. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Pembelaan bahwa Islam adalah ajaran dari Tuhan.

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby houri72 » Fri Jan 29, 2010 1:33 am

wah, rame lg thread saya ini...
@ bang linduaji : saya ingat kata aa gym ' apabila ada perbedaan pemahaman, maka kembalikanlah pada al quran sbg hakim atas perbedaan tsb "...
hmmm, benar juga! mengapa tidak kita jadikan saja al qur'an sbg hakim atas perbedaan pemahaman penghitungan antara abdan vs pp ini..
mas lindu, usul saya benar kan?
hehehe
nb : gatel jg lama gak diskusi di ffi
houri72
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 504
Joined: Mon May 12, 2008 11:57 am
Location: kota gudeg

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby LinduA » Fri Jan 29, 2010 10:18 am

wongjowo wrote:Pernah jg dibahas disini:
hukum-waris-quran-t36237/

Hukum waris dalam quran bisa menjadi bener rumusnya setelah ada modifikasi rumus oleh manusia.


Hukum waris dalam Al Qur'an tidaklah mungkin untuk dibuat detail, tetapi dibuat secara garis besar.
Hukum waris juga sudah disebutkan skala prioritasnya, dimana anak adalah prioritas pertama, kedua orang tuanya prioritas kedua. (QS 4:11)
Istri atau suami prioritas selanjutnya (masuk QS 4:12)

Rumusan di QS 4:11 dan 4:12 jelas tidak bisa ditelan mentah2 dan tentunya harus dijabarkan dengan bijak.
Contoh kasus yang diberikan dengan perubahan jumlah anak perempuan 4 orang. Bagaiman membaginya?

Sekali lagi, prioritas utama adalah anak. Maka 4 anak perempuan mendapat 2/3 bagian.( Makin banyak anak perempuan, makin sedikit yang diterima oleh masing2 anak).
Kemudian ayah dan ibu, masing2 1/6. Kalau dijumlah dengan bagian anak, maka bagian istri (1/8 bagian) sudah habis.
Tentunya harus ada jalan keluarnya, yaitu bagian ayah dan ibu berkurang untuk diberikan kepada istri almarhum dan istri almarhum juga menerima kurang dari 1/8 bagian.
Misalnya, ayah menerima 1/8, ibu menerima 1/8 dan istri menerima 1/12. Semuanya itu bisa diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat.

Adakah agama lain yang mengatur cara pembagian waris?
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby kutukupret » Fri Jan 29, 2010 3:37 pm

kutukupret wrote:Lho bukannya Ilmu Fiqh Mawaris sama ???
LinduA wrote:Figh Al Qur'an juga sama, kenapa ada Sunni, ada Syi'ah.
Hukum sama, tetapi cara pemahaman berbeda bisa saja terjadi perbedaan satu dengan yang lain.

Contoh yang paling gampang, saya bisa memahami perbedaan cara hitung PP dan Abdan.
Tetapi anda tidak.
Saya tidak perlu untuk mempersoalkan perbedaan tersebut. Menurut saya, siapa yang paling sesuai dengan pendapat saya, itulah yang saya ikuti.
Belum tentu pendapat PP atau abdan sesuai dengan pendapat saya.
Apakah yang tidak saya ikuti pasti salah?
No...no.....
Belum tentu apa yang saya ikuti yang paling benar. Mutlak yang paling benar hanyalah ditangan Allah.
Hanya saya berharap, apa yang saya yakini adalah yang benar.


Lalu bagaimana jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ? :green:
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby nyata » Sat Jan 30, 2010 8:12 pm

wongjowo wrote:Pernah jg dibahas disini:
hukum-waris-quran-t36237/

Hukum waris dalam quran bisa menjadi bener rumusnya setelah ada modifikasi rumus oleh manusia.


LinduA wrote:Hukum waris dalam Al Qur'an tidaklah mungkin untuk dibuat detail, tetapi dibuat secara garis besar.
Hukum waris juga sudah disebutkan skala prioritasnya, dimana anak adalah prioritas pertama, kedua orang tuanya prioritas kedua. (QS 4:11)
Istri atau suami prioritas selanjutnya (masuk QS 4:12)

Rumusan di QS 4:11 dan 4:12 jelas tidak bisa ditelan mentah2 dan tentunya harus dijabarkan dengan bijak.
Contoh kasus yang diberikan dengan perubahan jumlah anak perempuan 4 orang. Bagaiman membaginya?

Sekali lagi, prioritas utama adalah anak. Maka 4 anak perempuan mendapat 2/3 bagian.( Makin banyak anak perempuan, makin sedikit yang diterima oleh masing2 anak).
Kemudian ayah dan ibu, masing2 1/6. Kalau dijumlah dengan bagian anak, maka bagian istri (1/8 bagian) sudah habis.
Tentunya harus ada jalan keluarnya, yaitu bagian ayah dan ibu berkurang untuk diberikan kepada istri almarhum dan istri almarhum juga menerima kurang dari 1/8 bagian.
Misalnya, ayah menerima 1/8, ibu menerima 1/8 dan istri menerima 1/12. Semuanya itu bisa diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat.


Pada dasarnya Al Quran gagal dalam memberikan persamaan matematika sederhana pembagian warisan dari contoh kasus yang tertulis di dalam Quran sendiri. Benar ?

LinduA wrote:Adakah agama lain yang mengatur cara pembagian waris?


Baca Ulangan 21 : 15-17 dari kitab agama sebelah. :lol:

Salam
nyata
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 224
Joined: Tue Sep 15, 2009 2:33 pm

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby slims » Sat Jan 30, 2010 9:44 pm

LinduA wrote:Figh Al Qur'an juga sama, kenapa ada Sunni, ada Syi'ah.
Hukum sama, tetapi cara pemahaman berbeda bisa saja terjadi perbedaan satu dengan yang lain.

Contoh yang paling gampang, saya bisa memahami perbedaan cara hitung PP dan Abdan.
Tetapi anda tidak.
Saya tidak perlu untuk mempersoalkan perbedaan tersebut. Menurut saya, siapa yang paling sesuai dengan pendapat saya, itulah yang saya ikuti.
Belum tentu pendapat PP atau abdan sesuai dengan pendapat saya.
Apakah yang tidak saya ikuti pasti salah?
No...no.....
Belum tentu apa yang saya ikuti yang paling benar. Mutlak yang paling benar hanyalah ditangan Allah.
Hanya saya berharap, apa yang saya yakini adalah yang benar.

Kalau hukum waris dari olloh MUTLAK harus sama
tidak bisa di tafsir2kan
pendapat manusia boleh berbeda
tapi hukum olloh harusnya PASTI !!! ... HARUS lebih pasti dari hitungan manusia !
slims
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 246
Joined: Sun May 17, 2009 8:31 am

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby slims » Sat Jan 30, 2010 9:51 pm

@Kong PP

Lama sudah saya berpikir mengenai 1/3 = ga habis dibagi >>> kata kong PP

Ok ... ! Anda benar 1/3 itu ga habis dibagi ..., walau PASTI 1/3 = 1/3 ; atau kalau di decimalkan secara matematika timbul istilah LIMIT )
Itu semua boleh disebut MANUSIA yg menentukan ( mengikuti ketentuan manusia yg berlaku ) !

Tapi karangan olloh apa bisa disamakan dengan bikinan MANUSIA ?

Tentunya dalam waris-mewaris olloh kong PP engga mau disamakan dengan MANUSIA bukan ?
slims
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 246
Joined: Sun May 17, 2009 8:31 am

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby houri72 » Mon Feb 01, 2010 9:33 am

prinsipnya sih sederhana, yaitu :
1. al quran pasti benar..
2. kalau ada pemahaman yg bertentangan dgn quran, pasti salah krn quran adlh kebenaran.
3. quran TDK MUNGKIN salah, jadi mengikuti petunjuk quran pasti benar..
4. kalau ada hal yg bertentangan dgn quran, maka hal tsb yg salah dan quran yg benar.

dalam kasus pembagian warisan abdan vs pp ini, ada 3 kemungkinan :
1. abdan yg benar, PP yg salah
2. PP benar, abdan salah
3. dua2nya salah (mustahil dua2nya benar)..

abdan dan PP masing2 menganggap versi merekalah yg benar...kita membutuhkan suatu tolak ukur untk menguji kebenaran relatif (subjektif) versi mereka tsb...tolak ukur yg paling andal adlh al quran, krn sifatnya yg tak mungkin salah tsb...
lagipula, bagian2 untk tiap ahli waris sudah tertulis jelas dan terang dan tdk ada keraguan di dalamnya di quran...
jadi, saya mengajak kepada mas lindu aji agar menggunakan al quran sbg hakim atas versi abdan vs PP ini...bagaimana mas lindu? apakah usul saya cukup masuk akal?
hehehe
houri72
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 504
Joined: Mon May 12, 2008 11:57 am
Location: kota gudeg

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby LinduA » Mon Feb 01, 2010 10:04 am

houri72 wrote:prinsipnya sih sederhana, yaitu :
1. al quran pasti benar..
2. kalau ada pemahaman yg bertentangan dgn quran, pasti salah krn quran adlh kebenaran.
3. quran TDK MUNGKIN salah, jadi mengikuti petunjuk quran pasti benar..
4. kalau ada hal yg bertentangan dgn quran, maka hal tsb yg salah dan quran yg benar.

dalam kasus pembagian warisan abdan vs pp ini, ada 3 kemungkinan :
1. abdan yg benar, PP yg salah
2. PP benar, abdan salah
3. dua2nya salah (mustahil dua2nya benar)..

abdan dan PP masing2 menganggap versi merekalah yg benar...kita membutuhkan suatu tolak ukur untk menguji kebenaran relatif (subjektif) versi mereka tsb...tolak ukur yg paling andal adlh al quran, krn sifatnya yg tak mungkin salah tsb...
lagipula, bagian2 untk tiap ahli waris sudah tertulis jelas dan terang dan tdk ada keraguan di dalamnya di quran...
jadi, saya mengajak kepada mas lindu aji agar menggunakan al quran sbg hakim atas versi abdan vs PP ini...bagaimana mas lindu? apakah usul saya cukup masuk akal?
hehehe


Lho, kan sudah saya jawab. Lihat di page 2.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby kutukupret » Mon Feb 01, 2010 10:17 am

houri72 wrote:prinsipnya sih sederhana, yaitu :
1. al quran pasti benar..
2. kalau ada pemahaman yg bertentangan dgn quran, pasti salah krn quran adlh kebenaran.
3. quran TDK MUNGKIN salah, jadi mengikuti petunjuk quran pasti benar..
4. kalau ada hal yg bertentangan dgn quran, maka hal tsb yg salah dan quran yg benar.

dalam kasus pembagian warisan abdan vs pp ini, ada 3 kemungkinan :
1. abdan yg benar, PP yg salah
2. PP benar, abdan salah
3. dua2nya salah (mustahil dua2nya benar)..

abdan dan PP masing2 menganggap versi merekalah yg benar...kita membutuhkan suatu tolak ukur untk menguji kebenaran relatif (subjektif) versi mereka tsb...tolak ukur yg paling andal adlh al quran, krn sifatnya yg tak mungkin salah tsb...
lagipula, bagian2 untk tiap ahli waris sudah tertulis jelas dan terang dan tdk ada keraguan di dalamnya di quran...
jadi, saya mengajak kepada mas lindu aji agar menggunakan al quran sbg hakim atas versi abdan vs PP ini...bagaimana mas lindu? apakah usul saya cukup masuk akal?
hehehe


Lho, kan sudah saya jawab. Lihat di page 2.[/quote][quote="LinduA"]
Lalu bagaimana jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ? :green:
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby LinduA » Mon Feb 01, 2010 10:28 am

kutukupret wrote:
Lho, kan sudah saya jawab. Lihat di page 2.
LinduA wrote:Lalu bagaimana jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ? :green:


Anda memang sukanya mengadu domba antara kami. Kami bukanlah anak kecil yang suka diadu oleh orang yang mengaku warga negara Indonesia.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby LinduA » Mon Feb 01, 2010 10:30 am

nyata wrote:Baca Ulangan 21 : 15-17 dari kitab agama sebelah. :lol:

Salam


Kenapa tidak ditulis sekalian biar bisa dibandingkan.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby LinduA » Mon Feb 01, 2010 10:34 am

slims wrote:Kalau hukum waris dari olloh MUTLAK harus sama
tidak bisa di tafsir2kan
pendapat manusia boleh berbeda
tapi hukum olloh harusnya PASTI !!! ... HARUS lebih pasti dari hitungan manusia !

Tidaklah semua yang dari Allah harus terlaksana dengan PASTI, tetapi kebijakan masalah duniawi lebih cenderung diserahkan kepada manusia.
Contoh: sholat harus menghadap ke Kiblat.
Kalau tidak menghadap ke Kiblat, apakah sholatnya batal? Tidak, tergantung apa sebabnya.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby kutukupret » Mon Feb 01, 2010 2:03 pm

slims wrote:Kalau hukum waris dari olloh MUTLAK harus sama
tidak bisa di tafsir2kan
pendapat manusia boleh berbeda
tapi hukum olloh harusnya PASTI !!! ... HARUS lebih pasti dari hitungan manusia !
LinduA wrote:Tidaklah semua yang dari Allah harus terlaksana dengan PASTI, tetapi kebijakan masalah duniawi lebih cenderung diserahkan kepada manusia.
Contoh: sholat harus menghadap ke Kiblat.
Kalau tidak menghadap ke Kiblat, apakah sholatnya batal? Tidak, tergantung apa sebabnya.

Lalu bagaimana jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ?

Lalu bagaimana dalam 1 keluarga (PP dan Abdann) jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ? anggap saja satu dr Shiah, satu orang lagi dr Sunni.

kira2 mana yang benar ?
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby LinduA » Mon Feb 01, 2010 2:44 pm

kutukupret wrote:Lalu bagaimana jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ?

Lalu bagaimana dalam 1 keluarga (PP dan Abdann) jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ? anggap saja satu dr Shiah, satu orang lagi dr Sunni.

kira2 mana yang benar ?


Didalam aduan domba, mana yang lebih jahat?
Domba yang menang atau tukang adu dombanya ya?
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby kutukupret » Mon Feb 01, 2010 2:46 pm

kutukupret wrote:Lalu bagaimana jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ?

Lalu bagaimana dalam 1 keluarga (PP dan Abdann) jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ? anggap saja satu dr Shiah, satu orang lagi dr Sunni.

kira2 mana yang benar ?
LinduA wrote:
Didalam aduan domba, mana yang lebih jahat?
Domba yang menang atau tukang adu dombanya ya?


siapa yang mengadu domba ?? Hukum Fiqh Mawaris tersebut ?? atau yang lain ?? Tukang adu dombanya itu FIQH MAWARIS yah ?? Dombanya siapa dong ???
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby nyata » Mon Feb 01, 2010 4:14 pm

LinduA wrote:Adakah agama lain yang mengatur cara pembagian waris?


nyata wrote:Baca Ulangan 21 : 15-17 dari kitab agama sebelah. :lol:

Salam


LinduA wrote:Kenapa tidak ditulis sekalian biar bisa dibandingkan.


Dipersilahkan ..... :lol:

Salam.
nyata
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 224
Joined: Tue Sep 15, 2009 2:33 pm

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby LinduA » Tue Feb 02, 2010 7:51 am

nyata wrote:
LinduA wrote:Adakah agama lain yang mengatur cara pembagian waris?


nyata wrote:Baca Ulangan 21 : 15-17 dari kitab agama sebelah. :lol:

Salam


LinduA wrote:Kenapa tidak ditulis sekalian biar bisa dibandingkan.


nyata wrote:Dipersilahkan ..... :lol:

Salam.

Saya nggak punya kitab anda, makanya saya menanyakan.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby LinduA » Tue Feb 02, 2010 7:54 am

kutukupret wrote:
kutukupret wrote:Lalu bagaimana jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ?

Lalu bagaimana dalam 1 keluarga (PP dan Abdann) jika PP dan ABDANN benar-benar dalam SATU keluarga......kira2 akan berebut warisan dan saling bunuh apa tidak....lantaran keduanya punya hitungan yang berbeda ? anggap saja satu dr Shiah, satu orang lagi dr Sunni.

kira2 mana yang benar ?
LinduA wrote:
Didalam aduan domba, mana yang lebih jahat?
Domba yang menang atau tukang adu dombanya ya?


kutukupret wrote:siapa yang mengadu domba ?? Hukum Fiqh Mawaris tersebut ?? atau yang lain ?? Tukang adu dombanya itu FIQH MAWARIS yah ?? Dombanya siapa dong ???

Yang namanya "tukang" adu domba tentunya adalah manusia dan jelas adalah anda sendiri.
LinduA
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1383
Joined: Tue Sep 09, 2008 1:48 pm
Location: Indonesia

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby kutukupret » Tue Feb 02, 2010 9:25 am

kutukupret wrote:siapa yang mengadu domba ?? Hukum Fiqh Mawaris tersebut ?? atau yang lain ?? Tukang adu dombanya itu FIQH MAWARIS yah ?? Dombanya siapa dong ???
LinduA wrote:Yang namanya "tukang" adu domba tentunya adalah manusia dan jelas adalah anda sendiri.


begini....bukankah ketentuan HUKUM MAWARIS ada di QURAN ? (YA atau TIDAK)
kenapa melahirkan PERBEDAAN dalam MENGHITUNG WARISAN ?
Apakah QURAN sengaja mengadu DOMBA umat Muslim dalam menghitung WARISAN ?

APAKAH QURAN yang SALAH ?? lantaran Auwloh swt nggak bisa matematika ??
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KOK PEMBAGIAN WARIS ABDAN BEDA YAH MA PP? SIAPA YANG BENAR?

Postby iamthewarlord » Tue Feb 02, 2010 10:03 am

sudah jelas ada perbedaan perhitungan warisan diantara muslim sendiri yg masing2 memakai sumber quran tapi muslim brengsek seenaknya mengatakan orang lain yg mengadu domba.
Sudah jelas allah swt yg mengadu domba antar muslim karena allah swt beserta kroninya yaitu jibril dan muhamad sangat **** dengan matematika.

Dan menurut seseorang muslim di forum ini, jika terjadi perbedaan persepsi hitung warisan maka yg disalahkan adalah kafir yg mengadu domba.
Pendapat yg sangat aneh dan sama bodohnya dengan allah swt, jibril, muhamad dan quran.
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

PreviousNext

Return to Pembelaan Terhadap Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users