. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Siapa 'sosok' Allah, apa maunya, apa tujuannya ?

Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby infidel » Sun May 02, 2010 12:12 pm

Saya lumayan penasaran dengan topik ini, Jika Allah SWT Maha Besar, lalu sebesar apa 'Arsy? :-k

Kira2 lebih besar ga ya? Soalnya kalo lebih besar, Allah SWT kalah dong Maha Besarnya :-k

Dari Wikipedia:
Wujud 'Arsy
Menurut manhaj salaf, 'Arsy memiliki wujud yang teramat sangat besar, memiliki beberapa tiang yang menjadikan 'Arsy sebagai atap alam semesta. Wujud ini dicatat dalam beberapa hadits-hadits yang shahih. Saking besarnya ada malaikat yang memiliki sayap banyak, diperintahkan oleh Tuhan untuk terbang kemana saja yang ia kehendaki dan ia merasa tidak beranjak dari tempat semula ia terbang.

Allah berfirman kepada malaikat tersebut, "Sesungguhnya Aku telah menjadikan engkau memiliki kekuatan yang sebanding dengan kekuatan 7.000 malaikat." Malaikat itu diberikan 70.000 sayap. Kemudian, Allah menyuruh malaikat itu terbang. Malaikat itu pun terbang dengan kekuatan penuh dan sayap yang diberikan Allah ke arah mana saja yang dikehendaki Allah. Sesudah itu, malaikat tersebut berhenti dan memandang ke arah ‘Arsy. Tetapi, ia merasakan seolah-olah ia tidak beranjak sedikitpun dari tempatnya terbang semula. Hal ini memperlihatkan betapa besar dan luasnya ‘Arsy Allah itu.

“ 'Arsy yaitu singgasana yang memiliki beberapa tiang yang dipikul oleh para Malaikat. Ia menyerupai kubah bagi alam semesta. 'Arsy juga merupakan atap seluruh makhluk.”[2]

Nabi Muhammad bersabda: "Perumpamaan langit yang tujuh dibandingkan dengan Kursi seperti cincin yang dilemparkan di padang Sahara yang luas, dan keunggulan 'Arsy atas Kursi seperti keunggulan padang Sahara yang luas itu atas cincin tersebut."

Perbandingan sebuah kursi dan 'Arsy itu ibarat perbandingan sebuah cincin di Sahara? Perasaan perbandingan sebuah kursi dan alam semesta saja lebih besar dari itu, 'Arsy ternyata ga sebesar alam semesta dong. :-k

Tafsir (Dari Wikipedia):
Dalam penafsiran 'Arsy oleh para ulama ini, maka bisa digolongkan menjadi tiga pendapat yang berbeda, yaitu:

* Mu'tazilah
Berpendapat bahwa kata ‘Arsy di dalam al-Quran harus diartikan dan dipahami sebagai makna metaforis (majazi). Jika dikatakan Tuhan bersemayam di ‘Arsy, maka arti ‘Arsy di sini adalah kekuasaan Tuhan. Tuhan merupakan zat yang nonmateri, karenanya mustahil Dia berada pada tempat yang bersifat materi.

* Mujassimah
Berpendapat golongan ini bertolak belakang dengan pendapat pertama. Menurut mereka, kata ‘Arsy harus dipahami sebagaimana adanya. Karena itu, mereka mengartikan ‘Arsy sebagai sesuatu yang yang bersifat fisik atau materi. Mereka memiliki paham antropomorfisme.

* Asy'ariyah
Berpendapat yang menyatakan bahwa ‘Arsy dalam arti tahta atau singgasana harus diyakini keberadaannya, karena Al-Quran sendiri mengartikan demikian adanya.

Pendapat saya:
Tafsiran Mu'tazilah: Tafsirnya menjurus ke Pantheisme, kita dan alam semesta adalah bagian dari Tuhan. :-#
Tafsiran Mujassimah: Tafsirnya seperti hendak mengatakan Allah SWT tidak maha besar, masa tempat bersemayam lebih kecil dari yg menyemayaminya. :-s
Tafsiran Asy'ariyah: Tipe2 tafsiran "pokoknya gitu, terima aja ga usah banyak nanya." #-o

Mohon pencerahannya.
User avatar
infidel
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 633
Joined: Wed Jul 02, 2008 11:00 am

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby oglikom » Thu May 20, 2010 9:10 am

jubah wrote:Suatu ciptaan tidak bisa meraih dimensi Penciptanya...
Otak manusia aja tidak bisa menggambarkan, bahkan membayangkan luasnya Alam Semesta (Ciptaan) ..., bagaimana Ia bisa menggambarkan Sang Pencipta.????

Itu koran anda kan ? sudah menggambarkan.
Dan betisawloh sudah ditunjukkan ](*,) ](*,) ](*,)
Baca Sura Al-Qalam 42 :---) :---) :---)
oglikom
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3374
Joined: Tue May 04, 2010 11:33 pm

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby saksang » Thu May 20, 2010 11:17 am

jubah wrote:Itu koran anda kan ? sudah menggambarkan.
Dan betisawloh sudah ditunjukkan ](*,) ](*,) ](*,)
Baca Sura Al-Qalam 42 :---) :---) :---)


Pakai logika aja cukup koq...
Gw secara pribadi hanya mau tunduk kepada Tuhan yang tak terbandingkan kehebatannya..., Dia harus lebih hebat dari ciptaan (Jagat Raya) -Nya..

hehehe..[/quote]

dia hebat? maksud allah swt hebat? btw kok minta tolong? kok mesti dibela sama begundal teroris?
saksang
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 780
Joined: Tue Mar 17, 2009 10:25 pm

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby JANGAN GITU AH » Fri May 21, 2010 12:39 am

jubah wrote:@ saksang
menurut anda siapa yg menciptakan jagat raya? lebih hebat dari alam semesta?
haha..mau tau nih gw jawabannya...
hehehehe...


Tentu saja bukan Allah SWT
Bagaimana mungkin Allah SWT dapat dipercaya sebagai penciptaan...lha wong terindikasi ada saja para muslim gak dapat membuktikan..
Muhammad ketika ditagih Quraisy pagan menunjukkan Allah SWT saja gak mampu...! gimana kafir mau percaya?
User avatar
JANGAN GITU AH
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5323
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby saksang » Fri May 21, 2010 8:31 am

@ saksang
menurut anda siapa yg menciptakan jagat raya? lebih hebat dari alam semesta?
haha..mau tau nih gw jawabannya...
hehehehe...


tentu saja yg Tuhan sejati... bukan allah swt, disini allah swt jadi bahan olok olokan brdasarkan sumber kitab si allah swt... so manalah mungkin sesuatu yg begitu diremehkan menciptakan Alam semesta ini... contoh saja : apa mungkin Tuhan sejati kerjaNya mengurusi kelamin nabi yang sex maniak itu?
saksang
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 780
Joined: Tue Mar 17, 2009 10:25 pm

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby tekiro » Sun May 30, 2010 3:56 pm

jubah wrote:Pakai logika aja cukup koq...
Gw secara pribadi hanya mau tunduk kepada Tuhan yang tak terbandingkan kehebatannya..., Dia harus lebih hebat dari ciptaan (Jagat Raya) -Nya..
hehehe..

Tetapi faktanya allah swt gak lebih hebat dari muhammad. Buktinya:
Ketika muhammad tertangkap basah berselingkuh dgn budaknya; muhammad sanggup memerintahkan allah swt untuk menyelamatkannya dgn ayat2nya.

Tetapi, ketika muhammad mau koit akibat diracun wanita jahudi, allah swt tidak sanggup menyembuhkan muhammad.

Nah, berarti mulai besok sekarang udah boleh kau buka dan buang jubahmu itu bro, supaya anda lebih bebas berpikir dan berpendapat.
tekiro
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 542
Joined: Sat May 09, 2009 10:56 pm

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby bowo22 » Mon May 31, 2010 4:41 am

Bayangkan saja perbandingan ukuran antara "kursi kecil" dengan "orang besar" yg duduk diatasnya --> selesai urusan :tonqe:
bowo22
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1440
Joined: Tue Oct 06, 2009 1:16 am

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby a_man » Mon May 31, 2010 5:39 pm

bowo22 wrote:Bayangkan saja perbandingan ukuran antara "kursi kecil" dengan "orang besar" yg duduk diatasnya --> selesai urusan :tonqe:

Ooo jadi pantat alohswt kejepit kursi kecilnya ?
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby AkuAdalahAink » Mon May 31, 2010 5:50 pm

jubah wrote:Tuhan sejati itu yang mana?
Anda menyembahnya?
ada nama panggilannya?

Jawabannya ada di post354683.html?hilit=Tuhan%20pilihanku#p354683
User avatar
AkuAdalahAink
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1083
Joined: Thu Mar 11, 2010 9:44 pm

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby motauaza » Tue Jun 01, 2010 3:21 pm

@infidel

Tafsiran Mu'tazilah: Tafsirnya menjurus ke Pantheisme, kita dan alam semesta adalah bagian dari Tuhan.
Tafsiran Mujassimah: Tafsirnya seperti hendak mengatakan Allah SWT tidak maha besar, masa tempat bersemayam lebih kecil dari yg menyemayaminya.
Tafsiran Asy'ariyah: Tipe2 tafsiran "pokoknya gitu, terima aja ga usah banyak nanya."


aku mau coba jawab ya...

pendapatku kali bertentangan dgn tafsiran mu'tazilah....kalo aku berpendapat Allah SWT itu berada di Arsy itu diluar sistem alam semesta karena alam semesta itu ciptaan Allah SWT. Ibarat kalo kita bikin kursi masak kita bagian dari kursi, tentunya kan ita berada diluar sistem kursi. jadi otomatis Yesus yg berada dalam alam semesta apalagi mengikuti sistem alam semesta sudah tentu bukan Tuhan.

kalo tafsiran mujassimah....untuk pendapatmu aku bisa kasi ilustrasi spt misal manusia yg membikin gedung dan bersemayam dalam gedung, apakah manusia lebih besar dari gedung ? engga kan

kalo tafsiran Asy'ariyah aku no comment aja
motauaza
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 359
Joined: Sun Feb 07, 2010 12:52 pm

Re: Jika Allah SWT Maha Besar, Lalu Sebesar Apa 'Arsy?

Postby umpu kakah » Tue Jun 08, 2010 12:10 pm

dennis manace wrote:Dasar ga pake akal orang-orang kristen ini, situs gereja tapi ga ngerti isi alkitab.

jawabannya ada di dalam alkitab, "dimana siang ketika malam, dmana malam ketika siang"

Inilah sepuluh pertanyaan bukti ajaran kristen sesat :

1. Mana pengakuan Yesus dalam Alkitab (Bibel) bahwa dia beragama Kristen ?
2. Mana ajaran Yesus ketika dia berumur 13 sampai 29 tahun ?
3. Mana ayat ucapan Yesus dalam Alkitab “Akulah Allah Tuhanmu, maka sembahlah Aku saja”
4. Mana dalilnya firman Allah di dalam Alkitab “Akulah yang mewahyukan Alkitab, Aku pula yang menjaganya”
5. Mana perintah Yesus atau Allah dalam Alkitab, beribadah pada hari Minggu?
6. Mana dalilnya dlm Alkitab Yesus 100% Tuhan & 100% manusia
7. Mana dalilnya asal percaya kepada Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat dijamin “pasti masuk surga”
8. Mana foto asli wajah Yesus dan siapa pemotretnya?
9. Mana dalilnya dalam Alkitab Yesus lahir pada tgl 25 Desember dan perintah merayakannya!!
10. Buktikan siapa yang hapal Alkitab satu surat saja di luar kepala!!

kok sama pertnyaannya???
http://www.sarapanpagi.org/mustahil-kri ... t2704.html
:rofl: :rofl: :rofl:
User avatar
umpu kakah
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1174
Joined: Sun Apr 12, 2009 11:58 pm


Return to Ttg ALLAH



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: Baidu [Spider]