. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

kenapa sih tuhannya islam harus bernama allah?

Siapa 'sosok' Allah, apa maunya, apa tujuannya ?

Postby Soul Edge » Fri Jun 29, 2007 8:12 pm

dreamtheater wrote:
agitho_ryuki wrote:Islam memuja dewa bulan, dan kristen memuja dewa matahari <kta> weleh-weleh... Asal jeplak aja. Emang ni forum, forum asal jeplak...


yg bilang kristen memuja dewa matahari siapa mas?
banyak gambar dibelakang patung Tuhanmu terdapat sinar yang mencorong (seperti sinar matahari di pagi hari)
User avatar
Soul Edge
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 574
Joined: Sat Sep 30, 2006 12:57 am
Location: underworld

Postby Tanjidin » Fri Jun 29, 2007 9:53 pm

kenapa sih tuhannya islam harus bernama allah? >> Karena kalo bernama Yesus, itu 'kan "Tuhan" ente..
User avatar
Tanjidin
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 324
Joined: Tue Mar 20, 2007 2:51 pm

Postby Valkyrie » Fri Jun 29, 2007 10:14 pm

Wah, kok pada OOT ke Kristen?
Valkyrie
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1106
Joined: Thu Sep 28, 2006 9:59 am

Postby abdulah » Sat Jun 30, 2007 1:16 am

ref bacaan: "Allah" The Moon God --- karangan Robert Morey.

Banyak kalangan Islam khususnya dari kalangan ustad-ustad dan scholar muslim membantah hal ini , dan mengatakan bahwa Robert Morey adalah pembohong.
Mereka dari kalangan Islam tidak dapat menerima kalau Tuhannya dibilang ex dewa bulan quraisy dan berbeda dng Tuhan Abraham/Musa/Israel; krn kalau apa yg dikatakan Morey mereka terima, tentu mereka/kalian harus menelan pil pahit bhw "Islam adalah salah" dan "Muhammad adalah pembohong".

Untuk kalian ketahui, yg menyatakan bhw Allah adalah Dewa Bulan bukan hanya Robert Morey, tapi juga ilmuwan2 lain berdasarkan penemuan arkeologist. Robert Morey hanya menyempurnakan saja dan lebih banyak mengulas dari sisi theologi, sehingga tulisannya dikritik oleh banyak org Islam......
abdulah
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 764
Joined: Sun Oct 23, 2005 12:05 am

Postby abdulah » Sat Jun 30, 2007 1:20 am

Tentang pemujaan terhadap bulan bisa dikutip dari :

Buku History Of The Arabs, Philip K. Hitti, 1937, halaman 96-101 dikutip :
Kepercayaan perbintangan suku Bedouin (Arab) berpusat pada bulan…. Penyembahan bulan merepresentasikan kehidupan penggembala, sedangkan penyembahan matahari merepresentasikan kehidupan pertanian. Mereka mempercayai bahwa kehidupan ditentukan oleh bulan …… Dilain pihak, matahari dipercayai akan merusak kehidupan suku Bedouin (Arab) dan seluruh hewan dan tanaman dibumi.
Buku A Dictionary of Non-Classical Mythology, Marian Edwardes, Lewis Spence, Allah, halaman 7 dikutip :
“Allah : semula dikaitkan dengan bulan, tampaknya adalah perkembangan dari Ilmaqah yang merupakan dewa bulan. Pasangan dari Allah adalah dewi Allat.”
Buku The Facts on File Encyclopedia of World Mythology and Legend, Anthony S. Mercatante, I. 61 dikutip :
"Allah, dewa bulan menikah dengan dewi matahari Mereka menurunkan 3 dewi (putri-putri Allah) Al-Lat, Al-Uzza and Manat…....
abdulah
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 764
Joined: Sun Oct 23, 2005 12:05 am

Postby abdulah » Sat Jun 30, 2007 1:30 am

Asal-usul bagi nama Allah

Satu penelitian tentang nama Allah ini yang kini sedang disebarkan berbunyi seperti berikut:
"Jika ini adalah sejarah yang sebenarnya, buku teks akan menerangkan bahawa tuhan bagi Muhammad adalah ciptaan manusia. Negara-negara Arab merupakan bangsa pagan yang menyembah lebih daripada 300 tuhan. Salah satu daripadanya adalah dewa bulan yang dipanggil al-ilah. Kononnya dewa bulan ini telah bersetubuh dengan dewa matahari dan telah melahirkan dua anak perempuan, di mana kedua-duanya disembah sebagai dewi-dewi. Setelah Muhammad mendakwa telah mendapat ‘penglihatannya’ dan ‘wahyu daripada Jibril’, dia memilih al-ilah sebagai tuhan yang mana akan dia tumpukan pembinaan tentaranya. Muhammad telah memendekkan nama al-ilah kepada Allah, dan mengisytiharkan bahawa hanya dia saja yang layak disembah. Dia melarang penyembahan anak-anak perempuan tersebut. Hingga pada hari ini, lambang bulan sabit masih lagi boleh didapati di hadapan setiap masjid, menyatakan bahwa Allah telah, dan masih adalah dewa bulan. Yang disembah Muhammad adalah sebenarnya berasal dari dewa bulan. Kesemua ini terdapat di dalam pernyataan-pernyataan Houghton-Mifflin."..............
abdulah
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 764
Joined: Sun Oct 23, 2005 12:05 am

Postby abdulah » Sat Jun 30, 2007 1:38 am

bebaspikir wrote:Terus, kata siapa juga kalo Allah itu nama dewa Bulan? Kata orang arab atau kata orang eropa? Coba tunjukkan referensi dari orang arab yang bilang Allah itu nama dewa bulan.


Muslim yang baru keluar dari pesantren kelas onta !

Nanti gua cariin referensi tulisan yang lebih lengkap yah , mengenai asal usul nama Aulloh berasal dari dewa bulan !!
abdulah
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 764
Joined: Sun Oct 23, 2005 12:05 am

Postby ragna » Sat Jun 30, 2007 1:52 am

hem....
kenapa yach?
susah juga kalo ditanya.
yach mungkin ajah bener.
soal lambang di mesjid "bulan" dan "bintang" itu juga gak ada dalilnya yang pas kok.
itu hanya perumpamaan bahwa Allah dan Muhammad itu bagaikan "bulan" dan "bintang" yang menyinari dalam kegelapan malam.

soal namanya dari dewa bulan ato dewa matahari dan dewa2 laennya yach monggo ajah.
siapa yang menciptakan alam semesta?
kami para muslim meyakini Allah SWT.
trus lihat kenyataan dech. manusia yang menemukan atau menciptakan sesuatu barangnay diberi nama penemunya.
contohnya comet halley dan laen2.
seperti juga dengan istilah "telur colombus"
karena colombus yang menemukan maka orang2 bilang cara itu "telur colombus"
nah yang mencipatakan bulan khan Allah, kenapa gak kalo orang2 dulu emnagtakan bulan itu Allah.
yach khan mungkin ajah toch.

trus kenapa juga tuhannya kristen itu "yesus"
atau tuhannya budha itu namanya "budha"
yach khan gak ngaruh toch.
kesamaan nama bukan berarti kesamaan sifat dan kehendak.
dewa bulan yang dikutipkan menihkan dan punya anak sedangkan Allah tuhan dari para muslim tidak beranak dan di peranakan.
soal kenapa islam yang berkuasa yach itu merupakan misteri.
soal kenapa sebagian islam gak beres yach itu juga misteri.
saya akui gak semua orang islam itu pada beres dan mengerti tentang islam secara benar ^^.
tapi yang saya akui cuma 1.
Allah adalah Allah. tuhan para muslim yang cuma 1 dan hanya 1.
User avatar
ragna
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 7
Joined: Sat Jun 30, 2007 12:21 am

Postby ganteng_maut » Sat Jun 30, 2007 3:10 am

Valkyrie wrote:Wah, kok pada OOT ke Kristen?


Ya udah deh, kalo namanya Zeus, itu berarti dewanya orang Yunani kuno :lol:
User avatar
ganteng_maut
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1197
Joined: Sun Jun 11, 2006 3:48 am
Location: Somewhere in the World

Postby tongtong » Sat Jun 30, 2007 11:24 am

ada bulan sabit di posisi paling terhormat dari sebuah mesjid, eh, kadang bulan sabit, kadang tulisan allah dalam bahasa arab, salah satu adalah merupakan substitusi dari yang satunya.

istilahnya adalah two of a kind.
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby Nandesuka? » Sat Jun 30, 2007 10:19 pm

:oops: permisi.. asalamualaikum.. shalom..

mau ikutan nimbrung..

eh.. dari yang aku tahu.. nama Allah tu artinya Tuhan dalam bahasa arab kok (seperti Elohim itu tuhan dalam bahasa ibrani...)

terus penalitian2 yang ada sepertinya melewati masalah yang satu ini (bhsa arab bwt tuhan) shg membuat kesimpulan kalo Allah adalah nama khusus untuk dewa bulan..

trus kenapa di indonesia ga pake YHWH? krn larangan dari pemerintah dulu... sekarang ada gerakan untuk mengembalikan nama YHWH di alkitab.. namun tampaknya belum berhasil...

dan.. karena dulu ga boleh pake YHWH, secara kreatif penerjemah kristen menciptakan kata Tuhan..
User avatar
Nandesuka?
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 44
Joined: Sun Jun 17, 2007 10:25 pm
Location: dimana hayo..

Postby abdulah » Sun Jul 01, 2007 12:36 am

Nandesuka? wrote:dan.. karena dulu ga boleh pake YHWH, secara kreatif penerjemah kristen menciptakan kata Tuhan..



{Sejarah Penterjemahan Alkitab (sumber: L.A.I.): Nama ‘Allah’ berasal dari AlQur’aan, pertama kali memasuki Alkitab berbahasa Melayu pada l.k. tahun 1641,
dilakukan oleh Pdt. Leijdecker, yang ditugasi oleh Belanda menterjemahkan Bijbel ke dalam bahasa Melayu.

Sewaktu melakukan penterjemahan itu, terpaksa Pdt.Leijdecker menanyakan kepada narasumbernya, seorang Melayu: Apakah istilah Melayu yang tepat untuk menterjemahkan God?” Maka narasumber itu, Abdullah bin Abdulkadir Munsyi, dengan serta merta menyebutkan “Allah”. Jadilah sembahannya Muhammad itu dipuja-puja orang Kristen di Indonesia, padahal seharusnya ditolak lebih keras }.
abdulah
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 764
Joined: Sun Oct 23, 2005 12:05 am

Postby electabuzz » Sun Jul 01, 2007 3:02 am

tongtong wrote:ada bulan sabit di posisi paling terhormat dari sebuah mesjid, eh, kadang bulan sabit, kadang tulisan allah dalam bahasa arab, salah satu adalah merupakan substitusi dari yang satunya.

istilahnya adalah two of a kind.


mas tongtong(kembali ketongsampah)

kalau masalh adanya bulan sabit di posisi ujung masjid itu adalah kebudayaan say.....
kebanyakan di inodnesia memakai itu,tapi coba kamu lihat di negara lain...khususnya negara kelahiran rosul......atau negara yang bertetangga dengan arab.......
kalau lambang bulan sabit itu adalh lambang kekhalifaan utmaniyah di turki.
User avatar
electabuzz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 263
Joined: Wed Jun 13, 2007 10:54 pm

Postby electabuzz » Sun Jul 01, 2007 3:34 am

ini untuk keseluruhan.

sebelumnya kau ingin memberithukan kalau;

paganisme Arab tersebut adalah paham yang diperangi habis-habisan oleh Rasulullah dan umatnya.

tapi ;
Dr. Morey menyudutkan Islam dengan mengemukakan poin-poin hujatan berikut :


1. Bahwa Umat Islam menyembah dewa bulan.

2. Tentang Allah dalam Islam dan Tuhan dalam Bibel.


Pada hujatan pertama, Dr. Robert Morey ingin mengelabuhi masyarakat bahwa umat muslim adalah masyarakat pagan, sehingga negaranya mendapatkan pembenaran atas segala apa yang mereka perbuat terhadap negara-negara Islam yang ia nyatakan pagan. Sedang dalam poin kedua ia ingin memisahkan antara kepercayaan Kristen dengan Islam. Jika yang dimaksud adalah Kristen Trinitas maka adalah benar tidak sama, karena umat Islam menESAkan Tuhan sementara Kristen Trinitas "menyekutukan" Tuhan. Tapi kalau yang dimaksud adalah Kristen Unitarian (Nazaren/Nashoro) tentu saja masalahnya lain, karena mereka berpaham monoteisme. Suatu upaya pembuktian Class of Civilization yang ujung-ujungnya adalah kekuasaan dan Ekonomi (Minyak).

Dr. Robert Morey menyatakan bahwa Allah adalah nama dari Dewa Bulan yang disembah di Arab sebelum Islam. Hal ini ia kuatkan dengan pernyataan bahwa :

Nama Allah sudah dikenal masyarakat Arab sebelum kenabian Muhammad.

Adanya nama-nama seperti Qomaruddin, Syamsuddin.

Kepercayaan Jahiliyah (PraIslam), agama Astral.

Berhala yang ada di Ka'bah.

Simbol bulan sabit.

Yang agak memalukan bahwa dalam membuktikan tuduhan-tuduhannya tersebut Pak Doktor ini banyak memanipulasi pernyataan dari penulis-penulis yang menjadi rujukannya. Sebagai Contoh :

- Untuk menguatkan pendapatnya bahwa "dewa bulan dipanggil dengan berbagai nama, salah satunya adalah Allah'" ia merujuk pada halaman 7 dari Buku Guillame yang berjudul Islam. Tetapi sebenarnya Guillame mengatakan di halaman yang sama : "Di Arab Allah telah dikenal dari sumber umat Kristen dan Yahudi sebagai Tuhan yang Esa, dan tidak ada keraguan meslvpun dia telah dikenal oleh Pagan Arab di Mekkah sebagai yang Tertinggi."1

- Dr. Morey juga mengutip dari penulis non-Muslim Caesar Farah di ha128. Tetapi pada saat dirujuk dalam buku tersebut didapati bahwa Dr. Morey hanya mengutip sebagian dan meninggalkan pokok bahasan dari buku tersebut. Buku tersebut sebenarnya menyatakan bahwa Tuhan yang dipanggil il oleh orang Babilon dan EI oleh orang Israel telah dipanggil ilah, al-ilah, dan Allah di Arab. Farah mengatakan lebih lanjut pada halaman 31 bahwa sebelum Islam orang pagan telah mempercayai bahwa Allah adalah dewa tertinggi. Dikarenakan mereka sudah mempunyai 360 berhala, tetapi Allah bukan salah satu dari 360 berhala tersebut. Sebagaimana Caesar Farah menyatakan di halaman 56, bahwa Nabi Muhammad saw, telah menghancurkan berhala-berhala tersebut.


Nama Allah sebelum Islam


Adanya kata Allah sebelum masa Islam, seperti yang dikatakan Robert Morey bahwa Ayah Rasulullah bernama Abdullah (hamba Allah), tidak sepantasnya dijadikan alasan bahwa Allah tersebut adalah dewa bulan.

Seperti yang kita ketahui bahwa
El, Eloy, Allah, Yahweh, Ya Hua, Elohem,Allahumma; adalah kata-kata yang dipakai oleh masing-masing bangsa -saat itu- untuk menyebut Tuhan. Dan kata Allah adalah kata yang dipakai oleh bangsa Arab untuk menyebut Tuhan khususnya oleh para Ahnaf (masyarakat Arab yang mengikuti tradisi Ibrahim). Dan nama itu tidak termasuk dalam jajaran nama-nama berhala dan dewa­dewa Arab. Permasalahannnya bukan hanya pada kata-kata itu saja, kemudian kita menilai paham suatu masyarakat. Tapi pada cara penyikapan kepada "Tuhan" yang disebut menurut bahasa mereka sendiri-sendiri. Bangsa Israel yang menggunakan kata Yahweh untuk merefleksikan pemahaman mereka tentang konsep "Tuhan" dibimbing oleh rasul dan nabi mereka untuk meluruskan pemahaman dan penyikapan terhadap Tuhan yang mereka sebut Yahweh. Begitu juga masyarakat Arab yang pada masa jahiliyah memakai kata Allah untuk menyebut Tuhan dibimbing oleh Rasulullah Saw untuk menyikapi dan memahami apa yang mereka sebut Allah itu. Cara penyikapan inilah yang diajarkan oleh masing-masing rasul dan nabi kepada umatnya, yaitu meng-ESA-kan. Kalau ukurannya hanya pada tataran kata saja untuk menilai paham suatu umat, maka Yahudi dan Kristen juga pagan, karena nama "EL' yang dipakai IsraEL adalah Tuhan dari bangsa Kan'an yang menurut mereka pagan.

Qomaruddin dan Syamsuddin


Pembaca dari kalangan Muslim mungkin akan tertawa ketika dikatakan bahwa nama-nama Cak Qomar dan Cak Udin luga kang Najam dijadikan bukti adanya penyembahan terhadap dewa bulan. Menurut Dr. Robert Morey :

Agama Penyembah Bulan disebut Komaruddin.
Komarun = Bulan; Dinun = Agama.2

Begitu juga dengan nama Syamsuddin dan Najmuddin, keduanya diterjemahkan dengan cara yang sama.

Komarun berarti bulan dan dinun berarti agama maka arti dari nama tersebut adalah "bulannya agama", maksudnya seorang yang dengan agamanya berkiprah di masyarakatnya seperti bulan yang bersinar terang benderang, membawa nama baik agamanya. Begitu syamsuddin, di harapkan oleh orang tuanya agar lebih bersinar seperti matahari yang selalu memberi manfaat kepada manusia. Nama-nama muslim yang dinisbatkan kepada dien (agama) memiliki makna senada, seperti saifuddin (pedang agama), adalah harapan orang tuanya agar anaknya mampu membela agamanya ibarat sebuah pedang yang siap dipakai kapan saja. Sedang "penyembah bulan" kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Arab ‘abid al-Qomar. Begitu juga dengan dua nama lainnya.

(aduh giaman nasib tetangga gua kalau tahu semua ini bisa-bisa dia dibilang dewa bulan lagi am robert mory laknatullah.)

Masyarakat Arab pada masa pra Islam seringkali menamakan budaknya dengan nama-nama yang dapat menyenangkan hati mereka seperti nama Qomar dan Syams, diharapkan agar budaknya dapat menerangi mereka seperti namanya. Sedang untuk mereka sendiri, mereka memakai nama­nama yang menyeramkan, untuk menakuti musuh-musuhnya, seperti Kilab (anjing-anjing), Asad (singa), Namir dan Fahd (harimau). Pada masa Rasulullah nama-nama jahiliyah banyak dinisbatkan langsung pada Allah, seperti Saifullah (pedang Allah), Asadullah (Singa Allah) dan lain sebagainya. Rasulullah meluruskan kebiasaan masyarakat Arab jahiliyah bahkan pada masalah nama.

Pada masa selanjutnya ketika perbudakan sudah terhapuskan, dan para mantan budak yang membentuk komunitas tersendiri, tampil dalam pemerintahan. Mereka dikenal sebagai kaum Mawali (orang-orang yang meminta perlindungan). Untuk mendapatkan pengakuan dari masyarakat yang sebelumnya adalah tuan-tuan mereka, maka mereka menisbatkan nama-nama, mereka kepada kata din (agama). Hal ini sejalan dengan perkembangan zaman yang tidak lagi menisbatkan nama-nama kepada tuan-tuannya, sebab zaman perbudakan sudah berakhir, dan semua mereka adalah sama dalam urusan agama. Maka kita melihat bahwa nama-nama seperti Qomaruddin dan Syamsuddin tidak pernah kita temukan pada masa jahiliyah, ataupun pada masa Rasulullah, nama-nama itu baru muncul kemudian pada saat mantan budak memegang tampuk pemerintahan.

Pada masa sekarang nama-nama di atas tidak dipakai untuk menyenangkan tuan,tetapi dipakai hanay sebagai nama panggilan yang tidak memiliki makna dewa,bulan,bintang,matahari dan sebagainya.

Kepercayaan masa Jahiliyah (Pra Islam)/Agama Astral

Menurut Dr. Morey : "Allah, dewa bulan, kawin dengan dewa matahari. Mereka berdua mempunyai tiga orang puteri yang disebut putri-putri Allah. Ketiga putri tersebut AI-Lata, AI­Uzza, dan Manat". Untuk memperkuat anggapannya ia memanipulasi pernyataan Guilluame.

Bahwa masyarakat Arab pra Islam(sebelum islam menyebar)memiliki kepercayaan terhadap bintang dan bulan juga matahari memang benar, hanya saja Dr. Morey berhenti sampai disini untuk menyatakan bahwa yang disembah oleh umat Muslim adalah dewa bulan.

padahal kepercayaan yang semacam inilah yang diserang dengan keras oleh Rasulullah tanpa kompromi sedikitpun. Itulah sebabnya maka masa tersebut dikatakan sebagai masa Jahiliyyah (zaman kebodohan). Terjemah ayat-ayat berikut ini akan menggambarkan bagaimana Rasulullah secara radikal menyerang kepercayaan masyarakatnya :


“ Maka apakah patut bagi kamu (hai orang-orang musyrik) menganggap Al-Lata dan Al- Uzza, dan Manat yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah). Apakah (patut) untuk kamu (anak) laki-laki dan untuk Allah (anak) perempuan; Yang demikian itu tentulah suatu pembagian yang tidak adil. Itu tidak lain hanyalah nama­nama yang kamu dan bapak-bapak karnu mengada­adakannya; Allah tidak menurunkan suatu keteranganpun untuk (menyembah) nya. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti sangkaan-sangkaan, dan apa yang diingini oleh hawa nafsu mereka, dan sesungguhnya telah datang petunjuk kepada mereka dari Tuhan rnereka. Atau apakah manusia akan mendapat segala yang dicita­citakannya (Tidak), maka hanya bagi Allah kehidupan akhirat dan kehidupan dunia. " (QS. An-Najm 19-25).

Dan berhala-hala yang amat banyak tersebut telah dihancurkan oleh Rasulullah saat memasuki Makkah, setelah sebelumnya umat Islam diusir dari Makkah. Rasulullah sendiri pada saat sebelum menjadi nabi, pernah bersumpah dihadapan Khadijah istrinya bahwa beliau "tidak akan menyembah uzza selamanya", hal ini jelas membedakan antara Allah dan ilah­ilah lainnya, sebab saat itu agama Hanifah (jalan lurus) ajaran Ibrahim As. masih bertahan di Makkah, walaupun pengikutnya tidak sebanyak para pagan. Kini jangankan di Ka'bah di rumah seorang muslim saja tidak akan ada berhala. Sangat berbeda dengan Rumah dan Kantor Robert Morey yang mungkin memasang patung salib di sudut ruang atau kamarnya.

Dewa bulan dan Simbol Bulan Sabit

Simbol bulan sabit yang sering dipakai umat muslim dianggap sebagai simbol penyembahan dewa bulan oleh Dr. Robert Morey. la menyatakan : "Simbol penyembahan dewa bulan dalam budaya Arab dan di tempat-tempat lain di seluruh timur tengah adalah bulan sabit". Gambar bintang yang biasa berada ditengah bulan sabit tidak disebut, karena Amerika memakai simbol bintang.

Dr. Robert Morey dan para orientalis Barat menuduh dengan bertanya kenapa umat Islam memakai simbol bulan sabit untuk agama mereka? Atau kenapa bulan dipakai untuk menandai bulan baru?. Mereka sengaja bertanya dengan logika yang salah dari sesuatu yang tersembunyi, sejak saat umat Islam memakai bulan sabit sebagai simbol, maka dikatakan bahwa umat Islam menyembah "dewa bulan". Ini tidak benar sebagaimana anggapan bahwa sejak umat Yahudi mengambil bintang David sebagai simbol, maka umat Yahudi menyembah bintang, berarti umat Kristen juga menyembah patung salib saat mereka memakai simbol tersebut, atau menyembah matahari saat menggunakan tanda silang dari sinar matahari.

Islam tidak pernah mengajarkan untuk menyembah bulan. Dalam firman Allah disebutkan:


"Dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan janganlah (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah. " (QS. Fushshilat 37)


Ayat ini diperkuat dengan ayat lain, bahwa bulan bukanlah object penyembahan.

"Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalarn siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan ". (QS. Luqman 29).

Jika Allah adalah "dewa bulan" seperti yang dituduhkan oleh Dr. Morey, apa mungkin "dewa bulan" menciptakan bulan untuk dipakai oleh manusia?. Dengan bukti di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa umat Islam hanya menyembah `Allah" saja, dan bukan menyembah dewa bulan. Kepercayaan terhadap kekuatan benda-benda angkasa yang pernah berkembangan di Mesir, Babilonia, serta Asiria, mungkin saja mempengaruhi Jazirah Arab, sebab secara geografis letaknya tidaklah berjauhan; Hanya saja pada masa Rasulullah kepercayaan tersebut diluruskan dengan menempatkan benda-benda tersebut pada tempat dan fungsinya. Seperti bulan -misalnya-, seperti yang pernah ditanyakan oleh masyarakatArab kepada Rasulullah, ditempatkan sebatas untuk menandakan pergantian waktu. Sebagaimana Firman Allah di Surat Al Baqarah 189:

189. Mereka bertanya kepadamu tentang bulan sabit. Katakanlah: "Bulan sabit itu adalah tanda-tanda waktu bagi manusia dan (bagi ibadat) haji; Dan bukanlah kebajikan memasuki rumah-rumah dari belakangnya[116], akan tetapi kebajikan itu ialah kebajikan orang yang bertakwa. Dan masuklah ke rumah-rumah itu dari pintu-pintunya; dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

tolong untuk umat non-muslim untuk tidak menimbulkan kesimpang siuran umat islam dan tidak memfitnah...............dengan omongan sok cerdas dan sumber sumber tapi tidak bisa diperaya
User avatar
electabuzz
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 263
Joined: Wed Jun 13, 2007 10:54 pm

Postby tongtong » Sun Jul 01, 2007 4:52 pm

randy wrote:... Ayah Rasulullah bernama Abdullah (hamba Allah), ...


kalau agama si abdullah ini emang apa sih?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby dreamtheater » Mon Jul 02, 2007 3:40 am

gaston31 wrote:n kristen jg ga PD pake nama Yahwe, jd ikutan muslim pake Allah biar ngetrend..xixixi
hebat nih otoritas yg bs ganti2 sebutan Tuhan Kristen


@gaston,

Allah - 4jji - alloh - aulo - auwo dalam konsep quron adalah Allah (baca auloh), bingungkan? dalam konsep islam nama allah (baca alloh) tidak tergantikan. seperti bahasa arab yang tak tergantikan.

penggunaan nama Tuhan, penggunaan alquran terjemahan hanyalah toleransi dan referensi. tapi bagi islam kaffah Allah (baca alloh) dan alquron arab tak dapat tergantikan dan tak dapat diubah. Haram hukumnya! :lol:

Allah (baca alloh) = dewa bulan.

Tuhan dalam konsep kristen adalah penamaan sang pencipta. Doktrin kristen tidak mengharga-matikan penyebutan nama Yahwe atau bahasa taurat ibrani or injil yunani.

Tuhan dalam Kristen bisa diganti menjadi Yahwe -yhwh, yehova, Gusti, Lord, God, Gott, dsbnya sesuai bahasa suku, daerah dan negara. Demikiannya juga terjemahan bahasa taurat dan injil disesuaikan suku, daerah dan negara.

Tapi apapun itu, intinya Allah - 4jji (baca alloh) = dewa bulan. karena ajarannya berbeda dengan Tuhan dalam konsep iman kristen. Ajaran muhammad menunjukkan siapa Allohnya.

psssttt ada gosip yang mendekati fakta. Muhammad = Alloh itu sendiri! :lol:
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby dreamtheater » Mon Jul 02, 2007 3:48 am

Soul Edge wrote:
dreamtheater wrote:
agitho_ryuki wrote:Islam memuja dewa bulan, dan kristen memuja dewa matahari <kta> weleh-weleh... Asal jeplak aja. Emang ni forum, forum asal jeplak...


yg bilang kristen memuja dewa matahari siapa mas?
banyak gambar dibelakang patung Tuhanmu terdapat sinar yang mencorong (seperti sinar matahari di pagi hari)


oooo... cuma banyak gambar... kalo maksudnya Yesus terang dunia?

nah kalo muslim banyak poligami, kawin sirih cerai kontrak, orang arab pakai tkw dianggap budak, islam kaffah suicide bomber, muslim mimpiin 72 bidadari perawan disurga berarti muslim memuja apa?? :lol:
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Debat yang ngga ada habisnya

Postby bebaspikir » Mon Jul 02, 2007 8:24 am

Lucu juga ya. Pertanyaannya sederhana, kenapa Tuhan Islam harus bernama Allah?

Seharusnya sih ngga jadi debat yang panjang. Sayang sekali jadi harus berputar-putar. Kasian deh.

Buat yang Islam, Allah itu hanya nama. Salah satu nama. Dalam bahasa sunda juga dinamakan gusti pangeran. Tapi kenapa sih dipermasalahkan? Nama itu dikenal dari bahasa arab. Karena bahasa arab dipakai sebagai bahasa pengantar alquran, jadi ya semua pemeluk Islam tahu bahwa Allah adalah nama Tuhan. Bukan pula nama dewa, karena islam mengajak memurnikan hanya menyembah satu Tuhan maka persepsi salah tentang Tuhan yang banyak harus diperbaiki. Karena itu banyaknya berhala di sekitar kabah semuanya dihancurkan. Dan ini berkaitan dengan iman. Kalo bicara iman yang berbeda, ya sudahlah pasti beda juga pemahamannya. Bicara tentang sesuatu yang sama saja, setiap kepala bisa punya pemahaman yang berbeda.

Bagi yang bukan Islam (sepertinya sih dari orang Kristen yang saaangaat benci sama Islam, padahal banyak juga orang Kristen yang cinta islam) Allah itu nama dewa. Yah terserah aja deh kalo punya pendapat yang berbeda. Bagiku pendapatku, bagimu pendapatmu.

Berbalas pantun memang mudah. Tinggal comot sana comot sini, kopi paste tulisan yang memang sesuai dengan keinginan kita. Kalau mencari kebenaran, memang bukan di sini tempatnya. Bersibuk-sibuklah dengan mencari kesalahan orang lain, kalau tidak ingin mencari kebenaran.
User avatar
bebaspikir
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 76
Joined: Sat Jun 23, 2007 9:15 am

Re: Debat yang ngga ada habisnya

Postby tongtong » Mon Jul 02, 2007 8:43 am

bebaspikir wrote:Lucu juga ya. Pertanyaannya sederhana, kenapa Tuhan Islam harus bernama Allah?

Seharusnya sih ngga jadi debat yang panjang. Sayang sekali jadi harus berputar-putar. Kasian deh.

Buat yang Islam, Allah itu hanya nama. Salah satu nama. Dalam bahasa sunda juga dinamakan gusti pangeran. Tapi kenapa sih dipermasalahkan? Nama itu dikenal dari bahasa arab. Karena bahasa arab dipakai sebagai bahasa pengantar alquran, jadi ya semua pemeluk Islam tahu bahwa Allah adalah nama Tuhan. Bukan pula nama dewa, karena islam mengajak memurnikan hanya menyembah satu Tuhan maka persepsi salah tentang Tuhan yang banyak harus diperbaiki. Karena itu banyaknya berhala di sekitar kabah semuanya dihancurkan. Dan ini berkaitan dengan iman. Kalo bicara iman yang berbeda, ya sudahlah pasti beda juga pemahamannya. Bicara tentang sesuatu yang sama saja, setiap kepala bisa punya pemahaman yang berbeda.

Bagi yang bukan Islam (sepertinya sih dari orang Kristen yang saaangaat benci sama Islam, padahal banyak juga orang Kristen yang cinta islam) Allah itu nama dewa. Yah terserah aja deh kalo punya pendapat yang berbeda. Bagiku pendapatku, bagimu pendapatmu.

Berbalas pantun memang mudah. Tinggal comot sana comot sini, kopi paste tulisan yang memang sesuai dengan keinginan kita. Kalau mencari kebenaran, memang bukan di sini tempatnya. Bersibuk-sibuklah dengan mencari kesalahan orang lain, kalau tidak ingin mencari kebenaran.


jadi menurut kamu kenpa sih tuhanya islam bernama allah?
tongtong
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby abdulah » Mon Jul 02, 2007 8:43 am

dreamtheater wrote:
psssttt ada gosip yang mendekati fakta. Muhammad = Alloh itu sendiri! :lol: [/b]



Allah (baca:aulloh) : sebagai nama (dewa bulan).

Muhammad : Yang memodifikasi sesembahan Allah menjadi sebuah nama (agama tauhid) yang dipergunakan dan diperalat untuk tujuan mencapai semua tujuan dan ambisinya.
Aulloh hanya mediator untuk Muhammad.

Difinisikan sendiri dah !!
abdulah
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 764
Joined: Sun Oct 23, 2005 12:05 am

PreviousNext

Return to Ttg ALLAH



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users