. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Kemanakah Arah Sholat Muslim?

Ttg shahadat, solat, zakat, puasa, haji, termasuk ttg KABAH, Hajar Aswad, Zamzam dan segala ritual spt Isra-Miraj, Idul Fitri dsb

Postby moe » Thu Aug 31, 2006 4:35 pm

Image

Image

Image
User avatar
moe
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 618
Joined: Sat Mar 18, 2006 12:46 pm

Postby endfinal » Thu Aug 31, 2006 5:45 pm

hihihihi.....unik juga ilustrasinya.
punya foto tentang orang islam yang lagi mencium batu hitam ? minta donk.
endfinal
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4000
Joined: Tue May 16, 2006 4:50 pm

Postby aku domba ALLAH » Thu Aug 31, 2006 5:50 pm

gw bingung ama ilustrasinya :(

Bisa diterangin dgn kalimat gak???

Terus kenapa kabah begitu penting utk sholat?
Isi dari kabah itu apa seh????

Thanks

NB : sorry OOT
User avatar
aku domba ALLAH
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 114
Joined: Tue Jul 18, 2006 4:32 pm
Location: di bumi

Postby pak_raden » Thu Aug 31, 2006 8:35 pm

Kalo Kabaahnya ada yang ngebom gimana tuhh??? kiblatnya jadi kemana ya ,,,,,,,,??? :lol: Trus hajar aswad kok diciumin; kalo ada yang kena flu burung bisa ketularan semua ya ,,,,,,,, :lol:
pak_raden
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 101
Joined: Tue Feb 21, 2006 7:22 pm

Postby dreamtheater » Thu Aug 31, 2006 9:17 pm

Baru gw mau komen kalo muslim itu bukan sholat menghadap kabah tapi nyembahnya alien

Baru gw mau bilang (mengutip kata afif udin), kalo manusia nanti hidup dibulan, dan muslim migrasi kebulan, maka kebingungan sholatnya ngadap mana?

adakah muhammad itu sadar kalo bumi itu bulat?
adakah muslim sadar kalau sholat mereka tidak pernah mengarah kepada kabah?
adakah muslim (khususnya yang geografis indonesia) tahun 2006 sadar kalau ternyata bumi itu bulat?

Yang menyatakan dirinya sholat menghadap kabah adalah orang2 tolol yang tidak mengakui bumi itu bulat!

Skak mat!

huohohohohohoho....
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby dreamtheater » Sat Sep 09, 2006 4:58 am

gen x wrote:Nyium hajar aswad dilakukan saat umroh. Ketika orang-orang mengelilingi kabah, yang deket hajar aswat mencium batu hitam itu. Yang jauh melambai-lambai ke arah batu hitam.

Ini dimaknakan sebagai pola dinamika benda mati di alam semesta. Bintang-bintang yg berputar mengelilingi pusat galaksi, dan dipusat galaksi terdapat black hole. Bintang-bintang yg dekat dengan black hole akan terhisap ke dalamnya, yang jauh kelak juga akan terhisap.

Jadi menurut gw itu cuma peragaan doang

Piss all


Oke piss all. Kita akhiri OOT dengan pertanyaan simple, kemanakah selama ini arah kamu sholat?

ga usah jauh2 dulu ama black hole, itu aja dulu jawab.

Supaya back to topic lagi, ga usah penjelasan panjang2... bilang saja ke ......................
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby moe » Sat Sep 09, 2006 9:23 am

dreamtheater wrote:Apa hubungannya kebersihan muslimah dengan Black hole? emang punyanya muslimah bisa menarik segala jenis lalat dan bahkan kecoa??? kembali ketopik dong!

:lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
Justru itu, rasanya kiblatnya ke blackhole dah!
Bukannya pusat kabah itu blackstone alias black hole? pusat dari segala pusat?
Eh gwe ada pertanyaan nih

1. Sejak kapan blackstone/hajar aswat (kog bunyinya mirip hagar aurat ya?) terpasang?
2. Sejak kapan metalframe terpasang dan dipasang oleh siapa?
3. Metal frame terbuat dari jenis logam apa?

Muslim bisa kasih penjelasan?
User avatar
moe
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 618
Joined: Sat Mar 18, 2006 12:46 pm

Postby gen x » Sat Sep 09, 2006 9:45 am

kemanakah selama ini arah kamu sholat?


Menghadap Tuhan Pencipta alam semesta.

Cuman gw sadar, berdasar fisika relativitas, menghadap arah tenggara dari rumah gw pd bulan lalu sudah jauh berbeda dg arah tenggara dr rumah gw pd hari ini.

Soalnya planet bumi berputar-putar tiap hari, planet bumi juga bergerak mengelilingi matahari, matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi, dan galaksi ini bergerak dg arahnya sendiri. (Utk informasi saja, galaksi kita Milky Way dan galaksi tetangga Andromeda sedang bergerak saling mendekat. Dalam waktu beberapa milyar tahun kedepan kedua galaksi ini akan serempetan). Kesimpulannya; menghadap arah tenggara dari rumah gw pd saat yg berbeda berarti menghadap tepi jagad yg berbeda.

Jadi kalo lagi sendiri, gw berkomunikasi dan ‘bermesraan’ dg Tuhan Pencipta alam dg cara menghadap kemana aja semau gw. Tentu ditempat yg pantas. Nah kalo rame-rame, gw punya rasa kebersamaan, semuanya ditata menghadap kearah yg sama. Dimana-mana ditempat ibadah berbagai kepercayaan, jemaahnya kudu menghadap ke tempat yg sama. Tujuannya biar ibadahnya lebih fokus. Kecuali kalo sedang kutbah, yang ngasih kutbah menghadap jemaah.

Setahu gw, pd prinsipnya orang muslim nggak mempermasalahkan kemana harusnya solat menghadap, yang penting melakukan kebaikan.

6:79. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.

2:177. Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

2:148. Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.


Cuman, sekali lagi utk khusyu’nya solat, umat muslim diminta menghadap ke arah yg sama. Kearah mana ? Nah dlm rangka menghormati tempat ibadah pertama yg pernah dibangun oleh spesies homo sapien, maka kesitulah arah salatnya umat muslim.

3:96. Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.

Kalau nonton The Real Eve (Discovery Channel) dan ngikutin penelusuran DNA mitokondria manusia, maka manusia-manusia pertama homo sapien itu hidup di Afrika utara deket-deket ke Timur Tengah, sebelum menyebar ke seluruh penjuru bumi, termasuk menjadi kita-kita ini.

Gw bisa nerima kalo ada klaim didaerah sekitar situlah pertama kali dibangun rumah ibadah umat manusia. Tp gw gak mau berdebat apakah betul ditempat kabah itu dulu berdiri bangunan ibadah pertama homo sapien. Krn bagi gw arah menghadap Tuhan Pencipta alam bisa kemana saja.


Next gen next faith
Peace all
gen x
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 27
Joined: Wed Sep 06, 2006 11:02 am
Location: tokyo

Postby dreamtheater » Sat Sep 09, 2006 1:32 pm

gen x wrote:
kemanakah selama ini arah kamu sholat?


Menghadap Tuhan Pencipta alam semesta.


Sudah... ini saja jawaban yang gw butuhkan. Yang lain tdk perlu dibahas.

gen x wrote:Menghadap Tuhan Pencipta alam semesta.


Pesan sponsor:
1. Telah ditemukan ajaran islam terbaru, bebas arah sholat!
2. Tolong cabut tanda2 kiblat diseluruh, hotel2, mushola, masjid diindonesia.
3 selamat konsultasi dengan kyai ustadmu! mudah2an idemu bisa diterima.

p/s. emang typical islam abad berikutnya adalah memperbaiki ajaran muhammad yg ga tahu kalo bumiitu bulat! Bagi Muslim, Lebih baik menipu/ berbohong (warded 2006), bilang palsu (mualaf 2006), dipermanis (wahabi, kane 2006), ngarang (siapa yah?) daripada mengakui Muhammad itu ngaco!!!
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby moe » Sat Sep 09, 2006 1:36 pm

gen x wrote:
kemanakah selama ini arah kamu sholat?


Menghadap Tuhan Pencipta alam semesta.

Cuman gw sadar, berdasar fisika relativitas, menghadap arah tenggara dari rumah gw pd bulan lalu sudah jauh berbeda dg arah tenggara dr rumah gw pd hari ini.

Soalnya planet bumi berputar-putar tiap hari, planet bumi juga bergerak mengelilingi matahari, matahari bergerak mengelilingi pusat galaksi, dan galaksi ini bergerak dg arahnya sendiri. (Utk informasi saja, galaksi kita Milky Way dan galaksi tetangga Andromeda sedang bergerak saling mendekat. Dalam waktu beberapa milyar tahun kedepan kedua galaksi ini akan serempetan). Kesimpulannya; menghadap arah tenggara dari rumah gw pd saat yg berbeda berarti menghadap tepi jagad yg berbeda.

Jadi kalo lagi sendiri, gw berkomunikasi dan ‘bermesraan’ dg Tuhan Pencipta alam dg cara menghadap kemana aja semau gw. Tentu ditempat yg pantas. Nah kalo rame-rame, gw punya rasa kebersamaan, semuanya ditata menghadap kearah yg sama. Dimana-mana ditempat ibadah berbagai kepercayaan, jemaahnya kudu menghadap ke tempat yg sama. Tujuannya biar ibadahnya lebih fokus. Kecuali kalo sedang kutbah, yang ngasih kutbah menghadap jemaah.

Setahu gw, pd prinsipnya orang muslim nggak mempermasalahkan kemana harusnya solat menghadap, yang penting melakukan kebaikan.

6:79. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.

2:177. Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.

2:148. Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.


Cuman, sekali lagi utk khusyu’nya solat, umat muslim diminta menghadap ke arah yg sama. Kearah mana ? Nah dlm rangka menghormati tempat ibadah pertama yg pernah dibangun oleh spesies homo sapien, maka kesitulah arah salatnya umat muslim.

3:96. Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.

Kalau nonton The Real Eve (Discovery Channel) dan ngikutin penelusuran DNA mitokondria manusia, maka manusia-manusia pertama homo sapien itu hidup di Afrika utara deket-deket ke Timur Tengah, sebelum menyebar ke seluruh penjuru bumi, termasuk menjadi kita-kita ini.

Gw bisa nerima kalo ada klaim didaerah sekitar situlah pertama kali dibangun rumah ibadah umat manusia. Tp gw gak mau berdebat apakah betul ditempat kabah itu dulu berdiri bangunan ibadah pertama homo sapien. Krn bagi gw arah menghadap Tuhan Pencipta alam bisa kemana saja.


Next gen next faith
Peace all

Jadinya GenX ini aliran :Agnostic ato Pantheism ya?
Dr tulisan2 anda, anda lebih cocok ke Pantheism. Einstein dan Hawking juga pantheism tuh
User avatar
moe
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 618
Joined: Sat Mar 18, 2006 12:46 pm

Postby gen x » Sat Sep 09, 2006 9:11 pm

dreamtheater wrote: 1. Telah ditemukan ajaran islam terbaru, bebas arah sholat!


Sorry kalo tulisan gw jadi mis-interpretasi.


Kesimpulan gw:

1.Untuk keseragaman arah solat, umat muslim diperintahkan menghadap Kabah. Kabah dipilih dg alasan disitulah umat manusia pertama kali membangun tempat ibadah

2.Bagi umat muslim, kemana ia diperintahkan menghadap, bukanlah masalah dan akan dipatuhi. Karena pada hakekatnya kemanapun ia menghadap maka ia sedang menghadap Tuhan Pencipta alam semesta.

3.Bagi umat muslim, ada yg jauh lebih penting dari sekedar arah kiblat, yaitu melakukan berbagai kebaikan

4.Umat muslim mengakui bahwa tiap umat mempunyai kiblat masing-masing. Perbedaan kiblat tak perlu dipermasalahkan, tetapi tetap saling berlomba untuk lebih banyak melakukan kebaikan.

5.Waktu sedang sendirian, gw punya privasi utk berkomunikasi dg Tuhan Pencipta alam, kemanapun saat itu gw sedang menghadap.


Tks anyway,
gen x
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 27
Joined: Wed Sep 06, 2006 11:02 am
Location: tokyo

Postby dreamtheater » Mon Sep 11, 2006 11:57 pm

gen x wrote:
dreamtheater wrote: 1. Telah ditemukan ajaran islam terbaru, bebas arah sholat!


Sorry kalo tulisan gw jadi mis-interpretasi.


Kesimpulan gw:

1.Untuk keseragaman arah solat, umat muslim diperintahkan menghadap Kabah. Kabah dipilih dg alasan disitulah umat manusia pertama kali membangun tempat ibadah

2.Bagi umat muslim, kemana ia diperintahkan menghadap, bukanlah masalah dan akan dipatuhi. Karena pada hakekatnya kemanapun ia menghadap maka ia sedang menghadap Tuhan Pencipta alam semesta.

3.Bagi umat muslim, ada yg jauh lebih penting dari sekedar arah kiblat, yaitu melakukan berbagai kebaikan

4.Umat muslim mengakui bahwa tiap umat mempunyai kiblat masing-masing. Perbedaan kiblat tak perlu dipermasalahkan, tetapi tetap saling berlomba untuk lebih banyak melakukan kebaikan.

5.Waktu sedang sendirian, gw punya privasi utk berkomunikasi dg Tuhan Pencipta alam, kemanapun saat itu gw sedang menghadap.


Tks anyway,


Jawaban kamu terlalu panjang.

Untuk memudahkan, tolong jawab: Demi Allah, kamu sholat menghadap mana selama ini?
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby moe » Tue Sep 12, 2006 10:28 am

dreamtheater wrote:Jawaban kamu terlalu panjang.

Untuk memudahkan, tolong jawab: Demi Allah, kamu sholat menghadap mana selama ini?

:lol: :lol: :lol:
Lha gimana o sholat, GenX itu kayaknya dari kalangan Pantheism kog DT
User avatar
moe
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 618
Joined: Sat Mar 18, 2006 12:46 pm

Postby gen x » Tue Sep 12, 2006 10:50 am

Jawaban kamu terlalu panjang.

Untuk memudahkan, tolong jawab: Demi Allah, kamu sholat menghadap mana selama ini?


Menghadap Tuhan Pencipta Alam Semesta
gen x
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 27
Joined: Wed Sep 06, 2006 11:02 am
Location: tokyo

Postby jo_successman » Tue Sep 12, 2006 9:36 pm

Sashimi wrote:gimana seeh ini sembah dalam artiannya gimana?, kalo gue liat orang sujud ngadep ke kotak item, sembah apa bukan yaa......


:lol: :lol: :lol:
umat muslim yg disembah cuma satu, yaitu Allah bukan ka'bah
ka'bah cuma petunjuk arah saja n bukan untuk disembah.
User avatar
jo_successman
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 32
Joined: Thu May 11, 2006 9:48 am

Postby dreamtheater » Tue Sep 12, 2006 11:04 pm

moe wrote:
dreamtheater wrote:Jawaban kamu terlalu panjang.

Untuk memudahkan, tolong jawab: Demi Allah, kamu sholat menghadap mana selama ini?

:lol: :lol: :lol:
Lha gimana o sholat, GenX itu kayaknya dari kalangan Pantheism kog DT


Oooo begitu? maksudnya genx rada2 mirip siti jenar gitu?
emang top bangat ffi, lengkap membernya dari segala ajaran!
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby dreamtheater » Tue Sep 12, 2006 11:07 pm

gen x wrote:
Jawaban kamu terlalu panjang.

Untuk memudahkan, tolong jawab: Demi Allah, kamu sholat menghadap mana selama ini?


Menghadap Tuhan Pencipta Alam Semesta


sip deh, thx untuk jawabannya, dan gw yakin demi aulo km tidak lagi sholat mengarah kekabah, karena kamu sudah tahu kalo muhammad telah gagal total memahami kalo bumi itu bulat!

jadi kalo dimasjid, mushola, atau dihotel yg ada tanda panah sholat, gw yakin km sudah tidak memperhatikan lagi arah kiblat, karena sama saja kemanapun arahnya tetap aja kelangit!

sukses untuk pembaharuan islam yang kamu berikan. Salam siti jenar!
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby moe » Wed Sep 13, 2006 10:11 am

jo_successman wrote: :lol: :lol: :lol:
umat muslim yg disembah cuma satu, yaitu Allah bukan ka'bah
ka'bah cuma petunjuk arah saja n bukan untuk disembah.

Lah klo kabah nya di buang alias kagak ada, apa muslim ndak tambah keblinger, kehilangan arah ;)
User avatar
moe
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 618
Joined: Sat Mar 18, 2006 12:46 pm

Postby gen x » Wed Sep 13, 2006 10:19 am

dreamtheater wrote:
jadi kalo dimasjid, mushola, atau dihotel yg ada tanda panah sholat, gw yakin km sudah tidak memperhatikan lagi arah kiblat, karena sama saja kemanapun arahnya tetap aja kelangit![/quote]
gen x wrote:

1.Untuk keseragaman arah solat, umat muslim diperintahkan menghadap Kabah. Kabah dipilih dg alasan disitulah umat manusia pertama kali membangun tempat ibadah
2.Bagi umat muslim, kemana ia diperintahkan menghadap, bukanlah masalah dan akan dipatuhi. Karena pada hakekatnya kemanapun ia menghadap maka ia sedang menghadap Tuhan Pencipta alam semesta.[quote]


6:79. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.


Kalau DT menghadap mana ?
gen x
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 27
Joined: Wed Sep 06, 2006 11:02 am
Location: tokyo

Postby dreamtheater » Wed Sep 13, 2006 10:42 pm

dreamtheater wrote:jadi kalo dimasjid, mushola, atau dihotel yg ada tanda panah sholat, gw yakin km sudah tidak memperhatikan lagi arah kiblat, karena sama saja kemanapun arahnya tetap aja kelangit!


gen x wrote:1.Untuk keseragaman arah solat, umat muslim diperintahkan menghadap Kabah. Kabah dipilih dg alasan disitulah umat manusia pertama kali membangun tempat ibadah



Hola Gen x, seneng deh bisa berdebat dengan kamu, santun dan mengikuti alur perdebatan. Nampak sekali kedua belah pihak saling membaca postingan masing2, ga seperti kebanyakan muslim disini yang cuma asal mosting. Siapa tuch?

Bukan kabah tempat pertama kali manusia membangun tempat ibadah. Tentunya ini versi islam dan versi kamu, lain versi Kristen, Judaisme, agama tua hindu, budha etc.

Kalau kamu bilang keseragaman, maka jawabannya tetap tidak seragam! Umat muslim secara geografis tetap tidak sama arah sholatnya, umat muslim indo ga sama arahnya dengan umat muslim afrika selatan. Inti sebenarnya adalah Muhammad tidak tahu kalau bumi itu bulat! Gitu lho gen x, gitu aja kog repot! Padahal kamu kelihatannya scientist banget (blackhole) :lol: , nanti tak munculkan postingan moe dan selamat merenung.


gen x wrote:2.Bagi umat muslim, kemana ia diperintahkan menghadap, bukanlah masalah dan akan dipatuhi. Karena pada hakekatnya kemanapun ia menghadap maka ia sedang menghadap Tuhan Pencipta alam semesta.


Bukan bagi muslim, tapi bagi kamu. Karena semua muslim yang gw temui pasti kudu sholat mengikuti arah kiblat. Gw udah cukup gaul kog untuk tahu dimana2 muslim sholat mengarah kekabah. Masalah ternyata itu tidak seragam karena bumi itu bulat. Kwowkwowkwowkwo…



gen x wrote:6:79. Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan cenderung kepada agama yang benar, dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.


Dari ayat kamu diatas jelas bukan menjelaskan esensi yang sesungguhnya. Ayat diatas tidak menyebutkan menghadapkan diri dalam arti sholat atau sembahyang. Menghadap diatas bisa dipersepsikan dengan banyak hal. Menghadap yg seperti apa? Dalam keadaan apa?

Lebih baik memberikan ayat yang straight to the point.


Sungguh Kami melihat mukamu menengadah ke langit , maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Al Kitab memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.(QS.Al-Baqarah : 144)


Dan dari mana saja kamu keluar , maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram, sesungguhnya ketentuan itu benar-benar sesuatu yang hak dari Tuhanmu. Dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan. .(QS.Al-Baqarah : 149)


Dan dari mana saja kamu , maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka. Maka janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku . Dan agar Ku-sempurnakan ni'mat-Ku atasmu, dan supaya kamu mendapat petunjuk.(QS.Al-Baqarah : 150)


gen x wrote:Kalau DT menghadap mana ?



Pertanyaan yang bagus... Yang pasti daku menghadapnya ga tentu, tergantung posisi badan, kalo lagi tiduran menghadapnya keeternit! Kalo lagi duduk kadang menghadap ke bawah (dasar bumi kali), kalo lagi doa tengadah ngadapnya keatas.
Gw ga pusssingg mau menghadap kemana, yang penting gw tahu doa gw dijawab Tuhan. Ga seperti muslim yang diperintahkan Muhammad untuk mengarah kemakkah/ kabah. Maklum Muhammad ga tahu bumi itu bulat! Bagi muslim apapun perintah Muhammad, musti kudu dipatuhi, daripada azab aulo subahanawataolo dihibahkan kepadamu? Sementara aulo sendiri adalah tokoh rekaan Muhammad buat nakut2in muslim! kwokwowkwokwo

Oke gen x. Tuhanku memberkati mu!
User avatar
dreamtheater
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Next

Return to Ttg Kelima RUKUN Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users