. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

KEAJAIBAN AL QURAN

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby imxris » Wed Oct 14, 2009 10:24 am

array wrote:INFORMASI MENGENAI PERISTIWA MASA DEPAN DALAM AL QUR'AN.
Setiap bahasa itu tidak bisa diterjemahkan begitu saja, artinya akan menimbulkan banyak makna...sehingga kitab Al Quran boleh diterjemahkan tapi aslinya harus tetap ada. Ini kitab, bukan buku yang boleh secara sembarangan diterjemahkan tanpa ada naskah aslinya.
Saya hanya menyampaikan firman Allah s.w.t percaya silahkan, tidak juga tidak ada paksaan dalam beragama.


Nah kan, lo bilang Al Quran tidak bisa diterjemahkan begitu saja akan menimbulkan banyak makna...
Trus lo percaya tuh soal Kemenangan Bizantium adalah hasil terjemahan yang benar? bukankah bisa menimbulkan banyak makna...
Nah trus siapa dong yang bisa dipercaya menterjemahkannya? Yang dijamin 100% asli bisa dipertanggungjawabkan...

Bedanya disini nih...Kalau mengandalkan otak manusia, berpikir secara manusia...itu terus yang didengungkan Quran: "....diberikan kepada mereka yang mau berpikir..."
Berarti banyak yang tersesat oleh Quran sebab tidak semua penterjemahnya bener...Gimana mau bilang ajaran Quran asli kalau yang tau naskah aslinya cuma 5-10% dari seluruh dunia???
Hehehe...kecil banget angkanya yah...

"Saya hanya menyampaikan firman Allah s.w.t"....firman Allah s.w.t hasil terjemahan yang mana yang lo percaya...bisa kasih referensi?
imxris
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 286
Joined: Mon Sep 28, 2009 12:26 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby array » Wed Oct 14, 2009 10:29 am

kutukupret wrote:Apa persamaan antara KAMBING dan AMOEBA ??? keduanya MAKHLUK HIDUP atau BUKAN ???
APA perbedaannya ??? Hayoooooo........................mana AMOEBA JANTAN dan BETINA ???

memangnya MATAHARI dan BULAN itu berkembang biak ???? apakah keduanya MAKHLUK HIDUP ????
memangnya SIANG dan MALAM itu berkembang biak ???? apakah keduanya MAKHLUK HIDUP ????

APA persamaan antara MATAHARI dan AMOEBA ???
APA persamaan antara MATAHARI dan KAMBING ???

APA perbedaan antara MATAHARI dan AMOEBA ???
APA perbedaan antara MATAHARI dan KAMBING ???[


Yang mengungkap fakta itu sudah mendapatkan hadiah nobel tuh, anda merasa lebih pintar? mirip banget niy dengankaumnya Nabi Musa a.s terutama Firaun yang merasa ter, padahal manusia penuh keterbatasan. Anda pikirkan saja, jangkauan tangan anda saja terbatas, kenapa merasa diri paling pintar? paling tidak merasa anda lebih pintar dari saya? hati2 sombong adalah sifat utama setan yang menyebabkan mereka terusir dari surga.

Meskipun gagasan tentang "pasangan" umumnya bermakna laki-laki dan perempuan, atau jantan dan betina, ungkapan "maupun dari apa yang tidak mereka ketahui" dalam ayat di atas memiliki cakupan yang lebih luas. Kini, cakupan makna lain dari ayat tersebut telah terungkap. Ilmuwan Inggris, Paul Dirac, yang menyatakan bahwa materi diciptakan secara berpasangan, dianugerahi Hadiah Nobel di bidang fisika pada tahun 1933. Penemuan ini, yang disebut "parité", menyatakan bahwa materi berpasangan dengan lawan jenisnya: anti-materi. Anti-materi memiliki sifat-sifat yang berlawanan dengan materi. Misalnya, berbeda dengan materi, elektron anti-materi bermuatan positif, dan protonnya bermuatan negatif.
array
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 77
Joined: Mon Oct 05, 2009 5:03 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby array » Wed Oct 14, 2009 10:34 am

imxris wrote:Nah kan, lo bilang Al Quran tidak bisa diterjemahkan begitu saja akan menimbulkan banyak makna...
Trus lo percaya tuh soal Kemenangan Bizantium adalah hasil terjemahan yang benar? bukankah bisa menimbulkan banyak makna...
Nah trus siapa dong yang bisa dipercaya menterjemahkannya? Yang dijamin 100% asli bisa dipertanggungjawabkan...



Saya kan bilang tidak bisa diterjemahkan sembarangan, seperti contoh kata berikut ini harus diteliti dulu baru tahu maksudnya, jadi boleh diterjemahkan asal tidak sembarangan. Apabila karena keterbatasan otak kita untuk memahami, maka wajib bertanya kepada yang lebih tahu.

"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam..." (Al Qur'an, 39:5)
Dalam Al Qur'an, kata-kata yang digunakan untuk menjelaskan tentang alam semesta sungguh sangat penting. Kata Arab yang diterjemahkan sebagai "menutupkan" dalam ayat di atas adalah "takwir". Dalam kamus bahasa Arab, misalnya, kata ini digunakan untuk menggambarkan pekerjaan membungkus atau menutup sesuatu di atas yang lain secara melingkar, sebagaimana surban dipakaikan pada kepala.

Keterangan yang disebut dalam ayat tersebut tentang siang dan malam yang saling menutup satu sama lain berisi keterangan yang tepat mengenai bentuk bumi. Pernyataan ini hanya benar jika bumi berbentuk bulat. Ini berarti bahwa dalam Al Qur'an, yang telah diturunkan di abad ke-7, telah diisyaratkan tentang bentuk planet bumi yang bulat.

Namun perlu diingat bahwa ilmu astronomi kala itu memahami bumi secara berbeda. Di masa itu, bumi diyakini berbentuk bidang datar, dan semua perhitungan serta penjelasan ilmiah didasarkan pada keyakinan ini. Sebaliknya, ayat-ayat Al Qur'an berisi informasi yang hanya mampu kita pahami dalam satu abad terakhir. Oleh karena Al Qur'an adalah firman Allah, maka tidak mengherankan jika kata-kata yang tepat digunakan dalam ayat-ayatnya ketika menjelaskan jagat raya.
array
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 77
Joined: Mon Oct 05, 2009 5:03 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby kutukupret » Wed Oct 14, 2009 11:03 am

kutukupret wrote:Apa persamaan antara KAMBING dan AMOEBA ??? keduanya MAKHLUK HIDUP atau BUKAN ???
APA perbedaannya ??? Hayoooooo........................mana AMOEBA JANTAN dan BETINA ???

memangnya MATAHARI dan BULAN itu berkembang biak ???? apakah keduanya MAKHLUK HIDUP ????
memangnya SIANG dan MALAM itu berkembang biak ???? apakah keduanya MAKHLUK HIDUP ????

APA persamaan antara MATAHARI dan AMOEBA ???
APA persamaan antara MATAHARI dan KAMBING ???

APA perbedaan antara MATAHARI dan AMOEBA ???
APA perbedaan antara MATAHARI dan KAMBING ???[
array wrote:
Yang mengungkap fakta itu sudah mendapatkan hadiah nobel tuh, anda merasa lebih pintar? mirip banget niy dengankaumnya Nabi Musa a.s terutama Firaun yang merasa ter, padahal manusia penuh keterbatasan. Anda pikirkan saja, jangkauan tangan anda saja terbatas, kenapa merasa diri paling pintar? paling tidak merasa anda lebih pintar dari saya? hati2 sombong adalah sifat utama setan yang menyebabkan mereka terusir dari surga.

Meskipun gagasan tentang "pasangan" umumnya bermakna laki-laki dan perempuan, atau jantan dan betina, ungkapan "maupun dari apa yang tidak mereka ketahui" dalam ayat di atas memiliki cakupan yang lebih luas. Kini, cakupan makna lain dari ayat tersebut telah terungkap. Ilmuwan Inggris, Paul Dirac, yang menyatakan bahwa materi diciptakan secara berpasangan, dianugerahi Hadiah Nobel di bidang fisika pada tahun 1933. Penemuan ini, yang disebut "parité", menyatakan bahwa materi berpasangan dengan lawan jenisnya: anti-materi. Anti-materi memiliki sifat-sifat yang berlawanan dengan materi. Misalnya, berbeda dengan materi, elektron anti-materi bermuatan positif, dan protonnya bermuatan negatif.


"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan SEMUANYA, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." (Al Qur'an, 36:36)

Well, kata auwloh swt menciptakan SEMUANYA memiliki PASANGAN. otomatis bukan HANYA MATERI saja bukan ? dan tidak termasuk Mahkluk HIDUP ?

Apakah ILMUWAN tsb menyatakan bahwa "MAKHLUK HIDUP" diciptakan secara berpasangan ? atau MATERI saja ? dan mendapat hadiah NOBEL ?

Adakah ILMUWAN itu mengatakan bahwa "AMOEBA diciptakan secara berpasangan" dan mendapat NOBEL PENGHARGAAN ?
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby imxris » Wed Oct 14, 2009 11:07 am

"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam..." (Al Qur'an, 39:5)


Sekali lagi pemahaman makna bisa saja berbeda disini...
Pemahaman saya tuh begini:

Disitu disebutkan yang di-takwir malam atas siang
juga siang atas malam
bukan "menutupkan malam atas bumi dan siang atas bumi"
apakah makna malam = bumi?
atau siang = bumi
bukannya malam itu = gelap (berisi bulan dan bintang)
dan siang itu = terang (berisi matahari)
bukankah ini bisa berarti :
matahari menutupi bumi dan bulan beserta bintang-bintang (menutupkan malam atas siang)
lalu bulan dan bintang menutupi matahari (menutupkan siang atas malam)???
atau dengan kata lain bumi hanya diam saja yang menutupkan malam dan siang...???
Kalau bumi diam saja berarti matahari lah yang berputar mengelilingi bumi....atau bisa saja, mataharinya cuma mondar-mandir dari tempat yang satu ke tempat yang lain (2 tempatnya matahari)

Dan dari ayat yang disodorkan sebelumnya mengenai berpasangan tidak lengkap apakah pasangan itu harus sepadan/sesuai atau tidak...atau ada ayat yang akan melengkapi bahwa pasangan itu harus sepadan atau sesuai???

Kemudian dari ayat yg menerangkan menurunkan besi...sepertinya besi dijadikan tanda kekuatan para rasul Allah dan tanda bahwa mereka memang menolong Allah juga para pengikut rasulnya dapat menggunakan besi sebagai lambang kekuatan...
Kamu tau kan besi...sampai dimana batas kekuatan besi...kalau sudah tumpul harus ditempa dan harus dibakar...dan bisa berkarat...jadi lambang kekuatan itu tidaklah menunjukkan ke-Hebatan- yang kekal...

Itu tafsiran menurut pemahaman gw...

Tetap saja Quran bisa dipandang dengan banyak persepsi dan tidak ada yang bisa mempertanggungjawabkannya...
So dimana letak keajaibannya jika pemahamannya saja sudah membuat orang bisa salah kaprah...

Firman Allah memang ajaib...tapi jika itu memang berasal dari Allah Yang benar-benar Allah
Kalau Firman Allah dijiplak lalu diputarbalikkan itulah kemampuan dari Penguasa Kejahatan, so pastilah bisa membingungkan...

Gak mungkin Allah yang sama tapi nabinya saling menyampaikan hal yang berbeda...Satu Allah dan Nabi-nabiNya pastilah menyampaikan hal yang sama...
Kalau Allah orang Kristen sama dengan Allah orang Islam, pastilah tidak ada 2 versi Yesus vs Isa, Maria vs Maryam, Anak Waris Ishak vs Anak waris Ismael,
Kalau disitu saja ada perbedaan , berarti salah satu Allahnya ada yang palsu...
Dan Allah yang palsu tidak mungkin menyampaikan Firman yang Ajaib, tetapi Firman yang Menyesatkan dan menghancurkan...

Sorry kalau ini malah jadi OOT...
jangan memaksakan suatu pemahaman yang katanya sudah dibuktikan tetapi masih terbantahkan....
imxris
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 286
Joined: Mon Sep 28, 2009 12:26 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby kutukupret » Wed Oct 14, 2009 11:19 am

"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam..." (Al Qur'an, 39:5)


Katanya Quran adalah KITAB LANGIT seharusnya LENGKAP. TAPI........koq tidak membahas masalah GERHANA ??
Sampai Nabi pengecut inipun tidak dibekali ilmu TATA SURYA bagian GERHANA oleh Auwloh swt ?? dari HADIST SHOHIH Lho. :green:

Sahih Bukhari Volume 2, Book 18. Eclipses. Hadith 167

Diriwayatkan oleh Abu Musa : Saat terjadilah gerhana matahari, Nabi terbangun, Ia ketakutan karena pikirnya itu mungkin adalah SAAT-nya (Hari penghakiman). Pergilah Nabi ke Masjid dan berdoa dengan menggunakan Qiyam yang terpanjang, sedemikian membungkuk dan bersujud dalam cara yang tidak pernah aku lihat sebelumnya. Lalu berkatalah Nabi,”Tanda-tanda yang Allah kirim ini tidak terjadi karena kehidupan atau kematian seseorang, tetapi Allah membuat pengikut-Nya takut karena tanda-tanda itu. Maka apabila kamu melihat kejadian yang seperti ini, ingatlah akan Allah, mintalah pertolongan dan pengampunan-Nya.”


Mungkin Auwloh swt lupa bahwa ada "MALAM" SESAAT PADA SIANG HARI pada Waktu GERHANA.
Apa GERHANA itu disebut "Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam..."
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby array » Wed Oct 14, 2009 11:24 am

imxris wrote:
Sekali lagi pemahaman makna bisa saja berbeda disini...
Pemahaman saya tuh begini:

Itu tafsiran menurut pemahaman gw...



Baca tafsir aja kalau sulit memahami, jelas2 orang beriman lebih percaya dengan Imam Syafii, Imam Al Ghazali, atau orang2 saleh lain ketimbang tafsiran ente.
array
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 77
Joined: Mon Oct 05, 2009 5:03 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby kutukupret » Wed Oct 14, 2009 11:29 am

array wrote:Baca tafsir aja kalau sulit memahami, jelas2 orang beriman lebih percaya dengan Imam Syafii, Imam Al Ghazali, atau orang2 saleh lain ketimbang tafsiran ente.


Apa mereka itu NABI ? :green:
Toh mereka sama dgn Anda ???

mungkin bisa di perjelas dgn "kenapa wahyu tuhan sulit dipahami BANGSA MANUSIA ???"
Lantas untuk SIAPA... wahyu tuhan itu di turunkan ?? Apa hanya untuk Kalangan ELITE Agama tersebut ??? atau BANGSA JINN ?

"JIKA wahyu tuhan sulit dipahami BANGSA MANUSIA ???" ....... buat apa di turunkan auwloh swt jika tidak dapat dipahami MANUSIA karena SULIT ???
Bukankah KATANYA Lho.......Quran itu untuk seluruh umat manusia ?? atau Quran itu HANYA untuk Imam Syafii, Imam Al Ghazali saja ???
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby imxris » Wed Oct 14, 2009 11:33 am

[/quote]

Baca tafsir aja kalau sulit memahami, jelas2 orang beriman lebih percaya dengan Imam Syafii, Imam Al Ghazali, atau orang2 saleh lain ketimbang tafsiran ente.[/quote]

Yayaya...menurut gw Imam Syafi, mam Al Ghazali dan orang2 saleh itu semua gak lebih pinter dari Musa...yang menuls Kitab Kejadian(mengisahkan penciptaan) dan bisa dijelaskan oleh para ahli dan tidak terbantahkan, juga gak lebih pinter dari para Rasul Kristus...Buat apa gw yakin sama tafsiran mereka? wong mereka juga belum tentu bsa menjamin tafsiran mereka bener dan bisa dipercaya sama gw.....
coba deh tafsiran gw lo bayangkan pake akal elo...
Kira2 bisa juga kan ditafsirnya gitu....sah-sah aja...wong gw juga termasuk manusia yang berpikir...bukan monyet...sama dengan para imam yang lo sebutin itu...

Yang gw tangkep disatu sisi Quran bilang begini disisi lain Quran bilang begitu...trus semua imam yang lo sebutin bisa aja dengan daya khayal yang tinggi merumuskan semuanya seenak mereka...tapi sampai har gini pun masih bisa terbantahkan...Ya toh?

Don't worry , gw emang masih awam dan *****...tapi tetep aja buat gw tafsiran gw ya kayak gitu, so what?
imxris
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 286
Joined: Mon Sep 28, 2009 12:26 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby array » Wed Oct 14, 2009 11:38 am

kutukupret wrote:
Apa mereka itu NABI ? :green:
Toh mereka sama dgn Anda ???

mungkin bisa di perjelas dgn "kenapa wahyu tuhan sulit dipahami BANGSA MANUSIA ???"
Lantas untuk SIAPA... wahyu tuhan itu di turunkan ?? Apa hanya untuk Kalangan ELITE Agama tersebut ??? atau BANGSA JINN ?

"JIKA wahyu tuhan sulit dipahami BANGSA MANUSIA ???" ....... buat apa di turunkan auwloh swt jika tidak dapat dipahami MANUSIA karena SULIT ???
Bukankah KATANYA Lho.......Quran itu untuk seluruh umat manusia ?? atau Quran itu HANYA untuk Imam Syafii, Imam Al Ghazali saja ???


Sulit itu relatif, apabila mau mempelajari tentunya akan bisa mengerti. Memang ada beberapa ayat Al Quran yang tidak bisa diterjemahkan begitu saja namun harus dijelaskan kapan ayat tersebut turun dan ada peristiwa apa, begitu. Seperti Surat Al Qamar yang menyatakan bulan terbelah, kalau tidak dibantu dengan hadits2 pendukung kita tidak tahu bahwa sesungguhnya itu terjadi saat rasulAllah membelah bulan sebagai suatu mukjizat.
array
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 77
Joined: Mon Oct 05, 2009 5:03 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby kutukupret » Wed Oct 14, 2009 11:42 am

kutukupret wrote:
Apa mereka itu NABI ? :green:
Toh mereka sama dgn Anda ???

mungkin bisa di perjelas dgn "kenapa wahyu tuhan sulit dipahami BANGSA MANUSIA ???"
Lantas untuk SIAPA... wahyu tuhan itu di turunkan ?? Apa hanya untuk Kalangan ELITE Agama tersebut ??? atau BANGSA JINN ?

"JIKA wahyu tuhan sulit dipahami BANGSA MANUSIA ???" ....... buat apa di turunkan auwloh swt jika tidak dapat dipahami MANUSIA karena SULIT ???
Bukankah KATANYA Lho.......Quran itu untuk seluruh umat manusia ?? atau Quran itu HANYA untuk Imam Syafii, Imam Al Ghazali saja ???
array wrote:Sulit itu relatif, apabila mau mempelajari tentunya akan bisa mengerti. Memang ada beberapa ayat Al Quran yang tidak bisa diterjemahkan begitu saja namun harus dijelaskan kapan ayat tersebut turun dan ada peristiwa apa, begitu. Seperti Surat Al Qamar yang menyatakan bulan terbelah, kalau tidak dibantu dengan hadits2 pendukung kita tidak tahu bahwa sesungguhnya itu terjadi saat rasulAllah membelah bulan sebagai suatu mukjizat.


JIKA SULIT itu RELATIF. Silahkan Pelajari yang ini. Buktikan jika Al Qur'an, 36:36 bisa di buktikan secara ILMU PENGETAHUAN.
Bisa anda mulai dgn menemukan PASANGAN AMOEBA. siapa tahu anda mendapatkan NOBEL PENGHARGAAN. :green:

"Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan SEMUANYA, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." (Al Qur'an, 36:36)

Well, kata auwloh swt menciptakan SEMUANYA memiliki PASANGAN. otomatis bukan HANYA MATERI saja bukan ? dan tidak termasuk Mahkluk HIDUP ?

Apakah ILMUWAN tsb menyatakan bahwa "MAKHLUK HIDUP" diciptakan secara berpasangan ? atau MATERI saja ? dan mendapat hadiah NOBEL ?

Adakah ILMUWAN itu mengatakan bahwa "AMOEBA diciptakan secara berpasangan" dan mendapat NOBEL PENGHARGAAN ?
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby array » Wed Oct 14, 2009 11:47 am

Saya hanya menyampaikan firman2 Allah s.w.t mau beriman silahkan, tidak juga Allah s.w.t yang akan memperhitungkan di hari pembalasan amalan baik dan buruk.

AL QUR'AN DAN BUMI
Lapisan-Lapisan Atmosfer
Bumi memiliki seluruh sifat yang diperlukan bagi kehidupan. Salah satunya adalah keberadaan atmosfir, yang berfungsi sebagai lapisan pelindung yang melindungi makhluk hidup. Adalah fakta yang kini telah diterima bahwa atmosfir terdiri dari lapisan-lapisan berbeda yang tersusun secara berlapis, satu di atas yang lain. Persis sebagaimana dipaparkan dalam Al Qur’an, atmosfir terdiri dari tujuh lapisan. Ini pastilah salah satu keajaiban Al Qur’an.
Satu fakta tentang alam semesta sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur’an adalah bahwa langit terdiri atas tujuh lapis.
"Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu." (Al Qur'an, 2:29)
"Kemudian Dia menuju langit, dan langit itu masih merupakan asap. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya." (Al Qur'an, 41:11-12)
Kata "langit", yang kerap kali muncul di banyak ayat dalam Al Qur’an, digunakan untuk mengacu pada "langit" bumi dan juga keseluruhan alam semesta. Dengan makna kata seperti ini, terlihat bahwa langit bumi atau atmosfer terdiri dari tujuh lapisan.
Saat ini benar-benar diketahui bahwa atmosfir bumi terdiri atas lapisan-lapisan yang berbeda yang saling bertumpukan. Lebih dari itu, persis sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur’an, atmosfer terdiri atas tujuh lapisan. Dalam sumber ilmiah, hal tersebut diuraikan sebagai berikut:
Para ilmuwan menemukan bahwa atmosfer terdiri diri beberapa lapisan. Lapisan-lapisan tersebut berbeda dalam ciri-ciri fisik, seperti tekanan dan jenis gasnya. Lapisan atmosfer yang terdekat dengan bumi disebut TROPOSFER. Ia membentuk sekitar 90% dari keseluruhan massa atmosfer. Lapisan di atas troposfer disebut STRATOSFER. LAPISAN OZON adalah
bagian dari stratosfer di mana terjadi penyerapan sinar ultraviolet. Lapisan di atas stratosfer disebut MESOSFER. . TERMOSFER berada di atas mesosfer. Gas-gas terionisasi membentuk suatu lapisan dalam termosfer yang disebut IONOSFER. Bagian terluar atmosfer bumi membentang dari sekitar 480 km hingga 960 km. Bagian ini dinamakan EKSOSFER. .
(Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe; General Science, Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 319-
322)
Disadur dari HarunYahya oleh Rika Hermawan
Keajaiban AlQuran 15
Jika kita hitung jumlah lapisan yang dinyatakan dalam sumber ilmiah tersebut, kita ketahui
bahwa atmosfer tepat terdiri atas tujuh lapis, seperti dinyatakan dalam ayat tersebut.
1. Troposfer
2. Stratosfer
3. Ozonosfer
4. Mesosfer
5. Termosfer
6. Ionosfer
7. Eksosfer
Keajaiban penting lain dalam hal ini disebutkan dalam surat Fushshilat ayat ke-12, "… Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya." Dengan kata lain, Allah dalam ayat ini menyatakan bahwa Dia memberikan kepada setiap langit tugas atau fungsinya masingmasing. Sebagaimana dapat dipahami, tiap-tiap lapisan atmosfir ini memiliki fungsi penting yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia dan seluruh makhluk hidup lain di Bumi. Setiap lapisan memiliki fungsi khusus, dari pembentukan hujan hingga perlindungan terhadap radiasi sinar-sinar berbahaya; dari pemantulan gelombang radio hingga perlindungan terhadap dampak meteor yang berbahaya. Salah satu fungsi ini, misalnya, dinyatakan dalam sebuah sumber ilmiah sebagaimana berikut:
Atmosfir bumi memiliki 7 lapisan. Lapisan terendah dinamakan troposfir. Hujan, salju, dan angin hanya terjadi pada troposfir.
(http://muttley.ucdavis.edu/Book/Atmosph ... rs-01.html)
Adalah sebuah keajaiban besar bahwa fakta-fakta ini, yang tak mungkin ditemukan tanpa teknologi canggih abad ke-20, secara jelas dinyatakan oleh Al Qur’an 1.400 tahun yang lalu.
Disadur dari HarunYahya oleh Rika Hermawan
array
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 77
Joined: Mon Oct 05, 2009 5:03 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby kutukupret » Wed Oct 14, 2009 11:58 am

@array

Maaf.......Langit hanya terdiri dari 5 Lapisan
Image
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Earth%27s_atmosphere

dan sudah pernah di bahas disini >> 7 Lapisan Langit
User avatar
kutukupret
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6400
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby seng-su » Wed Oct 14, 2009 12:09 pm

array wrote:Beberapa bulan kemudian, bangsa Persia harus membuat perjanjian dengan Bizantium, yang mewajibkan mereka untuk mengembalikan wilayah yang mereka ambil dari Bizantium. (Warren Treadgold, A History of the Byzantine State and Society, Stanford University Press, 1997, s. 287-299.) Akhirnya, "kemenangan bangsa Romawi" yang diumumkan oleh Allah dalam Al Qur'an, secara ajaib menjadi kenyataan. Keajaiban lain yang diungkapkan dalam ayat ini adalah pengumuman tentang fakta geografis yang tak dapat ditemukan oleh seorangpun di masa itu. Dalam ayat ketiga Surat Ar Ruum, diberitakan bahwa Romawi telah dikalahkan di daerah paling rendah di bumi ini. Ungkapan "Adnal Ardli" dalam bahasa Arab, diartikan sebagai
"tempat yang dekat" dalam banyak terjemahan. Namun ini bukanlah makna harfiah dari kalimat tersebut, tetapi lebih berupa penafsiran atasnya. Kata "Adna" dalam bahasa Arab diambil dari kata "Dani", yang berarti "rendah" dan "Ardl" yang berarti "bumi". Karena itu, ungkapan "Adnal Ardli" berarti "tempat paling rendah di bumi". Yang paling menarik, tahap-tahap penting dalam peperangan antara Kekaisaran Bizantium dan Persia, ketika Bizantium dikalahkan dan kehilangan Jerusalem, benar-benar terjadi di titik paling rendah di bumi. Wilayah yang dimaksudkan ini adalah cekungan Laut Mati, yang terletak di titik pertemuan wilayah yang dimiliki oleh Syria, Palestina, dan Jordania. "Laut Mati", terletak 395 meter di bawah permukaan laut, adalah daerah paling rendah di bumi.
Ini berarti bahwa Bizantium dikalahkan di bagian paling rendah di bumi, persis seperti dikemukakan dalam ayat ini. Hal paling menarik dalam fakta ini adalah bahwa ketinggian Laut Mati hanya mampu diukur dengan teknik pengukuran modern. Sebelumnya, mustahil bagi siapapun untuk mengetahui bahwasannya ini adalah wilayah terendah di permukaan bumi. Namun, dalam Al Qur'an, daerah ini dinyatakan sebagai titik paling rendah di atas bumi. Demikianlah, ini memberikan bukti lagi bahwa Al Qur'an adalah wahyu Ilahi.
Disadur dari HarunYahya oleh Rika Hermawan


Berarti... ada 2 kemungkinan:
Pertama: Awloh, si pengarang quran itu yang ****, atau...
Kedua: si penafsirnya yang tukang taqqiya... alias ngibul

wilayah terendah di muka bumi bukan di laut mati...
tapi rekor laut terendah di muka bumi ada di laut Marina dengan kedalaman mencapai 10.911 meter, atau 35.797 kaki
Sedangkan laut mati dalemnya cuma 378 meter, alias 1.240 kaki... ( http://en.wikipedia.org/wiki/Dead_Sea )
Tentang kedalaman laut Marina bisa lo cek di sini:
http://geology.com/records/deepest-part ... cean.shtml atau...
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_de ... n_trenches

Tapi soal WILAYAH TERENDAH di muka bumi bukan berada di kedalaman laut...
melainkan ada di dasar lubang terdalam di wilayah Kola Peninsula, Rusia, dengan kedalaman mencapai lebih dari 40.000 kaki. ( http://www.gi.alaska.edu/ScienceForum/ASF7/725.html )

kekekek.... mangkenya... jangan asal copy-paste aja...
pelajari yang bener...
tau sendiri kan... awloh mengijinkan kalian bertaqqiya...
User avatar
seng-su
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 825
Joined: Sun Feb 17, 2008 1:51 am

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby GLUESTICK » Wed Oct 14, 2009 12:18 pm

array wrote:Namun perlu diingat bahwa ilmu astronomi kala itu memahami bumi secara berbeda. Di masa itu, bumi diyakini berbentuk bidang datar, dan semua perhitungan serta penjelasan ilmiah didasarkan pada keyakinan ini. Sebaliknya, ayat-ayat Al Qur'an berisi informasi yang hanya mampu kita pahami dalam satu abad terakhir. Oleh karena Al Qur'an adalah firman Allah, maka tidak mengherankan jika kata-kata yang tepat digunakan dalam ayat-ayatnya ketika menjelaskan jagat raya.


Benar, ilmu astronomi / ilmu pengetahuan memang bisa dipahami secara berbeda oleh manusia, sesuai dengan masa di mana manusia itu hidup dan sejauh mana manusia tsb mengetahui ttg ilmu pengetahuan.
Begitu juga Ilmu pengetahuan yang dipahami/difirmankan muhammad/allah, tentunya sesuai dengan ilmu pengetahuan jagat raya yang ada pada masa itu, sehingga kata kata (ayat ayat quran) yg digunakan untuk menjelaskan jagat raya, tepat spt pemahaman muhammad/allah.
Muhammad/allah mati, namun ilmu pengetahuan berkembang terus dengan fakta2 baru, dan ternyata pemahaman jagat raya dari muhammad/allah (spt yg tercantum di buku quran) TIDAK SESUAI dengan pemahaman jagat raya sesuai ilmu pengetahuan saat ini.

Gluestick
Recap after use
GLUESTICK
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 207
Joined: Fri Feb 20, 2009 10:05 am
Location: Freshair

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby imxris » Wed Oct 14, 2009 12:51 pm

@array

Ayo Brooo...mana ayat-ayat quran yang tak terbantahkan lagi dari sisi sains...
keluarin aja semuanya...
tapi tolong ayat2 yang sudah dikeluarkan dicarikan referensinya dari penafsir yang memang kompeten dan bsa menyebutkan bahwa tafsiran cocok bener sama sains...

Kalau beberapa ayat saja sudah bisa terbantahkan, maka keajaiban Quran cuma satu: KEBODOHAN MANUSIA PENIPU TERBUKTI...
Last edited by imxris on Wed Oct 14, 2009 1:12 pm, edited 1 time in total.
imxris
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 286
Joined: Mon Sep 28, 2009 12:26 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby seng-su » Wed Oct 14, 2009 1:03 pm

array wrote:Satu fakta tentang alam semesta sebagaimana dinyatakan dalam Al Qur’an adalah bahwa langit terdiri atas tujuh lapis.
"Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menuju langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu." (Al Qur'an, 2:29)
"Kemudian Dia menuju langit, dan langit itu masih merupakan asap. Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya." (Al Qur'an, 41:11-12)

ray, kalo ngutip ayat jangan dipotong gitu demi mencocokkannya dengan sains, donk...
lagi-lagi taqqiya...
nie, gue kutip lanjutannya:
Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa dan Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.

kalo lu mengacu kata langit sebagai atmosfer, berarti lapisan pertama dari atmosfer (langit yang paling dekat) ada bintang-bintangnya, donk...
HAHAHAHA.....
ketauan lagi ngibulnya.....
User avatar
seng-su
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 825
Joined: Sun Feb 17, 2008 1:51 am

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby array » Wed Oct 14, 2009 1:14 pm

kutukupret wrote:@array

Maaf.......Langit hanya terdiri dari 5 Lapisan

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Earth%27s_atmosphere

dan sudah pernah di bahas disini >> 7 Lapisan Langit


Para ilmuwan menemukan bahwa atmosfer terdiri diri beberapa lapisan. Lapisan-lapisan tersebut berbeda dalam ciri-ciri fisik, seperti tekanan dan jenis gasnya. Lapisan atmosfer yang terdekat dengan bumi disebut TROPOSFER. Ia membentuk sekitar 90% dari keseluruhan massa atmosfer. Lapisan di atas troposfer disebut STRATOSFER. LAPISAN OZON adalah bagian dari stratosfer di mana terjadi penyerapan sinar ultraviolet. Lapisan di atas stratosfer disebut MESOSFER. TERMOSFER berada di atas mesosfer. Gas-gas terionisasi membentuk suatu lapisan dalam termosfer yang disebut IONOSFER. Bagian terluar atmosfer bumi membentang dari sekitar 480 km hingga 960 km. Bagian ini dinamakan EKSOSFER.
(Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe; General Science, Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 319322)

Kalau ada ilmuwan yang mengatakan berbeda atau menjadikannya 5 karena tidak memasukkan lapisan ozon dan lapisan ion , saya akan tetap percaya dengan apa yang Allah s.w.t sampaikan bawa Allah s.w.t menciptakan langit dalam 7 lapisan yaitu Troposfer, Stratosfer, Ozonosfer, Mesosfer, Termosfer, Ionosfer, dan Eksosfer. dan bisa diuraikan sbb :

Lapisan-lapisan Atmosfer
Gas-gas penyusun atmosfer tidak dapat lepas (meninggalkan) dari bumi karena pengaruh gaya gravitasi bumi. Karena massa gas-gas tersehut tidak sama, pengaruh gaya gravitasi terhadap gas-gas dalam atmosfer juga tidak sama. Akibatnya, distribusi gas-gas dalam lltlxosfer juga tidak sama. Gas yang mempunyai massa besar banyak terdistribusi dekat permukaan bumi, scdangkan gas ringan banyak terdistribusi jauh dari permukaan bumi. Karena tebalnya (tingginya) lapisan atmosfer, suhu tiap bagian atmosfer menjadi tidak sama. Berdasarkan kenyataan ini. kita dapat membagi atnrosfer menjadi beberapa lapisan.
a. Troposfer
Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang mernpunyai ketinggian sekitar 0 km sampai 10 km. Hampir 80% massaseluruh gas penyusun atmosfer berada pada lapisan ini. Selain itu. peristiwa-peristiwa cuaca juga terjadi pada lapisan ini. Makin jauh dari permukaan bumi, suhu udara makin rendah. Setiap naik 1 km suhu udara turun kira-kira 6,5 oC. Namun, setelah mencapai ketinggian tertentu (sekitar l0 km), penurunan suhu udara tidak terjadi lagi. Di sinilah batas lapisan troposfer.
b. Stratosfer
Lapisan ini berada di atas lapisan troposfer dengan ketinggian sekitar 10 km sampai 50 km. Pada lapisan ini, suhunya akan naik jika tempatnya makin tinggi. Di bagian atas lapisan stratosfer, terdapat lapisan ozon (O,). Ozon mempunyai daya serap yang kuat terhadap radiasi sinar ultraviolet dari rnatahari. Itulah sebabnya, ozon dikatakan perisai makhluk hidup di permukaan bunri dari radiasi sinar utraviolet.
c. Mesosfer
Mesosfer berada di atas lapisan stratosfer dengan ketinggian sekitar 50 km sampai 80 km. Pada lapisan ini tidak ada gas yang dapat menahan radiasi sinar matahari. Oleh karena itu, pada lapisan ini suhu akan makin rendah jika tempatnya makin tinggi. Bahkan, suhu pada lapisan ini dapat mencapai -140'C.
d. Termosfer
Termosfer adalah lapisan di atas mesosfer dengan ketinggian sekitar 80 km sampai 400 km. Lapisan ini juga disebut lapisan panas. Disebut demikian karena suhu pada lapisan ini akan naik jika tempatnya makin tinggi. Pada lapisan ini, gas oksigen banyak menyerap sinar ultraviolet dari matahari.
e. Ionosfer
Lapisan ionosfer terletak kira-kira 80 km-450 km di atas permukaan bumi. Dalam lapisan ini, molekul-molekul nitrogen dan oksigen banyak melepaskan elektron setelah menyerap sinar ultraviolet. Akibatnya, pada lapisan ini banyak terdapat ion-ion positif dan elektron bebas. Peristiwa seperti ini disebut ionisasi. Pada keadaan tertentu elektron bebas dapat menumbuk ion positif. Akibat tumbukan tersebut, ion positif berubah menjadi atom netral. Peristiwa seperti ini disebut rekombinasi. Ionosfer dapat memantulkan gelombang radio. Pemantulan tersebut dapat berlangsung beberapa kali antara lapisan ionosfer dan permukaan bumi. Akibatnya, gelombang radio dapat mencapai tempat yang sangat jauh. Itulah sebabnya. kita dapat mendengarkan siaran radio atau televisi dari pemancar yang letaknya sangat jauh.
f. Eksosfer
lapisan ini merupakan lapisan atmosfer paling luar. Pada lapisan ini hampir tidak ada tekanan udara. Dengan kata lain, berat udara pada lapisan ini sama dengan nol (tidak ada pengaruh gravitasi bumi). Akibatnya, molekul-molekul gas pada lapisan ini dapat menunggalkan atmosfer menuju angkasa luar.
array
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 77
Joined: Mon Oct 05, 2009 5:03 pm

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby seng-su » Wed Oct 14, 2009 1:24 pm

Gimana dengan lapisan Troposfer??
Beneran tuh di situ ada bintang2nya?
User avatar
seng-su
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 825
Joined: Sun Feb 17, 2008 1:51 am

Re: KEAJAIBAN AL QURAN

Postby berani_murtad » Wed Oct 14, 2009 1:33 pm

sepertinya array tidak memperhatikan jawaban dari para kafir dan tidak mau berfikir dengan jawaban kafir. benar-benar sudah dicuci otaknya untuk membenarkan suatu kesalahan.. kasihan.
berani_murtad
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2574
Joined: Sat May 19, 2007 3:11 pm
Location: Surga 72 bidadari

PreviousNext

Return to Quran & SAINS



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users