. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Pembahasan tentang Isa Almasih, Injil, Taurat dari apa yang tertulis dalam Qur'an, dan bukan dari kitab suci non-Islam.

Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby JIA » Fri Apr 18, 2008 3:51 pm

buat momod kalo thread ini dianggap menginjili silahkan dihaspus....
gua dapat dari sini
http://mengenal-islam.t35.com/membandin ... _krist.htm
kalo udah ada yang pernah posting mohon maaf belum sempat jalan2..... :oops:

Membandingkan Islam dengan Kristen
A Tale Of Four Sermons/Cerita ttg 4 Kotbah
by Louis Palme
Kami tawarkan 4 kotbah disini yg diberikan Jesus dan Mohamad. Yg pertama adalah kotbah perkenalan/pembuka dan yg terakhir adalah kotbah perpisahan.
Simaklah perbedaannya.

YESUS DGN KOTBAH PERTAMANYA (The Sermon on the Mount (Matthew 5, 6, and 7))
Terjemahan bahasa indonesianya diambil dari http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/cha ... y&study=on

5:3 "Berbahagialah orang yang rendah hati, karena Kerajaan Surga diberikan kepada mereka.
5:4 "Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihiburkan.
5:5 "Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena seluruh dunia yang luas ini menjadi milik mereka.
5:6 "Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.
5:7 "Berbahagialah orang yang baik dan berbelas kasihan, karena mereka akan dikasihani.
5:8 "Berbahagialah mereka yang tulus hati, karena mereka akan melihat Allah.
5:9 "Berbahagialah mereka yang mengusahakan perdamaian, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
5:10 "Berbahagialah orang yang teraniaya demi kebenaran, karena mereka memiliki Kerajaan Surga.
5:11 "Berbahagialah apabila kalian dicaci, difitnah, dan dianiaya karena menjadi pengikut-Ku.
5:12 "Bersukacitalah dan bergembiralah, karena pahala yang tak ternilai telah tersedia bagi kalian di surga. Ingatlah, nabi-nabi pada zaman dahulu juga dianiaya.
5:13 "Kalian adalah garam dunia. Jika kalian menjadi tawar, apa jadinya dengan dunia ini? Kalian sendiri akan dibuang dan diinjak orang karena tidak berguna.
5:14 Kalian adalah terang dunia, yang tampak kepada semua orang seperti sebuah kota di atas bukit bercahaya pada malam hari.
5:15 Janganlah terang itu kalian sembunyikan, melainkan biarkanlah terang itu bercahaya bagi semua orang. Biarlah semua orang melihat kalian berbuat baik, sehingga mereka akan memuji Bapa kalian yang di surga."
5:17 "Janganlah salah paham mengenai kedatangan-Ku. Aku datang bukan untuk menghapuskan Hukum Musa dan pengajaran para nabi, melainkan untuk menggenapkannya.
5:18 Dengan sesungguhnya Aku berkata: Setiap hukum dalam Kitab Suci akan tetap berlaku sampai tujuannya tercapai.
5:19 Oleh karena itu, jika ada orang yang menghapuskan hukum yang terkecil sekalipun, dan mengajar orang lain berbuat demikian, maka ia akan menjadi yang terkecil dalam Kerajaan Surga. Tetapi mereka yang mengajarkan hukum Allah dan menaatinya, akan menjadi besar dalam Kerajaan Surga.
5:20 "Tetapi ingatlah, bahwa apabila kebenaran kalian tidak melebihi kebenaran orang Farisi dan para pemimpin Yahudi yang lain, kalian tidak akan masuk Kerajaan Surga.
"Di bawah Hukum Musa berlaku peraturan: 'Jika kamu membunuh, kamu harus mati.'
5:22 Tetapi Aku berkata bahwa apabila kalian marah, sekalipun di rumah sendiri, kalian menghadapi kemungkinan dihukum. Apabila kalian menyebut seorang teman 'tolol', kalian menghadapi kemungkinan diseret ke hadapan pengadilan. Dan apabila kalian mengutuki dia, maka kalian menghadapi kemungkinan dilemparkan ke dalam api neraka.
5:23 "Jadi, apabila kalian sedang berdiri di hadapan mezbah Bait Allah untuk mempersembahkan kurban kepada Allah, dan tiba-tiba teringat bahwa ada seorang teman yang merasa sakit hati terhadap kalian,
5:24 tinggalkanlah kurban itu di sisi mezbah dan pergilah minta maaf kepadanya dan berbaik lagi dengan dia. Setelah itu barulah kembali untuk mempersembahkan kurban kepada Allah.
5:43 "Kalian telah mendengar orang berkata, 'Kasihilah temanmu dan bencilah musuhmu.'
5:44 Tetapi Aku berkata: Kasihilah musuhmu! Berdoalah bagi orang yang menganiaya kalian!
5:45 Dengan demikian kalian sungguh-sungguh berlaku sebagai anak-anak Bapa yang di surga. Karena Ia membiarkan matahari-Nya bersinar bagi yang baik maupun yang jahat, dan menurunkan hujan bagi yang benar dan yang tidak benar.
5:46 Apabila kalian hanya mengasihi orang yang mengasihi kalian, apa kelebihannya? Penjahat sekalipun berbuat demikian.
5:47 Apabila kalian bersikap ramah hanya kepada teman-teman, apa bedanya dengan orang lain? Orang kafir sekalipun berbuat demikian.
5:48 Kalian harus sempurna, sama seperti Bapa yang di surga juga sempurna."
6:1 "INGAT! Jangan berbuat baik di hadapan umum dengan tujuan supaya dikagumi orang, karena dengan demikian kalian akan kehilangan pahala dari Bapa yang di surga.
6:2 Apabila kalian memberi sedekah kepada pengemis, janganlah digembar-gemborkan seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di jalan-jalan dengan tujuan supaya perbuatan amal mereka diperhatikan orang! Dengan sesungguhnya Kukatakan bahwa hanya itulah pahala yang mereka terima.
6:3 Apabila kalian berbuat baik terhadap orang, lakukanlah dengan diam-diam. Janganlah tangan kiri diberitahu mengenai apa yang sedang dilakukan oleh tangan kanan.
6:4 Dengan demikian, kalian akan mendapat pahala dari Bapa kalian di surga yang mengetahui segala rahasia.

KOTBAH JUMAT PERTAMA MUHAMAD DI MEDINAH
(Tabari, Vol. VII, No.1258)
Puji bagi Allah. Saya memujanya, dan memintanya akan bantuan, pengampunan dan bimbingan. Saya percaya kpdnya dan tidak menolaknya dan saya musuh siapapun yg menolaknya.
Saya bersaksi bahwa tiada illah selain Allah, tanpa teman dan bahwa Muhamad adalah abdi dan rasulnya, yang ia kirimkan dgn bimbingan, terang dan penjelasan setelah kedatangan beberapa rasul, pada saat pengetahuan sangat sedikit, orang mengikuti jalan sesat, waktu diperpendek dan Jam Terakhir dan Kiamat sudah dekat.
Siapapun yg mematuhi Allah dan rasulnya telah dibimbing dgn benar; siapapun yg tidak mematuhinya melakukan kesalahan dan melenceng jauh dari jalannya. Saya berikan kpd anda ketakutan kpd Allah, karena hal yg paling baik yg bisa diberikan seorang Muslim kpd Muslim lainnya adalah bahwa ia harus mencari Dunia Lain (Akhirat) dan memerintahkannya utk takut kpd Allah. Perhatikan apa yg diperingatkan Allah kpdmu ttg dirinya. Tidak ada nasehat yg lebih baik dari ini dan tidak ada peringatan yg lebih baik. Ketakutan kpd Allah, bagi siapapun yg bertindak dlm ketakutan dan kekhawatiran akan Tuhannya, adalah abdi yg dipercaya dan mendapatkan apa yg diinginkannya dari Dunia Lain.
Ia yg menempatkan apa yg ada diantara dirinya dan Tuhannya secara rahasia dan dimuka umum, dan tidak mencari hal selain wajah Allah, akan diingat dlm dunia ini dan akan mendapatkan kekayaan setelah mati. ...
Allah memperingatkanmu agar hati2 terhadapnya, tetapi Allah maha pengampun kpd abdi2nya dan kpd mereka yg percaya kepadanya dan memenuhi janji2nya.
Allah mengatakan : “Hukuman yg datang dari saya tidak dapat dirubah, dan saya bukan tiran bijaksana terhdp pengabdi saya.” Oleh karena itu takutilah Allah, dalam dunia ini dan dunia berikutnya, secara rahasia maupun dimuka umum. Ia yg takut pada Allah akan diampuni kelakuan jahatnya dan pahalanya ditingkatkan; ia akan mendapatkan sukses besar.
Ketakutan pada Allah akan mengusir kebencian Allah dan balas dendamnya. Ketakutan kpd Allah akan membuat orang tanpa cela dimuka Allah, dan akan menyenangkan Tuhan dan akan meningkatkan derajad mereka.
Rebutlah bagianmu, dan jangan ... (do not be remiss??) sehubungan dgn Allah. Allah membuatmu mengenal Bukunya dan telah membuka jalannya didepanmu agar ia bisa mengetahui mereka yg berbicara kebenaran dan mereka yg bohong. Bertindaklah dgn baik spt Allah bertindak baik terhdpmu. Jadilah musuh dari musuh2nya dan jalan atas nama Allah di jalan yg menjadi haknya. Ia memilihmu dan menamakan kalian
Muslim, “agar ia yg wafat bisa wafat dgn buktu penuh kedaulatannya
dan ia yang selamat bisa selamat dgn bukti jelas.”
Tidak ada kekuatan selain Allah. Ingat bahwa Allah sering bertindak bagi hari berikut; karena ia yg menempatkan sesuatu diantara dirinya dan Allah akan mendapatkan apa yg ada diantara dirinya dan orang lain, ditangani Allah. (??) Ini karena Allah menghakimi mereka sementara mereka tidak menghakimi dirinya, dan karena Allah memerintah orang2 sementara mereka tidak memerintahnya.
Allah maha besar. Tidak ada kekuatan selain Allahu Akbar.

KESIMPULAN

Kebahagiaan vs. Ketakutan:
Yesus menyebut 'kebahagiaan' 10 kali
Mohamad menyebut takut 8 kali dan hati-hati 2 kali
Musuh:
Jesus: cintailah musuh2mu
Mohamad: jadilah musuhnya musuh2 Allah
Doa dimuka umum:
Jesus: Jangan melaksanakan kewajiban agamamu didepan umum. Mereka yg melakukannya tidak mendapatkan penghargaan di surga.
Mohamad: Siapa yg membenarkan Allah dimuka umum dan secara pribadi akan diingat didunia ini dan akan mendptkan kekayaan di dunia lain.
Rekonsiliasi:
Jesus: berdamailah dgn saudaramu
Mohamad: Kalau kau benar dimuka Allah, apa yg ada diantara kau dan orang lain akan ditangani Allah

PERNYATAAN YESUS TERAKHIR kpd Murid2nya (Johannes 13 - 16)
13:33 Anak-anak yang Kukasihi, betapa singkatnya saat sebelum Aku pergi meninggalkan kalian! Setelah saat itu, walaupun kalian mencari Aku, kalian tidak dapat datang kepada-Ku ....
13:34 "Oleh sebab itu, sekarang Kuberikan hukum baru kepada kalian: berkasih-kasihanlah antara sesama kalian seperti Aku mengasihi kalian.
13:35 Kasih kalian yang teguh bagi sesama membuktikan kepada dunia ini, bahwa kalian adalah murid-murid-Ku."
"Akulah Jalan, dan Kebenaran, dan Hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kecuali melalui Aku."
14:7 Jikalau engkau tahu siapa Aku ini, tentulah engkau tahu siapa Bapa-Ku. Mulai sekarang engkau mengenal Dia -- dan telah melihat Dia."
14:11 Percaya sajalah -- bahwa Aku ada di dalam Bapa dan Bapa ada di dalam Aku. Kalaupun tidak, percayalah mujizat-mujizat besar yang Kulakukan, dan yang telah kaulihat.
14:12 "Dengan sesungguhnya Aku berkata, seseorang yang percaya kepada-Ku akan melakukan mujizat-mujizat yang sama seperti yang telah Aku lakukan, malahan lebih besar lagi, sebab Aku akan pergi kepada Bapa. Kalian dapat memohon apa saja kepada-Nya atas nama-Ku, dan Aku akan mengabulkannya, sebab hal itu akan mendatangkan pujian kepada Bapa, yaitu karena apa yang Aku, sang Anak, akan lakukan bagi kalian.
15:15 Aku tidak lagi memanggil kalian hamba, karena seorang tuan tidak menceritakan hal-hal pribadi kepada hambanya. Sekarang kalian adalah sahabat-sahabat-Ku karena Aku telah memberitahukan kepada kalian segala sesuatu yang telah diberitahukan oleh Bapa kepada-Ku.
15:16 "Bukan kalian yang memilih Aku, melainkan Akulah yang memilih kalian. Aku menugaskan kalian agar selalu menghasilkan buah yang baik, supaya apa pun yang kalian mohon dari Bapa atas nama-Ku, Ia akan memberikannya kepadamu.
15:17 Aku ingin agar kalian saling mengasihi,
15:18 karena kalian telah cukup menanggung kebencian dari dunia ini. Tetapi sebelum membenci kalian, dunia ini telah membenci Aku.
15:19 Dunia akan mengasihi kalian .... Tetapi kalian bukan milik dunia, sebab Aku memilih kalian untuk keluar dari dunia. Itulah sebabnya dunia ini membenci kalian.
5:22 "Seandainya Aku tidak datang dan berbicara kepada mereka, mereka tidak bersalah. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai alasan apa pun bagi dosa mereka.
15:23 Barangsiapa membenci Aku, juga membenci Bapa-Ku.
5:25 Ini adalah penggenapan apa yang dikatakan oleh nabi-nabi mengenai sang Mesiah, 'Mereka membenci Aku tanpa alasan.'
16:1 "AKU telah memberitahukan hal-hal ini supaya kalian jangan terperanjat karena apa yang akan terjadi kemudian hari.
16:2 Sebab kalian akan dikucilkan dari rumah ibadat. Bahkan akan datang waktunya orang-orang yang membunuh kalian akan merasa telah berjasa kepada Allah.
16:3 Semua ini akan mereka lakukan terhadap kalian, sebab mereka tidak pernah mengenal Bapa atau Aku.
16:4 Kalian Kuberitahu mengenai semua ini sekarang, supaya bilamana hal-hal itu terjadi, kalian ingat bahwa Aku telah memperingatkan kalian.
16:33 Aku telah memberitahukan kepada kalian segala hal ini agar kalian mendapat sejahtera di dalam hati dan pikiran. Di dalam dunia ini kalian akan mengalami banyak penderitaan dan kesusahan; tetapi bergembiralah, karena Aku telah mengalahkan dunia ini !"
------------------------------------------

KOTBAH TERAKHIR MUHAMAD (al-Tabari, Vol IX, No. 1754)
Wahai rakyat, dengarkan kata2ku. Saya tidak tahu apakah saya akan bertemu kalian lagi di tempat ini setelah tahun ini. Wahai rakyat, darah dan hartamu adalah suci sampai kau bertemu Tuhan kalian, spt juga hari dan bulan ini suci. Tentu kalian akan menemui Tuhan kalian dan Ia akan bertanya kalian ttg kelakuan kalian. Saya sudah memberitahunya. Biarkanlah orang berjanji utk mengembalikan (pinjaman?); semua bunga dihapuskan tetapi modalmu adalah milikmu.
Jangan berbuat salah dan kau tidak akan diperlakukan dgn salah. Allah sudah memutuskan bahwa tidak akan ada pemungutan bunga, dan bunga Abbas b. Abd al-Muttalib telah dihapuskan, semuanya.
Semua darah yg tumpah di hari2 pra-Islam tidak boleh dibalas. Saya oleh karena itu menghapus claim pertama yaitu dari Ibn Rabiah b. al-Harith b. Abd al-Muttalib, yg dirawat oleh Banu Layth dan dibunuh oleh Banu Hudhayl. Darahnya adalah yg pertama yg tumpah di hari2 pra-islam, yg akan saya jadikan contoh.
Wahai rakyat, memang Setan tidak akan senang jika dipuja ditanahmu ini. Namun ia akan senang jika ia dipatuhi dlm hal selain hal tadi ...
Jadi, hati2lah terhdpnya dalam agamamu, wahai rakyat, ... (intercalculating a month ?) setiap bulan meningkatlah kekafiran dimana para kafir menyesatkan diri; satu tahun akan mereka jadikan ... (profane ?) dan tahun lainnya akan .... ??? and hallow it another [in order] to agree with the number that Allah has hallowed, and so profane what Allah has hallowed, and hallow what Allah has made profane.
Waktu telah menyelesaikan siklusnya dan spt juga pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Jumlah bulan dgn Allah adalah 12; [mereka berada] dlm Kitab Allah pada hari Ia menciptakan langit dan bumi. Empat bulan adalah suci, tiga bulan berturut2 dan Rajab [atau bulan] Mudar, adalah diantara Jumada dan Sha’ban. (???? NGOMONG APA SIH NEH ???)
Nah, wahai rakyat, kalian memiliki hak atas isteri2 kalian dan mereka memiliki hak atas dirimu. Kau memiliki [hak] bahwa mereka tidak boleh mengakibatkan siapapun yg tidak mereka sukai utk menaiki tempat tidurmu; dan mereka tidak boleh melakukan hal2 tidak senonoh secara terbuka. Jika mereka melakukannya, maka Allah mengijinkan kau utk menyekap mereka dlm kamar terpisah dan MEMUKUL mereka, tetapi tidak secara parah. Tetapi jika mereka abstain dari [kejahatan], mereka memiliki hak atas makanan dan pakaian mereka sesuai dgn adat.
Perlakukanlah wanita dgn baik, karena mereka [seperti] hewan piaraan dan jangan mengambil barang kepunyaan mereka. Kau mengambilnya hanya sbg titipan dari Allah, dan kau telah membuat kenikmatan tubuh mereka sah atas kata Allah, jadi dengarkanlah kata2 saya.
Saya telah menyampaikan Pesan tsb, dan membiarkan kalian dgn
sesuatu yang, kalau kalian teguh padanya, kalian tidak akan pernah sesat ...
Dengarkan kata2 saya, O rakyat, karena saya telah menyampaikan pesan dan mengertinya. Ketahuilah secara pasti bahwa SETIAP MUSLIM ADALAH SAUDARA MUSLIM LAINNYA, dan bahwa semua Muslim adalah saudara. Tidak sah bagi seseorang utk mengambil dari saudaranya kecuali apa yg diserahkannya secara suka rela.

---------------------------------------------------------------------- ---------

Topik2 Yesus:

Cinta bagi sesama
Pengikut adalah teman, bukan budak (abdi)
Menghasilkan buah yg abadi
Mengerti kebencian dunia bagi Kristen
Mempersiapkan diri bagi orang2 yg akan membunuh dan merasa bahwa mereka mematuhi Allah

Topik2 Muhamad:

Selesaikan hutang, tetapi jangan memungut bunga
Amnesti bagi pertumpahan darah yg terjadi di masa pra-Islam
Mematuhi kalender Islam (11 hari lebih pendek dari tahun solar)
Perlakuan terhdp isteri (bak hewan piaraan)
Mematuhi Quran dan Sunnah sbg dasar Peraturan
Muslim adalah saudara bagi sesama

KESIMPULAN ?
SILAHKAN ANDA SIMPULKAN SENDIRI
User avatar
JIA
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 198
Joined: Wed Apr 16, 2008 12:04 pm

Postby dragon » Wed Apr 23, 2008 9:53 am

thx 4 your info bro....

skrg sudah terlihat jelas...mana yg baik & mana yg buruk
User avatar
dragon
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 637
Joined: Fri May 04, 2007 9:02 pm
Location: Somewhere Out There

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby jurgen » Tue Aug 03, 2010 9:45 am

5:3 "Berbahagialah orang yang rendah hati, karena Kerajaan Surga diberikan kepada mereka.

Banyak yang tertipu dengan terjemahan ayat di atas, "Blessed are the poor in spirit'' di samakan dengan "Berbahagialah orang yang rendah hati"
Kalau di lihat perkataan "the Poor", ada sekumpulan pengikut awal Jesus yang meninggalkan duniawi , menjual segala nya dan mengikut Jesus dalam ajaran spiritual. Mereka ini lah yang disebutkan "the Poor".

Penyelewengan penterjemahan ada lah unik bagi kristani dan menjadi penyakit yang mendarahdaging.

Masakan dalam khutbah Nabi pun mau selewengkan "Wahai manusia' cuman jadi "Wahai rakyat".
jurgen
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 5
Joined: Tue Aug 03, 2010 8:59 am

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby oglikom » Tue Aug 03, 2010 9:55 am

jurgen wrote:Banyak yang tertipu dengan terjemahan ayat di atas, "Blessed are the poor in spirit'' di samakan dengan "Berbahagialah orang yang rendah hati"
Kalau di lihat perkataan "the Poor", ada sekumpulan pengikut awal Jesus yang meninggalkan duniawi , menjual segala nya dan mengikut Jesus dalam ajaran spiritual. Mereka ini lah yang disebutkan "the Poor".

"in spirit" kok ketinggalan. ](*,) ](*,) ](*,)
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3374
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby jurgen » Tue Aug 03, 2010 10:36 am

jurgen wrote:Banyak yang tertipu dengan terjemahan ayat di atas, "Blessed are the poor in spirit'' di samakan dengan "Berbahagialah orang yang rendah hati"
Kalau di lihat perkataan "the Poor", ada sekumpulan pengikut awal Jesus yang meninggalkan duniawi , menjual segala nya dan mengikut Jesus dalam ajaran spiritual. Mereka ini lah yang disebutkan "the Poor".



"Blessed are the Ebionites in spirit''
jurgen
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 5
Joined: Tue Aug 03, 2010 8:59 am

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby oglikom » Tue Aug 03, 2010 11:07 am

jurgen wrote:"Blessed are the Ebionites in spirit''

Tolong terjemahkan artinya biar jelas perbedaan terjemahan dari "Blessed are the poor in spirit"
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3374
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby Topsy KreeT » Tue Aug 03, 2010 12:56 pm

jurgen wrote:"Blessed are the Ebionites in spirit''

oglikom wrote:Tolong terjemahkan artinya biar jelas perbedaan terjemahan dari "Blessed are the poor in spirit"

LAI TB:
MAT 5:3
"Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya kerajaan sorga.
User avatar
Topsy KreeT
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2103
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby pwa_8584 » Tue Aug 24, 2010 6:49 am

Untuk JIA, ente ambil terjemahan Alkitab darimana???? Koq beda sama LAI???? Terjemahan Bahasa Indonesia kan dari LAI... Protestan n Katolik sama aja.

Jangan asal copy paste bos dari net, akibatnya ada yang salah paham tuh n mempergunakan kesalahan teks ente untuk mendiskreditkan Kristen...

Thx. GBU...
pwa_8584
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 4
Joined: Tue Aug 24, 2010 5:55 am

Postby yvptgxj » Tue Aug 24, 2010 7:09 am

@atas

Emang berpengaruh ya thp judul thread diatas?
yvptgxj
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1851
Joined: Fri Mar 06, 2009 8:58 pm

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby borjuis » Tue Aug 24, 2010 12:04 pm

:-k
borjuis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2204
Joined: Mon Aug 25, 2008 5:45 pm

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby pwa_8584 » Tue Aug 31, 2010 1:13 am

@ yvptgxj, so what??? ane cuma koreksi aja bos n menguatkan komen mas jurgen, bahwa dibanding Alkitab terjemahan LAI masih lebih baik terjemahan KJV atau NIV... Kalaupun mau pakai yang bahasa Indonesia ya pakailah yang LAI jgn yg lain seperti JIA tulis diatas...

he2, no offense... \:D/
pwa_8584
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 4
Joined: Tue Aug 24, 2010 5:55 am

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby AllahAkbar » Wed Sep 22, 2010 1:01 pm

jurgen wrote:

"Blessed are the Ebionites in spirit''

maksud lo blessed humble kali :rofl: :rofl:
User avatar
AllahAkbar
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 331
Joined: Fri Aug 20, 2010 4:57 pm
Location: مدينة نيويورك

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby Mo-isha » Thu Dec 23, 2010 5:26 pm

JIA wrote:buat momod kalo thread ini dianggap menginjili silahkan dihaspus....
gua dapat dari sini
http://mengenal-islam.t35.com/membandin ... _krist.htm
kalo udah ada yang pernah posting mohon maaf belum sempat jalan2..... :oops:

Membandingkan Islam dengan Kristen
A Tale Of Four Sermons/Cerita ttg 4 Kotbah
by Louis Palme
Kami tawarkan 4 kotbah disini yg diberikan Jesus dan Mohamad. Yg pertama adalah kotbah perkenalan/pembuka dan yg terakhir adalah kotbah perpisahan.
Simaklah perbedaannya.

YESUS DGN KOTBAH PERTAMANYA (The Sermon on the Mount (Matthew 5, 6, and 7))
Terjemahan bahasa indonesianya diambil dari http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/cha ... y&study=on

5:3 "Berbahagialah orang yang rendah hati, karena Kerajaan Surga diberikan kepada mereka.
5:4 "Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihiburkan.
5:5 "Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena seluruh dunia yang luas ini menjadi milik mereka.
5:6 "Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.
5:7 "Berbahagialah orang yang baik dan berbelas kasihan, karena mereka akan dikasihani.
5:8 "Berbahagialah mereka yang tulus hati, karena mereka akan melihat Allah.
5:9 "Berbahagialah mereka yang mengusahakan perdamaian, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
5:10 "Berbahagialah orang yang teraniaya demi kebenaran, karena mereka memiliki Kerajaan Surga.
5:11 "Berbahagialah apabila kalian dicaci, difitnah, dan dianiaya karena menjadi pengikut-Ku.
5:12 "Bersukacitalah dan bergembiralah, karena pahala yang tak ternilai telah tersedia bagi kalian di surga. Ingatlah, nabi-nabi pada zaman dahulu juga dianiaya.
5:13 "Kalian adalah garam dunia. Jika kalian menjadi tawar, apa jadinya dengan dunia ini? Kalian sendiri akan dibuang dan diinjak orang karena tidak berguna.
5:14 Kalian adalah terang dunia, yang tampak kepada semua orang seperti sebuah kota di atas bukit bercahaya pada malam hari.
5:15 Janganlah terang itu kalian sembunyikan, melainkan biarkanlah terang itu bercahaya bagi semua orang. Biarlah semua orang melihat kalian berbuat baik, sehingga mereka akan memuji Bapa kalian yang di surga."
5:17 "Janganlah salah paham mengenai kedatangan-Ku. Aku datang bukan untuk menghapuskan Hukum Musa dan pengajaran para nabi, melainkan untuk menggenapkannya.
5:18 Dengan sesungguhnya Aku berkata: Setiap hukum dalam Kitab Suci akan tetap berlaku sampai tujuannya tercapai.
5:19 Oleh karena itu, jika ada orang yang menghapuskan hukum yang terkecil sekalipun, dan mengajar orang lain berbuat demikian, maka ia akan menjadi yang terkecil dalam Kerajaan Surga. Tetapi mereka yang mengajarkan hukum Allah dan menaatinya, akan menjadi besar dalam Kerajaan Surga.
5:20 "Tetapi ingatlah, bahwa apabila kebenaran kalian tidak melebihi kebenaran orang Farisi dan para pemimpin Yahudi yang lain, kalian tidak akan masuk Kerajaan Surga.
"Di bawah Hukum Musa berlaku peraturan: 'Jika kamu membunuh, kamu harus mati.'
5:22 Tetapi Aku berkata bahwa apabila kalian marah, sekalipun di rumah sendiri, kalian menghadapi kemungkinan dihukum. Apabila kalian menyebut seorang teman 'tolol', kalian menghadapi kemungkinan diseret ke hadapan pengadilan. Dan apabila kalian mengutuki dia, maka kalian menghadapi kemungkinan dilemparkan ke dalam api neraka.
5:23 "Jadi, apabila kalian sedang berdiri di hadapan mezbah Bait Allah untuk mempersembahkan kurban kepada Allah, dan tiba-tiba teringat bahwa ada seorang teman yang merasa sakit hati terhadap kalian,
5:24 tinggalkanlah kurban itu di sisi mezbah dan pergilah minta maaf kepadanya dan berbaik lagi dengan dia. Setelah itu barulah kembali untuk mempersembahkan kurban kepada Allah.
5:43 "Kalian telah mendengar orang berkata, 'Kasihilah temanmu dan bencilah musuhmu.'
5:44 Tetapi Aku berkata: Kasihilah musuhmu! Berdoalah bagi orang yang menganiaya kalian!
5:45 Dengan demikian kalian sungguh-sungguh berlaku sebagai anak-anak Bapa yang di surga. Karena Ia membiarkan matahari-Nya bersinar bagi yang baik maupun yang jahat, dan menurunkan hujan bagi yang benar dan yang tidak benar.
5:46 Apabila kalian hanya mengasihi orang yang mengasihi kalian, apa kelebihannya? Penjahat sekalipun berbuat demikian.
5:47 Apabila kalian bersikap ramah hanya kepada teman-teman, apa bedanya dengan orang lain? Orang kafir sekalipun berbuat demikian.
5:48 Kalian harus sempurna, sama seperti Bapa yang di surga juga sempurna."
6:1 "INGAT! Jangan berbuat baik di hadapan umum dengan tujuan supaya dikagumi orang, karena dengan demikian kalian akan kehilangan pahala dari Bapa yang di surga.
6:2 Apabila kalian memberi sedekah kepada pengemis, janganlah digembar-gemborkan seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di jalan-jalan dengan tujuan supaya perbuatan amal mereka diperhatikan orang! Dengan sesungguhnya Kukatakan bahwa hanya itulah pahala yang mereka terima.
6:3 Apabila kalian berbuat baik terhadap orang, lakukanlah dengan diam-diam. Janganlah tangan kiri diberitahu mengenai apa yang sedang dilakukan oleh tangan kanan.
6:4 Dengan demikian, kalian akan mendapat pahala dari Bapa kalian di surga yang mengetahui segala rahasia.

KOTBAH JUMAT PERTAMA MUHAMAD DI MEDINAH
(Tabari, Vol. VII, No.1258)
Puji bagi Allah. Saya memujanya, dan memintanya akan bantuan, pengampunan dan bimbingan. Saya percaya kpdnya dan tidak menolaknya dan saya musuh siapapun yg menolaknya.
Saya bersaksi bahwa tiada illah selain Allah, tanpa teman dan bahwa Muhamad adalah abdi dan rasulnya, yang ia kirimkan dgn bimbingan, terang dan penjelasan setelah kedatangan beberapa rasul, pada saat pengetahuan sangat sedikit, orang mengikuti jalan sesat, waktu diperpendek dan Jam Terakhir dan Kiamat sudah dekat.
Siapapun yg mematuhi Allah dan rasulnya telah dibimbing dgn benar; siapapun yg tidak mematuhinya melakukan kesalahan dan melenceng jauh dari jalannya. Saya berikan kpd anda ketakutan kpd Allah, karena hal yg paling baik yg bisa diberikan seorang Muslim kpd Muslim lainnya adalah bahwa ia harus mencari Dunia Lain (Akhirat) dan memerintahkannya utk takut kpd Allah. Perhatikan apa yg diperingatkan Allah kpdmu ttg dirinya. Tidak ada nasehat yg lebih baik dari ini dan tidak ada peringatan yg lebih baik. Ketakutan kpd Allah, bagi siapapun yg bertindak dlm ketakutan dan kekhawatiran akan Tuhannya, adalah abdi yg dipercaya dan mendapatkan apa yg diinginkannya dari Dunia Lain.
Ia yg menempatkan apa yg ada diantara dirinya dan Tuhannya secara rahasia dan dimuka umum, dan tidak mencari hal selain wajah Allah, akan diingat dlm dunia ini dan akan mendapatkan kekayaan setelah mati. ...
Allah memperingatkanmu agar hati2 terhadapnya, tetapi Allah maha pengampun kpd abdi2nya dan kpd mereka yg percaya kepadanya dan memenuhi janji2nya.
Allah mengatakan : “Hukuman yg datang dari saya tidak dapat dirubah, dan saya bukan tiran bijaksana terhdp pengabdi saya.” Oleh karena itu takutilah Allah, dalam dunia ini dan dunia berikutnya, secara rahasia maupun dimuka umum. Ia yg takut pada Allah akan diampuni kelakuan jahatnya dan pahalanya ditingkatkan; ia akan mendapatkan sukses besar.
Ketakutan pada Allah akan mengusir kebencian Allah dan balas dendamnya. Ketakutan kpd Allah akan membuat orang tanpa cela dimuka Allah, dan akan menyenangkan Tuhan dan akan meningkatkan derajad mereka.
Rebutlah bagianmu, dan jangan ... (do not be remiss??) sehubungan dgn Allah. Allah membuatmu mengenal Bukunya dan telah membuka jalannya didepanmu agar ia bisa mengetahui mereka yg berbicara kebenaran dan mereka yg bohong. Bertindaklah dgn baik spt Allah bertindak baik terhdpmu. Jadilah musuh dari musuh2nya dan jalan atas nama Allah di jalan yg menjadi haknya. Ia memilihmu dan menamakan kalian
Muslim, “agar ia yg wafat bisa wafat dgn buktu penuh kedaulatannya
dan ia yang selamat bisa selamat dgn bukti jelas.”
Tidak ada kekuatan selain Allah. Ingat bahwa Allah sering bertindak bagi hari berikut; karena ia yg menempatkan sesuatu diantara dirinya dan Allah akan mendapatkan apa yg ada diantara dirinya dan orang lain, ditangani Allah. (??) Ini karena Allah menghakimi mereka sementara mereka tidak menghakimi dirinya, dan karena Allah memerintah orang2 sementara mereka tidak memerintahnya.
Allah maha besar. Tidak ada kekuatan selain Allahu Akbar.

KESIMPULAN

Kebahagiaan vs. Ketakutan:
Yesus menyebut 'kebahagiaan' 10 kali
Mohamad menyebut takut 8 kali dan hati-hati 2 kali
Musuh:
Jesus: cintailah musuh2mu
Mohamad: jadilah musuhnya musuh2 Allah
Doa dimuka umum:
Jesus: Jangan melaksanakan kewajiban agamamu didepan umum. Mereka yg melakukannya tidak mendapatkan penghargaan di surga.
Mohamad: Siapa yg membenarkan Allah dimuka umum dan secara pribadi akan diingat didunia ini dan akan mendptkan kekayaan di dunia lain.
Rekonsiliasi:
Jesus: berdamailah dgn saudaramu
Mohamad: Kalau kau benar dimuka Allah, apa yg ada diantara kau dan orang lain akan ditangani Allah

PERNYATAAN YESUS TERAKHIR kpd Murid2nya (Johannes 13 - 16)
13:33 Anak-anak yang Kukasihi, betapa singkatnya saat sebelum Aku pergi meninggalkan kalian! Setelah saat itu, walaupun kalian mencari Aku, kalian tidak dapat datang kepada-Ku ....
13:34 "Oleh sebab itu, sekarang Kuberikan hukum baru kepada kalian: berkasih-kasihanlah antara sesama kalian seperti Aku mengasihi kalian.
13:35 Kasih kalian yang teguh bagi sesama membuktikan kepada dunia ini, bahwa kalian adalah murid-murid-Ku."
"Akulah Jalan, dan Kebenaran, dan Hidup. Tidak seorang pun dapat datang kepada Bapa, kecuali melalui Aku."
14:7 Jikalau engkau tahu siapa Aku ini, tentulah engkau tahu siapa Bapa-Ku. Mulai sekarang engkau mengenal Dia -- dan telah melihat Dia."
14:11 Percaya sajalah -- bahwa Aku ada di dalam Bapa dan Bapa ada di dalam Aku. Kalaupun tidak, percayalah mujizat-mujizat besar yang Kulakukan, dan yang telah kaulihat.
14:12 "Dengan sesungguhnya Aku berkata, seseorang yang percaya kepada-Ku akan melakukan mujizat-mujizat yang sama seperti yang telah Aku lakukan, malahan lebih besar lagi, sebab Aku akan pergi kepada Bapa. Kalian dapat memohon apa saja kepada-Nya atas nama-Ku, dan Aku akan mengabulkannya, sebab hal itu akan mendatangkan pujian kepada Bapa, yaitu karena apa yang Aku, sang Anak, akan lakukan bagi kalian.
15:15 Aku tidak lagi memanggil kalian hamba, karena seorang tuan tidak menceritakan hal-hal pribadi kepada hambanya. Sekarang kalian adalah sahabat-sahabat-Ku karena Aku telah memberitahukan kepada kalian segala sesuatu yang telah diberitahukan oleh Bapa kepada-Ku.
15:16 "Bukan kalian yang memilih Aku, melainkan Akulah yang memilih kalian. Aku menugaskan kalian agar selalu menghasilkan buah yang baik, supaya apa pun yang kalian mohon dari Bapa atas nama-Ku, Ia akan memberikannya kepadamu.
15:17 Aku ingin agar kalian saling mengasihi,
15:18 karena kalian telah cukup menanggung kebencian dari dunia ini. Tetapi sebelum membenci kalian, dunia ini telah membenci Aku.
15:19 Dunia akan mengasihi kalian .... Tetapi kalian bukan milik dunia, sebab Aku memilih kalian untuk keluar dari dunia. Itulah sebabnya dunia ini membenci kalian.
5:22 "Seandainya Aku tidak datang dan berbicara kepada mereka, mereka tidak bersalah. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai alasan apa pun bagi dosa mereka.
15:23 Barangsiapa membenci Aku, juga membenci Bapa-Ku.
5:25 Ini adalah penggenapan apa yang dikatakan oleh nabi-nabi mengenai sang Mesiah, 'Mereka membenci Aku tanpa alasan.'
16:1 "AKU telah memberitahukan hal-hal ini supaya kalian jangan terperanjat karena apa yang akan terjadi kemudian hari.
16:2 Sebab kalian akan dikucilkan dari rumah ibadat. Bahkan akan datang waktunya orang-orang yang membunuh kalian akan merasa telah berjasa kepada Allah.
16:3 Semua ini akan mereka lakukan terhadap kalian, sebab mereka tidak pernah mengenal Bapa atau Aku.
16:4 Kalian Kuberitahu mengenai semua ini sekarang, supaya bilamana hal-hal itu terjadi, kalian ingat bahwa Aku telah memperingatkan kalian.
16:33 Aku telah memberitahukan kepada kalian segala hal ini agar kalian mendapat sejahtera di dalam hati dan pikiran. Di dalam dunia ini kalian akan mengalami banyak penderitaan dan kesusahan; tetapi bergembiralah, karena Aku telah mengalahkan dunia ini !"
------------------------------------------

KOTBAH TERAKHIR MUHAMAD (al-Tabari, Vol IX, No. 1754)
Wahai rakyat, dengarkan kata2ku. Saya tidak tahu apakah saya akan bertemu kalian lagi di tempat ini setelah tahun ini. Wahai rakyat, darah dan hartamu adalah suci sampai kau bertemu Tuhan kalian, spt juga hari dan bulan ini suci. Tentu kalian akan menemui Tuhan kalian dan Ia akan bertanya kalian ttg kelakuan kalian. Saya sudah memberitahunya. Biarkanlah orang berjanji utk mengembalikan (pinjaman?); semua bunga dihapuskan tetapi modalmu adalah milikmu.
Jangan berbuat salah dan kau tidak akan diperlakukan dgn salah. Allah sudah memutuskan bahwa tidak akan ada pemungutan bunga, dan bunga Abbas b. Abd al-Muttalib telah dihapuskan, semuanya.
Semua darah yg tumpah di hari2 pra-Islam tidak boleh dibalas. Saya oleh karena itu menghapus claim pertama yaitu dari Ibn Rabiah b. al-Harith b. Abd al-Muttalib, yg dirawat oleh Banu Layth dan dibunuh oleh Banu Hudhayl. Darahnya adalah yg pertama yg tumpah di hari2 pra-islam, yg akan saya jadikan contoh.
Wahai rakyat, memang Setan tidak akan senang jika dipuja ditanahmu ini. Namun ia akan senang jika ia dipatuhi dlm hal selain hal tadi ...
Jadi, hati2lah terhdpnya dalam agamamu, wahai rakyat, ... (intercalculating a month ?) setiap bulan meningkatlah kekafiran dimana para kafir menyesatkan diri; satu tahun akan mereka jadikan ... (profane ?) dan tahun lainnya akan .... ??? and hallow it another [in order] to agree with the number that Allah has hallowed, and so profane what Allah has hallowed, and hallow what Allah has made profane.
Waktu telah menyelesaikan siklusnya dan spt juga pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. Jumlah bulan dgn Allah adalah 12; [mereka berada] dlm Kitab Allah pada hari Ia menciptakan langit dan bumi. Empat bulan adalah suci, tiga bulan berturut2 dan Rajab [atau bulan] Mudar, adalah diantara Jumada dan Sha’ban. (???? NGOMONG APA SIH NEH ???)
Nah, wahai rakyat, kalian memiliki hak atas isteri2 kalian dan mereka memiliki hak atas dirimu. Kau memiliki [hak] bahwa mereka tidak boleh mengakibatkan siapapun yg tidak mereka sukai utk menaiki tempat tidurmu; dan mereka tidak boleh melakukan hal2 tidak senonoh secara terbuka. Jika mereka melakukannya, maka Allah mengijinkan kau utk menyekap mereka dlm kamar terpisah dan MEMUKUL mereka, tetapi tidak secara parah. Tetapi jika mereka abstain dari [kejahatan], mereka memiliki hak atas makanan dan pakaian mereka sesuai dgn adat.
Perlakukanlah wanita dgn baik, karena mereka [seperti] hewan piaraan dan jangan mengambil barang kepunyaan mereka. Kau mengambilnya hanya sbg titipan dari Allah, dan kau telah membuat kenikmatan tubuh mereka sah atas kata Allah, jadi dengarkanlah kata2 saya.
Saya telah menyampaikan Pesan tsb, dan membiarkan kalian dgn
sesuatu yang, kalau kalian teguh padanya, kalian tidak akan pernah sesat ...
Dengarkan kata2 saya, O rakyat, karena saya telah menyampaikan pesan dan mengertinya. Ketahuilah secara pasti bahwa SETIAP MUSLIM ADALAH SAUDARA MUSLIM LAINNYA, dan bahwa semua Muslim adalah saudara. Tidak sah bagi seseorang utk mengambil dari saudaranya kecuali apa yg diserahkannya secara suka rela.

---------------------------------------------------------------------- ---------

Topik2 Yesus:

Cinta bagi sesama
Pengikut adalah teman, bukan budak (abdi)
Menghasilkan buah yg abadi
Mengerti kebencian dunia bagi Kristen
Mempersiapkan diri bagi orang2 yg akan membunuh dan merasa bahwa mereka mematuhi Allah

Topik2 Muhamad:

Selesaikan hutang, tetapi jangan memungut bunga
Amnesti bagi pertumpahan darah yg terjadi di masa pra-Islam
Mematuhi kalender Islam (11 hari lebih pendek dari tahun solar)
Perlakuan terhdp isteri (bak hewan piaraan)
Mematuhi Quran dan Sunnah sbg dasar Peraturan
Muslim adalah saudara bagi sesama

KESIMPULAN ?
SILAHKAN ANDA SIMPULKAN SENDIRI


Orang yg mau jujur dan punya hati nurani pasti memilih yg pertama sebagai ajaran dari Tuhan Yang Maha Kasih. Seperti langit dan bumi kalau diperbandinkan . Sungguh ngawur Muhamad mengklaim ajarannya sebagai "penyempurna" ajaran yesus?

Bod Bless
Mo-isha
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 5
Joined: Wed Dec 22, 2010 10:38 pm

Re: Khotbah pertama & terakhir Muhammad VS Jesus

Postby Musicman » Tue Jan 11, 2011 11:46 am

http://aliyullohhadi.blogspot.com/2010/ ... ulloh.html
Khutbah Jum'at Pertama Rosululloh Muhammad SAW

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sebagaimana dikisahkan dalam berbagai buku sejarah Rasulullah SAW, seperti Fikih Sirah, Sirah Nabawiyah, maupun Hayatu Muhammad karya Muhammad Husein Haykal, shalat Jumat pertama yang dilakukan Rasul SAW adalah di Wadi Ranuna, sekitar satu kilometer dari Masjid Quba, atau kurang lebih empat kilometer dari Madinah al-Munawwarah. Di sana kini berdiri sebuah masjid yang diberi nama Masjid Jumat.
Tentu saja, dalam shalat Jumat itu diselenggarakan khutbah Jumat yang disampaikan Rasul SAW kepada kaum Muslim. Apa isi khutbah Rasul SAW pada saat itu? Hanafi al-Mahlawi dalam bukunya Al-Amakin al-Masyhurah Fi Hayati Muhammad (Tempat-tempat bersejarah yang dikunjungi Rasul SAW), isi khutbah itu adalah sebagai berikut;

"Segala puji bagi Allah, kepada-Nya aku memohon pertolongan, ampunan, dan petunjuk. Aku beriman kepada Allah dan tidak kufur kepada-Nya. Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan, aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Dia telah mengutusnya dengan petunjuk dan agama yang benar, dengan cahaya dan pelajaran, setelah lama tidak ada rasul yang diutus, minimnyua ilmu, dan banyaknya kesesatan pada manusia di kala zaman menjelang akhir dan ajal kian dekat.

Barang siapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, sesungguhnya ia telah mendapatkan petunjuk. Dan, barang siapa yang bermaksiat kepada Allah dan Rasul-Nya, sesungguhnya ia telah melampaui batas dan tersesat dengan kesesatan yang sangat jauh.

Aku berwasiat kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah. Itulah wasiat terbaik bagi seorang Muslim. Dan, seorang Muslim hendaknya selalu ingat akhirat dan menyeru kepada ketakwaan kepada Allah.

Berhati-hatilah terhadap yang diperingatkan Allah. Sebab, itulah peringatan yang tiada tandingannya. Sesungguhnya ketakwaan kepada Allah yang dilaksanakan karena takut kepada-Nya, ia akan memperoleh pertolongan Allah atas segala urusan akhirat.

"Barang siapa yang selalu memperbaiki hubungan dirinya dengan Allah, baik di kala sendiri maupun di tengah keramaian, dan ia melakukan itu tidak lain kecuali hanya mengharapkan rida Allah, maka baginya kesuksesan di dunia dan tabungan pahala setelah mati, yaitu ketika setiap orang membutuhkan balasan atas apa yang telah dilakukannya. Dan, jika ia tidak melakukan semua itu, pastilah ia berharap agar masanya menjadi lebih panjang. Allah memperingatkan kamu akan siksa-Nya. dan Allah Mahasayang kepada hamba-hamba-Nya." (QS Ali Imran [3]: 30).

Dialah Zat yang benar firman-Nya, melaksanakan janji-Nya, dan semua itu tidak pernah teringkari. Allah berfirman, "Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah, dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku." (QS Qaf [50]: 29).

Karenanya, bertakwalah kalian kepada Allah dalam urusan sekarang maupun yang akan datang, dalam kerahasiaan maupun terang-terangan. "Sesungguhnya barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya." (QS At-Thalaq [65]: 5). "Barang siapa bertakwa kepada Allah, sungguh ia telah memperoleh kemenangan yang besar." (QS Al-Ahzab [33]: 71).

Sesungguhnya ketakwaan kepada Allah menghindarkan dari kemarahan, hukuman, dan murka-Nya. Takwa kepada Allah akan membuat wajah bersinar terang, membuat Allah rida, dan meninggikan derajat. Lakukanlah dengan sepenuh kemampuan kalian, dan jangan sampai kurang di sisi Allah.

Dia telah mengajarkan kepada kalian dalam kitab-Nya dan membentangkan jalan-Nya, untuk mengetahui siapa yang benar dan untuk mengetahui siapa yang dusta. (QS Al-Ankabut [29]: 3).

Maka, berbuat baiklah, sebagaimana Dia berbuat baik kepada kalian, dan musuhilah musuh-musuh-Nya. Berjihadlah di jalan Allah dengan sebenar-benarnya jihad. Dia telah memilih dan menamakan kalian sebagai Muslim. (QS Al-Hajj [22]: 78). Agar orang yang binasa itu binasanya dengan keterangan yang nyata dan agar orang yang hidup itu hidupnya dengan keterangan yang nyata. (QS Al-Anfal [8]: 42).

Tiada daya upaya, kecuali hanya dengan kekuatan Allah. Karenanya, perbanyaklah mengingat Allah, dan beramallah untuk kehidupan setelah mati. Sesungguhnya orang yang membangun hubungan baik dengan Allah, Allah pun akan membuat baik hubungan orang itu dengan manusia lainnya.

Karena Allah yang memberi ketetapan kepada manusia, sedang manusia tidak mampu memberi ketetapan kepada-Nya. Dia menguasai manusia, sedang manusia tidak bisa menguasai-Nya. Allah itu Maha Agung. Tiada daya dan kekuatan selain dengan kekuatan Allah Yang Mahatinggi dan Mahaagung."

Demikianlah isi khutbah Rasul SAW sebagaimana disebutkan dalam Tarikh Thabari, Tafsir al-Qurthubi, Subul al-Huda wa ar-Rasyad, dan Al-Bayan al-Muhammadi karya Dr Mustafa Asy-Sya'kah.

Asy-Sya'kah menegaskan bahwa khutbah diatas merupakan khutbah Rasul SAW saat shalat Jumat pertama di Wadi Ranuna. Penjelasan ini juga diperkuat dengan keterangan Ibnu Abbas RA yang diriwayatkan oleh Ibnu Katsir. Wallahu A'lam.


Gawat nih TSnya....Kok beda?
Ilmu Plantar-plintir nih? :green:
User avatar
Musicman
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 693
Joined: Wed Dec 22, 2010 11:34 am
Location: Di negeri Penuh Senyum


Return to Quran & ISA Almasih, Injil



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users