. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Ttg shahadat, solat, zakat, puasa, haji, termasuk ttg KABAH, Hajar Aswad, Zamzam dan segala ritual spt Isra-Miraj, Idul Fitri dsb

Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby duren » Sat May 05, 2012 1:15 pm

Praktisi: Arah Kiblat Dapat Diuji Tanggal 27 Mei


Praktisi hisab dan rukyat Muhammadiyah Sumatera Barat, Firdaus AN, mengemukakan, umat Islam di provinsi itu yang ingin menguji arah kiblat dapat melakukannya pada 27 Mei 2012.

"Pada 27 Mei sekitar pukul 16.18 WIB posisi matahari tepat berada di atas Ka'bah dan untuk memastikan apakah arah kiblat selama ini telah benar, masyarakat serta pengurus masjid dan mushala cukup menghadap ke arah matahari di mana jika ditarik garis lurus maka akan tepat tiba di Ka'bah," kata dia, di Padang, Jumat.

Dikatakannya, jika ternyata dari pengujian tersebut ditemukan arah kiblat selama ini kurang tepat, pengurus rumah ibadah tidak perlu mengubah bangunan dan cukup mengubah sajadah ke arah yang tepat.

Menurut dia, arah kiblat di Padang berada pada posisi 65,3 derajat dari utara ke barat dan 24,7 derajat dari barat ke arah kiblat.

Tetapi, berdasarkan penelitian, sebagian besar arah kiblat masjid dan mushala yang ada di Padang saat ini mengalami penyimpangan arah dari yang seharusnya.

"Penyimpangan arah kiblat tersebut mulai dari satu hingga 40 derajat sehingga ketika shalat tidak lagi tepat menghadap ke arah Ka'bah yang berada di Masjidil Haram Mekkah," kata dia.

Dikatakannya, berdasarkan perhitungan, jika arah kiblat menyimpang satu derajat saja di Padang, maka akan terjadi pergeseran dari Ka'bah sejauh 120 kilometer dan jika penyimpangannya mencapai 10 derajat maka kiblat akan menghadap ke Etiopia.

Ia menjelaskan, terjadinya penyimpangan arah kiblat disebabkan oleh empat hal dan, jika hal ini terus dibiarkan maka ketika shalat tidak menghadap ke arah Ka'bah.

Penyebab pertama, selama ini pemahaman yang berkembang di Padang arah kiblat selalu menghadap ke barat. "Hal ini keliru karena yang benar adalah arah kiblat posisinya 24 derajat ke barat," kata anggota Badan Hisab dan Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar itu.

Kemudian, ada yang mematok arah kiblat mengacu pada posisi matahari terbenam. Padahal, posisi matahari terbenam selalu mengalami pergeseran setiap hari.

Berikutnya, ada yang menentukan arah kiblat menggunakan kompas yang dijual di Mekkah. "Padahal, kompas yang dijual di Mekkah tidak dibuat oleh warga setempat," kata dia.

Ia mengatakan, jika menetapkan arah kiblat menggunakan kompas yang dijual di Mekkah maka akan menunjukkan arah 80 derajat. Sementara yang benar adalah 72,5 derajat.

Lalu, ada pengurus masjid dan mushala yang arah kiblatnya tidak tepat akibat dihukum oleh tanah dan bangunan yang ada.

Karena itu, ia mengimbau kepada umat Islam agar pada 27 Mei melakukan pengujian apakah arah kiblat shalat selama ini telah benar.
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11077
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby 1234567890 » Sat May 05, 2012 4:10 pm

gerombolan budak para onta ini memang masih terbelakang

udah banyak teknologi canggih yang bisa dipakai untuk menentukan arah, tapi muslim masih saja menggunakan cara 2x kuno
dengan menggunakan acuan matahari, apa yakin akan tepat 100% ?

dan ini juga membuktikan bahwa muslim menyebah batu item
karena harus nungging mengarah ke batu item tersebut
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby Maher-Shalal » Sat May 05, 2012 5:10 pm

Pantas saja Indonesia miskin dan kena banyak bencana. Rupanya si Awloh sewot umatnya salah arah nungging :green: :green:
User avatar
Maher-Shalal
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1364
Joined: Mon Mar 17, 2008 4:49 pm
Location: Between heaven and hell

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby ptcdr » Sat May 05, 2012 5:36 pm

duren wrote:Berikutnya, ada yang menentukan arah kiblat menggunakan kompas yang dijual di Mekkah. "Padahal, kompas yang dijual di Mekkah tidak dibuat oleh warga setempat," kata dia.

Lantas buatan siapa? Made in China ya?...wuallahhh....ya bakal dg sengaja diarahkan ke kandang babi di cina atuh.... :lol:
ptcdr
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 324
Joined: Fri Mar 12, 2010 1:27 pm

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby harahap » Sat May 05, 2012 5:59 pm

Bro Duren,

tanya,

1. kenapa kiblat itu begitu penting bagi umat islam, kalo kiblat salah, apa ada AZAB khusus buat mereka, misal buat yang muslim cowo : disodomi pake boor aspal
2. bagaimana dengan sehari harinya, kalo jalan ke arah timur, dia mem bokong i kabah, dosakah ? kena AZAB kah?
User avatar
harahap
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2123
Joined: Mon Sep 27, 2010 12:09 pm

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby duren » Sat May 05, 2012 8:30 pm

@Harahap

Tanya aja deh si kompas ... dia itu netter spesialis pantat :green:


Btw ... 1° sama dengan 60 menit (ditulis 60') dan 1' sama dengan 60 detik (ditulis 60")


Bila 1° dibagi 60 maka BILA BILA arah mesjid / sholat tergeser 1 menit ( 1' ) maka penyimpangan menjadi 120 / 60 = 2 kilometer alias 2000 meter

Bila 1' dibagi 60 arah mesjid / sholat tergeser 1 detik ( 1" ) maka penyimpangan menjadi 2000 / 60 = 33.3 meter


Pertanyaan :
MUNGKIN kah MENGARAHKAH KIBLAT tepat ke kabah ?? :-k

Lha tergeser 1" ( 1° / 3600 ) aja sudah mengakibatkan penyimpangan 33.3 meter
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11077
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby harahap » Sat May 05, 2012 10:57 pm

Bro Duren

mereka akan jawab : yang penting niatnya ...

padahal arah kiblat itu wajib, sampe kamar kamar hotel eternitnya dikasi panah arah kiblat,
njengking selain ke arah kiblat juga gak boleh ...

tapi,

kalo dibliang njengkingi ka bah .... malah marah2 ....

kaya anak kecil kecil aja ....
dikit dikit takut di azab .... yang azab yo setan setan seukuwuhnya ntuh .... sempel ...

:lol:
User avatar
harahap
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2123
Joined: Mon Sep 27, 2010 12:09 pm

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby NYFGbY » Sat May 05, 2012 11:11 pm

duren wrote:

Pertanyaan :
MUNGKIN kah MENGARAHKAH KIBLAT tepat ke kabah ?? :-k

Lha tergeser 1" ( 1° / 3600 ) aja sudah mengakibatkan penyimpangan 33.3 meter


..Untuk wilayah Indoneisa dan sekitarnya sama sekali gak mungkin menghadap tepat ke kabah, karna bumi ini bulat, dan kalau gak salah, kabah itu kira2 ada dibawah bumi yg kita pijak ini (dgn acuan kita di Indonesia)

Klo memang bumi datar...memang benar menghadap kiblat.

tapi klo bumi bulat, menghadap kemana...??
membelakangi apa?
karena pandangan menghadap itu lurus dan bukan melengkung mengikuti permukaan bumi ini, so menghadap kemana?

Sholat menghadap KIBLAT
adalah bukti bahwa Allah swt bukan Tuhan,
hal itu terjadi karena ketidak tahuaannya kalau bumi itu bulat.
User avatar
NYFGbY
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 587
Joined: Thu Mar 01, 2012 12:30 am
Location: Di puncak Jayawijaya, menjaga agar salju tidak mencair.

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby duren » Sun May 06, 2012 12:29 am

@Harahap

Klo yang penting adalah niat .. arahkan aja ANUS ke Kabah dengan niat ke awlloh :lol:


@NYFGbY
Simak juga akan kekacauan arah mesjid di SURINAME :rofl:


Kiblat di Suriname ke Barat dan ke Timur

Hampir seluruh penduduk Suriname adalah orang keturunan Jawa Indonesia. Daerah yang masih masuk dalam area administrasi negara Belanda ini terletak di benua Eropa. Dimanakah arah kiblatnya?

Dari letak geografisnya, Mekkah ada disebelah timur Suriname. Seharusnya seluruh muslim Suriname sholat menghadap ke timur.

Tapi tidak sedikit masjid disana yang mengarahkan kiblatnya ke barat. Apa yang menjadi landasan mereka mengarahkan kiblatnya ke barat? meskipun sebenarnya mereka tahu Mekkah ada di timur wilayah mereka.

Sejarah yang membuat fenomena arah kiblat di Suriname berbeda. Eksodus orang jawa ke Suriname saat penjajahan Belanda di Indonesia tidak merubah kebiasaan mereka sholat menghadap ke barat.

Mereka meyakini di baratlah arah kiblat seperti saat mereka masih tinggal di Indonesia. Sehingga mereka mengarahkan sholatnya menghadap ke barat.

Seiring dengan perjalanan regenerasi, kaum muda Suriname telah banyak yang mengarahkan kiblatnya ke timur sekarang ini. Ini memang arah kiblat yang seharusnya di Suriname.

Secara pelan-pelan, mereka mencoba merubah pandangan kaum tua untuk mengarahkan arah sholatnya ke timur. Upaya ini ada tingkat keberhasilannya. Tapi sampai saat ini masih banyak ditemui masjid-masjid yang berlainan arah kiblatnya disana.
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11077
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby Aku-Suka-Hujan » Sun May 06, 2012 4:17 pm

Ladies and Gentleman. Para Musim dan Non-Muslim, saya perkenalkan: ANTIPODA

ANTIPODA secara singkat adalah suatu lokasi di bumi yang terletak tepat di tengah-tengah sebuah garis yang ditarik melingkari sebuah bola dari posisi tertentu bumi dan terhubung oleh garis lurus yang melewati garis tengah bumi. Atau bahasa awamnya: dua tempat yang terletak di belahan bumi yang berlawanan. Sebagai contoh: Antipoda Jakarta adalah suatu tempat di Amerika Selatan dekat Guyana dan Suriname.

Dari antipoda, arah manapun ke suatu lokasi adalah sama saja (adalah benar) karena jaraknya kurang lebih sama.

Dengan mempergunakan rumus:
x° N/S y° E/W ↦ x° S/N (180 − y)° W/E,
Koordinat Mekah:
21°25′0″N 39°49′0″E
Maka koordinat antipoda Mekahnya adalah:
21°25′0″S (180-39°49′0″)W =
21°25′0″S 140°11′0″W

Dengan mempergunakan fasilitas Google Map saya dapat...
suatu tempat di Samudra Pasifik Selatan... Dekat Atoll Tematangi, Kepulauan Tuomatu, Polinesia Prancis... Sekitar 40an km...

Image

Kursor warna hijau adalah Atoll Tematangi, Kursor warna ungu adalah antipoda Mekah. Kalau Anda shollat dari sana anda bebas mau menghadap ke arah manapun karena jaraknya kurang lebih sama dan pasti akan menghadap ke arah mekah tak peduli mau arahnya miring seperti apapun.

LOKASI TEMATANGI:
Image
Lokasi Polinesia Prancis
Image

JADI APAKAH ANDA INGIN LIBURAN DI LAUT PASIFIK DENGAN PANTAI DAN ATOL YANG INDAH? SEKALIGUS INGIN MERASAKAN PENGALAMAN SHOLAT YANG LAIN DARIPADA YANG LAIN?
KUNJUNGI: TEMATANGI: SATU_SATUNYA TEMPAT DI DUNIA DI MANA ARAH KIBLAT TIDAK JADI MASALAH DALAM SHOLAT.
Badan Parisiwisata Distrik Tuamotu-Gambier.
Last edited by Aku-Suka-Hujan on Sun May 06, 2012 11:15 pm, edited 1 time in total.
User avatar
Aku-Suka-Hujan
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Kiblat: Tergeser 1 Derajat = Penyimpangan 120 Kilometer

Postby 1234567890 » Sun May 06, 2012 7:15 pm

@ atas

gerombolan pengikut onta buta huruf mana ngerti soal ginian ?

mereka kan ga punya otak ... kata korannya bumi itu datar jadi ga ada yang namanya antipode
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am


Return to Ttg Kelima RUKUN Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users