. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

JZ Muslim Pakistan Murtad

Orang-orang dari seluruh dunia yang murtad (termasuk dari FFInternasional). Siapa mereka dan mengapa mereka meninggalkan Islam ? Murtadin2 dari FFIndonesia silahkan masukkan pengakuan ke 'Mengapa Saya Murtad ?'

JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby Adadeh » Tue Jun 07, 2011 7:11 am

Aku Tak Lagi Mengikuti Ideologi Fasis, Islam
6/5/2011
From J Z

Aku lahir dan dibesarkan di keluarga Muslim Pakistan pada umumnya, dan mewarisi Islam sebagai agamaku. Karena sejak kecil aku suka kebebasan dan pemberontak, maka aku tidak suka kewajiban yang ditetapkan Islam pada umatnya. Aku menemukan berbagai pertanyaan dan pemikiran Islam yang tak ada jawabannya, malah aku dianggap berdosa karena berani mempertanyakan Islam. Aku diberitahu bahwa Allah akan menghukumku dengan api neraka di alam baka dan cacat tubuh di alam fana karena berani melawan. Tapi semua ini tak berakibat apapun pada diriku karena aku tidak percaya pada ancaman² itu.

Semuanya ini mulai berlangsung ketika aku dipaksa membaca Qur’an dan menghafal Namaz (sembahyang) di usia 7-9 tahun. Kami diberitahu para ustad di awal sekolah bahwa kontak dengan lawan jenis haruslah dihindari, bahkan bicara dengan gadis pun dianggap dosa dan dilarang dalam Islam. Masih banyak lagi larangan lainnya, tapi larangan kontak dengan lawan jenis inilah yang membekas dalam dan berperan besar merusak hidupku. Sewaktu aku bertambah dewasa, aku mengalami berbagai pengalaman jelek yang bersumber dari Islam. Kuketahui bahwa Islam bertujuan utama membatasi pilihan² pribadiku dan juga kemerdekaanku. Sekarang aku merasa bahwa dahulu aku memiliki potensi besar untuk jadi penari, aktor, direktur/produser film atau pemusik ulung, tapi aku lalu tak bisa mengembangkan bakatku gara² keadaan sosial/relijiusku yang serba membatasi dan menghalangi.

Aku adalah Muslim KTP sepanjang hidupku karena beranggapan segala Muslim akhirnya akan diampuni Allah dan masuk surga. Hal ini terus berlangsung sampai kejadian di mana Taliban berkuasa di Afghanistan dan menunjukkan wajah Islam yang sebenarnya, dan lalu kejadian 9/11. Kedua hal ini membuatku menjadi ragu akan Islam. Pertama-tama, aku sangat yakin bahwa para Muslim itu telah salah mengartikan Islam, atau para penguasa Muslim telah memutarbalikkan Islam demi kepentingan pribadi mereka. Aku lalu berusaha meluruskan pandangan orang² tentang Islam. Tapi tak lama kemudian aku menyadari bahwa aku tak akan mampu mengubah pandangan orang tentang Islam karena Islam sendiri menolak perubahan apapun. Setelah menggunakan akal sehatku, aku mulai mengajukan berbagai pertanyaan dan tuduhan terhadap Islam, tapi aku tak mendapatkan jawaban apapun yang memuaskan. Inilah beberapa contoh pertanyaanku:

• Jika evolusi ternyata adalah benar, maka bagaimana mungkin Muhammad bisa menjadi nabi terakhir yang dikirim Tuhan?

• Islam secara terang²an berdakwah pada kafir agar mereka memeluk Islam dan menghadiahi para mualaf, tapi Islam melarang Muslim untuk beralih agama dan malah mengancam para murtadun dengan ancaman mati.

• Umat Muslim jadi banyak yang miskin dan tak punya apapun, karena fokus saja pada kehidupan di alam baka nantinya. Karena itulah umat Muslim menjadi kelompok masyarakat yang tertutup, menghalangi kebebasan berbicara dan berpikir. Karena Islamlah, umat Muslim tidak banyak berminat dalam mengembangkan seni musik, tari, literatur. Semua ini membuat umat Muslim mandeg dan tak berkembang sejak 1400 tahun yang lalu.

• Ajaran² Islam berkisar pada ketakutan, ancaman, hukuman, dan konsekuensi² pahit yang tak punya makna spiritual; kebanyakan Muslim bergantung pada Allah saja – dan mereka melafalkan ayat² Qur’an berulang kali. Karena sangat ketakutan pada ancaman neraka, maka Muslim secara otomatis membatasi diri dari setiap kesempatan untuk mengembangkan diri.

• Islam tidak membantu perkembangan hidup sosial, hak azasi manusia, persamaan hak bagi kaum wanita, dan malah melarang adopsi anak, dan menindas kaum homo dan lesbian dalam masyarakat; mengiming-imingi Muslim dengan hadiah surgawi sehingga mereka menjadi pembom bunuh diri.

• Islam tak peduli akan masalah² jaman modern seperti global warming, ledakan populasi penduduk dunia, musnahnya berbagai spesies binatang, dan bencana alam. Kebanyakan Muslim hanya melihat saja fenomena ini sebagai tanda hari kiamat dan tidak melakukan apapun.

• Tiada negara Islam yang progresif dan kebanyakan negara² Muslim mengalami kekacauan. Islam tidak bisa mengajukan jalan keluar untuk mengatur negara dengan baik dan menghasilkan sistem sosial yang utuh.

• Bagaiman mungkin ideologi abad ke-7 bisa diterapkan di abad ke-21 tanpa mengalami perubahan penting terlebih dahulu agar bisa sesuai dengan jaman modern?

• Alam mencintai keragaman karena tiada tumbuhan, manusia, spesies, ras yang sama satu dengan yang lain. Bahkan detail alam mikroskopik (DNA, pembentukan retina, sidik jari) di spesies yang sama juga berbeda satu sama lain. Tapi Islam (yang katanya berasal dari tuhan) melarang perbedaan individual dan menginginkan seluruh dunia berada dalam satu paham agama saja!!? Dengan begitu, Islam berarti memaksakan penghancuran budaya, agama, adat istiadat, dan tradisi yang telah berkembang sepanjang jaman manusia.

• Apakah umat Muslim tidak salah tuh mengikuti Setan berkedok Allah? Atau apakah sebenarnya ada Tuhan Super yang menciptakan tuhan dan menyangkal bahwa Dia (Tuhan) sebenarnya adalah Setan, yang menipu kita semua dengan agama jahatnya?

• Aku lihat Islam di jaman sekarang bagaikan alat untuk menindas orang lain dan untuk meraih kekuasaan, kekayaan, dan kedudukan. Para Islamis di negaraku (Pakistan) bagaikan mafia yang menyebarkan moral busuk; mereka terang²an melarang perbedaan, kehalusan, kecanggihan, kebebasan berpikir dan berkata, dan malahan mempromosikan ketidakpedulian, kebencian, kekerasan, kelamuran, dan fanatisme. Karena tiadanya sarana untuk berdebat secara logis tentang Islam, maka umat Muslim bertambah erat memeluk dogma Islam, dan mengancam bunuh siapapun yang berbeda pendapat dengannya.

Sukar untuk mengutarakan kesedihan dan kekecewaan yang kualami di sepanjang tahun sebagai Muslim. Aku sekarang bahagia karena aku telah sadar dan tidak lagi mengikuti ideologi fasis.
User avatar
Adadeh
Translator
 
Posts: 8460
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby romeo » Tue Jun 07, 2011 8:31 am

semua yang diuraikan berdasarkan fakta, islam tidak bisa memperbaiki orang islam itu sendiri, dan islam cenderung merusak peradaban.
User avatar
romeo
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 80
Joined: Thu Jun 02, 2011 2:08 am

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby jadi » Tue Jun 07, 2011 9:45 am

Adadeh wrote:• Islam secara terang²an berdakwah pada kafir agar mereka memeluk Islam dan menghadiahi para mualaf, tapi Islam melarang Muslim untuk beralih agama dan malah mengancam para murtadun dengan ancaman mati.


Yang benar berita ini gan....

http://answeringchristians.blogspot.com ... ister.html

Three Christian brothers kill Sister for converting to Islam

They also killed her husband and her child. Can FOX news say 'honor killing'?

Three Coptic brothers are arrested on suspicion of murdering their sister, her husband and five-year-old son, allegedly as punishment for her conversion to Islam.

Three Coptic brothers have been arrested on suspicion of murdering their sister, her husband and five year-old son in what seems to be a sectarian hate crime.

The couple’s six year-old daughter, Nada, was the only survivor, even though she sustained neck wounds. The outrageous murder took place in the Cairo district of Boulaq Al-Dakrour.

Salwa Atallah, 33, converted to Islam over six years ago and reportedly that’s the reason why her siblings decided to finish her off, according to initial investigations.

Over the past few years Atallah’s three brothers, two manual labourers and a driver, paid regular visits to their sister without showing any signs of hostility.

Husband, Khaled Ibrahim, was still alive when the police arrived on the crime scene. He was rushed to Boulaq Al-Dakrour Hospital where he was pronounced dead after succumbing to his fatal injuries.
jadi
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 551
Joined: Wed Apr 06, 2011 2:02 pm

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby jadi » Tue Jun 07, 2011 9:58 am

Adadeh wrote:• Umat Muslim jadi banyak yang miskin dan tak punya apapun, karena fokus saja pada kehidupan di alam baka nantinya.


orang Pakistan juga banyak yang kaya gan....

http://teeth.com.pk/blog/2007/12/08/pak ... st-of-2008


Image

Image

terus pasti yang bangun gedung ini juga miskin karena dia muslim... :rolling:
Makanya jalan2 gan biar pikiran ente kebuka jangan cuma tinggal di daerah kumuh pakistan (karena nasib) terus menggeneralisir semua muslim kismin...
jadi
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 551
Joined: Wed Apr 06, 2011 2:02 pm

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby kalangkilang » Tue Jun 07, 2011 10:04 am

jadi wrote:terus pasti yang bangun gedung ini juga miskin karena dia muslim...
Makanya jalan2 gan biar pikiran ente kebuka jangan cuma tinggal di daerah kumuh pakistan (karena nasib) terus menggeneralisir semua muslim kismin...

pernyataanmu ini kamu tujukan ke siapa jadi???
ke adadeh...

saran saya buat jadi..
murtad-lah, supaya kemampuan otak anda kembali normal yang sudah digerogoti virus islam...
jangan protes kepada adadeh, dia itu hanya menerjemahkan artikel ini..... :lol:

aduh..aduh..sakit perut, membaca kalimat muslim yang kebakaran jenggot.... :lol:
xi..xi..xi...

salam
kk
User avatar
kalangkilang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby kalangkilang » Tue Jun 07, 2011 10:08 am

@bung adadeh..

trims atas artikel anda yang mencerahkan..dan membuat muslim makin kebakaran jenggot seperti si jadi...
yang kebanyakan nyampah di forum, "KENAPA SAYA MURTAD" dan "RUANG PENGAKUAN DAN KESAKSIAN"


salam
kk
User avatar
kalangkilang
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2696
Joined: Sun Sep 26, 2010 12:52 am
Location: lagi menulis dibuku

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby jadi » Tue Jun 07, 2011 10:14 am

gw cuma komentari si murtadin pakistan inabsentia gitu om KK.... :green:
jadi
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 551
Joined: Wed Apr 06, 2011 2:02 pm

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby dhiky » Tue Jun 07, 2011 1:56 pm

jadi wrote:
Three Christian brothers kill Sister for converting to Islam


Bung Jadi, Sebetulnya bantahan anda sdh sering dibahas.
tapi sy coba jelaskan lagi,

Orang jahat dalam agama apapun banyak, baik itu Kristen / Budha maupun Atheis , mereka tidak semua baik.

Pembunuhan orang yg murtad dari agama Kristen, bisa saja terjadi. TAPI ajaran agama Kristen tidak mendukung atau membenarkan pembunuhan tersebut, jadi itu merupakan perbuatan orang Kristen yang menyimpang dari agamanya.

Beda dengan ISLAM

Muslim yang baik, yg tdk mau melakukan pembunuhan terhadap orang yg murtad dr agama islam pun SANGAT banyak !
Tapi tentu saja mereka sebetulnya tidak taat terhadap ajaran islam, KARENA justru AJARAN ISLAM menganjurkan pembunuhan terhadap orang murtad !!

Salam Kenal.....Bukalah hati anda..., Semoga anda bisa mendapatkan pencerahan. :)
User avatar
dhiky
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 18
Joined: Mon Aug 16, 2010 10:30 pm

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby jadi » Tue Jun 07, 2011 4:06 pm

jalan2 dulu gan apakah ulama Islam sudah sepakat murtad = bunuh.


http://en.wikipedia.org/wiki/Apostasy_in_Islam
jadi
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 551
Joined: Wed Apr 06, 2011 2:02 pm

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby dhiky » Tue Jun 07, 2011 11:57 pm

jadi wrote:jalan2 dulu gan apakah ulama Islam sudah sepakat murtad = bunuh.


Sepakat atau tidak, yg jelas dalam islam ada polemik.
mengapa ada polemik ?

Karena memang ADA AYAT NYA.

Cuma , kembali pada masalah hati nurani....,

Ada muslim yg pada dasarnya manusia baik , hingga merasa tidak dapat menerima ayat ini.
dan ada pula muslim yang menerima mentah2 ataupun merasa mendapatkan pembenaran untuk menyalurkan nafsu buas nya. sehingga dia membaca ayat ini sebagai pembenaran atas pembunuhan org murtad.

Suka atau pun tidak, dalam islam ada ayat yang mendukung pembunuhan orang murtad.sehingga menimbulkan polemik.
tapi dalam Kristen tidak ada ayat yang membenarkan pembunuhan bagi orang murtad.

Kesimpulan nya : Perlakuan buruk orang itu merupakan keinginan nya sendiri, bukan karena diajarkan dalam agama Kristen.

Sudah paham bung ?
User avatar
dhiky
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 18
Joined: Mon Aug 16, 2010 10:30 pm

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby sixpackguy » Wed Jun 08, 2011 12:50 am

Muslim Jadi aka asalusil yg abangan masih ga tega melihat agamanya menyuruh bunuh murtad...

http://www.youtube.com/watch?v=JRl5c-xPVA0

Q: If a muslim finds any other religion more appealing or if a non-muslim, after accepting Islam decides to return to his/her previous religion then why does islam impose a "DEATH PENALTY" for such a person?
A (Zakir Naik): If a muslim becomes a non-muslim and propagates his/her new religion then it is as good as Treason. There is a "Death Penalty" in islam for such a person.

jadi wrote:jalan2 dulu gan apakah ulama Islam sudah sepakat murtad = bunuh.



Bacot ulama ama Quran+Hadist lebih tinggi mana hukumnya? :finga:

Q 4:89
Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir sebagaimana mereka telah menjadi kafir, lalu kamu menjadi sama (dengan mereka). Maka janganlah kamu jadikan di antara mereka penolong-penolong(mu), hingga mereka berhijrah pada jalan Allah. Maka jika mereka berpaling (berubah agama meninggalkan Islam), tawan dan bunuhlah mereka di mana saja kamu menemuinya, dan janganlah kamu ambil seorangpun di antara mereka menjadi pelindung, dan jangan (pula) menjadi penolong,

Hadis Sahih Bukhari, volume 9, no.37
Dikisahkan oleh Abu Qilaba:
Suatu saat Umar bin Abdul Aziz duduk di kursi kebesarannya di halaman rumahnya sehingga orang2 bisa mengelilinginya … Dia berkata, “Demi Allah, rasul Allah tidak pernah membunuh siapapun kecuali orang itu melakukan tiga hal ini
1. Orang yang membunuh orang lain secara tak adil, dibunuh (dalam Qisa)
2. Orang yang telah menikah melakukan hubungan seks ilegal
3. Orang yang melawan Allah dan RasulNya dan meninggalkan Islam dan jadi murtad.

Bukhari, volume 9, no.271
Narrated Abu Musa: A man embraced Islam and then reverted back to Judaism. Muadh Jabal came and saw the man with Abu Musa. Muadh asked, "What is wrong with this (man)?" Abu Musa replied, "He embraced Islam, and then reverted back to Judaism." Muadh said, "I will not sit down unless you kill him (as it is) the verdict of Allah and His messenger."

Bukhari, volume 9, no.17
"Narrated Abdullah: Allah's Messenger said, "The blood of a Muslim who confesses that none has the right to be worshipped but Allah and that I am His Messenger, cannot be shed except in three cases: in Qisas (equality in punishment) for murder, a married person who commits illegal sexual intercourse and the one who reverts from Islam (Apostate) and leaves the Muslims."

Hadis Sahih Bukhari, volume 4, no.260 (serupa dgn volume 9, no. 57)
Dikisahkan oleh Ikrima, “Beberapa atheis dibawa menghadap Ali dan dia membakar mereka. Kabar itu terdengar oleh Ibn Abbas yang berkata, “Jika aku berada di tempatnya, aku tidak akan membakar mereka, karena Rasul Allah melarang itu dengan berkata, “Jangan hukum siapapun dengan hukuman Allah (dibakar).” Aku tentunya akan membunuh mereka dengan cara sesuai yang dikatakan Rasul Allah, “Siapapun yang meninggalkan Islam, bunuh dia.”

Image
Image

:axe:
User avatar
sixpackguy
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1942
Images: 21
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby mamadkafirun » Wed Jun 08, 2011 9:57 am

Adadeh wrote:• Islam secara terang²an berdakwah pada kafir agar mereka memeluk Islam dan menghadiahi para mualaf, tapi Islam melarang Muslim untuk beralih agama dan malah mengancam para murtadun dengan ancaman mati.


jadi wrote:Yang benar berita ini gan...

Kenapa si manusia jadi-jadian ini suka banget OOT ke tetangga sebelah ya?
Padahal ga ada kejadian di atas yang bilang kalau si murtadin tersebut akhirnya memeluk agama sebelah.
Benci banget kayanya ya ente sama kafir :goodman:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby sixpackguy » Thu Jun 09, 2011 12:55 am

mamadkafirun wrote:Kenapa si manusia jadi-jadian ini suka banget OOT ke tetangga sebelah ya?
Padahal ga ada kejadian di atas yang bilang kalau si murtadin tersebut akhirnya memeluk agama sebelah.
Benci banget kayanya ya ente sama kafir :goodman:


Emang muslim harus begitu... kalo ga gitu mana bisa die nutupin kebejatan ajaran agamanya.
Senjatanya muslim kan emang itu doank, OKNUM dari agama tetangga dipake utk menutup kebejatan AJARAN AULOH nya.
Coba suruh pake quran ma hadist... nembak kaki sendiri deh.
:finga:
User avatar
sixpackguy
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1942
Images: 21
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby mamadkafirun » Thu Jun 09, 2011 12:41 pm

mamadkafirun wrote:Kenapa si manusia jadi-jadian ini suka banget OOT ke tetangga sebelah ya?
Padahal ga ada kejadian di atas yang bilang kalau si murtadin tersebut akhirnya memeluk agama sebelah.
Benci banget kayanya ya ente sama kafir :goodman:


sixpackguy wrote:Emang muslim harus begitu... kalo ga gitu mana bisa die nutupin kebejatan ajaran agamanya.
Senjatanya muslim kan emang itu doank, OKNUM dari agama tetangga dipake utk menutup kebejatan AJARAN AULOH nya.
Coba suruh pake quran ma hadist... nembak kaki sendiri deh.
:finga:


Bukti kebrutalan muslim :finga:
User avatar
mamadkafirun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1810
Joined: Thu Apr 14, 2011 3:15 pm
Location: in God's heart.

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby jadi » Fri Jun 10, 2011 7:47 am

sixpackguy wrote:Senjatanya muslim kan emang itu doank, OKNUM dari agama tetangga dipake utk menutup kebejatan AJARAN AULOH nya.
Coba suruh pake quran ma hadist... nembak kaki sendiri deh.
:finga:


emang yang ditakutin kapir cuma itu klo ujung2nya debat perbandingan agama pasti kalah makanya disini tabu mengkritik agama sebelah karena bakalan keliatan busuknya. liat aja tuh diskusi di kaskus gan..
Dibantai abiz.... :axe:
jadi
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 551
Joined: Wed Apr 06, 2011 2:02 pm

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby sixpackguy » Fri Jun 10, 2011 11:39 pm

jadi wrote:liat aja tuh diskusi di kaskus gan..
Dibantai abiz.... :axe:


Ya dah gih ente maen di kaskus aja sono. :green:

Jgn mewek disini dunk...
:goodman:
User avatar
sixpackguy
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1942
Images: 21
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby je_prince97 » Tue Jun 21, 2011 5:47 pm

jadi wrote:emang yang ditakutin kapir cuma itu klo ujung2nya debat perbandingan agama pasti kalah makanya disini tabu mengkritik agama sebelah karena bakalan keliatan busuknya. liat aja tuh diskusi di kaskus gan..
Dibantai abiz.... :axe:

Waduh2, jadi2an :rolling: Bikin perut g mules tertawa, ketawa lagi aaaah :rolling: Oke cukup. =;

Jejadian, kamu itu... kalau sudah tidak bisa menyangkal..., kenapa sih... dengan tidak tahu malunya...triumphalist?
Di bagian mana kamu berdebat dan menang? Ketawa lagi aaaaah :rolling: :rolling: :rolling: Oke cukup. =;

Diskusi di kaskus? Kaskus itu sepertinya (kalau tidak salah) sitenya muslim? Jadi siapa pun yang komen melawan mereka, langsung di"potong" dan dibuang? Jadi kalau mau komen percuma. Ga ada gunanya. Benar begitu? Kalau sampai benar begitu, jangan dibanggain doooonk, malu2in amat loe jejadian.

Para kafirun di sini, merupakan campuran dari berbagai kepercayaan yang MENOLAK islam. Itu TERMASUK KRISTEN salah satunya. Tapi ya ga heran dah. Soale islam kan agama ANTI KRISTUS. [-X
User avatar
je_prince97
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1088
Joined: Wed Oct 01, 2008 1:44 pm

Re: JZ Muslim Pakistan Murtad

Postby Momad Narsis » Thu Jun 30, 2011 10:56 am

Jadi atau muslim kebanyakan pasti menyangka kalau sudah menunjukan "kelakuan" kristen yg busuk..merasa sudah membela islam atau islam langsung jadi benar..
heran..penyakitnya gak sembuh2..!
Salam Damai
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm


Return to Ruang Pengakuan dan Kesaksian



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users