. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

kehidupan setelah mati

Re: kehidupan setelah mati

Postby ndramus » Sun Feb 13, 2011 8:23 am

begundalsarap wrote:maaf nih agan2 semuanya yang ada di jagad raya...
Saya penghuni baru nih, pengen tau tentang kehidupan setelah mati itu gimana?,
mungkin kalau dalam islam sebelum masuk surga dan neraka, manusia harus melewati berbagai alam dulu!!!


Sekarang gimana kalau menurut agan2 sekalian?,


baca ini gan :

pengalaman-mati-suri-t15719/page140.html

menurut islam kalo sudah mati harus ikutin ujian nasional dulu, perlu di tes dl.
tapi klo melewati berbagai alam, sy kurang tahu

kalo menurut ane siy simple gan,,,,,,,ane belum mati jadi kagak tau,,,,,sori ya ! :yawinkle:
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby bocor » Sun Feb 13, 2011 10:04 am

User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: kehidupan setelah mati

Postby bocor » Sun Feb 13, 2011 12:54 pm

saya percaya kepada Allah dan Muhammad, sehingga saya pun percaya terhadap apa yang dikatakan atau di ajarkan.
secara logika, saya yakin ada sesuatu di balik kematian, seperti pertanggung jawaban atas kehidupan yang dijalani selama hidup didunia. terasa aneh bila kita hidup kemudian mati. cuma itu saja.
untungnya ada informasi yang saya terima dari agama saya. tinggal mempersiapkannya. saya gak punya landasan kuat bila hanya menggunakan otak/akal bila mendiskusikan kematian.
bagaimana dengan anda?


salam
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: kehidupan setelah mati

Postby duren » Sun Feb 13, 2011 1:09 pm

bocor wrote:saya percaya kepada Allah dan Muhammad, sehingga saya pun percaya terhadap apa yang dikatakan atau di ajarkan.

Aneh .. ente kok ga percaya sama IBLIS dan duren aja cor .
Elo ga akan disuruh mbunuh muslim / kapir deh
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11050
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby bocor » Sun Feb 13, 2011 1:21 pm

Aneh .. ente kok ga percaya sama IBLIS dan duren aja cor .
Elo ga akan disuruh mbunuh muslim / kapir deh


ane percaya akan keberadaan Iblis dan ente. ente takut gak dengan kematian?
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: kehidupan setelah mati

Postby duren » Sun Feb 13, 2011 1:48 pm

bocor wrote: ente takut gak dengan kematian?

Kalaupun ane takut akan kematian ... lah apa lantas saya ga boleh nyembah Iblis ](*,) ](*,)

Elo yang nyembah awlloh aja WAJIB mendatangi tempat komandan ane yaitu neraka .
Mendingan ane nyembah Iblis aja corr .. para member dapet room yang full AC :lol:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11050
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby Momad Narsis » Sun Feb 13, 2011 2:28 pm

@begundal
kalau saya gak terlalu memusingkan hal tersebut semisal:
1.bagaimana proses mati
2.siapa yg akan menjemput
3.mati itu sakit apa tidak
dll
hal tersebut karena bagi saya tidak berguna..!!
bagi saya yg lebih berguna adalah sudahkah anda berbuat hal yg berguna bagi orang lain selama anda hidup? begunakah anda didunia ini? karena dlm keyakinan saya hidup dan mati ditangan Tuhan & Tuhan yg sy percayai dapat memberikan kepastian kepada saya kemanakah saya kelak setelah mati..jd tdk ada kekuatiran..GBU
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby Foxhound » Sun Feb 13, 2011 6:18 pm

begundalsarap wrote:saya sependapat dengan anda,tetapi setelah mati itu sendiri bagaimana?,apakah kalau manusia mati sudah selesai semuanya?,terus anda percaya kalau setelah mati tuhan anda memberikan kepastian, semisal ada orang yg selama hidupnya tidak pernah berbuat baik asal kepercayaanya seperti anda juga ikut di beri kepastian?,


Saya undang anda menyimak di thread-terbatas-muslim-mengkritisi-kristen-fox-musicman-t42567/

di situ ada apa yang saya percaya tentang manusia kalau sudah mati bagaimana, kalau belum jelas bisa PM saya.
User avatar
Foxhound
Translator
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Re: kehidupan setelah mati

Postby Akukomkamu » Sun Feb 13, 2011 7:01 pm

begundalsarap wrote:maaf nih agan2 semuanya yang ada di jagad raya...
Saya penghuni baru nih, pengen tau tentang kehidupan setelah mati itu gimana?,
mungkin kalau dalam islam sebelum masuk surga dan neraka, manusia harus melewati berbagai alam dulu!!!


Sekarang gimana kalau menurut agan2 sekalian?,


Kalo menurut saya begini , jalani saja hidup kamu dengan baik dan penuh cinta kasih pada kehidupan ini ... masalah surga dan neraka itu urusan Tuhan.

Tapi...

Kalo elo beragama islam , elo klo mati kan di pocongi ...aama saja artinya elo dijadikan setan oleh agama islam.hehehe... :lol: RUH km ga bisa balik menjadi MULIA spt asalnya , bingung gitu...nunggu Isa a.s datang.



Piss... :heart:
Akukomkamu
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: kehidupan setelah mati

Postby Momad Narsis » Sun Feb 13, 2011 11:49 pm

kalau Akukommau mah disambut ama 72 bidadari di surge..wkwkwk iya gak kom?? gw juga pengen nich mati disambut ama 72 bidadari..apakah anda tertarik mumpung pendaftaran masih dibuka hehe (canda mod : on ;
jgn marah ya kom canda doank buat intermezo si TS yg lagi bingung mikirin mati) hehe piss
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby Momad Narsis » Mon Feb 14, 2011 1:12 am

masuk islam..!!! tapi syaratnya ada bro..ente harus pancung pale kafir dulu baru ente disambut ama 72 bidadari..!! atau ente lilitkan bom kebadan ente trus ledakin diri ente pakai TNT..sampai dech loe disorge yg punya 72 bidadari..! mau? masih buka kok bro..! (jangan tiru adegan ini karena hanya untuk orang yg udah terlatih profesional) xixixixi
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby bocor » Mon Feb 14, 2011 8:14 am

begundalsarap wrote:
Makasih udah mau ngasih pemikiranya, soalnya memang saya mengetahui hal itu dalam ajaran islam?,

Di sini saya mau menanyakan kepada para pengikut2 ali sina, yah mungkin just for referensi saja?,saya salut dengan pendirian anda...

Tp dalam forum2 yang lain seperti membenarkan kalau islam itu adalah agama yang tidak seperti anda bayangkan?,setelah saya telaah ternyata memang ada benernya...

Kalau sepengetahuan saya orang yang sudah mati itu awalnya masuk ke alam kubur dan di sana orang tersebut di beri balasan yg setimpal sampai akhir jaman atas semua yg dia lakukan di dunia?,menurut saya hal ini tidak adil, soalnya orang yang lebih lama mati pastinya lebih lama jg dong di siksanya?,

Dalam ajaran Islam, setelah mati masuk kedalam alam kubur/barzah, disini ada azab dan nikmat kubur. Semua roh manusia setelah meninggal pindah ke alam ini menunggu hingga kiamat datang.
Setelah kiamat dan setelah semua manusia mati, kemudian dibangkitkan dan berkumpul di sebuah tempat yang sangat luas. Disini manusia diadili dengan seadil-adilnya, barulah disiksa masuk neraka kalau banyak dosa atau masuk sorga.


salam
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: kehidupan setelah mati

Postby Momad Narsis » Mon Feb 14, 2011 11:58 am

@bocoe
eh bro sy mau nanya nich..itukan anda katakan merasakan "nikmat kubur" maksudnya apa sich bro..? emang mayat masih bisa merasakan gitu didalam kuburanya..? gmn yg gentayangan bro..? gw pengen tau versi islam tentang roh gentayangan apa termasuk dlm istilah anda "nikmat kubur", kalau bisa pake referensi ya bro..? thank's
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby bocor » Tue Feb 15, 2011 10:22 am

Momad Narsis wrote:masuk islam..!!! tapi syaratnya ada bro..ente harus pancung pale kafir dulu baru ente disambut ama 72 bidadari..!! atau ente lilitkan bom kebadan ente trus ledakin diri ente pakai TNT..sampai dech loe disorge yg punya 72 bidadari..! mau? masih buka kok bro..! (jangan tiru adegan ini karena hanya untuk orang yg udah terlatih profesional) xixixixi


kalo cuma itu gampang bener masuk surga ya? :lol:
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: kehidupan setelah mati

Postby Momad Narsis » Tue Feb 15, 2011 12:47 pm

Bocor wrote:kalo cuma itu gampang bener masuk surga ya? :lol:


kan ada dalilnya bro....:

Dalil orang mati syahid

Orang-orang yang termasuk golongan yang meninggal dalam keadaan syahid telah dijelaskan dalam dalam Al-Quran dan hadis, adalah sebagai berikut:

“ “Dan jangan sekali-kali engkau menyangka orang-orang yang terbunuh (yang gugur syahid) pada jalan Allah itu mati, (mereka tidak mati) bahkan mereka adalah hidup (secara istimewa) di sisi Tuhan mereka dengan mendapat rezeki;

(Dan juga) mereka bersukacita dengan kurniaan Allah (balasan mati Syahid) yang telah dilimpahkan kepada mereka, dan mereka bergembira dengan berita baik mengenai (saudara-saudaranya) orang-orang (Islam yang sedang berjuang), yang masih tinggal di belakang, yang belum (mati dan belum) sampai kepada mereka, (iaitu) bahawa tidak ada kebimbangan (dari berlakunya kejadian yang tidak baik) terhadap mereka, dan mereka pula tidak akan berdukacita.

Mereka bergembira dengan balasan nikmat dari Allah dan limpah kurniaNya; dan (ingatlah), bahawa Allah tidak menghilangkan pahala orang-orang yang beriman. (Surah Ali ‘Imran:169-171) ”

Adapun hadis-hadis Rasulullah s.a.w yang berkenaan dengan masalah golongan yang meninggal dalam keadaan syahid banyak dijumpai diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang terbunuh kerana membela hartanya, maka ia syahid. Terbunuh kerana membela agamanya, maka ia syahid. Terbunuh kerana membela dirinya, ia syahid. Dan terbunuh kerana membela keluarganya, ia syahid.” (Hadis Riwayat Ahmad(1565), Tirmidzi(1341), An Nasa’I(4026), Abu Daud(4142)) ”

2. Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda:

“Apa menurut kalian tentang orang yang mati syahid?” Mereka menjawab: “Wahai Rasulullah, mati syahid adalah buat mereka yang dibunuh fisabilillah.” Rasulullah bersabda: “Jika demikian saja, maka syuhada umatku sedikit.” Mereka bertanya: “Lalu, siapa mereka Ya Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Barangsiapa dibunuh dijalan Allah itulah Syahid, dan barangsiapa mati fisabilillah itulah syahid, yang mati kerana thaun (sejenis penyakit lepra) maka dia syahid, dan siapa yang mati kerana sakit perut dia syahid.” (Hadis Riwayat Muslim(3539)) ”

Ganjaran mati syahid

Rasulullah bersabda:
“Bagi orang yang mati syahid ada 6 keistimewaan iaitu:

1. diampuni dosanya sejak mulai pertama darahnya meluncur keluar

2. melihat tempatnya didalam surga

3. dilindungi dari azab kubur

4. dan terjamin keamanannya dari malapetaka besar

5. merasakan kemanisan iman, dikahwinkan dengan bidadari,

6. dan diperkenankan memeberikan syafa’at bagi 70 orang kerabatnya”

(Hadis Riwayat at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
مَنْ طَلَبَ الشَّهَادَةَ صَادِقًا أُعْطِيَهَا
وَلَوْ لَمْ تُصِبْهُ

(MUSLIM - 3531) : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa memohon syahadah (mati dalam keadaan syahid) dengan sungguh-sungguh, maka sungguh ia akan diberi pahala seperti pahala mati syahid meskipun ia tidak mati syahid."

Apa sebenarnya yang menyebabkan seorang mukmin merindukan mati syahid? Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam menyatakan bahwa satu-satunya kelompok manusia yang setelah menemui ajalnya berharap dapat dihidupkan kembali ke dunia hanyalah orang yang mati syahid. Sedemikian mulianya kematian jenis ini.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو حَدَّثَنَا
أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ حُمَيْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ مَا مِنْ عَبْدٍ يَمُوتُ لَهُ
عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ يَسُرُّهُ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا وَأَنَّ لَهُ الدُّنْيَا
وَمَا فِيهَا إِلَّا الشَّهِيدَ لِمَا يَرَى مِنْ فَضْلِ الشَّهَادَةِ
فَإِنَّهُ يَسُرُّهُ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا فَيُقْتَلَ مَرَّةً أُخْرَى

(BUKHARI - 2586) : Telah bercerita kepada kami 'Abdullah bin Muhammad telah bercerita kepada kami Mu'awiyah bin 'Amru telah bercerita kepada kami Abu Ishaq dari Humaid berkata aku mendengar Anas bin Malik radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak ada seorang hamba pun yang meninggal dunia, di mana di sisi Allah dia mendapatkan balasan, yang lebih baik sehingga membuatnya berhasrat untuk kembali lagi ke dunia dan sungguh dia mendapatkan dunia beserta isinya kecuali orang yang mati syahid karena dia melihat keutamaan mati syahid. Sungguh dia menginginkan dapat kembali ke dunia kemudian dia (berperang) dan mati syahid sekali lagi."




:-" :-$ :toimonster: :green:
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby bocor » Wed Feb 16, 2011 3:57 pm

Momad Narsis wrote:@bocoe
eh bro sy mau nanya nich..itukan anda katakan merasakan "nikmat kubur" maksudnya apa sich bro..? emang mayat masih bisa merasakan gitu didalam kuburanya..? gmn yg gentayangan bro..? gw pengen tau versi islam tentang roh gentayangan apa termasuk dlm istilah anda "nikmat kubur", kalau bisa pake referensi ya bro..? thank's


nikmat kubur tu ada di alam barzah/alam kubur. yang merasakan bukanlah mayat. namun roh. nikmatnya dia mendapatkan ketenangan dan diperlihatkan tempatnya disurga kelak. betapa bahagianya dia, namun dia harus menunggu sampai kiamat.

“Apabila salah seorang di antara kamu mati, akan ditunjukkan kepada-Nya setiap pagi dan petang tempat tinggalnya. Bila ia penghuni syurga, akan ditunjukkan kepada-Nya kenikmatan syurga, dan bila ia penghuni neraka, akan ditunjukkan kepada-Nya keazaban neraka. Lalu dikatakan kepada mereka : “itulah tempat tinggalmu, sampailah Allah membangkitkanmu pada hari kiamat.” (Hadis riwayat Muslim)

bagi saya tidak ada roh gentayangan, itu hanyalah jin yang suka menyesatkan manusia. Setiap lahir 1 manusia diikuti oleh munculnya 1 jin yang akan menggoda manusia tersebut selama hidup.

Dalil-dalil dari Al-Quran :

" Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) di dalam
tekanan-tekanan sakratulmaut , sedang para malaikat memukul dengan tangannya (sambil berkata) :
" Keluarkanlah nyawamu ". Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan ,
kerana kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (kerana) kamu
selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya ". ( Al-An’aam / 6 : 93 )


Ungkapan “ Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan “ mengandung makna
azab ketika akan mati atau azab di dalam kubur sebab jika yang dimaksudkan azab di sini setelah
hancurnya dunia (kiamat) maka tidak tepat istilah “ Di hari ini kamu dibalas “ digunakan di sini.

" Maka Allah memeliharanya dari kejahatan tipu daya mereka , dan Fir'aun beserta kaumnya dikepung
oleh azab yang amat buruk. Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang , dan pada
hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat) : " Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam
azab yang amat keras ". ( Al-Mukmin / 40 : 45 -46 )

dengan dalil tersebut, maka tidak ada waktu untuk roh bergentayangan. disamping hal yang tidak mungkin adalah roh melewati pembatas antara alam hayat/dunia dan alam barzah.



salam
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: kehidupan setelah mati

Postby bocor » Wed Feb 16, 2011 7:04 pm

Momad Narsis wrote:kan ada dalilnya bro....:

Dalil orang mati syahid

Orang-orang yang termasuk golongan yang meninggal dalam keadaan syahid telah dijelaskan dalam dalam Al-Quran dan hadis, adalah sebagai berikut:

“ “Dan jangan sekali-kali engkau menyangka orang-orang yang terbunuh (yang gugur syahid) pada jalan Allah itu mati, (mereka tidak mati) bahkan mereka adalah hidup (secara istimewa) di sisi Tuhan mereka dengan mendapat rezeki;

(Dan juga) mereka bersukacita dengan kurniaan Allah (balasan mati Syahid) yang telah dilimpahkan kepada mereka, dan mereka bergembira dengan berita baik mengenai (saudara-saudaranya) orang-orang (Islam yang sedang berjuang), yang masih tinggal di belakang, yang belum (mati dan belum) sampai kepada mereka, (iaitu) bahawa tidak ada kebimbangan (dari berlakunya kejadian yang tidak baik) terhadap mereka, dan mereka pula tidak akan berdukacita.

Mereka bergembira dengan balasan nikmat dari Allah dan limpah kurniaNya; dan (ingatlah), bahawa Allah tidak menghilangkan pahala orang-orang yang beriman. (Surah Ali ‘Imran:169-171) ”

Adapun hadis-hadis Rasulullah s.a.w yang berkenaan dengan masalah golongan yang meninggal dalam keadaan syahid banyak dijumpai diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang terbunuh kerana membela hartanya, maka ia syahid. Terbunuh kerana membela agamanya, maka ia syahid. Terbunuh kerana membela dirinya, ia syahid. Dan terbunuh kerana membela keluarganya, ia syahid.” (Hadis Riwayat Ahmad(1565), Tirmidzi(1341), An Nasa’I(4026), Abu Daud(4142)) ”

2. Dari Abu Hurairah r.a. Rasulullah bersabda:

“Apa menurut kalian tentang orang yang mati syahid?” Mereka menjawab: “Wahai Rasulullah, mati syahid adalah buat mereka yang dibunuh fisabilillah.” Rasulullah bersabda: “Jika demikian saja, maka syuhada umatku sedikit.” Mereka bertanya: “Lalu, siapa mereka Ya Rasulullah?” Rasulullah menjawab: “Barangsiapa dibunuh dijalan Allah itulah Syahid, dan barangsiapa mati fisabilillah itulah syahid, yang mati kerana thaun (sejenis penyakit lepra) maka dia syahid, dan siapa yang mati kerana sakit perut dia syahid.” (Hadis Riwayat Muslim(3539)) ”

Ganjaran mati syahid

Rasulullah bersabda:
“Bagi orang yang mati syahid ada 6 keistimewaan iaitu:

1. diampuni dosanya sejak mulai pertama darahnya meluncur keluar

2. melihat tempatnya didalam surga

3. dilindungi dari azab kubur

4. dan terjamin keamanannya dari malapetaka besar

5. merasakan kemanisan iman, dikahwinkan dengan bidadari,

6. dan diperkenankan memeberikan syafa’at bagi 70 orang kerabatnya”

(Hadis Riwayat at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ
مَنْ طَلَبَ الشَّهَادَةَ صَادِقًا أُعْطِيَهَا
وَلَوْ لَمْ تُصِبْهُ

(MUSLIM - 3531) : Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa memohon syahadah (mati dalam keadaan syahid) dengan sungguh-sungguh, maka sungguh ia akan diberi pahala seperti pahala mati syahid meskipun ia tidak mati syahid."

Apa sebenarnya yang menyebabkan seorang mukmin merindukan mati syahid? Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam menyatakan bahwa satu-satunya kelompok manusia yang setelah menemui ajalnya berharap dapat dihidupkan kembali ke dunia hanyalah orang yang mati syahid. Sedemikian mulianya kematian jenis ini.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا مُعَاوِيَةُ بْنُ عَمْرٍو حَدَّثَنَا
أَبُو إِسْحَاقَ عَنْ حُمَيْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ مَا مِنْ عَبْدٍ يَمُوتُ لَهُ
عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ يَسُرُّهُ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا وَأَنَّ لَهُ الدُّنْيَا
وَمَا فِيهَا إِلَّا الشَّهِيدَ لِمَا يَرَى مِنْ فَضْلِ الشَّهَادَةِ
فَإِنَّهُ يَسُرُّهُ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا فَيُقْتَلَ مَرَّةً أُخْرَى

(BUKHARI - 2586) : Telah bercerita kepada kami 'Abdullah bin Muhammad telah bercerita kepada kami Mu'awiyah bin 'Amru telah bercerita kepada kami Abu Ishaq dari Humaid berkata aku mendengar Anas bin Malik radliallahu 'anhu dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak ada seorang hamba pun yang meninggal dunia, di mana di sisi Allah dia mendapatkan balasan, yang lebih baik sehingga membuatnya berhasrat untuk kembali lagi ke dunia dan sungguh dia mendapatkan dunia beserta isinya kecuali orang yang mati syahid karena dia melihat keutamaan mati syahid. Sungguh dia menginginkan dapat kembali ke dunia kemudian dia (berperang) dan mati syahid sekali lagi."




Dalilnya gak ada yang salah bro, namun mesti diingat bahwa perang yang dilakukan adalah perang agama, sekarang ini untuk mendapatkan masti syahid dalam peperangan mungkin hanya di Palestina. dulu ada juga di afganistan, sekarang tidak lagi.

Dosa-dosa yang diampuni adalah dosa-dosa kepada Allah, sedangkan dosa kepada manusia berhubungan dengan manusia. Di akhirat, kalau si syahid pernah menzalimi seseorang dan belum dimaafkan maka kemungkinan dia akan membayar dengan kebaikan/pahalanya. kalau banyak maka banyak juga yang harus di bayar, kalau sudah gak bisa membayar dengan kebaikan karena sudah habis, maka dosa orang yang dizalimi diberikan kepada si syahid.

Hutangpun demikian, tidak bisa hilang walaupun mati syahid, dia tetap berurusan dengan hutang bila sewaktu hidup belum lunas.

kalau di indo, mati syahidnya dalam perang agama sulit ditemui karena syarat tidak terpenuhi.
Mati syahid yang benar bisa kita buktikan dari mayatnya. seorang mati syahid tubuhnya tidak hancur walau telah dikubur berpuluh2 tahun, salah satu bukti dia meninggal dalam syahid yang benar.


salam
Last edited by bocor on Thu Feb 17, 2011 8:31 am, edited 1 time in total.
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: kehidupan setelah mati

Postby Momad Narsis » Wed Feb 16, 2011 10:41 pm

@bocor
o..begitu ya bro..berarti dpt disimpulkan al-qaida dan jongos2nya masuk neraka..! hehe
klw sy secara pribadi tdk trlalu memperdebatkan tentang doktrin agama tertentu yg berhubungan dgn kematian..semua mempunyai versi..dlm keyakinan sy pun hantu gentayangan bukanlah roh org sudah meninggal melainkan hanya iblis yg menjelma menjadi si mati..sebab ada 2 oknum yg berada disisi kita waktu hidup yakni malaikat Tuhan dan Iblis atau setan..nah setelah manusia mati iblis inilah yg menjelma jadi si mati..!
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: kehidupan setelah mati

Postby bocor » Thu Feb 17, 2011 8:42 am

Momad Narsis wrote:@bocor
o..begitu ya bro..berarti dpt disimpulkan al-qaida dan jongos2nya masuk neraka..! hehe
klw sy secara pribadi tdk trlalu memperdebatkan tentang doktrin agama tertentu yg berhubungan dgn kematian..semua mempunyai versi..dlm keyakinan sy pun hantu gentayangan bukanlah roh org sudah meninggal melainkan hanya iblis yg menjelma menjadi si mati..sebab ada 2 oknum yg berada disisi kita waktu hidup yakni malaikat Tuhan dan Iblis atau setan..nah setelah manusia mati iblis inilah yg menjelma jadi si mati..!


Soal perilaku mereka, kelak di hari kiamat mereka akan diadili satu per satu, dan mereka akan ditanya perbuatan mereka, saat itu mulut tidak bisa menjawab lagi seperti waktu kita di dunia. yang menjawab adalah anggota badan kita sendiri. mata akan ditanya, sering digunakan buat apa sekwatu didunia? maka mata akan menjawab apa adanya. Begitu juga anggota tubuh yang lain, sehingga kita tidak bisa menyangkal perbuatan kita.Disamping itu akan diperlihatkan pula peristiwa yang kita alami dari mulai lahir hingga meninggal, semuanya menjadi bukti perbuatan-perbuatan kita.

Urusan mereka masuk neraka atau surga biarlah Tuhan mereka yang akan menentukannya.

perlu anda ketahui bahwa dalam ajaran Islam setiap kelahiran manusia diikuti oleh 1 jin yang akan selalu menemaninya selama hidup, boleh jadi bentuk jin ini serupa dengan manusia yang lahir, sehingga bila dia menampakkan diri kepada manusia, manusia mengganggapnya mereka yang telah mati muncul lagi/gentayangan.


salam
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu


Return to Lain-Lain



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users