencari figure lain untuk DzulQarnaen misal raja Cyrus dari Persia ??

Meskipun demikian, sebetulnya secara histories, DzulQarnaen cenderung merujuk ke Iskandar Agang. Menurut Ibnu Kathir : penduduk Mekkah pergi ke Ahli Kitab, dan bertanya pertanyaan apa yang harus diberikan kepada Muhammad untuk mengetesnya, dan dijawab oleh ahli kitab untuk menanyakan 3 hal yang salah satunya mengenai Dzul-Qarnaen .Pertanyaan mengenai ZulQarnaen dijawab oleh Muhammad seperti pada ayat Q18:89-90 dan seterusnya.

Kisah ini membuktikan bahwa nama Dzul-Qarnaen sudah dikenal dikalangan Yahudi dan Nasrani . Kedua kelompok orang tsb. tentu saja tidak akan bercerita tentang raja Persia, kerena tidak ada hubungannya (disamping itu Persia juga menindas mereka).

Tapi kenapa Quran yang dipercaya sebagai dari “Allah” , bisa demikian fatal mengatakan Alexander Agung sebagai mukmin ? Apa hubungannya dengan Yahudi dan Nasrani ? Lagi-lagi Kisah Yahudi penyebabnya :

Dalam Midrash Alexander, konon ketika balatentara Alexander Agung hendak memasuki Yudea dan Yerusalem, Imam besar mendapat peringatan melalui mimpi, melihat dirinya sendiri memakai jubah ungu, topi, dan plat emas bertuliskan nama Tuhan.

Ketika Alexander hendak memasuki Yerusalem, ia disambut dengan pakaian kebesaran imam tsb. Alexander tercengang, kerena orang yang perpakaian seperti imam besar tsb. pernah datang melalui mimpinya, dan memintanya untuk tidak menunda menyerang Asia. Setelah mimpi itu Alexander, selalu dapat kemenangan dengan mudah dan mengalahkan Darius (Persia).

Alexander pun takjub dan menghormati Yahweh, serta memberikan hak istimewa dan kebebasan menjalankan ibadah pada kaum Yahudi. Dengan membebaskan kaum Yahudi dari cengkeraman Darius (Persia), Alexander dianggap pembebas, meskipun pada kenyataannya ia adalah pagan dan sama saja dengan Fir'aun. Cerita-cerita Alexander Agung, dan mengenai perjalanannya ke Timur dan Barat menjadi popular dikalangan Yahudi dan Kristen. Salah satu sumber cerita itu adalah tulisan yang didasarkan pada karangan Pseudo-Callisthenes (200BC) .

Jadi kelihatannya kerena Yahudi menghormati Alexander Agung sebagai pembebas, maka Muhammadpun menganggapnya sebagai Mukmin yang soleh. Dan secara fatal fakta sejarah yang salah itu tercantum dalam Quran.

Link midrash Alexander :
http://www.sacred-texts.com/jud/tmm/tmm03.htm
http://www.jewishencyclopedia.com/view. ... 0&letter=A
Link lain :
http://www.wsu.edu:8080/~dee/MESO/PERSIANS.HTM
http://debate.domini.org/newton/alex.html


V. KISAH MAYAT ABEL DAN BURUNG GAGAK.

Q5.31-32 berbunyi :

[31] Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Kabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayit saudaranya. Berkata Kabil: "Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayit saudaraku ini?" Karena itu jadilah dia seorang di antara orang-orang yang menyesal. [32] Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israel, bahwa: barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi.

Kisah dari Targum Jonathan :

Adam dan Hawa duduk dekat mayat, menangis tidak tahu apa yang harus dilakukan, kerena mereka tidak tahu cara penguburan. Seekor burung gagak datang, mengambil mayat sesamanya, menggaruk-garuk tanah dan menguburkan mayat itu di depan mata mereka. Adan berkata :’ Mari ikuti cara burung gagak’, maka diambilnya mayat Abel, dan menguburkannya seketika.

Cerita ini sedikit berbeda, mengenai siapa yang mengubur. Namun intinya cerita burung gagak sendiri adalah hanya legenda. Dan Allah mengambil legenda itu sebagai cerita nyata…………………….

Selanjutnya ayat 32 diambil dari Misnah Sanhendrin pasal IV 37 a :

Kita temukan seperti dalam kasus Kain yang membunuh saudaranya, dan tertulis demikian : ‘Darah (bloods) dari saudaramu berteriak kepada Ku’. Bukan darah (tunggal/blood) dari saudaramu, tapi darah (jamak/bloods) dari saudaramu, dikatakan – yaitu, darahnya dan darah dari para keturunanya (potensial). Oleh sebab ini manusia diciptakan sorang diri, untuk mengajarkan kamu bahwa siapun menghancurkan satu jiwa dari Israel, kitab suci menuntut (bersalah) padanya seolah-olah dia menghancurkan seluruh dunia, dan barang siapa memelihara satu jiwa dari Israel, kitab suci menganggap seolah-olah ia memelihara seluruh dunia.

Dari Misnah Sanhendrin jelaslah interpretasi dan ucapan para Rabbi dijadikan seolah-olah itu adalah Firman Tuhan. Ini sekali lagi menunjukan ketidak tahuan Allah mana yang Firman Tuhan menurut Yahudi, dan mana yang bukan.

Link :
Misnah Sanhedrin (dari Talmud ) : http://come-and-hear.com/sanhedrin/sanhedrin_37.html
Targum (Ibrani) : http://cal1.cn.huc.edu/targumbrowse.html
Lihat juga : http://answering-islam.org/Responses/Sa ... -abel2.htm


VI. DONGENG-DONGENG YANG BERASAL DARI INJIL APOKRIP (GNOSTIC).

Kelihatannya Muhammad hendak mengkoreksi Injil. Namun sayang yang dikoreksi adalah kisah-kisah dari karangan palsu yang tidak diakui oleh Kristen resmi. Sehingga ketahuan belangnya bahwa Allah maha tahu tidak tahu apa-apa mengenai Injil yang dipakai secara resmi.

1. Masalah penyaliban Isa .

Q4.157-158
[157] dan karena ucapan mereka: "Sesungguhnya Kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah", padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. [158] Tetapi (yang sebenarnya), Allah telah mengangkat Isa kepada-Nya. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Ayat Quran diatas bercerita tentang perselisihan mengenai pembunuhan Isa (barangkali antara Yahudi dan Kristen). Tetapi cerita sebenarnya aneh, dan dikalangan Muslim sendiri tidak sepakat, kenapa Tuhan harus “menyamarkan “ Isa, dan mengelabui banyak orang, tujuannya apa??? Tapi mungkin saja Muhammad dapat pengetahuan dari kaum Gnostik. Meski aliran Gnostik sendiri hampir semuanya lenyap pada awal abad ke 4, tapi masih ada sisa-sisa pengajaran terutama melalui Manicheism.
Link : http://en.wikipedia.org/wiki/Manichaeism

Beberapa kutipan dari kitab-kitab Gnostik :

Dalam 'Second Treatise of the Great Seth', tertulis demikian :
http://www.gnosis.org/naghamm/2seth.html
Yesus berkata, ‘ Aku tidak mati pada kenyataannya tetapi hanya kelihatannya,,,Mereka yang salah dan buta melihat aku; mereka menghukum aku. Adalah orang lain, ayah mereka, yang minum cuka dan empedu, bukan aku. Mereka menyerang aku dengan buluh ; itu adalah orang lain, Simon, yang memanggul salib di pundaknya. Aku bergembira dalam ketinggian diatas semuanya. Dan Aku tertawa atas kebodohan mereka.

Dan menurut Wahyu kepada Petrus (100-200 M):
http://www.earlychristianwritings.com/a ... peter.html
‘Dia yang engkau lihat di atas pohon sedang bergembira dan tertawa, adalah Yesus yang hidup. Tetapi seseorang yang tangan dan kaki mereka paku adalah bagian dari daging yang adalah pengganti untuk dipermalukan, satu orang yang mirip dengannya..

Menurut Kristen Gnostik, Yesus sebenarnya tidak disalibkan, mati dan menderita, tetapi telah disamarkan. Ini adalah penyesuaian dengan konsep Gnostik, bahwa Yesus yang ilahi (satu aeon yang berasal Bapa /cahaya) tidak mungkin menderita, kerena penderitaan berasal dari kegelapan dan Yesus tidak tercampur dan tercemar dengan kegelapan, oleh kerena itu tidak mungkin menderita. Tapi ketika teori ini dimasukkan dalam Quran menjadi aneh dan membingungkan…?

2. Maria (Siti maryam) dan pohon Kurma.

Surah Maryam (Q19)............................................
[23] Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, ia berkata: "Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan".
[24] Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: "Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.
[25] Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.
[26] Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang Manusia pun pada
hari ini".


Sumber Kristen : Gospel of the Birth of Mary (abad ke 6)
http://www.comparative-religion.com/chr ... ha/5/3.php
Pasal 20 :
Mereka berjalan lewat 3 hari, sementara berjalan Maria merasa lelah oleh teriknya matahari gurun; dan melihat sebuah pohon Kurma. Maria mengajak Yusuf beristirahat dibawah pohon. Yusuf membimbingnya Maria duduk. Maria melihat ke daun korma, dan dilihatnya penuh dengan buah-buah. Yusuf berkata bahwa pohonnya tinggi. Melihat itu bayi Yesus segera memerintahkan pohon korma itu melengkung............Setelah diambil buahnya, pohon itu siperintahkan lagi untuk tegak. Yesus juga memerintahkan pangkal pohon kurma terangkat, sehingga keluar mata air........

3. Isa berbicara waktu diayunan.

Surah Maryam ……………………………………………
[29] maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: "Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih dalam ayunan?"
[30] Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberikuAl Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang nabi.

Sumber Kristen abad ke 5-6 :The Arabic Gospel of The Infancy of The Saviour .
http://wesley.nnu.edu/biblical_studies/ ... nfarab.htm
1. Kami temukan (1) apa yang disebut dalam buku Jusuf sang Imam Besar, yang hidup sejaman kristus. Beberapa mengatakan bahwa dia adalah Kayafas.
(2) Dia berkata bahwa Jesus berbicara, dan , sungguh, ketika Ia sedang berbaring di ayunan dan berkata kepada Maria ibuNya : Aku Jesus, Anak Allah dan Firmannya (KalimatNya), yang engkau lahirkan, seperti yang diumumkan malaikat Jibril pada engkau; dan Bapak Ku mengirimKu untuk keselamatan dunia……………………………..


4. Kanak-kanak Yesus membuat burung hidup dari tanah liat!!

Al-Maaidah 5:110

(Ingatlah), ketika Allah mengatakan:"Hai 'Isa putera Maryam, ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada Ibumu diwaktu Aku menguatkan kamu dengan ruhul qudus. Kamu dapat berbicara dengan manusia diwaktu masih dalam buaian dan sesudah dewasa; dan (ingatlah) diwaktu Aku mengajar kamu menulis, hikmah, Taurat dan Injil, dan (ingatlah pula) diwaktu kamu membentuk dari tanah (suatu bentuk) yang berupa burung dengan izin-Ku, kemudian kamu meniup padanya, lalu bentuk itu menjadiburung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku, dan (ingatlah) diwaktu Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuh kamu) dikala kamumengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir diantara mereka berkata:"Ini tidak lain sihir yang nyata".

Sumber Kristen : The Arabic Gospel of The Infancy of The Saviour
http://wesley.nnu.edu/biblical_studies/ ... nfarab.htm
46. Kembali, pada suatu hari, Tuhan Yesus dengan kawan-kawannya pada sebuah aliran air, dan mereka kembali membuat danau-danau ikan kecil. Dan Tuhan Yesus membuat 12 burung pipit (sparrows), dan ia mengatur mereka di sekitar kolam ikanNya, tiga dimasing-masing sisi. Dan ini adalah hari Sabat. Oleh sebab itu seorang Yahudi, anak Hanan, muncul , dan melihat sedemikan sibuk, berkata dengan marah dan sangat geram : Kamu membuat bentuk dari tanah liat pada hari Sabat ? Dan dia berlari cepat, dan menghancurkan kolam-kolam bereka. Tetapi ketika Yesus menepukkan tanganNya diatas burung-burung yang Ia buat, mereka semua terbang dan berkicau………

Kisah ini juga terdapat dalam Injil Thomas masa kanak-kanak Yesus (abad ke 2) :
http://www.earlychristianwritings.com/i ... homas.html


VII. KISAH PEMUDA-PEMUDA DALAM GUA

Muhammad di tantang penduduk Mekkah, mengenai jumlah sekelompok orang di dalam gua, yang jumlahnya diperdebatkan. Lalu turun surah 18 yang cukup panjang.

Q18.9-24
[9] Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan? [10] (Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)". [11] Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu, [12] kemudian Kami bangunkan mereka, agar Kami mengetahui manakah di antara kedua golongan itu yang lebih tepat dalam menghitung berapa lamanya mereka tinggal (dalam gua itu). [13] Kami ceritakan kisah mereka kepadamu (Muhammad) dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka dan Kami tambahkan kepada mereka petunjuk; [14] dan Kami telah meneguhkan hati mereka di waktu mereka berdiri lalu mereka berkata: "Tuhan kami adalah Tuhan langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran". [15] Kaum kami ini telah menjadikan selain Dia sebagai tuhan-tuhan (untuk di sembah). Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang (tentang kepercayaan mereka?) Siapakah yang lebih lalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah? 16] Dan apabila kamu meninggalkan mereka dan apa yang mereka sembah selain Allah, maka carilah tempat berlindung ke dalam gua itu niscaya Tuhanmu akan melimpahkan sebagian rahmat-Nya kepadamu dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusan kamu. [17] Dan kamu akan melihat matahari ketika terbit, condong dari gua mereka ke sebelah kanan, dan bila matahari itu terbenam menjauhi mereka ke sebelah kiri sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu. Itu adalah sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Allah. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barang siapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya. [18] Dan kamu mengira mereka itu bangun padahal mereka tidur; dan Kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan (diri) dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi dengan ketakutan terhadap mereka. 19] Dan demikianlah Kami bangunkan mereka agar mereka saling bertanya di antara mereka sendiri. Berkatalah salah seorang di antara mereka: "Sudah berapa lamakah kamu berada (di sini?)". Mereka menjawab: "Kita berada (di sini) sehari atau setengah hari". Berkata (yang lain lagi): "Tuhan kamu lebih mengetahui berapa lamanya kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini, dan hendaklah dia lihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah dia membawa makanan itu untukmu, dan hendaklah dia berlaku lemah lembut dan janganlah sekali-kali menceritakan halmu kepada seseorang pun. [20] Sesungguhnya jika mereka dapat mengetahui tempatmu, niscaya mereka akan melempar kamu dengan batu, atau memaksamu kembali kepada agama mereka, dan jika demikian niscaya kamu tidak akan beruntung selama-lamanya". [20] Sesungguhnya jika mereka dapat mengetahui tempatmu, niscaya mereka akan melempar kamu dengan batu, atau memaksamu kembali kepada agama mereka, dan jika demikian niscaya kamu tidak akan beruntung selama-lamanya". [21] Dan demikian (pula) Kami mempertemukan (manusia) dengan mereka, agar manusia itu mengetahui, bahwa janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika orang-orang itu berselisih tentang urusan mereka, orang-orang itu berkata: "Dirikanlah sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka". Orang-orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata: "Sesungguhnya kami akan mendirikan sebuah rumah peribadatan di atasnya". [22] Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(Jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjingnya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(Jumlah mereka) tujuh orang, yang kedelapan adalah anjingnya". Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit". Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun di antara mereka. [22] Nanti (ada orang yang akan) mengatakan (jumlah mereka) adalah tiga orang yang keempat adalah anjingnya, dan (yang lain) mengatakan: "(Jumlah mereka) adalah lima orang yang keenam adalah anjingnya", sebagai terkaan terhadap barang yang gaib; dan (yang lain lagi) mengatakan: "(Jumlah mereka) tujuh orang, yang kedelapan adalah anjingnya". Katakanlah: "Tuhanku lebih mengetahui jumlah mereka; tidak ada orang yang mengetahui (bilangan) mereka kecuali sedikit". Karena itu janganlah kamu (Muhammad) bertengkar tentang hal mereka, kecuali pertengkaran lahir saja dan jangan kamu menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda itu) kepada seorang pun di antara mereka. [23] Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan terhadap sesuatu: "Sesungguhnya aku akan mengerjakan itu besok pagi, [24] kecuali (dengan menyebut): "Insya-Allah". Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: "Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini". [25] Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi)

Kalau di baca maka ayat yang sangat panjang diatas lebih mirip omongan orang yang sedang stress. Kalau tidak tahu konteksnya maka ayat di atas sangat susuah dimengerti. Kata-katanya diulang-ulang yang sebenarnya kalo mau bisa diringkas menjadi beberapa kalimat saja. Tapi yang lebih parah, kelihatannya Allah manganggap legenda popular dijaman Muhammad ini sebagai fakta sejarah. Urban legend itu kelihatannya tidak lain cerita Seven Sleeper of Ephesus yang berasal dari abad ke 6 dan merupakan dongeng popular dikalangan Kristen Syria (Orthodox Syria) sampai sekarang.

Bandingkan dengan cerita asli Kisah Seven Sleeper :

Pada jaman rejim Decius (Roma -201-251 Masehi) di kota Efesus, kuil-kuil berhala dibangun. Para penduduk berbondong-bondong mempersembahkan korban di kuil itu, dan meninggalkan imannya. Tujuh orang Kristen keturunan bangsawan (menurut versi Barat bernama : Maximian, Malchus, Marcian, John, Denis, Serapion, and Constantine; versi Timur bernama : Maximilian, Jamblichus, Martin, John, Dionysius, Antonius, and Constantine) yang mengurung g ri dalam rumah kemudian ditangkap dan dibawa ke kaisar. Kaisar Decius hendak keluar kota untuk sesuatu hal, maka kaisar menangguhkan hukuman sampai ia kembali. Ke tujuh orang itu memberikan seluruh hartanya kepada orang miskin dan melarikan diri ke gua di bukir Celion. Tiap hari salah satu dari ke 7 orang itu kembali ke kota membeli makanan. Suatu hari salah satunya mengetahui bahwa mereka sedang diburu. Kembali ke gua ia menceritakan semuanya pada yang lainnya, dan merekapun menangis dan berdoa. Kemudian Tuhan membuat mereka tertidur. Ketika kaisar mengetahui tempat persembunyian mereka, segera menembok lubang gua itu. Waktu berlalu dan ketika kaisar Theodosius II (408–450) yang Kristen berkuasa, ia berkabung kerena ia dan rakyatnya telah tidak percaya lagi akan kebangkitan orang mati. Kemudian penduduk Efesus mendapat ide untuk membangun semacam tempat mengurung diri di bukit Celion. Ketka didapati gua di tembok, penduduk segera membongkar tembok itu dan mendengar suara gaduh, ketujuh orang yang sedang tidurpun bangun…………….! Mengikuti penanggalan dari cerita ini, pemuda itu tertidur selama kira-kira 200 tahun………..Sementara jumlahnya ada 2 versi yaitu 7 orang atau 8 orang.

Seven Sleeper reference : Encyclopedia Britanica 2006 /Catholic Encyclopedia.
Perayaannya menurut Orthodox tgl 23 Oktober dan 27 July menurut Katholik Roma.


-mm-
BERSAMBUNG.
Last edited by MuridMurtad on Sat Aug 19, 2006 2:27 am, edited 1 time in total.
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Wed Mar 01, 2006 4:05 pm

VIII. ALLAH MENAUNGI ORANG ISARAEL DENGAN BUKIT/GUNUNG

Dalam Quran ada cerita aneh mengenai bukit yang terangkat menaungi orang Isreal.

Q7.170-172
[170] Dan orang-orang yang berpegang teguh dengan Al Kitab (Taurat) serta mendirikan salat, (akan diberi pahala) karena sesungguhnya Kami tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengadakan perbaikan. [171] Dan (ingatlah), ketika Kami mengangkat bukit ke atas mereka seakan-akan bukit itu naungan awan dan mereka yakin bahwa bukit itu akan jatuh menimpa mereka. (Dan Kami katakan kepada mereka): "Peganglah dengan teguh apa yang telah Kami berikan kepadamu, serta ingatlah selalu (amalkanlah) apa yang tersebut di dalamnya supaya kamu menjadi orang-orang yang bertakwa".

Ini juga tidak ada dalam Bibel Perjanjian Lama, tapi ada dalam komentar di Talmud :

Sumber Talmud Babylonia: Tract ‘Abodah Zarah bab I 2b bagian akhir.

Ini, kemudian, akan menjadi alasan mereka :’Tuhan Semesta Alam, tidakkah Engkau menggantungkan gunung di atas kami seperti kubah (bejana) seperti yang engkau lakukan pada Israel dan akankah kami masih menolak untuk menerima ini?’…………………………
R. Dimi b. Hama berkata : Ini mengajarkan kita bahwa yang Maha Kudus, di kuduskan Dia, menggantung gunung atas Israel seperti kubah, dan berkata pada mereka :’Bila engkau menerima Torah, ini akan menjadi baik dengan mu, tapi bila tida, di sana akan ditemukan kuburan bagimu.’


Link Abodah Zarah : http://come-and-hear.com/zarah/zarah_2.html#chapter_i


IX. HARTANYA KARUN.

Istilah harta Karun mungkin berasal dari dongeng tentang Korah (Karun), yang kunci-kuncinya sangat berat :

Q28.76
[76] Sesungguhnya Karun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya: "Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri".

Dalam Bibel Perjanjian Lama, Korah anak Yizhar, memberontak melawan Musa dan Harun (Bilangan16 :1-6). Tetapi cerita tentang kunci-kunci harta Korah, tidak ada dalam PL. Kunci harta Korah yang sangat berat muncul dalam perbincangan para Rabbi di Talmud.

Sumber Talmud Babylonia : Tract Sanhendrin 110 a

Resh Lakish berkata : Ini menunjuk pada harta Korah (Karun). Dan seluruh isinya itu ada pada kaki mereka. Eleazer berkata : Ini menunjuk pada harta seorang manusia, yang menolongnya keluar. R.Levi berkata : Kunci-kunci rumah harta “karun” Korah adalah beban untuk 300 keledai putih, meskipun kunci-kunci dan gembok-gembok dari kulit.

Link : http://come-and-hear.com/sanhedrin/sanhedrin_110.html


BERSAMBUNG .
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Thu Mar 02, 2006 9:49 pm

X. JAHANNAM

Jahannam berasal dari kata Ibrani Gehinnom (Yunani : Gehenna), yaitu nama sebuah lembah di Barat Selatan Jerusalem . Ge Hinnom (Lembah Hinnom), sampai sekarang namanya masih sama, jadi kalo anda mau ke neraka pergi aja ke Jerusalem… :roll: Ge Hinnom dulunya tempat pengorbanan anak-anak bani Ammon. Pada jaman Yesus, tempat itu dijadikan pembakaran sampah dan mayat. Tentu saja baunya bau dan menyengat, jorok dan apinya tiap hari nyala. Tempat itu kemudian digunakan untuk illustrasi tempat tujuan orang-orang yang jahat.

Dalam Bibel sendiri kata Gehenna (dibandingkan dengan jumlah halaman) relatip sangat jarang disebut Orang-orang Kristen dikemudian hari mengambil penggambaran keadaan neraka lebih mendetail dengan mengutip kitab-kitab Apokrip (mis Wahyu pada Petrus), yang kelihatannya kemudian diambil oleh Quran dan menggambarkannya dengan lebih menggebu-gebu.

Qur’an 78:21

[21] Sesungguhnya neraka Jahanam itu (padanya) ada tempat pengintai, [22] lagi menjadi tempat kembali bagi orang-orang yang melampaui batas, [23] mereka tinggal di dalamnya berabad-abad lamanya, [24] mereka tidak merasakan kesejukan di dalamnya dan tidak (pula mendapat) minuman, [25] selain air yang mendidih dan nanah, [26] sebagai pembalasan yang setimpal. [27] Sesungguhnya mereka tidak takut kepada hisab, [28] dan mereka mendustakan ayat-ayat Kami dengan sesungguh-sungguhnya, [29] dan segala sesuatu telah Kami catat dalam suatu kitab. [30] Karena itu rasakanlah. Dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kamu selain daripada azab. [31] Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa mendapat kemenanga

Kutipan Wahyu kepada Petrus (THE AKHMIM FRAGMENT) ayat 21 -22 :
Link : http://www.earlychristianwritings.com/t ... james.html

Dan aku juga melihat tempat lain berlawanan dengan yang satu, sangat kotor; dan ini adalah tempat penghukuman, dan mereka yang dihukum dan malaikat-malaikat (malaikat maut ?) yang menghukum mereka berpakaian gelap, sesuai dengan suasana tempat itu.

Ayat 23 -24:
Dan di sana ada sebuah danau besar penuh dengan limpur (cairan) menyala, di dalam mana adalah orang-orang tertentu berbalik dari kebenaran; dan malaikat-malaikat; para algojo, disediakan untuk mereka. Dan di sana juga yang lainnya , wanita, digantung pada rambut mereka di atas lumpur mendidih, yaitu mereka yang berzinah.

Ayat 31 :
Dan dalam danau besar yang lain yang penuh dengan nanah dan darah dan Lumpur mendidih, berdiri pria dan wanita dengan lutut mereka. Dan mereka adalah orang-orang yang menarik riba.

Dalam Islam, sesorang akan mencapai Firdaus setelah melewati jembatan Sirotol Mustaqiim. Barang siapa yang dosanya banyak akan terpeleset oleh beban dosanya. Gambaran itu jelas bukan berasal dari tradisi Judaism, kerena menurut Judaism, Neraka ada dibawah lapisan bumi yang paling bawah, sementara surga ada di langit. Ini adalah pengaruh Zoroasther. Menurut kitab Yasna, roh orang jahat akan sampai ke Jembatan Chinwad.

Pada abad ke 3 sorang imam tinggi Zoroasther, mendapatkan penglihatan akan sorga dan neraka, dimana bila ia menuju sorga, harus melewati jembatan yang dibawahnya adalah jurang yang sangat dalam.

Link Kitab Zorasther.
Arda Viraf (mimpi tentang Sorga & Neraka) : http://www.avesta.org/mp/viraf.html

Dalam Viraf 24.1-4 tertulis demikian :
Aku juga melihat roh seorang wanita yang digantung, pada kedua buah dadanya, ke neraka; dan binatang berbisa (khrafstars) menangkap seluruh badannya. Aku kemudian berkata : ‘Dosa apa yang dilakukan olehnya ?’ Dijawab kerena perzinahan.

Bandingkan dengan cerita di bawah ini :
Ishaq:185
“ Di neraka aku melihat wanita di gantung di kedua buah dada mereka. Mereka menjadi orang tua anak haram .”

Kalo cerita itu betul, Muhammad betul-betul tukang jiplak……………….

Link mengenai buku Arda Viraf :
http://en.wikipedia.org/wiki/Book_of_Arda_Viraf


XI. FIRDAUS.

Firdaus (dari Persia artinya Taman), menurut islam adalah tujuan akhir yang paling didambakan, yaitu kenikmatan ala hedonis tanpa akhir (tidak bosan ?).

Penggambaran Firdaus (Yun: Paradeiso) menurut Muhammad :

[Surah 56]
[12] Berada dalam surga (taman) kenikmatan.
[15] Mereka berada di atas dipan yang bertahtakan emas dan permata,
[16] seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan.
[17] Mereka dikelilingi oleh anak-anak muda yang tetap muda,
[18] dengan membawa gelas, cerek dan sloki (piala) berisi minuman yang diambil dari air yang mengalir,
[19] mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk,
[20] dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih,
[21] dan daging burung dari apa yang mereka inginkan.
[22] Dan (di dalam surga/taman itu) ada bidadari-bidadari yang bermata jeli,
[23] laksana mutiara yang tersimpan baik.
[24] Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.
[25] Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa,
[26] akan tetapi mereka mendengar ucapan salam.
[28] Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri,
[29] dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),
[30] dan naungan yang terbentang luas,
[31] dan air yang tercurah,
[32] dan buah-buahan yang banyak,
[33] yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya,
[34] dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk.
[35] Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung,
[36] dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan,
[37] penuh cinta lagi sebaya umurnya,
[38] (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan,
[39] Di sisi mereka ada bidadari-bidadari yang tidak liar pandangannya dan jelita matanya,
[40] seakan-akan mereka adalah telur (burung unta) yang tersimpan dengan baik.
[41] Lalu sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain sambil bercakap-cakap.


Dalam Bibel Firdaus mengacu ke Taman Eden pada kisah penciptaan. Menurut ajaran Kristen, Firdaus adalah tempat orang-orang percaya mengalami kehadiran Tuhan ( Dalam Injil Lukas kata Yunani “Paradeiso”, diucapkan oleh Yesus dikayu salib, menggambarkan suatu kondisi, bukan tempat).Tapi gambaran itu akhirnya melenceng pada kenikmatan hedonis. Seperti kutipan Firdaus dari Kitab Wahyu Petrus(THE ETHIOPIC TEXT).

Kutipan Kitab Wahyu Petrus(THE ETHIOPIC TEXT).
http://www.earlychristianwritings.com/t ... james.html

…………….Dan dia memperlihatkan padaku sebuah Taman yang Agung, terbuka, penuh dengan pohon-pohon yang beraneka warna dan buah-buah yang membangkitkan selera dan bau wewangian. Keharumannya menyenangkan dan datang dengan lembut pada kami. Dan daripadanya [terpotong] aku melihat banyak buah. Dan Tuhanku dan Allah Yesus kristus berkata padaku : Tidakkah kamu melihat kerabat dari ayah-ayahmu ?

Tentu saja dalam kepercayan Kristen, tidak terlihat Peri (kata Persia untuk Fairy, nymph,sprite )atau Houriyah/Houri (whore ?). Kerena menurut kepercayaan Kristen di surga orang hidup tanpa jenis kelamin. Tapi bagi Muhammad itu kurang afdol / menyenangkan, oleh kerena itu ia memasukkan unsur-unsur dongeng Persia, yaitu Peri. Dengan tambahan cerita tentang sungai di Firdaus (dari Bibel) dan Bidadara (homo ?), khamir, maka lengkaplah kenikmatan hedonis tanpa akhir dari Firdaus untuk membuat seorang pemuda ***** rela mati sahid…………………..

Peri di Sorga berasal dari dongeng Persia, tapi bukan ajaran Zoroasther resmi. Dalam dongeng Persia Peri ada yang lelaki (bidadara?)


XII. TUJUH LAPIS LANGIT (DAN BUMI?)

Tujuh lapis langit ditemukan di Quran berulang-ulang :

Q71.15-16
[15] Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit bertingkat-tingkat? [16] Dan Allah menciptakan padanya bulan sebagai cahaya dan menjadikan matahari sebagai pelita?

Q65.12
[12] Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah, ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.

Langit lapis tujuh tidak ditamukan dalam Bibel resmi, tapi disebut dalam karangan pseudigripha, misal kitab Rahasia Henokh atau Apocalypse Abraham, Midrash dan Apokrip Kristen.

Sebenarnya langit lapis tujuh dikenal juga dalam Hindu, Yunani, Mesopotamia. Dalam Hindu, langit lapis 7 dibahas dalam kitab Purana. Tapi kelihatannya Muhammad menyontek dari Yahudi.

Kutipan Midrash Genesis Rabbah (abad ke 6 Masehi).
http://www.sacred-texts.com/jud/mhl/mhl05.htm

Kemuliaan dari Shechinah tinggal di sini di antara manusia. Kejatuhan Adam menyebabkannya terhalau dari bumi ke langit lapis pertama. Kain menghalaunya, oleh perbuatan jahatnya lebih jauh ke lapis ke dua, generasi Enos lebih jauh lagi, dan generasi air bah kembali (menghalaunya) ke lapis ke empat. Generasi Menara (Babil), orang-orang Sodom dan Mesir pada masa Abraham akhirnya menghalau Shechinah ke langit ke tujuh.

Wahyu (Miraj) Paulus (150-300 Masehi):
Paulus di bawa oleh Roh Kudus sampai langit ke 7.
http://www.earlychristianwritings.com/n ... epaul.html

Apocalypse of Abraham (awal abad ke 2).
http://www.pseudepigrapha.com/pseudepig ... raham.html

(pasal 19).
Dan sementara dia masih berbicara, lihatlah, permukaan yang luas di bawahku, langit, terbuka dan aku melihat di atas lapis langit ke 7 di mana aku berdiri sebuah api merambat dan sebuah cahaya dan embun dan sejumlah banyak malaikat-malaikat …………………………


BERSAMBUNG.
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Mon Mar 06, 2006 1:02 pm

LANJUTAN TUJUH LANGIT LAPIS ……………………..

Kutipan dari Talmud Tract Hagiga :
http://www.sacred-texts.com/jud/t03/hgg03.htm
……………………………………………
Resh Lakish berkata, mereka (langit) ada tujuh, yaitu : Vilon, Rakhia, Shchakim, Zbul, Maon, Makhon, Araboth. Vilon tidak ada kegunaan apapun selain ini , ia muncul di pagi hari dan pergi di petang hari, dan memperbaharui setiap hari karya penciptaan. Rakia adalah yang tempat kedudukan matahari dan bulan, bintang-bintang dan gugus bintang. Shchakim adalah tempat baru gerinda berdiri dan menggerinda manna (makanan surgawi) untuk orang-orang kudus. Zbul adalah tempat dimana Jerusalem Surgawai dan Kuil, altar dibangun di sana, dan malaikat Michael pangeran agung berdiri dan menawarkan atas suatu tawaran. Maon adalah tempat kelompok malaikat-malaikat yang melayani Allah, yang melantunkan nyanyian Nya di malam hari dan diam di siang hari demi kemuliaan Israel…… Makhon adalah tempat d perbendaharaan salju,………………………..dst.

Menurut para Rabbi, kalau malam langit ditutup(seperti jendela & gorden).Pagi hari sampai petang lapisan vilon muncul. Tiap hari seluruh ciptaan diperbaharui oleh vilon, dan menjelang malam langit diselubungi oleh selubung malam (the veil of darkness), silih berganti siang malam berkejaran…………….

Perhatikan ayat Quran di bawah ini :

Q7.54 :
[54] Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas Arasy. Dia menutupkan malam ((the veil of the night )kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam.

Surah Luqman: 29
[29]“Tidakkah engkau memerhatikan bahawa Allah SWT memasukkan malam pada siang dan memasukkan siang pada malam (silih berganti).”

Q91.1-5
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
[1] Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, [2] dan bulan apabila mengiringinya, [3] dan siang apabila menampakkannya, [4] dan malam apabila menutupinya, [5] dan langit serta pembinaannya, [6] dan bumi serta penghamparannya,


Q92.1-2
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
[1] Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), [2] dan siang apabila terang benderang, …

Q67.5
[5] Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.

Lapisan-lapisan 7 langit ini diuraikan secara mendetail ddalam mistik Yahudi yaitu kaballah keperti yang tertulis Zohar dan Sepher ha-Razim.

XIII PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI.

Q 21:30
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?

Q 41:11
Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".

Kisah penciptaan di atas, jelas berasal dari Judaism, meskipun pemisahan langit dan bumi dikenal oleh Hindu,Mesopotamia dan Mesir:

Menurut Bibel, pada mulanya Tuhan menciptakan langit dan bumi, bumi belum berbentuk dan kosong (Kej 1:1). Dalam perbincangan para Rabbi di Tract Hagiga, para rabbi menyimpulkan bahwa langit dan bumi diciptakan pada hari pertama, secara bersamaan (meskipun ada yang berpendapat langit dulu atau bumi dulu tapi dalam hari yang sama).

R. Jehudah dalam nama Rabh berkata : Sepuluh hal yang diciptakan pada hari pertama, yaitu : LANGIT dan bumi; chaos dan ketandusan; cahaya dan kegelapan; angin dan air; dst………………………..

Link Tract Hagigah : http://www.sacred-texts.com/jud/t03/hgg03.htm

Ini sesuai dengan pendapat ahli filsafat Yahudi Philo (15BC-45AD} bahwa segala sesuatu diciptakan pada hari pertama tapi belum berbentuk (raw material), Tuhan kemudian mengarasemennya dalam 5 hari.

Kemudian (Kej 1:6) pada hari yang KEDUA Tuhan membuat cakrawala (firmament/Rakia) untuk memisahkan air dari air. Rakia seperti tertulis Tract Hagiga adalah lapisan langit (tempat beredarnya matahari dan bulan). Maka dapat dikatakan, pekerjaan Tuhan pada hari yang kedua adalah memisahkan langit dengan bumi seperti yang dimaksud oleh Quran.

Sesudah firmament dibentuk, maka Tuhan mengatur air di bumi (memisahkan air asin dan tawar). Dalam Kej 2:9, kehidupan muncul sesudah Tuhan menurunkan hujan (tawar). Jadi air memunculkan kehidupan (seperti juga pendapat Philo), yang kemudian dikutip oleh Muhammad menjadi :”Dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup…………”

Menurut Philo, yang dimaksud dengan 6 hari penciptaan, bukanlah benar-benar rentang waktu yang dibutuhkan Tuhan, kerena Tuhan yang Maha Kuasa bisa menciptakan dalam sekejap “jadilah”; tapi kerena ciptaan memerlukan aransemen (harmony), dan bilangan enam adalah bilangan produktip. Jadi apa itu dibilang 6 hari, 6 masa, atau 6 periode tidak masalah.
Link : http://www.earlyjewishwritings.com/text ... book1.html

Dan para rabbi Yahudi juga mengatakan langit adalah “the place where there is water” dan merupakan campuran antara air dan api, yang awalnya tanpa bentuk. Air tanpa bentuk dapat digambarkan sebagai kabut (fog) atau asap, seperti yang dikatakan Quran.

Pengaruh Zoroastrian pada dongeng penciptaaan Quran.

Q41
[9] Katakanlah: "Sesungguhnya patutkah kamu kafir kepada Yang menciptakan bumi dalam dua masa dan kamu adakan sekutu-sekutu bagi-Nya? (Yang bersifat) demikian itulah Tuhan semesta alam". [10] Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya. [11] Kemudian Dia menuju langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

Di bawah ini urutan penciptaaan gaya Zoroasteriansm seperti yang terekam dalam Kitab Bundahishn :

Periode pertama Ohrmazd (Pencipta) menciptakan langit dengan cahaya siang .
Periode kedua air diciptakan , angin, hujan dan kilat.
Periode ketiga diciptakan bumi yang bundar (round)yang datar dengan jalan-jalan. Kemudian mengisi bumi itu dengan gunung-gunung, serta berbagai hal seperti besi, limstone dsb.
Periode keempat diciptakan tumbuh-tumbuhan dan penunjangnya
Periode kelima diciptakan binatang-binatang.
Periode keenam diciptakan manusia.

Sesudah selesai Ohrmazd kemudian menciptakan cakrawala tempat bintang-bintang , matahari dan bulan sebagai cahaya penerang.
Last edited by MuridMurtad on Tue Mar 07, 2006 4:43 pm, edited 2 times in total.
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Mon Mar 06, 2006 1:09 pm

XIV PERJALANAN MALAM MUHAMMAD KE LANGIT (ISRA MIRAJ)

Q17:1
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Q53:13-18
Dan sesungguhnya dia (Muhammad) telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, di Sidratul Muntaha. Di dekat (Sidratul Muntaha) ada surga tempat tinggal. (Dia melihat Jibril) ketika Sidratul Muntaha diliputi oleh suatu selubung. Penglihatannya tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.

Diriwayatkan oleh Anas dan Malik (diringkas) :

Jibril datang melalui atap, kemudian membuka dan membasuh dada Nabi dan memcucinya dengan air zam-zam, lalu dimasukan kebijaksanaan dan keyakinan ke dada nabi.

Kemudian dengan mengendarai Buraq yang dibawa Jibril, Muhammad dibawa ke Ba’it Al-Maqdis, dan setelah menambatkan Buraq, nabi masuk ke dalamnya lalu shalat 2 rakaat. Ketika keluar Jibril menawarkan dua bejana berisi susu dan anggur, Muhammad memilih susu, Jibril berkata:”engkau meimilih yang fitrah”.

Kemudian Muhammad di bawa ke langit pertama, pada pos penjagaan pertama terjadi dialog (mirip Area 51 aja):
“Siapakah engaku?”
Dijawabnya, "Jibril."
"Siapakah yang bersama dirimu?"
"Muhammad", jawab Jibril
Kemudian ditanya lagi, "Apakah tugas mulianya sudah dimulai?"
"Tugas mulianya telah dimulai", jawab Jibril. Setelah itu surga dibuka untuk Nabi dan Jibril. Di sana Nabi bertemu dengan Adam, yang menyambut dan berdoa untuk kebaikan Nabi.

Hal serupa diulang dari langit yang pertama sampai langit yang ketujuh, dimana pada tiap-tipa lapis langit Muhammad di sambut oleh nabi-nabi terdahulu. Di surga terakhir disambut Nabi Ibrahim. Sesudah itu Muhammad dibawa ke Sidrat al Muntaha, yang dibatasi oleh pohon-pohon raksasa yang daunnya dan buahnya sangat besar…………..disebut pohon Khuldi. Di sini Muhammad bernegosiasi mengenai shalat.Selama Miraj, Muhammad juga melihat berbagai hal seperti malaikat dan neraka. Mimpikah Muhammad ?


Mimpi atau bukan mimpi, biarlah jadi perdebatan para Muslim sendiri. Yang jelas kisah Muhammad ini bukan barang baru, tetapi ditemukan hampir di perbagai agama.

Dalam Mandean (Sabiin dalam Quran) ada kisah mengenai orang bijaksana Dana Nuk, yang secara ajaib mendapatkan berbagai buku yang memberikan jalan berbeda. Setelah mengambil buku yang terakhir, Dana Nuk meyakini buku terakhir sebagai jalan yang benar. Dalam keadaan tidur, roh Dana Nuk di angkat melewati lapisan-lapisan langit sampai pada ke langit yang ke tujuh. Di langit ke tujuh Dana Nuk memasuki Firdaus dan bercakap-cakap dengan Tuhan. Asal cerita ini tidak diketahui kerena cerita ini (seperti pada kebanyakan tradisi Sabean) adalah cerita oral.

Cerita seperti itu dalam tradisi Judaism/Kristen dan Zoraster sudah lama ada, jadi bukanlah ide baru, dan Muhammad mungkin terobsesi sehingga termimpi-mimpi. Atau mungkin malah merekayasa cerita :

Sumber pseudepigrapha Yahudi :

The Testament of Abraham :
http://www.pseudepigrapha.com/pseudepigrapha/1007.htm
Dalam cerita dongeng ini pohon-pohon bisa bernyanyi. Konon Abraham dijemput malaikat Michael dengan kereta Cherubim. Cherubim dalam PL adalah mahluk surgawi bersayap yang terlihat seperti setengah binatang dan setengah manusia, diumpamakan sebagai kendaraan Surgawi (misal Mazm 18:11 ). Barangkali ide Buraq berasal dari salah pengertian Muhammad mengenai Cherubim (Kerub), dan menggabungkannya dengan gambaran Persia mengenai binatang bersayap (dengan muka wanita cantik ?). Dalam perjalanan menuju Surga, Abraham melihat berbagai hal yang baik dan yang buruk. Di gerbang pertama, Abraham menihat Adam yang tertawa dan menangis. Abraham kemudian meninggal tidak lama setelah dikembalikan oleh Michael ke bumi.

Apocalypse of Abraham :
http://www.pseudepigrapha.com/pseudepig ... raham.html
Meskipun bercerita tentang tokoh yang sama, kisah ini berbeda dengan Testament of Abraham, kerena dalam kisah ini Abraham dianggkat waktu masih muda (ketika bermasalah dengan ayahnya Terah, berkatian dengan berhala ). Sama seperti kisah sebelumnya Abram dijemput dengan malaikat, dan naik ke surga mengendarai burung perkutut ! Abraham di bawa ke langit ke 7 untuk melihat berbagai hal di bawahnya.

Kitab Rahasia Enoch (150-80 SM) :
http://www.pseudepigrapha.com/pseudepig ... nochs2.htm
Enoch atau dalam Quran disebut nabi Idris, juga merupakan nabi bagi oeang-orang Mandean/Sabean (Sabiin). Isinya sbb :
Pada pasal 1-21 Enoch di bawa oleh malaikat berpergian dari langit pertama samapai langit ke 7. Pasal 22 – 38 Enoch menerima rahasia dari Allah. Pasal 39-68 Enoch memberi wejangan kepada anaknya sebelum ia diangkat kembali ke Surga (menurut tradisi PL dan Quran Enoch (Idris) adalah salah satu nabi yang diangkat ke surga dengan badannya).

Sumber Apokrifa Kristen :

Apocalypse of Paulus :
http://www.earlychristianwritings.com/n ... epaul.html
Dalam Bibel, Paulus pernah menyinggung pengalaman mistiknya secara sekilas ketika diangkat ke langit ke tiga. Paulus sendiri tidak yakin mengenai pengalaman itu (diluar tubuh atau di dalam tubuh). Orang Kristen tertentu (Gnostik ?) kemudian melengkapinya melewati langit ke 7 secara rinci. Di langit ke 7 Paulus bertemu muka dengan “orang tua” (gambaran Allah Bapa dalam tradisi Kristen). Paulus juga melihat malaikat dan neraka. Kelihatannya yang ini menyontek kisah Rahasia Enoch.

Sumber Zoroasther :

http://www.avesta.org/mp/viraf.html

Berasal dari pengalaman mimpi (akibat mabuk) seorang imam Zoroasther bernama Arda Viraf. Viraf melihat malaikat, orang suci dan neraka. Beberapa penglihatannya mengenai neraka mirip cerita dalam Islam.

Dari uraian di atas, jelas sekali pengalaman miraj bukan monopoli Muhammad atau Islam. Dan kelihatannya cerita yang satu mempengaruhi cerita yang lain.

Sebenarnya untuk apa orang membuat cerita seperti itu ? Barangkali untuk menarik hati orang-orang yang kurang kritis, atau barangkali pengalaman itu memang terjadi meski sifatnya subeyektip kerena hanya mimpi atau NDEs (Near Death Experiences) yang bisa dialami oleh semua orang, termasuk yang mengalami gangguan jiwa.



XV. SUKA CITA DAN DUKA CITA ADAM DI SURGA.

Kutipan dari dari buku Tisdall :
http://www.answering-islam.org/Books/Ti ... /chap4.htm

Dalam SURAH 17, Al Asra' ayat 1, kita membaca sebuah pesan ringkas cerita perjalanan mistik Muhammad ke surga, yang menduduki tempat yang sangat meluas dalam tradisi Muslim:

[1] Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidilharam ke Al Masjidilaksa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Selanjutnya dalam Mishkatu’l Masabih diceritakan sebuah pemandangan yang ia lihat ketika memasuki langit (sorga) yang terbawah dari 7 langit :

“Dan ketika dia membukakan untuk kami langit terbawah, lihatlah ! seorang manusia duduk : di tangan kanannya sosok-sosok hitam, dan di tangan kirinya sosok-sosok hitam. Ketika dia melirik ke arah sisi kanannya dia tertawa, dan ketika dia melirik ke arah ke sisi kirinya , dia menangis,…..Aku berkata pada Jibril, ‘Siapakan dia ?’ Dia berkata, ini adalah Adam, dan sosok-sosok hitam pada tangan kanan dan pada tangan kirinya adalah jiwa-jiwa dari anak-anaknya; dan mereka yang ada dikanan adalah para penghuni Firdaus, dan sosok-sosok hitam yang ada di tangan kirinya adalah penghuni Neraka. Oleh kerena itu ketika ia melihat ke kanan ia tertawa, dan ketika ia melihat ke kiri ia menangis.’”

Tradisi ini dapat dilacak kembali ke buku Apokrip yang berjudul “Testament of Abraham ”, seperti yang dikutip di bawah ini :

Michael memutar Kereta dan membawa Abraham ke arah Timur, pada gerbang Surga pertama. Dan Abraham melihat dua jalan ; satu jalan lurus dan sempit dan yang lain lebar dan luas; dan di sana ia melihat 2 gerbang, satu gerbang lebar, sesuai dengan jalan lebar, dan satunya lagi sesuai dengan jalan yang sempit. Dan di luar 2 gerbang itu aku melihat seorang manusia di atas sebuah tahta diselumuti emas, dan penampilan orang itu sangat angker bagaikan Tuhan. Dan aku melihat banyak jiwa dihalau oleh malaikat-malaikat dan digiring lewat jalan yang lebar; dan aku lihat jiwa-jiwa yang lain, beberapa , dan mereka di angkat oleh para malaikat melewati gerbang aempit. Dan ketika orang laki-laki yang sangat menakjubkan yang duduk di tahta melihat sedikit yang memasuki gerbang sempit tetapi banyak yang masuk melalui gerbang lebar, tiba-tiba orang menakjubkan itu memegang setengah rambut kepalanya dan sebelah jenggotnya dan melemparkan dirinya dari tahta ke tanah,menangis dan meratap. Dan ketika dia melihat banyak jiwa masuk lewat gerbang sempit, maka dia akan bangkit dari tanah dan duduk di atas tahta dalam kegirangan yang besar, gembira dan bersuka ria. Abraham bertanya pada tetua utama (malaikat Michael), “Tuanku tetua utama, siapakah sesungguhnya orang menakjubkan yang dihiasi dengan begitu mulia, dan siapa pada satu saat menangis dan meratap, tapi dilain waktu gembira dan senang?’ Yang tanpa tubuh menjawab,’Itu adalah Adam, orang yang diciptakan pertama kali, yang dalam kemuliaan, dan dia melihat dunia, sejak semuanya berasal dari dia; dan ketika dia melihat banyak jiwa masuk ke gerbang sempit, maka dia naik dan duduk di tahtanya, senang dan bersuka ria dalam kegembiraan, kerena gerbang sempit adalah yang membimbimg pada hidup, dan siapa yang masuk lewat gerbang ini menuju Firdaus: ………………Dan ketika ia melihat banyak orang melewati gerbang lebar maka ia akan mernggut rambut kepalanya dan melemparkan diri ke tanah. Kerena gerbang yang lebar disediakan untuk pada pendosa, yang akan membimbing pada kehancuran dan hukuman kekal.’”

Testament of Abraham juga dapat dilihat di sini :
http://www.pseudepigrapha.com/pseudepigrapha/1007.htm


BERSAMBUNG
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Tue Mar 07, 2006 4:40 pm

XVI. YA’JUJ wa MAKJUJ

Lihat juga Kisah Dzul Qarnaen.

Q18.92-95
[92] Kemudian dia menempuh suatu jalan (yang lain lagi). [93] Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan. [94] Mereka berkata: "Hai Zulkarnain, sesungguhnya Ya'juj dan Makjuj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?" [95] Zulkarnain berkata: "Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka,………………..

Ya'juj dan Makjuj, dalam Bibel disebut Gog dan Magog. Dalam Bibel Gog dan Magog ditemukan dalam Kitab Kejadian 10:1-2 dan Yehezkiel 38. Dalam Yehezkiel 38 Gog adalah nama orang dan Magog adalah tempat asalnya. Tapi dalam Yehezkiel 38:5-9, Gog direpresentasikan sebagai kekuatan Persia yang kemudian menjajah Israel. Namun kemudian dalam tulisan-tulisan pseudogripha Gog dan Magog menjadi representasi sepasang kekuatan jahat yang berasal dari Iblis. Dalam Kitab wahyu (Yohannes), Gog dan Magog disebut sebagai kekuatan jahat yang akan muncul di hari Kiamat sesudah Iblis dilepaskan dari penjara 1000 tahun. Demikian juga dalam tafsiran Muslim :

Q21.96-97
[96] Hingga apabila dibukakan (tembok) Yakjuj dan Makjuj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. [97] Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (Mereka berkata): "Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang lalim"

Lalu, apa hubungannya Gog dan Magog dengan cerita Aleksander ? Cerita Aleksander dengan Gog dan Magog berasal dari dongeng-dongeng (Kristen) rakyat Syria, yang kemudian disatukan dan dihimpun dengan berbagai cerita lainnya dalam sebuah buku yang bernama Romance Alexander. Kemungkinan cerita itu sampai pada Muhammad dari Kristen Syria, (mis. sermon & homili Mar Jacob Serug pada abad ke 6), yang kemudian muncul dalam Quran sebagai “wahyu Tuhan”.

Kutipan Encyclopedia Britannica 2006 -offline, mengenai Romance Alexander :

Sumber utama dari seluruh literarure Roman Aleksander adalah epik rakyat yang ditulis dalam bahasa Yunani oleh orang Mesir hellenis selama abad ke 2 Masehi.Terjemahan-tercemahan dan salinan-salinan yang selamat memungkinkan dibuat rekonstruksi. Ini adalah gambaran Aleksander sebagai pahlawan messianic nasional, anak seorang raja sihir Mesir dengan istri Philip II dari Makedonia. Sihir dan keajaiban menjadi bagian mewarnai epik, sebagai contoh, pertemuannya dengan para Amazon di India. Dalam kisah-kisah kemudian, bagaimanapun, keajaiban dan anekdot-anekdot aneh mendominasi dan secara bertahap mengaburkan ciri-ciri historisnya. Episode-episode tambahan dimasukan pada versi asli, seringkali melalui “surat-surat” yang tampaknya seperti ditulis oleh atau untuk Aleksander, dan sebuah legenda tersendiri mengenai tangkapannya akan penduduk liar Gog dan Magog disatukan dari beberapa versi bahasa daerah. Sebuah cerita legenda Aleksander terdapat dalam sebuah terjemahan Inggris abad 9 sejarah dunia Orosiud . ……………………………………………………………………Dongeng-dongeng Aleksander versi Timur mengenai Gog dan Magog termaktub dalam Quran.

Kutipan manuskrip cerita Alexander versi Syria (abad ke 6 AD):

Aleksander berkata pada mereka, “Berapa jauh gunung dlturuni dari arah itu?’ Mereka menjawab, ‘Gunung ini menyambung tanpa sebuah celah, melewati laut Beth-Katraye, dan berlanjut sampai ujung luar Persia dekan India..’ Aleksander berkata. ‘Gunung ini lebih tinggi dan menakutkan dari semua gunung yang pernah kulihat.’ Sang orang tua, penduduk setempat, berkata pada raja,’Ya, yang Mulia. Tuanku Raja, tidak ada seorangpun baik kami, moyang kami, yang dapat malaluinya, kerena ini adalah batas yang Tuhan buat antara bangsa kami dan bangsa di baliknya.’ Aleksander berkata, ’Siapakah bangsa itu?.’ Penduduk setempat berkata,’Itu adalah bangsa Hun,’ Dia berkata pada mereka,’Siapakah rajanya?’ Si orang tua menjawab, ‘Gog dan Magog dan Nawal raja-raja dari anak-anak Japhet……Lihat Bibel Kej 10: 1-2.

Selanjutnya dikisahkan Aleksander membuat pintu gerbang raksasa dari tembaga di celah antara 2 gunung dan ditutupnya, supaya orang-orang Hun tidak menyerbu dan membuat kerusakan……………..


BERSAMBUNG
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby ali5196 » Wed Apr 12, 2006 3:45 am

ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby richdad3000 » Thu Apr 13, 2006 11:15 pm

Yah.... ketik aja terus.
Yang jelas, seluruh kitab seperti Zabur, Taurat, Injil dan al-Qur'an seluruhnya bersumber dari Allah. Jadi enggak heran dong kalau ada kesamaan dibeberapa tempat.

kalau boleh saya jelaskan dengan logika sekarang,
1. kitab Zabur diturunkan karena pada saat itu tingkat pemikiran masyarakatnya masih setingkat dengan SD.
2. Kitab Taurat untuk masyarakat yang sudah duduk di tingkat SLTP
3. Injil untuk anak SMA, dan kalau mau ngelanjut kuliah.... lhu harus belajar Al-qur'an.
richdad3000
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 14
Joined: Thu Apr 13, 2006 9:42 pm

Postby Phoenix » Fri Apr 14, 2006 7:35 am

richdad3000 wrote:Yah.... ketik aja terus.
Yang jelas, seluruh kitab seperti Zabur, Taurat, Injil dan al-Qur'an seluruhnya bersumber dari Allah. Jadi enggak heran dong kalau ada kesamaan dibeberapa tempat.

kalau boleh saya jelaskan dengan logika sekarang,
1. kitab Zabur diturunkan karena pada saat itu tingkat pemikiran masyarakatnya masih setingkat dengan SD.
2. Kitab Taurat untuk masyarakat yang sudah duduk di tingkat SLTP
3. Injil untuk anak SMA, dan kalau mau ngelanjut kuliah.... lhu harus belajar Al-qur'an.


Salah! quran utk anak Playgroup!
Phoenix
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Postby zeba0th » Tue Apr 18, 2006 3:27 am

Untuk Anak SLB yg pasnya
User avatar
zeba0th
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1402
Joined: Sat Sep 24, 2005 3:57 am

Postby MuridMurtad » Sun Apr 23, 2006 4:46 pm

XVII AL LAWH AL MAHFUZ

Menurut Islam Quran (juga Injil, Mazmur/Zabur dan Taurat ) adalah foto copy kitab surgawi yang tertulis pada tablet-tablet batu (lawh/Loh).

Q85.21-22
[21] Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Qur'an yang mulia,
[22] yang (tersimpan) dalam Lawhmahfuz (guarded tablet).

Q15.9
Kami, tanpa keraguan, menurunkan Wahyu, dan kami dengan sungguh-sungguh menjaganya . .


Menurut kepercayaan Muslim, Lempengan Surgawi /Yang Terpelihara (al-lawh-al-mahfuz) berjumlah 104 bagian :
-100 yang ditarik kembali : 10 kepada Adam. 50 kepada Seth, 30 kepada Idris, 10 kepada Ibrahim
- 1 kepada Musa (Taurat)
- 1 kepada Daud (Zabur/Mazmur)
- 1 kepada Isa (Injil)
- 1 kepada Muhammad (Al Quran)

Taurat, Zabur, dan Injil sudah “dipalsukan”. Meskipun demikian tidak ditarik kembali sebab mempunyai fungsi memprediksi (?) kedatangan Muhammad. (as-Saff 61:6 )

Dalam surah Al Anbiya, 105 Tuhan juga menulis di Zabur (Mazmur) yang referencenya adalah Mazm 37 : 11, 29 .Mazmur 37 adalah kidung yang ditulis oleh Daud, tapi secara aneh diklaim Quran sebagai sebagai tulisan tangan Tuhan di atas lempengan batu seperti 10 perintah Tuhan.

Penjelasan rinci mengenai tablet ada dalam Qisasu'l Anbiya (pp3,4) :
Di bawah tahtanya Tuhan menciptakan mutiara, dan dari mutiara diciptakan tablet, tinggi 700 tahun perjalanan dan lebar 300 tahun perjalanan. Disekelilingnya dihiasai batu ruby, melalui kekuatan Allah yang maha tinggi. Kemudian datang pada Kalam perintah ,’Menulislah engkau pengetahuanKu dalam ciptaanKu, dan yang segala yang ada sampai hari Kebangkitan’. ………………..

Ide mengenai Lempengan Surgawi berasal dari Yahudi. Dalam Bibel dikatakan Musa mendapatkan 10 Perintah Tuhan yang ditulis pada sepasang tablet (lempengan ) batu, dan memerintahkan Musa untuk menjaganya dalam Tabut kayu.

Ulangan 10.1 :
Ba`et hahiy' 'amar Yahweh 'elay, Pcal- lkashney- luwchot 'baniym kari'shoniym wa`aleh 'elayhaharah. W`asiyta lka 'rown `ets.

Pada waktu itu berfirmanlah Yahweh kepadku :’Pahatlah dua loh batu yang serupa dengan yang mula-mula, nailah ke atas gunung kepada ku dan buatlah sebuah tabut dari kayu.

Perhatikan kata tablet di sini adalah luwch itu sama /mirip dengan lawh (al-lawh) atau Loh dalam bahasa Arab.

Dikemudian hari berkembang dalam pemikiran Yahudi, tidak hanya 10 perintah saja tapi seluruh isi literature Judaism berasal dari lempengan batu, yang tentu saja aslinya ada di Surga. Dan pemikiran para rabbi Yahudi inilah yang kemudian di adopsi oleh Muhammad, sehingga Injil. Mazmur, Taurat, Quran bahkan suhuf-suhuf Ibrahim (Testement Abraham ?) berasal dari tulisan ilahi diatas lempengan surgawi.

Untuk mengetahui lebih mendetail, dalam pemikiran orang Yahudi mengenai tablet Musa itu, kita dapat melihat ke Tract Berakhoth folio 5 a :
R Simeon b Laqish berkata,’ Apa arti dari ayat ini, “Dan aku akan memberimu lempengan-lempengan batu, dan hukum dan perintah yang Aku tuliskan ; yang akan engkau ajarkan pada mereka ?” (Keluaran 24:12)
‘Lempengan-lempengan batu’ : adalah sepuluh perintah;
’hukum’: kelima kitab Musa ;
‘perintah’ : yang adalah Misnah
‘yang Aku tulis’ : adalah Nabi-nabi dan Kitab-kitab:
‘yang engkau ajarkan pada mereka’ : adalah Gemara.
Ajaran ini semua yang mereka terima dari Musa digunung Sinai.


Pada masa kini, tidak ada seorang Yahudi pun yang terpelajar yang mempercayai hal itu, kerena semua tahu Misnah dan Gemara di susun pada abad ke 3 dan ke 5 Masehi. Tapi bagi Muslim hal itu tidak boleh diregukan kerena tertulis di Quran, padahal tidak ada yang namanya Kitab Injil maupun Zabur yang seperti digambatkan Quran (ditulis oleh Allah sendiri)…

Sebenarnya hukum yang tertulis pada batu (stella) sebenarnya merupakan kebiasaan dari orang-orang pada jaman dulu, seperti juga hukum Hammurabi yang juga tertulis pada batu stela , masa Allah yang menciptakan segala sesuatu itu demikian primitip menulis hukum, pada stela batu?


Link Tract Berakhoth : http://www.come-and-hear.com/berakoth/berakoth_5.html

Bahan pustaka : http://www.answering-islam.org/Books/Ti ... /chap3.htm
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Sun Apr 23, 2006 4:50 pm

XVIII ANAK LEMBU EMAS YANG BERSUARA (MELENGUH).

Q20.88
[88] kemudian Samiri mengeluarkan untuk mereka (dari lubang itu) anak lembu yang bertubuh dan bersuara, maka mereka berkata: "Inilah Tuhanmu dan Tuhan Musa, tetapi Musa telah lupa". Maka apakah mereka tidak memperhatikan bahwa patung anak lembu itu tidak dapat memberi jawaban kepada mereka, dan tidak dapat memberi kemudaratan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan?


Q7.88
[147] Dan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan mendustakan akan menemui akhirat, sia-sialah perbuatan mereka. Mereka tidak diberi balasan selain dari apa yang telah mereka kerjakan. [148] Dan kaum Musa, setelah kepergian Musa ke gunung Thur membuat dari perhiasan-perhiasan (emas) mereka anak lembu yang bertubuh dan bersuara. Apakah mereka tidak mengetahui bahwa anak lembu itu tidak dapat berbicara dengan mereka dan tidak dapat (pula) menunjukkan jalan kepada mereka? Mereka menjadikannya (sebagai sembahan) dan mereka adalah orang-orang yang lalim.


Dalam ayat surah 7 dan diulangi dalam surah 20 (sebagaimana kebiasaan Quran menulang-ulang cerita), dikatakan bahwa anak sapi itu dapat melenguh (say moo) tapi tidak bisa bicara. Jadi Quran setuju bahwa anak sapi emas (sebagimana juga anak sapi benaran) bisa melenguh tapi tidak bisa berbicara….! Tapi meskipun cuman melenguh, bagaimana itu bisa terjadi ? Seperti cerita Pinokio aja.

Sumber legenda itu sebenarnya mungkin berasal dari Yahudi, seperti yang tertulis dalam Pirqey Rabbi Elizer 45, “ Dan anak sapi ini melenguh, dan seluruh Israel melihatnya. Rabbi Yehudah berkata bahwa Sammael (dalam Quran dikelirukan dengan Samiri atau orang Samaritan yang belum ada pada jaman Musa )bersembunyi dalam ruangan dalamnya, dan melenguh supaya dapat menipu orang Israel.”

Dalam sumber Yahudi itu, anak sapi bisa melenguh, kerena Sammael bersembunyi dalam ruang dalamnya, tapi Muhammad menafsirkan cerita itu secara harfiah, sehingga munculah cerita anak sapi bisa melenguh tapi tidak bisa bicara…

Sumber : http://www.answering-islam.org/Books/Ti ... /chap3.htm

Pirqey (chapters) Rabbi Elizer adalah koleksi Haggadic (dongeng) yang disusun pada awal abad ke 9 Masehi, oleh penulis yang tidak dikenal yang menganggapnya berasal dari Rabbi Eliezer ben Hyrcanus awal abad ke 2 Masehi. Sebagaimana diketahui dongeng-dongeng Yahudi banyak yang berasal dari tradisi oral, yang kemudian dibukukan. Tapi muslim biasanya menyanggah masalah contekan Quran ini dengan menunjukan tanggal kompilasi Pirkey Rabbi Elizer yaitu abad ke 9 sementara Quran ditulis sebelumnya; bahkan malah membalikkan cerita dengan teori Yahudi “mencontek” Quran.

Tapi bagaimanapun cerita anak sapi bisa melenguh (meskipun tidak bisa bicara) adalah isapan jempol Quran, yang lebih mungkin lebih masuk akal bila berasal dari salah interpretasi Muhammad (sebagaiman seringkali terjadi) mengenai suatu dongeng Yahudi yang didengarnya, dan diartikannya secara harfiah.

Link Pirqey Rabbi Elizer (belum ada terjemahan Inggris).
http://www.usc.edu/dept/huc-la/pre-proj ... e0445a.jpg

BERSAMBUNG
--
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Fri May 12, 2006 1:47 am

XIX AL-MASIH AD-DAJJAL.

Islam's final 'jihad'
http://edition.cnn.com/SPECIALS/1999/at ... index.html

For Muslims, the world is destined to witness a great final battle between a demonic being called the Dajjal (Arabic for "the Deceiver"), similar to the Christian Antichrist, and the Mahdi, a descendant of Mohammed. The Mahdi's victory will usher in a millennium of peace, followed by final judgment.

Islamic fundamentalists today often associate the Dajjal with Israel or the United States, countries perceived to be enemies of Islam. Consequently, extremists such as Osama bin Laden, who has declared a holy war against these nations, are considered by some Muslims as candidates for the Mahdi, the Muslim messianic figure.

Islamic moderates, on the other hand, tend to associate the Mahdi with mainstream leaders such as Jordan's King Abdullah, according to Landes of the Center for Millennial Studies.


DAJJAL, meskipun tidak disebut dalam Quran, tetapi merupakan sebutan yang populer dikalangan muslim. Biasanya menunjuk ke Iblis seperti yang diriwayatkan dalam hadis-hadis. Salah satu alasan muslim berkeinginan menyerang seluruh kafir kerena mereka percaya bahwa kafir (terutama Barat dan Israel) digerakan oleh Dajjal untuk menekan dunia Islam, Dajjal inilah yang kemudian katanya akan muncul di akhir jaman.

Al-Masih berarti Mesias atau Kristus (yang diurapi), sementara Dajjal berarti penipu atau pembohong/pemalsu. Jadi Al-Masih Ad-Dajjal artinya Mesias Palsu. Penyusun Qanus berkata bahwa paling sedikit ada limapuluh pertimbangan yang menunjuk kenapa dipanggil Al-masih. Beberapa berkata kerena ia matanya akan disentuh (masah) dan dibutakan, yang lain berpendapat kata itu berasal dari masikh, artinya seorang “monster”.

Tapi kelihatannya Muhammad mengambil alih istilah itu dari Kristen Syriac dan barangkali secara tidak langsung dari Zoroastrianism . Kristen Syriac menyebut Iblis sebagai “dajal” yaitu penipu (Liar) dan akan muncul di hari kiamat. Istilah itu didasarkan pada Bibel Perjanjian Baru mengenai akan munculnya Mesias-Mesias palsu di hari kiamat. Dalam agama Pesia (Zorroaster) Ahariman (kekuatan gelap) juga disebut DRUJ (Pembohong) yang akan berperang melawan Ahura Madza (the wise Lord) dihari akhir.

Perhatikan kutipan hadis di bawah ini :

Kutipan Hadis sahih Bukhari 4 no 553 :
Diriwayatkan Ibn Umar :
Suatu kali rasulullah berdiri di antara orang-orang, memuliakan dan memuji Allah sebagamana ia layak menerimanya dan kemudian menyebutkan Dajjal dan berkata, “ Aku mengingatkan engkau melawannya (Dajjal) dan tidak ada nabi kecuali memperingatkan bangsanya melawan dia. Tidak dapat disangkal, Nuh memperingatkan bangsanya melawan dia tetapi aku berkata kepadamu tentang sesuatu dimana tidak ada nabi menceritakan kepada bangsanya sebelum aku. Engkau perlu tahu bahwa ia (Dajjal) BERMATA SATU, dan ALLAH TIDAK BERMATA SATU.”

Kutipan Hadis sahih Bukhari 40 no 6931 :
Diceritakan Hudhayfah ibn Usayd Ghifari :
Rasulullah mendadak datang kepada kami saat sedang berdiskusi. Ia berkata : Apa yang sedang engkau perbincangkan ? Para sahabat berkata : kami sedang memperbincangkan tentang akhir jaman.
Setelah itu ia berkata : Itu tidak akan datang sampai engkau melihat sepuluh tanda sebelumnya dan ia membuat sebuah petunjuk mengenai asap, Dajjal, binatang buas, TERBITNYA MATAHARI DARI BARAT, turunnya Isa anak Maryam, Gog dan Magog, runtuhnya bumi dalam tiga tempat, satu di Timur, satu di Barat dan satu di Arabia yang terakhir dimana api akan membakar keluar dari Yemen, dan akan menggiring manusia ke tempat berkumpulnya mereka.

Sahih Muslim 40 no 7034 :
Diriwayatkan Anas ibn Malik :
Rasulullah berkata : Dajjal akan diikuti oleh tujuh puluh ribu Yahudi Isfhan yang mengenakan syal Persia.

Sunan Abu Da'ud 37 no 4306 :
Rasulullah berkata : Aku telah menceritakan begitu banyak tentang Dajjal yang aku takut engkau tidak mengerti. Dajjal itu PENDEK, berambut seperti wool, berceker ayam, BERMATA SATU, SEBUAH MATANYA BUTA, tidak menonjol maupun melesak. Bila engkau dibingungkan tentang dia, ketahuilah bahwa TUHANMU TIDAK BERMATA SATU.

Dari kutipan hadis di atas, dapat disempulkan bahwa Muhammad mengartikan Dajjal sebagai penjelmaan Iblis yang berwujud menyeramkan : Pendek, Keriting, bermata satu sementara Tuhan (juga berwujud manusia) bermata langkap (dan ganteng ?).

Dalam beberapa riwayat dan hadist(mis: Muslim 40.6924) disebutkan bahwa pada akhir jaman Muslim akan menyerang Konstantinopel dan Roma dalam perang besar (Al-Malhamah Al-Kubrah) selama 6 bulan dan pada bulan yang ketujuh Dajjal akan muncul. Juga dalam Hadis sahih Bukhari (vol 3 no 106) disebutkan bahwa Dajjal bisa menghidupkan orang yang mati dan dilarang memasuki Medinah. Isa/Jesus juga disebutkan sebagai yang akan membunuh Dajjal dan akan menjadi Mahdinya Muslim melawan pengikutnya sendiri termasuk kegiatan anehnya membunuh babi !!.

Kisah mengenai Antichrist (Dajjal) sebenarnya berawal dari tiga sumber Yahudi : Ketuvim (mis Kitab Ezekiel), Midrash plus pengaruh mitos Persia dan Babylonia, yang bercerita mengenai munculnya kekuatan jahat di hari akhir melawan Israel yang direpresentasikan oleh Gog pangeran tanah Magog yang akan muncul di atas Zion.

Pada masa Makabean, orang-orang Yahudi yang merasa ada jurang antara Judaism dan filsafat kafir memunculkan ide mengenai keselamatan yang bersifat universal dan tidak hanya untuk Yahudi, dimana dunia yang korup digantikan dengan kerajaan Allah. Konsep ini juga merupakan salah satu tema dalam kekristenan. Istilah-istilah Mesiah palsu, Gog dan Magog, binatang buas, Roma, disebut dalam kitab-kitab perjanjian baru (mis Kitab Wahyu) dan sangat akrab di telinga orang-orang Nasrani.

Pada masa-masa kemudian pemahaman Antichrist lebih literal dan berfokus pada pengertian Antichrist sebagai “superhuman” yang merupakan pewujudan Setan, (seperti cerita-cerita dalam film fiksi horror) dengan sebutan beragam seperti Belial, Ahariman (Persia), Armilus(kata Aram untuk Romulus), Satan, Iblis, yang bertanduk dan bertuliskan huruf 666 dijidatnya (Muhammad menggambarkannya dengan mata satu dan tulisan Dajjal di keningnya !)

Meskipun kisah-kisah kemunculan itu mirip cerita Nasrani tapi jalan cerita sudah dipermak sedemikian rupa oleh Muhammad, sehingga muslim menjadi jagoannya sementara non muslim (termasuk Yahudi dan Nasrani) sebagai banditnya dan kota Jerusalem diganti dengan Mekkah dan Medinah. Meski kisah-kisah itu tidak tercantum dalam Quran(dimana sebenarnya muslim tidak bisa mengklaim sebagai wahyu Tuhan) melainkan hanya cerita fiksi horror dari mulut Muhammad , namun muslim sangat percaya sehingga mengilhami mereka untuk melakukan terror melawan kekuatan Dajjal.

-----------------------------------------------------------------------
Cuplikan tulisan Aramic st Ephraim the Syrian (306 to 373) :

6. Saat akhir jaman datang, sang pembinasa dan PENDUSTA, yang mengerikan akan lahir dari suku Dan (salah satu suku Yahudi). Dia akan dikandung dari benih seorang pria dan seorang perawan yang paling hina, bergaul dengan roh jahat yang hina.
7……………….Oleh kerena itu ketika ia medapatkan kerajaan, ia memerintahkan kuil Tuhan dibangun kembali untuk dirinya sendiri, di Jerusalem ; yang sesudah masuk kedalamnya, dia akan duduk sebagai Tuhan dan memerintahkan untuk disembah oleh segala bangsa………………

-----------------------------------------------------------------------
Dalam apokalips Persia, Iran akan dikuasai oleh kekuatan gelap Ahariman yang akan merenggut kemerdekaannya. ……..yaang berasal dari ras Kemarahan ?

Zand-i Vohuman Yasht 2.36 :
36. ‘Dan dalam jaman kekacauan (membingungkan), O Zartosht the Spitaman!— rejim Kemarahan dengan tombak kegeraman dan Iblis dengan rambut yang amburadul dari ras Kemarahan,------
http://www.avesta.org/mp/vohuman3.html

Penggambaran Dajjal dengan fisik menyeramkan barangkali pengaruh dari Hinduism yang kemudiaan menjadi tradisi Arab. Asura dalam Hindu adalah musuh Dewa-Dewa. Dalam kitab Ramayana setan-setan digambarkan dalam berbagai bentuk seperti tubuh kecil dan tangan-tangannya yang panjang, atau bermata satu atau bermata tiga, dsb. Dalam Mahabharata Vartika digambarkan mempunyai satu sayap, satu mata, dan satu kaki.

Link yang berkaitan :
http://www.jewishencyclopedia.com/view. ... 7&letter=A
Kitab Wahyu kepada Yohannes:
http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/chapter/?b=66
Dictionary :
http://answering-islam.org.uk/Books/Hughes/index.htm

--
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Fri May 12, 2006 1:51 am

XX KISAH SITI MARYAM dan ZAKARIYA.

Dalam kisah ini secara eksplisit Quran mengatakan Muhammad mendapatkannya dari “berita gaib”. Oleh kerena itu perlu diuji apakah memang berasal dari berita gaib.

Q3.33-37
[33] Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing),
[34] (sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (keturunan) dari yang lain. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
[35] (Ingatlah), ketika istri Imran berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitulmakdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".
[36] Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang terkutuk."
[37] Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakaria pemeliharanya. Setiap Zakaria masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakaria berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab

Cerita ini kelihatannya bersumber pada Injil apokrip Protevangelium of James . Dalam tulisan itu diceritakan mengenai Yoakhim (tapi dalam Quran bernama Imran bapaknya Harun dan Musa) yang pergi ke padang gurun berpuasa kerena tidak punya keturunan. Lalu Anna istrinya terus meratap dan berdoa, sehingga akhirnya Tuhan mendengar doanya. Dan Annapun menazarkan anak yang akan lahir itu kepada Tuhan. Ketika akhirnya Maryam lahir, pada umur 2 tahun mereka membawanya ke kuil Yerusalem. Dalam Kuil Maryam mendapat makanan dari malaikat.

Kutipan Protevangelium of Jamaes :

PJ 4.1
1. Dan lihatlah seorang malaikat Tuhan datang, berkata kepadanya : Anna, Anna, Tuhan telah mendengar doa mu, dan engkau akan mengandung dan melahirkan, dan benih mu akan dibicarakan di seluruh dunia. Dan Anna berkata : Dalam Tuhan Allah ku yang hidup, bila aku melahirkan baik lelaki maupun perempuan, aku akan membawanya sebagai nazar untuk Tuhan Allahku. Dan ia akan malayani Tuhan (di kuil ) seumur hidupnya.

PJ 8.1b
1.b. Dan Maria di dalam kuil Tuhan bagaikan merpati yang dipelihara :dan dia menerima makanan dari tangan seorang malaikat.


Q3.38-41
[38]. Di sanalah Zakariya berdo'a kepada Tuhannya seraya berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar do'a".
[39]. Kemudian Malaikat (Jibril) memanggil Zakariya, sedang ia tengah berdiri melakukan shalat di mihrab (katanya): "Sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran (seorang puteramu) Yahya, yang membenarkan kalimat (yang datang) dari Allah, menjadi ikutan, menahan diri (dari hawa nafsu) dan seorang Nabi termasuk keturunan orang-orang saleh".
[40]. Zakariya berkata: "Ya Tuhanku, bagaimana aku bisa mendapat anak sedang aku telah sangat tua dan isteriku pun seorang yang mandul?". Berfirman Allah: "Demikianlah, Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya".
[41]. Berkata Zakariya: "Berilah aku suatu tanda (bahwa isteriku telah mengandung)". Allah berfirman: "Tandanya bagimu, kamu tidak dapat berkata-kata dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu sebanyak-banyaknya serta bertasbihlah di waktu petang dan pagi hari".


Cerita kemudian melompat pada kisah Zakariya. Terlihat bahwa susunan cerita dalam ayat ini kacau. Nama Zakaria tahu-tahu muncul dan menjadi pemelihara Maryam.Dalam Quran kelihatannya Maryam masih kecil ketika Yahya lahir, padahal dalam Injil Lukas ketika istri Zakharia mengandung, Maryam juga sedang mengandung. Dalam versi Quran Zakariya hanya bisu selama 3 hari, dan sepertinya Muhammad dikacaukan dengan cerita butanya Saul selama 3 hari.

Quran kemudian menyebut cerita Maryam dan Zacharia itu sebagai “berita Gaib” menyebutkan tentang peristiwa buang undi untuk menentukan siapa yang memlihara Maryam.

Q3.44
[44] Yang demikian itu adalah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepada kamu (ya Muhammad); padahal kamu tidak hadir beserta mereka, ketika mereka melemparkan anak-anak panah mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan kamu tidak hadir di sisi mereka ketika mereka bersengketa.

Kutipan Protevangelium of Jamaes 8.1-3 dan 9.1 :

PJ 8.2-3
2 Dan ketika di berumur 12 tahun, disana ada majelis imam, berkata : Lihatlah Maria berumur 12 tahun dalam Kuil Tuhan. Apa yang akan kita lakukan dengannya ? Kalau-kalau ia mengotori altar Tuhan. Dan mereka berkata pada imam besar : Engkau menghadap altar Tuhan. Masuk dan berdoa mengenainya : Dan apapun yang Tuhan wahyukan padamu akan kami ikuti.
3. Dan imam besar mengambil jubahnya kebesarannya dengan duabelas lonceng dan masuk ke ruang maha kudus dan berdoa mengenainya (Maria). Dan lihatlah, seorang malaikat tampil dan berkata padanya : Zacharias pergilah dan kumpulkan para duda , dan biarkan mereka membawa tiap orangnya sebuah tongkat (rod) , dan kepada siapa Tuhan memberi tanda, ia akan menjadi istrinya. Dan para pewarta pergi keseluruh negeri Judea, dan terompet Tuhan dibunyikan, dan orang-orang berlarian ke tempat itu.

PJ 9.1
1. Dan Yusuf melemparkan kapaknya dan lari untuk bergabung dengan mereka, dan ketika mereka dikumpulkan bersama ke imam besar dan membawa tongkat-tongkat mereka. Dan ia mengambil tongkat-tongkat mereka semua dan masuk ke kuil berdoa. Dan ketika ia selesai berdoa dia mengambil tongkat-tongkat itu dan keluar dan mengembalikannya kepada mereka : tetapi tidak ada tanda atas mereka. Tetapi Yusuf menerima tongkat yang terakhir: dan lihatlah, seekor burung merpati turun ke tongkatdan terbang diatas manik-manik Yusuf. Dan imam berkata pada Yusuf : Kepada mu jatuh pilihan untuk membawa perawan Tuhan dan menjaganya demi dirimu.

Pada bagian akhir PJ 9.1 disebutkan tugas Yusuf sebagai suami menjaga Maryam.

Protevangelium of Jamaes adalah kitab apokrip Kristen yang berasal dari abad ke 2 M. Penulis PJ banyak melakukan kesalahan yang berkaitan dengan prosedur di Kuil Yerusalem. Juga kesalahan sejarah dengan menyebut Zakharia sebagai Imam Besar. Disamping itu isinya dipenuhi peristiwa-peristiwa ajaib yang berlebihan dan dalam kisah ini Mayam terlihat sebagai orang penting, padahal kenyataannya Yahudi menyebut Maryam sebagai penzinah.

Namun Quran lebih kacau lagi kerena tidak saja buta terhadap keadaan Kuil Yerusalam , tetapi juga ceritanya tanpa kronologis dan melompat-lompat. Quran juga mengacaukan Zakharia ayah Yahya Pembatis dengan nabi Zakharia yang hidup 5 abad sebelumnya serta menyamakan nama ayah Maryam dengan ayah Musa yang juga saudara Miryam (nabiyah) yaitu Amran.?? Serta memasukkan ibadah jahillyah di kabah yaitu mengundi dengan menggunakan anak panah (di depan berhala Hubal) . Jadi ini berita gaib atau berita jadi-jadian ?

Link Protevangelium of Jamaes :
http://www.earlychristianwritings.com/infancyjames.html

BERSAMBUNG
--
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Tue Jul 18, 2006 12:45 am

XXI TUJUH GERBANG NERAKA.

Q15 : 34-45
[44] Jahanam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.

Pembagian neraka menurut Islam kemudian berdasarkan Quran sbb :
1. Jahannam, api pencucian untuk Muslim.
2. Laza, untuk memanggang orang-orang Nasrani.
3. Al Hutamah, untuk orang Yahudi.
4. Sa’ir (Q4.11) untuk orang Sabiin
6. Saqar untuk Zoroasterian
6. Al-Jahim (Q2.113), untuk penyembah berhala.
7. Hawiyah, lubang tanpa dasar untuk mundfiqun (bermuka dua).


Neraka terdiri dari 7 area dengan tujuh gerbang terdapat dalam tulisan apocalypse of Moses, salah satu literature judaism yang menceritakan kisah isapan jempol mengenai Miraj Musa ke 7 lapis langit. Juga terdapat dalam Zohar maupun Midrash.

Contoh kutipan dari : http://www.sacred-texts.com/journals/jras/1893-15.htm

Neraka.
(Baraita de Massechet Gehinom: in Hesed le-Abraham of Abr. Azulai in: Yalkut-ha-roim, Warsaw, 1858, f. 85, sqq. Cf. Midrash Kônen, l.c. f. 3b-4a. Shebet Mussar, ch. 26, f. 84a.)

1. Kami baca dalam Baraita Ciptaan : “ Di bawah bumi adalah Tehom dibawah tehom adalah Bohu, dibawah Bohu adalah Yam, di bawah Yam adalah Mayim, dibawah Mayim adalah Arka, dan di sana, Sheol, Abadon, Beer Shadat, Tit-hayven, Shaare Mavet, Sharee Tzalmavet, dan Gehinom. Di sini para pendosa dan malaikat-malaikat penghancur menguasai mereka. Di sana kegelapan tebal seperti dinding kota, dan penghukuman yang sangat berat dan pahit untuk para pendosa ditetapkan., dan dikatakan : “ Si Jahat akan ditempatkan pada kesunyian dalam kegelapan.”

2. Lapisan yang paling teratas adalah Sheol. Tingginya 300 tahun perjalanan; lebar 300 tahun perjalanan; dan panjang 300 tahun perjalanan. Bagian ke dua adalah eer Shahat, sama tinggi, lebar dan panjang. Ketiga adalah Tit-Hayaven dengan ukuran yang sama. Ke empat adalah Shaare Mavet dengan ukuran yang sama. Ke lima Abadon dengan ukuran yang sama. Ke enam Shaare Tzalmavet dengan ukuran yang sama. Ke tujuh Gehinom dengan ukuran yang sama. Itu membuat seluruhnya panjang neraka 6300 tahun perjalanan.”

Tujuh gerbang neraka di kenal juga dalam mithos Sumeria mengenai perjalanan Dewi Ishtar menuju Alam Kubur.

When the seventh gate he had made her enter,
He stripped and took away the breechcloth round her body.
"Why, O gatekeeper, didst thou take the breechcloth round my body?"
"Enter, my lady, thus are the rules of the Mistress of the Underworld."

As soon as Ishtar had descended to the Land of No Return,
Ereshkigal saw her and burst out at her presence.
Ishtar, unreflecting, flew at her.
Ereshkigal opened her mouth to speak,

--



XXII MUHAMMAD DAN SARANG LABAH-LABAH.

Meskipun dongeng ini bukan dongeng Quran, tapi kisah ini popular dikalangan Muslim. Bahkan sebagian Muslim percaya peristiwa itu terjadi, dan menjadikannya salah satu bukti mukjizat Muhammad.

Ketika Muhammad hendak menuju Medinah dan menghindari kejaran penduduk Mekkah, mereka (Muhammad dan Abu Bakr), memananjat lereng karang ke gua dekat Mekkah. Mereka penuh debu lelah dan haus. Abu Bakr, berganti-ganti marah dan takut. Dia tidak percaya Rasulullah akan bersembunyi seperti ini. Dia meminta pertolongan Allah, Muhammad menjamin Allah akan mendengar.

Menjelang senja, mereka mencapai gua, tetapi mereka mendengar bunyi sepatu kuda musuh-musuh mereka dibelakang. Apa yang dapat mereka lakukan ? Abu Bakr mulai putus asa. “Apa yang harus kita lakukan?” katanya, “kita cuman berdua ?” Muhammad mendorong dia ke dalam gua. “Engkau salah,” dia berkata. “Kita bertiga.”

Langkah kaki terdengar di mulut gua. Kemudian sebuah suara terdengar.” Mereka tidak di sini. Lubang gua ini ditutupi oleh sarang laba-laba . Tidak ada seorangpun di sini sejak Muhammad lahir.” Mereka mendengar suara orang pergi menjauh, suara sepatu kudapun terdengar makin samar.

Ketika mereka membuka matanya, gua tidak sama seperti semula. Seluruh lubang masuk ditutupi sarang laba-laba yang indah dan sebuah cabang pohon rendah dengan seekor merpati bersarang . Apa yang terjadi kata Abu Bakr, Muhammadpun tersenyum..

Dongeng yang serupa sebenarnya terdapat juga dalam dongeng-dongeng Yahudi, seperti kisah dibawah ini :

Ketika Raja Daud masih kanak-kanak, ia sedang mengembalakan domba-domba ayahnya, dia selalu menemukan sarang labah-labah merentang diantara cabang-cabang pohon dan gemerlap oleh cahaya matahari. Daud bertanya kepada Tuhan : ” Mengapa, O Pencipta alam semesta engkau membuat laba-laba ? Engkau bahkan tidak dapat menggunakan sarangnya sebagai pakaian ! “ Ruhanpun menjawab Daud, “ Suatu hari akan datang ketika engkau membutuhkan karya ciptaan ini ? Maka engkau akan berterima kasih padaku.”

Sesudah dewasa, dikisahkan pada suatu kesempatan ketika dikejar-kejar tentara Saul, Daud menjelang petang menyembunyikan dirinya dalam gua Adullam, dan sesudah dia memasuki gua tiba-tiba seekor laba-laba memintal sarang diseluruh lubang gua. Para pemburunya melawatinya, tetapi berpikir bahwa tidak ada orang yang dapat memasuki gua dengan sarang laba-laba tanpa merusakkannya, merekapun meneruskan perjalanannya. Maka kerena seekor laba-laba Daud berhasil selamat. Daud pun mengerti bahwa Tuhan bijaksana dan berterima kasih kerena menciptakan semua ciptaan, yang pasti ada manfaatnya.

Kisah itu terdapat dalam Midrash AlphaBeth Ben Sira, yang dibukukan pada pertengahan abad ke 8 Masehi, tapi kisahnya dalam tradisi oral mungkin sudah ada jauh sebelum dibukukan.

Beberapa kisah lainnya mengenai serangga dan raja Daud bisa dilihat :
http://www.sacred-texts.com/jud/pol/pol44.htm

--
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby MuridMurtad » Tue Jul 18, 2006 12:49 am

XXIII ABRAHAM DILEMPAR KE API OLEH NAMRUD.
(Lanjutan kisah IBRAHIM MENGHANCURKAN BERHALA)

Kisah ini merupakan lanjutan dari kisah Ibrahim menghancurkan berhala, yaitu Q12.65 dan sebelumnya.

Q21.66-71
[66] Ibrahim berkata: "Maka mengapakah kamu menyembah selain Allah sesuatu yang tidak dapat memberi manfaat sedikit pun dan tidak (pula) memberi mudarat kepada kamu?"
[67] Ah (celakalah) kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah. Maka apakah kamu tidak memahami?
[68] Mereka berkata: "Bakarlah dia dan bantulah tuhan-tuhan kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak".
[69] Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim".
[70] mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling merugi. [71] Dan Kami selamatkan Ibrahim dan Lut ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia.

Q37.97-98
[97] Mereka berkata: "Dirikanlah suatu bangunan untuk (membakar) Ibrahim; lalu lemparkanlah dia ke dalam api yang menyala-nyala itu".
[98] Mereka hendak melakukan tipu muslihat kepadanya, maka Kami jadikan mereka orang-orang yang hina.
[99] Dan Ibrahim berkata: "Sesungguhnya aku pergi menghadap kepada Tuhanku, dan Dia akan memberi petunjuk kepadaku.

Q2.258
[258] Apakah kamu tidak memperhatikan orang yang mendebat (Namrud) Ibrahim tentang Tuhannya (Allah) karena Allah telah memberikan kepada orang itu pemerintahan (kekuasaan). Ketika Ibrahim mengatakan: "Tuhanku ialah Yang menghidupkan dan mematikan," orang itu berkata: "Saya dapat menghidupkan dan mematikan". Ibrahim berkata: "Sesungguhnya Allah menerbitkan matahari dari timur, maka terbitkanlah dia dari barat," lalu heran terdiamlah orang kafir itu; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim

Genesis Rabbah :

Dan Haran meninggal di depan Ayahnya Terah. R Hiyya berkata : Terah adalah pembuat berhala. Dia sutau ketika pergi ke suatu tempat dan meninggalkan Ibrahim untuk menjual berhala itu di tempatnya. Seorang laki-laki datang dan ingin membeli satu. ‘Berapa umurmu ?’ Ibrahim bertanya padanya.’Lima puluh tahun’ jawabnya ‘Celaka orang itu’. ‘Engkau berumur 50 tahun dan ingin menyembah benda berumur sehari !’ Saati itu dia menjadi malu dan pergi.

Pada lain kesempatan seorang wanita datang dengan spiring penuh tepung dan meminta kepadanya, “ Ambil ini dan tawarkan kepada mereka.’ Maka dia mengambil sebuah tongkat dan memecahkan mereka dan menaruh tonkat di tangan yang paling besar. Ketika ayahnya kembali. ‘Apa yang engkau lakukan terhadap mereka?’ ‘Aku tidak menyembunyikan ini darimu’ di menjawab. “Seorang wanita datang dengan sepiring penuh tepung yang bagus dan memintaku menawarkan kepada mereka (behala). Salah satu menuntut ‘Aku harus makan lebih dahulu’ sementara yang lain menuntut ‘ Aku harus makan yang pertama’. Setelah itu yang oaling besar bangkit, mengambil tongkat, dan memcahkan mereka.” ‘ Mengapa engkau mengolok-ngolok aku’ dia berteriak, ‘apakah mereka mempunyai pengetahuan !’ ‘ Mestinya telingamu tidak mendengar apa yang mulutmu katakan; dia menjawabketus. Setelah itu dia menangkapnya den membawanya ke Nimrod.

‘ Mari kita memuja api ‘ dia (Nimrod) mengusulkan. ‘Mari kita menyembah air,’ yang memadamkan api’ jawabnya. ‘Kemudian mari kita menyembah awan-awan !’ ‘ Mari kita menyembah angin yang membubarkan awan’ ‘Mari kita menyembah angin !’ ‘ Kami tidak menyembah apapun selain api. Lihat, aku akan melemparmu ke dalamnya, dan biar Tuhan yang engkau sembah menolongmu.

Sekarang Haran berdiri ragu-ragu. Bila Abram menang , (ia berpikir), aku akan berkata bahwa aku akan mengikuti keprecayaan Abram, sementara bila Nimrod menang aku akan berkata bahwa aku akan di sisi Nimrod. Ketika Abraham turun ke dalam tungku perapian dan selamat, dia (Nimrod) berkata padanya, ‘ Ikut kepercayaan siapa engkau ?’ ‘ Abram’ dia menjawab. Setelah itu dia menangkap dan melemparkan dia ke dalam api; dia di dalam hangus dan dia mati di depan ayahnya.


Genesis Rabbah (Bereshith).
http://www.sacred-texts.com/jud/mhl/mhl05.htm (untuk versi terjemahan ini : Gen Rabbah p.60)

Penjelasan:

Menurut tradisi Islam, Ibrahim dan Namrud (Nimrod) hidup sejaman. Padahal Bibel Perjanjian Lama secara jelas menyebut Namrud anak Kush, anak Ham, anak Nuh (Gen 10:6,8 ). Sementara Ibrahim pada generasi ke 9 sesudah Nuh. (Gen 11:10-27 ). Namun dalam Quran sendiri nama Namrud tidak disebut.

Kesalahan Islam menempatkan Namrud sejaman dengan Ibrahim, kerena Muhammad mengikuti kisah-kisah Rabbi Yahudi di Talmud yang sering keliru tapi merupakan kisah popular di jamannya, ketimbang Bibel.

Dalam Gen. 15:7 ditulis Aku Tuhan yang membawamu keluar dari Ur Kaldean (Kasdim). Ur adalah bahasa Babylonia yang artinya kota. Namun beberapa rabbi Yahudi keliru menyamakan ur dengan “uwr” (nur) yang artinya (dalam bahasa Ibrani) cahaya atau nyala api sehingga ayat itu di terjemahkan menjadi “Aku Tuhan yang membawamu keluar dari tungku perapian.”

Perhatikan kutipan lanjutan Genesis Rabba (p 61 ):

………..Ketika dia (Haran) melihat yang belakangan diselamatkan dia menyatakan dirinya disisi Allah Abraham, berpikir bahwa dia juga akan diselamatkan dengan mukjizat yang sama bila sekarang menjadi seorang pengikut Allah itu. Tetapi ketika imannya tidak sungguh-sungguh, tetapi tergantung dari sebuah mukjizat, dia binasa dalam API, dimana seperti Abraham di dilempar oleh Nimrod. Ini disebut dalam kata-kata (Gen 11.28 ) : “Wayaamaat Haaraan `al- pneey Terach 'aabiyw b'erets mowladtowb-'UWR kasdiym (And died - Haran - before - the face of - Terah - his father - in the land of - his birth, - in UR -of the Chaldeans).”

In Ur of the Chaldeans berarti di Kota orang Kaldean (Kasdim) , tapi kerena uwr dalam bahasa Ibrani berarti nyala api, maka kalimat itu menjadi “dalam NYALA API orang KALDEAN”. Perkataan babylonia ur (kota) ditemukan dalam berbagai tulisan pada penggalian archaeology di Irak Sehingga ketidak mengertian Rabbi Yahudi itu menjadikan mereka terlihat ****, sebodoh Allahnya Muhammad yang maen contek saja.

--

BERSAMBUNG.
MuridMurtad
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1172
Joined: Fri Sep 30, 2005 1:49 pm

Postby free_man » Wed Jul 26, 2006 12:59 pm

Thanks MuridMurtad,
anda sangat menguasai materi.
Bagaimana kalau anda tulis buku ttng itu semua? pasti akan lbh banyak lagi orang yang diselamatkan.

saya tunggu balasannya dari muslims.
kalau anda (muslims) mau reply, tolong dikupas kata demi kata and kalimat demi kalimat dari apa yang MuridMurtad tulis. Disertakan juga bukti ayat2 Quran. ok?

Ditunggu sambungannya MuridMurtad.
GBU.
free_man
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 4
Joined: Wed Jul 26, 2006 12:08 pm

Postby ali5196 » Sat Oct 14, 2006 3:39 pm

with thanks to vivaldi:

http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... php?t=6137

Legenda the Seven Sleepers dlm Quran (QS 18 : 19- 26)

Al-qur’an dalam surah Al-Kahfi menceritakan tentang kisah para pemuda yang melarikan diri dari penindasan penguasa. Para pemuda itu memasuki sebuah gua dan kemudian Allah membuat membuat mereka tertidur selama bertahun-tahun. Kisah ini merupakan salah satu kisah yang memukau dalam Al-Qur’an dimana Allah memberi daya tahan hidup pada manusia di luar hukum kebiasaan. Namun bagi non muslim, kisah ini sebetulunya tidak lebih daripada kisah legenda belaka dan membuktikan bahwa Al-Qur’an benar-benar berisikan dongengan dan legenda dahulu kala. Satu tuduhan yang telah ada semasa Muhammad SAW hidup.

...

V. KESIMPULAN

Dari uraian diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. The Seven Sleepers of Ephesus tidak lebih adalah kisah legenda yang diciptakan untuk menarik peziarah datang ke Efesus. Kisah ini tidak pernah masuk dalam kitab suci Yahudi maupun kitab suci Kristen karena mereka tahu betul bahwa kisah ini hanyalah sebuah legenda.

2. Kisah ini sudah ada dalam versi Syria setidaknya 90 tahun sebelum Muhammad SAW memulai dakwahnya dan Muhammad SAW sendiri pernah melakukan perjalanan dagang hingga ke Syria.

3. Karena kisah ini tidak lebih adalah cerita belaka makanya jumlah pemuda (7 atau 8 orang) dan lamanya mereka tertidur (145, 300, 362 atau 372 tahun) berbeda beda antara satu dengan yang lainnya.

4. Kisah ini masuk dalam Al-Qur’an karena Aulloh SWT dan Muhamamd SAW terjebak dengan pertanyaan rabi Yahudi. Mereka berdua mengira karena kisah ini ditanyakan oleh rabi Yahudi maka pasti merupakan kisah yang benar dan bernilai teologis.

5. Kalaupun kisah dalam Al-Qur’an benar maka ini justru membuktikan bahwa Kristen post Nicea adalah Kristen yang benar (Alhamdulillah).

6. Kisah ini membuktikan adanya tambal sulam dalam penyusunan Al-Qur’an.

Sekian.
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Sat Mar 03, 2007 4:02 am

thanks to Hunter :
QURAN ATAU DONGENGKAH INI?
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... hp?t=11701

ADA - ADA SAJA DONGENG TAK MASUK AKAL DARI ISLAM INI. MEREKA MENGATAKAN AULOH MAHA PENCIPTA DAN BISA MENCIPTAKAN APAPUN HANYA DENGAN KATA "JADILAH" MAKA JADILAH.

Tapi ternyata menurut dongen islam berikut ini AULOH itu menciptakan manusia pun butuh waktu cukup lama dengan cerita yang sangat lucu dan aneh - aneh. Terus terang ana bacanya juga malu gitu loooo. Beginilah kalau agama yang di dasari oleh KEBODOHAN. IHHHHHHH

========================================
Sumber : http://ms.wikipedia.org/wiki/Penciptaan_Adam

SIAPKAN IMAN KALIAN DAN JANGAN TERTAWA
HAHAHAHAHAHAHAHA SELAMAT MEMBACA AJA LAH

Penciptaan Adam diriwayatkan sebagai satu daripada ciptaan Allah yang paling kontroversi atau paling disebut-sebut oleh makhluk Allah yang lain. Peristiwa tersebut disebut dalam al-Qur'an apabila para malaikat mempersoalkan kejadian (manusia) sebagai khalifah atau pengganti di bumi.

"Ketika Allah berfirman kepada malaikat: Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di bumi. Mereka bertanya (tentang hikmat ketetapan Tuhan itu dengan berkata): Adakah Engkau (Ya Tuhan kami) hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat bencana dan menumpahkan darah, padahal kami sentiasa bertasbih dengan memujiMu dan mensucikanMu?. Tuhan berfirman: Sesungguhnya Aku mengetahui akan apa yang kamu tidak mengetahuinya." (2: 30)

Ciptaan dari tanah
Allah telah memerintahkan Malaikat Jibril turun ke bumi untuk mengambil sebahagian tanah sebagai bahan untuk menjadikan Adam. Walau bagaimanapun, bumi enggan membenarkan tanahnya diambil malah bersumpah dengan nama Allah yang dia tidak rela untuk menyerahkannya kerana kebimbangannya seperti yang dibimbangkan oleh para malaikat.


Jibril kembali setelah mendengar sumpah tersebut lalu Allah mengutuskan pula Malaikat Mikail dan kemudiannya Malaikat Israfil tetapi kedua-duanya juga tidak berdaya hendak berbuat apa-apa akibat sumpah yang dibuat oleh bumi. Maka, Allah memerintahkan Malaikat Izrail untuk melakukan tugas tersebut dan menggesa agar tidak berundur walaupun bumi bersumpah kerana tugas tersebut dijalankan atas perintah dan nama Tuhan.

Maka, Izrail turun ke bumi dan mengatakan yang kedatangannya adalah atas perintah Allah dan memberi amaran kepada bumi untuk tidak membantah yang memungkinkan bumi menderhaka kepada Allah. Menurut Ibnu Abbas, tanah bumi dan syurga digunakan untuk dijadikan bahan mencipta Adam. Tanah tersebut adalah:

Tanah Baitulmuqaddis - kepala sebagai tempat kemuliaan untuk diletakkan otak dan akal.
Tanah Bukit Tursina (Mesir) - telinga sebagai tempat mendengar dan menerima nasihat.
Tanah Iraq - dahi sebagai tempat sujud kepada Allah.
Tanah Aden (Yaman) - muka sebagai temat berhias dan kecantikan.
Tanah telaga Al-Kautsar - mata sebagai tempat menarik perhatian.
Tanah Al-Kautsar - gigi sebagai tempat memanis-manis.
Tanah Kaabah(Makkah) - tangan kanan sebagai tempat mencari nafkah dan bekerjasama.
Tanah Paris (Perancis) - tangan kiri sebagai anggota untuk melakukan istinjak.
Tanah Khurasan (Iran) - perut sebagai tempat berlapar.
Tanah Babylon (Iraq) - kelamin sebagai organ seks dan tempat bernafsu serta godaan syaitan.
Tanah Tursina (Mesir) - tulang sebagai peneguh manusia.
Tanah India - kaki sebagai anggota berdiri dan berjalan.
Tanah Firdaus (Syurga) - hati sebagai tempat keyakinan, keimanan, dan kemahuan.
Tanah Taif (Arab Saudi) - lidah sebagai tempat untuk mengucapkan syahadah, syukur dan doa.

Penyempurnaan
Tubuh Adam mempunyai sembilan rongga atau liang. Tujuh liang di kepala dan dua di bawah badan iaitu dua mata, dua telinga, dua hidung, satu mulut, satu dubur dan satu uretra. Lima pancaindera dilengkapkan dengan anggota tertentu seperti mata untuk penglihatan, telinga untuk pendengaran, hidung untuk pengesanan bauan, lidah untuk perasa seperti masam, masin, manis dan pahit dan kulit untuk sentuhan bagi panas, sejuk, tekanan, kelikatan dan sakit.

Ketika Allah menjadikan tubuh Adam, tanah dicampurkan dengan air tawar, masin dan hanyir beserta api dan angin. Kemudian Allah resapkan Nur ke dalam tubuh Adan dengan pelbagai "sifat". Lalu tubuh Adam digenggam dengan genggaman Jabarut dan diletakkan di dalam Alam Malakut. Tanah itu dicampurkan lagi dengan istilah wangian dan ramuan dari Nur-Sifat Allah dan dirasmi dengan "Bahrul Uluhiyah". Kemudian, tubuh tersebut dibenam dalam "Kudral 'Izzah" iaitu sifat "Jalan dan Jammal" lalu disempurnakan tubuh tersebut.

Waktu kejadian manusia tidak disebut berapa lama walaupun melalui apa cara perhitungan sekalipun seperti dalam al-Quran: "Bukankah telah berlalu kepada manusia satu ketika dari masa (yang beredar), sedang dia (masih belum wujud lagi dan) tidak menjadi sesuatu benda yang disebut-sebut..." (76:1)

Menurut keterangan ulama, tubuh Adam diselubungi dalam tempoh 120 tahun, 40 tahun di tanah yang kering, 40 tahun di tanah yang basah dan 40 tahun di tanah yang hitam dan berbau. Dari situ, Allah ubah tubuh Adam dengan rupa kemuliaan dan tertutuplah dari rupa hakikatnya. Kerana proses kejadian itu yang melalui peringkat yang "kotor", tidak hairan Malaikat dan Iblis memandang rendah akan kejadian manusia yang dicipta dari tanah.

Kemasukan roh
Roh diperintah Allah untuk memasuki jasad Adam tetapi seperti makhluk lain, roh juga enggan, malas dan segan kerana jasad yang seperti batu. Dikatakan ruh berlegar-legar mengelilingi jasad Adam sambil disaksikan malaikat. Kemudian, Allah memerintahkan Malaikat Izrail memaksa ruh memassuki tubuh tersebut masuk ke dalam tubuh Adam. Ia memasukkannya ke dalam tubuh dan roh secara perlahan-lahan masuk hingga ke kepalanya yang mengambil masa 200 tahun. Setelah meresapi ke kepala Adam, maka berfungsilah otak dan tersusunlah urat saraf dengan sempurna. Lalu, terjadilah mata dan terus terbuka melihat tubuhnya yang masih keras dan malaikat di sekelilingnya. Telinga mulai berfungsi dan didengarnya kalimah tasbih para malaikat. Apabila roh tiba ke hidung, lalu ia bersin dan mulutnya juga terbuka. Allah mengajarkan kalimah "Alhamdulillah" yang merupakan kalimah pertama diucapkan Adam dan Allah sendiri yang membalasnya.

Kemudian, roh tiba ke dadanya lalu Adam berkeinginan untuk bangun padahal tubuhnya yang bawah masih keras membatu. Ketika itu ditunjukkan sifat manusia yang terburu-buru. Ketika roh sampai di perut, maka organ dalam dan perut tersusun sempurna dan saat itu Adam mula merasakan lapar. Akhirnya, roh meresap ke seluruh tubuh Adam, tangan dan kaki dan berfungsilah dengan sempurna segala darah daging, tulang, urat saraf dan kulit. Menurut riwayat, kulit Adam amat baik ketika itu berbanding kulit manusia di kini dan warnanya masih dapat dilihat di kuku sebagai peringatan kepada keturunan manusia.

Dengan itu, sempurnalah sudah kejadian manusia pertama dan Adam digelar sebagai "Abul Basyar" iaitu Bapa Manusia. Walau bagaimanapun, hanya Nabi Muhammad s.a.w. mendapat gelaran "Abul Ruh" atau "Abul Arwah" iaitu Bapa segala Roh.

==============================================

Dan lucunya cerita ini di dukung penuh oleh bung penciptabible di masjid.co.nr

http://masjid.forumportal.us/viewtopic. ... ays=0&post order=asc&highlight=&sid=572397a30aab2934c43e6c5a22696c74

WAHAHAHAHAHAH GGRGRGJEGJG HGAHHAHAHHA KKJKJAKJKAKJAKJ
OUAGH.. PRTREET
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby Eneng Kusnadi » Sun Mar 04, 2007 8:05 pm

Kalau boleh saya tambahkan di copy paste dari http://www.sarapanpagi.org
mengenai sumber ajaran Islam:


Dikutip dari : KEBENARAN DIUNGKAPKAN Dr. Anis Shorrosh Kelompok Kerja PHILIA Jakarta, Desember 1994, hal 150-166. Rujukan Utama : http://answering-islam.org.uk/Quran/Sources/index.html SUMBER ISLAM YANG SEBENARNYA 1. HABIL DAN QABIL Al Maa-idah 5:27-32 (27) Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain(Qabil). Ia berkata (Qabil):"Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil:"Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertaqwa". (28) Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku sekali-kali tidak akanmenggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb seru sekalian alam". (29) Sesungguhnya aku ingin agar kamu kembali dengan (membawa) dosa (membunuh) ku dan dosamu sendiri, maka kamu akan menjadi penghuni nereka, dan yang demikian itulah pembalasan bagi orang-orang yang zalim". (30) Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi. (31) Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana dia seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil:"Aduhai celaka aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini" Karena itu jadilah dia seorang di antara orang-orang yang menyesal. (32) Oleh karena itu kami tetapkan (suatu hukum) bagi bani israel, bahwa: barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, ataubukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan menusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (keterangan-keterangan) yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan di muka bumi. Baris di atas merefleksikan sumbernya dari tradisi kuno Yahudi (150-200 Masihi) yang ditulis oleh Pirke Rabbi Eleazer:
Adam dan Hawa duduk dekat mayat Habel, menangis dan tidak mengetahui apa yang harus diperbuat, mereka tidak mengerti (berpengetahuan) tentang penguburan. Seekor burung gagak hinggap, mengambil tubuh yang mati dari binatang jenisnya, dan setelah menggali-gali di bumi, dia menguburnya di depan mata mereka. Adam berkata: “Mari kita meniru petunjuk gagak itu”, dan mengambil mayat Habel serta menguburnya dengan segera. Ayat Al-Quran ini juga merefleksikan sumbernya dari Jewish Mishnah Sandhedrin 4:5 yang ditulis pada abad ke-2: Kami menjumpai tulisan dalam kasus Kain yang membunuh adiknya, bahwa suara darah adiknya berteriak (Kejadian 4:10). Darah di sini disebut dalam bentuk jamak, bukan tunggal, yaitu darahnya sendiri dan darah keturunannya. Manusia diciptakan tunggal, untuk menunjukkan bahwa orang yang membunuh seorang peribadi (seorang manusia), kepadanya diperhitungkan bahwa dia telah membunuh suatu bangsa; dan orang yang menyelamatkan hidup seorang peribadi, kepadanya diperhitungkan bahwa dia telah menyelamatkan suatu bangsa.
2. CERITA RAKYAT YAHUDI Targum II Ester yang ditulis dua abad sebelum Masihi, adalah pasti merupakan sumber Surat An Naml 27:17-44. Pertama kita melihat catatan Al-Quran: (17) Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan). (18) Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut:"Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari"; (19) maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu.Dan dia berdo'a:"Ya Rabbku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh". (20) Dan dia memeriksa burung-burung lalu berkata:"Mengapa aku tidak melihat burung hud-hud, apakah dia termasuk yang tidak hadir. (21) Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya dengan keras, atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang". (22) Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata:"Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini. (23) Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar. (24) Aku mendapati dia dan kaumnya menyembah matahari, selain Allah; dan syaitan telah menjadikan mereka memandang indah perbuatan-perbuatan mereka lalu menghalangi mereka dari jalan (Allah), sehingga mereka tidak dapat petunjuk,
(25) agar mereka tidak menyembah Allah Yang mengeluarkan apa yang terpendam di langit dan di bumi dan Yang mengetahui apa yang kamu sembunyikan dan apa yang kamu nyatakan. (26) Allah, tiada Ilah Yang disembah kecuali Dia, Rabb Yang mempunyai'Arsy yang besar". (27) Berkata Sulaiman:"Akan kami lihat, apa kamu benar, ataukah kamu termasuk orang-orang yang berdusta. (28) Pergilah dengan (membawa) suratku ini, lalu jatuhkanlah kepada mereka, kemudian berpalinglah dari mereka, lalu perhatikanlah apa yang mereka bicarakan". (29) Berkatalah ia (Balqis):"Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia. (30) Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya:"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (31) Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri". (32) Berkatalah dia (Balqis):"Hai para pembesar berilah aku pertimbangan dalam urusanku (ini) aku tidak pernah memutuskan sesuatu persoalan sebelum kamu berada dalam majelis(ku)". (33) Mereka menjawab:"Kita adalah orang-orang yang memiliki kekuatan dan (juga) memiliki keberanian yang sangat (dalam peperangan), dan keputusan berada di tanganmu; maka pertimbangkanlah apa yang akan kamu perintahkan". (34) Dia berkata:"Sesungguhnya raja-raja apabila memasuki suatu negeri, niscaya mereka membinasakannya, dan menjadikan penduduknya yang mulia jadi hina; dan demikian pulalah yang akan mereka perbuat. (35) Dan sesungguhnya aku akan mengirim utusan kepada mereka dengan (membawa) hadiah, dan (aku akan) menunggu apa yang akan dibawa kembali oleh utusan-utusan itu". (36) Maka tatkala utusan itu sampai kepada Sulaiman, Sulaiman berkata:"Apakah (patut) kamu menolong aku dengan harta Maka apa yang diberikan Allah kepadaku lebih baik daripada apa yang diberikan-Nya kepadamu; tetapi kamu merasa bangga dengan hadiahmu. (37) Kembalilah kepada mereka sungguh Kami akan mendatangi mereka dengan balatentara yang mereka tidak kuasa melawannya, dan pasti kami akan mengusir mereka dari negeri itu (Saba) dengan terhina dan mereka menjadi (tawanan-tawanan) yang hina dina". (38) Berkata Sulaiman:"Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri". (39) Berkata 'Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin:"Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgasana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat membawanya lagi dapat dipercaya". (40) Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari Al-Kitab:"Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip".Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata:"Ini termasuk kurnia Rabbku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya).Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya
sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Rabbku Maha Kaya lagi Maha Mulia". (41) Dia berkata:"Robahlah baginya singgasananya; maka kita akan melihat apakah dia mengenal ataukah dia termasuk orang-orang yang tidak mengenal(nya)". (42) Dan ketika Balqis datang, ditanyakanlah kepadanya:"Serupa inikah singgasanamu" Dia menjawab:"Seakan-akan singgasana ini singgasanaku, kami telah diberi pengetahuan sebelumnya dan kami adalah orang-orang yang berserah diri". (43) Dan apa yang disembahnya selama ini selain Allah, mencegahnya (untuk melahirkan keislamannya), karena sesungguhnya dia dahulunya termasuk orang-orang yang kafir. (44) Dikatakan kepadanya:"Masuklah ke dalam istana".Maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya kedua betisnya.Berkatalah Sulaiman:"Sesungguhnya ia adalah istana licin terbuat dari kaca".Berkatalah Balqis:"Ya Rabbku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Rabb semesta alam". Targum II Ester: Solomon memberikan perintah…dia akan mengirim raja dan bala tentera melawan engkau…yang terdiri dari jenis binatang-binatang darat dan burung-burung di udara. Kemudian sesudah itu, seekor ayam jantan merah (seekor burung) pergi dengan sesuka hatinya dan entah ke mana. Raja Solomon memberi perintah untuk menangkapnya, membawanya dengan paksa dan dia memang bermaksud akan membunuhnya. Tetapi kemudian ayam jantan itu muncul di hadapan raja dan berkata,: “Aku telah melihat-lihat seluruh bumi dan menyaksikan sebuah kota dan kerajaan (Sheba) yang belum tunduk kepadamu, Tuanku Raja. Mereka diperintah oleh seorang ratu bernama Sheba. Kemudian aku menemukan kota yang dibentengi di Eastland dan sekelilingnya dihiasi batu-batu emas dan perak, yang mengalasi jalan-jalan. Secara kebetulan, Ratu Sheba keluar pagi-pagi untuk menyembah laut. Juru tulis Solomon mempersiapkan sepucuk surat, dimasukkannya di bawah sayap seekor burung yang membawanya terbang dan tiba di benteng Sheba. Melihat surat di bawah sayapnya (Sheba) membuka dan membacanya: “Raja Solomon mengirim salam. Bila berkenan, datanglah engkau untuk menanyakan kesihatanku, dan aku akan menempatkan engkau tinggi di atas segala-galanya. Jika tidak berkenan, aku akan mengirim raja-raja dan bala tentera melawan engkau.” Membaca demikian, ratu Sheba merobek pakaiannya serta memanggil kaum bangsawan untuk meminta nasihat. Mereka belum pernah mengenal Solomon, tetapi menasihatkan dia untuk mengirim kapal-kapal melalui laut, penuh dengan perhiasan-perhiasan dan batu-batu yang indah…dan juga sepucuk surat kepadanya. Sheba akhirnya datang, Solomon mengirimkan utusan untuk menjemput dia, dan ketika ia tiba, Solomon bangkit dan duduk di dalam istana gelas. Ketika Ratu Sheba melihat itu,
dia berfikir lantai gelas itu adalah air, dan ketika menyeberanginya, dia mengangkat pakaiannya. Solomon melihat bulu kakinya dan (dia) berseru kepadanya…
3. APOKRIPA Surat Ali Imran 3:35-37 sangat mirip dengan (dan kelihatannya mengikuti) ajaran palsu The Protevangelion’s James The Lesser. Dongeng Kristian palsu yang muncul pada abad kedua Masehi ini menceritakan kisah Zakaria, isterinya dan Yohanes Pembaptis yang terefleksikan dalam ayat Al-Quran ini: (35) (Ingatlah), ketika isteri 'Imran berkata:"Ya Rabbku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu daripadaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui". (36) Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata:"Ya Rabbku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk". (37) Maka Rabbnya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata:"Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini" Maryam menjawab:"Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. Buku The Protevangelion’s James The Lesser 4:4, 5:9 dan 7:4 menjelaskan sebagai berikut: Dan Anna (isteri Joakim) menjawab: “Sebab Tuhan Allahku hidup, apapun juga yang saya lahirkan: apakah laki-laki atau perempuan, akan saya persembahkan kepada Allah, Tuhanku dan Dia akan mengajarkan kepadanya hal-hal yang suci selama hidupnya dan dia akan diberi nama Maryam…Dan pendeta tinggi itu menerima dia, memberkati dia, dan berkata, “Maryam, Tuhan Allah membesarkan namamu ke semua keturunan dan hingga ke hujung zaman oleh engkau Tuhan menunjukkan penebusannya atas anak-anak Israel. Tetapi Maryam tetap di dalam bait sebab seekor merpati mengajar dia di sana dan menerima makanannya dari tangan seorang malaikat. Kemudian pendeta tinggi (Zakariya) masuk ke dalam tempat kudus dari yang Kudus, dan membawa bersama dia perisai pengadilan, berdoa tentang dia.
4. ABRAHAM Al Anbiyaa’ 21:58-69: (58) Maka Ibrahim membuat berhala-berhala itu hancur berpotong-potong, kecuali yang terbesar (induk) dari patung-patung yang lain; agar mereka kembali (untuk bertanya) kepadanya. (59) Mereka berkata:"Siapakah yang melakukan perbuatan ini terhadap ilah-ilah kami, sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang zalim". (60) Mereka berkata:"Kami dengar ada seorang prmuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim". (61) Mereka berkata:"(Kalau demikian) bawalah dia dengan cara yang dapat dilihat orang banyak, agar mereka menyaksikan". (62) Mereka bertanya:"Apakah kamu, yang melakuakan perbuatan ini terhadap ilah-ilah kami, hai Ibrahim?" (63) Ibrahim menjawab:"Sebenarnya patung yang besar itu yang melakukannya, maka tanyakanlah kepada berhala itu, jika mereka dapat berbicara" (64) Maka mereka telah kembali kepada kesadaran mereka dan lalu berkata:"Sesungguhnya kamu sekalian adalah orang-orang yang menganiaya(diri sendiri)", (65) kemudian kepala mereka jadi tertunduk (lalu berkata):"Sesungguhnya kamu(hai Ibrahim) telah mengetahui bahwa berhala-berhala itu tidak dapat berbicara". (66) Ibrahim berkata:"Maka mengapakah kamu menyembah selain Allah sesuatu yang tidak dapat memberi manfa'at sedikitpun dan tidak(pula) memberi mudharat kepada kamu" (67) Ah (celakalah) kamu dan apa yang kamu sembah selain Allah. Maka apakah kamu tidak memahami (68) Mereka berkata:"Bakarlah dia dan bantulah ilah-ilah kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak". (69) Kami berfirman:"Hai api menjadi dinginlah, dan menjaddi keselamatanlah bagi Ibrahim", Catatan seperti itu tak ada dalam Alkitab namun cerita itu sama dengan cerita rakyat Yahudi abad ke-2 Masehi yang dikarang oleh Midrash Rabbah hampir empat abad sebelum Al-Quran: Terah (ayah Abraham) biasa membuat patung-patung (berhala). Seorang perempuan yang membawa semangkuk tepung terigu di tangannya, berkata (kepada Abraham), tempatkanlah makanan ini di depan patung-patung itu...,seorang berkata saya akan memakannya dulu, dan yang lain berkata saya akan memakannya lebih dulu. Abraham bangkit, dengan tongkat di tangan, menghancurkan berhala-berhala itu...kemudian menaruh tongkat itu di tangan sebuah berhala yang terbesar. Ayahnya tiba dan berkata: “Siapa yang melakukan ini?” Abraham berkata...patung yang terbesar itu, dengan tongkat itulah ia menghancurkan patung-patung lain, berkeping-keping. Ayahnya berkata: “Mengapa engkau mengarang cerita **** seperti itu? Apakah berhala-berhala ini mengerti sesuatu?
Nimrod berkata: “Jika engkau meributkan sesuatu yang saya tak mampu memujanya selain dari api, engkau akan saya lemparkan ke dalamnya. Biarlah dewa yang kau puja itu membebaskan engkau dari situ.” Kemudian Abraham masuk ke dalam nyala api itu dan tinggal di sana selamat tanpa cedera.
5. YESUS Surat Maryam 19:29-30 (29) Maka Maryam menunjuk kepada anaknya. Mereka berkata: “Bagaimana kami akan berbicara dengan anak kecil yang masih di dalam ayunan?” (30) Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah. Dia memberiku Alkitab (Injil) dan dia menjadi aku seorang nabi.” Sumber ayat di atas diambil dari buku apokripa Mesir abad ke-2 yang berjudul: “First Gospel of the Infancy of Jesus Christ” (Kitab pertama tentang masa kanak-kanak Yesus Kristus), seperti berikut: ...Yesus berbicara walaupun ketika dia di dalam ayunan dan berkata kepada ibunya: “Maria, saya Yesus, Anak Allah, Firman yang engkau lahirkan menurut pernyataan malaikat itu… Berikut kita mengutip cerita tentang Yesus menghembuskan nafas hidup kepada burung yang diperbuat dari tanah liat. Menurut Surat Ali Imran 3:49: (49) Dan (sebagai) Rasul kepada Bani Israel (yang berkata kepada mereka): “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa suatu tanda (mukjizat) dari Tuhanmu, yaitu aku membuat untuk kamu dari tanah sebagai bentuk burung, kemudian aku meniupnya, maka ia menjadi seekor burung dengan seizin Allah…” Sumber fiksi Al-Quran ini berasal dari buku apokripa/dongeng abad ke-2 yang berjudul “Thomas’ Gospel of The Infancy of Jesus Christ” (Buku Thomas tentang masa kanak-kanak Yesus Kristus): Maka diambilnyalah sedikit tanah lembut dari pematang sungai itu dan membentuk 12 ekor burung pipit…Kemudian Yesus menepukkan telapak tangan-Nya serta berseru kepada burung-burung itu, sambil katanya: “Pergi, terbanglah jauh.” Tidak ada satupun dari kutipan di atas ataupun sumber-sumbernya yang diakui oleh ahli-ahli Alkitab, ahli-ahli sejarah atau ahli-ahli theologi sebagai peristiwa benar dalam hidup Kristus.
User avatar
Eneng Kusnadi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Next

Return to Resource Centre KEBOHONGAN2/MITOS2 ciptaan Islam/Muslim



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users