. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Kontroversi Warisan Dalam Islam (Rebecca - Montir Kepala)

Khusus bagi debat-diskusi one-to-one secara serius dan intelektual seputar Islam yang dimoderasi dengan ketat. Anggota yang melontarkan caci-maki dan hinaan yang bersifat ad-hominem akan dikeluarkan dari forum khusus ini. Silakan kontak Forum Admin atau Moderator untuk mendapatkan akses di Ruang Bedah Islam.

Postby MONTIR KEPALA » Wed May 23, 2007 7:48 am

Rebeca wrote:loh kalo teori SISA tidak disebutkan di quran, kenapa elo berani-beraninya nambahin tong? :D ...patokan elo itu nggak ada kaitannya dengan kasus ini...nggak takut di azab awloh? :D ...akhirnya ngaku juga elo, bahwa SISA emang nggak pernah ditemuin di quran!...makanya elo dan tangan-tangan kotor umar dan zaid MENAMBAH-NAMBAHIN teori AUL dan teori SISA tak lain untuk membetulkan kejongkokan awloh! :D

loh itu logika sederhana.
kalo ada itung2 .... A = 1/6 B = 1/6 C = 1/8 lalu D dan E adalah 2 : 1
bagaimana mencari D dan E ??
dirumus mana pun yg dicari tentu yg sudah ada nilainya dulu dan belum diketahui biasanya disebut X atau Y .... ya kan ?

berarti logikanya :
A + B + C + D + E = 1
1/6 + 1/6 + 1/8 + x + Y
((4 + 4 + 3)/24) + (X2 + Y)/24
11/24 + (X2 + Y)/24 = 24/24
(X2 + Y)/24 = 24/24 - 11/24
(X2 + Y)/24 = 13/24
X2 + Y = 13

13/3 = 4.33 = 4 dibulatkan
(4)2 + 4 = 12
sisa = 1
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby Rebecca » Wed May 23, 2007 7:57 am

itu apa nggak teori SISA tong!...dari mana elo peroleh bahwa untuk anak cewek dan cowok adalah SISA harta untuk ortu dan istri pewaris? MANA ayat qurannya? sementara dari pickthal dikatakan jatah untuk 2 atau lebih anak cewek adalah 2/3 dr harta yang ditinggalkan! apa menurutmua ayat quran ini BATAL demi awloh? :D

PICKTHAL: Allah chargeth you concerning (the provision for) your children: to the male the equivalent of the portion of two females, and if there be women more than two, then theirs is two-thirds of the inheritance, and if there be one (only) then the half. And to each of his parents a sixth of the inheritance, if he have a son; and if he have no son and his parents are his heirs, then to his mother appertaineth the third; and if he have brethren, then to his mother appertaineth the sixth, after any legacy he may have bequeathed, or debt (hath been paid). Your parents and your children: Ye know not which of them is nearer unto you in usefulness. It is an injunction from Allah. Lo! Allah is Knower, Wise.

http://www.usc.edu/dept/MSA/quran/004.qmt.html [/color]
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby Rebecca » Wed May 23, 2007 8:25 am

MONTIR KEPALA wrote:berarti logikanya :
A + B + C + D + E = 1
1/6 + 1/6 + 1/8 + x + Y


mon, asumsi elo 1 darimana? :D ...ha..ha..ha...wong itu yang mau dicari kok! ha...ha..ha...

gimana kalo kukasih elo persamaan baru:
A + B + C + D + E = F, dimana A = B = 1/6, C = 1/8, D= 2E, F = tidak diketahui! :D

1/6 + 1/6 + 1/8 + 2E+ E = F,

11/24 + 3E = F,

Sekarang baru tahu elo bahwa quran elo macet di sini! :D ...tp karena quran elo mengatakan jika anak cewek > 2, maka jatahya adalah E = 2/3...dari persamaan di atas di peroleh:

11/24 + 3 x 2/3 = F,

F = 11/24 + 2 ! BLOODY OVERBALANCE! :D
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby Rebecca » Thu May 24, 2007 3:11 pm

Dor, elo nyerah?...gue kasih waktu elo 1 x 24 jam lg! :D ...
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby MONTIR KEPALA » Thu May 24, 2007 5:08 pm

AA NYERAH SAMA KEDEGILAN HATI MU NAK ..... ck ..ck ...ck

Terserah dech mo ngomongin AA apa .... AA mah adem ayem aja ........

Biarlah hati mu membara selalu untuk membenci Islam .... dan memfirnah Allah yg bukan2 .... toh yg akan menghadap Tuhan siapa ?... ya toh

setiap Jiwa akan menghadap Tuhan dan mempertanggungjawabkan segala sesuatunya di hadapan Nya.

tentang Penggunaan fasilitas Tuhan di dunia...
tentang penentangan Petunjuk Nya ...
tentang perbuatannya pada sesama ...

ya toh ..?....

permios ah AA mah ....
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby numplew. » Thu May 24, 2007 10:12 pm

Memang, yang namanya matematika itu adalah eksak dan pasti sehingga susah untuk dipelintir-pelintir
User avatar
numplew.
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1686
Joined: Sun Mar 05, 2006 4:27 am
Location: nowhere

Postby numplew. » Thu May 24, 2007 10:20 pm

G13 wrote:ayo..., ada yg menang..., makan2!

:D


Gie, ini bukan masalah kalah menang.
Bagiku ini hanya masalah matematika biasa. Tapi rekan-rekan anda ngotot, membolak-balik dan berakrobat menjungkirkan logika sederhana matematika.

Tidak perlu murtad karena masalah ini, tapi jadi bahan renungan aja, ada sisi kelemahan Alquran yang bisa diekploitasi oleh para kafir.

Tks
User avatar
numplew.
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1686
Joined: Sun Mar 05, 2006 4:27 am
Location: nowhere

Postby numplew. » Thu May 24, 2007 10:44 pm

Punten, oot sedikit

G13 wrote:Numplew.
montir ngaku kalah, otomatis ada yg menang. :)
Memang lebih baik, ketimbang ada yang kalah tapi ngaku menang.

aku mengikuti diskusi ini. kl km melihatnya sebagai matematika biasa, boleh2 saja.

Karena aku melihat sebagai matematika biasalah maka aku bisa melihat lebih objectif,.....terlepas dari suatu 'keajaiban'

rekan2 muslimku juga sudah berusaha menjelaskan sesuai kemampuan, pengetahuan dan dan ilmu yg mereka miliki.

Ok.
Tapi kerangka berpikir mereka beda, yaitu : karena ini 'ajaib' maka ini HARUS dan MESTI benar.

dan benar, tidak perlu murtad gara2 masalah ini. aku justru banyak belajar. (apalagi murtad gara2 rebeca, ogah, ah!) :wink:

Rebeca memang aku lihat sudah menjadi suatu 'momok' bagi rekan-rekan moslem. Topik-topik dia memang banyak yang tak bisa dibantah oleh rekan-rekan moslem.
Di shout box aku lihat dia menjadi 'netter yang paling ditunggu kehadirannya' oleh netter moslem.

dari link rujukan dan paparan selama mengikuti diskusi, aku jadi tahu bagaimana alquran ditafsirkan, bagamaimana ada perbedaan pendapat dikalangan muslim dst. aku melihatnya bagus.

iyalah. Berarti bahasa Alquran bukan bahasa yang gampang, toh ?
Buktinya banyak manuver untuk bertafsir

kadang2 agama memang tidak bisa dimatematikan. bagaimana menjelaskan 1+1+1=1 ke dalam pikiran muslim. tidak sederhana, kan?

1+1+1=1 tidak pernah ada tertulis dalam Alkitab.
Itu hanya cara para nasrani menjelaskan konsepnya.

Tapi yang dibahas ditopik ini, MURNI bahasa Alquran
User avatar
numplew.
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1686
Joined: Sun Mar 05, 2006 4:27 am
Location: nowhere

Postby ali5196 » Fri May 25, 2007 4:06 am

G13 wrote:oke numplew. aku mengerti. mungkin salah satu perbedaan mendasar antara islam dan katolik adalah dari cara membahas bahasa MURNI alkitabnya.

bahasa alquran bukan bahasa yang gampang, bisa jadi. buktinya banyak tafsiran dari berbagai ayat tertentu. dan menurutku - pendapat pribadi - tafsiran alquran belumlah final. (sikap sepertiku tidak mungkin bisa diterima dalam katolik)


Siapa nih yg mulai OOT ke Katolik ???? Kenapa nggak ke saintologi aja sekalian ???

Bahasa Al Quran bukan bahasa yg gampang ??? Memang Allah perlu mempersulit bahasanya, biar nggak ada yg ngerti ... ntar ketahuan salahnya dimana2.

belum ada kutemui kasus pembagian warisan menurut cara alquran ini jadi masalah.
Siapa yg berani menentang keputusan AULOH ??? Ntar dicap murtad, malah jadi semakin sengsara !

tentang rebeca jadi 'momok' yg tidak bisa dibantah, itu subjektif. rebeca sendiri bilang, biar pembaca yang menilai. aku punya penilaian terhadap rebeca. dan kamu punya penilaian pula terhadap rebaca.

Kenapa jadi ad hominem pula ? Penilaian kita bukan terhdp Rebeca, tetapi terhdp ajaran Islam. Tanpa rebecaPUN, kekonyolan Quran sudah nampak jelas. Bagi2 warisan aja sampai susah banget sih ! Muslim sendiri nggak bisa sepakat ... :twisted:

Makanya kebanyakan Muslim pakai aturan perdata utk pembagian warisan : bapak mati, ibu dan anak2 semua dapat bagian sama, tergantung umur. Bukan tergantung jenis kelaminnya ! BERES !! Gitu aja kok revot.
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby midgard » Fri May 25, 2007 8:08 am

G13 wrote:
montir ngaku kalah, otomatis ada yg menang. :)


:prayer: :prayer:
yg seperti ini jarang gua lihat :)

kadang2 agama memang tidak bisa dimatematikakan. bagaimana menjelaskan 1+1+1=1 ke dalam pikiran muslim. tidak sederhana, kan?

:)


di kaliin aja dng ke-infinity-an Tuhan ...

infinity + infinity + infinity = infinity ...
:)

harta bisa di matematika-in ... kalau Tuhan ... ya, ngelihat aja belom pernah ...
User avatar
midgard
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1610
Joined: Fri Jun 30, 2006 7:33 am

Postby Rebecca » Fri May 25, 2007 8:18 am

MONTIR KEPALA wrote:AA NYERAH SAMA KEDEGILAN HATI MU NAK ..... ck ..ck ...ck ....

permios ah AA mah ....


paling tidak, sebelum elo nyerah, elo bisa menerangkan ke gue n pembaca, dari mana asal muasal 1 (SATU) dari rumusmu ini mon? :D

MONTIR KEPALA wrote:berarti logikanya :
A + B + C + D + E = 1
1/6 + 1/6 + 1/8 + x + Y



gue tunggu jawaban elo 2 x 24 jam. Jika emang elo g bs menjelaskan ke gue darimana ASALMUASAL NILAI SATU di atas, setidaknya ini pelajaran buat elo agar JANGAN SUKA MENGKLAIM 'sudah dipatahkan' LAGI yah! :wink:
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby kartun abiz » Fri May 25, 2007 12:21 pm

Kalo menurut gw sih hukum auwloh ga boleh di ubah ama manusia, seandainya harus di ubah harus ada ayat yang menjadi dasar hukumya. Sedangkan dasar hukum yang gw lihat sebagai dasar lahirnya dalil-dalil dalam pembagian waris Islam sangat tidak nyambung dan hanya diambil sepotong-sepotong sebagai pembenaran aja.
User avatar
kartun abiz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 305
Joined: Fri May 11, 2007 1:59 am

Mau nanya sm kafir yg sok jago waris ... he he

Postby MONTIR KEPALA » Fri May 25, 2007 5:02 pm

AWALNYA begini :

Rebeca wrote:
MONTIR KEPALA wrote:he he ...ayat 176 Hukum Kalalah, dimana kondisinya cuma ada sdr si mayit yg menjadi pewaris tanpa adanya Ortu dan anak-anak.
sedangkan hukum sdr si mayit dgn adanya Ibu ada pada ayat 11 ...yg berarti kedudukan ashabah.

kalo ada Ibu mah bukan KALALAH namanya jang



LAGI-LAGI kau kedapatan bohong mon!...KALALAH itu maksudnya pewaris TANPA AYAH dan ANAK mon!...dan sesuai dgn KASUS 5!..ha...ha..ha :D

Book 18, Number 2883:
Narrated Al-Bara' ibn Azib:
A man came to the Prophet (peace_be_upon_him) and said: Apostle of Allah, they ask thee for a legal decision about a kalalah. What is meant by kalalah? He replied: The verse revealed in summer is sufficient for you.

I asked AbuIshaq: Does it mean a person who dies and leaves neither children nor father? He said: This is so. The people think it is so.




CONTOH kasus 5: Jika yang meninggal memiliki WARISAN Rp. 30.000.000 dan mempunyai AHLI WARIS, sbb:

TAK MEMILIKI ANAK
SEORANG istri
2 Saudara Perempuan
Seorang Ibu
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby MONTIR KEPALA » Fri May 25, 2007 5:04 pm

OK dech kalo gitu sekarang saya balik nanya ttg HUKUM Saudara si mayit .

ayat 11 :
"..... jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. ........"

menurut ayat di atasi saudara si mayit ashabah krn gak ada ketentuannya berapa jatah sdr si mayit




ayat 12 :
" ........ Jika seseorang mati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki atau seorang saudara perempuan , maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, ...."

sdr tanpa ibu dan beserta suami/istri si mayit
1 sdr Laki2 = 1/6
1 sdr Pr = 1/6
sdr seibu lebih dari 1 = 1/3





ayat 176 :
".... jika seorang meninggal dunia, dan ia tidak mempunyai anak dan mempunyai saudara perempuan, maka bagi saudaranya yang perempuan itu seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mempusakai , jika ia tidak mempunyai anak; tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yang meninggal. Dan jika mereka saudara-saudara laki dan perempuan, maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. ...."

gak ada anak dan gak ada siapa2 hukum sdr percis kayak hukum anak
1 sdr P = 1/2
2 atau lebih sdr P = 2/3
jika sdr L + sdr P = 2 : 1




[size=18]KAMU PILIH AYAT MANA NEtter KAfir untuk hukum Saudara ???...he he
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby Rebecca » Sat May 26, 2007 9:13 am

MONTIR KEPALA wrote:ayat 12 :
" ........ Jika seseorang mati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki atau seorang saudara perempuan , maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, ...."

sdr tanpa ibu dan beserta suami/istri si mayit
1 sdr Laki2 = 1/6
1 sdr Pr = 1/6
sdr seibu lebih dari 1 = 1/3


SENGAJA BOHONG lg mon?kikikikkk... :D ...kau hilangkan yang dalam kurung mon? nih gue kasih lagi terjemahan kesenangan elo! PICKTHAL!..ha...ha...ha...

AYAT 4:12 menyatakan bahwa:JIKA yang meninggal atau pewaris
A. TIDAK MEMILIKI AYAH
B. TIDAK MEMILIKI ANAK

MAKA
Seorang saudara perempuan SEIBU = 1/6
Seorang saudara laki-laki SEIBU = 1/6
Saudara seibu LEBIH DARI DUA = 1/3



[4:12] Dan bagimu (suami-suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh istri-istrimu, jika mereka tidak mempunyai anak. Jika istri-istrimu itu mempunyai anak, maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) sesudah dibayar utangnya. Para istri memperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidak mempunyai anak. Jika kamu mempunyai anak, maka para istri memperoleh seperdelapan dari harta yang kamu tinggalkan sesudah dipenuhi wasiat yang kamu buat atau (dan) sesudah dibayar utang-utangmu. Jika seseorang mati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu saja) atau seorang saudara perempuan (seibu saja), maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. Tetapi jika saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, sesudah dipenuhi wasiat yang dibuat olehnya atau sesudah dibayar utangnya dengan tidak memberi mudarat (kepada ahli waris). (Allah menetapkan yang demikian itu sebagai) syariat yang benar-benar dari Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun.

PICKTHAL: And unto you belongeth a half of that which your wives leave, if they have no child; but if they have a child then unto you the fourth of that which they leave, after any legacy they may have bequeathed, or debt (they may have contracted, hath been paid). And unto them belongeth the fourth of that which ye leave if ye have no child, but if ye have a child then the eighth of that which ye leave, after any legacy ye may have bequeathed, or debt (ye may have contracted, hath been paid). And if a man or a woman have a distant heir (having left neither parent nor child), and he (or she) have a brother or a sister (only on the mother's side) then to each of them twain (the brother and the sister) the sixth, and if they be more than two, then they shall be sharers in the third, after any legacy that may have been bequeathed or debt (contracted) not injuring (the heirs by willing away more than a third of the heritage) hath been paid. A commandment from Allah. Allah is Knower, Indulgent.



ayat 176 :
".... jika seorang meninggal dunia, dan ia tidak mempunyai anak dan mempunyai saudara perempuan, maka bagi saudaranya yang perempuan itu seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mempusakai , jika ia tidak mempunyai anak; tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yang meninggal. Dan jika mereka saudara-saudara laki dan perempuan, maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. ...."

gak ada anak dan gak ada siapa2 hukum sdr percis kayak hukum anak
1 sdr P = 1/2
2 atau lebih sdr P = 2/3
jika sdr L + sdr P = 2 : 1





SEMENTARA ayat 4: 176 mengatakan bahwa jika si pewaris:
A. TIDAK MEMILIKI AYAH (kalalah)
B. TIDAK MEMILIKI ANAK

MAKA:
Seorang Seorang saudara perempuan = 1/2
Dua orang saudara perempuan = 2/3
Saudara laki-laki = DUA KALI saudara perempuan!


[4:176] Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah ). Katakanlah: "Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu): jika seorang meninggal dunia, dan ia tidak mempunyai anak dan mempunyai saudara perempuan, maka bagi saudaranya yang perempuan itu seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mempusakai (seluruh harta saudara perempuan), jika ia tidak mempunyai anak; tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yang meninggal. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki dan perempuan, maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, supaya kamu tidak sesat. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

PICKTHAL: They ask thee for a pronouncement. Say: Allah hath pronounced for you concerning distant kindred. If a man die childless and he have a sister, hers is half the heritage, and he would have inherited from her had she died childless. And if there be two sisters, then theirs are two-thirds of the heritage, and if they be brethren, men and women, unto the male is the equivalent of the share of two females. Allah expoundeth unto you, so that ye err not. Allah is Knower of all things.


Mon, kau mau mempermainkan kalimat tuhanmu sendiri atau gimana sih?...elo sengaja memelintir kalimat awloh demi kepentingan perutmu sendiri! :D ...mon, hukum warisan islam untuk saudara perempuan dgn saudara perempuan seibu BEDA mon!...karena apa mon? karena awloh emang jago polygamy mon!...jd kemungkinan punya saudara seibu BESAR mon!...ha...ha..ha :lol:...mon, kl yang bohong yang agak cerdas dikit dong!...kakakakkkk...
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby Rebecca » Sat May 26, 2007 9:15 am

mon, JAWAB AJA darimana angka 1 ini mon? bukankah angka 1 ini yang perlu elo buktikan?

MONTIR KEPALA wrote:berarti logikanya :
A + B + C + D + E = 1
1/6 + 1/6 + 1/8 + x + Y



JAWABLAH, dont ever be a coward sissy anymore! :lol:
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Postby Rebecca » Mon May 28, 2007 6:24 pm

MONTIR KEPALA wrote:AA NYERAH SAMA KEDEGILAN HATI MU NAK ..... ck ..ck ...ck

ya toh ..?....

permios ah AA mah ....


Karena emang otak si montir sudah mentok, drpd dia BOONG melulu untuk menutupi kejongkokan matematika muhammad. dan karena si montir sudah menyatakan MENYERAH, sebaiknya MODERATOR meng-LOCK thread ini. TRIMS. :D
User avatar
Rebecca
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3107
Joined: Mon Nov 20, 2006 6:20 pm
Location: muhammad's Phallus RESEARCH HUB

Previous

Return to Ruang Debat Terbatas



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users